10 Rekomendasi Loyang Roti Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Loyang Roti Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Dalam membuat bentuk roti yang menarik, loyang mempunyai peran penting dalam membentuk adonan. Berbagai macam bentuk loyang dijual di pasaran, seperti bentuk persegi panjang untuk membuat roti tawar yang standar, bentuk bulat, dan lainnya.

Untuk membuat roti yang sempurna tanpa lengket dan hangus, Anda perlu memperhatikan kualitas dan bahan loyang yang digunakan. Di sini kami akan memaparkan bagaimana cara memilih loyang roti yang bagus, beserta ulasan produk-produk terbaik rekomendasi dari kami. Temukan loyang terbaik Anda dan buat roti yang lezat di rumah!

Daftar isi

Cara memilih loyang roti

Roti apakah yang ingin Anda buat di rumah untuk keluarga? Apakah Anda ingin mencoba membuat roti tawar sendiri? Atau roti-roti enak seperti yang dijual di toko roti terkenal? Memilih loyang yang tepat merupakan salah satu hal yang penting selain mengetahui resep rotinya. Berikut ini poin-poin dari kami tentang bagaimana cara memilih loyang roti yang baik. Simak ya!

Cek ukuran loyang, sesuaikan dengan ukuran oven dan roti yang ingin dibuat

Cek ukuran loyang, sesuaikan dengan ukuran oven dan roti yang ingin dibuat

Hal dasar yang harus diperhatikan ketika memilih loyang roti adalah mengecek ukuran loyang. Ukuran loyang haruslah sesuai dengan bentuk roti yang ingin Anda buat. Bentuk roti pun bermacam-macam, seperti misalnya roti tawar yang bentuknya persegi panjang, roti bentuk lonjong seperti hot dog, bentuk bulat, dan lain-lain.

Setelah tahu ukuran roti yang ingin dibuat, sesuaikan juga loyang dengan ukuran oven yang Anda miliki. Jangan sampai loyang tidak bisa masuk ke dalam oven karena ukurannya yang terlalu besar.

Untuk pemula, miliki loyang bentuk persegi panjang & bulat

Untuk pemula, miliki loyang bentuk persegi panjang & bulat

Untuk Anda yang pemula dan baru belajar membuat roti, ada dua bentuk loyang yang wajib Anda miliki yaitu loyang bentuk persegi panjang dan bentuk bulat. Untuk bentuk persegi panjang, sebaiknya memilih yang berukuran kira-kira 18 cm. Selain itu, untuk yang berbentuk bulat sebaiknya memilih ukuran 15 cm. Jika Anda memiliki ukuran loyang yang standar ini, Anda pun dapat menggunakan loyang ini untuk membuat kue. Jadi, poin penting bagi Anda yang pemula dalam membuat kue adalah Anda harus terbiasa menggunakan bentuk dasar loyang ini.

Ketahui karakteristik bahan loyang yang digunakan dan pilih yang sesuai

Bahan yang digunakan untuk membuat loyang bermacam-macam. Setiap bahan memiliki karakteristik yang berbeda, seperti misalnya hasil panggangan, durability, kegunaan, dan kemudahan dalam mencuci loyang. Masing-masing bahan loyang memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Yuk, simak ulasan selengkapnya.

Baja lapis aluminium: kuat, awet, dan mudah dipakai

Baja lapis aluminium: kuat, awet, dan mudah dipakai

Loyang yang terbuat dari bahan baja yang dilapisi aluminium merupakan bahan yang tahan terhadap karat sekaligus konduktor panas yang baik. Meskipun sedikit berat, tetapi loyang ini merupakan loyang yang paling kuat dan tahan lama sehingga banyak digunakan oleh orang-orang.

Jika dibandingkan dengan produk lainnya, memang terkesan mahal harganya. Namun, harga tersebut setara dengan kualitas yang Anda dapatkan. Loyang ini dijamin awet sehingga Anda tidak perlu membelinya lagi di kemudian hari. Loyang ini tidak mudah berkarat, mampu menghantarkan panas dengan baik, serta dapat menghasilkan permukaan roti dengan warna yang bagus dan tekstur yang crispy. Semakin lama digunakan, loyang ini akan semakin licin sehingga Anda dapat dengan mudah memisahkan roti dari loyangnya. Jika Anda bisa merawatnya dengan baik, loyang ini akan bisa Anda pakai seumur hidup Anda. Namun, loyang jenis ini perlu Anda panaskan terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Timah: harga ekonomis dan panas merata

Timah: harga ekonomis dan dapat mengalirkan panas tinggi

Bagi Anda mencari loyang yang murah, kami menyarankan membeli loyang dari bahan timah. Timah dapat mengalirkan panas yang tinggi sehingga hasil panggangan roti menjadi matang sempurna. Namun, timah memiliki sifat yang mudah berkarat dan sulit dibersihkan. Sebaiknya Anda berhati-hati saat membersihkan loyang dari bahan timah karena jika tergores bekas goresan akan menghitam.

Selain itu, bahan timah yang mudah berkarat menyebabkan loyang jenis ini tidak awet jika digunakan dalam waktu lama. Jika loyang Anda berkarat, segeralah membersihkannya dengan mengoleskan minyak ke permukaannya, kemudian keringkan. Akan tetapi, loyang berbahan timah cukup jarang ditemukan di toko online di Indonesia.

Silikon: roti mudah dikeluarkan dari loyang dan mudah dibersihkan

Silikon: roti mudah dikeluarkan dari loyang dan mudah dibersihkan

Kelebihan utama dari menggunakan bahan silikon adalah loyang yang mudah dibersihkan karena roti yang mudah diangkat setelah matang. Roti yang dipanggang menggunakan loyang bahan silikon hasilnya berwarna putih seperti roti kukus. Anda bisa menggunakan loyang ini baik untuk oven maupun microwave. Karena kelebihan dan kemudahan dalam penggunaannya, loyang dari bahan silikon ini cocok untuk Anda yang baru pertama kali belajar membuat roti-roti yang mudah.

Di sisi lain, kekurangan dari loyang tipe ini dibandingkan dengan loyang bahan lain adalah bahan silikon memiliki ketahanan terhadap panas rendah. Anda perlu berhati-hati agar roti tidak menjadi hangus. Selain itu, warna roti yang dipanggang pun juga tidak bisa memiliki warna kecokelatan yang cantik. Namun, karena loyang jenis ini memiliki ragam bentuk yang dijual di pasaran, Anda bisa mengoleksinya untuk membuat berbagai macam bentuk roti. Seru, bukan?

Pilihlah loyang antilengket dengan lapisan thermoplastic fluoropolymer atau silikon untuk kemudahan dalam penggunaan

Pilihlah loyang antilengket dengan lapisan thermoplastic fluoropolymer atau silikon untuk kemudahan dalam penggunaan

Bagi Anda yang menginginkan loyang yang mudah digunakan, pilihlah loyang antilengket dengan bahan lapisan thermoplastic fluoropolymer (kita mengenalnya dengan produk Teflon), atau dengan bahan lapisan silikon. Loyang dengan lapisan ini akan lebih mudah menghantarkan panas, roti mudah dikeluarkan dari loyang, serta dapat melindungi loyang Anda sehingga tidak mudah gosong. Selain itu, Anda juga tak perlu memanaskan loyang terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Praktis dan nyaman digunakan.

Namun, meskipun mudah digunakan, loyang jenis ini tidak terlalu awet. Setelah digunakan, janganlah langsung mencucinya dengan air dingin, karena hal ini dapat merusak lapisan loyang. Saat membersihkannya, cucilah dengan lembut supaya tidak menggores permukaannya.

10 Rekomendasi loyang roti terbaik

Jika Anda sudah memahami poin cara memilih di atas, sekarang kami akan memberikan sepuluh rekomendasi produk loyang roti terbaik. Simak baik-baik dan bersiaplah menemukan produk terbaik untuk Anda!

10. Maxim Bakeware Loaf Pan

10. Maxim Bakeware Loaf Pan

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 54.000

Bentuk persegi panjang, ukuran pas, warna pun cantik

Bagi Anda yang baru belajar membuat roti, sebaiknya jangan membuat roti berbentuk rumit terlebih dahulu. Cobalah membuat roti berbentuk persegi panjang, seperti roti tawar biasa, menggunakan loyang rekomendasi dari kami ini. Produk ini berbentuk persegi panjang dengan panjang 23 cm yang tidak terlalu besar dan pas untuk pemula.

Selain itu, karena sudah dilengkapi dengan lapisan antilengket, proses pemanggangan akan lebih mudah. Jadi, misalkan hasil percobaan pertama Anda gagal dan roti menempel pada permukaan loyang pun, Anda bisa membersihkannya dengan mudah. Segera miliki loyang pink cantik ini dan tetap semangat membuat roti yang lezat.

9. Loyang Teflon 3D

9. Loyang Teflon 3D

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 350.000

Buat hati berbunga-bunga dengan roti tawar bunga

Bagi Anda yang sudah mahir membuat roti, tidak ada salahnya untuk membuat kreasi roti tawar dengan bentuk lain. Dengan menggunakan loyang ini, Anda bisa mencoba membuat roti unik dalam bentuk bunga yang cantik.

Meskipun loyang ini berbentuk bunga, Anda tidak perlu khawatir roti susah diangkat dan bentuknya rusak. Produk ini sudah dilapisi dengan teflon yang akan memudahkan Anda mengeluarkan roti dari loyang. Untuk Anda yang ingin lebih berkreasi dalam membuat roti, loyang ini wajib menjadi koleksi Anda.

8. Loyang Mold Teflon

8. Loyang Mold Teflon

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 49.000

Roti Anda sering susah diangkat dari loyang? Pakai saja loyang yang ekonomis ini!

Apakah Anda merasa sudah membuat adonan roti dengan benar sesuai resep, tetapi roti masih saja lengket di loyang? Mungkin karena loyang yang Anda gunakan tidak memiliki lapisan antilengket. Jangan dahulu ganti loyang Anda dengan yang mahal, pilih saja produk dengan harga yang cukup terjangkau ini.

Produk ini dibuat dari bahan karbon baja yang dilapisi dengan teflon. Selain tidak lengket dan mudah diangkat, roti Anda akan matang dengan sempurna karena dilindungi dari panas yang tinggi oleh lapisan teflon. Jika Anda memiliki produk ini, niscaya kantong aman dan hati pun senang!

7. Loyang Roti Tawar

7. Loyang Roti Tawar

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 105.000

Dapatkan roti tawar yang dapat dipotong sama besar

Jika Anda ingin membuat roti tawar sendiri di rumah dengan tebal roti yang dapat dipotong sama besar, Anda membutuhkan loyang ini. Hasil panggangan roti akan berbentuk bergerigi sesuai dengan bentuk loyang yang memiliki gerigi. Dengan demikian, loyang ini akan memudahkan Anda saat akan memotong roti dengan tebal yang sama besar.

Produk ini sudah dilengkapi penutup di bagian atas sehingga dapat menghasilkan tepian roti tawar yang rata, cocok untuk membuat sandwich. Selain sandwich, Anda juga bisa mencoba membuat roti tawar untuk roti bakar bandung yang terkenal itu. Seru, bukan?

6. Loyang Roti Baguette

6. Loyang Roti Baguette

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 175.000

Hadirkan roti baguette ala Prancis untuk keluarga Anda

Apakah Anda ingin sarapan pagi yang berbeda ala Barat dengan roti favorit orang Prancis? Jika ya, Anda memerlukan loyang khusus dengan membeli produk ini. Produk ini merupakan loyang khusus untuk membuat roti baguette yang berbentuk lonjong panjang, dengan bagian luar yang keras dan juga lubang-lubang di bagian dalam.

Loyang berbentuk lubang-lubang memanjang yang berjumlah lima baris ini sangat pas untuk membuat roti baguette. Memiliki panjang 60 cm, dalam sekali panggangan Anda dapat menghasilkan lima lembar roti yang cukup panjang. Cocok bagi Anda yang ingin membuat roti untuk sarapan satu keluarga.

5. Limitools Baking Bakeware

5. Limitools Baking Bakeware

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 94.400

Bentuknya fleksibel, pilihan tepat untuk Anda yang masih pemula

Bagi Anda yang baru mencoba membuat roti di rumah, Anda mungkin sering gagal mengeluarkan roti dengan sempurna dari loyang. Hal itu tidak akan terjadi lagi jika Anda menggunakan loyang yang terbuat dari bahan silikon ini. Loyang yang dinilai ramah lingkungan ini memiliki tekstur yang lentur.

Teksturnya yang lentur memudahkan Anda mengeluarkan roti dari loyang tanpa merusak bentuknya. Loyang ini pasti menjadi sahabat seorang pemula dalam membuat roti. Selain roti akan berbentuk sempurna, variasi warna loyang yang ditawarkannya pun cantik-cantik. Anda bisa memilih warna sesuai dengan selera Anda.

4. Pre Seasoned Loaf Pan

4. Pre Seasoned Loaf Pan

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 862.000

Loyang antilengket, tak perlu oles-oles minyak lagi

Jika tidak ingin roti menempel pada loyang, sebelum menuang adonan biasanya Anda perlu mengoles minyak atau margarin terlebih dahulu. Namun, hal itu tidak perlu Anda lakukan lagi karena produk ini sudah memiliki kandungan minyak pada permukaannya. Anda bisa menuangkan adonan langsung ke dalam loyang.

Karena sudah mengandung minyak, roti Anda yang sudah matang menjadi lebih mudah diangkat dari loyang. Selain itu, di bagian atas dan bawah loyang terdapat dua lubang besar untuk digantung agar tidak tergores dengan barang-barang Anda yang lain. Cocok untuk Anda yang mencari loyang praktis berkualitas.

3. Nonstick Loaf Pan

3. Nonstick Loaf Pan

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 390.535

Loyang berbentuk kepala beruang yang memberikan senyuman di wajah

Apakah Anda pernah berpikir untuk makan roti tawar unik lucu untuk keluarga? Anda bisa mewujudkannya dengan menggunakan produk ini untuk membuat roti. Produk yang memiliki bentuk kepala beruang yang unik dan lucu ini akan memberikan keseruan tersendiri bagi anak atau keluarga Anda saat sarapan.

Karena bentuknya yang lucu, Anda juga bisa menggunakannya untuk memanggang kue. Loyang ini cocok untuk Anda yang ingin membuat roti unik dan memberikan senyum pada keluarga. Selain itu, produk ini dibuat dari bahan karbon baja yang dapat mengalirkan panas dengan baik. Roti yang dihasilkan pun akan matang sempurna!

2. USA Pan Patriot Pan 1 Lb. Loaf Pan

2. USA Pan Patriot Pan 1 Lb. Loaf Pan

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 524.000

Dapatkan roti yang matang sempurna

Jika Anda hendak membuat roti yang matang sempurna dengan warna panggangan yang cantik, Anda perlu menggunakan loyang yang didesain bergelombang pada bagian dalam loyang. Bentuk gelombang ini berfungsi untuk memberikan kelancaran pada sirkulasi udara saat Anda memanggang.

Oleh karena itu, roti Anda akan matang dengan sempurna, dan Anda tidak perlu khawatir roti akan berlubang-lubang di bagian tengah karena adanya aliran udara yang lancar. Produk asal Amerika ini pun sudah dikenal awet. Loyang ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang mencari produk yang bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, tanpa perlu beli-beli lagi.

1. AH Big J Mini Loyang

1. AH Big J Mini Loyang

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 119.900

Lebih hemat, dapatkan 5 loyang sekaligus!

Bagi Anda yang sudah pandai membuat roti, memiliki berbagai macam loyang merupakan suatu keinginan terbesar Anda. Namun, jika harganya mahal tentu merepotkan apalagi jika Anda ibu rumah tangga biasa. Ayo, jangan habiskan uang belanja dari suami Anda, belilah produk dengan harga ekonomis ini, dan dapatkan lima loyang sekaligus!

Meskipun murah, Anda tidak perlu khawatir roti Anda akan lengket ke permukaan loyang karena produk ini merupakan loyang berkualitas yang sudah dilapisi dengan antilengket Xylan. Produk ini merupakan loyang antilengket yang diakui di Amerika, aman digunakan untuk panggang menanggang. Tunggu apalagi? Segera dapatkan loyang dengan harga ekonomis ini!

Kesimpulan

Nah, setelah membaca ulasan kami di atas, apakah Anda sudah tahu akan memilih loyang yang mana? Berbagai keunggulan ditawarkan oleh masing-masing produk. Berbagai bentuk dan bahan yang digunakan oleh loyang akan memengaruhi hasil dari roti yang Anda buat. Pilihlah bahan loyang sesuai dengan kebutuhan Anda, kemudian sesuaikan juga dengan roti yang ingin Anda buat. Pastikan produk yang Anda beli sudah pas di kantong Anda, ya!