10 Rekomendasi Frying Pan Set Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Frying Pan Set Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Frying pan adalah barang penting yang wajib ada di dapur untuk memasak. Oleh karena itu, di pasaran banyak tersedia set frying pan yang menjual beberapa buah sekaligus dalam satu setnya. Namun, banyaknya jenis frying pan dan harga yang ditawarkan dari berbagai merek, seperti IKEA, Oxone, atau Maxim mungkin membuat Anda bingung memilih yang terbaik.

Pada kesempatan ini, kami akan memberikan Anda rekomendasi produk frying pan terbaik serta penjelasan mengenai jenis dan fungsi frying pan untuk membantu Anda memilih produk yang sesuai kebutuhan. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih frying pan set 

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih frying pan set, seperti tujuan pembeliannya, bahan, serta lapisan antilengketnya. Berikut akan kami jelaskan lebih detail.

Pilih frying pan set yang sesuai dengan tujuan Anda

Dalam memilih frying pan set, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk siapa frying pan set tersebut akan digunakan. Orang yang tinggal sendiri pasti akan membutuhkan komposisi frying pan set berbeda dengan yang dibutuhkan oleh seorang ibu rumah tangga dengan banyak anak. Oleh sebab itu, pastikan kembali tujuan pembeliannya.

Untuk pemakaian di rumah, pilih yang serbaguna

Untuk pemakaian di rumah, pilih yang serbaguna

Jika Anda membeli frying pan set untuk digunakan di rumah, sebaiknya pilih yang serbaguna, yaitu dapat digunakan untuk menggoreng, merebus, memanggang, dan sebagainya. Selain itu, ada juga orang yang menggunakan frying pan untuk membuat berbagai rebusan. Jika Anda memiliki frying pan dengan ukuran berbeda, medium (22-24 cm) dan ukuran besar (26-28 cm), Anda bisa membuat beragam rebusan. Selain itu, bila Anda memiliki sauce pan, Anda juga dapat menggunakannya sebagai wadah penyimpan makanan dengan cara melepas gagangnya.

Lalu, hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah daya tahannya. Anda tentu ingin menggunakannya setiap hari untuk jangka waktu cukup lama, bukan? Karena itu, sebaiknya Anda memilih frying pan yang ketangguhannya sudah teruji dan diinformasikan secara lengkap. Selain itu, Anda juga bisa memilih frying pan yang memiliki beberapa lapisan atau sudah dilapisi titanium.

Untuk pengantin baru, pilih yang cukup untuk dua orang

Untuk pengantin baru, pilih yang cukup untuk dua orang

Untuk pasangan yang baru menikah, Anda bisa memilih frying pan set yang jenis dan bentuknya beragam. Frying pan dengan ukuran 20 atau 24 cm sudah cukup ideal digunakan untuk membuat makanan untuk 2 orang. Karena itu, pastikan untuk mengecek ukurannya juga, ya!

Untuk Anda yang tinggal sendiri, pilih yang compact dan mudah digunakan

Untuk Anda yang tinggal sendiri, pilih yang compact dan mudah digunakan

Bila Anda tinggal sendiri, frying pan set berukuran kecil yang mudah digunakan lebih direkomendasikan. Meski ukuran dan jumlah dalam 1 setnya mungkin tidaklah banyak, masih ada begitu banyak jenis masakan yang bisa Anda buat atau simpan, sekalipun hanya menggunakan frying pan tersebut, bukan? Selain itu, frying pan set berukuran kecil juga mudah disimpan bahkan di dapur yang kecil. Apalagi, ada juga berbagai peralatan dapur yang sebenarnya merupakan 1 set sehingga semakin memudahkan Anda untuk menyusunnya dengan rapi.

Pilih frying pan set yang gagangnya dapat dilepas

Pilih frying pan set yang gagangnya dapat dilepas

Frying pan dengan gagang yang bisa dilepas dapat Anda gunakan untuk bermacam-macam hal. Anda bisa melepas gagang dan menggunakannya sebagai wadah untuk memanggang dalam oven. Selain itu, Anda juga bisa meletakkannya di meja makan dan menyajikan makanan di dalamnya secara langsung.

Dengan desainnya yang menarik, frying pan seperti ini juga masih cocok Anda gunakan untuk berbagai acara, seperti pesta, jamuan makan, dan sebagainya. Bila Anda ingin menggunakannya untuk menyimpan makanan, Anda bisa langsung menutup atau membungkusnya, kemudian memasukkannya ke dalam kulkas. Selain itu, produk yang gagangnya bisa dilepas juga lebih mudah digunakan, baik untuk dicuci maupun disimpan. Namun, jenis frying pan seperti ini memang masih cukup jarang ditemukan di pasaran Indonesia.

Pilih material yang mudah digunakan dan tahan lama

Frying pan set terbuat dari bahan yang berbeda-beda seperti besi, aluminium, atau stainless steel. Masing-masing bahan memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kenali karakter bahan pembuatannya, dan pilihlah yang awet digunakan.

Besi, membuat masakan semakin enak bila sering digunakan

Besi, membuat masakan semakin enak bila sering digunakan

Frying pan berbahan besi sangat tahan panas. Dengan begitu, sekalipun Anda menggunakannya untuk memasak berjam-jam, makanan di dalamnya tidak akan lengket seperti ketika Anda menggunakan frying pan berbahan fluororesin (teflon). Dengan begitu, makanan buatan Anda pun akan menjadi semakin enak.

Meski begitu, kelemahan produk berbahan ini adalah bobotnya yang cukup berat. Bahan ini juga mudah menghasilkan karat berwarna hitam bila Anda tidak membersihkannya dengan baik. Sayangnya, set frying pan dari besi masih jarang ditemukan di Indonesia.

Aluminium, ringan dan memiliki daya hantar panas yang baik

Aluminium, ringan dan memiliki daya hantar panas yang baik

Frying pan yang terbuat dari aluminium sangat ringan dan memiliki daya hantar panas yang baik. Akan tetapi, material ini kurang cocok untuk pemula karena masakan mudah menempel jika tidak dapat mengatur api dan minyak yang digunakan. Frying pan berbahan teflon juga biasanya dilapis dengan aluminium.

Stainless steel, mewah dan antikarat

Stainless steel, mewah dan antikarat

Frying pan yang terbuat dari stainless steel tidak mudah berkarat dan sangat baik dalam menyimpan panas. Walau tidak banyak ditemui di pasaran, frying pan dengan material ini sering digunakan untuk membuat makanan kelas menengah dan banyak disukai oleh orang yang menekuni dunia memasak. Meski begitu, makanan mudah lengket pada bahan ini sehingga Anda harus lebih berhati-hati saat menggunakannya.

Perhatikan perbedaan tiap jenis lapisan pada permukaannya

Anda juga perlu mengecek material yang digunakan untuk melapisi bagian permukaannya. Bila Anda menggunakan 2 frying pan berbahan sama, kemudahan memasak dan kenyamanan penggunaannya bisa berbeda tergantung pada jenis bahan pelapis di bagian permukaannya. Untuk itu, Anda perlu mengenali perbedaannya.

Lapisan fluororesin (teflon) : mudah dibersihkan dan masakan tidak mudah hangus

Lapisan fluororesin (teflon) : mudah dibersihkan dan masakan tidak mudah hangus

Perusahaan di Amerika bernama Du Pont mengembangkan frying pan berlapis fluororesin dengan merek dagang bernama Teflon. Hingga kini, orang lebih mengenal frying pan berlapis fluororesin sebagai Teflon. Lapisan ini membuat masakan tidak mudah hangus dan mudah dibersihkan, tetapi tidak tahan terhadap suhu yang terlalu tinggi. Karena itu, Anda tidak boleh menggunakannya untuk memasak dengan api besar atau saat frying pan dalam kondisi kosong.

Lapisan keramik : tahan terhadap suhu tinggi

Lapisan keramik : tahan terhadap suhu tinggi

Frying pan dengan lapisan keramik cukup populer karena memiliki tampilan berwarna putih yang terlihat stylish dan fashionable. Permukaannya keras dan merupakan penahan panas yang baik sehingga tidak mudah hangus. Namun, lapisan ini mudah rusak ketika Anda menggunakannya langsung dalam suhu tinggi atau dalam kondisi kosong. Karena itu, Anda bisa menuangkan minyak terlebih dahulu ketika hendak menggunakannya.

Lapisan diamond dan marble : masakan jadi tidak lengket

Lapisan diamond dan marble : masakan jadi tidak lengket

Lapisan ini adalah lapisan fluororesin (teflon) yang dicampur dengan diamond atau marble buatan agar durability-nya meningkat. Hasilnya, lapisan ini tidak mudah terkelupas dan makanan pun tidak mudah lengket. Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah menggunakannya untuk memasak dengan sedikit minyak sehingga masakan yang Anda buat pun akan semakin sehat.

10 Rekomendasi frying pan set terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi frying pan set terbaik yang kami pilih untuk Anda. Pilihlah yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan Anda.

10. Supra Rosemary Rainbow Fry Pan Set

10. Supra Rosemary Rainbow Fry Pan Set

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 250.000

Set frying pan plus spatula bikin Anda lebih hemat!

Frying pan set pilihan kami ini terdiri dari 3 wajan berukuran 18 cm, 22 cm, dan 26 cm dengan kombinasi warna-warna ceria sehingga cocok untuk Anda yang ingin membuat suasana memasak di dapur Anda lebih menyenangkan. Adanya tambahan spatula pada pembelian paket ini juga tentunya membuat Anda lebih hemat!

Kemudian, lapisan teflon pada frying pan ini akan membuat masakan Anda tidak lengketDengan material aluminium, bobotnya cukup ringan dan mudah untuk Anda gunakan. Akan tetapi, Anda harus berhati-hati dalam mengatur besar api pada kompor Anda karena frying pan ini mudah menyerap panas. Tentu Anda tidak ingin masakan Anda gosong, bukan?

9. Maxim Ultra Set 2 Pcs Pink

9. Maxim Ultra Set 2 Pcs Pink

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 579.000

Hasilkan masakan lebih merata dengan alas bermotif spiral

Keunggulan frying pan set ini adalah alasnya yang memiliki motif spiral sehingga panas api dapat menyebar dengan rata dan membuat masakan Anda jadi matang dengan sempurna. Karena itu, produk ini kami rekomendasikan bagi Anda yang menginginkan hasil masakan Anda selalu matang dengan rata.

Frying pan ini juga telah dilapisi dengan teflon yang membuat masakan tidak lengket sehingga Anda tidak membutuhkan banyak minyak. Anda dapat memasak telur serta hidangan sederhana lainnya menggunakan frying pan bergagang satu, sedangkan hidangan dengan porsi lebih banyak dapat Anda masak menggunakan wajan besarnya.

8. Kangaroo Allu Cookware Set KG 673

3. Kangaroo Allu Cookware Set KG 673

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 250.000

Gagang berbahan bakelite lembut yang nyaman digenggam

Gagang frying pan set dari bahan plastik biasanya mudah slip saat tangan Anda basah atau berkeringat. Namun, produk pilihan kami ini memiliki gagang yang terbuat dari bakelite lembut yang antipanas. Selain itu, bahan bakelite ini juga tidak licin dan terasa kokoh saat dipegang, cocok bagi Anda yang memiliki tangan mudah berkeringat.

Frying pan set ini berlabel food grade dan dilapisi dengan marble berkualitas untuk membuat masakan Anda lebih cepat matang berkat kemampuannya menghantarkan panas yang lebih cepat. Lapisannya yang tidak mudah terkelupas juga membuat Anda bisa menggunakan spatula dari besi dengan tenang.

7. Ikea Kavalkad Fry Pan Set

7. Ikea Kavalkad Fry Pan Set

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 149.000

Tanpa kandungan PFOA, frying pan Anda akan lebih aman digunakan

Frying pan berbahan aluminium dengan lapisan teflon paling banyak ditemui di pasaran. Kini kami memilihkan frying pan set basic yang wajib Anda miliki dari merek terkenal IKEA. Frying pan ini sangat mudah digunakan dan tidak berat sehingga Anda dapat membolak-balik masakan dengan lebih mudah.

Dengan adanya lapisan teflon, tentu frying pan ini semakin mudah dibersihkan. Selain itu, lapisan teflon pada frying pan ini tidak mengandung PFOA (perfluorooctanoic acid) sehingga akan lebih aman untuk kesehatan Anda. Jika Anda mencari frying pan berlapis teflon tanpa kandungan PFOA, produk ini tepat untuk Anda.

6. Kangaroo Allu Cookware Set KG 672

6. Kangaroo Allu Cookware Set KG 672

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 145.000

Frying pan set food grade yang ramah lingkungan

Jika Anda sangat berhati-hati dengan keamanan material frying pan, frying pan set ini sangat direkomendasikan untuk Anda. Sebab, produk dari Vietnam ini berlabel food grade sehingga aman digunakan dan ramah lingkungan. Lapisan keramiknya bebas dari PTFE, PFOA, serta bahan kimia berbahaya lainnya.

Satu set produk ini terdiri dari sauce pan dan frying pan berbentuk kotak. Dengan kombinasi ini Anda dapat membuat nasi omelet ala Jepang. Akan tetapi, perhatikan dahulu jenis kompor yang Anda gunakan karena frying pan ini tidak cocok untuk digunakan pada kompor induksi.

5. Oxone Mini Cookware Set OX-81

5. Oxone Mini Cookware Set OX-81

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 160.000

Desain imut bikin suasana masak jadi ceria

Frying pan set dari Oxone ini memiliki desain imut dengan spatula berbentuk telur sehingga suasana memasak jadi lebih ceria. Frying pan set ini terdiri dari sauce pan berukuran 12 cm dan frying pan berukuran 14 cm sehingga produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang tinggal sendiri.

Produk ini dilapisi dengan marble berkualitas yang membuat masakan tidak lengket dan permukaannya tidak gampang tergores. Keunggulan lainnya adalah Anda bisa menyajikan hidangan sehat karena Anda bisa menggunakan minyak sedikit tanpa takut makanan Anda akan lengket.

4. Oxone Marble Frypan Set OX-03FP

4. Oxone Marble Frypan Set OX-03FP

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 510.000

Lebih tebal, lebih cepat matang!

Terbuat dari material aluminium, api akan menyebar merata sehingga masakan matang dengan baik dan nutrisi masakan tetap terjaga. Panci ini juga memiliki ketebalan 2,5 mm yang akan membuat masakan Anda lebih cepat matang tanpa khawatir akan gosong. Pas untuk Anda yang tidak mau menghabiskan banyak waktu menunggu masakan matang.

Frying pan set ini terdiri dari tiga buah frying pan berdiameter 20 cm, 24 cm, dan 28 cm sehingga sangat cocok memasak berbagai jenis masakan di rumah. Lapisan marble-nya juga akan memudahkan Anda karena Anda bisa memasak tanpa adanya minyak goreng. Dengan gagang yang terbuat dari bahan stainless steel, produk ini dijamin antikarat dan nyaman digenggam.

3. Berghoff Earthchef Boreal Stainless Steel Frying Pan Set

3. Berghoff Earthchef Boreal Stainless Steel Frying Pan Set

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.834.000

Hadirkan kesan mewah yang berkelas di dapur Anda

Kilauan peralatan masak yang terbuat dari bahan stainless steel memang sangat cantik dan akan memberikan kesan mewah seketika. Bahan stainless steel pun terkenal akan ketahanannya terhadap karat, korosi, dan benturan sehingga awet untuk digunakan dalam waktu lama. Sangat cocok untuk Anda yang mencari frying pan bertampilan mewah dan tahan lama.

Set frying pan ini terdiri dari satu frying pan kecil berdiameter 20 cm dan frying pan besar berukuran 25 cm yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan memasak Anda. Namun, berhati-hatilah agar Anda tidak menggunakan api terlalu besar karena dapat menyebabkan bagian bawah frying pan ini menghitam.

2. Intercooc Diamond Pan Set

2. Intercooc Diamond Pan Set

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.180.000

Frying pan antigores dengan 6 lapisan diamond

Kebanyakan frying pan di pasaran adalah jenis yang dilapisi teflon. Namun, Anda harus hati-hati saat memakainya karena frying pan berbahan teflon mudah tergores. Jika Anda tidak mau repot dengan hal tersebut, frying pan ini bisa Anda jadikan pilihan. Dilapisi dengan 6 lapisan diamond, Anda tak perlu khawatir frying pan Anda rusak karena tergores.

Walau harganya cukup mahal, Anda tidak akan rugi membeli produk ini karena terdapat 4 jenis frying pan dengan bentuk dan ukuran berbeda-beda. Dengan begitu, Anda dapat memasak berbagai masakan sesuka hati Anda. Untuk Anda yang hobi masak dan menginginkan produk berkualitas, produk ini bisa Anda jadikan pertimbangan.

1. Neoflam Midas Plus Set 3 Pcs

1. Neoflam Midas Plus Set 3 Pcs

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 850.000

Frying pan serbaguna dengan gagang dapat dilepas

Di urutan pertama kami merekomendasikan frying pan yang bisa ditujukan sebagai kado pernikahan. Dengan desain yang stylish dan material berkualitas, dijamin penerima hadiah akan merasa sangat senang. Apalagi, produk ini pun bisa dicuci menggunakan dishwasher sehingga perawatannya pun semakin mudah.

Dengan gagang yang dapat dilepas, produk ini akan semakin praktis dan serbaguna. Selain dapat digunakan sebagai alat masak, Anda bisa menggunakannya sebagai piring saji atau tempat menyimpan makanan. Produk ini dilapisi dengan keramik antilengket dan aman dari bahan kimia berbahaya.

Frying pan set dapat diberikan sebagai hadiah

Frying pan set dapat diberikan sebagai hadiah

Frying pan set sangat cocok dijadikan sebagai hadiah pernikahan. Pilihlah frying pan yang berkualitas baik agar penerima hadiah merasa senang dan dihargai. Anda juga bisa menghadiahkan frying pan set keluaran berbagai merek ternama. Selain itu, pastikan bahwa hadiah dari Anda tidak hanya memiliki tampilan menawan, tetapi juga praktis dan mudah digunakan.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan saat hendak menghadiahkan frying pan set adalah sumber api yang digunakan. Tentu tidak menjadi masalah bila Anda memberikan frying pan set yang dapat digunakan pada semua jenis kompor. Akan tetapi, ada juga frying pan set yang hanya cocok digunakan pada kompor tertentu seperti kompor gas, kompor listrik, dan sebagainya. Karena itu, pastikan Anda sudah mengecek hal ini terlebih dahulu sebelum menghadiahkannya pada orang lain, ya!

Kesimpulan

Demikian 10 rekomendasi produk frying pan set terbaik yang kami pilih untuk Anda. Bagaimana menurut Anda? Kami harap artikel ini bisa menjadi acuan saat Anda ingin membeli frying pan set. 

Perhatikan kembali material frying pan, lapisan permukaanya, serta jenis kompor apa saja yang cocok. Memilih frying pan set yang terbaik akan memudahkan kegiatan memasak Anda. Selain itu, Anda pun jadi lebih sehat karena makanan Anda lebih terjamin kebersihannya.