mybest
Saus

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Bumbu & bahan masakan
  4. 10 Rekomendasi Saus Barbeque Terbaik [Ditinjau oleh Chef]
  • 10 Rekomendasi Saus Barbeque Terbaik  [Ditinjau oleh Chef] 1
  • 10 Rekomendasi Saus Barbeque Terbaik  [Ditinjau oleh Chef] 2
  • 10 Rekomendasi Saus Barbeque Terbaik  [Ditinjau oleh Chef] 3
  • 10 Rekomendasi Saus Barbeque Terbaik  [Ditinjau oleh Chef] 4
  • 10 Rekomendasi Saus Barbeque Terbaik  [Ditinjau oleh Chef] 5

10 Rekomendasi Saus Barbeque Terbaik [Ditinjau oleh Chef]

Pesta barbeque kerap menjadi pilihan saat kumpul keluarga maupun sahabat dekat. Sajian berupa daging dan olahan dengan pelengkap berupa sayuran ini memang menjadi favorit. Salah satu bahan yang tidak boleh ketinggalan agar sajian barbeque Anda makin enak adalah saus barbeque.

Berbagai merek saus barbeque, misalnya Kikkoman, Remia, dan Del Monte memproduksi saus barbeque dengan keistimewaan rasa masing-masing. Kali ini, kami akan memberikan cara memilih dan merekomendasikan saus barbeque. Beragam saus barbeque terenak akan kami ulas, pilih saja sesuai selera Anda! Artikel ini sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari.
Diperbaharui 07/11/2023
Laire Siwi Mentari
Pakar
Chef
Laire Siwi Mentari

Kariernya di dunia kuliner selama 10 tahun membawa Laire menjadi chef dan pemilik restoran Jiwajawi di Yogyakarta. Setelah lulus dari Universitas Indonesia dan IONs Culinary College, Laire bekerja untuk beberapa cafe dan restoran sebagai kepala dapur. Repertoar Laire di antaranya adalah restoran Canting dan Sirjakula. Selain itu, ia juga menjadi konsultan untuk beberapa restoran besar lainnya yang menyajikan menu-menu Nusantara dan interkontinental. Ia sering berkolaborasi dengan beberapa restoran hotel dan mengadakan jamuan makan privat. Saat ini, Laire juga aktif mengajar culinary untuk program CSR PT Djarum dan telah menerbitkan buku berjudul "Kelana Lidah Jawa", sebuah bunga rampai fiksi sejarah kuliner yang diterbitkan oleh Ambarrukmo.

Profil Laire Siwi Mentari
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih saus barbeque

Pertimbangan utama dalam memilih saus barbeque adalah rasanya. Namun, ada juga poin lainnya yang sebaiknya Anda perhatikan. Berikut ini kami jelaskan lebih jauh.
1

Pilih sesuai bahan makanan yang ingin dipasangkan dengan saus

Saus yang umum beredar adalah saus yang rasanya mild dan lebih ringan dengan base kecap asin. Selain itu, saus yang rasanya kental dengan base saus tomat juga menjadi standar rasa saus bbq. Ada juga produk yang memiliki aroma khas masing-masing, misalnya beraroma bawang putih atau rempah-rempah. Anda bisa mencoba berbagai merek agar lebih mudah menemukan rasa yang pas di lidah.

Untuk ayam: Saus dengan tekstur kental

Untuk ayam: Saus dengan tekstur kental

Apabila Anda ingin memasak ayam, saus buat grill yang tepat adalah saus barbeque dengan tekstur yang kental. Saus dengan tekstur kental akan menutupi ayam sepenuhnya dan memberi rasa dengan optimal. Selain itu, oleskan saus barbeque pada ayam pada 10-15 menit terakhir memasak. Hal ini bertujuan agar daging ayam terlapisi dan matang secara merata.


Serat daging ayam, terutama bagian paha, sangatlah lembut. Sedikit tips, saat hendak memanggang ayam, sebaiknya Anda menyayat permukaan ayamnya terlebih dahulu dan melakukan marinasi. Marinasi daging ayam beberapa saat atau semalam agar sausnya makin meresap ke bagian dalam daging dan dapat matang sempurna.

Untuk daging sapi: Saus dengan base tomat

Untuk daging sapi: Saus dengan base tomat

Jika Anda akan menggunakan daging sapi, Anda dapat memilih saus barbeque dengan base tomat. Umumnya, saus barbeque dengan base tomat memiliki tekstur yang kental dan creamy. Meski demikian, Anda juga bisa menggunakan saus dengan tekstur light. Tinggal sesuaikan saja dengan ketebalan daging yang sudah diiris.


Saus barbeque berbahan dasar tomat akan lebih terasa asam dan bertekstur kental. Rasa asam dari tomat akan menyeimbangkan rasa “berat” dari daging merah sehingga akan lebih terasa segar. Rasa asam tomat ditambah rasa smokey dari daging yang dipanggang akan sangat menggugah selera.

Untuk seafood: Saus yang dapat menutupi bau amis

Untuk seafood: Saus yang dapat menutupi bau amis

Bosan dengan menu barbeque daging sapi dan ayam? Kalau begitu, cobalah menggunakan bahan utama berbagai jenis seafoodPilih saus barbeque yang banyak mengandung cuka dan rempah-rempah. Kandungan-kandungan tersebut membantu untuk menutupi bau amis.


Selain itu, sifat asam pada cuka juga dapat membuat seafood terutama daging ikan tetap lembut. Saus barbeque berbahan dasar cuka akan sangat cocok digunakan untuk seafood. Saus barbeque yang memiliki campuran bahan lain seperti rempah, madu, atau mustard juga akan menambah kelezatan.

Untuk produk olahan daging: Saus dengan aksen rasa manis

Untuk produk olahan daging: Saus dengan aksen rasa manis

Kunci dari rasa barbeque yang lezat adalah keseimbangan dari berbagai rasa. Manis, asam, asin, gurih, dan pedas dapat Anda temui pada saus barbeque yang enak. Untuk penggunaan pada produk olahan daging yang sudah ada rasa, gunakan saus barbeque dengan rasa manis.


Rasa manis saus barbeque berasal dari rasa tomat asli ditambah dengan campuran brown sugar atau pemanis lain. Pemanis lain tersebut di antaranya blackstrap molasses, maple syrup, madu, atau agave nectar. Dengan begitu, rasa produk olahan daging yang dipadu saus barbeque akan jadi lebih menggiurkan.

2

Periksa bahan baku dan kandungan zat aditifnya

Seperti halnya bahan makanan dalam kemasan lainnya, Anda pun perlu memeriksa komposisi dari saus barbeque. Jika memungkinkan, pilihlah saus barbeque yang tidak mengandung zat aditif. Di samping itu, Anda juga bisa mempertimbangkan bahan baku lain yang digunakan dalam membuat saus barbeque.

Tomat, memberikan warna yang cantik

Tomat, memberikan warna yang cantik

Tomat pada saus barbeque memberikan beberapa kegunaan di dalamnya. Tomat tidak hanya membuat tekstur menjadi kental dan rasa menjadi manis dan asam. Akan tetapi, warna merah alaminya juga dapat membuat saus menjadi berwarna cantik.


Dalam proses pembuatannya, biasanya tomat dijadikan puree terlebih dahulu. Puree tomat itulah yang membuat makin pekat. Rasa tomat yang asam juga membuat saus barbeque memiliki rasa tangy atau tajam.

Cuka, membantu melunakkan dan melembutkan daging

Cuka, membantu melunakkan dan melembutkan daging

Komposisi cuka pada saus barbeque menambah berbagai cita rasa pada masakan Anda. Cuka membantu untuk menyeimbangkan rasa manis dan menekan rasa pahit yang muncul. Selain itu, sifat asam atau acidic dari cuka juga mampu melunakkan dan melembutkan daging, terutama daging merah.


Hal ini terjadi karena asam dapat melemahkan kolagen dan protein dalam daging. Setelah protein dan kolagen dipecah oleh asam, protein dan kolagen akan meluruh. Proses ini akan membuat daging mengeluarkan cairan dan menjadi lebih empuk.

Cabai, penambah rasa pedas alami

Cabai, penambah rasa pedas alami

Apakah Anda penyuka makanan pedas? Jika iya, tentu cabai menjadi salah satu bahan yang wajib ada dalam masakan. Anda juga dapat menemukan saus barbeque dengan campuran cabai kering di dalamnya. Biasanya, rasa pedas pada saus barbeque tidak terlalu tajam sehingga masih bisa dinikmati orang yang tidak menyukai pedas.


Cabai adalah bahan stimulan alami yang dapat menambah selera makan. Selain itu, cabai juga menyebabkan peningkatan neurotransmiter yang membuat Anda merasa bahagia dengan meningkatkan serotonin dan endorfin dalam tubuh. Karena itu, mengonsumsi cabai juga dapat mengurangi kadar stres.

Madu, mendorong karamelisasi pada makanan

Madu, mendorong karamelisasi pada makanan

Campuran madu pada saus barbeque menciptakan rasa manis yang berbeda dari bahan baku pemanis lainnya. Madu akan memberikan rasa manis yang seimbang pada makanan. Dengan begitu, saus barbeque tidak akan terlalu manis. Ketika sudah dioleskan, madu mampu menghaluskan tekstur yang kasar pada daging.


Ketika daging dikaramelisasi oleh madu, tampilannya akan makin menarik dan menimbulkan rasa smokey yang sedap. Namun, Anda perlu memperhatikan temperatur dan waktu mengolahnya. Jika terlalu panas dan lama, madu akan menjadi gosong sehingga warnanya akan terlalu gelap dan terasa pahit.

3

Cek cara penyimpanan dan tanggal kedaluwarsa

Cek cara penyimpanan dan tanggal kedaluwarsa
Bila disimpan pada suhu ruangan, saus barbeque dapat bertahan hingga lebih dari setahun sebelum kemasannya dibuka. Sebagian besar saus barbeque harus disimpan di dalam kulkas setelah dibuka agar tetap awet. Bahkan, sebagian ada yang sebaiknya tidak disimpan terlalu lama setelah dibuka karena akan memengaruhi rasanya.

Sebelum membeli, pastikan Anda juga memeriksa tanggal kedaluwarsa. Bila tidak tertera, konsumsilah saus dalam jangka waktu 3–6 bulan setelah dibuka. Pertimbangkan dahulu seberapa sering Anda melakukan barbeque. Setelah itu, pilihlah saus yang kira-kira akan habis dalam kurun waktu 6 bulan setelah kemasannya dibuka.


Untuk penggunaan rumah tangga, sebaiknya Anda memilih kemasan kecil saja. Sebaliknya, untuk penggunaan komersial seperti restoran, pilihlah kemasan besar agar dapat memangkas budget belanja.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Saus Barbeque Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Saus Barbeque terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 07 November 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Komposisi utama
Kemasan
Berat bersih
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan
Jumlah protein
Tipe bumbu
1

Lasallefood

Del Monte Barbeque Sauce

Lasallefood  Del Monte Barbeque Sauce 1

Rp9.800

Agak Murah

Tekstur creamy dan rasa gurih khas bawang putih

Air, pasta tomat, gula, mustard, garam, tepung, rempah-rempah, pengawet natrium benzoat, pewarna karamel

Pouch, botol

250 g, 330 g, 1.000 g

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

6-24 bulan

Tidak diketahui

Krim

2

Foodindo Dwivestamas

My Taste Barbeque Sauce

Foodindo Dwivestamas My Taste Barbeque Sauce 1

Rp7.000

Lebih Murah

Kualitas bahan terbaik untuk rasa autentik yang memukau

Air, gula pasir, saus tomat, pasta tomat, kecap asin, margarin, bawang bombay, garam, perisa alami daging panggang

Pouch

100 g, 500 g, 1 kg

6 bulan

3

Kikkoman Akufood Indonesia

Saus Barbekue - BBQ Sauce

Kikkoman Akufood Indonesia Saus Barbekue - BBQ Sauce 1

Rp30.000

Agak Mahal

Nikmati barbeque dengan bumbu klasik Jepang yang sudah teruji turun-temurun

Air, sirup jagung tinggi fruktosa, garam, hasil fermentasi kedelai, pengental nabati, MSG, cabe hijau, mustard, jinten, bawang Bombay, bawang putih

Botol, jeriken

300 g, 2,2 kg, 5,7 kg

6-12 bulan

4

Sparindo Food

Smoky1 Barbecue Sauce

Sparindo Food Smoky1 Barbecue Sauce 1

Rp18.000

Menengah

Santapan barbeque jadi lebih aman dan higienis dengan saus ini

Pasta tomat, air, rempah-rempah, bawang putih, dan tepung jagung

Pouch

500 g, 1.000 g

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

12 bulan

Tidak diketahui

Krim

5

Pronas

Barbeque Sauce

Pronas Barbeque Sauce 1

Rp14.100

Menengah

Rasa gurih manisnya mampu memanjakan lidah

Pasta tomat, kecap kedelai, bawang bombay, bawang putih, bumbu barbeque, mustard kuning, bumbu rasa daging sapi, gula, minyak goreng,cabe kering, lada hitam bubuk, daun salam

Pouch

175 g

12 bulan

6

Lee Kum Kee

Saus Barbeque

Lee Kum Kee Saus Barbeque 1

Rp46.200

Agak Mahal

Sensasi rasa khas masakan oriental yang menggugah selera

Sugar, salt, fermented soybean paste, honey, soy sauce, malt syrup, dehydrated garlic, spices

Botol

240 g

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

6 bulan

Tidak diketahui

Krim

7

Gujati

Mazzoni Saus Barbeque

Gujati Mazzoni Saus Barbeque 1

Rp9.050

Agak Murah

Bikin masakan oriental menggunakan saus barbeque? Bisa saja!

Pasta tomat, gula, garam, MSG, perisa sintetik BBQ

Pouch

250 g, 1 kg

12 bulan

8

Kraft

Hickory Smoke Barbecue Sauce

Kraft  Hickory Smoke Barbecue Sauce 1

Rp44.000

Agak Mahal

Hadirkan aroma hickory yang autentik pada hidangan Anda

High fructose corn syrup, vinegar, tomato paste, molasses, modified cornstarch, salt, natural hickory smoke flavor, dried garlic, dried onions, mustard flour, caramel color, paprika

Botol

496 g, 510 g

6-18 bulan

9

Indopangan Sentosa

Mc Lewis Hot Spicy Barbeque Sauce

Indopangan Sentosa Mc Lewis Hot Spicy Barbeque Sauce 1

Rp16.100

Menengah

Sensasi rasa pedasnya bikin nagih!

Tidak diketahui

Pouch

310 g, 1 kg

12 bulan

10

Remia

Black Jack - Smokey BBQ Sauce

Remia Black Jack - Smokey BBQ Sauce 1

Rp52.000

Agak Mahal

Hadirkan cita rasa smokey barbeque khas Amerika

Tomato paste, vinegar, glucose-fructose syrup, molasses, sugar, modified starch, mustard, salt, onion extract, garlic, spices, smoke flavour

Botol

450 ml

12 bulan

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Lasallefood Del Monte Barbeque Sauce

Del Monte Barbeque Sauce 1
Sumber: lasallefood.id
Del Monte Barbeque Sauce 2
Sumber: shopee.co.id
Del Monte Barbeque Sauce 3
Sumber: shopee.co.id
Del Monte Barbeque Sauce 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp9.800
Agak Murah
Harga referensi
Rp9.800
Agak Murah

Tekstur creamy dan rasa gurih khas bawang putih

Campuran bahan-bahan dalam produk Del Monte ini mampu membuat makanan menjadi makin lezat. Terlebih lagi, di dalamnya ada kandungan mustard yang membuat rasa saus barbeque ini menjadi seimbang. Jadi, Anda tidak akan mudah enek karena rasa manis yang dominan.

Saus barbeque ini juga bisa disajikan tanpa dimasak terlebih dahulu. Anda yang ingin menghemat waktu, tetapi tetap ingin makan nikmat tentu akan terbantu dengan hadirnya produk ini. Membuat steak saus barbeku dalam waktu singkat pun tidak jadi masalah.

Komposisi utamaAir, pasta tomat, gula, mustard, garam, tepung, rempah-rempah, pengawet natrium benzoat, pewarna karamel
KemasanPouch, botol
Berat bersih250 g, 330 g, 1.000 g
Porsi penyajianTidak diketahui
Jenis masakanTidak diketahui
Mengandung santanTidak diketahui
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
KaloriTidak diketahui
Daya tahan6-24 bulan
Jumlah proteinTidak diketahui
Tipe bumbuKrim
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Foodindo DwivestamasMy Taste Barbeque Sauce

Harga referensi
Rp7.000
Lebih Murah

Kualitas bahan terbaik untuk rasa autentik yang memukau

My Taste Barbeque Sauce adalah saus barbeque yang lezat dan autentik, dibuat dari bahan-bahan alami berkualitas tinggi. Rasa manis, asam, dan pedas yang seimbang memberikan sentuhan sempurna pada hidangan Anda. Saus ini cocok untuk berbagai macam makanan, mulai dari steak hingga sayuran panggang. 


Produk ini direkomendasikan untuk para pencinta kuliner yang ingin menambahkan rasa barbeque yang kaya pada masakan Anda. Nikmati sensasi memasak yang luar biasa dengan My Taste Barbeque Sauce!

Komposisi utamaAir, gula pasir, saus tomat, pasta tomat, kecap asin, margarin, bawang bombay, garam, perisa alami daging panggang
KemasanPouch
Berat bersih100 g, 500 g, 1 kg
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan6 bulan
Jumlah protein
Tipe bumbu
View all
No.3

Kikkoman Akufood IndonesiaSaus Barbekue - BBQ Sauce

Harga referensi
Rp30.000
Agak Mahal

Nikmati barbeque dengan bumbu klasik Jepang yang sudah teruji turun-temurun

Jadikan momen barbeque bersama keluarga makin nikmat dengan bumbu klasik ala Jepang ini. Dengan harga terjangkau, Anda bisa mendapatkan saus BBQ enak yang mampu memberikan rasa gurih mantap pada hidangan. Gunakan produk ini untuk merendam daging, sebagai cocolan, atau dioleskan langsung kala memanggang.
Komposisi utamaAir, sirup jagung tinggi fruktosa, garam, hasil fermentasi kedelai, pengental nabati, MSG, cabe hijau, mustard, jinten, bawang Bombay, bawang putih
KemasanBotol, jeriken
Berat bersih300 g, 2,2 kg, 5,7 kg
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan6-12 bulan
Jumlah protein
Tipe bumbu
View all
No.4

Sparindo FoodSmoky1 Barbecue Sauce

Harga referensi
Rp18.000
Menengah

Santapan barbeque jadi lebih aman dan higienis dengan saus ini

Jika bumbu nge-grill daging instan dengan bahan-bahan alami berkualitas tinggi menjadi prioritas Anda, pilih saja produk ini. Smoky1 Barbecue Sauce telah melewati proses pasteurisasi untuk menghasilkan produk yang higienis dan berkualitas. Jadi, Anda bisa menikmati santapan barbeque yang enak dan aman kapan saja.


Selain itu, produk ini memiliki harga yang terjangkau dengan pilihan ukuran kemasan 500 gram dan 1 kg. Silakan pilih produk ini untuk menghemat budget saat mengadakan pesta barbeque dengan teman-teman atau keluarga.

Komposisi utama Pasta tomat, air, rempah-rempah, bawang putih, dan tepung jagung
KemasanPouch
Berat bersih500 g, 1.000 g
Porsi penyajianTidak diketahui
Jenis masakanTidak diketahui
Mengandung santanTidak diketahui
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
KaloriTidak diketahui
Daya tahan12 bulan
Jumlah proteinTidak diketahui
Tipe bumbuKrim
View all
No.5

PronasBarbeque Sauce

Harga referensi
Rp14.100
Menengah

Rasa gurih manisnya mampu memanjakan lidah

Jika Anda menyukai rasa yang gurih manis, saus barbeque dari Pronas ini cocok dijadikan pilihan. Campuran kecap manis dan tomat di dalamnya dijamin menghadirkan rasa yang mampu memanjakan lidah.

Memiliki tekstur agak cair, Anda tidak perlu menambahkan air atau cuka ketika mengoleskannya pada makanan. Saus barbeque ini juga bisa Anda gunakan untuk marinasi bahan masakan sebelum dimasak.

Komposisi utamaPasta tomat, kecap kedelai, bawang bombay, bawang putih, bumbu barbeque, mustard kuning, bumbu rasa daging sapi, gula, minyak goreng,cabe kering, lada hitam bubuk, daun salam
KemasanPouch
Berat bersih175 g
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan12 bulan
Jumlah protein
Tipe bumbu
View all
No.6

Lee Kum KeeSaus Barbeque

Harga referensi
Rp46.200
Agak Mahal

Sensasi rasa khas masakan oriental yang menggugah selera

Saus barbeque dengan bahan baku kacang kedelai fermentasi ini menciptakan rasa yang baru dibandingkan saus barbeque lainnya. Teksturnya yang kental cocok untuk dioleskan pada daging panggang atau daging asap.


Bukan hanya daging, saus ini juga pas untuk daging ayam yang membutuhkan olesan saus yang solid. Bahkan, Anda bisa menggunakan produk Lee Kum Kee ini sebagai bumbu untuk menumis masakan! Anda yang menggemari masakan dengan cita rasa oriental, sebaiknya segera masukkan produk ini dalam daftar belanja.

Komposisi utamaSugar, salt, fermented soybean paste, honey, soy sauce, malt syrup, dehydrated garlic, spices
KemasanBotol
Berat bersih240 g
Porsi penyajianTidak diketahui
Jenis masakanTidak diketahui
Mengandung santanTidak diketahui
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
KaloriTidak diketahui
Daya tahan6 bulan
Jumlah proteinTidak diketahui
Tipe bumbuKrim
View all
No.7

GujatiMazzoni Saus Barbeque

Harga referensi
Rp9.050
Agak Murah

Bikin masakan oriental menggunakan saus barbeque? Bisa saja!

Jika Anda merupakan pencinta masakan oriental, tetapi ingin mencoba rasa yang berbeda, gunakan saja Saus Mazzoni. Saus ini cocok untuk berbagai jenis masakan berbahan dasar ayam, sapi, ikan, seafood, bahkan mi.


Di dalamnya sudah terkandung rempah pala yang akan memberi aroma harum dan memperkuat rasa masakan Anda. Jadi, siap-siap saja merasakan cita rasa baru dalam masakan oriental yang biasa Anda santap.

Komposisi utamaPasta tomat, gula, garam, MSG, perisa sintetik BBQ
KemasanPouch
Berat bersih250 g, 1 kg
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan12 bulan
Jumlah protein
Tipe bumbu
View all
No.8

Kraft Hickory Smoke Barbecue Sauce

Harga referensi
Rp44.000
Agak Mahal

Hadirkan aroma hickory yang autentik pada hidangan Anda

Kraft Hickory Smoke Barbecue Sauce adalah kunci rahasia untuk hidangan barbeque yang tak terlupakan. Dengan sentuhan hickory yang khas, saus ini memberikan cita rasa autentik dari asap pohon hickory yang terkenal. Terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi, saus ini akan mengangkat rasa daging panggang Anda ke level berikutnya. 


Produk ini direkomendasikan untuk para pencinta BBQ yang menghargai rasa alami dan autentik. Dengan saus ini, setiap pesta atau acara piknik akan menjadi pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Komposisi utamaHigh fructose corn syrup, vinegar, tomato paste, molasses, modified cornstarch, salt, natural hickory smoke flavor, dried garlic, dried onions, mustard flour, caramel color, paprika
KemasanBotol
Berat bersih496 g, 510 g
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan6-18 bulan
Jumlah protein
Tipe bumbu
View all
No.9

Indopangan SentosaMc Lewis Hot Spicy Barbeque Sauce

Harga referensi
Rp16.100
Menengah

Sensasi rasa pedasnya bikin nagih!

Apabila biasanya saus barbeque memiliki rasa cenderung manis, lain halnya dengan produk ini. Mc Lewis Hot Spicy Barbeque Sauce memiliki rempah yang kaya dan rasa pedas yang menggigit. Sensasi yang diberikannya dijamin membuat Anda ketagihan. Para pencinta makanan pedas tentu wajib mencobanya! Di samping untuk barbeque, saus ini juga tidak kalah nikmat dijadikan saus cocol atau salad dressing.
Komposisi utamaTidak diketahui
KemasanPouch
Berat bersih310 g, 1 kg
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan12 bulan
Jumlah protein
Tipe bumbu
View all
No.10

RemiaBlack Jack - Smokey BBQ Sauce

Harga referensi
Rp52.000
Agak Mahal

Hadirkan cita rasa smokey barbeque khas Amerika

Ingat barbeque, tentu ingat Amerika, negara asal makanan ini. Ingin mencicipi rasa barbeque khas Amerika, tetapi tak ingin repot ke sana? Produk yang disebut-sebut sebagai the real American BBQ/grill sauces ini adalah solusinya! Perpaduan harumnya rempah-rempah, segarnya tomat, dan aroma smokey akan menambah kesempurnaan barbeque Anda.
Komposisi utamaTomato paste, vinegar, glucose-fructose syrup, molasses, sugar, modified starch, mustard, salt, onion extract, garlic, spices, smoke flavour
KemasanBotol
Berat bersih450 ml
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan12 bulan
Jumlah protein
Tipe bumbu
View all

Tips memasak dan berbagai variasi masakan yang bisa Anda coba

Selain menjelaskan cara memilih dan mengulas produk-produk saus barbeque, kami juga akan membagikan beberapa hal yang menarik untuk dicoba. Langsung saja simak pemaparannya, ya!

Tips memasak menggunakan saus barbecue

Tips memasak menggunakan saus barbecue

Sebelum memutuskan untuk membeli saus barbeque, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu jenis daging yang akan digunakan. Ada perbedaan yang cukup signifikan antara American barbeque dan Korean barbeque.


Biasanya, Korean barbeque menggunakan daging yang diiris tipis, sehingga hanya perlu dimarinasi sebentar dan dipanggang dengan pan antilengket. Sementara itu, American barbeque umumnya menggunakan daging tebal, sehingga perlu dimarinasi dan dipanggang dalam waktu yang lama.


Setelah memilih saus barbeque yang Anda inginkan, perhatikan kembali cara menggunakan saus barbeque agar hasilnya memuaskan. Jangan sampai makanan Anda menjadi tidak sesuai karena penggunaan saus yang salah.


  • Pemanggangan
Untuk daging sapi, oleskan saus barbeque sebelum memasak lalu diamkan selama beberapa jam. Saat dimasak, oleskan kembali saus barbeque tiap jam. Pada jam terakhir, keluarkan daging dari panggangan dan oleskan lagi saus barbeque dan tutup dengan aluminum foil. Kemudian, panggang daging kembali dengan api sangat kecil. Proses ini membuat bumbu barbeque meresap dan memiliki cita rasa smokey.

Sementara untuk daging ayam, oleskan saus barbeque pada permukaan daging secara tipis-tipis dan berulang. Lakukan sebelum daging mendekati kematangan yang diinginkan. Apabila ingin mendapatkan rasa yang merata, Anda bisa marinasi daging sebelum dipanggang. Di samping itu, oleskan saus barbeque secara tebal pada daging ayam pada 10 menit terakhir memanggang.


  • Pengasapan
Marinasi daging ayam, sapi, atau pork dengan saus barbeque sebelum proses pengasapan. Berbeda dengan pemanggangan, proses ini membutuhkan waktu lama dengan suhu panas yang stabil. Selain itu, suhu yang dihantarkan juga tidak langsung sehingga pastikan daging sudah menyerap saus terlebih dahulu.

Berbagai variasi resep makanan dengan saus barbeque

Berbagai variasi resep makanan dengan saus barbeque
Apakah saus barbeque hanya dapat digunakan untuk memasak barbeque saja? Jawabannya tentu tidak! Saus barbeque yang lezat dan kaya rasa ternyata dapat digunakan sebagai pelengkap bumbu dapur.

Jangan ragu untuk menggunakan saus barbeque sebagai bahan dasar pengolahan makanan. Beberapa menu yang Anda kira tidak bisa disandingkan dengan saus barbeque juga mungkin saja bisa diolah. Cobalah untuk mencari tahu di internet karena terdapat banyak sekali resep-resep berbahan saus barbeque yang out of the box.


Berikut kami paparkan ide memasak menggunakan saus barbeque:


  • Sebagai pengganti salad dressing
Kombinasi berbagai sayuran ditambah saus barbeque sebagai dressing dapat menghasilkan rasa yang lezat. Sebagai pelengkap, Anda juga dapat menambahkan irisan daging sapi atau ayam. Namun, sebaiknya gunakan saus barbeque dengan tekstur light, ya.

  • Base tomat untuk nasi hayashi
Masakan khas Jepang ini berupa nasi putih yang disajikan dengan masakan daging sapi. Caranya, tumis daging sapi bersama bawang bombai, lalu masukkan saus barbeque, puree tomat, saus tomat, dan bumbu lainnya. Ketika sudah hampir matang, tambahkan butter agar rasanya makin lembut di lidah.

  • Untuk pot au feu
Pot au feu adalah masakan sejenis stew dari Prancis yang berbahan sayuran dan daging. Caranya pun mudah, cukup masak daging, kol, wortel, kentang, dan sayuran ke dalam panci. Jangan lupa masukkan bumbu untuk pot au feu. Setelah hampir matang, segera tambahkan saus barbeque.


  • Base kecap asin untuk menumis
Campurkan sedikit saus barbeque pada berbagai tumisan, seperti kangkung, bayam, brokoli, dan sebagainya. Trik ini sangat berguna, terlebih saat Anda kehabisan saus tiram.

  • Bumbu tambahan untuk mie goreng
Ingin sajian mi goreng yang berbeda dari biasanya? Tambahkan saus barbeque sebagai bumbu pelengkapnya. Anda dapat memakai saus barbeque dengan base tomat ataupun kecap asin untuk mendapatkan mi goreng yang lebih legit.

  • Bumbu tambahan untuk nasi goreng
Hidangan sejuta umat ini tentu akan lebih lezat dengan tambahan saus barbeque. Anda dapat menggunakan segala jenis saus barbeque, mulai dari yang base kecap asin hingga base tomat.

5 Rekomendasi Saus Barbeque terbaik

No. 1: Lasallefood Del Monte Barbeque Sauce

No. 2: Foodindo DwivestamasMy Taste Barbeque Sauce

No. 3: Kikkoman Akufood IndonesiaSaus Barbekue - BBQ Sauce

No. 4: Sparindo FoodSmoky1 Barbecue Sauce

No. 5: PronasBarbeque Sauce

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Bumbu & bahan masakan
  4. 10 Rekomendasi Saus Barbeque Terbaik [Ditinjau oleh Chef]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.