• 10 Rekomendasi Pick Gitar Terbaik dengan Desain Unik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Pick Gitar Terbaik dengan Desain Unik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Pick Gitar Terbaik dengan Desain Unik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Pick Gitar Terbaik dengan Desain Unik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Pick Gitar Terbaik dengan Desain Unik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Pick Gitar Terbaik dengan Desain Unik (Terbaru Tahun 2020)

Pick gitar adalah sebuah benda kecil yang digunakan untuk memetik gitar. Ada berbagai jenis pick gitar yang dijual di pasaran dengan berbagai varian bahan dan tingkat ketebalan. Karena bermain gitar tidak semata soal performa, desain pick gitar juga perlu dipertimbangkan untuk mendongkrak penampilan Anda.

Kali ini, kami akan memperkenalkan pick dengan desain unik dari berbagai merek, misalnya D’Addario, Jim Dunlop, dan Pickboy. Kami juga akan menjelaskan cara memilih pick gitar yang baik untuk Anda. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi Anda dalam memilih pick gitar dengan desain yang unik.
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 1.505 Views
Daftar isi

Cara memilih pick gitar dengan desain unik

Meski nyaris terlihat sama, sebenarnya pick gitar memiliki perbedaan yang akan memengaruhi bunyi senar. Oleh karena itu, kami akan memberikan tips bagaimana cara memilih pick gitar yang cocok untuk Anda.

Pilih berdasarkan ketebalannya

Setiap pick gitar memiliki perbedaan ketebalan yang bervariasi. Beda ketebalan di antara pick juga menghasilkan timbre yang berbeda ketika bersentuhan dengan senar gitar. Faktor lain yang juga berpengaruh adalah jenis gitar (akustik atau listrik) dan genre musiknya (jazz, rock, atau yang lainnya). Oleh karena itu, perhatikanlah ketebalan pick gitar dengan saksama saat Anda memilihnya.
Namun, bagi Anda yang baru saja belajar memainkan gitar, cukup sulit untuk menentukan ketebalan pick yang sesuai dengan selera bermusik Anda. Pada artikel kali ini, kami akan fokus membahas pick gitar dengan ketebalan yang disarankan untuk gitaris pemula dan level menengah.
Sementara itu, bagi Anda yang sudah mahir memainkan gitar, mungkin sudah dapat menentukan genre dan paham pick seperti apa yang cocok dengan style musik Anda. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk ikut menyimak artikel kami untuk menambah pengetahuan.

Bagi pemula, pilih pick yang tipis (lembut)

Bagi pemula, pilih pick yang tipis (lembut)
Kami merekomendasikan pick yang tipis dan lembut untuk pemula. Umumnya pemula belum terbiasa menggunakan pick sehingga picking atau teknik memetik gitarnya cenderung belum stabil. Dengan menggunakan pick yang tipis, resistensi senar menjadi lebih kecil sehingga petikan gitar terasa lebih mudah dan mengalir.
Karena bentuknya yang tipis dan lentur, pick ini mudah digunakan untuk memetik senar. Selain itu, pick juga mampu menghasilkan suara bernada tinggi dan jernih sehingga cocok digunakan pada gitar akustik. Secara spesifik, pick gitar yang tipis atau lembut adalah pick yang memiliki ketebalan 0,5 mm atau kurang dari itu.

Untuk pemain gitar level menengah, pilih pick yang tebal (kaku)

Untuk pemain gitar level menengah, pilih pick yang tebal (kaku)
Kami merekomendasikan pemain gitar level menengah untuk menggunakan pick yang tebal dan kaku, atau disebut juga hard pick. Dengan menggunakan pick ini, Anda dapat membunyikan nada hanya dengan memetik senar secara lembut. Hal tersebut penting untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam bermain gitar.
Pick yang tebal biasanya menggetarkan senar dengan kuat. Karena itu, Anda harus memetik senar dengan lembut. Semakin sering Anda berlatih gitar menggunakan hard pick, Anda akan semakin mahir menyesuaikan kekuatan petikan yang diperlukan.
Pick ini ditandai dengan karakter nada yang jelas. Selain itu, pick gitar yang tebal juga dapat membuat nada rendah terdengar powerful. Jika Anda mencari pick yang tebal, pilihlah hard pick yang memiliki ketebalan sekitar 0,9 mm sampai dengan 2 mm.

Pilih berdasarkan bentuknya

Meski terlihat mirip, perbedaan dalam bentuk pick akan memengaruhi suara dan kenyamanan saat Anda bermain gitar. Oleh karena itu, pilihlah bentuk pick sesuai dengan genre musik yang hendak Anda mainkan.

Triangle, untuk permainan chord dan cutting

Triangle, untuk permainan chord dan cutting
Sesuai dengan namanya, triangle, pick ini berbentuk segitiga. Karena sudutnya lembut, pick ini lebih cocok untuk menggenjreng daripada memetik senar. Dengan demikian, bentuk ini paling pas digunakan untuk permainan chord dan cutting.

Teardrop, untuk permainan dengan tempo cepat

Teardrop, untuk permainan dengan tempo cepat
Dinamakan teardrop karena pick ini berbentuk seperti tetesan air mata. Pick jenis ini paling sering ditemukan di pasaran dan dapat digunakan untuk memainkan semua genre musik. Dibandingkan bentuk triangle, sudut teardrop pick lebih runcing sehingga cocok untuk memetik senar. Pick ini direkomendasikan bagi yang ingin bermain dengan tempo cepat.

Pilih berdasarkan materialnya

Tahukah Anda bahwa pick gitar terbuat dari berbagai material? Pick gitar akan menghasilkan karakter nada yang unik tergantung dari bahan pembuatnya. Simak penjelasan mengenai masing-masing keunggulan material dan jadikan sebagai referensi Anda dalam memilih pick gitar.

Seluloid, cocok untuk memainkan berbagai genre musik

Seluloid, cocok untuk memainkan berbagai genre musik
Seluloid merupakan material pick yang paling populer. Pick berbahan seluloid dapat mengeluarkan suara yang datar sehingga Anda bisa menggunakannya untuk memainkan berbagai genre musik. Selain itu, pick ini juga fleksibel dan mudah digunakan. Sayangnya, material ini lebih rentan rusak jika dipakai terus menerus.
Selain seluloid yang merupakan salah satu resin sintetis (plastik), terdapat juga pick berbahan material lain yang memiliki kemiripan karakteristik. Di antara material-material tersebut adalah akrilonitril butadiena stiren (ABS), polivinil klorida (PVC), dan polikarbonat (polycarbonate resin thermoplastic).

Nilon, bahan pick untuk suara gitar yang lembut dan bulat

Nilon, bahan pick untuk suara gitar yang lembut dan bulat
Pick berbahan nilon memiliki karakter yang berbeda dengan seluloid. Teksturnya yang soft membuat petikan atau genjrengan terasa lembut sehingga nada yang dihasilkan gentle dan bulat. Kami merekomendasikan pick ini bagi Anda pengguna gitar akustik atau yang ingin membunyikan nada secara clean, tanpa menggunakan efek gitar.

10 Rekomendasi pick gitar terbaik dengan desain unik

Di bagian ini, kami telah menyusun sepuluh pick gitar terbaik hanya untuk Anda. Secara khusus, kami menekankan pada poin lucu dan unik. Pilihlah pick gitar dengan desain yang sesuai dengan selera Anda.

10. Shockwaves Pick Gitar Full Colour

Rp 25.000,00

Ketebalan1 mm
BentukTeardrop
MaterialPVC (plastik)
Ketebalan1 mm
BentukTriangle
MaterialSeluloid
Ketebalan0,46 mm, 0,71 mm, 1 mm
BentukTeardrop
MaterialPVC
Ketebalan0,46 mm, 0,71 mm, 1 mm
BentukTeardrop
MaterialSeluloid
Ketebalan0,66 mm
BentukTeardrop
MaterialNilon
Ketebalan0,58 mm, 0,71 mm, 0,81 mm, 0,96 mm, 1,20 mm, 1,50 mm
BentukTeardrop
MaterialABS
Ketebalan1,5 mm, 2 mm, 3 mm
BentukTriangle
MaterialPolycarbonate resin thermoplastic
Ketebalan0,5 mm, 0,7 mm, 1 mm, 1,25 mm
BentukTeardrop
MaterialSeluloid
Ketebalan0,46 mm, 0,6 mm, 0,7 mm, 1 mm
BentukTeardrop
MaterialSeluloid
Ketebalan1,5 mm
BentukTeardrop
MaterialSeluloid

Baca juga rekomendasi aksesori dan produk gitar lainnya di sini!

Selain pick gitar dengan desain unik yang telah dibahas dalam artikel ini, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk membeli aksesori dan produk gitar lainnya agar bermusik bisa semakin komplet. Simak penjelasan lebih lanjutnya di artikel-artikel berikut ini!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, sudahkah Anda menemukan pick gitar yang cocok dengan desain menarik? Gaya bermusik, genre, dan jenis gitar sangatlah berpengaruh dalam memilih pick gitar yang tepat. Sementara itu, preferensi selera akan memengaruhi Anda dalam menentukan desain pick.
Demi mendapatkan produk terbaik, tidak ada salahnya untuk mencoba dan membandingkan berbagai jenis pick. Selamat memilih dan bermain gitar dengan riang!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Piano digital cocok untuk Anda yang suka bermain atau berlatih piano pada malam hari. Anda bisa menggunakan headphone sehingga tidak perlu takut suara piano mengganggu anggota keluarga yang sedang beristirahat. Piano digital juga cocok untuk anak-anak yang baru belajar piano, karena harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan piano akustik. Piano digital pun cocok untuk Anda yang suka mengeksplor berbagai genre musik.Terdapat beberapa produsen piano digital yang terkenal, seperti Yamaha, Kawai, Casio, Roland, dan Korg. Masing-masing dari piano digital tersebut mempunyai karakteristik dan fungsi yang bervariasi. Apa yang menjadi kelebihan dan keunggulan masing-masing produk? Yuk, simak penjelasan berikut.
    Musik
    31.555 Views
  • 10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Menjadi musisi adalah impian bagi banyak orang, salah satunya adalah menjadi gitaris. Banyak orang di dunia, tua atau muda, membeli gitar dan mempelajarinya. Ada yang bermain gitar akustik dan ada yang bermain gitar listrik. Apakah Anda tahu alat pendukung apa yang gitar Anda perlukan?Ya, amplifier adalah salah satu alat pendukung gitar yang pastinya Anda perlukan. Anda sudah mengetahui merek amplifier terkenal seperti Marshall, Roland, Fender. Namun, apakah Anda tahu cara memilih amplifier gitar terbaik? Simak artikel kami di bawah ini dan dapatkan referensinya!
    Musik
    24.439 Views
  • 10 Rekomendasi MP3 Player Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi MP3 Player Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tentu akan sangat menyenangkan jika Anda bisa memiliki MP3 Player yang memiliki kualitas suara terbaik. Produsen yang terkenal handal dalam menciptakan produk MP3 Player berkualitas dengan berbagai fitur menarik salah satunya adalah Sony.Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi produk MP3 Player terbaik dengan membandingkan performa, fitur dan harganya. Kami juga akan menjelaskan cara memilih MP3 Player agar Anda bisa menemukan produk favorit Anda dan menikmati lagu dengan kualitas suara terbaik pula. Jadi, sudah siap memilih MP3 Player terbaik Anda?
    Musik
    21.929 Views
  • 10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Gitar akustik lebih mudah digunakan oleh Anda yang baru belajar bermain gitar. Tentunya gitar pertama Anda akan berperan penting dalam proses pembelajaran sehingga Anda harus memilih yang tepat. Di pasaran, Anda akan menemukan gitar akustik merek ternama, seperti Yamaha, Fender, Ibanez, Cort, dan sebagainya.Dengan banyaknya variasi model, spesifikasi, dan harga, Anda bisa saja bingung saat hendak memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi gitar akustik terbaik untuk pemula. Dengan begitu, Anda bisa membeli produk yang tepat untuk dijadikan partner bermain musik Anda!
    Musik
    122.433 Views
  • 10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Harmonika merupakan alat musik tiup berukuran kecil, tetapi bersuara impresif. Meski bentuknya sederhana, harmonika menghasilkan nada yang kaya sehingga banyak digunakan di berbagai genre musik. Bagi Anda yang pemula, Anda mungkin masih bingung dalam mencari harmonika yang tepat.Karena itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan cara memilih harmonika terbaik dan merekomendasikan beberapa produknya. Di antaranya adalah Hohner, Seydel, Suzuki dan sebagainya. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Musik
    11.901 Views
  • 10 Rekomendasi Recorder (Suling) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Recorder (Suling) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Recorder adalah alat musik yang biasanya mulai diperkenalkan pada siswa di tingkat sekolah dasar. Namun, beberapa orang mungkin menganggap alat ini kuno serta tidak menarik untuk dimainkan. Jika memang demikian, tentu musisi seperti Paul McCartney dan John Paul Jones tidak akan menggunakan recorder dalam lagu mereka.Meski begitu, jangan terburu-buru membeli bila saat ini ada produk yang menarik minat Anda. Simak dulu penjelasan cara memilih dan sepuluh rekomendasi recorder dari merek terkenal seperti Yamaha dan Aulos berikut ini. Pastikan Anda menyimak hingga akhir agar mendapatkan informasi yang jelas. Selamat membaca!
    Musik
    6.587 Views
  • 10 Rekomendasi Bass Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bass Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Berbicara mengenai instrumen musik, maka yang umum terlintas di kepala adalah alat-alat musik seperti gitar listrik, drum serta bass gitar. Khususnya untuk bass gitar, alat musik ini memiliki kriteria pemilihan yang lebih kompleks dibandingkan alat musik lain.Untuk pemula, ada beberapa kriteria dalam memilih bass yang baik, tetapi banyak orang belum mengetahuinya.Maka dari itu, kali ini kami akan memulai dengan menjelaskan cara memilih bass untuk Anda yang masih awam mengenai bass. Kemudian, kami akan merekomendasikan 10 bass terbaik yang disarankan untuk pemula. Mari mainkan lagu favorit Anda dengan menemukan bass yang tepat!
    Musik
    15.029 Views
  • 10 Rekomendasi Headphone Sony Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Headphone Sony Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Headphone Sony memang kerap membuat penggemar musik tergila-gila. Sony selalu mengeluarkan berbagai headphone baru yang dibekali teknologi canggih hasil riset terkini. Namun, banyaknya pilihan seri dan model membuat sebagian orang merasa kesulitan dalam memilihnya.Selain model yang sudah cukup populer, seperti WH-1000XM3 dan MDR-XB950, ada banyak pilihan model lain yang dapat dipilih. Untuk itu, simaklah informasi mengenai tipe, spesifikasi, maupun cara memilih, serta rekomendasi headphone Sony di bawah ini!
    Musik
    3.922 Views
  • 10 Rekomendasi Tas Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tas Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tas gitar diperlukan untuk melindungi gitar dari debu dan kotoran. Terdapat case yang khusus dibuat untuk tipe gitar tertentu seperti electric guitar dan acoustic guitar. Di sisi lain, case gitar pun memiliki beragam kemasan, seperti hard, semi-hard, serta soft. Sebaiknya pilih yang mana, ya?Untuk membantu Anda menetapkan pilihan, kami akan menjelaskan cara memilih tas gitar yang sesuai, sekaligus memberikan daftar rekomendasi tas gitar terbaik dari merek seperti Perrygord dan Dr. Case. Pilih tas yang sesuai dengan kebutuhan dan yang dapat melindungi gitar Anda. Selamat membaca!
    Musik
    3.850 Views
  • 10 Rekomendasi Stand Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Stand Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Stand gitar adalah barang wajib yang diperlukan untuk menyandarkan alat musik, seperti guitar atau bass. Jenisnya sendiri sangat beragam, mulai dari tipe simple stand, hang stand, multi stand, bahkan yang dapat dilipat! Anda mungkin bingung memilih mana yang terbaik di antara produk-produk keluaran berbagai merek, seperti Hercules, Aroma, König & Meyer, dan lainnya.Agar tidak gundah lagi, kali ini kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih stand gitar dan memperkenalkan sepuluh produk rekomendasi untuk sandingan terbaik guitar atau bass Anda. Selamat membaca dan memilih!
    Musik
    3.257 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Gitar akustik lebih mudah digunakan oleh Anda yang baru belajar bermain gitar. Tentunya gitar pertama Anda akan berperan penting dalam proses pembelajaran sehingga Anda harus memilih yang tepat. Di pasaran, Anda akan menemukan gitar akustik merek ternama, seperti Yamaha, Fender, Ibanez, Cort, dan sebagainya.Dengan banyaknya variasi model, spesifikasi, dan harga, Anda bisa saja bingung saat hendak memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi gitar akustik terbaik untuk pemula. Dengan begitu, Anda bisa membeli produk yang tepat untuk dijadikan partner bermain musik Anda!
    Musik
    122.433 Views
  • 10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Piano digital cocok untuk Anda yang suka bermain atau berlatih piano pada malam hari. Anda bisa menggunakan headphone sehingga tidak perlu takut suara piano mengganggu anggota keluarga yang sedang beristirahat. Piano digital juga cocok untuk anak-anak yang baru belajar piano, karena harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan piano akustik. Piano digital pun cocok untuk Anda yang suka mengeksplor berbagai genre musik.Terdapat beberapa produsen piano digital yang terkenal, seperti Yamaha, Kawai, Casio, Roland, dan Korg. Masing-masing dari piano digital tersebut mempunyai karakteristik dan fungsi yang bervariasi. Apa yang menjadi kelebihan dan keunggulan masing-masing produk? Yuk, simak penjelasan berikut.
    Musik
    31.555 Views
  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Biola adalah alat musik gesek yang cenderung kurang diminati karena dipandang sulit untuk dikuasai. Apalagi, harganya juga cukup tinggi. Meski sulit dipelajari, Anda belum terlambat untuk mempelajarinya mulai sekarang! Dengan biola yang tepat untuk pemula, Anda bisa mulai berlatih dengan menyenangkan.Di pasaran, terdapat biola dengan berbagai ukuran dan rentang harga, seperti dari Cremona, Karl Höfner, Skylark, dan Makoa. Jika Anda bingung memilih, kami akan membantu Anda melalui artikel ini. Kami tidak hanya memberikan rekomendasi produk terbaik, tetapi juga cara memilih supaya Anda menemukan produk yang benar-benar pas.
    Musik
    29.530 Views
  • 10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagai alat musik, ukulele dikenal lebih mudah dimainkan dengan suaranya yang tak kalah merdu daripada gitar. Biasanya, para pemusik pemula menggunakan ukulele jenis sopran. Namun, bila Anda belajar di tingkat lanjutan, Anda bisa memilih jenis concert, tenor, atau bariton. Ukulele juga memiliki jenis yang beragam dan dibedakan berdasarkan material, jenis senar, hingga pegs-nya.Untuk membantu Anda, kini kami akan memperkenalkan cara memilih ukulele dengan mempertimbangkan jenis nada hingga material pembuatnya. Sebagai referensi, kami juga memberikan rekomendasi produk yang ada di pasaran seperti Grande, Cowboy, Fender, dan lainnya. Selamat membaca!
    Musik
    44.683 Views
  • 10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Menjadi musisi adalah impian bagi banyak orang, salah satunya adalah menjadi gitaris. Banyak orang di dunia, tua atau muda, membeli gitar dan mempelajarinya. Ada yang bermain gitar akustik dan ada yang bermain gitar listrik. Apakah Anda tahu alat pendukung apa yang gitar Anda perlukan?Ya, amplifier adalah salah satu alat pendukung gitar yang pastinya Anda perlukan. Anda sudah mengetahui merek amplifier terkenal seperti Marshall, Roland, Fender. Namun, apakah Anda tahu cara memilih amplifier gitar terbaik? Simak artikel kami di bawah ini dan dapatkan referensinya!
    Musik
    24.439 Views
  • 10 Rekomendasi MP3 Player Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi MP3 Player Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tentu akan sangat menyenangkan jika Anda bisa memiliki MP3 Player yang memiliki kualitas suara terbaik. Produsen yang terkenal handal dalam menciptakan produk MP3 Player berkualitas dengan berbagai fitur menarik salah satunya adalah Sony.Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi produk MP3 Player terbaik dengan membandingkan performa, fitur dan harganya. Kami juga akan menjelaskan cara memilih MP3 Player agar Anda bisa menemukan produk favorit Anda dan menikmati lagu dengan kualitas suara terbaik pula. Jadi, sudah siap memilih MP3 Player terbaik Anda?
    Musik
    21.929 Views
  • 10 Rekomendasi Tuner Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tuner Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Beberapa jenis alat musik seperti gitar, bass, ukulele, dan lainnya perlu disetem dengan nada yang tepat agar tidak sumbang. Namun, terkadang menyetem peralatan musik tidak selalu mudah karena ada gangguan dari suara di sekitar. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda membutuhkan tuner supaya dapat menyetem alat musik dengan lebih mudah dan akurat.Ada beragam merek tuner seperti D'Addario, KORG, dan sebagainya yang bisa ditemukan di pasaran. Masing-masing merek mempunyai fitur dan desain yang berbeda. Agar tidak membingungkan Anda, kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih tuner yang tepat. Selanjutnya, kami juga memberikan rekomendasi produk yang bisa dijadikan pilihan. Yuk, simak ulasan selengkapnya!
    Musik
    1.652 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori