• 10 Loyang Roti Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Loyang Roti Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Loyang Roti Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Loyang Roti Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Loyang Roti Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Loyang Roti Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)

Loyang mempunyai peran penting dalam membuat roti. Selain untuk memanggang adonan, loyang juga menentukan terciptanya aneka bentuk roti. Ada banyak bentuk loyang yang dijual di pasaran, mulai dari loyang kotak, persegi panjang, hingga oval. 


Jika Anda ingin membuat roti yang sempurna tanpa lengket, perhatikanlah kualitas dan bahan loyang yang digunakan. Untuk itu, kami akan memaparkan cara memilih loyang roti yang bagus. Kami juga akan mengulas loyang roti terbaik dari merek CHEF MADE, Cook's Habit, hingga Suncity. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh professional baker kami, Tata Violeta. Mari simak selengkapnya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tata Violeta
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 31 Mei 2022
Daftar isi

Profil pakar: Professional baker, Tata Violeta

Profil pakar: Professional baker, Tata Violeta
Tata Violeta
Professional baker
Tata Violeta

Tata adalah seorang home baker sekaligus founder dari tatabakes (online cakery) yang berdiri sejak 2018. Tata menyelesaikan pendidikan jurusan Culinary Arts selama dua tahun di Kuala Lumpur, Malaysia pada 2018.


Wanita yang senang berinteraksi dengan customer lewat Instagram-nya ini memanfaatkan hasil pengalamannya untuk membuka online cakery sampai saat ini. Selain itu, Tata juga pernah mengajar di salah satu kampus di kota tempat tinggalnya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih loyang roti

Roti seperti apakah yang ingin Anda buat untuk keluarga di rumah? Apakah Anda ingin mencoba membuat roti tawar sendiri? Atau membuat roti sobek bulat sebagai bekal? Memilih loyang yang tepat merupakan hal penting selain mengetahui resep rotinya. Berikut ini poin-poin yang perlu Anda perhatikan saat memilih loyang roti terbaik.

Sesuaikan bentuk dan ukuran loyang dengan jenis roti yang dibuat

Ukuran loyang roti tawar tentu berbeda dengan loyang roti hotdog, begitu juga bentuknya. Untuk itu, alangkah baiknya apabila Anda mengetahui jenis roti yang akan dibuat sebelum memilih loyang. 

Loyang persegi panjang: Fleksibel untuk roti tawar, banana bread, hingga roti sobek

Loyang persegi panjang: Fleksibel untuk roti tawar, banana bread, hingga roti sobek

Loyang roti bentuk persegi panjang paling mudah ditemukan karena paling fleksibel untuk membuat hampir semua jenis roti. Ternyata, loyang roti persegi panjang memiliki jenis yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa jenis loyang roti persegi panjang yang paling sering digunakan.


  • Loyang roti persegi panjang dengan tutup
Loyang jenis ini biasa digunakan untuk membuat roti tawar, khususnya yang dijual di toko. Ukuran roti tawar berkisar antara 1822 cm. Loyang ini akan menghasilkan roti berbentuk balok panjang utuh atau persegi jika sudah diiris-iris.

  • Loyang roti persegi panjang tanpa tutup
Roti tawar juga bisa dibuat dengan loyang jenis ini. Bedanya, roti yang dihasilkan akan memiliki bagian atas yang lebih mengembang. Selain roti tawar, loyang persegi panjang tanpa tutup juga dapat digunakan untuk membuat roti sobek, banana bread, dan sourdough.

  • Loyang roti persegi panjang dengan dinding bergelombang
Anda yang gemar membeli roti bakar Bandung pasti familiar dengan bentuk loyang ini. Benar sekali, loyang jenis ini biasa digunakan untuk roti tawar Bandung yang khas dengan tekstur gemlombang pada bagian pinggirnya. Ukuran panjang rata-ratanya adalah 20 cm.

  • Loyang roti persegi panjang dengan dua ujung yang tinggi melengkung
Saat dilihat sekilas, bentuk loyang ini mirip seperti dipan dengan papan kepala dan kakinya yang tinggi. Loyang jenis ini banyak dipakai untuk membuat roti sisir. Meski roti sisir yang dijual sering kali hanya beberapa lembar, ukuran rata-rata loyangnya sama dengan loyang roti tawar, lho.

Loyang persegi: Sesuai untuk roti berukuran kecil

Loyang persegi: Sesuai untuk roti berukuran kecil

Loyang roti bentuk kotak atau persegi biasanya berukuran lebih kecil dibanding loyang persegi panjang. Beberapa contohnya adalah loyang roti tawar mini atau roti mungil yang kerap ada di kotak snack. Ada juga loyang roti bluder khas Madiun. Dengan menggunakan loyang ini, jumlah adonan yang sedikit akan lebih mudah terbentuk secara rapi dan seragam.

Loyang oval: Cocok untuk membuat roti hotdog dan baguette

Loyang oval: Cocok untuk membuat roti hotdog dan baguette

Membentuk adonan hotdog dan baguette sebenarnya bisa saja dilakukan secara manual menggunakan tangan. Namun, untuk Anda yang perfeksionis atau bahkan ingin berjualan, loyang roti jenis ini akan sangat membantu.


Jika Anda berniat membuatnya, Anda bisa memilih loyang roti bentuk oval memanjang. Ukuran loyang baguette umumnya di kisaran 60 cm x 4 cm. Sementara itu, ukuran loyang hotdog antara 15 cm hingga 19 cm  dengan lebar 5 cm

Pastikan ukuran loyang sesuai dengan ukuran oven

Pastikan ukuran loyang sesuai dengan ukuran oven

Setelah memutuskan bentuk loyang yang hendak dimiliki, selanjutnya adalah melihat kesesuaian ukuran loyang dengan ukuran oven. Meskipun terlihat sama, ukuran untuk tiap produk loyang bisa berbeda-beda. Penting bagi Anda untuk memastikan ukurannya dalam satuan angka. Jangan sampai ukuran loyang yang dibeli terlalu besar sehingga tidak bisa dimasukkan ke dalam oven yang Anda miliki.

Pilih loyang roti berdasarkan karakteristik materialnya

Terdapat bermacam-macam bahan yang digunakan untuk membuat loyang roti. Setiap bahan memiliki karakteristik yang berbeda mulai dari hasil panggangan, durability, kegunaan, dan kemudahan dalam mencuci loyang. Yuk, simak ulasan selengkapnya.

Aluminium: kuat, awet, dan mudah dipakai

Aluminium: kuat, awet, dan mudah dipakai

Loyang berbahan aluminium cenderung memiliki bobot yang ringan. Meski begitu, loyang ini dijamin awet sehingga Anda tidak perlu sering membelinya. Loyang roti aluminium juga tidak mudah berkarat dan mampu menghantarkan panas dengan baik. Selain itu, loyang ini dapat menghasilkan permukaan roti dengan warna yang bagus dan bertekstur crispy.


Makin lama digunakan, loyang aluminium pun makin licin sehingga Anda dapat memisahkan roti dari loyangnya dengan mudah. Akan tetapi, beberapa loyang aluminium dapat menyebabkan kue melekat atau lengket pada loyang karena tidak bersifat non-stick. Karena itu, sebaiknya Anda mengalasi loyang dengan kertas roti, baking paper, atau olesan mentega.


Loyang dari aluminium ini harganya memang ekonomis dan mudah digunakan, tetapi lebih rawan penyok atau berubah bentuk. Namun, jika Anda bisa merawatnya dengan baik, loyang ini bisa Anda pakai seumur hidup.

Baja karbon: Lebih elegan dan ergonomis

Baja karbon: Lebih elegan dan ergonomis

Selain aluminium, material yang sering digunakan untuk loyang roti adalah baja karbon (carbon steel). Biasanya, loyang baja karbon memiliki tekstur yang lebih halus dan tidak glossy. Hal ini menyebabkan tampilan loyang baja karbon lebih elegan dan stylish. Loyang baja karbon juga sudah memiliki pelapis antilengket sehingga permukaan roti tidak menempel dan mudah dilepaskan dari loyang.


Untuk ketahanannya tak perlu diragukan lagi karena loyang jenis ini sudah teruji. Selain itu, desainnya pun lebih ergonomis karena tidak terdapat banyak sambungan bahan yang menonjol saat dipegang. Namun memanggang dengan loyang baja atau besi perlu perhatian ekstra karena jauh lebih cepat panas dibandingkan alumunium. Jika Anda tidak fokus, roti bisa menjadi gosong.

Agar mudah dipakai dan dibersihkan, pilih loyang dengan lapisan antilengket atau teflon

Agar mudah dipakai dan dibersihkan, pilih loyang dengan lapisan antilengket atau teflon
Jika Anda menginginkan loyang yang mudah dibersihkan, pilihlah loyang antilengket dengan lapisan thermoplastic fluoropolymer atau yang sering disebut teflon. Loyang jenis ini lebih mudah menghantarkan panas, roti mudah dikeluarkan, serta dapat melindungi loyang Anda agar tidak mudah gosong. Selain itu, Anda juga tak perlu memanaskan loyang terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Namun, meski mudah digunakan, loyang berlapis teflon tidak terlalu awet. Setelah digunakan, hindari langsung mencucinya dengan air dingin karena dapat merusak lapisan loyang. Saat membersihkannya, cucilah dengan lembut supaya tidak menggores permukaannya.

10 Rekomendasi loyang roti terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk loyang roti terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Tata Violeta.

10
BentukPersegi
FungsiRoti kecil
Ukuran7 cm x 7 cm x 4 cm
BahanBaja karbon
Lapisan antilengket
9
BentukPersegi panjang
FungsiRoti tawar, roti sobek, banana bread, dll
Ukuran28 cm x 15 cm x 7 cm
BahanTidak disebutkan (antilengket)
Lapisan antilengket
8

CHEF MADEMini Loaf Pan Hotdog-Shaped

WK9105

Mulai dari Rp 60.000,00

BentukOval
FungsiHotdog
Ukuran7 cm x 19 cm x 2,5 cm
BahanBaja karbon
Lapisan antilengket
7
BentukBundar
FungsiRoti tawar
Ukuran15 cm x 12 cm
BahanTidak disebutkan
Lapisan antilengket
6

CHEFMADESmall Non-stick Baguette Tray

WK9083

Mulai dari Rp 155.000,00

BentukOval
FungsiBaguette
Ukuran26,8 cm x 24,1 cm x 2,6 cm
BahanCarbon steel
Lapisan antilengket
5
BentukPersegi panjang
FungsiSourdough bread, roti manis, roti sobek
Ukuran25 cm x 18 cm x 5,8 cm
BahanHeavy gauge steel
Lapisan antilengket
3
BentukPersegi panjang
FungsiRoti tawar
Ukuran19,7 cm x 10,6 cm x 11 cm
BahanAluminium alloy
Lapisan antilengket
4
BentukPersegi panjang
FungsiRoti isi
Ukuran20 cm x 8 cm x 8 cm
BahanAluminium
Lapisan antilengketTidak disebutkan
2
BentukPersegi panjang
FungsiRoti tawar (Bandung)
Ukuran18 cm x 8 cm x 8 cm dan 20 cm x 8 cm x 8 cm
BahanAluminium
Lapisan antilengketTidak disebutkan
1
BentukPersegi panjang
FungsiRoti sisir, roti manis
Ukuran18 cm x 12 cm hingga 24 cm x 12 cm
BahanAluminium
Lapisan antilengketTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk loyang roti terbaik

Gambar produk
1
Loyang Roti Sisir 1

2
Loyang Roti Tawar Bandung 1

3
Non-Stick Wavy Loaf Pan 1

4
Loyang Roti dengan Pipa 1

5
Cook's Habit Medium Loaf Pan 8 Inch 1

Cook's Habit

6
CHEFMADE Small Non-stick Baguette Tray 1

CHEFMADE

7
Bear Toast Box 1

8
CHEF MADE Mini Loaf Pan Hotdog-Shaped 1

CHEF MADE

9
Master Pastry Loaf Pan Large 1

Master Pastry

10
Suncity Mini Square Loaf Pan 1

Suncity

Nama produk

Loyang Roti Sisir

Loyang Roti Tawar Bandung

Non-Stick Wavy Loaf Pan

Loyang Roti dengan Pipa

Medium Loaf Pan 8 Inch

Small Non-stick Baguette Tray

Bear Toast Box

Mini Loaf Pan Hotdog-Shaped

Loaf Pan Large

Mini Square Loaf Pan

Keunggulan

Hasil panggangan roti sisir berderet rapi berkat loyang khusus

Dengan gerigi di permukaan untuk ciptakan roti tawar Bandung yang khas

Loyang bertekstur garis diagonal dengan lubang perforasi untuk memudahkan Anda mengeluarkan roti

Hasilkan roti isi yang rapi dengan pipa di tengah loyang

Dengan ketebalan yang pas, distribusi panas jadi lebih merata

Hadirkan roti baguette ala Prancis untuk keluarga Anda

Berbentuk beruang, cocok untuk membuat roti bekal anak

Membuat roti hotdog kini lebih mudah!

Antilengket, berukuran besar, dan harga bersahabat, sebuah kombinasi yang sempurna!

Sekaligus dapat 6 loyang, waktu memanggang pun makin singkat!

Harga mulai dariRp 15.000,00Rp 18.500,00Rp 41.500,00Rp 38.000,00Rp 99.900,00Rp 155.000,00Rp 129.000,00Rp 60.000,00Rp 43.100,00Rp 160.000,00
BentukPersegi panjangPersegi panjangPersegi panjangPersegi panjangPersegi panjangOvalBundarOvalPersegi panjangPersegi
FungsiRoti sisir, roti manisRoti tawar (Bandung)Roti tawarRoti isiSourdough bread, roti manis, roti sobekBaguetteRoti tawarHotdogRoti tawar, roti sobek, banana bread, dllRoti kecil
Ukuran18 cm x 12 cm hingga 24 cm x 12 cm18 cm x 8 cm x 8 cm dan 20 cm x 8 cm x 8 cm19,7 cm x 10,6 cm x 11 cm20 cm x 8 cm x 8 cm25 cm x 18 cm x 5,8 cm26,8 cm x 24,1 cm x 2,6 cm15 cm x 12 cm7 cm x 19 cm x 2,5 cm28 cm x 15 cm x 7 cm7 cm x 7 cm x 4 cm
BahanAluminiumAluminiumAluminium alloyAluminiumHeavy gauge steelCarbon steelTidak disebutkanBaja karbonTidak disebutkan (antilengket)Baja karbon
Lapisan antilengketTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar loyang roti

Pertanyaan umum seputar loyang roti

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar loyang roti. Jika Anda masih penasaran, silakan simak jawabannya di bawah ini!

Bagaimana contoh loyang yang baik untuk pemula?

Loyang dengan bahan apa pun cocok digunakan oleh Anda yang baru memulai baking. Syaratnya, Anda perlu mengetahui sifat loyang sehingga dapat menghasilkan roti atau cake dengan hasil terbaik.

Baca juga rekomendasi alat membuat roti lainnya di sini

Dalam proses membuat roti, tentulah memerlukan beberapa alat lainnya selain loyang. Jika Anda membutuhkan microwave oven, rolling pin, dan timbangan kue, kami memiliki rekomendasi produk terbaiknya untuk Anda. Silakan simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Kesimpulan

Membuat roti merupakan proses yang tak bisa dibilang mudah. Selain keahlian, loyang roti yang bagus juga bisa menjadi faktor pendukung untuk memudahkan proses memasak. Anda harus cermat memilih karena bentuk, ukuran, hingga material loyang berpengaruh terhadap keberhasilan roti.


Cara memilih loyang roti beserta sepuluh rekomendasi produknya telah kami berikan. Bagaimana menurut Anda? Apakah artikel ini membantu? Semoga Anda bisa menemukan loyang roti terbaik yang sesuai kebutuhan. Happy baking!

Artikel terkait

  • 10 Saringan Tepung Terbaik - Ditinjau oleh Cake Designer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Saringan Tepung Terbaik - Ditinjau oleh Cake Designer (Terbaru Tahun 2022)
    Saringan tepung atau flour sieve adalah perkakas penting bagi para baker untuk membuat roti berkualitas. Proses pengayakan akan membuat tepung tidak menggumpal sehingga adonan dapat mengembang sempurna. Di sini, Anda akan mendapati saringan tepung terigu dan tepung lainnya dari bahan stainless, aluminium, atau plastik.Saringan tepung halus hingga paling halus, mulai dari ukuran kecil sampai besar pun akan Anda temui. Selain merek IKEA dan Maspion, adakah merek lain yang bagus dan menarik untuk dipilih? Artikel ini sudah ditinjau oleh cake designer kami, Adela Andriana. Mari ikuti informasi selengkapnya!
    Perlengkapan baking
  • 10 Cetakan Muffin Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cetakan Muffin Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ingin membuat muffin, Anda memerlukan cetakan muffin. Jika dilihat dari bahannya, cetakan muffin yang dijual di pasaran ternyata beragam. Ada cetakan yang terbuat dari stainless, kertas, dan silikon yang berwarna-warni. Selain itu, bentuknya juga bervariasi, seperti bulat, persegi, hingga bintang.Kami akan membagikan tips memilih cetakan muffin terbaik. Setelah itu, kami akan merekomendasikan cetakan muffin yang bagus dari merek Royal Ami hingga Maspion Logam Jawa. Jadi, simak pembahasannya sampai tuntas dan pilihlah cetakan yang cantik agar muffin terlihat menarik. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Perlengkapan baking
  • 10 Cetakan Donat Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cetakan Donat Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    Cetakan donat atau doughnut mold adalah alat untuk membantu Anda membuat donat dengan mudah. Meskipun fungsinya sederhana, sebetulnya alat pembuat donat ini tersedia dalam berbagai varian. Sebut saja cetakan donat plastik, cetakan donat panggang, ring cutter donat, dan sebagainya.Pada artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan saksama. Kami juga akan memberikan tips memilih cetakan donat yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh professional baker kami, Tata Violeta. Gunakan cetakan yang tepat agar donat buatan Anda tampak cantik!
    Perlengkapan baking
  • 10 Cetakan Kue Kering Terbaik - Ditinjau oleh Cake Designer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cetakan Kue Kering Terbaik - Ditinjau oleh Cake Designer (Terbaru Tahun 2022)
    Siapa yang tak suka nastar, putri salju, kue kacang, dan kastengel? Selain enak, kue kering khas lebaran ini memiliki bentuk menarik. Ada bentuk bulat, hati, bulan sabit, atau bentuk-bentuk unik lainnya. Untuk membuat kue dengan bentuk-bentuk tersebut, Anda membutuhkan cetakan kue kering yang bagus.Cetakan kue kering biasanya terbuat dari logam atau plastik. Untuk menemukan produk yang tepat, kami akan menjelaskan tips memilihnya. Ada juga cetakan kue kering serbaguna untuk membuat bento, lho. Silakan baca rekomendasi produk terbaiknya di sini. Artikel ini sudah ditinjau oleh cake designer kami, Adela Andriana.
    Perlengkapan baking
  • 10 Rekomendasi Kertas Doily Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kertas Doily Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kertas doily adalah kertas yang dicetak sedemikian rupa sehingga menghasilkan pola yang indah seperti renda. Kertas ini sering kali digunakan sebagai alas makanan dan wadah permen, tetapi kegunaannya tidak sampai di situ saja. Anda dapat menggunakannya sebagai pembungkus, scrapbook, dekorasi, dan lainnya.Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus merekomendasikan kertas doily yang bagus. Ada beragam bentuk yang bisa dipilih, seperti lingkaran, oval, kotak, persegi panjang, dan bintang. Selain itu, warna dan pola rendanya pun bervariasi. Nah, pilihlah kertas renda yang paling menarik bagi Anda, ya!
    Perlengkapan baking
  • 10 Rekomendasi Whisk/Kocokan Telur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Whisk/Kocokan Telur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kocokan telur manual merupakan salah satu perlengkapan dapur yang wajib dimiliki. Meski dewasa ini banyak orang menggunakan mixer elektrik, keberadaan whisk tetap dianggap penting. Whisk mampu memberikan hasil kocokan yang lebih sempurna yang tidak bisa dihasilkan secara otomatis oleh mixer.Kini dijual beragam jenis kocokan telur di pasaran. Ada yang terbuat dari bahan stainless steel, ada pula yang dari silikon. Nah, kali ini kami akan membagi tips memilih kocokan telur yang bagus. Sepuluh rekomendasi whisk terbaik dari berbagai merek, seperti JIB dan BOLDe, juga telah kami siapkan. Yuk, disimak!
    Perlengkapan baking
  • 10 Rekomendasi Timbangan Kue yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Timbangan Kue yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk membuat roti dan kue yang sempurna, bahan-bahan harus ditakar dengan tepat. Karena itulah, timbangan adalah perlengkapan wajib yang ada di dapur Anda. Timbangan kue terbagi menjadi dua tipe, digital dan manual. Keakuratan dan jumlah bahan yang bisa ditimbang setiap produk tentunya berbeda.Nah, kali ini kami akan memberikan tips memilih sekaligus memberi rekomendasi produk yang bagus dengan harga terjangkau. Merek timbangan kue, seperti Camry, Tanita, Krisbow, Kenmaster, Oxone, dan Lion Star ada dalam rekomendasi kami. Tidak ketinggalan, komentar dari cooking influencer, Inov Pelawi, juga akan melengkapi informasi kami.
    Perlengkapan baking
  • 10 Gelas Ukur Terbaik untuk di Dapur - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gelas Ukur Terbaik untuk di Dapur - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Gelas ukur atau measuring cup sering dikaitkan dengan peralatan laboratorium. Meski tidak salah, di artikel ini kami akan membahas gelas takar yang bagus untuk di dapur. Barangkali Anda lebih akrab menyebutnya dengan gelas ukur kue atau gelas ukur masak.Gelas ukur biasanya terbuat dari stainless steel atau plastik. Kapasitasnya beragam, mulai dari 10 ml, 50 ml, 100 ml, hingga 200 ml. Beberapa merek juga memiliki produk berkapasitas 500 ml dan 1.000 ml, seperti IKEA, Lion Star, serta Maxim. Simak pembahasan yang sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Perlengkapan baking
  • 10 Rekomendasi Oven Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Oven Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Oven merupakan peralatan dapur yang sering digunakan untuk membuat kue. Salah satu jenis oven dengan kapasitas besar yang dapat Anda temui di pasaran adalah oven gas. Sesuai namanya, oven gas menggunakan sumber energi panas yang berasal dari gas elpiji. Pada artikel ini, kami akan mengulas tips memilih oven gas terbaik yang dapat Anda beli secara online. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi merk oven gas single dan tanam terbaik untuk dapur pribadi dan usaha rumahan. Oven gas merek Bima Mega, Modena, dan Hock akan kami ulas keunggulannya. Selamat membaca!
    Perlengkapan baking
  • 10 Tatakan Kue Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tatakan Kue Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang berprofesi sebagai pastry chef pasti sudah tidak asing dengan tatakan kue. Cake base atau lebih dikenal dengan tatakan kue biasa Anda temukan dalam setiap pembelian kue tart dan  beragam kue.Pada kesempatan ini, kami akan membahas mengenai cara memilih tatakan kue yang bagus. Kami akan merekomendasikan sepuluh produk tatakan kue dari beragam merek terbaik. Selain itu, kami pun akan menjabarkan beragam kegunaan tatakan kue. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, baca artikel ini sampai habis dan segera checkout produk favorit Anda!
    Perlengkapan baking
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cetakan Kue Pukis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cetakan Kue Pukis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kue pukis merupakan salah satu penganan yang digemari oleh semua kalangan masyarakat. Selain lezat, kue ini juga gampang dibuat sendiri di rumah. Namun, Anda membutuhkan cetakan kue pukis untuk mendapatkan bentuk yang sempurna. Di pasaran, Anda bisa dengan mudah menemukan cetakan kue pukis berbahan teflon, aluminium, hingga kuningan.Dengan banyaknya pilihan, mana yang tepat untuk dipilih? Tak usah khawatir! Kali ini kami akan membagi tips memilih cetakan kue pukis yang bagus. Rekomendasi produk-produk terbaik dari berbagai merek, seperti Suggo dan Signora, juga telah kami siapkan. Harganya pun bervariasi. Yuk, disimak!
    Perlengkapan baking
  • 10 Rekomendasi Oven Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Oven Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Oven merupakan peralatan dapur yang sering digunakan untuk membuat kue. Salah satu jenis oven dengan kapasitas besar yang dapat Anda temui di pasaran adalah oven gas. Sesuai namanya, oven gas menggunakan sumber energi panas yang berasal dari gas elpiji. Pada artikel ini, kami akan mengulas tips memilih oven gas terbaik yang dapat Anda beli secara online. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi merk oven gas single dan tanam terbaik untuk dapur pribadi dan usaha rumahan. Oven gas merek Bima Mega, Modena, dan Hock akan kami ulas keunggulannya. Selamat membaca!
    Perlengkapan baking
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Convection Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Microwave Oven Convection Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Microwave oven convection adalah alat yang dapat memanaskan makanan serta memasak bahan makanan dengan cepat. Hasilnya pun akan matang secara merata. Anda dapat menemukan beragam merek microwave oven convection di pasaran, seperti Electrolux, Modena, Sharp, hingga Panasonic. Banyaknya merek yang beredar mungkin membuat Anda bingung dalam memilih produk yang bagus dan sesuai kebutuhan. Untuk menjawab kebingungan Anda, kali ini kami akan memberikan tips memilih produk microwave oven convection. Selain itu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda pilih. Simak artikel ini hingga akhir, ya!
    Perlengkapan baking
  • 10 Loyang Kue Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Loyang Kue Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Loyang sangat diperlukan untuk membuat kue. Ada beragam loyang dengan fungsinya masing-masing, seperti loyang kue kering atau loyang kue bolu. Bahan pembuatnya pun bermacam-macam, seperti aluminium, silikon, atau kaca. Pada kesempatan ini, kami akan memperkenalkan produk-produk loyang kue yang bagus dari beragam merek. Anda akan menemukan loyang kue antara lain dari Cookshabit, Maxim Bakeware, dan Chefmade. Kami juga akan membagikan cara memilih loyang kue terbaik. Tak ketinggalan kami tampilkan pula rekomendasi dengan kisaran harganya. Mari baca artikel ini untuk mengetahuinya! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Perlengkapan baking
  • 10 Cetakan Donat Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cetakan Donat Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    Cetakan donat atau doughnut mold adalah alat untuk membantu Anda membuat donat dengan mudah. Meskipun fungsinya sederhana, sebetulnya alat pembuat donat ini tersedia dalam berbagai varian. Sebut saja cetakan donat plastik, cetakan donat panggang, ring cutter donat, dan sebagainya.Pada artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan saksama. Kami juga akan memberikan tips memilih cetakan donat yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh professional baker kami, Tata Violeta. Gunakan cetakan yang tepat agar donat buatan Anda tampak cantik!
    Perlengkapan baking
  • 10 Rekomendasi Timbangan Kue yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Timbangan Kue yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk membuat roti dan kue yang sempurna, bahan-bahan harus ditakar dengan tepat. Karena itulah, timbangan adalah perlengkapan wajib yang ada di dapur Anda. Timbangan kue terbagi menjadi dua tipe, digital dan manual. Keakuratan dan jumlah bahan yang bisa ditimbang setiap produk tentunya berbeda.Nah, kali ini kami akan memberikan tips memilih sekaligus memberi rekomendasi produk yang bagus dengan harga terjangkau. Merek timbangan kue, seperti Camry, Tanita, Krisbow, Kenmaster, Oxone, dan Lion Star ada dalam rekomendasi kami. Tidak ketinggalan, komentar dari cooking influencer, Inov Pelawi, juga akan melengkapi informasi kami.
    Perlengkapan baking
  • 10 Tatakan Kue Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tatakan Kue Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang berprofesi sebagai pastry chef pasti sudah tidak asing dengan tatakan kue. Cake base atau lebih dikenal dengan tatakan kue biasa Anda temukan dalam setiap pembelian kue tart dan  beragam kue.Pada kesempatan ini, kami akan membahas mengenai cara memilih tatakan kue yang bagus. Kami akan merekomendasikan sepuluh produk tatakan kue dari beragam merek terbaik. Selain itu, kami pun akan menjabarkan beragam kegunaan tatakan kue. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, baca artikel ini sampai habis dan segera checkout produk favorit Anda!
    Perlengkapan baking
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori