• 10 Rekomendasi Loyang Roti Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Loyang Roti Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Loyang Roti Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Loyang Roti Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Loyang Roti Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Loyang Roti Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Untuk membuat bentuk roti yang menarik, loyang mempunyai peran penting dalam membentuk adonan. Berbagai macam bentuk loyang dijual di pasaran. Ada yang berbentuk persegi panjang untuk membuat roti tawar yang standar, berbentuk bulat, dan lainnya.

Jika Anda ingin membuat roti yang sempurna tanpa lengket dan hangus, perhatikanlah kualitas dan bahan loyang yang digunakan. Di artikel ini, kami memaparkan bagaimana cara memilih loyang roti yang bagus, beserta ulasan produk-produk rekomendasi dari kami. Temukan loyang terbaik Anda dan buatlah roti yang lezat di rumah!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 2.811 Views
Daftar isi

Cara memilih loyang roti

Roti seperti apakah yang ingin Anda buat untuk keluarga di rumah? Apakah Anda ingin mencoba membuat roti tawar sendiri? Atau membuat roti-roti enak seperti yang dijual di toko roti? Memilih loyang yang tepat merupakan hal penting selain mengetahui resep rotinya. Berikut ini poin-poin dari kami tentang cara memilih loyang roti yang baik. Simak, ya!

Cek ukuran loyang, sesuaikan dengan ukuran oven dan roti yang ingin dibuat

Cek ukuran loyang, sesuaikan dengan ukuran oven dan roti yang ingin dibuat
Terdapat bentuk dan ukuran roti yang bermacam-macam. Ada roti tawar yang berbentuk persegi panjang, roti berbentuk lonjong seperti hot dog, bentuk bulat, dan lain-lain. Oleh karena itu, periksalah bentuk loyang yang sesuai dengan ukuran oven dan roti yang ingin Anda buat.
Selain itu, yang perlu diperhatikan saat hendak memilih loyang roti adalah ukurannya. Meskipun terlihat sama, ukuran untuk tiap produk loyang bisa berbeda-beda. Penting bagi Anda untuk memastikan kapasitas yang pas serta ukurannya dalam satuan angka. Setelahnya, Anda bisa mengecek berapa sentimeter persegi ukuran roti yang dapat dibuat dalam loyang tersebut.

Untuk pemula, miliki loyang bentuk persegi panjang dan bulat

Untuk pemula, miliki loyang bentuk persegi panjang dan bulat
Untuk Anda yang pemula dan baru belajar membuat roti, ada dua bentuk loyang yang wajib Anda miliki. Dua loyang ini terdiri dari loyang persegi panjang berukuran 18 cm dan loyang bulat berdiameter 15 cm. Jika memiliki ukuran loyang yang standar ini, Anda pun dapat menggunakannya untuk membuat kue. Jadi, poin penting bagi pemula adalah Anda disarankan agar lebih dahulu terbiasa menggunakan loyang berbentuk dasar ini.

Pilih loyang roti berdasarkan karakteristik materialnya

Terdapat bermacam-macam bahan yang digunakan untuk membuat loyang roti. Setiap bahan memiliki karakteristik yang berbeda mulai dari hasil panggangan, durability, kegunaan, dan kemudahan dalam mencuci loyang. Masing-masing bahan memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Yuk, simak ulasan selengkapnya.

Baja lapis aluminium: kuat, awet, dan mudah dipakai

Baja lapis aluminium: kuat, awet, dan mudah dipakai
Loyang yang terbuat dari bahan baja berlapis aluminium merupakan bahan yang tahan karat sekaligus konduktor panas yang baik. Meskipun sedikit berat, loyang ini memiliki bahan yang paling kuat dan tahan lama, direkomendasikan untuk Anda yang mencari loyang yang awet.
Dibandingkan produk lainnya, loyang ini cenderung lebih mahal. Namun, harga tersebut setara dengan kualitas yang Anda dapatkan. Loyang ini dijamin awet sehingga Anda tidak perlu membelinya lagi pada kemudian hari. Loyang ini juga tidak mudah berkarat, mampu menghantarkan panas dengan baik, serta dapat menghasilkan permukaan roti dengan warna yang bagus berikut tekstur crispy. Semakin lama digunakan, loyang ini pun semakin licin sehingga Anda dapat dengan mudah memisahkan roti dari loyangnya. Jika Anda bisa merawatnya dengan baik, loyang ini bisa Anda pakai seumur hidup Anda. Namun, loyang jenis ini perlu Anda panaskan terlebih dahulu sebelum digunakan.

Timah: ekonomis dan dapat mengalirkan panas yang tinggi

Timah: ekonomis dan dapat mengalirkan panas yang tinggi
Jika Anda mencari loyang yang murah, kami menyarankan loyang berbahan timah. Timah dapat mengalirkan panas yang tinggi sehingga hasil panggangan roti menjadi matang sempurna. Dengan begitu, Anda pun dapat memanggang roti tawar dengan loyang ini.
Namun, timah memiliki sifat yang mudah berkarat dan sulit dibersihkan. Selain itu, karena loyang ini mudah menghitam jika terkena goresan, Anda harus berhati-hati saat menggunakannya. Loyang timah juga perlu Anda panaskan terlebih dahulu sebelum digunakan. Sayangnya, loyang roti berbahan timah ini cukup jarang ditemukan di toko online Indonesia.

Silikon: roti mudah dikeluarkan dari loyang

Silikon: roti mudah dikeluarkan dari loyang
Loyang berbahan silikon memiliki keunggulan mudah dibersihkan karena rotinya mudah diangkat dari loyang setelah matang. Anda tidak perlu memanaskan loyang ini terlebih dahulu. Karena mudah digunakan, bahan ini cocok untuk Anda yang baru pertama kali belajar membuat roti-roti sederhana.
Dengan loyang silikon, panggangan roti yang dihasilkan menjadi lebih putih dibandingkan roti yang dihasilkan oleh loyang besi. Tekstur rotinya pun menyerupai roti kukus. Jika Anda menggunakan loyang ini untuk membuat roti kukus, Anda bisa membuat roti yang sesuai dengan harapan. Selain itu, tidak hanya oven, loyang silikon juga dapat digunakan untuk memanggang di dalam microwave.
Di sisi lain, kekurangan dari bahan silikon adalah ketahanan terhadap panas yang rendah. Anda perlu berhati-hati agar roti tidak hangus.

Agar mudah dipakai dan dibersihkan, pilih loyang berbahan antilengket atau teflon

Agar mudah dipakai dan dibersihkan, pilih loyang berbahan antilengket atau teflon
Jika Anda yang menginginkan loyang yang mudah dibersihkan, pilihlah loyang antilengket dengan lapisan bahan thermoplastic fluoropolymer (kita mengenalnya dengan istilah teflon), atau loyang berbahan lapisan silikon. Loyang dengan lapisan bahan ini akan lebih mudah menghantarkan panas, roti mudah dikeluarkan dari loyang, serta dapat melindungi loyang Anda agar tidak mudah gosong. Selain itu, Anda juga tak perlu memanaskan loyang terlebih dahulu sebelum menggunakannya.
Namun, meskipun mudah digunakan, loyang jenis ini tidak terlalu awet. Setelah digunakan, janganlah langsung mencucinya dengan air dingin karena dapat merusak lapisan loyang. Saat membersihkannya, cucilah dengan lembut supaya tidak menggores permukaannya.

10 Rekomendasi loyang roti terbaik

Jika Anda sudah memahami poin cara memilih di atas, selanjutnya kami memberikan sepuluh rekomendasi produk loyang roti terbaik. Simak baik-baik dan selamat menemukan produk terbaik Anda!
Ukuran22 cm x 10 cm
Jenis bahan yang digunakanSilikon
Ukuran25 cm x 10 cm x 9 cm
Jenis bahan yang digunakanTeflon
UkuranAtas dengan tepi: 25,5 cm x 13 cm x 6,5 cm<br>Atas tanpa tepi 22 cm x 11,5 cm 5,5 cm<br>Bawah: 19 cm x 8,5 cm
Jenis bahan yang digunakanBaja karbon berlapis teflon
Ukuran18 cm x 8 cm x 8 cm
Jenis bahan yang digunakanAluminium
Ukuran60 cm x 40 cm x 4 cm
Jenis bahan yang digunakanAluminium

5. Limitools Baking Bakeware HGF60 (2 pcs)

Rp 94.400,00

UkuranTidak ada keterangan
Jenis bahan yang digunakanSilikon
Ukuran19 cm (tutup 21 cm) x 10 cm (tutup 12 cm) x 12 cm
Jenis bahan yang digunakanLapisan aluminium
Ukuran15,2 cm x 12,5 cm
Jenis bahan yang digunakanTidak ada keterangan

2. KitchenCraft MasterClass Crusty Bake 2lb Non-Stick Loaf Pan

Rp 289.000,00

Ukuran21 cm x 11 cm x 7 cm
Jenis bahan yang digunakanLapisan antilengket
UkuranTray 28,5 cm x 21,5 cm; Cookie sheet 25 cm x 18 cm x 2 cm; loyang segi 25 cm x 18 cm x 5 cm; loyang segi mini 18 cm x 10 cm x 6 cm (2 pcs)
Jenis bahan yang digunakanBaja karbon

Baca juga rekomendasi alat membuat roti lainnya di sini

Dalam proses membuat roti, tentulah memerlukan beberapa alat lainnya selain loyang. Untuk menghasilkan roti yang enak haruslah melewati beberapa proses dengan menggunakan alat-alat memanggang roti. Kami telah menyediakan beberapa pilihan alat memanggang roti yang mungkin berguna untuk Anda. Silakan cek artikel di bawah ini.

Baca juga rekomendasi bahan-bahan yang digunakan untuk membuat roti di sini

Untuk membuat roti yang enak, selain alat-alat yang mendukung, dibutuhkan juga bahan-bahan utama untuk membuat roti. Bahan-bahan tersebut adalah tepung, baking powder, dan lainnya. Di bawah ini, kami memberikan artikel-artikel bahan-bahan roti tersebut!

Kesimpulan

Nah, setelah membaca ulasan kami di atas, apakah Anda sudah tahu akan memilih loyang yang mana? Berbagai keunggulan ditawarkan oleh masing-masing produk. Berbagai bentuk dan bahan yang digunakan oleh loyang akan memengaruhi hasil dari roti yang Anda buat.
Pilihlah bahan loyang sesuai dengan kebutuhan Anda, kemudian sesuaikan juga dengan roti yang ingin Anda buat. Pastikan produk yang Anda beli sudah pas di kantong Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Frying pan atau wajan penggorengan merupakan alat yang sangat penting dalam memasak. Saat ini telah tersedia beragam merek wajan yang terkenal, seperti Tefal, MAXIM, Oxone, dan lainnya. Jenis wajan pun beragam. Ada yang terbuat dari bahan besi, dilapisi keramik atau teflon, dan yang bisa digunakan untuk kompor induksi.Kali ini kami memberikan rekomendasi wajan penggorengan terbaik bagi Anda. Namun, terlebih dahulu kami akan menjelaskan tentang poin penting yang bisa Anda jadikan panduan dalam memilih wajan. Temukanlah wajan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Peralatan dapur
    74.451 Views
  • 10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Food processor merupakan perkakas dapur multifungsi yang akan mempermudah tugas Anda saat menyiapkan makanan. Tak hanya untuk memotong sayuran dan buah, alat ini juga dapat menggiling daging, menumbuk aneka biji-bijian dan rempah, hingga menguleni adonan.Melalui artikel ini, kami akan berbagi tips tentang cara memilih food processor yang tepat untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan kegunaan food processor secara komprehensif, serta memberikan rekomendasi produk terbaik. Anda dapat memilih di antara Philips, Oxone, Panasonic, dan merek lainnya. Selamat membaca!
    Peralatan dapur
    42.551 Views
  • 10 Rekomendasi Frying Pan Set Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Frying Pan Set Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Frying pan adalah barang penting yang wajib ada di dapur untuk memasak. Oleh karena itu, di pasaran banyak tersedia set frying pan yang menjual beberapa buah sekaligus dalam satu setnya. Namun, banyaknya jenis frying pan dan harga yang ditawarkan dari berbagai merek, seperti IKEA, Oxone, atau Maxim mungkin membuat Anda bingung memilih yang terbaik.Pada kesempatan ini, kami akan memberikan Anda rekomendasi produk frying pan terbaik serta penjelasan mengenai jenis dan fungsi frying pan untuk membantu Anda memilih produk yang sesuai kebutuhan. Selamat membaca!
    Peralatan dapur
    36.717 Views
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Microwave oven merupakan salah satu alat yang digunakan untuk membuat roti, kue, toast maupun kue kering. Berbeda dengan oven biasa, pemanasan makanan dengan microwave oven menggunakan gelombang mikro sehingga masakan matang lebih merata. Jika menggunakan oven biasa, masakan lebih matang di bagian pinggirnya.Beberapa merek microwave oven yang terkenal adalah Hitachi, Sharp dan Panasonic. Kali ini kami akan merekomendasikan beberapa microwave oven dari berbagai merek ternama untuk dibandingkan kualitasnya. Simak ulasan berikut ini dan jadikan pertimbangan Anda sebelum membeli microwave oven.
    Peralatan dapur
    50.061 Views
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Berbicara mengenai kompor gas, Anda tentu memiliki kriteria pemilihan yang berbeda sesuai kebutuhan Anda sehari-hari. Kriteria tersebut antara lain tampilan kompor yang modis, panggangan tanpa air, dan kemudahan saat dibersihkan. Belakangan, produsen kompor gas juga semakin berlomba-lomba mengeluarkan produk dengan fitur yang semakin canggih.Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan secara menyeluruh kriteria apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih kompor gas. Selain cara memilihnya, kami akan memilihkan sepuluh produk terbaik untuk Anda jadikan referensi. Beberapa merek terkenal seperti Modena, Hitachi, dan Rinnai siap untuk Anda pilih. Selamat menyimak!
    Peralatan dapur
    37.605 Views
  • 10 Rekomendasi Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Blender biasa digunakan untuk membuat jus dan menghaluskan makanan. Alat ini termasuk cukup sering digunakan di rumah. Model dan mereknya pun beragam, mulai dari Sharp, Philips, Oxone, dan merek lainnya. Anda mungkin bingung memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, artikel ini akan membahas cara memilih blender dan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan saksama. Kami juga akan menjelaskan perbedaannya dengan juicer dan food processor. Langsung saja, ya!
    Peralatan dapur
    39.822 Views
  • 10 Rekomendasi Cutting Board Terbaik untuk Menghidangkan Makanan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Cutting Board Terbaik untuk Menghidangkan Makanan (Terbaru Tahun 2020)
    Cutting board terutama merupakan barang yang tidak dapat dipisahkan dari aktivitas dapur. Adapun cutting board yang paling sering dipakai adalah yang berbahan kayu. Dewasa ini, cutting board dibuat dengan berbagai macam bentuk sehingga lebih menarik. Bahkan, ada yang bisa dipakai sebagai pengganti piring di restoran atau kafe.Pada artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi cutting board terbaik dengan berbagai desain dan kegunaan. Kami juga akan memberikan tips cara memilih cutting board untuk menghidangkan makanan. Anda akan menemukan cutting board berkualitas keluaran Oxone, IKEA, dan sebagainya dalam artikel ini. Selamat membaca!
    Peralatan dapur
    611 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori