• 10 Rekomendasi Vitamin Tulang Terbaik untuk Menjaga Kesehatan (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Vitamin Tulang Terbaik untuk Menjaga Kesehatan (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Vitamin Tulang Terbaik untuk Menjaga Kesehatan (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Vitamin Tulang Terbaik untuk Menjaga Kesehatan (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Vitamin Tulang Terbaik untuk Menjaga Kesehatan (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Vitamin Tulang Terbaik untuk Menjaga Kesehatan (Terbaru Tahun 2021)

Nutrisi untuk tulang seperti kalsium sebaiknya diutamakan dari makanan sehat. Sayangnya, karena beberapa kondisi, beberapa orang kesulitan mencukupkan kebutuhan ini dari makanan saja. Demi menjaga tulang sehat dan kuat, konsumsi suplemen dan vitamin tulang dapat dipertimbangkan. Anda bisa menemukan vitamin tulang yang bagus di e-commerce. 


Namun, dari banyaknya merek suplemen tulang, produk seperti apakah yang sebaiknya dipilih? Kali ini, kami akan membahas cara memilih produk vitamin tulang agar Anda tak salah beli. Rekomendasi merek pilihan, seperti Blackmores, CDR, hingga Osfit, juga akan kami review. Mari simak artikel ini dengan saksama!

  • Pembaharuan terakhir: 18 Oktober 2021
  • 110.127 Views
Daftar isi

Mengapa mengonsumsi vitamin tulang?

Mengapa mengonsumsi vitamin tulang?

Suplemen dan vitamin tulang mengandung nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan tulang, terutama kalsium. Pada kondisi ideal, nutrisi untuk anggota gerak ini bisa kita cukupi dari makanan sehat. Namun, pada beberapa kasus, kebutuhan nutrisi tulang perlu dipenuhi dengan mengonsumsi suplemen.


Ada beberapa kondisi yang membuat Anda membutuhkan vitamin tulang. Misalnya, wanita yang telah memasuki periode menopause rentan mengalami penurunan kadar kalsium dalam tubuh mereka. Kondisi ini membuat mereka berisiko menderita tulang keropos (osteoporosis) sehingga memerlukan suplemen tulang.


Beberapa kondisi lain juga bisa membuat seseorang membutuhkan vitamin tulang, misalnya:

  • Menjalani diet vegan dan pola makan tinggi protein.
  • Menderita radang usus atau penyakit Crohn sehingga tubuh pasien sulit menyerap kalsium.
  • Anak-anak yang sulit atau tidak bisa mengonsumsi makanan tinggi kalsium.
  • Menderita osteoporosis.

Vitamin tulang dapat menjadi "jalan pintas" untuk mencukupkan nutrisi yang diperlukan tulang. Namun, selalu konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu jika Anda hendak mengonsumsi vitamin tulang, ya.

Cara memilih vitamin tulang

Selanjutnya, kami akan membeberkan beberapa hal penting dalam memilih suplemen dan vitamin tulang. Mari simak penjelasannya dengan saksama sebagai panduan Anda untuk memilih produk terbaik.

Temukan nutrisi yang baik untuk tulang di dalam produk

Vitamin tulang mengandung beragam nutrisi yang esensial untuk tulang. Nutrisi utama untuk anggota gerak ini adalah kalsium. Namun, Anda juga perlu mencari zat gizi lain yang turut berkontribusi untuk kesehatan tulang. Apa saja nutrisi yang sebaiknya ada untuk kesehatan tulang Anda?

Kalsium, zat gizi utama untuk tulang yang sehat

Kalsium, zat gizi utama untuk tulang yang sehat

Kalsium merupakan nutrisi untuk tulang yang paling krusial. Kalsium juga menjadi salah satu mineral utama yang terdapat pada tulang. Untuk itu, Anda bisa mencari produk yang mengutamakan kalsium sebagai komposisi utamanya.


Kalsium turut diperlukan tubuh untuk hal lain, termasuk untuk aktivitas saraf dan sel. Jika Anda kekurangan kalsium, tubuh akan mengambilnya dari tulang untuk memastikan fungsi sel berjalan normal. Kondisi ini dapat berujung pada lemahnya tulang dan osteoporosis jika terjadi berkelanjutan.


Makanan yang mengandung kalsium sebenarnya berlimpah dan mudah dicari. Namun, jika sulit mencukupkan kebutuhan kalsium dari makanan, silakan pertimbangkan suplemen dan vitamin tulang yang tinggi kalsium. 

Vitamin D, mengoptimalkan penyerapan kalsium

Vitamin D, mengoptimalkan penyerapan kalsium

Menurut American Bone Health, vitamin D juga menjadi vitamin untuk tulang yang diperlukan tubuh. Vitamin D memiliki peran untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium. Kekurangan vitamin D dapat berujung pada rakitis, yaitu kondisi yang dapat menyebabkan gangguan tulang serta postur tubuh. Gangguan ini rentan dialami oleh anak-anak.

Magnesium, berkontribusi dalam menjaga kepadatan dan kesehatan tulang

Magnesium, berkontribusi dalam menjaga kepadatan dan kesehatan tulang

Nutrisi lain yang juga penting untuk tulang adalah magnesium. Bahkan, diperkirakan 60% magnesium dalam tubuh terdapat pada jaringan tulang. Kembali menurut American Bone Health, asupan magnesium yang tinggi dikaitkan dengan tingkat kepadatan tulang yang tinggi pula. Tingkat kepadatan tulang yang tinggi dapat menurunkan risiko osteoporosis dan tulang retak.

Vitamin C, memproduksi kolagen dan membantu kepadatan tulang

Vitamin C, memproduksi kolagen dan membantu kepadatan tulang

Ternyata, vitamin C juga menjadi bagian dari vitamin tulang, lho. Vitamin populer ini diperlukan tubuh untuk memproduksi kolagen. Kolagen sendiri merupakan "fondasi" tempat terbangunnya mineralisasi tulang. Tak sampai di situ saja. Asupan vitamin C yang tinggi juga dikaitkan dengan kepadatan tulang yang baik.

Boron, dapat memperpanjang umur simpan vitamin D dalam tubuh

Boron, dapat memperpanjang umur simpan vitamin D dalam tubuh

Boron mungkin menjadi nutrisi yang tak begitu populer. Namun, mineral ini juga Anda butuhkan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Menurut Healthline, boron berperan penting untuk memperpanjang umur simpan vitamin D di dalam tubuh. Vitamin D kemudian diperlukan tulang untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium.

Cek kadar kalsium elemental untuk tiap sajian penggunaan

Cek kadar kalsium elemental untuk tiap sajian penggunaan

Saat memilih vitamin tulang, Anda perlu memperhatikan kadar kalsium elemental yang terkandung dalam produk. Kadar kalsium elemental merujuk pada jumlah kalsium yang sebenarnya digunakan oleh tubuh. Angka ini tidak sama dengan kadar komposisi kalsium yang berikatan dengan elemen lain dalam komposisi produk. 


Sebagai contoh, Blackmores Calcimag Multi memiliki komposisi kalsium sitrat sebesar 300 miligram per tabletnya. Nah, kalsium elemental dari 300 miligram kalsium sitrat tersebut adalah sebesar 63,2 miligram. Inilah jumlah kalsium yang sebenarnya digunakan oleh tubuh Anda.


Mengetahui kadar kalsium elemental dapat memonitor asupan kalsium yang Anda dapatkan dari suplemen. Hal ini penting diperhatikan agar Anda bisa memilih suplemen sesuai kebutuhan harian (akan dijelaskan pada pembahasan berikutnya).

Sesuaikan kadar kalsium sesuai kebutuhan harian Anda

Sesuaikan kadar kalsium sesuai kebutuhan harian Anda
Anda bisa memilih vitamin tulang yang kadar kalsiumnya disesuaikan dengan kebutuhan harian Anda. Tips ini perlu diperhatikan agar asupan kalsium tak menjadi berlebihan atau malah masih kekurangan setelah mengonsumsi suplemen. 

Kebutuhan kalsium harian dapat berbeda tergantung usia seseorang. Dilansir dari National Institutes of Health, berikut rekomendasi kecukupan kalsium harian berdasarkan kelompok usia:


1. Anak-anak
  • Usia 1–3 tahun: 700 mg
  • Usia 4–8 ​​tahun: 1.000 mg
  • Usia 9–13 tahun: 1.300 mg

2. Remaja, dewasa, dan lanjut usia
  • Remaja 14–18 tahun: 1.300 mg
  • Dewasa 19–50 tahun: 1.000 mg
  • Pria dewasa 51–70 tahun: 1.000 mg
  • Perempuan dewasa 51–70 tahun: 1.200 mg
  • Usia 71 tahun ke atas: 1.200 mg

3. Perempuan hamil dan menyusui

  • Remaja hamil dan menyusui: 1.300 mg
  • Dewasa hamil dan menyusui: 1.000 mg

Angka-angka di atas merupakan kebutuhan total harian kalsium dari semua sumber, termasuk makanan dan suplemen. Agar asupan kalsium tak terlalu banyak, pastikan Anda mengonsumsi vitamin tulang sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Untuk konsumsi harian, pilih bentuk suplemen yang mudah dikonsumsi

Untuk konsumsi harian, pilih bentuk suplemen yang mudah dikonsumsi
Vitamin tulang tersedia dalam berbagai bentuk, seperti tablet dan permen kunyah (gummy). Ada pula produk yang hadir dalam bentuk tablet effervescent. Tablet ini bisa dilarutkan dalam air, kemudian Anda bisa meneguk larutan tersebut. Pilihlah bentuk vitamin tulang yang menurut Anda mudah dan nyaman dikonsumsi tiap harinya.

10 Rekomendasi vitamin tulang terbaik untuk menjaga kesehatan

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk vitamin tulang terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
IsiStrip: 4 butir, botol: 30 butir
Kandungan selain kalsiumVitamin D dan Ester-C
Kadar kalsium elemental363 mg per tablet
BentukTablet salut selaput
Anjuran pakai1 tablet per hari
PeruntukanDewasa, termasuk ibu hamil, ibu menyusui, dan wanita menopause (tidak boleh dikonsumsi anak-anak)
9
Isi4 sachet masing-masing 16 gram
Kandungan selain kalsiumVitamin D
Kadar kalsium elemental6% dari Angka Kecukupan Gizi harian
BentukGummy
Anjuran pakai1 sachet per hari
PeruntukanAnak-anak
8
Isi30 kapsul
Kandungan selain kalsiumVitamin D3
Kadar kalsium elemental600 mg per kapsul
BentukKapsul softgel
Anjuran pakai1 kapsul 2 kali per hari
PeruntukanDewasa
7
Isi1 kotak isi 5 strip (setiap strip isi 6 kaplet)
Kandungan selain kalsiumIsoflavon kedelai, vitamin D3, vitamin K1 dan K2, magnesium, zinc, dan boron
Kadar kalsium elementalTidak disebutkan
BentukKaplet
Anjuran pakaiDewasa: 1 kaplet 1–3 kali per hari
PeruntukanDewasa
6
Isi60 tablet
Kandungan selain kalsiumVitamin D, magnesium, boron, zinc, kromium, tembaga, asam folat, vitamin B12, dan silikon
Kadar kalsium elemental250 mg per tablet
BentukTablet
Anjuran pakai1 tablet 1 kali per hari
PeruntukanSemua usia
5

Pyridam FarmaCaltrax Tablet Effervescent

Mulai dari Rp 43.000,00

Isi10 tablet
Kandungan selain kalsiumVitamin C, vitamin D, dan vitamin B6
Kadar kalsium elemental250 mg per tablet
BentukTablet effervescent
Anjuran pakai1 tablet per hari
PeruntukanSemua usia, termasuk ibu hamil dan anak-anak
4
Isi90 tablet
Kandungan selain kalsiumMagnesium, vitamin D, dan zinc
Kadar kalsium elemental500 mg per tablet
BentukTablet
Anjuran pakai1–3 tablet per hari
PeruntukanDewasa (tidak boleh dikonsumsi anak-anak)
3
Isi60 tablet, 120 tablet
Kandungan selain kalsiumVitamin D, magnesium, zinc
Kadar kalsium elemental200 mg per saji
BentukTablet
Anjuran pakaiAnak >12 tahun: 1 tablet/hari, dewasa: 1–2 tablet/hari
PeruntukanDewasa (tidak boleh dikonsumsi anak-anak)
2
Isi30 dan 60 Tablet
Kandungan selain kalsiumMagnesium fosfat, magnesium oxide-heavy, asam amino zinc chelate, asam amino mangan chelate, vitamin C, vitamin D3, vitamin K1, dan asam folat
Kadar kalsium elemental229,2 mg
BentukTablet salut selaput
Anjuran pakaiDewasa: 1 tablet 1–2 kali sehari, anak-anak 9–12 tahun: 1 tablet 1 kali sehari, dan anak-anak di bawah usia 8 tahun sesuai anjuran dokter
PeruntukanSemua usia
1
IsiOrange strip 2 pcs, orange tube 10 pcs, fruit punch tube 10 pcs, orange 15 pcs, orange 20 pcs
Kandungan selain kalsiumVitamin D, vitamin B6, dan vitamin C
Kadar kalsium elemental250 mg per tablet
BentukTablet effervescent
Anjuran pakai1 tablet per hari
PeruntukanDewasa, termasuk ibu hamil dan menyusui, serta anak-anak di atas usia 12 tahun

Tabel perbandingan produk vitamin tulang terbaik yang baik untuk menjaga kesehatan

Gambar produk
1
Bayer Indonesia CDR 1

Bayer Indonesia

2
Blackmores Calcimag Multi 1

Blackmores

3
Wellness Calcium Citrate 1

Wellness

4
Nature’s Health  Coral Calcium 1

Nature’s Health

5
Pyridam Farma Caltrax Tablet Effervescent 1

Pyridam Farma

6
Kalbe  Osfit 1

Kalbe

7
Lapi Laboratories L-CAL 1

Lapi Laboratories

8
Mega We Care Calcium-D 1

Mega We Care

9
SOHO Global Health Fitkom Gummy Calcium 1

SOHO Global Health

10
Konimex  Biocalci72 1

Konimex

Nama produk

CDR

Calcimag Multi

Calcium Citrate

Coral Calcium

Caltrax Tablet Effervescent

Osfit

L-CAL

Calcium-D

Fitkom Gummy Calcium

Biocalci72

Keunggulan

Bumil dan busui membutuhkan suplemen tulang? Cobalah produk ini sekarang!

Perpaduan berbagai jenis komposisi kalsium!

Lebih mudah diserap tubuh berkat kalsium sitrat

Dapatkan manfaat "mahal" dari kalsium koral!

Hadir dengan bentuk tablet effervescent, mengonsumsi suplemen menjadi lebih santai!

Sekali minum, banyak nutrisi yang dikonsumsi

Diperkaya dengan isoflavon yang meningkatkan kepadatan tulang

Dapatkan kadar kalsium hingga 600 miligram per kapsulnya!

Maksimalkan pertumbuhan si kecil dengan gummy kalsium dan vitamin D

Mengandung Ester-C, tak sekadar vitamin C biasa!

Harga mulai dariRp 11.000,00Rp 105.000,00Rp 230.000,00Rp 260.000,00Rp 43.000,00Rp 115.000,00Rp 149.500,00Rp 125.000,00Rp 19.536,00Rp 12.400,00
IsiOrange strip 2 pcs, orange tube 10 pcs, fruit punch tube 10 pcs, orange 15 pcs, orange 20 pcs30 dan 60 Tablet60 tablet, 120 tablet90 tablet10 tablet60 tablet1 kotak isi 5 strip (setiap strip isi 6 kaplet)30 kapsul4 sachet masing-masing 16 gramStrip: 4 butir, botol: 30 butir
Kandungan selain kalsiumVitamin D, vitamin B6, dan vitamin CMagnesium fosfat, magnesium oxide-heavy, asam amino zinc chelate, asam amino mangan chelate, vitamin C, vitamin D3, vitamin K1, dan asam folat Vitamin D, magnesium, zincMagnesium, vitamin D, dan zincVitamin C, vitamin D, dan vitamin B6Vitamin D, magnesium, boron, zinc, kromium, tembaga, asam folat, vitamin B12, dan silikonIsoflavon kedelai, vitamin D3, vitamin K1 dan K2, magnesium, zinc, dan boronVitamin D3Vitamin DVitamin D dan Ester-C
Kadar kalsium elemental250 mg per tablet229,2 mg200 mg per saji500 mg per tablet250 mg per tablet250 mg per tabletTidak disebutkan600 mg per kapsul6% dari Angka Kecukupan Gizi harian363 mg per tablet
BentukTablet effervescentTablet salut selaputTabletTabletTablet effervescentTabletKaplet Kapsul softgelGummyTablet salut selaput
Anjuran pakai1 tablet per hariDewasa: 1 tablet 1–2 kali sehari, anak-anak 9–12 tahun: 1 tablet 1 kali sehari, dan anak-anak di bawah usia 8 tahun sesuai anjuran dokterAnak >12 tahun: 1 tablet/hari, dewasa: 1–2 tablet/hari1–3 tablet per hari1 tablet per hari1 tablet 1 kali per hariDewasa: 1 kaplet 1–3 kali per hari1 kapsul 2 kali per hari1 sachet per hari1 tablet per hari
PeruntukanDewasa, termasuk ibu hamil dan menyusui, serta anak-anak di atas usia 12 tahunSemua usiaDewasa (tidak boleh dikonsumsi anak-anak)Dewasa (tidak boleh dikonsumsi anak-anak)Semua usia, termasuk ibu hamil dan anak-anakSemua usiaDewasaDewasaAnak-anakDewasa, termasuk ibu hamil, ibu menyusui, dan wanita menopause (tidak boleh dikonsumsi anak-anak)
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar kesehatan tulang

Mengonsumsi vitamin tulang menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan anggota gerak ini. Anda mungkin masih memiliki pertanyaan terkait kesehatan tulang. Pertanyaan mengenai cara memperkuat tulang secara alami menjadi salah satunya.

Bagaimana cara memperkuat tulang secara alami?

Bagaimana cara memperkuat tulang secara alami?

Ada banyak cara untuk memperkuat tulang secara alami. Satu langkah yang bisa Anda lakukan yakni mengonsumsi makanan tinggi kalsium. Kalsium merupakan nutrisi utama untuk tulang serta menjadi mineral yang paling banyak terdapat pada organ ini. 


Contoh makanan tinggi kalsium yaitu susu, keju, dan yoghurt. Kelompok makanan nabati, seperti sayur bayam, tahu dan tofu, hingga chia seed yang makin populer, juga mengandung tinggi kalsium.


Selain mengonsumsi makanan tinggi kalsium, terapkan pula cara alami berikut untuk memperkuat tulang:

  • Melakukan olahraga yang melatih tulang, seperti jalan kaki dan jogging.
  • Mengonsumsi makanan tinggi protein.
  • Berjemur di pagi hari untuk memenuhi kebutuhan vitamin D.
  • Menjaga berat badan di rentang ideal.

Yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi vitamin tulang

Yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi vitamin tulang

Mengonsumsi vitamin tulang yang tinggi kalsium tak boleh berlebihan. Menurut Mayo Clinic, kelebihan kalsium yang parah dapat menimbulkan masalah pada organ, terutama ginjal dan organ pencernaan. Bahkan, kelebihan kalsium juga dapat melemahkan tulang serta mengganggu fungsi otak dan jantung.


Anda tidak perlu khawatir jika telah mengonsumsi suplemen tulang sesuai dosis yang disarankan. Anda hanya perlu waspada terhadap efek sampingnya jika menggunakan produk secara berlebihan.


Bagaimana pun, suplemen tulang hanya dikonsumsi jika memang diperlukan dan sebagai tambahan saja. Saat mengonsumsi suplemen ini, perhatikan anjuran pakainya dengan baik agar tidak melampaui dosis anjuran.

Baca juga rekomendasi suplemen lainnya di sini

Vitamin untuk tulang bukan satu-satunya suplemen yang bisa Anda konsumsi untuk hidup sehat. Setelah berkonsultasi dengan dokter, Anda bisa mempertimbangkan suplemen lainnya. Kami sudah mengulas banyak artikel mengenai suplemen nutrisi. Mari simak artikel yang menarik bagi Anda dengan mengeklik salah satu tautan berikut!

Kesimpulan

Vitamin tulang dapat dipertimbangkan untuk memastikan tulang tetap sehat. Banyak suplemen tulang juga mengandung nutrisi lain yang baik bagi tubuh, termasuk vitamin D, boron, hingga magnesium.

Penting untuk diingat bahwa makanan bergizi menjadi prioritas Anda untuk hidup sehat. Anda bisa mengonsumsi suplemen tulang jika sulit mencukupkan kebutuhan nutrisinya dari pola makan. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, ya. Semoga bermanfaat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Suplemen Peninggi Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Peninggi Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki tubuh tinggi semampai adalah dambaan sebagian besar orang. Selain menunjang penampilan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tubuh tinggi memberi keuntungan tersendiri. Orang yang bertubuh tinggi umumnya lebih percaya diri. Selain itu, tubuh tinggi juga bisa meminimalisasi risiko penyakit jantung dan demensia.Di pasaran terdapat beberapa suplemen peninggi badan yang bisa dikonsumsi, baik oleh anak-anak maupun remaja. Beberapa rekomendasi merk suplemen peninggi badan tersebut adalah Zevit Grow, Blackmores, Scott's Emulsion, dan lain-lain. Untuk membantu Anda memilih dengan tepat, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga ikut memberikan komentarnya di bawah ini. 
    Vitamin & suplemen
    152.667 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Selain untuk menjaga elastisitas kulit, manusia juga membutuhkan kolagen untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meskipun kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya menurun seiring dengan bertambahnya usia. Karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi suplemen kolagen bila ingin kulit serta jaringan tubuh lain tetap awet muda.Berbagai merk suplemen collagen terbaik, seperti Nature's Way, Byoote Collagen, dan Realfood bisa menjadi pilihan. Namun, suplemen kolagen seperti apakah yang bagus untuk Anda? Mari simak tips memilih dan jajaran rekomendasi produk suplemen kolagen yang akan kami ulas berikut ini.
    Vitamin & suplemen
    338.150 Views
  • 10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki tubuh kurus tidak selalu baik. Kondisi ini bisa saja menjadi tanda-tanda kekurangan nutrisi atau sedang menderita penyakit tertentu. Alih-alih menaikkan berat badan dengan asal makan, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Di samping itu, Anda juga bisa menambah berat badan dengan mengonsumsi suplemen.Di pasaran, ada beberapa merek suplemen penambah berat badan yang bagus, seperti Appeton, Nutrifat, dan Curvit. Untuk membantu Anda memilih, ahli gizi, Leona Victoria, juga memberikan komentarnya di artikel ini. Bacalah artikel ini sampai selesai dan temukan suplemen penambah berat badan yang Anda butuhkan!
    Vitamin & suplemen
    139.738 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak (Terbaru Tahun 2021)
    Otak merupakan organ tubuh paling kompleks dengan fungsi yang vital. Otak terdiri dari miliaran sel dan jaringan yang saling terhubung. Oleh karena itu, konsumsi suplemen otak sangat disarankan bagi anak maupun orang dewasa. Saat ini, banyak dijual berbagai merek suplemen otak yang bagus, seperti Blackmores, Wellness, Konimex, dan Appeton. Supaya Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih suplemen otak terbaik. Di bawah ini, kami telah merangkum beragam rekomendasi vitamin untuk kecerdasan otak dan vitamin penambah daya ingat. Penasaran dengan ulasan kami? Simak terus artikel berikut sampai habis, ya!
    Vitamin & suplemen
    122.715 Views
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2021)
    Gaya hidup dan nutrisi yang seimbang turut andil dalam menjaga kesehatan kulit. Namun, terkadang asupan yang berasal dari makanan saja tidak cukup untuk mencukupi kebutuhan Anda. Untuk itu, Anda perlu menambahkan suplemen kulit. Ada banyak produk suplemen terbaik untuk kulit yang beredar di pasaran, seperti suplemen untuk kulit berjerawat hingga antiaging. Bagaimana memilih suplemen kecantikan yang tepat? Kami akan menghadirkan tips dan rekomendasi suplemen kecantikan terbaik untuk Anda. Berbagai merek suplemen kulit yang bagus, seperti NourishSkin, Blackmores, dan YOUVIT ada di sini. Jadi, simak seluruh ulasan kami, ya!
    Vitamin & suplemen
    337.000 Views
  • 10 Rekomendasi Minuman Whey Protein Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Minuman Whey Protein Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dijuluki sebagai “king of protein”, whey protein merupakan suplemen yang efektif untuk membentuk massa otot. Jenis protein ini sangat populer dan banyak dikonsumsi sebagai pengiring workout. Whey protein dari berbagai merek, seperti Evolene, Optimum Nutrition, hingga VectorLabs, juga bisa Anda temukan dengan mudah. Manakah yang tepat untuk program Anda?Bookmark artikel ini apabila Anda menjalani proses membentuk tubuh yang lebih ideal. Selain membagikan tips memilih, kami juga memperkenalkan sepuluh minuman whey protein yang bagus. Beberapa di antaranya juga telah banyak direkomendasikan oleh fitness influencers. Jangan sampai terlewat, ya!
    Vitamin & suplemen
    133.930 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Zinc Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Zinc Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Seng atau zinc adalah salah satu mineral yang dibutuhkan tubuh. Suplemen zinc pun banyak digunakan untuk meringankan gejala flu, mengurangi radang jerawat, bahkan pengobatan COVID-19. Ada pula penelitian yang menghubungkan suplementasi zinc dengan tingkat keparahan pasien COVID-19 berserta terapinya. Tak heran jika suplemen zinc banyak dicari pada masa pandemi.Redoxon, Natures Plus, dan Fitkom adalah beberapa merek suplemen zinc yang bisa dikonsumsi. Nah, sebelum membeli, bacalah dahulu tips memilih suplemen zinc yang bagus untuk anak-anak sampai orang dewasa. Simak artikelnya dan temukan suplemen zinc dengan harga yang cocok untuk Anda.
    Vitamin & suplemen
    149 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori