10 Rekomendasi Saus Barbeque Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Saus Barbeque Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Pesta barbeque memang kerap menjadi pilihan sebagai ajang kumpul keluarga maupun sahabat dekat. Sajian berupa daging segar dan olahan dengan pelengkap berupa sayuran ini memang banyak menjadi favorit. Salah satu bahan yang tidak boleh ketinggalan agar barbeque Anda semakin enak adalah saus barbeque.

Berbagai brand, seperti Kraft, Remia, Club House, dan sebagainya, memproduksi saus barbeque dengan keistimewaan rasa masing-masing. Untuk itu, bila Anda masih bingung produk mana yang harus dipilih, kami akan memberikan rekomendasinya untuk Anda. Namun, sebelum itu simaklah dahulu tips memilihnya!

Daftar isi

Cara memilih saus barbeque

Pertimbangan utama dalam memilih saus barbeque adalah rasanya. Namun, sebagai konsumen yang cerdas, ada baiknya Anda juga mempertimbangkan beberapa poin lain. Poin-poin apa sajakah itu? Simak selengkapnya!

Temukan rasa yang sesuai dengan selera Anda

Temukan rasa yang sesuai dengan selera Anda

Rasa saus barbeque memang jadi poin utama dalam memilih. Anda dapat memilih saus bertekstur ringan dengan base kecap asin atau base tomat yang kental. Selain tekstur, setiap produk juga memiliki ciri khas aroma masing-masing. Ada produk yang memiliki aroma bawang putih kuat, bahkan ada pula yang kaya akan aroma bawang merah dan rempah-rempah. Anda bisa mencoba semua merek agar lebih mudah menemukan produk yang pas di lidah Anda.

Bila Anda telah menemukan saus barbeque favorit, sebaiknya Anda tidak berhenti begitu saja karena tidak ada salahnya untuk mencoba produk lainnya. Misalnya, Anda lebih suka saus barbeque bertekstur ringan dengan base kecap asin, Anda dapat mencoba produk dengan karakteristik serupa buatan produsen lain. Anda akan merasakan perbedaannya. Hal tersebut juga salah satu cara menikmati saus barbeque.

Pada saat pesta barbeque, ada baiknya juga bila Anda menyediakan lebih dari 1 produk saus karena tamu Anda tentu memiliki selera yang berbeda-beda pula.

Pilih kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan

Pilih kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan

Kapasitas sering diabaikan pada saat memilih saus barbeque. Karena berencana mengundang banyak tamu di pesta barbeque, Anda pun membeli saus dalam kemasan botol besar. Namun, ternyata saus masih tersisa dan terpaksa Anda simpan di kulkas padahal ukuran botolnya besar sehingga menyita banyak ruang. Ada baiknya bila Anda pikirkan matang-matang mengenai jumlah orang sebelum memutuskan ukuran kemasan saus yang hendak dibeli. Sebisa mungkin, beli saja ukuran yang dapat langsung habis setelah digunakan.

Periksa bahan baku dan kandungan bahan aditifnya

Periksa bahan baku dan kandungan bahan aditifnya

Seperti halnya bahan makanan dalam kemasan lainnya, Anda pun perlu memeriksa bahan baku dari saus barbeque. Jika memungkinkan, pilihlah saus barbeque yang tidak mengandung bahan aditif. Namun, karena saus barbeque umumnya dapat bertahan cukup lama, kebanyakan produk mengandung bahan aditif. Sebagai alternatif, pilihlah saus barbeque yang setidaknya aman bagi kesehatan.

Bila Anda memiliki alergi terhadap bahan makanan tertentu, Anda juga perlu memeriksa kandungan bahan alergen pada produk tersebut. Sebagian saus barbeque mengandung tepung terigu atau kedelai yang dapat memicu alergi. Jadi, jelilah dalam memilih!

Ketahui cara penyimpanan dan tanggal expired-nya

Ketahui cara penyimpanan dan tanggal expired-nya

Sebelum dibuka, bila disimpan pada suhu ruangan, saus barbeque dapat bertahan hingga lebih dari setahun. Memang tahan lama, tetapi tidak setelah kemasan dibuka. Sebagian besar saus barbeque harus disimpan di dalam kulkas setelah dibuka agar tetap awet. Bahkan, di antaranya ada yang sebaiknya tidak disimpan terlalu lama setelah dibuka.

Sebelum membeli, pastikan Anda mengetahui tanggal expired-nya. Bila memang tidak tertera tanggalnya, segera konsumsi saus dalam jangka waktu 3-6 bulan setelah dibuka. Selain tanggal expired, Anda juga perlu mengetahui ketahanan saus setelah kemasan dibuka. Umumnya, saus barbeque masih baik digunakan dalam kurun waktu 6 bulan setelah kemasan dibuka.

Tips bila Anda membeli saus barbeque dari toko online adalah pastikan Anda bertanya kepada penjual mengenai tanggal expired produk. Hal ini penting terutama bila Anda ingin membeli dalam kemasan besar atau dalam jumlah banyak.

10 Rekomendasi saus barbeque terbaik

Setelah mengetahui berbagai hal yang perlu diperhatikan dalam memilih saus barbeque, kini saatnya kami memberikan beberapa produk terbaik yang telah kami pilih. Semuanya lezat dan berkualitas karena itu, temukanlah saus barbeque yang paling sesuai dengan selera Anda!

10. Kraft Original Barbeque Sauce

10. Kraft Original Barbeque Sauce

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 65.000

Aksen manis dan smokey dengan tekstur lembut

Produk dari Kraft ini sepertinya merupakan pilihan tepat untuk Anda yang mencari mencari saus barbeque dengan aksen manis. Perpaduan gula asli dan tomato puree-nya memberikan cita rasa manis yang akan memanjakan lidah Anda. Ditambah juga campuran cuka dan rempah-rempah, saus ini semakin menggoyang lidah.

Saus yang bertekstur lembut ini memiliki aroma smokey dari kayu hickory alami yang semakin menggugah selera. Bawang putihnya juga turut berperan memberikan aroma yang sedap. Agar lebih terasa bumbunya, diamkan daging dalam rendaman saus ini beberapa saat sebelum dimasak. Rasakan kenikmatan yang meresap hingga ke dalam daging!

9. Remia Black Jack – Smokey BBQ Sauce

9. Remia Black Jack - Smokey BBQ Sauce

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 89.900

Sensasi smokey barbeque khas Amerika di meja makan Anda

Ingat barbeque, tentu ingat Amerika, negara asal makanan ini. Ingin mencici rasa barbeque khas Amerika, tetapi tak ingin repot pergi ke sana? Remia Black Jack akan memenuhi hasrat Anda. Merupakan salah satu rangkaian dari Remia The Real American BBQ/Grill Sauces, produk ini mengusung rasa klasik barbeque khas Amerika.

Perpaduan harumnya rempah-rempah, segarnya tomat, dan  aroma kayu hickory yang smokey, akan menambah kesempurnaan barbeque Anda. Dengan rasa gurih dan sedikit manis, saus bertekstur creamy ini juga cocok untuk bumbu marinate. Tidak mengandung gluten, produk ini semakin aman untuk Anda yang alergi gluten.

8. Club House La Grille Montreal Steak Spice BBQ Sauce

8. Club House La Grille Montreal Steak Spice BBQ Sauce

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 389.900

Rasa rempah yang berani khas barbeque ala Montreal

Di antara sekian banyaknya jenis barbeque di Amerika, barbeque khas Montreal adalah salah satu yang sedang naik daun karena cita rasa sausnya yang berani. Nah, bagi Anda yang penasaran, saus barbeque dari Club House ini bisa dicoba. Hadirkan cita rasa barbeque kaya rempah khas Montreal di pesta barbeque Anda!

Bukan hanya rempah-rempah yang menjadi andalan, produk ini juga memiliki racikan bumbu yang mantap di lidah. Tekstur kentalnya yang nikmat berasal dari saus tomat dan molase original khas Club House. Saus masih tersisa setelah pesta? Anda bisa menggunakannya sebagai saus cocolan kentang goreng atau daging steak Anda.

7. Kraft Sweet Honey Barbecue Sauce

7. Kraft Sweet Honey Barbecue Sauce

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 69.900

Melezatkan sekaligus membuat daging lebih lunak

Tidak hanya memberikan rasa manis alami, madu memiliki banyak manfaat, termasuk untuk berbagai masakan daging. Selain untuk melezatkan daging barbeque dengan aksen manis dan gurih, produk ini juga dapat membuat daging lebih lunak. Caranya, rendam daging di dalam saus ini beberapa saat sebelum dipanggang.

Selain menjadikan daging lebih lunak dan empuk dengan perendaman, rasa saus ini pun akan lebih meresap ke dalam daging Anda. Ketika daging dipanggang, madu akan membentuk semacam karamel sehingga menambah harum aroma barbeque Anda. Pesta barbeque Anda dihadiri banyak lansia? Produk ini pasti akan membuat mereka terkesan.

6. Hunt’s Honey Mustard BBQ Sauce

6. Hunt's Honey Mustard BBQ Sauce

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 78.000

Kombinasi madu dan mustard yang hasilkan keunikan rasa

Apa jadinya bila madu dan mustard berpadu menjadi satu dalam wujud saus barbeque? Untuk jawaban real-nya, silakan coba sendiri produk ini. Racikan saus barbeque dari Hunt’s ini memiliki rasa manis dengan aksen tangy yang khasCocok untuk Anda yang sudah bosan menikmati saus barbeque dengan rasa standar.

Saus barbeque yang dikemas dalam botol plastik ini juga dipadukan dengan cuka untuk memberikan sensasi asam yang segar sehingga tidak terasa enek. Memiliki kandungan alkohol, sebaiknya Anda berhati-hati terhadap produk ini, terutama Anda yang menghindari konsumsi alkohol karena alasan kesehatan atau keyakinan.

5. Sweet Baby Ray’s Sweet ‘n Spicy Barbecue Sauce

5. Sweet Baby Ray's Sweet 'n Spicy Barbecue Sauce

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 112.000

Sensasi rasa pedas manis yang menggugah

Perpaduan cabai asli dari, Meksiko, yaitu jalapeño yang pedasnya membakar lidah dan molase yang bittersweet menghasilkan saus barbeque dengan sensasi unik yang mengguggah selera. Tidak hanya sekedar pedas dan manis, produk ini juga memadukan rempah-rempah sehingga rasa barbeque Anda jadi lebih nendang.

Berbahan dasar tomat pilihan, saus barbeque ini memiliki aksen rasa asam yang segar dengan tekstur lembut dan sedikit creamy. Bagi Anda pencinta rasa pedas, pasti akan makan lebih lahap dengan produk yang satu ini. Menggunakannya sebagai pengganti saus pada burger, ayam goreng tepung, dan kentang goreng, juga nikmat.

4. Chung Jung Won Beef Galbi Marinade

4. Chung Jung Won Beef Galbi Marinade

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 32.000

Nikmati sajian authentic barbeque ala Korea di rumah!

Anda penikmat drama Korea pasti pernah menyaksikan adegan di mana si lakon menikmati galbi atau barbeque ala Korea dengan lahapnya. Tidak perlu sampai ngiler karena Anda pun dapat membuat sendiri barbeque ala Korea di rumah! Saus barbeque khas Korea dari Chung Jung Won ini dapat membantu Anda mewujudkannya.

Berbahan dasar kecap asin, ditambah dengan sari buah pir Korea dan anggur merah, membuat saus ini memiliki rasa gurih, manis, dan segar. Saus yang terbuat dari bahan alami ini cocok baik untuk daging sapi maupun domba. Produk dengan kandungan alkohol 0,49% ini juga praktis digunakan sebagai bumbu marinate agar daging lebih empuk.

3. Ebara Yakiniku no tare Shoyu aji (Barbecue Sauce)

3. Ebara Yakiniku no tare Shoyu aji (Barbecue Sauce)

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 80.000

Saus barbeque ala Jepang yang kaya rasa

Bila Anda penggemar makanan Jepang, pasti sudah tidak asing lagi dengan yakiniku atau barbeque ala Jepang. Saus barbeque ini berbahan dasar kecap asin dipadu dengan perasan jeruk lemon yang segar dan minyak wijen yang gurih. Rasa asin dan gurih dengan aksen asam lemon serta harumnya wijen siap melezatkan barbeque Anda.

Saus barbeque ini memiliki tekstur yang lebih cair jika dibandingkan dengan saus barbeque lain pada umumnya. Namun, untuk kemantapan rasanya, saus ini tidak akan kalah. Kaya rasa berkat paduan bahan-bahan yang berkualitas, saus ini pun sangat tepat untuk Anda yang menginginkan saus barbeque ala Jepang.

2. Cattlemen’s Carolina Tangy Gold BBQ Sauce

2. Cattlemen's Carolina Tangy Gold BBQ Sauce

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 99.000

Sensasi berbeda dengan saus berbahan baku mustard

Bila biasanya saus barbeque memiliki bahan baku kecap asin ataupun saus tomat, lain halnya dengan saus yang satu ini. Saus barbeque dari Cattlemen’s ini memiliki bahan baku mustard yang pastinya wajib untuk Anda coba, terutama bagi Anda yang menyukai rempah-rempah dengan rasa tangy yang mendominasi.

Rasa mustard-nya yang tajam bercampur dengan cuka apel, molase, dan aroma kayu hickory alami, menciptakan rasa berani dan kompleks untuk sajian barbeque Anda. Disamping untuk barbeque, saus dengan aksen smokey ini juga tidak kalah nikmatnya untuk saus cocol atau salad dressing. Ciptakan sensasi baru pada barbeque Anda!

1. Remia Wild Bill – American Garlic Sauce

1. Remia Wild Bill - American Garlic Sauce

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 79.900

Tekstur creamy dan rasa gurih khas bawang putih

Daging dan bawang putih adalah perpaduan bahan yang 100% akan menghadirkan rasa nikmat di atas piring Anda. Kelezatan bawang putih untuk barbeque, bisa Anda dapatkan melalui produk ini. Adanya kandungan bawang putih di dalam produk ini juga membuat daging lebih juicy dengan harum yang menggoda ketika dipanggang.

Dibuat dari bahan alami dengan kandungan telur, tetapi bebas gluten, produk ini sehat untuk dikonsumsi. Perpaduan rempahnya pun menambah lengkap kelezatannya. Racikan saus barbeque yang termasuk dalam rangkaian Remia The Real American BBQ/Grill Sauces ini pasti akan membuat pencinta bawang putih jatuh cinta.

Berbagai variasi resep makanan dengan saus barbeque

Apakah Anda mengira saus barbeque hanya dapat digunakan untuk memasak barbeque saja? Jawabannya, tentu tidak. Saus barbeque yang lezat dan kaya rasa, ternyata dapat digunakan sebagai pelengkap bumbu dapur Anda. Bila Anda memiliki sisa saus barbeque, Anda dapat menggunakannya sebagai bumbu agar rasa masakan Anda semakin bervariasi. Misalnya, variasi pada masakan yang akan kami paparkan di bawah ini.

Saus barbeque sebagai pengganti salad dressing

Saus barbeque sebagai pengganti salad dressing

Anda dapat memanfaatkan saus barbeque sebagai pengganti salad dressing Anda. Siapa sangka kombinasi berbagai sayuran, seperti selada, irisan bawang bombai, wortel, mentimun ditambah dengan saus barbeque sebagai dressing menghasilkan rasa yang lezat. Sebagai pelengkap, Anda dapat menambahkan irisan daging sapi atau ayam. Baik dengan saus barbeque base tomat maupun kecap asin, semuanya pantas dicoba.

Saus barbeque dengan base tomat untuk nasi hayashi

Saus barbeque dengan base tomat untuk nasi hayashi

Anda mungkin belum akrab dengan nama hidangan yang satu ini. Nasi hayashi adalah masakan khas Jepang berupa nasi putih yang disajikan dengan masakan daging sapi. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba membuat hidangan ini di rumah, saus barbeque dengan base tomat bisa meningkatkan presentase keberhasilan Anda. Rasanya dijamin akan lebih lezat.

Caranya mudah. Tumis daging sapi bersama dengan bawang bombai, lalu masukan saus barbeque, puree tomat, saus tomat, dan bumbu lainnya. Ketika sudah hampir matang, tambahkan mentega atau butter agar rasanya semakin lembut di lidah. Membuatnya dengan sisa daging dan saus setelah pesta barbeque dan menyajikannya sebagai makanan penutup juga ide yang bagus.

Saus barbeque dengan base tomat untuk pot au feu

Saus barbeque untuk menambah rasa pada pot au feu

Pot au feu adalah masakan sejenis stew dari Perancis yang berbahan sayuran dan daging. Hidangan ini nikmat disajikan panas dan tentu lebih lezat dengan tambahan saus barbeque. Caranya pun mudah. Anda tinggal masak lobak, wortel, kentang, brokoli, dan sayuran favorit Anda yang lain di dalam panci. Jangan lupa masukkan bumbu untuk pot au feu. Setelah hampir matang, tambahkan saus barbeque dan rempah-rempah bila Anda suka.

Saus barbeque dengan base kecap asin yang menambah kelezatan tumisan

Saus barbeque dengan base kecap asin yang menambah kelezatan tumisan

Saus barbeque sebagai bumbu masakan tumis Anda? Mengapa tidak! Campurkan sedikit saus barbeque pada berbagai tumisan, seperti kangkung, bayam, brokoli, dan sebagainya. Trik ini sangat berguna apalagi saat Anda kehabisan saus tiram. Cabai, bawang, garam, gula, dan bumbu tumisan lainnya plus saus barbeque dengan base kecap asin bisa menjadi bumbu rahasia untuk kelezatan tumisan Anda.

Saus barbeque sebagai bumbu tambahan untuk mie goreng

Saus barbeque sebagai bumbu tambahan untuk mie goreng

Ingin sajian mie goreng yang lain dari yang lain? Tambahkan saus barbeque sebagai pelengkap bumbunya. Anda dapat menggunakan saus barbeque dengan base tomat untuk mie goreng yang lebih legit atau base kecap asin untuk aksen oriental. Cukup tumis sayur, mie, bawang putih, gula, garam, dan ditambah dengan saus barbeque, Anda dapat menciptakan variasi rasa baru mie goreng di dapur Anda.

Saus barbeque untuk menambah mantap rasa nasi goreng

Saus barbeque untuk menambah mantap rasa nasi goreng

Hidangan sejuta umat ini tentu akan lebih lezat dengan tambahan saus barbeque. Anda dapat menggunakan segala jenis saus barbeque, mulai dari base kecap asin hingga base tomat. Caranya, campurkan saja saus ke dalam nasi, lalu masak hingga matang. Mudah, cepat, dan lezat! Memadukan nasi goreng dengan beragam jenis saus barbeque pasti bisa menjadi petualangan rasa yang menyenangkan.

Kesimpulan

Terdapat berbagai jenis saus barbeque ditilik dari segi tekstur dan aromanya. Ada yang memiliki tekstur ringan seperti saus dengan base kecap asin, ada pula yang bertekstur kental dengan base tomat. Tidak hanya untuk barbeque, saus barbeque juga cocok digunakan sebagai bumbu masakan lain.

Memilih saus barbeque sebaiknya tidak hanya berdasarkan rasa saja, tetapi juga bahan baku dan ukuran kemasan. Nah, kami telah memberikan 10 rekomendasi saus barbeque yang semuanya lezat. Sekarang, pilihlah sendiri produk yang paling sesuai dengan selera Anda!