1. TOP
  2. >
  3. Peralatan dapur
  4. >
  5. Peralatan masak
  6. >
  7. 10 Frying Pan Set Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Frying Pan Set Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Frying Pan Set Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Frying Pan Set Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Frying Pan Set Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Frying Pan Set Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Frying Pan Set Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023)

Memiliki set alat masak di rumah pastinya akan membuat aktivitas memasak Anda lebih lancar. Kini ada banyak frying pan set bagus yang dijual di pasaran. Anda bisa memilih frying pan set dari merek BOLDë, Tefal, Stein Cookware, Pero, Oxone, sampai Greenpan. Bahannya juga beragam, mulai dari Teflon, stainless steel, sampai keramik.


Di artikel ini kami akan mengulas cara memilih frying pan set terbaik. Selain itu, kami juga merekomendasikan sepuluh set frying pan yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membeli. Artikel ini sudah ditinjau oleh home cook influencer kami, Mariska Tracy.

Diperbaharui 07-26-2022
Pakar
Home Cook, Influencer
Mariska Tracy

Mantan wartawan salah satu majalah remaja terbesar di Indonesia ini pernah menulis buku nonfiksi dan fiksi. Mariska juga pernah menjadi content writer di sebuah online travel agent. Setelah menikah, Mariska aktif memasak dan baking. Ia kerap berbagi resep masak dan baking di Instagram melalui foto dan video masak. Dari hobi tersebut, akhirnya Mariska aktif mengikuti aneka lomba fotografi makanan dan lomba memasak. Ia cukup sering pula meraih gelar juara. Mariska kemudian ikut MasterChef Indonesia dan berhasil menjadi finalis di MasterChef Indonesia season 7, hingga menduduki peringkat Top 10. Kini, Mariska aktif menjadi content creator di bidang memasak. Selain aktif berbagi resep, Mariska juga kerap me-review aneka jajanan, aneka produk memasak, cookware, dan aneka peralatan dapur.

Profil Mariska Tracy
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih frying pan set

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih frying pan set, seperti isi set, bahan, serta lapisan antilengketnya. Berikut ini akan kami jelaskan lebih detail.

① Periksa isi set frying pan pilihan Anda

Isi frying pan set yang dibutuhkan Anda yang tinggal sendiri akan berbeda jika Anda tinggal bersama keluarga. Oleh sebab itu, periksalah item yang akan Anda dapatkan.

Item serbaguna, sesuai untuk pemakaian di rumah

Item serbaguna, sesuai untuk pemakaian di rumah
Jika Anda membeli frying pan set untuk digunakan di rumah, pilihlah yang serbaguna. Cari set yang memungkinkan untuk menggoreng, merebus, memanggang, dan sebagainya. Apabila dilengkapi steamer, Anda tentu juga bisa membuat masakan kukus yang sehat.

Set berukuran sedang, pas untuk Anda yang tinggal berdua

Set berukuran sedang, pas untuk Anda yang tinggal berdua
Sumber: greenpan.us

Untuk pasangan yang baru menikah, Anda bisa memilih frying pan set yang jenis dan bentuknya beragam. Frying pan berukuran 20 atau 24 cm sudah cukup ideal digunakan untuk membuat makanan untuk dua orang. Karena itu, pastikan untuk mengecek ukurannya juga, ya!

Set frying pan ukuran kecil, cocok untuk Anda yang tinggal sendiri

Apabila Anda tinggal sendiri, pilih frying pan yang ukurannya tidak terlalu besar dan bisa untuk memasak masakan simpel. Frying pan set berukuran kecil akan mudah disimpan bahkan di dapur yang kecil. Selain itu, produk set umumnya mudah disusun dengan rapi. Karena itu, membeli frying pan set justru lebih praktis bagi Anda yang tinggal sendiri.

② Pilih material yang mudah digunakan dan tahan lama

Frying pan set terbuat dari bahan yang berbeda-beda seperti aluminium atau stainless steel. Setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kenali karakter bahan pembuatannya dan pilihlah yang awet digunakan.

Aluminium, ringan dan memiliki daya hantar panas yang baik

Aluminium, ringan dan memiliki daya hantar panas yang baik
Frying pan yang terbuat dari aluminium sangat ringan dan memiliki daya hantar panas yang baik. Namun, bahan ini kurang cocok untuk pemula karena masakan mudah menempel jika tidak dapat mengatur api dan minyak yang digunakan. Frying pan berbahan aluminium biasanya juga dilapisi Teflon.

Stainless steel, mewah dan antikarat

Stainless steel, mewah dan antikarat
Sumber: mycarote.com

Frying pan yang terbuat dari stainless steel tidak mudah berkarat dan sangat baik dalam menyimpan panas. Harganya pun cukup terjangkau. Walau tidak banyak ditemui di pasaran, frying pan berbahan ini sering digunakan untuk membuat makanan kelas menengah.


Bahan ini juga banyak disukai oleh orang yang menekuni dunia memasak. Karena terlihat mewah dan cocok digunakan di mana pun, frying pan dari stainless steel sering dipakai di hotel dan restoran. Meski begitu, makanan mudah lengket pada bahan ini sehingga Anda harus lebih berhati-hati saat menggunakannya.

③ Perhatikan perbedaan tiap jenis lapisan pada permukaannya

Anda juga perlu mengecek bahan yang digunakan untuk melapisi bagian permukaannya. Kemudahan memasak dan kenyamanan penggunaan frying pan bisa berbeda tergantung pada jenis bahan pelapis di bagian permukaannya. Untuk itu, Anda perlu mengenali perbedaannya.

Lapisan fluororesin (Teflon): Mudah dibersihkan dan masakan tidak mudah hangus

Lapisan fluororesin (Teflon): Mudah dibersihkan dan masakan tidak mudah hangus
Sumber: maxim.co.id
Teflon adalah merek dagang dari lapisan fluororesin yang dikembangkan perusahaan Amerika Serikat bernama Du Pont. Hingga kini orang lebih mengenal frying pan berlapis fluororesin sebagai Teflon. Lapisan ini membuat masakan tidak mudah hangus dan mudah dibersihkan, tetapi tidak tahan terhadap suhu yang terlalu tinggi.

Karena itu, Anda tidak boleh menggunakannya untuk memasak dengan api besar atau ketika frying pan dalam kondisi kosong. Lapisan Teflon dapat dikatakan paling murah, tetapi antilengketnya cenderung kurang tahan lama dan cepat mengelupas.

Lapisan keramik dan granite: Tahan terhadap suhu tinggi

Lapisan keramik dan granite: Tahan terhadap suhu tinggi
Sumber: mycarote.com

Frying pan berlapisan keramik serta granite cukup populer karena memiliki tampilan yang stylish. Permukaannya keras dan merupakan penahan panas yang baik sehingga tidak mudah hangus. Di sisi lain, frying pan yang menggunakan lapisan granite biasanya lebih mahal dibandingkan Teflon dan keramik.


Namun, lapisan ini mudah rusak ketika Anda menggunakannya langsung dalam suhu tinggi atau dalam kondisi kosong. Lapisan yang terkelupas dapat menjadi racun yang berbahaya jika tercampur dengan masakan. Karena itu, Anda bisa menuangkan minyak terlebih dahulu ketika hendak menggunakannya.

Lapisan diamond atau marble: Lebih awet dan tahan goresan

Lapisan ini merupakan lapisan fluororesin (Teflon) yang dicampur dengan diamond atau marble buatan agar durability-nya meningkat. Dengan demikian, lapisan ini tidak mudah terkelupas dan makanan pun tidak mudah lengket.


Frying pan dengan lapisan diamond atau marble dapat bertahan dalam waktu lama karena tidak mudah tergores. Jadi, Anda bisa leluasa saat memasak menggunakan sodet atau sendok yang terbuat dari bahan besi. Selain itu, Anda bisa memasak dengan sedikit minyak sehingga masakan akan makin sehat.

10 Rekomendasi frying pan set terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk frying pan set terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Mariska Tracy.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Stein Cookware

Glow Pan Series

Stein Cookware Glow Pan Series 1枚目

Set frypan dari Stein Cookware dengan warna menggemaskan

2

Maxim

Valentino 2pcs

Maxim Valentino 2pcs 1枚目

Wajan Teflon Classic yang sudah tersertifikasi aman

3

Oxone

Cookware Set 4 + 2 Pcs

Oxone Cookware Set 4 + 2 Pcs  1枚目

Set alat masak untuk keluarga yang terbuat dari stainless steel

4

Tefal

Natura Package 1

Tefal Natura Package 1 1枚目

Terbuat dari lapisan Mineralia yang antilengket dan antigores

5

Kangaroo

Cookware Set Alat Masak Aluminium

Kangaroo Cookware Set Alat Masak Aluminium 1枚目

Harganya sangat ekonomis, pas untuk anak kost

6

Pero

Granite Set of 5

Pero Granite Set of 5 1枚目

Frying pan set komplet yang pilihan warnanya menarik

7

BOLDë

Super PAN SHIRO Series

BOLDë Super PAN SHIRO Series 1枚目

Gagangnya bisa dilepas, penyimpanan jadi lebih praktis

8

Debellin

Absolute Granite Starter Package

Debellin Absolute Granite Starter Package 1枚目

Frying pan set lokal dengan kualitas premium

9

Carote

Ice Cream Set 4

Carote Ice Cream Set 4 1枚目

Frying pan set estetis, bikin konten jadi lebih keren

10

Greenpan

York Pink Cream White Set 4 Pcs

Greenpan York Pink Cream White Set 4 Pcs 1枚目

Alat masak dari keramik antilengket dan tahan gores

Perincian produk
Close
No.1

Stein CookwareGlow Pan Series

Mulai dari Rp839.000,00

Set frypan dari Stein Cookware dengan warna menggemaskan

Kelebihan:

  • Warna pink pastel yang sangat menggemaskan
  • Wok dan saucepan dilengkapi dengan tutup

Kekurangan:

  • Banyak konsumen mengeluhkan perubahan warna di ujung gagang pan setelah digunakan

Anda pasti sudah tak asing lagi dengan Stein Cookware, ya. Merek Stein Cookware memang banyak dipromosikan oleh para influencer dan content creator. Salah satu produk yang laris dari Stein Cookware adalah Glow Pan Set dengan warna pink pastel ini.


Glow Pan menggunakan marble coating dari Jerman sehingga permukaannya lebih awet dan antilengket. Satu setnya berisi tiga jenis alat masak. Warnanya yang cantik dan bahannya yang tebal pasti membuat Anda makin semangat memasak!

No.2

Wajan Teflon Classic yang sudah tersertifikasi aman

Kelebihan:

  • Produknya aman karena telah mendapatkan sertifikasi dari FDA
  • Ukuran wok-nya cukup besar

Kekurangan:

  • Beberapa konsumen mengeluhkan produk yang mudah tergores

Maxim Valentino adalah produk Maxim yang dilapisi Teflon Classic. Jangan khawatir soal kontroversi bahan Teflon. Maxim memproduksi alat masak yang bebas BPA dan PFOA. Produknya pun sudah mendapatkan sertifikasi dari Food and Drugs Administration atau FDA.


Produk ini memang sangat cocok digunakan untuk masak sehari-hari. Ukuran diameter wok 30 cm sangat pas digunakan untuk masak sekeluarga. Anda bisa memilih produk ini sebagai hadiah untuk teman yang baru menikah.

No.3

OxoneCookware Set 4 + 2 Pcs OX911

Mulai dari Rp890.000,00

Set alat masak untuk keluarga yang terbuat dari stainless steel

Kelebihan:

  • Isi setnya tergolong cukup lengkap untuk masak bagi keluarga
  • Terbuat dari high quality stainless steel

Kekurangan:

  • Beberapa konsumen mendapatkan barang yang cacat

Cookware Set Oxone seri OX911 dapat menjadi pilihan set alat masak untuk Anda yang sudah berkeluarga. Satu setnya sudah lengkap dengan alas kukus dan frying net. Anda bisa memasak apa saja makanan favorit keluarga Anda.


Set dari Oxone ini terbuat dari bahan stainless steel. Mirror polish untuk bagian luar dan dalam alat masak membuatnya tampak lebih classy. Gagangnya terbuat dari bahan bakelite dengan golden plate.

No.4

TefalNatura Package 1

Mulai dari Rp1.317.000,00

Terbuat dari lapisan Mineralia yang antilengket dan antigores

Kelebihan:

  • Bahannya cukup tebal dan kokoh
  • Teknologi Thermosignal untuk menunjukkan suhu yang tepat saat memasak

Kekurangan:

  • Beberapa konsumen mendapatkan produk dengan satu gagang saja

Satu lagi frying pan set yang kami rekomendasikan adalah produk dari Tefal seri Natura. Tefal seri Natura terbuat dari lapisan Mineralia yang antilengket dan antigores. Diffusion base di bagian bawahnya membuat panas api lebih merata.


Selanjutnya, Tefal menggunakan teknologi Thermosignal. Thermosignal dapat dilihat dari bulatan merah di bagian tengah yang akan berubah menjadi merah tua saat suhunya sudah panas. Produk ini sangat pas bagi Anda yang hobi memasak.

No.5

KangarooCookware Set Alat Masak AluminiumKG676

Mulai dari Rp192.000,00

Harganya sangat ekonomis, pas untuk anak kost

Kelebihan:

  • Harganya tergolong murah untuk satu set frying pan
  • Terdiri dari frying pan dan sauce pan yang pas untuk memasak sendiri

Kekurangan:

  • Bahannya tidak terlalu tebal dan rentan tergores

Bagi para anak indekos yang mencari frying pan set, pertimbangkan set dari Kangaroo ini. Satu setnya terdiri dari frying pan dan saucepan. Anda bisa menggunakannya untuk memasak mi instan, sup, menumis, sampai menggoreng. Harga frying pan dari Kangaroo ini juga tergolong sangat ramah di kantong anak indekos.

No.6

Frying pan set komplet yang pilihan warnanya menarik

Kelebihan:

  • Tersedia dalam pilihan warna yang menarik

Kekurangan:

  • Bahannya tergolong cukup tipis

Apabila Anda mencari set frying pan yang cukup komplet, Anda bisa mempertimbangkan produk dari Pero ini. Satu setnya berisi lima alat masak dengan pilihan warna yang sangat menarik. Isinya benar-benar komplet untuk menumis, menggoreng, merebus, sampai memanggang. Memasak apa pun di rumah jadi lebih praktis dengan set yang komplet.

No.7

BOLDëSuper PAN SHIRO Series

Mulai dari Rp498.900,00

Gagangnya bisa dilepas, penyimpanan jadi lebih praktis

Kelebihan:

  • Bisa digunakan untuk beragam kompor sampai oven
  • Memiliki smart detachable handle dan praktis disimpan

Kekurangan:

  • Smart detachable handle membuat gagangnya goyang

Set frying pan dari BOLDë ini tergolong unik karena dilengkapi dengan smart detachable handle. Anda bisa melepaskan bagian gagang frying pan sehingga produk ini bisa disimpan tanpa memakan banyak ruang. Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya di dalam oven.


Selain desain yang fungsional, frying pan set ini punya detail yang elegan. Detail marble di permukaannya dengan sentuhan warna emas membuatnya lebih spesial. Selain itu, produk ini memiliki ketebalan 3 mm sehingga lebih awet digunakan.

No.8

DebellinAbsolute Granite Starter Package

Mulai dari Rp9.600.000,00

Frying pan set lokal dengan kualitas premium

Kelebihan:

  • Bisa digunakan untuk segala jenis kompor

Kekurangan:

  • Harga satu setnya tergolong cukup mahal

Absolute Granite dari Debelin merupakan alat masak lokal dengan kualitas premium. Absolute Granite dapat Anda gunakan untuk segala jenis kompor. Gagangnya terbuat dari kayu sintetis dengan serat yang tampak seperti kayu asli.


Isi dari Absolute Granite Starter Package sangat cocok untuk Anda yang baru ingin belajar memasak. Di dalamnya sudah ada frying pan, wok, dan saucepan. Anda bisa menggunakannya untuk mempelajari teknik-teknik memasak yang mudah.

No.9

CaroteIce Cream Set 4

Mulai dari Rp2.390.500,00

Frying pan set estetis, bikin konten jadi lebih keren

Kelebihan:

  • Warna dan modelnya sangat estetis dengan gagang berbahan kayu

Kekurangan:

  • Beberapa konsumen menerima produk yang cacat

Apakah Anda ingin menjadi cooking content creator? Jika iya, Anda bisa memiliki set alat masak yang estetis seperti produk Carote ini. Set frying pan dari Carote seri Ice Cream memiliki warna krem yang estetis dengan gagang berbahan kayu. Set ini dapat Anda gunakan juga untuk kompor induksi. Tampilan video ataupun foto Anda akan makin estetis dengan set alat masak ini.

No.10

GreenpanYork Pink Cream White Set 4 Pcs

Mulai dari Rp3.899.000,00

Alat masak dari keramik antilengket dan tahan gores

Kelebihan:

  • Terbuat dari bahan keramik antilengket dan tidak mudah tergores
  • Teknologi induksi Magneto membuat panas lebih merata

Kekurangan:

  • Harga satu setnya tergolong cukup mahal

Greenpan adalah solusi untuk Anda yang ingin mencari alat masak berbahan keramik antilengket yang baik untuk kesehatan. Greenpan menggunakan lapisan keramik Thermolon terbaik di dunia. Teknologi induksi Magneto juga membuat panas lebih merata ke seluruh bagian alat masak.


Proses pembuatan Greenpan sangat ramah lingkungan. Ditambah lagi, lapisan keramik Greenpan tidak mudah tergores. Jika Anda mencari alat masak berbahan keramik demi hidup sehat, pertimbangkan produk dari Greenpan ini, ya.

Tips dari home cook influencer kami, Mariska Tracy

Tips dari home cook influencer kami, Mariska Tracy

Agar set frying pan lebih awet dan dapat digunakan dalam waktu lama, Anda perlu merawatnya dengan baik. Meski tiap produk dilengkapi lapisan antilengket, sebaiknya Anda tidak menggunakan api besar saat memasak. Hal ini bertujuan supaya frying pan lebih tahan lama dan tidak cepat berubah warna. Selain itu, lapisan antilengket yang terkelupas berisiko mengeluarkan racun yang berbahaya ke masakan.

Baca juga rekomendasi alat masak lainnya di sini

Kami sudah merekomendasikan beberapa produk frying pan set terbaik yang bisa Anda pilih. Namun, masih ada beragam alat masak lainnya yang tak boleh Anda lewatkan. Jika Anda masih ingin mencari alat masak terbaik lainnya, silakan kunjungi tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Demikian sepuluh rekomendasi produk frying pan set terbaik yang kami pilih untuk Anda. Bagaimana menurut Anda? Kami harap artikel ini bisa menjadi acuan saat Anda ingin membeli frying pan set.


Perhatikan kembali isi set, bahan frying pan, dan lapisan permukaannya. Memilih set frying pan yang bagus akan memudahkan kegiatan memasak Anda. Selain itu, Anda pun jadi lebih sehat karena makanan Anda lebih terjamin kebersihannya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer