1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan badan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Alat Cukur Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Alat Cukur Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Alat Cukur Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Alat Cukur Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Alat Cukur Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Alat Cukur Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Alat Cukur Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023)

Alat cukur atau shaver memang dibutuhkan para wanita untuk menghilangkan bulu yang tidak diinginkan pada bagian tubuh tertentu. Melihat kebutuhan tersebut, sejumlah merek, seperti Phillips, Gilette Venus, dan Panasonic pun meluncurkan berbagai produk alat cukur khusus untuk wanita.


Meski terlihat sama, tiap alat pencukur punya kelebihan tersendiri. Agar Anda tidak bingung, kami akan memberikan informasi tentang cara memilih sekaligus memberikan rekomendasi produk alat cukur terbaik hanya untuk Anda. Kami akan memberi rekomendasi alat pencukur bulu ketiak, pencukur bulu kaki yang bagus, dan lain sebagainya. Simak ulasannya berikut ini!
Diperbaharui 08-17-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih alat cukur untuk wanita

Anda tentu membutuhkan alat cukur yang mudah digunakan, bukan? Nah, agar Anda tidak salah pilih, kami akan memberikan informasi seputar alat cukur untuk wanita. Simak terus informasinya!

① Sesuaikan dengan area tubuh yang ingin dicukur

Fungsi alat pencukur pada dasarnya adalah untuk menghilangkan bulu pada bagian yang tidak diinginkan. Namun, berbeda alat cukur, kadang berbeda pula area yang dapat ditanganinya. Untuk itu, memilih alat cukur sesuai dengan bagian tubuh yang ingin dicukur adalah hal yang penting.

Alat cukur yang dapat digunakan untuk hampir seluruh area tubuh

Alat cukur yang dapat digunakan untuk hampir seluruh area tubuh

Ada beberapa alat pencukur yang bisa digunakan untuk mencukur seluruh tubuh, mulai dari wajah, ketiak, kaki, hingga bikini line. Namun, produk seperti ini tidak banyak. Kebanyakan, alat cukur umum hanya bisa mencukur area tubuh dan ketiak saja.


Jadi, jika Anda mencari alat pencukur yang bisa membersihkan semua bulu di tubuh, baca keterangannya dahulu sebelum membelinya. Terutama jika ingin dipakai untuk daerah sensitif seperti bikini line, pastikan produk yang Anda beli benar-benar aman.

Alat cukur yang khusus digunakan untuk area wajah

Alat cukur yang khusus digunakan untuk area wajah

Jika ingin mencukur bulu pada wajah atau alis, pastikan Anda memilih alat cukur khusus untuk wajah. Alat cukur untuk wajah memiliki trimming head berukuran kecil. Jadi, Anda dapat secara mudah mencukur bulu-bulu yang tidak diinginkan dengan presisi.


Menggunakan alat cukur khusus badan untuk mencukur bagian wajah dapat berbahaya karena mata pisaunya yang terlalu lebar. Anda pun tidak akan dapat mencukur dengan tepat.

Alat cukur dengan keterangan “bikini line” untuk area bikini

Alat cukur dengan keterangan “bikini line” untuk area bikini

Bila Anda ingin mencukur bulu pada area garis bikini atau miss V, pilihlah alat pencukur yang memang khusus diperuntukkan untuk area tersebut. Alat pencukur jenis ini umumnya mudah dirawat dan berisiko sangat kecil menimbulkan iritasi atau melukai bagian kulit yang sensitif.


Bukan berarti alat cukur khusus wajah atau badan tidak bisa digunakan di area sensitif. Namun, supaya lebih aman, sebisa mungkin gunakanlah alat cukur yang mencantumkan keterangan "bikini line" untuk menghilangkan bulu di daerah garis bikini.


Bagi Anda yang ingin mencukur area miss V, silakan cek rekomendasi pencukur miss V terbaik di bawah ini.

② Untuk alat cukur elektrik, pilihlah tipe sumber energi sesuai dengan frekuensi penggunaan

Untuk alat cukur elektrik, pilihlah tipe sumber energi sesuai dengan frekuensi penggunaan

Jika Anda memilih alat cukur elektrik, umumnya ada tiga tipe sumber energi pada alat cukur elektrik. Tipe adaptor yang perlu dihubungkan dengan stopkontak saat digunakan, tipe baterai, dan tipe rechargeable adalah beberapa di antaranya.


  • Tipe adaptor

Anda bisa menggunakannya di mana pun selama ada sumber listrik di sekitar Anda. Tipe ini tidak memakan biaya listrik yang banyak sehingga lebih ekonomis untuk Anda yang sering menggunakan alat cukur.


  • Tipe rechargeable

Jika Anda memilih alat cukur yang rechargeable, jangan lupa untuk memeriksa kapasitas dan ketahanan baterai. Hal ini supaya Anda tidak kehabisan daya saat sedang menggunakan alat pencukur.


  • Tipe baterai

Tipe ini lebih boros sehingga lebih pas digunakan oleh Anda yang tidak terlalu sering menggunakan alat cukur. Tipe baterai dan rechargeable sangat travel-friendly dan cocok untuk dibawa saat bepergian.

③ Untuk alat cukur manual, pastikan memiliki pelumas atau lubricant

Untuk alat cukur manual, pastikan memiliki pelumas atau lubricant

Banyak orang lebih menyukai alat cukur ketiak manual dibandingkan dengan elektrik. Sayangnya, alat cukur manual umumnya tidak memiliki sekat pemisah seperti alat cukur elektrik. Jadi, kemungkinan besar kulit akan bersentuhan langsung dengan pisau. Hal ini bisa meningkatkan risiko kulit mengalami goresan atau iritasi. Untuk mengatasinya, pastikan alat cukur manual yang Anda pilih memiliki pelumas atau lubricant.


Fungsi pelumas ini untuk melicinkan area yang ingin dicukur sehingga tidak keset dan menghindari risiko tergores mata pisau. Meskipun dilengkapi pelumas, akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan krim cukur untuk melumasi dan memudahkan Anda saat mencukur.

④ Cari yang berbobot ringan agar nyaman digunakan dalam jangka waktu lama

Cari yang berbobot ringan agar nyaman digunakan dalam jangka waktu lama

Memeriksa berat alat cukur juga penting agar Anda merasa nyaman saat menggunakannya. Alat cukur untuk wajah umumnya berukuran lebih kecil dan ringan. Di sisi lain, alat cukur untuk tubuh biasanya cenderung lebih berat. 


Saat membersihkan bulu ketiak, Anda harus mengangkat lengan untuk dapat mencukurnya. Agar tidak cepat lelah, pilihlah alat cukur dengan berat sekitar 100-200 gram.

⑤ Gunakan tipe washable agar tetap terjaga kebersihannya dan dapat digunakan saat mandi

Gunakan tipe washable agar tetap terjaga kebersihannya dan dapat digunakan saat mandi

Penting untuk memilih alat cukur yang mudah dibersihkan. Sisa bulu yang masih menempel pada pisau cukur dapat menyebabkan kuman mudah berkembang biak. Bila Anda memilih tipe washable, Anda dapat mencucinya langsung setelah penggunaan.


Selain itu, ada pula tipe waterproof yang kedap air sehingga dapat digunakan dengan aman dan nyaman ketika mandi. Hati-hati, tidak semua tipe washable itu kedap air, lho! Jadi, perhatikan tipe alat cukur yang akan dibeli dengan saksama jika Anda ingin memakainya saat mandi.

⑥ Pertimbangkan produk yang mata pisaunya dapat dibeli secara terpisah

Pertimbangkan produk yang mata pisaunya dapat dibeli secara terpisah
Saat memilih alat cukur, pastikan mata pisaunya dapat diganti. Mata pisau alat cukur memiliki lifespan atau masa penggunaan yang berbeda tergantung pabrikannya. Namun, rata-rata masa penggunaannya adalah 1-3 tahun. Bila Anda rutin mengganti mata pisaunya paling tidak setahun sekali, alat cukur Anda akan tetap tajam. Pisau cukur yang tajam tentu akan lebih nyaman digunakan dan kebersihannya lebih terjaga.

Jadi, saat memilih alat cukur, pastikan juga terdapat pisau pengganti yang dijual secara terpisah di pasaran. Bila Anda memilih model yang pisaunya tidak dapat diganti atau disposal, sebaiknya pilih produk dengan harga terjangkau.

10 Rekomendasi alat cukur terbaik untuk wanita

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk alat cukur terbaik untuk wanita yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Brosse

Hair Remover

Brosse Hair Remover 1枚目

Bebas tuntas bersihkan semua bulu di setiap bagian tubuh

2

Gillette Venus

Comfortglide White Tea Razor

Gillette Venus  Comfortglide White Tea Razor  1枚目

Tak perlu takut luka atau lecet saat bercukur berkat moisture bars

3

Olaif

Triple Blade Women's Shaver

Olaif Triple Blade Women's Shaver  1枚目

Alat cukur ketiak dengan harga ekonomis

4

Solo River

Alat Pemangkas Bulu 4in1

Solo River Alat Pemangkas Bulu 4in1 1枚目

Mencukur lebih presisi dengan tiga macam trimming head!

5

Philips

Satinelle Essential Corded Compact Epilator

Philips Satinelle Essential Corded Compact Epilator 1枚目

Rasakan kulit tanpa bulu hingga empat minggu!

6

Schick

Intuition Sensitive Care Razor

Schick Intuition Sensitive Care Razor 1枚目

Lebih praktis mencukur tanpa shave gel lagi

7

Remington

Smooth & Silky Lady Shaver

Remington Smooth & Silky Lady Shaver  1枚目

Foil gandanya bikin kulit mulus bebas bulu dalam sekejap!

8

Senus

Alat Cukur Elektrik

Senus Alat Cukur Elektrik 1枚目

Bercukur sambil mandi? Tidak masalah!

9

Nano Care

Eyebrow Trimmer Alat Cuku

Nano Care Eyebrow Trimmer Alat Cuku 1枚目

Mencukur alis tidak pakai ribet!

10

Panasonic

Epilator

Panasonic Epilator  1枚目

Makin aman mencukur alis berkat tutup pelindung

Perincian produk
Close
No.1

Bebas tuntas bersihkan semua bulu di setiap bagian tubuh

Jika Anda mencari satu alat cukur yang bisa membersihkan semua bulu di seluruh bagian tubuh, pilihlah produk ini. Mulai dari ketiak, lengan, kaki, sampai bikini line, bisa dicukur bersih menggunakan Brosse Hair Remover. 


Cara pakainya juga mudah dan tidak terasa sakit saat digunakan. Bentuknya yang mini sangat praktis dibawa bepergian atau traveling. Anda bisa mencukur bulu kapan pun dan di mana pun Anda inginkan. 

No.2

Gillette Venus Comfortglide White Tea Razor

Mulai dari Rp121.000,00

Tak perlu takut luka atau lecet saat bercukur berkat moisture bars

Bercukur adalah kegiatan yang membutuhkan perhatian ekstra agar Anda tidak terluka ketika melakukannya. Gillette Venus Comfortglide White Tea Razor memberikan Anda solusi bercukur tanpa takut luka! Produk ini hadir dengan moisture bars yang membantu pisau cukur meluncur mulus di kulit. 


Ditambah lagi, terdapat wangi white tea yang menenangkan saat pencukur diaplikasikan. Kepala razor-nya pun bisa bergerak dengan fleksibel mengikuti lekukan tubuh Anda. Anda bisa memakainya untuk area mana pun yang diinginkan, bahkan area sensitif sekalipun. Mencukur pun jadi makin menyenangkan. 

No.3

OlaifTriple Blade Women's Shaver

Mulai dari Rp18.000,00

Alat cukur ketiak dengan harga ekonomis

Lebih suka alat cukur ketiak manual dibandingkan elektrik? Kalau begitu, Anda bisa melirik produk yang satu ini. Kami merekomendasikan Olaif Triple Blade Women's Shaver untuk Anda yang sedang mencari alat cukur dengan harga ekonomis. Dalam satu paket, Anda sudah mendapatkan tiga alat cukur sekaligus. 


Pisau cukur ini sangat mudah digunakan selayaknya alat cukur manual pada umumnya. Yang membedakannya, produk ini dilengkapi lubricant strip yang mengandung Aloe vera dan vitamin E. Dengan kandungan ini, kulit Anda akan lebih halus, bebas iritasi, dan juga lembut. 

No.4

Solo RiverAlat Pemangkas Bulu 4in1

Mulai dari Rp230.000,00

Mencukur lebih presisi dengan tiga macam trimming head!

Bingung mau pilih alat pencukur yang pakai baterai atau adaptor? Pilih saja keduanya! Saat tidak sempat membeli baterai ketika dayanya habis, Anda tidak perlu panik karena alat ini dilengkapi dengan adaptor. Anda tinggal mencolokkannya ke sumber listrik!


Produk ini juga telah dilengkapi dengan tiga trimming head yang dapat dipasang bergantian. Hal ini membuatnya lebih presisi dalam mencukur mulai dari alis hingga me-massage wajah Anda. Selain itu, bagian trimming head-nya dapat dicuci setelah selesai dipakai. Jadi, kebersihannya pun terjamin.

No.5

PhilipsSatinelle Essential Corded Compact EpilatorBRE255/00

Mulai dari Rp714.900,00

Rasakan kulit tanpa bulu hingga empat minggu!

Ingin tubuh bebas bulu lebih lama seperti habis melakukan waxing? Kalau begitu, cobalah epilator dari Philips yang satu ini. Anda bisa mendapatkan kulit mulus bebas bulu sampai empat minggu, lho. Produk ini sangat cocok untuk Anda yang tidak punya waktu untuk bercukur setiap hari.


Bulu yang tumbuh nantinya juga akan lebih halus dibandingkan setelah bercukur dengan shaver biasa. Di sisi lain, rasanya pun tak sesakit jika Anda melakukan waxing. Cara pakainya pun mudah, tanpa persiapan dan tidak butuh penambahan bahan chemical, seperti wax atau krim pencukur lainnya.

No.6

SchickIntuition Sensitive Care Razor

Mulai dari Rp115.900,00

Lebih praktis mencukur tanpa shave gel lagi

Saat bercukur, Anda biasanya dianjurkan memakai shave gel untuk melicinkan serta melembapkan kulit supaya mudah saat dicukur. Namun, dengan alat ini, Anda tak perlu lagi membeli shave gel untuk bercukur. Cukuran ini didesain memiliki skin conditioning berbentuk seperti sabun yang melingkari mata pisau.


Skin conditioning tersebut berfungsi melicinkan area yang akan dicukur. Saat terkena air, sabun ini akan berbusa dan bekerja seperti layaknya shave gel. Jika Anda mencari alat cukur praktis yang 2-in-1 sudah sekaligus dengan pelicin, Anda harus memilih produk ini.

No.7

RemingtonSmooth & Silky Lady Shaver WSF5060

Mulai dari Rp669.000,00

Foil gandanya bikin kulit mulus bebas bulu dalam sekejap!

Ada acara pesta mendadak? Atau diajak ketemu gebetan tiba-tiba? Jangan khawatir! Remington Smooth & Silky Lady Shaver siap membantu Anda dapatkan kulit mulus bebas bulu dalam waktu singkat. Produk ini tepat dibawa ke mana saja sebagai solusi pada berbagai keadaan mendesak. 


Hadir dengan fitur foil ganda, produk ini mampu mengatasi bulu membandel sehingga kegiatan bercukur jadi lebih cepat dan tetap halus. Tidak hanya itu, produk ini juga aman digunakan bagi Anda yang memiliki kulit sensitif.

No.8

SenusAlat Cukur Elektrik

Mulai dari Rp492.000,00

Bercukur sambil mandi? Tidak masalah!

Produk ini diperuntukkan bagi Anda yang suka mencukur bulu kaki sembari mandi. Dengan sertifikasi tahan air IPX6, Anda bisa menggunakan produk ini baik di bawah shower maupun berendam di bathub. Bahkan, Anda bisa mencucinya langsung setelah penggunaan tanpa perlu khawatir alat menjadi rusak.


Selain itu, ada banyak varian untuk kepala cukur. Anda bisa menggunakannya untuk mencukur alis, ketiak, bikini line, lengan, kaki, bahkan untuk jenggot pria. Untuk jenggot, Anda akan mendapatkan kepala sisir 1 mm, 3 mm, dan 5 mm di dalam paketnya. Alat multifungsi ini bisa digunakan, baik oleh Anda maupun pasangan.

No.9

Nano CareEyebrow Trimmer Alat Cuku

Mulai dari Rp119.000,00

Mencukur alis tidak pakai ribet!

Jika Anda mencari alat cukur alis yang bagus dan tidak bikin ribet, pilihlah produk ini. Produk ini didesain compact menyerupai bolpoin agar dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam pouch Anda. Mata pisau trimmer ini berupa pisau cukur berputar yang pengaplikasiannya mudah. 


Anda pun tak perlu khawatir terluka karena produk ini aman dan tidak terasa sakit sama sekali saat digunakan. Di bagian ujung, terdapat lampu LED yang memudahkan Anda untuk melihat bulu yang pendek atau halus sekalipun. Yakin masih ragu untuk membelinya? 

No.10

PanasonicEpilator ES-WF61

Mulai dari Rp599.000,00

Makin aman mencukur alis berkat tutup pelindung

Pernahkah Anda memiliki pengalaman mencukur alis dan malah melukai area di sekitar kelopak mata? Jika pernah, Anda perlu mencoba trimmer dari Panasonic ini. Alat cukur alis elektrik ini dilengkapi tutup pelindung yang bisa melindungi area dekat mata. 


Selain itu, terdapat pula sisir alis yang bisa digunakan untuk merapikan sekaligus mencukur alis agar lebih presisi. Yang lebih menarik lagi, kepala pisau cukurnya bisa bergerak sepuluh derajat ke kanan dan ke kiri. Mencukur alis jadi makin mudah dan fleksibel!

Cara menggunakan alat cukur yang tepat

Cara menggunakan alat cukur yang tepat

Mencukur bulu pada bagian tubuh mana pun tidak boleh sembarangan agar kulit tidak rusak. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah pastikan Anda mencukur sesuai arah tumbuh bulu. Meskipun Anda dapat mencukur lebih banyak bulu dengan bercukur melawan arah tumbuhnya bulu, hal ini akan merusak kulit Anda. 


Selain itu, cara mencukur tersebut juga dapat mengakibatkan bulu tumbuh ke dalam kulit dan menimbulkan peradangan. Untuk itu, cukurlah searah dengan tumbuhnya bulu tanpa menekan kulit terlalu keras. Jangan lupa gunakan pelembap di area kulit yang dicukur agar tidak kering setelah mencukur.

Baca juga rekomendasi alat cukur lainnya di sini

Kami juga memiliki rekomendasi lain terkait alat cukur khusus wanita. Anda bisa menemukan alat cukur alis tipe manual ataupun elektrik. Bagi Anda yang suka mencukur alis sendiri, silakan lihat rekomendasi kami dengan mengeklik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Pisau cukur wanita hadir dengan berbagai tipe. Ada yang dapat digunakan pada hampir seluruh bagian tubuh, ada juga yang hanya dikhususkan untuk bagian tertentu saja. Untuk itu, pilihlah tipe yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Mencukur bulu pada bagian tubuh mana pun tidak boleh dilakukan sembarangan. Bila salah langkah, kulit Anda menjadi taruhannya. Agar lebih aman, bacalah petunjuk penggunaan alat cukur sebelum mulai bercukur. Nah, semoga informasi yang kami sajikan bermanfaat!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer