mybest
Vitamin untuk tulang

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Vitamin & suplemen
  4. 10 Rekomendasi Vitamin Tulang untuk Menjaga Kesehatan Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Nutritionist]
  • 10 Rekomendasi Vitamin Tulang untuk Menjaga Kesehatan Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Nutritionist] 1
  • 10 Rekomendasi Vitamin Tulang untuk Menjaga Kesehatan Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Nutritionist] 2
  • 10 Rekomendasi Vitamin Tulang untuk Menjaga Kesehatan Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Nutritionist] 3
  • 10 Rekomendasi Vitamin Tulang untuk Menjaga Kesehatan Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Nutritionist] 4
  • 10 Rekomendasi Vitamin Tulang untuk Menjaga Kesehatan Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Nutritionist] 5

10 Rekomendasi Vitamin Tulang untuk Menjaga Kesehatan Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Nutritionist]

Menjaga kesehatan tulang harus dilakukan sedini mungkin. Anda bisa memperoleh kalsium dari makanan. Meski begitu, ada beberapa kondisi yang tidak memungkinkan asupan makanan mencukupi kebutuhan kalsium Anda. Karena itu, Anda membutuhkan vitamin tulang yang mengandung kalsium.


Dari banyaknya merek suplemen tulang, produk seperti apakah yang sebaiknya dipilih untuk anak, dewasa, ataupun lansia? Kini kami akan membahas cara memilih vitamin tulang yang bagus. Adapun, cara memilih di artikel ini disusun bersama nutritionist kami, Mochammad Rizal. Pada artikel ini, ada beberapa rekomendasi vitamin tulang terbaik seperti Blackmores, CDR, dan Calcifar. Mari simak dengan saksama!

Diperbaharui 24/02/2024
Mochammad Rizal
Pakar
Nutritionist
Mochammad Rizal

Mochammad Rizal adalah seorang ahli gizi yang sedang menempuh pendidikan Master di Nutritional Science di Cornell University, Amerika Serikat. Rizal memiliki minat dalam bidang gizi olahraga, kebugaran, serta pencegahan dan penanganan obesitas. Ia juga aktif mengedukasi masyarakat terkait diet, gizi, dan kesehatan melalui media sosial, seminar, buku, dan berbagai media lainnya. Dalam hal keorganisasian, Rizal merupakan Ketua Divisi Gizi Kebugaran di Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA). Organisasi profesi gizi ini bergerak di bidang olahraga dan kebugaran.

Profil Mochammad Rizal
Lanjut membaca
Grace Mulyani
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Grace Mulyani

Grace Mulyani adalah lulusan Fakultas Teknobiologi Unika Atma Jaya yang melanjutkan kembali studinya dalam bidang yang sama di Institut Teknologi Bandung. Semasa menjalani studi lanjut, Grace yang juga adalah content creator di Lemon8 menemukan passion-nya dalam dunia menulis dan menjadi writer di mybest Indonesia. Melalui pekerjaan ini, Grace telah banyak meriset dan berhubungan dengan pakar untuk berbagai topik terkait kesehatan, elektronik rumah tangga, perawatan tubuh, makanan, serta tren fashion terkini.

Profil Grace Mulyani
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Mengapa mengonsumsi vitamin tulang?

Mengapa mengonsumsi vitamin tulang?

Tulang adalah penopang tubuh manusia. Karena itu, Anda perlu memperhatikan asupan makanan dan suplemen sehari-hari yang baik untuk kepadatan tulang. Jika tubuh kekurangan nutrisi untuk tulang, masalah kesehatan tulang dapat muncul, misalnya pengeroposan yang meningkatkan risiko patah tulang.


Suplemen dan vitamin tulang mengandung nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan tulang, terutama kalsium dan vitamin D. Mendapatkan asupan zat gizi seperti vitamin D dan kalsium yang cukup dapat membantu mengurangi risiko pengeroposan dan patah tulang. 


Pada kondisi ideal, nutrisi untuk anggota gerak ini bisa kita cukupi dari makanan sehat. Namun, pada beberapa kasus, kebutuhan nutrisi tulang perlu dipenuhi dengan mengonsumsi suplemen. 


Ada beberapa kondisi yang membuat Anda membutuhkan vitamin tulang:

  • Wanita yang sedang hamil dan menyusui
  • Wanita yang memasuki periode menopause
  • Menjalani diet vegan dan pola makan tinggi protein
  • Menderita radang usus atau penyakit Crohn sehingga tubuh pasien sulit menyerap kalsium
  • Anak-anak yang sulit atau tidak bisa mengonsumsi makanan tinggi kalsium
  • Menderita osteoporosis
  • Lansia

Vitamin tulang dapat menjadi "jalan pintas" untuk mencukupkan nutrisi yang diperlukan tulang. Namun, selalu konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu jika Anda hendak mengonsumsi vitamin tulang, ya.

Cara memilih Vitamin Tulang untuk Menjaga Kesehatan

Selanjutnya, kami akan membeberkan beberapa hal penting dalam memilih suplemen dan vitamin tulang. Mari simak penjelasannya dengan saksama sebagai panduan Anda untuk memilih produk terbaik.

1

Temukan nutrisi yang baik untuk tulang di dalam suplemen

Vitamin tulang mengandung beragam nutrisi yang esensial untuk tulang. Nutrisi utama untuk anggota gerak ini adalah kalsium. Di samping itu, Anda juga perlu mencari zat gizi lain yang turut berkontribusi untuk kesehatan tulang. Apa saja nutrisi yang sebaiknya ada untuk kesehatan tulang Anda?

Kalsium, zat gizi utama untuk tulang yang sehat

Kalsium, zat gizi utama untuk tulang yang sehat

Kalsium merupakan salah satu mineral yang penting dalam tubuh manusia dan nutrisi tulang yang paling krusial. Sebagian besar kalsium yang masuk ke dalam tubuh akan diserap oleh tulang. Nah, peran utama kalsium adalah menjaga kepadatan tulang dan gigi untuk mencegah osteoporosis dan osteopenia. Untuk itu, Anda bisa mencari produk yang mengandung kalsium sebagai komposisi utamanya.


Kalsium turut diperlukan tubuh untuk hal lain, termasuk untuk aktivitas saraf dan sel. Jika Anda kekurangan kalsium, tubuh akan mengambilnya dari tulang untuk memastikan fungsi sel berjalan normal. Kondisi ini dapat berujung pada lemahnya tulang dan osteoporosis jika terjadi berkelanjutan.


Makanan yang mengandung kalsium sebenarnya berlimpah dan mudah dicari. Jika Anda kesulitan mencukupi kebutuhan kalsium dari makanan, silakan pertimbangkan suplemen dan vitamin tulang yang tinggi kalsium. 

Vitamin D, mengoptimalkan penyerapan kalsium

Vitamin D, mengoptimalkan penyerapan kalsium

Menurut American Bone Health, vitamin D juga menjadi vitamin yang penting untuk kesehatan tulang. Vitamin D memiliki peran untuk menjaga tulang tetap kuat dengan mengoptimalkan penyerapan kalsium. Vitamin D akan bekerja dengan kelenjar paratiroid untuk menghasilkan hormon paratiroid yang membantu pengaturan kadar kalsium dan fosfor dalam tubuh.


Kekurangan vitamin D dapat berujung pada rakitis, yaitu kondisi yang dapat menyebabkan gangguan tulang serta postur tubuh. Gangguan ini biasanya rentan dialami oleh anak-anak.


Tubuh manusia normalnya bisa menghasilkan vitamin D secara alami ketika terkena sinar matahari. Selain itu, vitamin D juga bisa didapat dari konsumsi makanan yang mengandung vitamin D.

Magnesium, berkontribusi dalam menjaga kepadatan dan kesehatan tulang

Magnesium, berkontribusi dalam menjaga kepadatan dan kesehatan tulang

Nutrisi lain yang juga penting untuk tulang adalah magnesium. Bahkan, diperkirakan 60% magnesium dalam tubuh terdapat pada jaringan tulang. Sisanya tersebar di jaringan tubuh lain, seperti otot, jaringan lunak, dan darah.


Kembali menurut American Bone Health, asupan magnesium yang tinggi dikaitkan dengan tingkat kepadatan tulang yang tinggi pula. Tubuh manusia memerlukan magnesium untuk membentuk sel tulang baru dan menjaga kepadatan tulang. Tingkat kepadatan tulang yang tinggi dapat menurunkan risiko osteoporosis dan tulang retak.

Vitamin C, memproduksi kolagen untuk meningkatkan kepadatan tulang

Vitamin C, memproduksi kolagen untuk meningkatkan kepadatan tulang

Ternyata, vitamin C juga menjadi bagian dari vitamin tulang, lho. Vitamin populer ini diperlukan tubuh untuk memproduksi kolagen. Kolagen sendiri merupakan protein yang menjadi bagian tulang atau "fondasi" tempat terbangunnya mineralisasi tulang.


Tak sampai di situ saja, asupan vitamin C yang tinggi juga dikaitkan dengan kepadatan tulang yang baik. Maka dari itu, konsumsi vitamin C yang cukup juga membantu dalam menjaga kepadatan tulang.

Boron, dapat memperpanjang umur simpan vitamin D dalam tubuh

Boron, dapat memperpanjang umur simpan vitamin D dalam tubuh

Selain kalsium dan magnesium, boron adalah mineral lain yang juga memiliki peran penting dalam penyerapan kalsium dalam tubuh. Boron mungkin menjadi nutrisi yang tak begitu populer. Meski begitu, mineral ini juga Anda butuhkan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. 


Menurut Healthline, boron berperan penting untuk memperpanjang umur simpan vitamin D di dalam tubuh. Vitamin D kemudian diperlukan tulang untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium. 


Karena itu, boron disebut sebagai mineral penting dalam mendukung penyerapan kalsium dan pemanfaatan kalsium oleh tubuh. Selain itu, mineral boron juga menjadi kunci penting dalam metabolisme dan meningkatkan pembentukan tulang.

2

Cek kadar kalsium elemental untuk tiap sajian penggunaan

Cek kadar kalsium elemental untuk tiap sajian penggunaan

Saat memilih vitamin tulang, Anda perlu memperhatikan kadar kalsium elemental yang terkandung dalam produk. Kadar kalsium elemental merujuk pada jumlah kalsium yang sebenarnya digunakan oleh tubuh berdasarkan jenis kalsiumnya


  • Kalsium karbonat mengandung 40% kalsium elemental
  • Kalsium fosfat mengandung 39% kalsium elemental
  • Kalsium sitrat mengandung 21% kalsium elemental
  • Kalsium glukonat mengandung 9% kalsium elemental
  • Kalsium laktat mengandung 13% kalsium elemental

Angka ini tidak sama dengan kadar komposisi kalsium yang berikatan dengan elemen lain dalam komposisi produk. Sebagai contoh, sebuah suplemen memiliki komposisi kalsium sitrat sebesar 300 mg per tabletnya. Nah, kalsium elemental dari 300 mg kalsium sitrat tersebut adalah sebesar 63,2 mg. Inilah jumlah kalsium yang sebenarnya digunakan oleh tubuh Anda.


Mengetahui kadar kalsium elemental dapat memonitor asupan kalsium yang Anda dapatkan dari suplemen. Hal ini penting diperhatikan agar Anda bisa memilih suplemen sesuai kebutuhan harian (akan dijelaskan pada pembahasan berikutnya).

3

Sesuaikan kadar kalsium dengan kebutuhan harian Anda

Sesuaikan kadar kalsium dengan kebutuhan harian Anda
Sebelum mengonsumsi suplemen kalsium, pastikan Anda menyesuaikan suplemen yang dikonsumsi dengan kebutuhan Anda. Dengan demikian, Anda terhindar dari konsumsi kalsium secara berlebihan sehingga tidak timbul efek samping.

Anda bisa memilih vitamin tulang yang kadar kalsiumnya disesuaikan dengan kebutuhan harian Anda. Tips ini perlu diperhatikan agar asupan kalsium tak menjadi berlebihan atau malah masih kekurangan setelah mengonsumsi suplemen. 


Kebutuhan kalsium harian dapat berbeda tergantung usia seseorang. Dilansir dari situs National Institutes of Health, berikut rekomendasi kecukupan kalsium harian berdasarkan kelompok usia:


1. Anak-anak
  • Usia 1–3 tahun: 700 mg
  • Usia 4–8 ​​tahun: 1.000 mg
  • Usia 9–13 tahun: 1.300 mg

2. Remaja, dewasa, dan lanjut usia
  • Remaja 14–18 tahun: 1.300 mg
  • Dewasa 19–50 tahun: 1.000 mg
  • Pria dewasa 51–70 tahun: 1.000 mg
  • Perempuan dewasa 51–70 tahun: 1.200 mg
  • Usia 71 tahun ke atas: 1.200 mg

3. Perempuan hamil dan menyusui

  • Remaja hamil dan menyusui: 1.300 mg
  • Dewasa hamil dan menyusui: 1.000 mg

Angka-angka di atas merupakan kebutuhan total harian kalsium dari semua sumber, termasuk makanan dan suplemen. Agar asupan kalsium tak terlalu banyak, pastikan Anda mengonsumsi vitamin tulang sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

4

Untuk konsumsi harian, pilih bentuk suplemen yang mudah dikonsumsi

Untuk konsumsi harian, pilih bentuk suplemen yang mudah dikonsumsi
Vitamin tulang tersedia dalam berbagai bentuk seperti tablet, kapsul, dan tablet kunyah (gummy). Ada pula produk yang hadir dalam bentuk tablet effervescent. Tablet ini bisa dilarutkan dalam air, kemudian Anda bisa meneguk larutan tersebut. Pilihlah bentuk vitamin tulang yang menurut Anda mudah dan nyaman dikonsumsi tiap harinya.
Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Vitamin Tulang untuk Menjaga Kesehatan Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Vitamin Tulang untuk Menjaga Kesehatan terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 24 Februari 2024).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Bentuk suplemen
Kandungan nutrisi
Dosis
Kalsium elemental
Aturan pakai
Kadar kalsium
Isi
Kandungan utama
1

Blackmores

Calcimag Multi

Blackmores Calcimag Multi 1

Rp115.000

Menengah

Vitamin tulang Blackmores untuk segala usia

Tablet

Kalsium, magnesium, zinc, mangan, vitamin C, vitamin D3, vitamin K1, asam folat

1-2 tablet per hari (dewasa), 1 tablet per hari (usia 9-12 tahun)

21% (kalsium sitrat), 39% (kalsium fosfat)

Dikonsumsi setelah makan

300 mg (kalsium sitrat), 325 mg (kalsium fosfat)

30 tablet, 60 tablet

Kalsium, magnesium, vitamin D3

2

Bayer

CDR Orange

Bayer CDR Orange 1

Rp57.500

Menengah

Tablet effervescent CDR dengan kalsium dan vitamin C yang tinggi

Tablet effervescent

Kalsium, vitamin C, vitamin D, vitamin B6

1 tablet per hari

40% (kalsium karbonat)

Segera diminum setelah dilarutkan

675 mg

15 tablet, 20 tablelt

Kalsium, vitamin C, vitamin D, vitamin B6

3

IFARS

Calcifar Plus

IFARS Calcifar Plus 1

Rp20.461

Lebih Murah

Dengan rasa strawberry mint yang menyegarkan

Kaplet

Kalsium, vitamin D3

1-2 kaplet per hari (dewasa), 1 kaplet per hari (anak)

39%

Dikunyah atau diisap

500 mg

10 kaplet

Kalsium, vitamin D3

4

Suryaprana Nutrisindo

NUTRIMAX Kidz Calcium

Suryaprana Nutrisindo NUTRIMAX Kidz Calcium 1

Rp112.500

Menengah

Diperkaya berbagai bahan kandungan untuk kesehatan tulang anak

Tablet kunyah

Kalsium, magnesium, OptiZinc, vitamin D3, vitamin C

1-2 tablet per hari

21%

Dikunyah setelah makan

150 mg

30 tablet, 60 tablet

Kalsium, magnesium, zinc, vitamin D3

5

Pyridam Farma

Caltron

Pyridam Farma Caltron 1

Rp243.090

Agak Mahal

Vitamin tulang untuk lansia dengan komposisi komplet

Kaplet

Kalsium, vitamin D, magnesium, zinc, copper, mangan, boron

1-2 kaplet per hari

40%

Tidak diketahui

1.500 mg

50 kaplet

Kalsium, vitamin D, magnesium, zinc, copper, mangan, boron

6

Wellness

Calcium Gummy

Wellness Calcium Gummy 1

Rp340.000

Agak Mahal

Tekstur, rasa, dan bentuknya pasti disukai anak-anak

Gummy

Kalsium, vitamin D3

1 gummy per hari

39%

Dikonsumsi setelah makan

125 mg

70 gummy

Kalsium, vitamin D3

7

Vitabiotics

Osteocare

Vitabiotics Osteocare 1

Rp22.979

Agak Murah

Membantu menjaga kepadatan tulang wanita pascamenopause

Tablet

Kalsium, magnesium, zinc, vitamin D3

1 tablet sebanyak 2-3 kali per hari

Tidak diketahui

Sebaiknya dikonsumsi sebelum makan

300 mg (sudah berupa kalsium elemental)

30 tablet

Kalsium, magnesium, zinc, vitamin D3

8

Natures Health

Coral Calcium

Natures Health Coral Calcium 1

Rp320.000

Agak Mahal

Kandungan coral caclum-nya lebih mudah diserap oleh tubuh

Tablet

Vitamin D3, kalsium, magnesium, zinc

1-2 tablet per hari

Tidak diketahui

Dikonsumsi setelah makan

500 mg

90 tablet

Vitamin D3, kalsium, magnesium, zinc

9

Sanbe

ELKANA

Sanbe ELKANA 1

Rp7.852

Agak Murah

Diperkaya vitamin B6 untuk menjaga kesehatan saraf

Tablet

Kalsium, vitamin B6, vitamin C, vitamin D3

1-2 tablet sebanyak 2 kali per hari

39% (kalsium fosfat), 13% (kalsium laktat)

Tidak diketahui

200 mg (kalsium fosfat), 100 mg (kalsium laktat)

10 tablet

Kalsium, vitamin B6, vitamin C, vitamin D3

10

LAPI

Cal-95 Kids Syrup

LAPI Cal-95 Kids Syrup 1

Rp70.303

Menengah

Lebih mudah dikonsumsi anak karena berbentuk sirup

Sirop

Kalsium, vitamin D3, vitamin K2, zinc, magnesium

1 sendok teh (5 ml) per hari

40%

Tidak diketahui

200 mg

60 ml

Kalsium, vitamin D3, vitamin K2, zinc, magnesium

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

BlackmoresCalcimag Multi

Calcimag Multi 1
Sumber: blackmores.co.id
Harga referensi
Rp115.000
Menengah
Harga referensi
Rp115.000
Menengah

Vitamin tulang Blackmores untuk segala usia

Blackmores menggabungkan berbagai jenis kalsium sekaligus dalam produk ini. Anda dapat menemukan kalsium sitrat, kalsium fosfat, dan asam amino kalsium chelate di vitamin tulang ini. Penggabungan jenis kalsium tersebut berpotensi memberikan banyak manfaat. Vitamin tulang Blackmores ini makin menarik karena dapat dikonsumsi oleh segala usia. Dengan begitu, Anda bisa memilih Blackmores Calcimag Multi sebagai vitamin tulang untuk seluruh anggota keluarga.
Bentuk suplemenTablet
Kandungan nutrisiKalsium, magnesium, zinc, mangan, vitamin C, vitamin D3, vitamin K1, asam folat
Dosis1-2 tablet per hari (dewasa), 1 tablet per hari (usia 9-12 tahun)
Kalsium elemental21% (kalsium sitrat), 39% (kalsium fosfat)
Aturan pakaiDikonsumsi setelah makan
Kadar kalsium300 mg (kalsium sitrat), 325 mg (kalsium fosfat)
Isi30 tablet, 60 tablet
Kandungan utamaKalsium, magnesium, vitamin D3
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

BayerCDR Orange

Harga referensi
Rp57.500
Menengah

Tablet effervescent CDR dengan kalsium dan vitamin C yang tinggi

CDR dari Bayer memang sudah lama dipercaya sebagai suplemen untuk kesehatan tulang. Dikemas dalam bentuk tablet effervescent rasa jeruk membuatnya menjadi salah satu suplemen tulang terfavorit di Indonesia. Selain mengandung kalsium, CDR dilengkapi vitamin C sebanyak 1.000 mg. Jadi, suplemen ini tak hanya sekadar menjaga kesehatan tulang, tetapi juga imunitas tubuh Anda. CDR juga diklaim aman untuk ibu hamil dan menyusui, lho!

Bentuk suplemenTablet effervescent
Kandungan nutrisiKalsium, vitamin C, vitamin D, vitamin B6
Dosis1 tablet per hari
Kalsium elemental40% (kalsium karbonat)
Aturan pakaiSegera diminum setelah dilarutkan
Kadar kalsium675 mg
Isi15 tablet, 20 tablelt
Kandungan utamaKalsium, vitamin C, vitamin D, vitamin B6
View all
No.3

IFARSCalcifar Plus

Harga referensi
Rp20.461
Lebih Murah

Dengan rasa strawberry mint yang menyegarkan

Tablet kunyah atau isap ini memiliki rasa strawberry mint yang manis dan segar sehingga terasa cukup enak di lidah. Jadi, bila Anda termasuk orang yang tidak suka dengan rasa obat, vitamin tulang ini layak untuk dicoba. Terlebih harganya relatif terjangkau, lho! Namun, perlu diketahui bahwa produk ini mengandung pemanis buatan sodium cyclamate. Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika bermasalah mengenai hal tersebut.

Bentuk suplemenKaplet
Kandungan nutrisiKalsium, vitamin D3
Dosis1-2 kaplet per hari (dewasa), 1 kaplet per hari (anak)
Kalsium elemental39%
Aturan pakaiDikunyah atau diisap
Kadar kalsium500 mg
Isi10 kaplet
Kandungan utamaKalsium, vitamin D3
View all
No.4

Suryaprana NutrisindoNUTRIMAX Kidz Calcium

Harga referensi
Rp112.500
Menengah

Diperkaya berbagai bahan kandungan untuk kesehatan tulang anak

Untuk menjaga kesehatan tulang anak, Anda memercayakannya pada NUTRIMAX Kidz Calcium. Tablet kunyah khusus anak ini dilengkapi nutrisi, seperti magnesium, zinc, dan vitamin D3, untuk membantu penyerapan kalsium. Komposisinya pun aman untuk lambung dan ginjal anak.


Dengan vitamin tulang ini, Anda tak perlu khawatir kesehatan tulang dan pertumbuhan tinggi si kecil jadi terhambat. Rasa jeruknya juga pasti disukai anak Anda. Jangan lupa untuk dikonsumsi sesuai anjuran yang tertulis, ya.

Bentuk suplemenTablet kunyah
Kandungan nutrisiKalsium, magnesium, OptiZinc, vitamin D3, vitamin C
Dosis1-2 tablet per hari
Kalsium elemental21%
Aturan pakaiDikunyah setelah makan
Kadar kalsium150 mg
Isi30 tablet, 60 tablet
Kandungan utamaKalsium, magnesium, zinc, vitamin D3
View all
No.5

Pyridam FarmaCaltron

Harga referensi
Rp243.090
Agak Mahal

Vitamin tulang untuk lansia dengan komposisi komplet

Vitamin tulang Caltron kaya akan kandungan nutrisi yang penting bagi tulang. Tidak banyak produk suplemen yang mengandung boron di dalamnya. Namun, tidak demikian dengan produk ini. Selain mengandung kalsium, vitamin D, dan magnesium, Caltron juga mengandung zinc, copper, mangan, dan boron. 


Formulanya tepat untuk mencegah dan mengobati gangguan metabolisme atau defisiensi kalsium. Kondisi tersebut umumnya terjadi pada penderita osteomalasia, rakitis, dan osteoporosis. Suplemen juga ini cocok dikonsumsi para lansia dan ibu menyusui.

Bentuk suplemenKaplet
Kandungan nutrisiKalsium, vitamin D, magnesium, zinc, copper, mangan, boron
Dosis1-2 kaplet per hari
Kalsium elemental40%
Aturan pakaiTidak diketahui
Kadar kalsium1.500 mg
Isi50 kaplet
Kandungan utamaKalsium, vitamin D, magnesium, zinc, copper, mangan, boron
View all
Harga referensi
Rp340.000
Agak Mahal

Tekstur, rasa, dan bentuknya pasti disukai anak-anak

Kebanyakan anak kecil menyukai gummy kenyal manis berbentuk beruang. Nah, Wellness memproduksi vitamin tulang dalam bentuk gummy warna-warni yang bakal disukai anak Anda. Dengan begitu, si kecil akan dengan sukarela mengonsumsi vitamin tanpa perlu dipaksa. Di dalam setiap butir gummy ini terkandung kalsium dan vitamin D3 yang dapat mendukung pertumbuhan tulang dan gigi anak.

Bentuk suplemenGummy
Kandungan nutrisiKalsium, vitamin D3
Dosis1 gummy per hari
Kalsium elemental39%
Aturan pakaiDikonsumsi setelah makan
Kadar kalsium125 mg
Isi70 gummy
Kandungan utamaKalsium, vitamin D3
View all
No.7

VitabioticsOsteocare

Harga referensi
Rp22.979
Agak Murah

Membantu menjaga kepadatan tulang wanita pascamenopause

Kepadatan tulang pada tubuh wanita rentan mengalami pengeroposan saat fase pascamenopause. Untuk mencegah hal tersebut, Anda dapat mengonsumsi Osteocare. Vitamin untuk tulang ini mengandung berbagai mineral penting untuk membantu penyerapan kalsium dalam tulang. Agar kebutuhan Anda tercukupi, Anda disarankan untuk mengonsumsinya sebanyak 1-2 tablet per hari. Vitamin ini juga cocok untuk Anda yang vegan, lho!

Bentuk suplemenTablet
Kandungan nutrisiKalsium, magnesium, zinc, vitamin D3
Dosis1 tablet sebanyak 2-3 kali per hari
Kalsium elementalTidak diketahui
Aturan pakaiSebaiknya dikonsumsi sebelum makan
Kadar kalsium300 mg (sudah berupa kalsium elemental)
Isi30 tablet
Kandungan utamaKalsium, magnesium, zinc, vitamin D3
View all
No.8

Natures HealthCoral Calcium

Harga referensi
Rp320.000
Agak Mahal

Kandungan coral caclum-nya lebih mudah diserap oleh tubuh

Coral calcium adalah bentuk kalsium yang lebih mudah terurai dan diserap tubuh. Apabila Anda ingin menikmati manfaat coral calcium, Natures Health Coral Calcium tepat untuk dipilih. Vitamin untuk tulang ini menggunalan coral calcium berkualitas tinggi dari laut dalam di Pulau Okinawa. Khasiat yang diberikan bagi tubuh pun tentu lebih optimal.

Bentuk suplemenTablet
Kandungan nutrisiVitamin D3, kalsium, magnesium, zinc
Dosis1-2 tablet per hari
Kalsium elementalTidak diketahui
Aturan pakaiDikonsumsi setelah makan
Kadar kalsium500 mg
Isi90 tablet
Kandungan utamaVitamin D3, kalsium, magnesium, zinc
View all
No.9

SanbeELKANA

Harga referensi
Rp7.852
Agak Murah

Diperkaya vitamin B6 untuk menjaga kesehatan saraf

Vitamin untuk tulang ini dilengkapi dengan kandungan vitamin B6 untuk membantu mendukung perkembangan saraf, otak, dan kulit. Jadi, bila Anda mencari perlindungan yang lebih menyeluruh, ELKANA dapat menjadi pilihan suplemen yang tepat. Terlebih, produk ini terbilang banyak dijual sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk membeli saat stok di rumah sudah habis.

Bentuk suplemenTablet
Kandungan nutrisiKalsium, vitamin B6, vitamin C, vitamin D3
Dosis1-2 tablet sebanyak 2 kali per hari
Kalsium elemental39% (kalsium fosfat), 13% (kalsium laktat)
Aturan pakaiTidak diketahui
Kadar kalsium200 mg (kalsium fosfat), 100 mg (kalsium laktat)
Isi10 tablet
Kandungan utamaKalsium, vitamin B6, vitamin C, vitamin D3
View all
No.10

LAPICal-95 Kids Syrup

Harga referensi
Rp70.303
Menengah

Lebih mudah dikonsumsi anak karena berbentuk sirup

Sebagian anak belum terbiasa menelan obat atau vitamin dalam bentuk tablet. Jika anak Anda juga demikian, cobalah berikan Cal-95 Kids Syrup. Karena berbentuk sirop, anak-anak tidak akan kesulitan untuk menelannya. Ditambah lagi, vitamin ini memiliki rasa jeruk yang akan disukai anak. Kandungan kasium, vitamin, dan mineralnya pun cukup lengkap sehingga pas untuk memenuhi kebutuhan si kecil.

Bentuk suplemenSirop
Kandungan nutrisiKalsium, vitamin D3, vitamin K2, zinc, magnesium
Dosis1 sendok teh (5 ml) per hari
Kalsium elemental40%
Aturan pakaiTidak diketahui
Kadar kalsium200 mg
Isi60 ml
Kandungan utamaKalsium, vitamin D3, vitamin K2, zinc, magnesium
View all

Informasi penting seputar kesehatan tulang

Mengonsumsi vitamin tulang menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan anggota gerak ini. Anda mungkin masih memiliki pertanyaan terkait kesehatan tulang. Kami akan memberikan informasi tambahan informasi seputar vitamin tulang.

Bagaimana cara memperkuat tulang secara alami?

Bagaimana cara memperkuat tulang secara alami?

Tingkat kepadatan tulang dapat menurun seiring bertambahnya usia. Anda bisa mulai mengonsumsi makanan tinggi kalsium sedini mungkin untuk mencegah penurunan kepadatan tulang. Kalsium merupakan nutrisi utama untuk tulang serta menjadi mineral yang paling banyak terdapat pada organ ini. 


Contoh makanan tinggi kalsium adalah dairy product, seperti susu, keju, dan yoghurt. Kelompok makanan nabati, seperti sayur bayam, tahu, hingga chia seed yang makin populer, juga mengandung tinggi kalsium.


Selain mengonsumsi makanan tinggi kalsium, terapkan pula cara alami berikut untuk memperkuat tulang:

  • Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D, fosfor, dan vitamin C.

  • Melakukan olahraga yang melatih tulang secara rutin, seperti jalan kaki dan jogging.
  • Mengonsumsi makanan tinggi protein.
  • Berjemur pada pagi hari untuk memenuhi kebutuhan vitamin D.
  • Menjaga berat badan di rentang ideal agar tidak memberikan beban terlalu banyak ke tulang.

Yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi vitamin tulang

Yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi vitamin tulang

Mengonsumsi vitamin tulang yang tinggi kalsium tak boleh berlebihan. Menurut Mayo Clinic, kelebihan kalsium yang parah dapat menimbulkan masalah pada organ, terutama ginjal dan organ pencernaan. Kelebihan kalsium bahkan juga dapat melemahkan tulang serta mengganggu fungsi otak dan jantung.


Anda tidak perlu khawatir jika telah mengonsumsi suplemen tulang sesuai dosis yang disarankan. Anda hanya perlu waspada terhadap efek sampingnya jika menggunakan produk secara berlebihan.


Bagaimana pun suplemen tulang hanya dikonsumsi jika memang diperlukan dan sebagai tambahan saja. Saat mengonsumsi suplemen ini, perhatikan anjuran pakainya dengan baik agar tidak melampaui dosis anjuran.

5 Rekomendasi Vitamin Tulang untuk Menjaga Kesehatan terbaik

No. 1: BlackmoresCalcimag Multi

No. 2: BayerCDR Orange

No. 3: IFARSCalcifar Plus

No. 4: Suryaprana NutrisindoNUTRIMAX Kidz Calcium

No. 5: Pyridam FarmaCaltron

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Vitamin & suplemen
  4. 10 Rekomendasi Vitamin Tulang untuk Menjaga Kesehatan Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Nutritionist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.