• 10 Rekomendasi Saus Barbeque Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Saus Barbeque Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Saus Barbeque Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Saus Barbeque Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Saus Barbeque Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Saus Barbeque Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Pesta barbeque memang kerap menjadi pilihan sebagai ajang kumpul keluarga maupun sahabat dekat. Sajian berupa daging segar dan olahan dengan pelengkap berupa sayuran ini memang banyak menjadi favorit. Salah satu bahan yang tidak boleh ketinggalan agar sajian barbeque Anda semakin enak adalah saus barbeque.

Berbagai brand, seperti Kraft, Remia, Club House, dan sebagainya, memproduksi saus barbeque dengan keistimewaan rasa masing-masing. Untuk itu, bila Anda masih bingung produk yang harus dipilih, kami akan memberikan rekomendasinya untuk Anda. Namun, sebelum itu simak dahulu tips memilihnya!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 9.782 Views
Daftar isi

Cara memilih saus barbeque

Pertimbangan utama dalam memilih saus barbeque adalah rasanya. Namun, sebagai konsumen yang cerdas, ada baiknya Anda juga mempertimbangkan beberapa poin lain. Poin-poin apa sajakah itu? Simak selengkapnya!

Pilih yang rasanya sesuai dengan selera Anda

Pilih yang rasanya sesuai dengan selera Anda
Rasa saus barbeque memang jadi poin utama dalam memilih. Di antara yang paling umum adalah saus yang rasanya mild dan lebih ringan dengan base kecap asin, atau yang rasanya kental dengan base saus tomat. Selain itu, ada juga produk yang memiliki ciri khas aroma masing-masing, misalnya yang beraroma bawang putih, bawang merah, atau rempah-rempah. Anda bisa mencoba berbagai merek agar lebih mudah menemukan rasa yang pas di lidah Anda.
Bila Anda telah menemukan saus barbeque favorit, cobalah untuk menikmati rasa lebih jauh dengan mencoba produk lainnya. Misalnya, bila Anda suka saus barbeque dengan base kecap asin, cobalah produk serupa buatan produsen lain. Atau jika Anda memiliki merek favorit, cobalah varian rasa lainnya dari merek tersebut. Pastinya akan menarik untuk mencoba berbagai rasa, terlebih setiap produk memiliki karakteristik rasa masing-masing.

Pilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan

Pilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan
Ukuran atau isi suatu produk sering diabaikan saat memilih saus barbeque. Karena berencana mengundang banyak tamu, Anda mungkin membeli saus dalam kemasan botol besar. Namun, tak jarang akhirnya saus tersisa dan terpaksa disimpan di kulkas. Padahal, ukuran botolnya besar sehingga menyita banyak ruang. Agar tidak terjadi hal demikian, pertimbangkan jumlah orangnya terlebih dahulu sebelum membeli. Sebisa mungkin, belilah ukuran yang habis dalam sekali pakai.

Periksa bahan baku dan kandungan zat aditifnya

Periksa bahan baku dan kandungan zat aditifnya
Seperti halnya bahan makanan dalam kemasan lainnya, Anda pun perlu memeriksa bahan baku dari saus barbeque. Jika memungkinkan, pilihlah saus barbeque yang tidak mengandung zat aditif. Namun, mengingat saus barbeque umumnya tahan cukup lama, kebanyakan produk mengandung zat aditif. Sebagai alternatif, pilihlah saus barbeque yang setidaknya aman bagi kesehatan.
Bila Anda memiliki alergi terhadap bahan tertentu, Anda juga perlu memeriksa kandungan alergen pada suatu produk. Sebagian saus barbeque mengandung tepung terigu atau kedelai yang dapat memicu alergi. Jadi, jelilah dalam memilih!

Periksa cara penyimpanan dan tanggal kedaluwarsanya

Periksa cara penyimpanan dan tanggal kedaluwarsanya
Bila disimpan pada suhu ruangan, saus barbeque dapat bertahan hingga lebih dari setahun sebelum kemasannya dibuka. Sebagian besar saus barbeque harus disimpan di dalam kulkas setelah dibuka agar tetap awet. Bahkan, di antaranya ada yang sebaiknya tidak disimpan terlalu lama setelah dibuka.
Sebelum membeli, pastikan Anda juga memeriksa tanggal kedaluwarsa suatu produk. Bila tidak tertera, konsumsilah saus dalam jangka waktu 3-6 bulan setelah dibuka. Dengan mempertimbangkan seberapa sering Anda melakukan barbeque, pilihlah saus yang kira-kira akan habis dalam kurun waktu 6 bulan setelah kemasannya dibuka.
Tips bila Anda membeli saus barbeque dari toko online adalah pastikan untuk mengecek tanggal kedaluwarsanya. Hal ini penting terutama bila Anda ingin membeli dalam kemasan besar atau dalam jumlah banyak.

10 Rekomendasi saus barbeque terbaik

Setelah mengetahui cara memilih saus barbeque, kini saatnya kami memberikan beberapa produk terbaik untuk Anda. Karena semuanya lezat dan berkualitas, temukanlah saus barbeque yang paling sesuai dengan selera Anda!
RasaOriginal (kombinasi tomat dan bawang)
Isi510 gr
KomposisiGula, puree tomat, natural hickory smoke flavor, bubuk bawang merah, bubuk bawang putih, rempah-rempah, dll
RasaSmokey barbeque
Isi450 ml
KomposisiPasta tomat, ekstrak bawang bombai, bawang putih, lada hitam bubuk, bumbu barbeku, dll
RasaKombinasi bawang dan rempah-rempah
Isi300 gr
KomposisiSoy sauce, bawang, natural flavoring smoke, dan perisa sintetik madu, dll
RasaSweet honey
Isi510 gr
KomposisiGula, puree tomat, madu, natural hickory smoke flavor, tepung mustard, bawang putih kering, rempah-rempah, dried onions, paprika, dll
RasaHoney mustard
Isi510 gr
KomposisiJus tomat dari konsentrat (air, pasta tomat), madu, rempah-rempah termasuk paprika, mustard seed, natural flavors including smoke, mustard bran, dll
RasaSweet ‘n spicy
Isi510 gr
KomposisiPasta tomat, konsentrat sari nanas, natural smoke flavor, rempah-rempah, cabai jalapeno, molasses, bawang putih kering, gula, tamarind, dll

4. Miwon Chung Jung Won BBQ Sauce Ribs (Galbi Yangyem)

Rp 33.000,00

RasaBase kecap asin yang gurih
Isi280 gr, 560 gr, dan 960 gr
KomposisiKecap asin, buah pir, buah apel, anggur merah, bawang putih, dll
RasaBase kecap asin dengan aksen gurih asam
Isi300 gr
KomposisiKecap asin shoyu, gula, sari buah (apel dan lemon), molasses, biji wijen putih, minyak wijen, madu, moromi (terdapat dalam kecap asin), rempah-rempah, bawang putih, dll
RasaMustard
Isi510 gr
Komposisi#1 grade mustard seed, kecap asin (air, gandum, kacang kedelai, garam), aged cayenne red pepper, natural hickory smoke flavor, rempah-rempah, bubuk bawang putih, onion powder, dll
RasaBawang putih
Isi450 ml
KomposisiMinyak rapeseed, paprika, bawang putih, bawang bombai, daun bawang, ekstrak bawang bombai, rempah, perisa alami bawang, dll

Berbagai variasi resep makanan dengan saus barbeque

Apakah Anda mengira saus barbeque hanya dapat digunakan untuk memasak barbeque saja? Jawabannya tentu tidak! Saus barbeque yang lezat dan kaya rasa ternyata dapat digunakan sebagai pelengkap bumbu dapur. Bila Anda memiliki sisa saus barbeque, gunakanlah sebagai bumbu agar rasa masakan Anda kian bervariasi. Berikut kami paparkan ide memasak menggunakan saus barbeque.

Saus barbeque sebagai pengganti salad dressing

Saus barbeque sebagai pengganti salad dressing
Anda dapat memanfaatkan saus barbeque sebagai pengganti salad dressing. Siapa sangka kombinasi berbagai sayuran yang ditambah dengan saus barbeque sebagai dressing dapat menghasilkan rasa yang lezat. Sebagai pelengkap, Anda juga dapat menambahkan irisan daging sapi atau ayam. Baik dengan saus barbeque base tomat maupun kecap asin, semuanya pantas dicoba.

Saus barbeque dengan base tomat untuk nasi hayashi

Saus barbeque dengan base tomat untuk nasi hayashi
Anda mungkin belum akrab dengan nama hidangan yang satu ini. Nasi hayashi adalah masakan khas Jepang berupa nasi putih yang disajikan dengan masakan daging sapi. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba membuatnya, saus barbeque dengan base tomat bisa meningkatkan persentase keberhasilan Anda. Rasanya dijamin akan lebih lezat.
Caranya, tumis daging sapi bersama bawang bombai, lalu masukan saus barbeque, puree tomat, saus tomat, dan bumbu lainnya. Ketika sudah hampir matang, tambahkan butter agar rasanya makin lembut di lidah. Membuatnya dengan sisa daging dan saus setelah pesta barbeque dan menyajikannya sebagai makanan penutup juga ide yang bagus.

Saus barbeque dengan base tomat untuk pot au feu

Saus barbeque dengan base tomat untuk pot au feu
Pot au feu adalah masakan sejenis stew dari Prancis yang berbahan sayuran dan daging. Hidangan ini nikmat disajikan panas dan tentu lebih lezat dengan tambahan saus barbeque. Caranya pun mudah, cukup masak daging, kol, wortel, kentang, dan berbagai sayuran favorit Anda lainnya di dalam panci. Jangan lupa masukkan bumbu untuk pot au feu. Setelah hampir matang, tambahkan saus barbeque dan rempah-rempah lain bila Anda suka.

Saus barbeque dengan base kecap asin yang menambah kelezatan tumisan

Saus barbeque dengan base kecap asin yang menambah kelezatan tumisan
Saus barbeque sebagai bumbu masakan tumis Anda? Mengapa tidak! Campurkan sedikit saus barbeque pada berbagai tumisan, seperti kangkung, bayam, brokoli, dan sebagainya. Trik ini sangat berguna apalagi saat Anda kehabisan saus tiram. Berbagai bumbu dapur plus saus barbeque dengan base kecap asin bisa menjadi rahasia kelezatan tumisan Anda.

Saus barbeque sebagai bumbu tambahan untuk mie goreng

Saus barbeque sebagai bumbu tambahan untuk mie goreng
Ingin sajian mi goreng yang berbeda dari biasanya? Tambahkan saus barbeque sebagai bumbu pelengkapnya. Anda dapat memakai saus barbeque dengan base tomat untuk mendapatkan mi goreng yang lebih legit, atau menuangkan saus dengan base kecap asin untuk sentuhan rasa oriental. Cukup tumis sayur, mi, bawang putih, gula, garam, dan tambahkan saus barbeque. Hasilnya, Anda dapat menciptakan variasi rasa baru mi goreng di dapur Anda!

Saus barbeque untuk menambah mantap rasa nasi goreng

Saus barbeque untuk menambah mantap rasa nasi goreng
Hidangan sejuta umat ini tentu akan lebih lezat dengan tambahan saus barbeque. Anda dapat menggunakan segala jenis saus barbeque, mulai dari yang base-nya kecap asin hingga base tomat. Cukup campurkan saus ke dalam nasi, lalu masak hingga matang. Berhubung saus barbeque memiliki banyak varian rasa, Anda pun bisa menikmati beragam rasa nasi goreng. Namun, pilihlah rasa yang sesuai preferensi Anda agar bisa menikmatinya secara maksimal.

Baca juga rekomendasi berbagai saus lainnya di sini

Di samping menggunakan saus barbeque, Anda juga bisa memakai steak sauce agar panggangan Anda menghasilkan rasa yang berbeda. Berbagai saus lainnya, seperti saus tomat, saus tiram, dan saus tartar pun dapat membuat masakan jadi lebih nikmat. Kami akan membantu Anda menemukan saus yang paling tepat. Jadi, mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Kesimpulan

Terdapat berbagai jenis saus barbeque jika dilihat dari segi tekstur, rasa, maupun aromanya. Ada yang rasanya mild, seperti saus dengan base kecap asin, ada pula saus dengan base tomat yang rasanya lebih kental. Tidak hanya untuk barbeque, saus barbeque juga cocok digunakan sebagai bumbu masakan lain, lho!
Bagaimana menurut Anda penjelasan kami kali ini? Setelah mengetahui cara memilihnya, kini saatnya menemukan saus barbeque yang paling sesuai dengan selera Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kopi instan merupakan salah satu cara termudah untuk menikmati kopi yang enak. Tidak hanya kopi panas, ada kopi instan yang bisa disajikan sebagai es kopi, kopi susu, atau kopi rendah kafein. Banyak merek kopi instan terkenal seperti NESCAFÉ, Torabika, dan Kapal Api yang mengeluarkan berbagai produk di Indonesia.Kali ini, kami akan merekomendasikan kopi instan terbaik untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan cara memilih kopi instan agar Anda dapat menemukan produk yang Anda sukai. Di bagian akhir, kami juga akan menjelaskan cara menyajikan kopi supaya menjadi lebih nikmat. Selamat membaca!
    Makanan & minuman
    40.401 Views
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda gemar membuat roti sendiri? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Plus, terdapat rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar, Komachi, Segitiga Biru, Golden Eagle, dan lain-lain. Yuk, kita mulai!
    Makanan & minuman
    16.542 Views
  • 10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Yoghurt merupakan makanan yang memiliki dampak baik bagi kesehatan, seperti membantu program diet, meringankan sembelit, bahkan ada juga yang bisa digunakan sebagai masker. Saat ini bermacam-macam produk yoghurt dengan berbagai rasa dijual di pasaran. Anda juga perlu mengetahui efek baik yang ditimbulkan oleh bakteri asam laktat bagi tubuh Anda.Kali ini, kami akan membagi tips tentang apa saja yang perlu diperhatikan ketika Anda akan memilih yoghurt. Kami juga merekomendasikan merek terbaik dari Elle & Vire, Heavenly Blush, Yummy, Cimory, dan lainnya. Dalam artikel ini juga terdapat tips mengonsumsi yoghurt agar Anda mendapatkan manfaat maksimal. Mari memilih yoghurt terbaik untuk mendukung gaya hidup sehat Anda!
    Makanan & minuman
    51.744 Views
  • 10 Rekomendasi Keju Cheddar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Keju Cheddar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Keju cheddar pertama kali dibuat di negara Inggris. Sejak itu, cheddar menjadi jenis keju yang paling banyak dibuat di seluruh dunia. Ciri khasnya adalah rasa asam yang lembut dan tidak berlebihan. Keju cheddar membuat piza dan telur dadar Anda menjadi semakin enak, serta cocok dijadikan isian sandwich dan salad dressing. Rasanya memang tidak tergantikan.Untuk membantu Anda, kami akan mengulas cara memilih keju cheddar sekaligus memberi rekomendasi produk terbaik. Anda dapat memilih di antara Anchor, Bega, Kraft, dan merek lainnya. Pilihlah keju cheddar favorit Anda agar waktu makan terasa lebih istimewa. Mari kita mulai!
    Makanan & minuman
    17.237 Views
  • 10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Air mineral, atau orang Indonesia lebih sering menyebutnya “aqua”, adalah minuman yang sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Air dengan kandungan mineral yang tinggi sangat bermanfaat bagi kesehatan dan proses hidrasi dalam tubuh. Ternyata, ada macam-macam air mineral yang dijual di pasaran. Apa saja dan bagaimana cara membedakannya?Dalam artikel ini, kami membagi informasi tentang jenis, kandungan, serta manfaat dari air mineral. Kami juga akan memberikan rekomendasi air mineral terbaik di Indonesia seperti Aqua, Club, VIT, Nestle Pure Life, Le Minerale, Eternal Plus, hingga merek lokal Equil yang populer di kalangan menengah ke atas! Sebelum Anda membeli air mineral hari ini, yuk simak artikel ini sampai selesai!
    Makanan & minuman
    51.988 Views
  • 10 Rekomendasi Margarin Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Margarin Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Di Indonesia, margarin sering dikonsumsi sebagai teman makan roti tawar, bahan pembuat kue kering, cake, donat, atau pengganti minyak goreng saat menumis. Anda dapat dengan mudah menemukan margarin dengan berbagai merek, seperti Blue Band, forVITA, Palmia, Filma, dan sebagainya.Setiap produk margarin memiliki keistimewaan yang berbeda, bahkan ada yang lebih cocok untuk kegunaan tertentu saja. Pada artikel kali ini, kami akan membahas poin-poin yang perlu diketahui saat memilih margarin. Selain itu, terdapat rekomendasi margarin terbaik yang telah kami pilih dengan saksama. Yuk, kita mulai!
    Makanan & minuman
    18.766 Views
  • 10 Rekomendasi Permen Gummy Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Permen Gummy Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Permen gummy memiliki tekstur yang menyenangkan untuk dikunyah. Di pasaran, ada berbagai merek permen gummy seperti dari Haribo, Yupi, dan Trolli. Rasanya pun bervariasi, ada rasa buah yang klasik, super asam, cola, dan lainnya. Jadi, sekarang Anda memiliki banyak pilihan!Peminat permen gummy tidak hanya anak-anak saja, orang dewasa juga mulai banyak yang suka. Oleh karena itu, kali ini kami akan merekomendasikan permen gummy terenak yang bisa Anda nikmati. Selamat mencoba!
    Makanan & minuman
    3.397 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori