10 Rekomendasi Pick Gitar Terbaik dengan Desain Unik (Terbaru Tahun 2019)

Pick gitar adalah sebuah benda kecil yang digunakan untuk memetik gitar. Ada berbagai jenis pick gitar yang dijual di pasaran dengan berbagai varian bahan dan tingkat ketebalan. Karena bermain gitar tidak semata soal performa, desain pick gitar juga perlu dipertimbangkan untuk mendongkrak penampilan Anda.

Kali ini, kami akan memperkenalkan pick dengan desain unik dari berbagai merek, misalnya D’Addario, Jim Dunlop, dan Pickboy. Kami juga akan menjelaskan cara memilih pick gitar yang baik untuk Anda. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi Anda dalam memilih pick gitar dengan desain yang unik.

Daftar isi

Cara memilih pick gitar dengan desain unik

Meski nyaris terlihat sama, sebenarnya pick gitar memiliki perbedaan yang akan memengaruhi bunyi senar. Oleh karena itu, kami akan memberikan tips bagaimana cara memilih pick gitar yang cocok untuk Anda.

Pilih berdasarkan ketebalannya

Setiap pick gitar memiliki perbedaan ketebalan yang bervariasi. Beda ketebalan di antara pick juga menghasilkan timbre yang berbeda ketika bersentuhan dengan senar gitar. Faktor lain yang juga berpengaruh adalah jenis gitar (akustik atau listrik) dan genre musiknya (jazz, rock, atau yang lainnya). Oleh karena itu, perhatikanlah ketebalan pick gitar dengan saksama saat Anda memilihnya.

Namun, bagi Anda yang baru saja belajar memainkan gitar, cukup sulit untuk menentukan ketebalan pick yang sesuai dengan selera bermusik Anda. Pada artikel kali ini, kami akan fokus membahas pick gitar dengan ketebalan yang disarankan untuk gitaris pemula dan level menengah.

Sementara itu, bagi Anda yang sudah mahir memainkan gitar, mungkin sudah dapat menentukan genre dan paham pick seperti apa yang cocok dengan style musik Anda. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk ikut menyimak artikel kami untuk menambah pengetahuan.

Bagi pemula, pilih pick yang tipis (lembut)

Bagi pemula, pilih pick yang tipis (lembut)

Kami merekomendasikan pick yang tipis dan lembut untuk pemula. Umumnya pemula belum terbiasa menggunakan pick sehingga picking atau teknik memetik gitarnya cenderung belum stabil. Dengan menggunakan pick yang tipis, resistensi senar menjadi lebih kecil sehingga petikan gitar terasa lebih mudah dan mengalir.

Karena bentuknya yang tipis dan lentur, pick ini mudah digunakan untuk memetik senar. Selain itu, pick juga mampu menghasilkan suara bernada tinggi dan jernih sehingga cocok digunakan pada gitar akustik. Secara spesifik, pick gitar yang tipis atau lembut adalah pick yang memiliki ketebalan 0,5 mm atau kurang dari itu.

Untuk pemain gitar level menengah, pilih pick yang tebal (kaku)

Untuk pemain gitar level menengah, pilih pick yang tebal (kaku)

Kami merekomendasikan pemain gitar level menengah untuk menggunakan pick yang tebal dan kaku, atau disebut juga hard pick. Dengan menggunakan pick ini, Anda dapat membunyikan nada hanya dengan memetik senar secara lembut. Hal tersebut penting untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam bermain gitar.

Pick yang tebal biasanya menggetarkan senar dengan kuat. Karena itu, Anda harus memetik senar dengan lembut. Semakin sering Anda berlatih gitar menggunakan hard pick, Anda akan semakin mahir menyesuaikan kekuatan petikan yang diperlukan.

Pick ini ditandai dengan karakter nada yang jelas. Selain itu, pick gitar yang tebal juga dapat membuat nada rendah terdengar powerful. Jika Anda mencari pick yang tebal, pilihlah hard pick yang memiliki ketebalan sekitar 0,9 mm sampai dengan 2 mm.

Pilih berdasarkan bentuknya

Meski terlihat mirip, perbedaan dalam bentuk pick akan memengaruhi suara dan kenyamanan saat Anda bermain gitar. Oleh karena itupilihlah bentuk pick sesuai dengan genre musik yang hendak Anda mainkan.

Triangle, untuk permainan chord dan cutting

Triangle, untuk permainan chord dan cutting

Sesuai dengan namanya, triangle, pick ini berbentuk segitiga. Karena sudutnya lembut, pick ini lebih cocok untuk menggenjreng daripada memetik senar. Dengan demikian, bentuk ini paling pas digunakan untuk permainan chord dan cutting.

Teardrop, untuk permainan dengan tempo cepat

Teardrop, untuk permainan dengan tempo cepat

Dinamakan teardrop karena pick ini berbentuk seperti tetesan air mata. Pick jenis ini paling sering ditemukan di pasaran dan dapat digunakan untuk memainkan semua genre musik. Dibandingkan bentuk triangle, sudut teardrop pick lebih runcing sehingga cocok untuk memetik senar. Pick ini direkomendasikan bagi yang ingin bermain dengan tempo cepat.

Pilih berdasarkan materialnya

Tahukah Anda bahwa pick gitar terbuat dari berbagai material? Pick gitar akan menghasilkan karakter nada yang unik tergantung dari bahan pembuatnya. Simak penjelasan mengenai masing-masing keunggulan material dan jadikan sebagai referensi Anda dalam memilih pick gitar.

Seluloid, cocok untuk memainkan berbagai genre musik

Seluloid, cocok untuk memainkan berbagai genre musik

Seluloid merupakan material pick yang paling populer. Pick berbahan seluloid dapat mengeluarkan suara yang datar sehingga Anda bisa menggunakannya untuk memainkan berbagai genre musik. Selain itu, pick ini juga fleksibel dan mudah digunakan. Sayangnya, material ini lebih rentan rusak jika dipakai terus menerus.

Selain seluloid yang merupakan salah satu resin sintetis (plastik), terdapat juga pick berbahan material lain yang memiliki kemiripan karakteristik. Di antara material-material tersebut adalah akrilonitril butadiena stiren (ABS), polivinil klorida (PVC), dan polikarbonat (polycarbonate resin thermoplastic).

Nilon, bahan pick untuk suara gitar yang lembut dan bulat

Nilon, bahan pick untuk suara gitar yang lembut dan bulat

Pick berbahan nilon memiliki karakter yang berbeda dengan seluloid. Teksturnya yang soft membuat petikan atau genjrengan terasa lembut sehingga nada yang dihasilkan gentle dan bulat. Kami merekomendasikan pick ini bagi Anda pengguna gitar akustik atau yang ingin membunyikan nada secara clean, tanpa menggunakan efek gitar.

10 Rekomendasi pick gitar terbaik dengan desain unik

Di bagian ini, kami telah menyusun sepuluh pick gitar terbaik hanya untuk Anda. Secara khusus, kami menekankan pada poin lucu dan unik. Pilihlah pick gitar dengan desain yang sesuai dengan selera Anda.

10. Shockwaves Pick Gitar Full Colour

10. Shockwaves Pick Gitar Full Colour

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 25.000

Didesain khusus untuk fans artis idola

Deretan musisi domestik dan mancanegara ternama banyak menginspirasi fans-nya berlatih gitar agar dapat menjadi sekeren idolanya. Jika artis kesayangan Anda tercetak di dalam produk pick ini, Anda bisa memilikinya untuk dijadikan teman berlatih gitar. Tentunya akan sangat menginspirasi dan menambah semangat Anda saat berlatih!

Satu set produk berbentuk teardrop ini berisi 20 buah pick yang terbuat dari bahan PVC. Bahan ini dikenal fleksibel dan sulit untuk patah sehingga Anda bisa memakainya dalam jangka waktu lama. Dengan ketebalan sebesar 1 mm, pick ini bisa digunakan oleh gitaris pemula maupun level menengah.

Ketebalan 1 mm
Bentuk Teardrop
Material PVC (plastik)

9. D’Addario Classic Celluloid Wide Shell-Color

9. D'Addario Classic Celluloid Wide Shell-Color

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 8.499

Mudah digunakan rhythm guitarist pemula

Selain memproduksi senar gitar akustik dan klasik, merek D’Addario juga menghasilkan pick gitar berkualitas tinggi. Produk D’Addario yang satu ini berbahan seluloid dengan sudut lembut sehingga dapat menghasilkan bunyi yang lebih bulat dan smooth.

Dari segi desain, D’Addario Classic Celluloid Wide, Shell-Color berbentuk segitiga. Jadi, Anda dapat menggunakan ketiga ujungnya untuk menggenjreng senar. Desain triangle memang paling pas digunakan untuk pemula yang ingin bermain gitar dengan teknik chord dan cutting.

Ketebalan 1 mm
Bentuk Triangle
Material Seluloid

8. Soach Universe Planet

8. Soach Universe Planet

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 10.000

Berkarya tanpa batas, mulai dari pemula hingga yang sudah mahir!

Pick gitar bermerek Soach ini tersedia dalam tiga pilihan ukuran, yakni light, medium, dan heavy. Masing-masing tipe tentunya memiliki perbedaan ketebalannya. Oleh karena itu, pick gitar ini bisa digunakan oleh semua kalangan, baik gitaris pemula ataupun yang sudah mahir.

Desain planet dan benda-benda angkasa lainnya pada produk ini memberikan kesan keren dan misterius pada Anda. Dengan pick ini, seolah-olah memberi pesan bahwa musik bisa membawa Anda ke mana saja, bahkan luar angkasa. Untuk Anda yang menyukai planet atau benda angkasa lainnya, produk ini bisa menjadi pilihan tepat.

Ketebalan 0,46 mm, 0,71 mm, 1 mm
Bentuk Teardrop
Material PVC

7. Pick Music Celluloid

7. Pick Music Celluloid

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.500

Tunjukkan diri Anda lebih ekspresif melalui pick bergambar di kedua sisi

Jika umumnya pick hanya memiliki gambar di salah satu sisinya saja, pick yang satu ini memiliki gambar di kedua sisinyaCoraknya menjadi lebih ekspresif dan menujukkan ciri khas musisi. Harganya juga termasuk sangat ekonomis untuk sebuah pick gitar. Pick bercorak ekspresif dengan harga terjangkau seperti ini biasanya dipakai untuk berlatih sehari-hari.

Meskipun harganya ekonomis, Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas gambarnya karena dicetak dengan printer yang bagus. Sementara itu, bahannya terbuat dari material seluloid yang kuat dan tidak licin. Nada yang dihasilkan datar dan halus sehingga masuk ke berbagai genre musik.

Ketebalan 0,46 mm, 0,71 mm, 1 mm
Bentuk Teardrop
Material Seluloid

6. Jim Dunlop Max-Grip Standard Guitar Pick

6. Jim Dunlop Max-Grip Standard Guitar Pick 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 9.999

Jagonya pick untuk permainan speed picking!

Jim Dunlop Max-Grip Standard Guitar Pick memiliki material yang terbuat dari nilon. Keunggulan bahan ini adalah menghasilkan suara yang lembut dan bulat. Sudutnya yang runcing memungkinkan pick menggenjreng gitar dengan kuat untuk memainkan musik tempo cepat.

Meski bermain dengan tempo cepat, Anda tidak akan kehilangan kontrol terhadap pick. Hal ini dikarenakan pick memiliki permukaan yang antiselip. Kami merekomendasikan pick ini bagi Anda yang memiliki gaya permainan speed picking dan hard strumming.   

Ketebalan 0,66 mm
Bentuk Teardrop
Material Nilon

5. Alice Pick Smooth Nylon

5. Alice Pick Smooth Nylon

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.900

Lima ketebalan pick yang dapat dipilih sesuai preferensi genre musik Anda

Satu paket Alice Pick Smooth Nylon ini terdiri dari lima buah. Anda dapat memilih berbagai macam pilihan warna menarik serta ukuran ketebalan yang berbeda. Anda bisa menyesuaikannya dengan genre musik yang ingin Anda mainkan. Jika Anda termasuk gitaris yang dapat memainkan berbagai genre musik, produk ini menjadi pilihan tepat.

Ketebalan 0,58 mm, 0,71 mm, 0,81 mm, 0,96 mm, 1,20 mm, 1,50 mm
Bentuk Teardrop
Material ABS

4. Jim Dunlop Tri Stubby Guitar Pick

4. Jim Dunlop Tri Stubby Guitar Pick

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 14.999

Grip di tengah pick membuat genggaman jari semakin sip

Sama seperti model Max-Grip, model Tri Stubby keluaran merek Jim Dunlop ini juga memiliki gripNon-slip surface pada produk kali ini berbentuk bulatan tepat di tengah pick. Desain tersebut membuat cengkeraman jari Anda jadi makin kuat dan tidak mudah terselip karena licin.

Dengan ketebalan 1,5 mm hingga 3 mm, menjadikan pick ini masuk ke dalam kategori heavy. Pick ini tidak disarankan untuk pemula. Sebaliknya, bagi yang sudah mahir, Anda dapat menggunakan ketiga sudut triangle-nya untuk membunyikan bright and cutting tone.

Ketebalan 1,5 mm, 2 mm, 3 mm
Bentuk Triangle
Material Polycarbonate resin thermoplastic

3. D’Addario Classic Celluloid Cellu-Glo

3. D'Addario Classic Celluloid Cellu-Glo

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 9.999

Tampil beda dengan pick yang glow in the dark 

Pick ini merupakan pilihan yang pas jika Anda musisi yang kerap tampil di panggung dengan suasana gelap. Produk ini juga cocok digunakan untuk bermain gitar di malam hari tanpa bantuan alat penerangan. Teknologi glow in the dark-nya memudahkan Anda mencari pick saat terjatuh.

Pick keluaran D’Addario ini dijual dengan empat kategori ketebalan, yaitu light, medium, heavy, dan extra heavy. Dengan begitu, baik Anda penggemar soft pick atau hard pick, semua bisa bermain gitar menggunakan pick ini.

Ketebalan 0,5 mm, 0,7 mm, 1 mm, 1,25 mm
Bentuk Teardrop
Material Seluloid

2. Pick Gitar Kartun Celluloid

2. Pick Gitar Kartun Celluloid

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.000

Gambar kartun lucu, pantas dijadikan hadiah yang berkesan

Untuk meningkatkan mood atau semangat Anda saat bermain gitar, mungkin Anda bisa membeli pick gitar bergambar kartun ini. Gambar kartunnya ada di kedua sisi dan warna-warnanya sangat ceria. Bahannya juga ringan, tetapi tidak mudah patah. Pick lucu ini juga pantas untuk Anda jadikan hadiah ke teman atau adik yang sedang belajar bermain gitar.

Ketebalan 0,46 mm, 0,6 mm, 0,7 mm, 1 mm
Bentuk Teardrop
Material Seluloid

1. Pickyboy Jazz Pos-A-Grip 1,50 mm

1. Pickyboy Jazz Pos-A-Grip 1,50 mm

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 36.000

Mencengkam dengan kuat meski jari berkeringat

Dari segi kualitas, produk ini dapat menghasilkan nada yang optimal. Kelebihan utama produk ini terletak pada desain berlubang atau disebut Pos-A-Grip. Fungsinya untuk membuat cengkeraman jari lebih baik. Untuk Anda yang jarinya mudah berkeringat bisa menggunakan produk ini. Meskipun jari sedang berkeringat, Anda tetap bisa beraksi dengan maksimal!

Ketebalan 1,5 mm
Bentuk Teardrop
Material Seluloid

Baca juga rekomendasi aksesori dan produk gitar lainnya di sini!

Selain pick gitar dengan desain unik yang telah dibahas dalam artikel ini, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk membeli aksesori dan produk gitar lainnya agar bermusik bisa semakin komplet. Simak penjelasan lebih lanjutnya di artikel-artikel berikut ini!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, sudahkah Anda menemukan pick gitar yang cocok dengan desain menarik? Gaya bermusik, genre, dan jenis gitar sangatlah berpengaruh dalam memilih pick gitar yang tepat. Sementara itu, preferensi selera akan memengaruhi Anda dalam menentukan desain pick.

Demi mendapatkan produk terbaik, tidak ada salahnya untuk mencoba dan membandingkan berbagai jenis pick. Selamat memilih dan bermain gitar dengan riang!