10 Rekomendasi Alat Cukur Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Alat Cukur Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2018)

Alat cukur atau shaver memang dibutuhkan para wanita untuk menghilangkan rambut yang tidak diinginkan pada bagian tubuh tertentu tanpa iritasi. Berbagai produsen seperti Phillips, Kemei, Panasonic, dan lainnya pun meluncurkan berbagai produk alat cukur khusus untuk wanita.

Meskipun terlihat sama saja, masing-masing alat cukur punya nilai plus tersendiri. Agar Anda tidak bingung, kami akan memberikan informasi tentang cara memilih, sekaligus memberikan rekomendasi alat cukur terbaik hanya untuk Anda. Simak terus informasi dari kami!

Daftar isi

Cara memilih alat cukur untuk wanita

Anda tentu membutuhkan alat cukur yang mudah digunakan, bukan? Nah, agar Anda tidak salah pilih, kami akan memberikan informasi seputar alat cukur untuk wanita. Simak terus informasinya!

Pilih yang sesuai dengan bagian tubuh yang ingin dicukur

Fungsi alat cukur pada dasarnya adalah untuk menghilangkan rambut pada bagian yang tidak diinginkan. Namun, berbeda alat cukur, kadang berbeda pula area yang dapat ditanganinya. Untuk itu, memilih alat cukur sesuai dengan bagian tubuh yang ingin dicukur adalah hal yang penting.

Alat cukur yang dapat digunakan untuk hampir seluruh bagian tubuh

Alat cukur yang dapat digunakan untuk hampir seluruh bagian tubuh

Produk ini merupakan jenis alat cukur yang paling umum karena dapat digunakan hampir pada seluruh bagian tubuh, terutama lengan dan kaki. Sebagian jenis produk ini juga dapat sekaligus digunakan untuk mencukur rambut pada bagian ketiak. Jenis ini umumnya didesain dengan ujung yang melebar agar Anda dapat mencukur dengan lebih cepat. Namun, ada kalanya produk hanya mendukung untuk penggunakan pada lengan dan kaki saja. Ada baiknya, Anda membaca petunjuk penggunaannya terlebih dahulu bila Anda ingin menggunakannya pada bagian yang sensitif, seperti ketiak.

Alat cukur yang khusus digunakan untuk area wajah

Alat cukur yang khusus digunakan untuk area wajah

Jika Anda ingin mencukur rambut pada wajah atau alis, pastikan untuk memilih alat cukur khusus untuk wajah. Alat cukur untuk wajah memiliki mata pisau berukuran kecil sehingga mempermudah Anda dalam mencukur rambut-rambut yang tidak diingingan dengan presisi. Menggunakan alat cukur khusus badan untuk mencukur bagian wajah dapat berbahaya karena mata pisaunya yang terlalu lebar. Anda pun tidak akan dapat mencukur dengan presisi.

Alat cukur dengan keterangan “bikini line” untuk rambut di atas garis paha

Alat cukur dengan keterangan "bikini line" untuk rambut di atas garis paha

Bila Anda ingin mencukur rambut pada bagian atas paha atau bikini line, pilihlah alat cukur yang memang khusus diperuntukkan untuk area tersebut. Alat cukur jenis ini umumnya mudah dirawat dan beresiko sangat kecil menimbulkan iritasi atau melukai bagian kulit yang sensitif.

Bukan berarti alat cukur khusus untuk badan atau wajah tidak dapat menjadi subtitusi jenis ini. Namun, agar lebih aman, sebisa mungkin gunakanlah alat cukur dengan keterangan “bikini line” untuk menghilangkan rambut di atas garis paha.

Pilih jenis sumber energi sesuai dengan frekuensi penggunaan

Pilih jenis sumber energi sesuai dengan frekuensi penggunaan

Alat cukur untuk wanita memiliki sumber energi yang bermacam-macam. Jenis yang paling banyak beredar di pasaran adalah alat cukur bersumber energi tipe AC yang perlu dihubungkan pada sumber listrik saat digunakan, tipe baterai kering yang memerlukan penggantian baterai, dan tipe baterai isi ulang yang dayanya dapat diisi ulang.

Untuk tipe AC, Anda hanya bisa menggunakannya selama terdapat sumber listrik di sekitar Anda. Keuntungannya adalah umumnya daya listrik yang dikonsumsi tidak banyak sehingga tagihan listrik pun tidak melonjak. Anda pun tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk membeli baterai.

Sedangkan tipe baterai yang mana pun akan sangat travel friendly karena dapat digunakan di mana saja selama daya baterainya belum habis. Meski begitu, tipe baterai isi ulang akan lebih menguntungkan karena Anda tidak perlu membeli baterai baru bila dayanya habis. Cukup isi saja dayanya hingga alat dapat berfungsi kembali. Namun, Anda harus selalu memeriksa sisa daya baterai yang tersedia agar tidak kehabisan daya saat digunakan. Pastikan juga Anda berada di dekat sumber listrik saat daya baterainya tinggal sedikit.

Pilih yang ringan agar nyaman digunakan

Pilih yang ringan agar nyaman digunakan

Memeriksa berat alat cukur juga penting agar Anda merasa nyaman saat menggunakannya. Alat cukur untuk wajah umumnya berukuran lebih kecil dan berbobot ringan. Namun, alat cukur untuk badan tidak selalu berbobot ringan. Ada pula yang cukup berat hingga membuat tangan Anda pegal saat menggunakannya. Terutama saat mencukur ketiak, mau tidak mau Anda harus mengangkat lengan untuk dapat bercukur. Agar tidak mudah lelah, pastikan alat cukur yang Anda pilih memiliki berat tidak lebih dari 200 gram.

Pilih tipe washable agar dapat digunakan saat mandi

Pilih tipe washable agar dapat digunakan saat mandi

Memilih alat cukur yang mudah dibersihkan juga sangat penting. Bila produknya termasuk washable atau tidak akan rusak meskipun terkena air, Anda akan dapat dengan mudah membersihkannya. Bila modelnya tidak mendukung fitur ini, Anda pun butuh usaha lebih untuk membersihkannya karena mau tidak mau, alat cukur sebaiknya dibersihkan setelah digunakan. Jika rambut masih tersisa di sela-sela alat cukur, bakteri dapat dengan mudah muncul. Untuk itu, segera bersihkan alat cukur dan simpanlah di tempat yang kering seusai digunakan.

Keuntungan lainnya adalah alat cukur yang tahan air dapat digunakan pada saat mandi. Sayangnya, beberapa model tidak dapat digunakan bila terendam di dalam air, misalnya penggunaan di dalam bathtub. Jadi, periksalah keterangan pada produknya sebelum membeli agar fungsi alat cukur dapat sesuai dengan keinginan Anda.

Pastikan mata pisaunya dapat dibeli secara terpisah

Pastikan mata pisaunya dapat dibeli secara terpisah

Mata pisau alat cukur memiliki lifespan atau masa penggunaan sekitar satu tahun. Bila Anda rutin mengganti mata pisaunya paling tidak setahun sekali, alat cukur Anda pun akan tetap tajam sehingga lebih nyaman digunakan. Selain itu, kebersihannya juga lebih terjaga. Jadi, saat memilih alat cukur, pastikan juga terdapat pisau pengganti yang dijual secara terpisah di pasaran. Bila Anda memilih model yang pisaunya tidak dapat diganti atau tipe disposal, ada baiknya Anda memilih produk dengan harga terjangkau dan gunakan tidak lebih dari setahun.

10 Rekomendasi alat cukur terbaik untuk wanita

Setelah membaca mengenai cara memilih alat cukur di atas, tentunya Anda telah memahami seperti apa alat cukur yang pas untuk Anda. Nah, berikut ini adalah 10 rekomendasi alat cukur terbaik untuk wanita, pilihan kami. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

10. TOUCHBeauty Electric Lady Trimmer TB-815

10. TOUCHBeauty Electric Lady Trimmer TB-815

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 68.000

Mencukur alis tidak pakai ribet!

Electric eyebrow trimmer ini didesain compact untuk kemudahan mobilitas. Bentuknya kecil menyerupai ballpoint dan dilengkapi dengan tutup agar mata pisau tetap aman. Dengan bobot yang begitu ringan, tangan Anda tidak akan merasa lelah menggunakannya. Bagi Anda yang ingin dapat bercukur alis di mana saja dan kapan saja, produk ini dapat diandalkan.

Pisau cukurnya dibuat dari hypoallergenic stainless steel yang aman untuk kulit sensitif sehingga tidak memicu iritasi pada kulit. Setelah mencukur alis, Anda pun dapat langsung menyisirnya hingga rapi karena produk ini sudah dilengkapi dengan sisir. Menggunakan energi dari 1 baterai kering tipe AAA, Anda juga tidak akan direpotkan dengan kabel-kabel yang mengganggu.

9. Conair Satiny Smooth® Dual Foil Wet/Dry Rechargable Shaver

9. Conair Satiny Smooth® Dual Foil Wet/Dry Rechargable Shaver

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 823.999

Mencukur bagian yang sulit jadi mudah!

Bila Anda belum terbiasa menggunakan alat cukur, shaver untuk mencukur rambut badan yang satu ini bisa menolong Anda. Produk dengan bentuk ergonomis yang nyaman digenggam ini memiliki pop-up trimmer. Mencukur area yang sulit dijangkau jadi lebih mudah. Ditambah dengan full-width trimmer, Anda bahkan dapat mencukur bikini line hanya dengan 1 langkah.

Dapat digunakan pada kulit kering maupun basah, Conair Shaver juga hadir lebih praktis dengan baterai isi ulang yang dilengkapi charging stand. Tidak perlu takut kehabisan baterai karena produk ini dilengkapi dengan lampu indikator pengukur sisa daya. Dilengkapi dengan sikat, membersihkan kulit pasca proses pencukuran pun akan semakin mudah.

8. Panasonic Bikini Shaper and Trimmer ES246AC

8. Panasonic Bikini Shaper and Trimmer ES246AC

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 762.000

Sahabat baik kulit bikini line yang sensitif

Tidak jarang wanita memiliki kulit sensitif pada bagian bikini line sehingga rawan teriritasi setelah bercukur. Dengan alat cukur ini, tak perlu lagi khawatir dengan iritasi. Pencukur khusus bikini line ini memiliki pisau cukur hypo-allergenic yang ramah terhadap kulit sensitif. Trimmer-nya yang dibuat miring juga mempermudah Anda untuk mencukur area yang sulit dijangkau.

Produk ini semakin ramah kulit dengan mata pisau yang dapat diatur hingga 5 posisi. Dengan ini, resiko iritasi dan luka akibat mata pisau mengenai kulit dapat dikurangi. Bekerja dengan daya dari 2 buah baterai tipe AA, produk ini tidak menghambat mobilitas Anda. Manfaat produk ini tentu akan lebih optimal di tangan Anda yang sering mengenakan bikini atau pakaian renang.

7. Philips SatinShave Essential Wet and Dry Electric Shaver

7. Philips SatinShave Essential Wet and Dry Electric Shaver

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 326.000

Baik bercukur di bathtub maupun shower, semuanya oke!

Produk ini diperuntukkan untuk Anda yang lebih suka mencukur rambut area kaki sembari mandi karena produknya yang washable. Seperti apapun cara mandi Anda, baik mandi dengan gayung, shower, maupun berendam di bathtub, alat cukur ini tetap dapat digunakan dengan optimal. Pegangannya pun antislip sehingga dapat nyaman digenggam meski saat basah.

Produk yang sudah dilengkapi penutup mata pisau ini juga diklaim menghasilkan hasil cukuran yang membuat kulit terkesan smooth. Anda pun akan semakin pede mengenakan rok mini atau hot pants. Pemakaian pun semakin aman tanpa melibatkan kabel karena produk ini ditenagai 2 buah baterai AA. Anda pun semakin mudah untuk menjadikannya teman traveling.

6. Printech Lady Shaver LD-9987 EL

6. Printech Lady Shaver LD-9987 EL

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 231.000

Lebih ekonomis dan praktis dengan 2 fungsi dalam 1 alat

Dalam menghilangkan rambut ketiak, sebagian wanita merasa tidak mantap bila rambut tidak dicabut hingga akar-akarnya. Meski begitu, rambut pada bagian tubuh yang lain tetap harus dicukur seperti biasa. Bagi Anda yang memiliki dilema seperti itu, alat cukur yang juga berfungsi sebagai epilator alias alat pencabut rambut ini dapat menolong Anda.

Produk 2-in-1 keluaran Printech ini dapat digunakan untuk mencabut bulu ketiak sekaligus bagian tubuh lain, seperti kaki, tangan, bahkan bikini line. Ditenagai dengan baterai isi ulang, produk ini mampu berfungsi selama 50 menit bila dayanya terisi penuh. Lengkap dengan charging stand, pengisian daya jadi lebih aman tanpa resiko alat tersenggol dan terjatuh.

5. Remington Smooth & Silky® Rechargeable 3 Floating Blade Shaver System WDF4821A

5. Remington Smooth & Silky® Rechargeable 3 Floating Blade Shaver System WDF4821A

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 500.000

Mencukur lebih cepat dengan 3 mata pisau

Tidak semua wanita punya cukup waktu senggang untuk bercukur. Bila Anda termasuk wanita sibuk yang tidak ingin buang waktu hanya untuk bercukur, produk ini bisa membantu. Pengalaman mencukur Anda akan terasa lebih cepat berkat 3 mata pisau mengambangnya. Letak mata pisau yang berjarak mengurangi tekanan saat mencukur sehingga iritasi dapat dicegah.

Ditenagai baterai isi ulang, alat cukur yang diklaim menghasilkan tekstur kulit yang lebih smooth dan silky setelah bercukur ini juga waterproof. Dayanya pun tahan digunakan selama 30 menit bila terisi penuh. Dengan ketahanan selama ini, shaver ini pas untuk menemani Anda mandi sambil bercukur. Lalu, mencukur dalam keadaan kering pun tidak akan mengurangi performanya.

4. Veet® Sensitive Touch Electric Trimmer

4. Veet® Sensitive Touch Electric Trimmer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 391.000

Untuk badan bisa, untuk wajah juga bisa

Jika Anda tidak mau boros karena harus membeli berbagai jenis alat cukur untuk berbagai bagian tubuh termasuk wajah, alat cukur ini adalah pilihan tepat. Produk ini hadir dengan trimming head 2 sisi untuk wajah serta trimming head untuk bikini line yang dapat diganti sesuai kebutuhan. Hebatnya, produk ini bahkan cocok untuk kulit kering, normal, bahkan sensitif.

Produk yang trimming head-nya dapat dicuci dengan air ini bekerja dengan menggunakan daya baterai AA sehingga menambah kepraktisannya. Dilengkapi dengan sikat pembersih, kulit pun dapat langsung dibersihkan seusai bercukur. Setiap pembelian bahkan telah disertai 1 buah pouch khusus untuk menyimpan trimming kit agar tidak berceceran.

3. KEMEI KM-8188 Waterproof Bikini Hair Removal Shaver For Women

3. KEMEI KM-8188 Waterproof Bikini Hair Removal Shaver For Women

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 90.000

Dibekali fitur wet/dry use dan fungsi super lengkap, dengan harga terjangkau

Ingin memiliki alat cukur yang dapat mencukur rambut pada semua bagian tubuh dan wajah tetapi budget Anda terbatas? Pilihlah produk dengan fungsi lengkap yang harganya terjangkau ini. Produk yang telah dilengkapi dengan 2 trimming head yang dapat dipasang bergantian ini, membuat alat ini presisi dalam mencukur mulai dari alis hingga bikini line Anda.

Untuk dapat bekerja, shaver ini membutuhkan baterai kering tipe AAA. Saat kehabisan daya baterai tetapi tidak sempat membelinya, Anda pun tidak perlu panik karena alat ini dilengkapi dengan adaptor, tinggal colokan saja pada sumber listrik! Aman digunakan baik untuk wet maupun dry shaving, trimming head-nya juga dapat dilepas untuk dicuci setiap habis pemakaian.

2. Marske MS-2212 4 in 1

2. Marske MS-2212 4 in 1

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 260.000

Mencukur lebih presisi dengan 4 macam trimming head

Banyak produk alat cukur all-in-1 di pasaran yang kebanyakan hanya disertai 1 atau 2 trimming head. Anda yang sadar kebersihan mungkin tidak rela bila trimming head yang telah digunakan untuk satu bagian tubuh, digunakan untuk bagian tubuh lain. Nah, dengan 4 macam trimming head, Anda dapat melakukan spesialisasi pencukuran pada setiap bagian tubuh Anda.

Adanya 4 macam trimming head juga memudahkan Anda dalam bercukur lebih presisi dan rapi. Produk yang 100% antiair dan bergagang ramping ini ditenagai dengan baterai isi ulang sehingga semakin praktis digunakan. Anda yang perfeksionis dalam hal bercukur dan ingin berhemat untuk membeli 1 alat saja untuk segala kebutuhan, produk ini adalah jawabannya.

1. ETETEREAUTY 4 in1 Ladies Electric Shaver and Trimmer 3-Blade

1. ETETEREAUTY 4 in1 Ladies Electric Shaver and Trimmer 3-Blade

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 874.000

Penuhi segala kebutuhan grooming tubuh wanita

Tidak semua bagian tubuh membutuhkan pencukuran dengan cara shaving. Ada pula bagian yang hanya membutuhkan trimming karena areanya yang sempit. Nah, produk dari ETEREAUTY ini begitu memahami tubuh wanita melalui alat cukur yang hadir lengkap dengan 4 macam kepala, yaitu 3in1 blade, shaving blade, trimming blade, dan face cleaning brush.

Adanya 3 macam blade membebaskan Anda untuk menggantinya sesuai kebutuhan. Meski tidak dapat digunakan untuk mencukur area wajah, Anda dapat melakukan relaksasi ala spa dengan face cleaning brush dari produk yang waterproof ini. Produk yang dayanya bisa diisi ulang ini pas untuk Anda yang ingin grooming optimal, sambil merawat kulit wajah.

Cara menggunakan alat cukur yang baik

Cara penggunaan alat cukur yang baik

Mencukur rambut pada bagian tubuh manapun tidak boleh sembarangan agar kulit tidak rusak.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah tidak mencukur berlawanan dengan arah tumbuhnya rambut. Meskipun Anda dapat mencukur lebih banyak rambut dengan bercukur melawan arah tumbuhnya rambut, tetapi hal ini akan merusak kulit Anda. Tidak jarang hal ini pun mengakibatkan pertumbuhan rambut ke arah dalam kulit sehingga mengakibatkan peradangan. Untuk itu, cukurlah rambut searah dengan tumbuhnya rambut, tanpa menekan kulit terlalu keras. Jangan lupa juga untuk melembapkan bagian tubuh yang telah dicukur, ya.

Kesimpulan

Terdapat beberapa tipe alat cukur untuk wanita. Ada yang dapat digunakan pada hampir seluruh bagian tubuh, ada juga yang hanya dikhususkan untuk bagian tertentu saja. Untuk itu, Anda perlu memeriksanya sebelum membeli agar fungsinya sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Mencukur rambut pada bagian tubuh manapun tidak boleh dilakukan sembarangan. Bila salah langkah, kulit Anda menjadi taruhannya. Agar lebih aman, sebaiknya bacalah petunjuk penggunaan alat cukur sebelum mulai bercukur. Nah, semoga informasi yang kami sajikan bermanfaat!