• 10 Merk Saus Barbeque Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Merk Saus Barbeque Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Merk Saus Barbeque Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Merk Saus Barbeque Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Merk Saus Barbeque Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Merk Saus Barbeque Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)

Pesta barbeque kerap menjadi pilihan saat kumpul keluarga maupun sahabat dekat. Sajian berupa daging dan olahan dengan pelengkap berupa sayuran ini memang menjadi favorit. Salah satu bahan yang tidak boleh ketinggalan agar sajian barbeque Anda makin enak adalah saus barbeque.

Berbagai merek saus barbeque, misalnya Kikkoman, Remia, dan Del Monte memproduksi saus barbeque dengan keistimewaan rasa masing-masing. Kali ini, kami akan memberikan cara memilih dan merekomendasikan saus barbeque. Beragam saus barbeque terenak akan kami ulas, pilih saja sesuai selera Anda! Artikel ini sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Laire Siwi Mentari
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 31 Oktober 2022
Daftar isi

Profil pakar: Chef dan pemilik restoran, Laire Siwi Mentari

Profil pakar: Chef dan pemilik restoran, Laire Siwi Mentari
Laire Siwi Mentari
Chef
Laire Siwi Mentari

Karirnya di dunia kuliner sejak 8 tahun yang lalu membawa Laire menjadi chef dan pemilik restoran Jiwajawi di Yogyakarta. Setelah lulus dari Universitas Indonesia dan IONs Culinary College, Laire bekerja untuk beberapa cafe dan restoran sebagai kepala dapur.

Repertoar Laire di antaranya adalah restoran Canting dan Sirjakula. Selain itu, ia juga menjadi konsultan untuk beberapa restoran besar lainnya yang menyajikan menu-menu Nusantara dan interkontinental. Ia sering berkolaborasi dengan beberapa restoran hotel dan mengadakan jamuan makan privat. Saat ini, Laire juga aktif mengajar culinary untuk program CSR PT Djarum.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih saus barbeque

Pertimbangan utama dalam memilih saus barbeque adalah rasanya. Namun, ada juga poin lainnya yang sebaiknya Anda perhatikan. Berikut ini kami jelaskan lebih jauh.

Pilih sesuai bahan makanan yang ingin dipasangkan dengan saus

Saus yang umum beredar adalah saus yang rasanya mild dan lebih ringan dengan base kecap asin. Selain itu, saus yang rasanya kental dengan base saus tomat juga menjadi standar rasa saus bbq. Ada juga produk yang memiliki aroma khas masing-masing, misalnya beraroma bawang putih atau rempah-rempah. Anda bisa mencoba berbagai merek agar lebih mudah menemukan rasa yang pas di lidah.

Untuk ayam: Saus dengan tekstur kental

Untuk ayam: Saus dengan tekstur kental

Apabila Anda ingin memasak ayam, saus buat grill yang tepat adalah saus barbeque dengan tekstur yang kental. Saus dengan tekstur kental akan menutupi ayam sepenuhnya dan memberi rasa dengan optimal. Selain itu, oleskan saus barbeque pada ayam pada 10-15 menit terakhir memasak. Hal ini bertujuan agar daging ayam terlapisi dan matang secara merata.


Serat daging ayam, terutama bagian paha, sangatlah lembut. Sedikit tips, saat hendak memanggang ayam, sebaiknya Anda menyayat permukaan ayamnya terlebih dahulu dan melakukan marinasi. Marinasi daging ayam beberapa saat atau semalam agar sausnya makin meresap ke bagian dalam daging dan dapat matang sempurna.

Untuk daging sapi: Saus dengan base tomat

Untuk daging sapi: Saus dengan base tomat

Jika Anda akan menggunakan daging sapi, Anda dapat memilih saus barbeque dengan base tomat. Umumnya, saus barbeque dengan base tomat memiliki tekstur yang kental dan creamy. Meski demikian, Anda juga bisa menggunakan saus dengan tekstur light. Tinggal sesuaikan saja dengan ketebalan daging yang sudah diiris.


Saus barbeque berbahan dasar tomat akan lebih terasa asam dan bertekstur kental. Rasa asam dari tomat akan menyeimbangkan rasa “berat” dari daging merah sehingga akan lebih terasa segar. Rasa asam tomat ditambah rasa smokey dari daging yang dipanggang akan sangat menggugah selera.

Untuk seafood: Saus yang dapat menutupi bau amis

Untuk seafood: Saus yang dapat menutupi bau amis

Bosan dengan menu barbeque daging sapi dan ayam? Kalau begitu, cobalah menggunakan bahan utama berbagai jenis seafoodPilih saus barbeque yang banyak mengandung cuka dan rempah-rempah. Kandungan-kandungan tersebut membantu untuk menutupi bau amis.


Selain itu, sifat asam pada cuka juga dapat membuat seafood terutama daging ikan tetap lembut. Saus barbeque berbahan dasar cuka akan sangat cocok digunakan untuk seafood. Saus barbeque yang memiliki campuran bahan lain seperti rempah, madu, atau mustard juga akan menambah kelezatan.

Untuk produk olahan daging: Saus dengan aksen rasa manis

Untuk produk olahan daging: Saus dengan aksen rasa manis

Kunci dari rasa barbeque yang lezat adalah keseimbangan dari berbagai rasa. Manis, asam, asin, gurih, dan pedas dapat Anda temui pada saus barbeque yang enak. Untuk penggunaan pada produk olahan daging yang sudah ada rasa, gunakan saus barbeque dengan rasa manis.


Rasa manis saus barbeque berasal dari rasa tomat asli ditambah dengan campuran brown sugar atau pemanis lain. Pemanis lain tersebut di antaranya blackstrap molasses, maple syrup, madu, atau agave nectar. Dengan begitu, rasa produk olahan daging yang dipadu saus barbeque akan jadi lebih menggiurkan.

Periksa bahan baku dan kandungan zat aditifnya

Seperti halnya bahan makanan dalam kemasan lainnya, Anda pun perlu memeriksa komposisi dari saus barbeque. Jika memungkinkan, pilihlah saus barbeque yang tidak mengandung zat aditif. Di samping itu, Anda juga bisa mempertimbangkan bahan baku lain yang digunakan dalam membuat saus barbeque.

Tomat, memberikan warna yang cantik

Tomat, memberikan warna yang cantik

Tomat pada saus barbeque memberikan beberapa kegunaan di dalamnya. Tomat tidak hanya membuat tekstur menjadi kental dan rasa menjadi manis dan asam. Akan tetapi, warna merah alaminya juga dapat membuat saus menjadi berwarna cantik.


Dalam proses pembuatannya, biasanya tomat dijadikan puree terlebih dahulu. Puree tomat itulah yang membuat makin pekat. Rasa tomat yang asam juga membuat saus barbeque memiliki rasa tangy atau tajam.

Cuka, membantu melunakkan dan melembutkan daging

Cuka, membantu melunakkan dan melembutkan daging

Komposisi cuka pada saus barbeque menambah berbagai cita rasa pada masakan Anda. Cuka membantu untuk menyeimbangkan rasa manis dan menekan rasa pahit yang muncul. Selain itu, sifat asam atau acidic dari cuka juga mampu melunakkan dan melembutkan daging, terutama daging merah.


Hal ini terjadi karena asam dapat melemahkan kolagen dan protein dalam daging. Setelah protein dan kolagen dipecah oleh asam, protein dan kolagen akan meluruh. Proses ini akan membuat daging mengeluarkan cairan dan menjadi lebih empuk.

Cabai, penambah rasa pedas alami

Cabai, penambah rasa pedas alami

Apakah Anda penyuka makanan pedas? Jika iya, tentu cabai menjadi salah satu bahan yang wajib ada dalam masakan. Anda juga dapat menemukan saus barbeque dengan campuran cabai kering di dalamnya. Biasanya, rasa pedas pada saus barbeque tidak terlalu tajam sehingga masih bisa dinikmati orang yang tidak menyukai pedas.


Cabai adalah bahan stimulan alami yang dapat menambah selera makan. Selain itu, cabai juga menyebabkan peningkatan neurotransmiter yang membuat Anda merasa bahagia dengan meningkatkan serotonin dan endorfin dalam tubuh. Karena itu, mengonsumsi cabai juga dapat mengurangi kadar stres.

Madu, mendorong karamelisasi pada makanan

Madu, mendorong karamelisasi pada makanan

Campuran madu pada saus barbeque menciptakan rasa manis yang berbeda dari bahan baku pemanis lainnya. Madu akan memberikan rasa manis yang seimbang pada makanan. Dengan begitu, saus barbeque tidak akan terlalu manis. Ketika sudah dioleskan, madu mampu menghaluskan tekstur yang kasar pada daging.


Ketika daging dikaramelisasi oleh madu, tampilannya akan makin menarik dan menimbulkan rasa smokey yang sedap. Namun, Anda perlu memperhatikan temperatur dan waktu mengolahnya. Jika terlalu panas dan lama, madu akan menjadi gosong sehingga warnanya akan terlalu gelap dan terasa pahit.

Cek cara penyimpanan dan tanggal kedaluwarsa

Cek cara penyimpanan dan tanggal kedaluwarsa
Bila disimpan pada suhu ruangan, saus barbeque dapat bertahan hingga lebih dari setahun sebelum kemasannya dibuka. Sebagian besar saus barbeque harus disimpan di dalam kulkas setelah dibuka agar tetap awet. Bahkan, sebagian ada yang sebaiknya tidak disimpan terlalu lama setelah dibuka karena akan memengaruhi rasanya.

Sebelum membeli, pastikan Anda juga memeriksa tanggal kedaluwarsa. Bila tidak tertera, konsumsilah saus dalam jangka waktu 3–6 bulan setelah dibuka. Pertimbangkan dahulu seberapa sering Anda melakukan barbeque. Setelah itu, pilihlah saus yang kira-kira akan habis dalam kurun waktu 6 bulan setelah kemasannya dibuka.


Untuk penggunaan rumah tangga, sebaiknya Anda memilih kemasan kecil saja. Sebaliknya, untuk penggunaan komersial seperti restoran, pilihlah kemasan besar agar dapat memangkas budget belanja.

10 Rekomendasi saus barbeque terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk saus barbeque terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 27 Oktober 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Del Monte Foods Barbeque Sauce masih memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Kikkoman Akufood Indonesia Saus Barbekue muncul sebagai produk terlaris kedua.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Laire Siwi Mentari.

Gambar produk
1
Del Monte Barbeque Sauce 1

Del Monte

2
Kikkoman Akufood Indonesia Saus Barbekue 1

Kikkoman Akufood Indonesia

3
Sparindo Food Smoky1 Barbecue Sauce 1

Sparindo Food

4
Indopangan Sentosa Mc Lewis Hot Spicy Barbeque Sauce 1

Indopangan Sentosa

5
MamaSuka Chung Jung One Beef Galbi Marinade Sauce 1

MamaSuka

6
Gujati Mazzoni Saus Barbeque 1

Gujati

7
Pronas Barbeque Sauce 1

Pronas

8
Jay's Kitchen BBQ Sauce Original 1

Jay's Kitchen

9
Remia Black Jack - Smokey BBQ Sauce 1

Remia

10
Lee Kum Kee Saus Barbeque 1

Lee Kum Kee

Nama produk

Barbeque Sauce

Saus Barbekue

Smoky1 Barbecue Sauce

Mc Lewis Hot Spicy Barbeque Sauce

Chung Jung One Beef Galbi Marinade Sauce

Mazzoni Saus Barbeque

Barbeque Sauce

BBQ Sauce Original

Black Jack - Smokey BBQ Sauce

Saus Barbeque

Keunggulan

Tekstur creamy dan rasa gurih khas bawang putih

Barbeque jadi nikmat tanpa membuat kantong bolong

Santapan barbeque jadi lebih aman dan higienis dengan saus ini

Sensasi rasa pedasnya bikin nagih!

Beri Anda sajian autentik barbeque ala Korea

Bikin masakan oriental menggunakan saus barbeque? Bisa saja!

Rasa gurih manisnya mampu memanjakan lidah

Saus barbeque dengan resep tradisional

Hadirkan cita rasa smokey barbeque khas Amerika

Sensasi rasa manis yang menggugah selera

Harga mulai dariRp 8.700,00Rp 27.000,00Rp 18.000,00Rp 49.875,00Rp 28.800,00Rp 28.000,00Rp 13.400,00Rp 65.000,00Rp 52.600,00Rp 39.300,00
RasaManis dan gurihKombinasi bawang dan rempah-rempahManis dan gurihPedas, gurihBase kecap asin yang gurihOriginal (kombinasi tomat dan bawang)Manis, gurihManis dan gurihSmokey barbequeManis
Isi250 g, 330 g, 1 kg300 g, 2,2 kg, 5,7 kg500 g, 1 kg1 kg280 g, 500 g, 840 g510 g175 g500 g450 ml240 g
Komposisi utamaPasta tomat, gula, mustard, garam, rempah-rempah, dan lainnyaKedelai, bawang bombai, bawang putih, hasil fermentasi kedelai, rempah, perisa sintetik maduPasta tomat, rempah-rempah, cuka, perasa asapTidak ada keteranganKecap asin, buah pir, buah apel, anggur merah, bawang putihPasta tomat, pala bubuk, garam, gula, perisa sintetis barbekuPasta tomat, kecap, rempah-rempah, cabai kering, penyedap rasa daging sapiPasta tomat, cuka, karamel, garam, gula, rempah-rempah, bawang putih, perasa asapPasta tomat, ekstrak bawang bombai, bawang putih, mustard, perasa asapPasta kedelai fermentasi, madu, kecap, bubuk bawang putih, rempah-rempah
Tautan produk
10
RasaManis
Isi240 g
Komposisi utamaPasta kedelai fermentasi, madu, kecap, bubuk bawang putih, rempah-rempah
9
RasaSmokey barbeque
Isi450 ml
Komposisi utamaPasta tomat, ekstrak bawang bombai, bawang putih, mustard, perasa asap
8
RasaManis dan gurih
Isi500 g
Komposisi utamaPasta tomat, cuka, karamel, garam, gula, rempah-rempah, bawang putih, perasa asap
7
RasaManis, gurih
Isi175 g
Komposisi utamaPasta tomat, kecap, rempah-rempah, cabai kering, penyedap rasa daging sapi
6
RasaOriginal (kombinasi tomat dan bawang)
Isi510 g
Komposisi utamaPasta tomat, pala bubuk, garam, gula, perisa sintetis barbeku
5

MamaSukaChung Jung One Beef Galbi Marinade Sauce

Mulai dari Rp 28.800,00

RasaBase kecap asin yang gurih
Isi280 g, 500 g, 840 g
Komposisi utamaKecap asin, buah pir, buah apel, anggur merah, bawang putih
4

Indopangan SentosaMc Lewis Hot Spicy Barbeque Sauce

Mulai dari Rp 49.875,00

RasaPedas, gurih
Isi1 kg
Komposisi utamaTidak ada keterangan
3

Sparindo FoodSmoky1 Barbecue Sauce

Mulai dari Rp 18.000,00

RasaManis dan gurih
Isi500 g, 1 kg
Komposisi utamaPasta tomat, rempah-rempah, cuka, perasa asap
2

Kikkoman Akufood IndonesiaSaus Barbekue

Mulai dari Rp 27.000,00

RasaKombinasi bawang dan rempah-rempah
Isi300 g, 2,2 kg, 5,7 kg
Komposisi utamaKedelai, bawang bombai, bawang putih, hasil fermentasi kedelai, rempah, perisa sintetik madu
1
RasaManis dan gurih
Isi250 g, 330 g, 1 kg
Komposisi utamaPasta tomat, gula, mustard, garam, rempah-rempah, dan lainnya

Tips memasak dan berbagai variasi masakan yang bisa Anda coba

Selain menjelaskan cara memilih dan mengulas produk-produk saus barbeque, kami juga akan membagikan beberapa hal yang menarik untuk dicoba. Langsung saja simak pemaparannya, ya!

Tips memasak menggunakan saus barbecue

Tips memasak menggunakan saus barbecue

Sebelum memutuskan untuk membeli saus barbeque, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu jenis daging yang akan digunakan. Ada perbedaan yang cukup signifikan antara American barbeque dan Korean barbeque.


Biasanya, Korean barbeque menggunakan daging yang diiris tipis, sehingga hanya perlu dimarinasi sebentar dan dipanggang dengan pan antilengket. Sementara itu, American barbeque umumnya menggunakan daging tebal, sehingga perlu dimarinasi dan dipanggang dalam waktu yang lama.


Setelah memilih saus barbeque yang Anda inginkan, perhatikan kembali cara menggunakan saus barbeque agar hasilnya memuaskan. Jangan sampai makanan Anda menjadi tidak sesuai karena penggunaan saus yang salah.


  • Pemanggangan
Untuk daging sapi, oleskan saus barbeque sebelum memasak lalu diamkan selama beberapa jam. Saat dimasak, oleskan kembali saus barbeque tiap jam. Pada jam terakhir, keluarkan daging dari panggangan dan oleskan lagi saus barbeque dan tutup dengan aluminium foil. Kemudian, panggang daging kembali dengan api sangat kecil. Proses ini membuat bumbu barbeque meresap dan memiliki cita rasa smokey.

Sementara untuk daging ayam, oleskan saus barbeque pada permukaan daging secara tipis-tipis dan berulang. Lakukan sebelum daging mendekati kematangan yang diinginkan. Apabila ingin mendapatkan rasa yang merata, Anda bisa marinasi daging sebelum dipanggang. Di samping itu, oleskan saus barbeque secara tebal pada daging ayam pada 10 menit terakhir memanggang.


  • Pengasapan
Marinasi daging ayam, sapi, atau pork dengan saus barbeque sebelum proses pengasapan. Berbeda dengan pemanggangan, proses ini membutuhkan waktu lama dengan suhu panas yang stabil. Selain itu, suhu yang dihantarkan juga tidak langsung sehingga pastikan daging sudah menyerap saus terlebih dahulu.

Berbagai variasi resep makanan dengan saus barbeque

Berbagai variasi resep makanan dengan saus barbeque
Apakah saus barbeque hanya dapat digunakan untuk memasak barbeque saja? Jawabannya tentu tidak! Saus barbeque yang lezat dan kaya rasa ternyata dapat digunakan sebagai pelengkap bumbu dapur.

Jangan ragu untuk menggunakan saus barbeque sebagai bahan dasar pengolahan makanan. Beberapa menu yang Anda kira tidak bisa disandingkan dengan saus barbeque juga mungkin saja bisa diolah. Cobalah untuk mencari tahu di internet karena terdapat banyak sekali resep-resep berbahan saus barbeque yang out of the box.


Berikut kami paparkan ide memasak menggunakan saus barbeque:


  • Sebagai pengganti salad dressing
Kombinasi berbagai sayuran ditambah saus barbeque sebagai dressing dapat menghasilkan rasa yang lezat. Sebagai pelengkap, Anda juga dapat menambahkan irisan daging sapi atau ayam. Namun, sebaiknya gunakan saus barbeque dengan tekstur light, ya.

  • Base tomat untuk nasi hayashi
Masakan khas Jepang ini berupa nasi putih yang disajikan dengan masakan daging sapi. Caranya, tumis daging sapi bersama bawang bombai, lalu masukkan saus barbeque, puree tomat, saus tomat, dan bumbu lainnya. Ketika sudah hampir matang, tambahkan butter agar rasanya makin lembut di lidah.

  • Untuk pot au feu
Pot au feu adalah masakan sejenis stew dari Prancis yang berbahan sayuran dan daging. Caranya pun mudah, cukup masak daging, kol, wortel, kentang, dan sayuran ke dalam panci. Jangan lupa masukkan bumbu untuk pot au feu. Setelah hampir matang, segera tambahkan saus barbeque.


  • Base kecap asin untuk menumis
Campurkan sedikit saus barbeque pada berbagai tumisan, seperti kangkung, bayam, brokoli, dan sebagainya. Trik ini sangat berguna, terlebih saat Anda kehabisan saus tiram.

  • Bumbu tambahan untuk mie goreng
Ingin sajian mi goreng yang berbeda dari biasanya? Tambahkan saus barbeque sebagai bumbu pelengkapnya. Anda dapat memakai saus barbeque dengan base tomat ataupun kecap asin untuk mendapatkan mi goreng yang lebih legit.

  • Bumbu tambahan untuk nasi goreng
Hidangan sejuta umat ini tentu akan lebih lezat dengan tambahan saus barbeque. Anda dapat menggunakan segala jenis saus barbeque, mulai dari yang base kecap asin hingga base tomat.

Baca juga rekomendasi berbagai saus lainnya di sini

Berbagai saus lainnya, seperti saus tomat, saus tiram, dan sebagainya dapat membuat masakan jadi lebih nikmat. Kami akan membantu Anda menemukan saus yang paling tepat. Jadi, mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Kesimpulan

Terdapat berbagai jenis saus barbeque dilihat dari segi tekstur, rasa, atau aromanya. Ada yang rasanya mild seperti saus dengan base kecap asin. Ada pula saus dengan base tomat yang rasanya lebih kental. Tidak hanya untuk barbeque, saus barbeque juga cocok digunakan sebagai bumbu masakan lain, lho!

Bagaimana menurut Anda penjelasan kami kali ini? Setelah mengetahui cara memilihnya, kini saatnya menemukan saus barbeque yang paling sesuai dengan selera Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Gatotkaca, Jawara, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepung ini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya saja, Segitiga Biru, Kompas, dan Falcon. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Melezatkan berbagai masakan dapat lebih sehat dengan kaldu non MSG. Di pasaran terdapat berbagai produk penyedap yang sehat. Ada kaldu jamur non MSG, bahkan kaldu non MSG untuk bayi dan memasak MPASI. Manakah kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian?Artikel yang sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari, ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik. Keunggulan berbagai rasa kaldu non MSG, seperti ayam, sapi, dan lainnya pun turut diulas. Merek kaldu non MSG, seperti Totole, Royco, hingga Maseko juga ada dalam rekomendasi.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2022)
    Menambahkan penyedap rasa merupakan cara efisien untuk membuat masakan Anda lebih sedap. Penyedap rasa memberikan rasa yang lebih konsisten pada makanan sehingga sering digunakan untuk usaha kuliner. Kali ini kami akan membahas cara memilih penyedap rasa yang enak sekaligus aman dikonsumsi.Anda bisa memilih penyedap rasa dengan MSG yang harganya terjangkau dari merek terkenal Sasa, Masako, dan Royco. Ada juga penyedap rasa non MSG untuk MPASI dan diet, contohnya Pura, Jay's Kitchen, Lemonilo, serta Pawon Ibun. Simak juga tips dan komentar dari Cook Debbie Ariesthea, ya. Simak terus artikelnya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Bakso Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Bakso Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Menyantap bakso kuah yang hangat atau bakso goreng yang renyah mungkin jadi kenikmatan tersendiri. Jika Anda tiba-tiba ingin menikmati bakso Kota Cak Man atau bakso Solo Samrat, Anda tidak perlu pergi jauh-jauh. Berkat tepung bakso, Anda dapat membuat bakso kenyal sendiri di rumah.Banyak merek tepung yang bagus untuk membuat bakso di pasaran, misalnya tepung bakso MamaSuka, Sasa, dan Saguku. Tidak perlu bingung memilihnya karena kami akan mengulasnya satu per satu di sini. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh home cook influencer kami, Mariska Tracy. Disimak, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Bubuk Kayu Manis Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bubuk Kayu Manis Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022)
    Kayu manis bubuk atau cinnamon powder adalah satu rempah dengan aroma dan rasa yang khas. Itulah sebabnya banyak orang mencampurkan bubuk kayu manis untuk kue, minuman, dan aneka masakan. Di samping itu, bubuk cinnamon juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Jika Anda sedang mencari kayu manis bubuk sachet ataupun kemasan botol, inilah artikel yang tepat. Anda bisa menemukan berbagai merek bubuk kayu manis yang bagus dengan beragam harga, misalnya Koepoe Koepoe dan Beorganik. Artikel ini juga telah ditinjau oleh praktisi herbal kami, Nurrahma Asri Saraswati. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori