• 10 Minuman Protein Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Minuman Protein Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Minuman Protein Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Minuman Protein Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Minuman Protein Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Minuman Protein Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)

Protein merupakan zat gizi yang sangat mengenyangkan. Oleh karena itu, minuman protein sering dijadikan sumber nutrisi saat menjalani program diet. Ada banyak merek minuman protein untuk diet, seperti Puro, Natlab, dan Xpose. Apakah Anda bingung memilih produk yang bagus?

Tenang saja. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih minuman protein untuk diet. Selain itu, kami juga akan memberikan review minuman protein yang cocok untuk menurunkan berat badan. Semua produk bisa dikonsumsi oleh pria maupun wanita. Untuk membantu Anda, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga memberikan komentarnya di artikel ini.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Mochammad Rizal
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Nutritionist, Mochammad Rizal

Profil pakar: Nutritionist, Mochammad Rizal

Mochammad Rizal adalah ahli gizi yang memiliki minat dalam bidang gizi olahraga, kebugaran, serta pencegahan dan penanganan obesitas. Rizal aktif mengedukasi masyarakat terkait diet dan gizi melalui media sosial, seminar, buku, dan media lainnya. Dalam hal keorganisasian, Rizal merupakan pengurus Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA), yaitu organisasi profesi gizi dalam bidang olahraga dan kebugaran.

Manfaat minuman protein untuk diet

Manfaat minuman protein untuk diet

Minuman berprotein tinggi dapat menjadi jalan pintas untuk meningkatkan asupan protein saat diet. Karena banyak tersedia dalam bentuk bubuk, mengonsumsi minuman protein sangat mudah dengan waktu yang relatif singkat. Anda cukup melarutkannya ke dalam air atau mencampurkannya ke makanan lain.


Protein sudah terbukti efektif untuk membantu menguruskan badan. Mekanisme protein untuk menyokong program diet terjadi dengan beberapa cara. Dilansir dari Healthline, berikut cara protein dalam mendukung program diet:


  • Memberikan sensasi kenyang sehingga mengurangi keinginan makan berlebih
  • Menaikkan metabolisme tubuh
  • Meningkatkan jumlah kalori yang dibakar

Penting untuk diingat bahwa berat badan bisa turun jika Anda mengalami defisit kaloriArtinya, kalori yang kita konsumsi harus lebih rendah (defisit) daripada yang dibutuhkan tubuh. Caranya, Anda harus jeli memperhatikan kalori tiap makanan serta rutin berolahraga.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih minuman protein terbaik untuk diet

Sekarang, kami akan menjelaskan cara memilih minuman protein terbaik untuk diet. Mari simak selengkapnya.

Sesuaikan jenis protein dengan cara diet Anda

Terdapat beberapa jenis protein pada produk minuman berprotein. Jenis yang paling mudah ditemukan yakni whey protein. Sementara itu, beberapa produk lain menggunakan protein nabati seperti soy. Apa perbedaannya? 

Whey protein, mudah ditemukan dan cepat diserap tubuh

Whey protein, mudah ditemukan dan cepat diserap tubuh

Whey protein didapatkan dari bagian cair susu (whey) yang terbentuk saat susu diolah menjadi keju. Kemudian, cairan whey ini diproses lebih jauh untuk mendapatkan bubuk whey. Minuman protein dari bubuk whey sangat populer sebagai pengiring workout dan program diet.


Whey protein diserap dengan cepat oleh tubuh. Dengan begitu, tubuh pun dapat menggunakannya dengan efisien. Atas alasan ini, protein shake jenis whey kerap langsung diminum setelah latihan untuk mengoptimalkan pertumbuhan otot.

Apakah pilihan Anda jatuh pada whey protein? Kami memiliki rekomendasi produk whey protein yang bagus. Mari simak selengkapnya melalui link di bawah ini.

Soy protein, kenyang lebih lama dan mengandung antioksidan

Soy protein, kenyang lebih lama dan mengandung antioksidan
Meski populer, tidak semua orang mau mengonsumsi protein shake untuk diet dari whey. Apakah Anda juga demikian? Jika iya, produk berbahan soy protein dapat menjadi pilihan. Tidak seperti protein nabati lain, soy protein mengandung asam amino esensial lengkap yang diperlukan tubuh.

Soy protein dicerna lebih lambat oleh tubuh dibandingkan dengan whey protein. Hal tersebut membuat Anda kenyang lebih lama dan sangat cocok untuk program diet. Tidak hanya itu, soy protein juga mengandung antioksidan yang disebut isoflavon.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Pada dasarnya, protein bersifat lebih mengenyangkan dibandingkan dengan karbohidrat dan lemak. Hal ini karena proses pencernaan protein di dalam tubuh yang cukup lama. Kedelai atau soy protein merupakan sumber protein yang bersifat mengenyangkan dan memiliki indeks glikemik rendah dengan skor 15.


Indeks glikemik adalah kecepatan suatu bahan makanan diserap dan dijadikan gula darah di dalam tubuh. Makin rendah skor indeks glikemiknya, makin lambat pula bahan makanan tersebut dicerna di dalam tubuh. Artinya, bahan makanan tersebut dapat mengenyangkan lebih lama dan menjaga kadar gula darah tetap stabil. 


Tidak hanya itu, kedelai juga mengandung antioksidan bernama isoflavon yang memiliki segudang manfaat. Salah satu manfaatnya adalah membantu menjaga kecantikan dan kesehatan kulit.

Perhatikan komposisi nutrisi yang tepat untuk diet

Hal lain yang juga perlu Anda perhatikan adalah komposisi produk minuman protein. Sebelum membeli, jangan lupa untuk mengecek angka protein, lemak, serta kalori per sajinya.

Protein, temukan produk dengan konsentrasi ≥ 70%

Protein, temukan produk dengan konsentrasi ≥ 70%

Hal terpenting dari minuman protein adalah kandungan proteinnya. Pilihlah produk yang mengandung protein setidaknya 70% hingga 80%. Hal ini penting diperhatikan agar Anda mendapatkan asupan protein yang maksimal dengan harga yang sesuai.


Sayangnya, tidak semua merek mencantumkan konsentrasi protein dalam produk mereka. Untuk itu, Anda bisa memilih produk dengan kadar gram protein yang paling tinggi per sajinya.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Pilihlah minuman protein yang mengandung ≥70% protein karena Anda perlu zat gizi makro proteinnya. Hal ini juga bisa sekaligus menghemat anggaran Anda. Makin tinggi kandungan proteinnya, makin ekonomis pula harga produk jika dihitung per satu gram proteinnya. 


Selain itu, Anda bisa mendapat asupan protein yang cukup tanpa harus menambah zat gizi makro dari karbohidrat dan lemak. Kelebihan konsumsi karbohidrat dan lemak jauh lebih mudah dibandingkan dengan kelebihan protein. Dengan produk yang tinggi protein, Anda tidak perlu lagi menambah asupan dari kedua zat gizi tersebut. 

Kalori dan lemak, pastikan kadarnya rendah

Kalori dan lemak, pastikan kadarnya rendah

Ketika sedang diet, Anda harus menghindari asupan lemak dan kalori yang berlebihan. Hal ini penting diperhatikan agar Anda senantiasa mengalami defisit kalori.


Oleh karena itu, pilihlah protein shake untuk diet yang memberikan kalori dan lemak seminim mungkin. Jangan lupa untuk membandingkan kalori per saji setiap produk agar diet Anda berbuah manis.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Minuman protein biasanya hanya ditujukan untuk atlet. Namun, kini minuman protein dapat dikonsumsi oleh siapa pun dengan tujuan yang berbeda-beda. Beberapa di antaranya adalah mencapai komposisi tubuh yang sesuai, perkembangan otot, pengaturan berat badan, atau untuk kesehatan secara umum. 


Umumnya, untuk memenuhi tujuan-tujuan tersebut Anda perlu memperhatikan kandungan kalori dan lemak dalam minuman protein. Kandungan kalori dan lemak yang rendah dapat mendukung proses pengaturan berat badan dan komposisi tubuh. Selain itu, rendahnya kandungan kalori bisa menurunkan kadar lemak dalam tubuh dan meningkatkan kapasitas jantung dan paru-paru.

Cek kandungan gizi lain, seperti vitamin dan mineral

Cek kandungan gizi lain, seperti vitamin dan mineral

Hal yang tak kalah penting dalam memilih minuman protein adalah kandungan nutrisi lainnya. Produk yang diperkaya dengan vitamin, mineral, serat, dan tambahan asam amino sangat direkomendasikan untuk dipilih. Nutrisi ekstra tersebut membantu memenuhi kebutuhan harian tubuh dan meningkatkan kualitas kesehatan.


Vitamin B, seperti B1 dan B6, cukup kerap dicampurkan dalam beberapa produk minuman protein. Vitamin B secara umum berperan penting dalam penggunaan energi dari makanan. Produk dengan ekstra serat juga layak dipilih untuk menunjang program diet Anda.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Minuman protein yang difortifikasi dengan vitamin dan mineral sangat disarankan untuk dipilih. Dengan mengonsumsi minuman ini, Anda bisa mendapatkan zat gizi lain selain protein, lemak, dan karbohidrat. 


Minuman protein ini juga berperan dalam metabolisme zat gizi makro, pembentukan massa otot, dan kesehatan tubuh. Anda juga bisa mendapatkan manfaat dari zat gizi mikro seperti kalsium dan fosfor yang berperan dalam kesehatan tulang.

Cari rasa yang bisa dinikmati jangka panjang

Cari rasa yang bisa dinikmati jangka panjang

Terakhir, pilihlah produk dengan rasa yang bisa Anda nikmati dalam waktu lama. Memilih produk dengan rasa yang disukai membantu Anda untuk konsisten mengonsumsinya. Terlebih lagi, produk minuman protein sering dikemas dengan isian yang banyak dan harga yang cukup menguras kantong.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Minuman protein banyak sekali dijual di pasaran. Rasa adalah salah satu hal yang patut Anda pertimbangkan sebelum membeli produknya. Tidak semua individu memiliki preferensi rasa yang sama. Dengan memilih rasa yang disuka, seseorang akan merasa mendapatkan self-reward atas olahraga yang telah dilakukan. 


Selain itu, ada juga individu yang suka dengan kenikmatan rasa tertentu. Jika begitu, pilihan rasa yang tepat dapat memberikan efek positif yang memengaruhi kondisi fisik dan mentalnya.

10 Rekomendasi minuman protein terbaik untuk diet

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk minuman protein terbaik untuk diet yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Mochammad Rizal.

10
Jenis proteinSoy protein
Protein per saji20 g
Kalori per saji120 kkal
Lemak per saji1 g
Nutrisi lainnyaKalium dan taurin
Isi910 g
RasaCokelat dan vanila
9
Jenis proteinWhey protein
Protein per saji23 g
Kalori per saji140 kkal
Lemak per saji2 g
Nutrisi lainnyaVit. B6, vit. D, kalsium, dan zat besi
Isi450 g, 1.350 g, dan 2.700 g
RasaPlain
8
Jenis proteinWhey protein
Protein per saji24 g
Kalori per sajiTidak disebutkan
Lemak per saji1 g
Nutrisi lainnyaL-glutathione dan serat
Isi38 g per saset
RasaCokelat
7

PuroVEGA-PRO Pea Protein Isolate

Mulai dari Rp 145.000,00

Jenis proteinPea protein
Protein per saji20 g
Kalori per saji120 kkal
Lemak per saji2 g
Nutrisi lainnyaSerat dan vitamin B6
Isi300 g, 1.200 g, dan 2.400 g
RasaVanila
6

Nature's WayInstant Natural Protein Vanilla

Mulai dari Rp 245.062,00

Jenis proteinSoy protein
Protein per saji26 g
Kalori per saji137 kkal
Lemak per saji1,2 g
Nutrisi lainnyaVitamin B1
Isi375 g
RasaVanila
5
Jenis proteinPlant protein
Protein per saji19 g (75,2%)
Kalori per saji120 kkal (matcha) dan 130 kkal (tiramisu)
Lemak per saji2 g
Nutrisi lainnyaSerat dan vitamin B6
Isi1.500 g
RasaJapanese matcha dan tiramisu
4

NatlabSoy Protein Diet

Mulai dari Rp 87.000,00

Jenis proteinSoy protein
Protein per saji13 g
Kalori per saji70 kkal
Lemak per saji0 g
Nutrisi lainnyaBCAA dan serat
Isi500 g
RasaGreentea matcha dan French vanilla
3
Jenis proteinWhey protein
Protein per saji15 g
Kalori per saji200 kkal
Lemak per saji4 g
Nutrisi lainnyaVit. A, vit. C, vit. B (B2, B3, B6, B9, B12), vit. D, vit. E, kalium, kalsium, zat besi, fosfor, zink, magnesium, dan yodium
Isi300 g
RasaChocolate cereal dan avocado coffee
2
Jenis proteinEgg white protein
Protein per saji32 g
Kalori per saji128 kkal
Lemak per saji2 g
Nutrisi lainnyaTidak disebutkan
Isi395 g
RasaAvocado, banana, blueberry, cokelat, dan banyak pilihan rasa lainnya
1
Jenis proteinWhey protein
Protein per saji27 g
Kalori per saji140 kkal
Lemak per saji0 g
Nutrisi lainnyaBCAA dan serat
Isi900 g dan 2.250 g
RasaHoney banana, chocolate soul, guava roscha, Indian mango, dan taro

Tabel perbandingan produk minuman protein terbaik untuk diet

Gambar produk
1
Muscle First M1 Pro Isolate 1

Muscle First

2
Xpose  Xpose Protein 1

Xpose

3
Nutrifood L-Men Lose Weight 1

Nutrifood

4
Natlab Soy Protein Diet 1

Natlab

5
FITLife Diet Pro 1

FITLife

6
Nature's Way Instant Natural Protein Vanilla 1

Nature's Way

7
Puro VEGA-PRO Pea Protein Isolate 1

Puro

8
PH Nutrition PH Shine 1

PH Nutrition

9
Sportigo Whey Protein - Pouch 1

Sportigo

10
Scitec Nutrition Soy Pro 1

Scitec Nutrition

Nama produk

M1 Pro Isolate

Xpose Protein

L-Men Lose Weight

Soy Protein Diet

Diet Pro

Instant Natural Protein Vanilla

VEGA-PRO Pea Protein Isolate

PH Shine

Whey Protein - Pouch

Soy Pro

Keunggulan

Naikkan massa otot tanpa lemak dengan daya serap yang tinggi

Kebaikan protein putih telur dalam produk siap minum

Nutrisinya banyak untuk menjaga kesehatan tubuh!

Soy protein murah yang dirancang spesial untuk diet!

Sumber protein nabati yang cocok untuk vegan!

Dapatkan asupan protein kedelai hingga 26 gram per saji!

Menawarkan protein berkualitas dari kacang polong

Whey protein unik karena mengandung serat untuk diet

Turut menyehatkan tulang berkat kalsium dan vitamin D

Tingkatkan kualitas latihan dengan kandungan taurin

Harga mulai dariRp 365.000,00Rp 18.000,00Rp 114.400,00Rp 87.000,00Rp 700.000,00Rp 245.062,00Rp 145.000,00Rp 299.000,00Rp 300.000,00Rp 568.000,00
Jenis proteinWhey proteinEgg white proteinWhey proteinSoy proteinPlant proteinSoy proteinPea proteinWhey proteinWhey proteinSoy protein
Protein per saji27 g32 g15 g13 g19 g (75,2%)26 g20 g24 g23 g20 g
Kalori per saji140 kkal128 kkal200 kkal70 kkal120 kkal (matcha) dan 130 kkal (tiramisu)137 kkal120 kkalTidak disebutkan140 kkal120 kkal
Lemak per saji0 g2 g4 g0 g2 g1,2 g2 g1 g2 g1 g
Nutrisi lainnyaBCAA dan seratTidak disebutkanVit. A, vit. C, vit. B (B2, B3, B6, B9, B12), vit. D, vit. E, kalium, kalsium, zat besi, fosfor, zink, magnesium, dan yodiumBCAA dan seratSerat dan vitamin B6Vitamin B1Serat dan vitamin B6L-glutathione dan seratVit. B6, vit. D, kalsium, dan zat besiKalium dan taurin
Isi900 g dan 2.250 g395 g300 g500 g1.500 g375 g300 g, 1.200 g, dan 2.400 g38 g per saset450 g, 1.350 g, dan 2.700 g910 g
RasaHoney banana, chocolate soul, guava roscha, Indian mango, dan taroAvocado, banana, blueberry, cokelat, dan banyak pilihan rasa lainnyaChocolate cereal dan avocado coffeeGreentea matcha dan French vanillaJapanese matcha dan tiramisuVanilaVanilaCokelatPlainCokelat dan vanila
Tautan produk

Cara efektif mengonsumsi minuman protein terbaik untuk diet

Apakah Anda sudah menemukan produk yang menarik? Sekarang, kami akan menjelaskan cara efektif untuk mengonsumsi minuman protein agar diet Anda membuahkan hasil.

Ganti menu sarapan Anda dengan minuman protein

Ganti menu sarapan Anda dengan minuman protein
Saat diet, Anda sebaiknya mengurangi konsumsi penganan minim nutrisi saat sarapan dan menggantinya dengan minuman protein. Namun, karena setiap orang memiliki preferensi waktu yang berbeda, silakan cari waktu yang paling tepat untuk mengonsumsi minuman protein Anda.

Bila ingin kenyang lebih lama, Anda bisa mengonsumsi minuman protein bersama susu atau cokelat. Anda juga bisa membeli protein bar sebagai menu sarapan karena juga mengenyangkan. Selain itu, kandungan protein pada protein bar umumnya juga cukup tinggi.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Minuman protein bisa menjadi salah satu pilihan makanan untuk sarapan. Minuman ini bisa cepat dan mudah disiapkan untuk mendukung kondisi fisik Anda sebelum berolahraga. Minuman protein bisa dikombinasikan dengan bahan makanan lainnya seperti sayuran hijau dan buah-buahan untuk menghasilkan menu sarapan bergizi. 


Salah satu penelitian menjelaskan bahwa susu protein isolat dapat meningkatkan fungsi kognitif individu. Hal tersebut disebabkan karena adanya kandungan vitamin B12 dan asam folat pada susu protein isolat tersebut.

Ganti setengah porsi makan dengan minuman protein

Ganti setengah porsi makan dengan minuman protein

Sebagian besar orang rentan merasa sangat kelaparan saat diet. Akibatnya, mereka tergoda untuk makan camilan yang tidak sehat. Hal inilah yang sering kali menyebabkan diet menjadi gagal total. Untuk mengatasi hal tersebut, gantilah setengah porsi makan Anda dengan minuman protein.


Cara seperti ini memang akan membuat proses diet Anda menjadi lebih lambat. Keuntungannya, Anda akan merasa lebih puas dan kenyang, meski porsi makan biasa Anda hanya setengah. Dengan begitu, Anda bisa melaksanakan program diet Anda secara konsisten untuk jangka panjang.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Mengganti setengah porsi makanan dengan minuman protein terbukti efektif untuk menurunkan berat badan. Konsumsi protein yang cukup dapat membantu Anda menekan rasa lapar dan memberikan efek kenyang yang lebih lama. Pada akhirnya, konsumsi protein yang cukup dapat mencegah seseorang untuk makan secara berlebihan.

Konsumsi minuman protein secukupnya

Konsumsi minuman protein secukupnya

Minuman protein dapat bermanfaat jika dikonsumsi sebagai pelengkap makanan. Untuk itu, Anda harus bijak dalam mengonsumsinya. Makanan sehat tetap menjadi sumber gizi utama setiap harinya. Ingatlah bahwa tubuh membutuhkan banyak nutrisi lain agar bisa berfungsi normal.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Dalam satu sendok minuman protein, kandungan protein yang diberikan bisa mencapai kurang lebih 25 gram. Mengonsumsi satu sampai tiga sendok minuman protein dan makan makanan tinggi protein bisa memenuhi kebutuhan protein harian Anda.


Namun, hal itu juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan protein individu sesuai dengan aktivitas hariannya. Perlu diingat, minuman protein termasuk dalam golongan pelengkap makanan. Zat gizi yang terkandung di dalamnya juga kurang lengkap. Karena itu, minuman protein tetap tidak bisa menggantikan makanan utama.

Baca juga rekomendasi produk diet lainnya di sini

Minuman protein bukan satu-satunya penganan pelengkap yang bisa Anda konsumsi saat diet. Anda mungkin juga membutuhkan biskuit, cereal, bahkan mi instan. Produk-produk untuk diet tersebut sudah kami bahas di artikel di bawah ini. Silakan klik artikel yang hendak Anda baca, ya.

Kesimpulan

Minuman protein dapat dikonsumsi untuk meningkatkan asupan protein. Pilihlah produk berdasarkan jenis proteinnya serta kadar protein per sajinya. Selain itu, carilah produk minuman protein dengan kalori per saji yang paling rendah.

Agar diet Anda membuahkan hasil, alokasikan pula waktu untuk berolahraga. Dengan berolahraga, kalori yang dibakar makin tinggi dan meningkatkan peluang keberhasilan diet Anda. Nah, selamat berdiet!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Susu Diet Terbaik untuk Mengurangi Berat Badan - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Diet Terbaik untuk Mengurangi Berat Badan - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2022)
    Anda sedang dalam program diet? Jika iya, susu diet dapat membantu program penurunan berat badan Anda. Susu untuk diet umumnya dirancang sebagai meal replacement saat pagi dan malam agar asupan kalori lebih terkontrol. Susu diet biasanya mengandung protein tinggi dan rendah lemak.Kali ini, kami punya cara memilih susu diet yang bagus untuk Anda. Tak cuma itu, kami juga menyediakan rekomendasi merek susu diet terbaik, seperti WRP, Tropicana Slim, dan L-Men. Simak juga tips dari biotechnologist agar Anda menemukan susu diet yang efektif. Penasaran? Langsung saja simak ulasan kami, ya!
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Merk Minuman Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Minuman Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Minuman kolagen dikenal sangat baik untuk kulit. Ketika mendengar mengenai minuman kolagen, mungkin tebersit pertanyaan-pertanyaan ini di benak Anda. Adakah merek minuman kolagen yang bagus dan cocok untuk remaja? Adakah produk yang aman untuk ibu hamil dan ibu menyusui?Menjawab kebimbangan tersebut, kami akan memberikan penjelasan mengenai minuman kolagen. Kami juga akan menjelaskan cara memilih minuman kolagen hingga mengulas berbagai merek terbaik yang kami rekomendasikan untuk Anda. Temukan ulasan mengenai Byoote, Ms Glow, Noera, dan lain sebagainya di artikel ini.
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Minuman Protein Terbaik untuk Anda yang Sedang Workout - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minuman Protein Terbaik untuk Anda yang Sedang Workout - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi Anda yang sedang workout, mengonsumsi makanan saja tidak cukup memaksimalkan pertumbuhan massa otot. Di sinilah minuman protein berperan sebagai minuman penambah massa otot. Dengan mengonsumsi minuman tinggi protein sesuai timing, pertumbuhan massa otot Anda akan lebih cepat.Di pasaran terdapat banyak jenis minuman berprotein tinggi, misalnya whey casein dan soy. Ada banyak pula merek minuman protein yang bagus, seperti L-Men, Vectorlabs, dan Muscle First yang bisa dipilih. Nah, kami telah menyiapkan tips cara memilih dalam artikel ini. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal. Selamat membaca!
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Susu Pertumbuhan Terbaik untuk Anak Usia 6 Tahun ke Atas - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Pertumbuhan Terbaik untuk Anak Usia 6 Tahun ke Atas - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Memasuki usia 6 tahun, pertumbuhan anak, baik dari segi fisik, kognitif, maupun psikologis, berkembang dengan sangat pesat. Agar tumbuh kembangnya optimal, susu pertumbuhan dapat menjadi pilihan untuk melengkapi asupan gizi anak. Dari sekian banyak merek susu yang ada di pasaran, seperti Bebelac, Dancow, PediaSure, dan Friso, manakah yang terbaik?Kali ini kami akan memberikan tips memilih susu pertumbuhan yang bagus untuk anak usia 6 tahun ke atas. Simak juga tips memilihnya dari dokter umum, dr. Aldila Ardine. Mari pilih susu anak yang mendukung kecerdasan dan perkembangannya!
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Sereal Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sereal Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Sereal adalah makanan yang berasal dari biji-bijian dan dapat dibuat dari jagung, gandum, serta oat. Selain menjadi makanan favorit untuk sarapan, sereal juga banyak dikonsumsi untuk diet. Terdapat beragam pilihan sereal yang tersedia di pasaran. Namun, apakah Anda sudah tahu sereal yang bagus untuk diet?Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih produk sereal untuk diet. Setelahnya, kami juga akan memberi review sepuluh merek sereal rendah kalori untuk diet, seperti Kellogg's, Quaker, dan Energen. Jangan lupa, cek juga informasi tambahan dari ahli gizi, Mochammad Rizal, di bawah ini.
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Merk Mass Gainer Terbaik untuk Bulking (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Mass Gainer Terbaik untuk Bulking (Terbaru Tahun 2022)
    Mass gainer menjadi penyelamat bagi pria dan wanita yang kurus. Dengan kalori dan proteinnya yang tinggi, mass gainer bermanfaat dalam bulking agar berat badan menjadi ideal. Tak heran, banyak merek berlomba-lomba menawarkan mass gainer yang bagus.Pada artikel ini, kami akan membagikan tips memilh mass gainer untuk bulking. Review mass gainer terbaik untuk bulking juga akan kami sajikan. Anda bisa mempertimbangkan produk Evolene, Muscle First, atau L-Men yang harganya murah. Beberapa produk juga halal sehingga aman untuk umat muslim. Mari simak ulasannya!
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Minuman Herbal Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minuman Herbal Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022)
    Tren minuman herbal kembali marak di pasaran, apalagi sejak pandemi COVID-19 merebak. Minuman herbal dipercaya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh agar Anda tetap bugar dan diet. Salah satu minuman herbal yang paling banyak dicari adalah empon-empon. Namun, masih banyak minuman herbal lainnya, lho.Anda bisa memilih minuman herbal dari berbagai merek ternama, seperti Sidomuncul, Herbilogy, dan Herbadrink. Ada juga Acaraki sebagai pelopor jamu kekinian. Simak tips dari kami untuk memilih minuman herbal yang bagus dan bermanfaat. Artikel ini sudah ditinjau oleh praktisi herbal kami, Nurrahma Asri Saraswati.
    Makanan & minuman kesehatan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori