10 Rekomendasi Pick Gitar Terbaik dengan Desain Unik (Terbaru Tahun 2018)

Pick gitar merupakan alat bantu untuk memetik gitar sehingga jari-jari kita tidak perlu menyentuh langsung senar gitar. Ada berbagai jenis pick gitar yang bisa ditemui di pasaran, mulai dari pick dengan tingkat ketebalan yang berbeda hingga jenis bahan pembuatnya. Semuanya itu akan memberikan perbedaan efek bunyi dan suara.

Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan berbagai jenis pick mulai dari merek pick terkenal seperti Dunlop, Pickboy, dan Alice, hingga pick-pick buatan lokal dengan desain unik dan lucu. Kami akan menginformasikan berbagai pick yang cocok untuk gitar akustik maupun gitar elektronik. Gunakanlah panduan dalam artikel ini sebelum Anda memutuskan untuk membelinya. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih pick gitar dengan desain unik

Meskipun nyaris terlihat sama, sebenarnya benda berukuran kecil ini memiliki berbagai perbedaan yang akan mempengaruhi suara musik. Satu perbedaan kecil mampu menciptakan suara yang sangat berbeda. Oleh karena itu, kami akan memberitahu Anda bagaimana cara memilih pick gitar yang cocok untuk Anda.

Memilih berdasarkan tingkat ketebalan pick

Saat Anda sedang menggigit sesuatu, gigi dan lidah Anda pasti bisa merasakan perbedaan tingkat ketebalannya, kan? Begitu juga dengan senar gitar. Saat pick dengan ketebalan yang berbeda menyentuh senar gitar yang sama, maka suara yang dihasilkan gitar pun akan berubah.

Faktor lain yang berpengaruh adalah jenis gitar (elektrik atau akustik), serta aliran musik yang dimainkan. Karena itu, Anda harus memperhatikan tingkat ketebalan pick dengan seksama.

Meski demikian, bagi pemula yang baru saja belajar memainkan gitar, menentukan tingkat ketebalan pick adalah hal yang lumayan sulit. Oleh karena itu, kali ini kami akan memperkenalkan beberapa jenis ketebalan pick yang disarankan untuk gitaris pemula maupun level menengah. Bagi musisi yang sudah lihai, kami rasa Anda sudah menentukan genre musik dengan jelas sehingga Anda sudah paham bagaimana memilih pick yang cocok untuk corak musik Anda.

Thin pick (soft), direkomendasikan untuk pemula

Thin pick (soft), direkomendasikan untuk pemula

Pick yang tipis (soft) sangat direkomendasikan untuk dipakai para pemula. Rata-rata pemula belum terbiasa menggunakan pick sehingga picking atau teknik petiknya cenderung belum stabil. Dengan menggunakan pick yang soft, resistensi senar menjadi lebih kecil, picking pun jauh lebih mudah.

Selain bentuknya yang tipis dan lentur, pick jenis soft ini mudah digunakan untuk memetik senar gitar. Dia mampu menghasilkan suara bernada tinggi dan jernih sehingga cocok digunakan pada gitar akustik. Secara spesifik, thin pick atau soft adalah pick yang memiliki tingkat ketebalan 0,5 mm atau kurang.

Pick tebal (hard), direkomendasikan untuk pemusik level menengah

Pick tebal (hard), direkomendasikan untuk pemusik level menengah

Pemain gitar level menengah direkomendasikan untuk menggunakan pick yang tebal dan kaku (hard). Guna meningkatkan kemampuan bermain gitar, sangatlah penting untuk memiliki pick jenis ini.

Hasil petikan gitar menggunakan pick ini biasanya kencang, karena itu Anda harus memetik dengan lembut dan perlahan. Semakin sering Anda berlatih menggunakan thick pick, Anda akan bisa menyesuaikan seberapa besar kekuatan petikan yang diperlukan saat bermain gitar.

Pick ini ditandai dengan suaranya yang jelas dan mantap. Jika Anda mencari tipe pick yang tebal, pilihlah hard (heavy) pick yang memiliki ketebalan sekitar 0.9 mm – 2 mm.

Memilih berdasarkan bentuknya

Meski terlihat nyaris sama, perbedaan bentuk pick akan mempengaruhi suara dan permainan gitar. Bentuk pick yang Anda pilih sebaiknya disesuaikan dengan genre musik yang akan Anda mainkan.

Tipe triangle, untuk permainan chord dan strokes

Tipe triangle, untuk permainan chord dan strokes

Sesuai dengan namanya, triangle, pick ini berbentuk mirip segitiga sama sisi dengan sudut tumpul. Pick ini cocok digunakan untuk permainan chord dan strokes daripada petikan satu nada. Setiap kali dimainkan, pick ini bisa langsung melakukan cutting.

Tipe teardrop, untuk permainan dengan tempo cepat

Tipe teardrop, untuk permainan dengan tempo cepat

Dinamakan teardrop karena pick ini memiliki bentuk menyerupai tetesan air mata. Pick gitar tipe teardrop ini merupakan pick yang paling umum dan standar. Pick ini dapat digunakan untuk memainkan semua genre musik. Dibandingkan dengan tipe triangle, sudut pick teardrop lebih runcing dan mudah untuk melakukan petikan. Jadi pick ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin bermain dengan tempo cepat.

Memilih berdasarkan material/bahan utama pick gitar

Tahukan Anda bahwa pick gitar terbuat dari berbagai material? Detail karakter pick sangat ditentukan oleh materialnya, jadi pastikan Anda sudah tahu saat memilihnya.

Seluloid, bahan pick yang cocok untuk berbagai genre

Seluloid, bahan pick yang cocok untuk berbagai genre

Seluloid merupakan materi pembuat pick yang paling populer. Pick dengan materi ini akan mengeluarkan suara yang datar dan halus sehingga cocok digunakan untuk memainkan berbagai genre musik. Pick ini sangat fleksibel dan mudah digunakan. Sayangnya, pick ini rentan rusak dan mudah terkikis akibat pergesekan dengan senar gitar.

Nilon, bahan pick untuk suara gitar yang lebih jernih

Nilon, bahan pick untuk suara gitar yang lebih jernih

Pick berbahan dasar nilon memiliki karakter yang jauh berbeda dengan pick seluloid. Teksturnya yang soft menjadikan kontak pick dengan senar sangat lemah, hal ini berpengaruh pada kebulatan suara yang dihasilkan. Pick ini direkomendarikan untuk musisi yang menginginkan suara gitar yang clean meski tidak menggunakan gitar akustik maupun efek.

10 Rekomendasi pick gitar terbaik dengan desain unik

Pada bagian ini, kami telah memiliki daftar 10 rekomendasi pick gitar untuk Anda. Secara khusus, kami menekankan poin lucu dan unik. Oleh karena itu, pick gitar yang kami rekomendasikan untuk Anda tidak hanya berkualitas bagus melainkan juga memiliki desain yang lucu.

10. Pick Gitar Full Colour Rock Band

10. Pick Gitar Full Colour Rock Band

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 25.000

Didesain khusus untuk para fans rock band

Deretan rock band populer dunia, tak ayal membuat banyak orang berlatih gitar dan bercita-cita menjadi sekeren gitaris idola mereka. Nah, jika Anda memiliki band rock kesayangan, pick-pick berikut ini bisa Anda miliki untuk dijadikan teman berlatih gitar. Pick yang dijual satu set ini mengusung gambar logo rock band papan atas dunia.

Pick dengan tipe teardrop ini dibuat dari bahan resin atau seluloid. Karakternya yang fleksibel cocok untuk Anda yang mencari keluwesan dalam memetik senar gitar. Pick ini memiliki ketebalan 1.0 mm sehingga masuk dalam jenis heavy.

9. Legacy Mask Picture Special

9. Legacy Mask Picture Special

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.900

Pilihan tepat untuk Anda penyuka musik metal yang misterius

Musik death metal  kerap diasosiasikan dengan musik orang-orang yang misterius. Meski Anda tidak semisterius itu, tak ada salahnya menghayati kecintaan Anda dengan memiliki pick berwarna hitam dengan gambar topeng yang misterius keluaran Legacy ini.

Pick gitar berbentuk teardrop ini memiliki beragam tingkat ketebalan mulai dari o.46 mm, 0.71 mm, 0.81 mm, hingga 0.96 mm. Pick ini sangat fleksibel digunakan dalam berbagai gaya permainan, mulai dari strokes ke cutting, hingga single tone.

8. Pick Celluloid Plectrum

8. Pick Celluloid Plectrum

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.200

Tunjukkan sisi feminin Anda dengan pick bermotif cantik

Bagi para wanita, selain urusan fungsi, salah satu poin penentu saat memutuskan membeli sesuatu adalah soal motif dan warna. Jika Anda merasa pick-pick yang selama ini ada masih terlalu macho dan kurang girly, mungkin pick ini bisa dijadikan pilihan. Pick ini terdiri dari berbagai motif dan warna, termasuk warna pick yang sangat cute.

Pick ini memiliki ketebalan 0.81 mm, tidak terlalu tebal, juga tidak terlalu tipis. Pick bertipe teardrop dengan material seluloid ini mampu mengeluarkan bunyi yang datar dan halus sehingga bisa digunakan memainkan beragam genre musik.

7. Pick Music Celluloid

7. Pick Music Celluloid

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.500

Ekspresikan diri Anda melalui pick yang tepat

Bosan dengan pick yang polos dan itu-itu saja? Mungkin Anda bisa melirik pick yang satu ini. Terbuat dari material yang kuat, ulet, dan tidak licin, pick ini memiliki gambar di kedua sisinya. Warna dan gambarnya yang beragam mampu mewakili ekspresi kecintaan Anda pada dunia musik. Untuk Anda yang ekspresif dan ceria, pick ini sebaiknya dimiliki.

Bentuknya yang menyerupai tetesan air menjadikan pick ini masuk dalam kategori teardrop. Pick ini memiliki ketebalan yang beragam mulai dari 0.46 mm, 0.71 mm, hingga 1.0 mm. Tak peduli Anda penggemar soft atau heavy pick, semua bisa bermain gitar menggunakan pick ini.

6. Jim Duplon Nylon Max Grip

6. Jim Duplon Nylon Max Grip

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 9.999

Stroke atau lead? Pemula atau profesional? Mana pun bisa!

Salah satu keunggulan pick berbahan dasar nilon adalah kebulatan suara yang dihasilkan. Kombinasi permukaan Max-Grip dan material nilon membuat pick ini sangat sempurna untuk musisi yang gemar melakukan permainan cepat tanpa kehilangan kontrol terhadap pick-nya.

Secara bentuk, pick ini termasuk dalam pick teardrop. Ketebalan pick o.6 mm sehingga masuk dalam kategori menengah. Pick ini bisa digunakan untuk teknik stroke maupun lead. Cocok digunakan oleh gitaris, baik pemula maupun ahli.

5. Alice Pick

5. Alice Pick 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 10.000

Pick guitar warna-warni, pilihan pas sebelum pentas di panggung yang sesungguhnya

Pick berbentuk teardrop ini terbuat dari material resin sintetis. Bahannya ringan dan tidak mudah terkikis sehingga tahan lama. Pick jenis ini tidak terlalu kaku, juga tidak terlalu tipis. Biasanya dia akan menghasilkan suara yang datar.

Pick Alice ini dijual satu paket berisi 5 buah. Anda bisa memilih berbagai macam pilihan warna yang menarik serta ukuran ketebalan yang berbeda, atau bisa juga membeli secara random. Pick ini cocok untuk menemani latihan gitar Anda sebelum kelak pentas di atas panggung yang sesungguhnya.

4. Jim Dunlop Tri Stubby

4. Jim Dunlop Tri Stubby

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 14.999

Grip di tengah membuat jari tidak mudah selip

Pick keluaran Dunlop ini spesial karena memiliki grip berbentuk bulatan tepat di tengah-tengah yang membuat jari tidak mudah selip meski memainkan musik dengan irama yang agresif dan cepat. Saat jari-jari Anda berkeringat, Anda masih bisa mengendalikan cengkeraman pada pick ini.

Berhubung pick ini berbentuk triangle alias segitiga, Anda bisa menggunakan ketiga sudutnya untuk memetik senar. Ketebalan pick ini beragam mulai dari 1.5 mm, 2 mm, dan 3 mm sehingga masuk dalam kategori heavy. Pick Dunlop ini tidak disarankan untuk pemula.

3. D’Addario Classic Celluloid Cellu-Glo

3. D'Addario Classic Celluloid Cellu-Glo

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 9.999

Glow in the dark

Jika Anda musisi yang kerap tampil di panggung dengan suanana gelap atau remang-remang, pick keluaran Planet Waves yang bisa menyala dalam gelap ini adalah pilihan pas. Begitu pun jika Anda adalah seorang petualang yang gemar bermain gitar di malam hari sambil mengelilingi api unggun. Saat pick tak sengaja terjatuh, Anda bisa menemukannya dengan mudah.

Pick berwarna hijau ini memiliki ketebalan 0,7 mm sehingga termasuk dalam kategori medium. Berbahan dasar seluloid, menjadikan pick ini memiliki bobot yang ringan serta fleksibel saat dimainkan.

2. Pick Gitar Kartun Celluloid

2. Pick Gitar Kartun Celluloid

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.500

Gambar kartun yang lucu, bisa juga untuk hadiah

Pick bertipe teardrop ini terbuat dari materi seluloid yang ringan, ulet, dan tidak mudah patah. Bagi Anda yang baru saja memulai berlatih gitar, pick ini cocok digunakan. Dengan ketebalan 0,71, pick yang dijual satuan ini bisa digunakan untuk memainkan semua genre musik.

Pick ini terlihat lucu karena dipenuhi dengan gambar kartun di kedua sisinya. Anda juga tidak perlu khawatir akan gambarnya yang pudar karena pick ini dibuat dengan kualitas printing yang baik. Bagi Anda yang mencari hadiah untuk mereka yang gemar bermain gitar, pick ini bisa dijadikan pilihan.

1. Pickyboy Pos-A-Grip Rainbow Jazz

1. Pickyboy Pos-A-Grip Rainbow Jazz

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 28.999

Daya cengkeram yang kuat untuk nada-nada yang hangat

Meskipun sama-sama memiliki daya cengkeraman yang kuat, pick produksi Pickboy ini secara desain berbeda jauh dengan pick keluaran Dunlop. Jika pick Dunlop memiliki grip, maka pick ini memiliki 12 lubang yang membuat jari-jari Anda bisa mencengkeram dengan baik. Dengan ketebalan 1.50 mm, pick ini mampu menghasilkan nada-nada yang hangat.

Pick bewarna rainbow yang unyu ini terbuat dari komposit polycarbonate sehingga memiliki tekstur yang kaku, tetapi tidak mati. Pick ini adalah salah satu produk terbaik bagi musisi yang memiliki jenis tangan mudah berkeringat.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas, apakah Anda sudah menemukan pick gitar yang cocok dengan desain menarik? Sekali lagi ingatlah akan hal ini, untuk mencari pick gitar Anda harus mempertimbangkan gaya bermusik sekaligus aliran musik yang akan Anda mainkan. Tak lupa juga cobalah berbagai jenis pick supaya Anda mendapatkan hasil terbaik. Selamat bermain musik dengan riang!