10 Rekomendasi Vitamin Tulang Terbaik yang Baik untuk Menjaga Kesehatan (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Vitamin Tulang Terbaik yang Baik untuk Menjaga Kesehatan (Terbaru Tahun 2018)

Kalsium tidak hanya baik bagi tulang dan gigi, tetapi juga merupakan nutrisi yang berperan penting dalam semua aktivitas tubuh. Oleh karena itu, asupan kalsium sangat penting untuk diperhatikan. Namun, ternyata kalsium yang didapat dari makanan sehari-hari belumlah cukup. Untuk itu, vitamin tulang atau suplemen kalsium hadir guna membantu meningkatkan asupan kalsium yang kurang.

Saat ini, ada banyak produsen yang menawarkan berbagai produk dengan keunggulan masing-masing. Akan tetapi, ini justru bisa membuat Anda bingung menentukan pilihan. Kali ini kami akan membahas cara memilih suplemen kalsium, serta merekomendasikan produk terbaik. Mari konsumsi vitamin tulang yang tepat untuk meningkatkan kesehatan Anda!

Daftar isi

Apa yang terjadi saat tubuh kekurangan kalsium?

Kalsium memang identik dengan kesehatan tulang. Namun, faktanya adalah saat tubuh kekurangan kalsium, kesehatan secara keseluruhan juga akan terganggu. Nah, apa saja akibat yang mungkin timbul bila tubuh kekurangan kalsium?

Osteoporosis, tulang keropos, dan mudah patah

Osteoporosis, tulang keropos, dan mudah patah

Salah satu akibat dari kekurangan kalsium adalah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Penyakit ini sering kali tidak disadari karena gejalanya tidak terlalu terasa. Biasanya saat penderita menyadarinya, penyakit ini telah berkembang jauh dan mencapai tahap cukup parah. Tulang yang keropos tidak akan kuat menahan berat badan sehingga mudah patah.

Daya tahan tubuh menurun

Daya tahan tubuh menurun

Salah satu fungsi kalsium adalah membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Saat virus atau bakteri menyerang tubuh, kalsium akan ditransmisikan ke dalam sel dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kemudian, tubuh akan menghasilkan antibodi untuk melawan benda asing tersebut.

Oleh karena itu, defisiensi kalsium bisa menyebabkan menurunnya kinerja sistem kekebalan tubuh sehingga Anda bisa lebih mudah terserang penyakit. Saat kekebalan tubuh menurun, Anda juga akan lebih mudah terserang pilek dan meningkatkan reaksi alergi.

Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi

Tidak banyak yang mengetahui bahwa kekurangan kalsium bisa menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Saat tubuh kekurangan kalsium, kalsium yang tersimpan dalam tulang akan larut dalam darah untuk menggantikan kekurangan tersebut.

Kalsium yang telah larut dalam darah tersebut kemudian akan masuk melalui pembuluh darah ke seluruh bagian tubuh. Dengan begitu, dinding bagian dalam pembuluh darah akan menyempit dan menjadi sulit dialiri darah sehingga akhirnya menyebabkan tekanan darah tinggi.

Risiko arteriosklerosis

Risiko arteriosklerosis

Seperti yang disebutkan di atas, kekurangan kalsium bisa menyebabkan kalsium dari tulang larut ke dalam darah. Ketika terlalu banyak kalsium yang masuk ke dalam darah, ada risiko terjadi pengendapan di dinding pembuluh darah. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya pengapuran pada pembuluh darah dan membuat dinding pembuluh darah menebal. Jika kolesterol menempel pada bagian yang mengapur tersebut, ini akan memicu terjadinya arteriosklerosis dan mengganggu kesehatan otak, jantung, dan sebagainya.

Kemungkinan dapat menimbulkan batu ginjal

Kemungkinan dapat menimbulkan batu ginjal

Mungkin banyak yang menganggap bahwa batu ginjal terbentuk akibat kelebihan kalsium. Anggapan yang salah ini mungkin muncul karena di dalam batu ginjal terdapat banyak kandungan kalsium. Padahal, yang terjadi adalah kebalikannya.

Saat kalsium dalam tubuh dirasa kurang, secara otomatis tubuh akan mengambil kalsium di tulang untuk mencegah defisiensi kalsium ini. Penyerapan kalsium dari tulang ini bisa jadi lebih banyak daripada yang sebenarnya dibutuhkan tubuh sehingga akhirnya malah menyebabkan berbagai masalah, salah satunya adalah terbentuknya batu ginjal.

Kekurangan kalsium memang bisa menyebabkan Anda mengalami batu ginjal. Meski begitu, hal ini bukanlah satu-satunya penyebab batu ginjal. Jadi, untuk menghindari hal tersebut, bukan berarti Anda harus mengonsumsi kalsium secara berlebihan karena justru bisa berakibat sebaliknya. Anda harus mengonsumsi kalsium sesuai jumlah yang dibutuhkan.

Cara memilih vitamin tulang yang baik untuk menjaga kesehatan

Untuk menghindari gejala-gejala kekurangan kalsium seperti yang telah diuraikan di atas, berikut kami sampaikan beberapa tip dalam memilih vitamin tulang. Jika Anda memerlukan vitamin tulang untuk kesehatan tubuh Anda, simaklah penjelasan berikut!

Pilih dosis harian yang tepat

Pilih dosis harian yang tepat

Dosis kalsium harian yang direkomendasikan untuk laki-laki dewasa adalah 650-900 mg, sedangkan untuk perempuan dewasa adalah 600-850 mg. Namun, faktanya rata-rata kalsium yang didapat dari makanan sehari-hari hanya 520 mg pada laki-laki dan 480 mg pada perempuan. Jika dihitung, berarti kekurangan kalsium pada orang dewasa adalah sekitar 130-160 mg setiap harinya.

Apabila kekurangan ini hanya terjadi dalam satu hari, tidak akan timbul masalah. Namun, bila hal ini terjadi terus-menerus, tubuh Anda akan semakin kekurangan kalsium. Karena itulah, saat memilih suplemen atau vitamin tulang, pastikan suplemen tersebut mengandung kalsium minimal sebesar 130-160 mg atau bahkan lebih untuk mengisi kekurangan kalsium dari makanan yang Anda konsumsi.

Perlu diperhatikan juga bahwa batas atas konsumsi kalsium adalah 2300 mg per hari. Jika Anda mengonsumsi kalsium di atas batas maksimal tersebut, Anda akan mengalami gejala penurunan nafsu makan, mual, sakit kepala, dan lain-lain. Berhati-hatilah dengan dosis vitamin tulang yang Anda konsumsi.

Pilih yang mengandung bahan penyerap kalsium

Pilih yang mengandung bahan penyerap kalsium

Kalsium merupakan mineral yang tidak mudah diserap oleh tubuh manusia. Bahkan untuk susu sapi yang tingkat penyerapan kalsiumnya tinggi, hanya sekitar 40% saja yang bisa diserap tubuh. Jadi, dalam mengonsumsi vitamin tulang untuk menambah asupan kalsium, pilihlah suplemen dengan kandungan tambahan lain yang bisa membantu penyerapan kalsium.

Ada beberapa zat nutrisi yang bisa membantu efisiensi penyerapan kalsium ke dalam tubuh. Di antaranya adalah magnesium, vitamin D, vitamin C, vitamin K, casein phosphopeptide (CPP), laktosa, asam sitrat, dan lain-lain.

Magnesium dan vitamin D merupakan nutrisi tambahan yang paling banyak ditemukan pada vitamin tulang. Magnesium khususnya harus dikonsumsi secara seimbang karena mineral ini memiliki efek berlawanan dalam mengurangi atau meningkatkan kalsium. Jadi, pastikan kandungan mineral lain yang dapat membantu penyerapan kalsium telah diformulasikan dengan baik pada vitamin tulang pilihan Anda.

Pilih dengan mempertimbangkan keamanannya

Pilih dengan mempertimbangkan keamanannya

Konsumsi suplemen dimaksudkan agar tubuh jadi semakin sehat. Oleh karena itu, keamanan produk suplemen harus diperiksa dengan saksama. Apakah suplemen tersebut sudah terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan)? Apakah mengandung zat aditif yang berbahaya? Apakah dibuat di pabrik yang sudah terstandardisasi keamanannya?

Jadi, pastikan selalu keamanan suplemen yang hendak Anda konsumsi sebelum membelinya.

Pilih yang mudah dikonsumsi

Pilih yang mudah dikonsumsi

Vitamin tulang tersedia dalam berbagai bentuk, seperti pil/tablet, kapsul, bubuk, sirup, bahkan permen kunyah. Pilih dan sesuaikanlah vitamin tulang yang menurut Anda paling mudah untuk dikonsumsi agar Anda bisa mengonsumsinya dengan nyaman setiap hari.

Selain itu, cek juga berapa banyak dosis yang harus Anda konsumsi dalam sehari. Yang pasti, Anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan tubuh Anda, ya!

Pilih berdasarkan harga dan kemudahan untuk mendapatkannya

Pilih berdasarkan harga dan kemudahan untuk mendapatkannya

Hal yang perlu Anda ingat saat mulai mengonsumsi vitamin tulang adalah konsumsi suplemen tidak memberikan hasil secara instan. Untuk mendapatkan hasil optimal, konsumsi suplemen harus dilakukan secara berkala dan berkesinambungan. Sebaik apa pun suplemen yang Anda pilih, Anda perlu mengonsumsinya secara teratur agar tubuh Anda mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Untuk itu, Anda perlu memastikan agar harga suplemen yang Anda pilih tidak akan membebani budget pengeluaran. Pastikan juga suplemen yang Anda konsumsi mudah didapatkan dan dibeli sehingga Anda bisa mengonsumsinya secara berkelanjutan.

10 Rekomendasi vitamin tulang terbaik yang baik untuk menjaga kesehatan

Setelah mengetahui bagaimana cara memilih vitamin tulang, Anda akan mencari produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut kami berikan sepuluh rekomendasi vitamin tulang yang akan memberikan hasil maksimal bagi kesehatan Anda.

10. Bayer Calcium-D Redoxon

10. Bayer Calcium-D Redoxon

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 31.800

Bisa untuk melengkapi kebutuhan harian, bisa juga untuk masa pemulihan!

Calcium-D Redoxon dari Bayer ini sudah dikenal sejak lama sebagai vitamin kalsium yang mudah dikonsumsi karena berbentuk tablet effervescent yang cepat larut dalam air. Kandungan kalsium dalam satu tabletnya cukup tinggi, yaitu sebesar 250 mg, sangat mencukupi untuk memenuhi kekurangan kalsium tubuh dan mendapatkan tulang yang kuat.

Selain itu, produk ini juga diperkaya dengan vitamin B6, C, dan D, yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Tablet ini juga cocok untuk orang yang sedang dalam masa penyembuhan karena kandungan nutrisinya akan membantu penyerapan gizi ke dalam tubuh. Fungsi tersebut akan membantu masa pemulihan sehingga bisa sembuh lebih cepat!

9. Vidoran Gummy Milk & Calcium

9. Vidoran Gummy Milk & Calcium

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 13.600

Permen jelly enak berbahan dasar susu yang kaya akan kalsium

Masa kanak-kanak adalah momen ketika kalsium sangat dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan tulangnya. Jika Anda memiliki anak yang suka memilih-milih makanan, Vidoran Gummy Milk & Calcium bisa menjadi solusinya! Produk ini memiliki yang lucu dan tersedia dalam tiga varian rasa yang merupakan perpaduan antara rasa buah dan susu sehingga tentu akan disukai oleh anak-anak.

Vitamin ini terbuat dari susu yang kaya akan kalsium dan dilengkapi dengan vitamin D sehingga penyerapan kalsium dalam tubuh anak akan semakin optimal. Selain aman karena telah terdaftar dalam BPOM, anak Anda pun akan semakin menyukainya sebab kalsium ini berbentuk jelly sehingga mudah dikunyah.

8. Pharos Cavea Vitamin Tulang

8. Pharos Cavea Vitamin Tulang

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 44.099

Penuhi kebutuhan kalsium ibu hamil dan menyusui

Ibu hamil dan menyusui sering mengalami kekurangan kalsium karena diserap oleh janin dan harus memberikan nutrisi pada bayi lewat ASI. Bagi Anda yang sedang hamil dan menyusui, konsumsilah Pharos Cavea Vitamin Tulang ini untuk menjamin nutrisi kalsium yang mencukupi guna menjaga perkembangan rangka janin, serta mencegah tekanan darah tinggi atau osteoporosis pada ibu.

Suplemen kalsium yang juga mengandung vitamin D ini telah teruji keamanannya dan dapat dikonsumsi sebelum maupun sesudah makan. Selain mudah didapat karena hampir ada di setiap apotek, vitamin ini juga cukup hemat pemakaiannya karena satu tablet sehari sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium Anda.

7. Zevit Grow

7. Zevit Grow

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 62.500

Optimalkan pertumbuhan tulang saat masa remaja

Perpaduan antara kalsium, zinc, dan vitamin D pada Zevit Grow berfungsi untuk mendorong pertumbuhan tulang yang kuat, yang penting untuk aktivitas sehari-hari. Tersedia dalam bentuk kaplet, vitamin ini mudah dikonsumsi dan dapat membantu meningkatkan tinggi badan bagi remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Produk ini juga diperkaya dengan vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Satu kaplet multivitamin ini mengandung 100 mg kalsium. Jadi, ikutilah aturan dosis yang ditentukan guna memenuhi kebutuhan kalsium serta vitamin dan mineral harian. Selain itu, Zevit Grow juga tersedia dalam kemasan sachet yang mudah dibawa ke mana saja, lho!

6. Wellness Calcium Citrate

6. Wellness Calcium Citrate

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 125.000

Bentuk kalsium sitrat yang lebih mudah diserap tubuh!

Wellness Calcium Citrate merupakan suplemen yang bisa menyuplai kalsium harian Anda sebesar 500 mg per tabletnya sehingga Anda hanya perlu mengonsumsinya satu butir saja per hari. Kandungan kalsium dalam bentuk sitrat, serta kombinasi kandungan vitamin D, magnesium, dan zinc pada tablet ini menjadikannya lebih mudah diserap tubuh.

Selain menjaga kesehatan tulang, vitamin ini juga bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak dan memperbaiki kualitas tidur Anda. Bahkan, vitamin ini juga bisa membantu merawat kesehatan kulit jika dikonsumsi secara teratur. Akan tetapi, pastikan Anda tetap mengonsumsinya sesuai dosis harian dan tidak berlebihan, ya!

5. Sea-Quill Osteo-Cal

5. Sea-Quill Osteo-Cal

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 280.000

Tulang tetap sehat hingga usia tua!

Vitamin ini selain mengandung kalsium yang baik untuk tulang serta diperkaya dengan fitoestrogen yang memiliki fungsi untuk mencegah osteoporosis pada wanita dan pria di atas usia 40 tahun. Apalagi, adanya tambahan magnesium, zinc, mangan, dan boron di dalamnya akan membantu penyerapan kalsium secara lebih optimal.

Produk suplemen ini cocok untuk dikonsumsi semua orang, terlebih para lanjut usia yang membutuhkan asupan kalsium tambahan. Dengan mengonsumsi vitamin ini, kakek dan nenek Anda akan tetap bisa beraktivitas tanpa perlu khawatir dengan masalah tulang, sendi, dan otot mereka lagi.

4. Natures Plus Animal Parade® Calcium Children’s Chewable

4. Natures Plus Animal Parade® Calcium Children's Chewable 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 232.000

Rasa es krim vanilla sundae yang lezat yang disukai anak-anak

Vitamin tulang yang ditujukan untuk anak-anak ini diperkaya dengan nutrisi kalsium dan magnesium yang mudah diserap tubuh sehingga mampu menunjang perkembangan dan aktivitas anak-anak. Natures Plus Animal Parade Calcium tidak menggunakan pewarna maupun pengawet buatan, tidak mengandung susu, serta bebas gluten sehingga aman untuk dikonsumsi setiap hari.

Dengan kalsium sebesar 125 mg per tabletnya, disarankan untuk mengonsumsi 2 tablet suplemen ini per hari untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian anak Anda. Ditambah rasa es krim vanilla sundae dan bentuk binatang yang lucu, produk ini pasti disukai oleh anak-anak!

3. Nature’s Health Coral Calcium

3. Nature’s Health Coral Calcium

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 143.500

Kalsium berkualitas tinggi dari terumbu karang

Berbeda dengan produk vitamin tulang lainnya, bahan utama dari Nature’s Health Coral Calcium adalah kalsium yang berasal dari terumbu karang. Selain kalsium yang berkualitas tinggi, produk ini juga diperkaya dengan vitamin D, zinc, dan magnesium sehingga kandungan kalsiumnya dapat diserap lebih cepat oleh tubuh.

Dengan isi sebanyak 90 tablet dalam setiap botolnya, vitamin tulang ini tentunya dapat memenuhi kebutuhan harian kalsium Anda secara kontinu dengan harga yang cukup terjangkau. Selain berbagai manfaat yang dapat diberikan bagi kesehatan tulang, vitamin ini juga direkomendasikan untuk penderita asma karena disebutkan bisa membantu mengurangi serangan asma kronis.

2. Blackmores Calcimag Multi

2. Blackmores Calcimag Multi

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 115.000

Lebih nyaman dikonsumsi berkat kandungannya yang tidak asam

Blackmores Calcimag Multi hadir dalam bentuk tablet yang diperkaya dengan perpaduan antara kalsium, vitamin D3, dan vitamin K1 sehingga efektif meningkatkan kesehatan tulang dan menjaga kesehatan persendian. Selain itu, kandungan magnesiumnya juga mampu menjaga fungsi syaraf dan otot Anda agar tetap sehat.

Jenis kalsium yang digunakan adalah kombinasi seimbang antara kalsium sitrat dan kalsium karbonat untuk memberikan asupan kalsium lebih banyak serta mudah diserap, dan juga aman bagi lambung karena tingkat keasamannya yang rendah. Jadi, bagi Anda yang memiliki gangguan pencernaan, suplemen ini sangat tepat untuk dikonsumsi karena tidak menyebabkan lambung perih.

1. Naturelo Bone Strength Plant Calcium Complex

1. Naturelo Bone Strength Plant Calcium Complex

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 810.000

Serap kalsium secara maksimal dengan kandungan bahan-bahan nabati alami

Bila Anda mencari produk vitamin tulang yang terbuat dari bahan-bahan nabati alami, bebas pewarna, perasa, maupun pengawet buatan, produk ini pas untuk Anda! Harganya memang cukup mahal. Akan tetapi, dengan kandungan kalsium hingga 600 mg per 1 kapsul dan berbagai tambahan mineral penting lain di dalamnya, Anda tidak akan merasa sia-sia membeli produk ini.

Selain dapat membantu memperkuat tulang, gigi, dan fungsi tubuh secara keseluruhan, produk ini juga dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis bagi Anda yang berusia di atas 40 tahun. Apalagi, Anda yang sering kali merasa kesulitan menelan kapsul pun akan terbantu sebab isi kapsul suplemen ini juga bisa ditaburkan pada makanan atau minuman.

Catatan saat mengonsumsi vitamin tulang

Setelah mengetahui lebih jauh tentang vitamin tulang, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika mengonsumsi suplemen semacam ini. Berhati-hatilah agar tidak mengonsumsinya secara berlebihan dan jangan hanya bergantung pada suplemen untuk memenuhi asupan kalsium.

Konsumsi berlebihan berbahaya untuk jantung

Konsumsi berlebihan berbahaya untuk jantung

Saat mengonsumsi vitamin kalsium, pastikan dosis yang Anda konsumsi sudah tepat dan tidak berlebihan. Baru-baru ini ada penelitian yang menunjukkan bahwa kelebihan atau overdosis suplemen kalsium dapat menyebabkan penyakit jantung. Meski masih dalam tahap penelitian dan belum begitu jelas korelasi antara kalsium dan penyakit jantung, Anda tetap perlu waspada. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsilah suplemen kalsium sesuai dengan aturan dan tidak berlebihan.

Namun, tentu saja Anda tidak perlu khawatir jika telah mengonsumsinya sesuai jumlah yang disarankan. Anda hanya perlu untuk waspada terhadap risiko seperti ini yang mungkin terjadi jika mengonsumsinya secara berlebihan.

Penuhi juga asupan kalsium dari makanan

Penuhi juga asupan kalsium dari makanan

Tidak hanya terbatas pada kalsium, suplemen hanya berfungsi memberikan nutrisi tambahan untuk memenuhi kekurangan asupan dari makanan. Sumber alami kalsium tetaplah berasal dari makanan yang Anda makan. Jangan sampai Anda berusaha memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan hanya mengonsumsi suplemen. Jadi, Anda perlu memperhatikan menu makanan dengan baik agar bisa memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari.

Bagaimanapun, suplemen kalsium hanya dikonsumsi jika memang diperlukan dan sebagai tambahan saja. Saat mengonsumsi vitamin tulang, perhatikan dengan baik agar tidak melampaui batasan dosis yang telah ditentukan masing-masing produk.

Kesimpulan

Kalsium merupakan salah satu nutrisi penting untuk kesehatan. Meskipun kandungannya sudah tersedia pada makanan, kalsium termasuk nutrisi yang sulit diserap tubuh. Untuk itu, konsumsi vitamin tulang bisa menjadi salah satu solusi guna memenuhi kebutuhan kalsium Anda.

Dalam artikel ini, kami telah memaparkan cara memilih vitamin tulang serta merekeomendasikan sepuluh produk vitamin tulang terbaik. Mari jaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi vitamin tulang yang sesuai dengan kebutuhan Anda!