10 Rekomendasi Minuman Terbaik untuk Ibu Menyusui (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Minuman Ibu Menyusui Terbaik (Terbaik Tahun 2018)

Selain rentan dehidrasi, ibu menyusui membutuhkan cairan yang cukup agar persediaan ASI untuk bayi tetap memadai. Selain melancarkan ASI, minuman ibu menyusui juga sebaiknya memberikan efek relaksasi. Produsen teh seperti Ahmad Tea atau kopi seperti Nescafe, menghadirkan minuman yang nikmat untuk ibu menyusui.

Apakah Anda masih bimbang dalam memilih produk yang tepat untuk Anda? Agar tidak salah pilih, kami akan memberikan rekomendasi produknya untuk Anda. Namun, sebelum itu, simak dulu tips mengenai memilih minuman untuk ibu menyusui berikut ini!

Daftar isi

Cara memilih minuman untuk ibu menyusui

Di bawah ini, kami akan menjelaskan beberapa jenis minuman untuk ibu menyusui. Masing-masing memiliki manfaat berbeda. Nah, ada beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan dalam memilih. Berikut selengkapnya!

Pilih berdasarkan manfaat yang Anda inginkan

Terdapat berbagai jenis minuman yang baik untuk ibu menyusui. Meskipun semuanya berkhasiat, setiap jenis minuman memiliki manfaat yang berbeda. Anda perlu memahami hal tersebut sebelum membeli minuman untuk ibu menyusui.

Barley tea yang simpel dan menyegarkan

Barley tea yang simpel dan menyegarkan

Barley tea mengandung sedikit kafein serta kaya akan mineral dan serat pangan sehingga sangat cocok untuk diminum baik oleh ibu hamil maupun ibu menyusui. Rasanya yang mudah akrab di lidah dan menyegarkan, membuat Anda tidak bosan meski meminumnya setiap hari.

Anda dapat menyajikannya dalam keadaan dingin untuk mendapatkan sensasi yang menyegarkan. Menyajikannya dalam keadaan hangat ketika cuaca dingin atau hari hujan juga tidak kalah nikmatnya. Badan pun jadi terasa lebih hangat.

Rosehip tea yang meningkatkan imunitas dan mencegah anemia

Rosehip tea yang meningkatkan imunitas dan mencegah anemia

Rosehip tea dikenal memiliki kandungan vitamin C 20 kali lebih banyak dari buah lemon. Di dalamnya juga terkandung vitamin A, kalsium, dan zat besi yang dapat meningkatkan imunitas serta mencegah anemia. Rosehip tea juga tidak mengandung kafein sehingga aman dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Rooibos tea yang kaya akan kalsium dan magnesium

Rooibos tea yang kaya akan kalsium dan magnesium

Rooibos memiliki arti ‘rumput merah’ di negara asalnya, Afrika Selatan. Rooibos tea merupakan teh yang berasal dari tumbuhan dengan daun yang berbentuk seperti daun pinus. Teh ini kaya akan mineral, seperti kalsium dan magnesium serta dapat bekerja efektif untuk mengatasi masalah sembelit yang biasanya dialami oleh ibu menyusui. Minuman yang kini populer di kalangan wanita muda ini juga dapat membuat Anda kembali segar setelah lelah menyusui.

Dandelion tea yang cocok sebagai pengganti kopi

Dandelion tea yang cocok sebagai pengganti kopi

Dandelion tea dibuat dari akar bunga dandelion atau randa tapak. Dandelion tea juga seringkali disebut dengan dandelion coffee karena rasanya yang mirip seperti kopi, tetapi tidak sepahit kopi. Sangat direkomendasikan juga untuk Anda penyuka kopi yang tidak begitu menyukai rasa pahitnya kopi.

Dandelion tea kaya akan zat besi dan mineral yang dapat memperlancar aliran darah. Minuman ini juga dapat menghilangkan rasa lelah sehingga sangat cocok diminum setelah menyusui. Teh jenis ini juga sangat cocok sebagai pengganti kopi bila Anda ingin menghindari konsumsi kafein.

Burdock tea yang melancarkan peredaran darah

Burdock tea yang melancarkan peredaran darah

Burdock adalah sejenis sayuran yang kaya akan serat. Burdock tea juga memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah memperlancar aliran darah. Seperti yang Anda ketahui, jika aliran darah lancar, produksi ASI pun akan lancar. Selain itu, burdock tea juga memiliki manfaat lain seperti meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah anemia.

Pilih kopi rendah kafein bila Anda ingin mengonsumsi kopi

Pilih kopi rendah kafein bila Anda ingin mengonsumsi kopi

Apa yang Anda konsumsi saat dalam masa menyusui akan berpengaruh pada ASI dan bayi Anda. Kopi dikenal memberi efek yang kurang baik pada ibu menyusui karena kandungan kafeinnya. Meski begitu, selama konsumsinya tidak berlebihan hal tersebut bukan masalah. Misalnya, dibatasi 1 cangkir per hari.

Bagi Anda yang menyukai kopi dan ingin minum kopi lebih banyak, sebaiknya pilih saja kopi dengan kandungan kafein rendah atau kopi dekafein. Anda pun dapat rileks menikmati harumnya kopi tanpa terpapar efek kafein. Stres karena lelah menyusui dan merawat bayi pun dapat dikurangi. Bila Anda pencinta kopi yang sedang dalam masa menyusui, kopi jenis ini akan sangat membantu.

Pilih minuman favorit yang membuat Anda rileks

Pilih minuman favorit yang membuat Anda rileks

Sebelumnya, kami telah memberikan beberapa pilihan minuman yang cocok untuk ibu yang menyusui. Akan tetapi, satu hal yang terpenting adalah ibu menyusui tidak boleh stres. Karena itu, pilihlah minuman dengan rasa yang Anda sukai sehingga Anda semakin menikmati saat-saat meminumnya. Meminum minuman yang Anda sukai juga memiliki efek relaksasi. Memilih manfaatnya memang penting, tetapi lebih baik lagi bila minuman tersebut bisa menjadi favorit Anda.

10 Rekomendasi minuman terbaik untuk ibu menyusui

Dari berbagai jenis minuman sehat di atas, manakah yang ingin Anda coba pertama kali? Agar Anda mendapatkan produk yang terbaik, kami akan memberikan beberapa rekomendasi produk minuman terbaik untuk ibu menyusui. Pilihlah sesuai manfaat dan selera Anda, ya!

10. Nescafe Gold Decaf

10. Nescafe Gold Decaf

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 137.100

Melalui proses dekafeinasi, aman untuk ibu hamil dan menyusui

Meski sedang hamil atau menyusui, bukan berarti Anda tidak dapat menikmati harum nikmatnya kopi. Produk kopi dari Nescafe ini telah mengalami proses dekafeinasi sehingga menjamin Anda tidak mengonsumsi kafein berlebih. Cocok untuk Anda ibu hamil atau menyusui yang tidak bisa lepas dari kopi.

Meski kandungan kafeinnya rendah, tak perlu khawatir kenikmatannya akan berkurang. Dibuat dari biji kopi robusta dan arabika dengan kualitas terbaik, kopi ini tetap menghasilkan cita rasa nikmat khas Nescafe. Selain ibu hamil dan menyusui, produk ini juga pilihan tepat bagi pencinta kopi yang sedang mengurangi asupan kafein.

9. Pabriek Kopi Nata Decaf Coffee Tjap Semar

9. Pabriek Kopi Nata Decaf Coffee Tjap Semar

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 530.000

Decaf coffee yang nyaman di lambung

Kopi yang telah lolos sertifikasi uji LPPT (Laboratorium Penelitian dan Pengujian Terpadu) UGM ini memiliki karakter rasa kopi yang ringan. Merupakan kopi arabika yang telah melalui proses dekafeinasi, produk ini aman untuk Anda yang sedang menyusui. Selain itu, produk ini diklaim nyaman di lambung Anda.

Meskipun ringan, Anda tetap dapat menikmati aroma fruity khas buah kopi yang begitu harum melalui produk ini. Dibuat dengan 100% biji kopi asli yang ditanam secara alami dan diolah tanpa tambahan bahan kimia, produk ini aman dikonsumsi setiap hari. Ingin menikmati kopi nikmat dan lambung tetap nyaman? Produk ini jawabannya!

8. Nutrend Rooibos Tea

8. Nutrend Rooibos Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 82.500

Tingkatkan kualitas tidur dengan teh yang menyegarkan

Menyusui memang seringkali membuat lelah ibu. Rasa lelah yang melanda juga kadangkala membuat sang ibu sulit tertidur. Bila itu masalah Anda, atasi saja dengan rooibos tea ini! Kandungan daun rooibos alaminya menghasilkan rasa yang menyegarkan. Hasilnya, tubuh Anda pun terasa bugar kembali setelah meminumnya.

Selain rasa yang nikmat dan rasa lelah yang hilang, kualitas tidur Anda pun akan jadi lebih baik bila meminumnya secara rutin. Mengandung vitamin dan antioksidan, teh ini juga bermanfaat bagi tubuh Anda. Bagi Anda ibu menyusui dengan tingkat stamina rendah dan sulit tertidur lelap, produk ini pantas menjadi pilihan.

7. Sempio Barley Tea

7. Sempio Barley Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 100.000

Cara nikmat atasi dehidrasi di masa menyusui

Bila Anda sering dehidrasi di masa menyusui, tetapi air putih saja membuat Anda bosan, Anda dapat mencoba teh ini sebagai alternatif. Dibuat dari 100% organic barley, teh ini menghasilkan aroma barley dengan keharuman yang khas. Baik disajikan dingin atau hangat, Anda akan merasa segar kembali setelah meminumnya.

Belum pernah mencoba barley tea sebelumnya? Tidak perlu khawatir! Teh ini memiliki rasa ringan yang mudah akrab di lidah siapa saja. Teh yang aman dikonsumsi oleh ibu menyusui ini pun bermanfaat melancarkan pencernaan. Bila Anda ibu menyusui dengan masalah sembelit, pasti sangat terbantu dengan teh nikmat ini.

6. House Foods Barley Tea

6. House Foods Barley Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 85.000

Segar dengan manfaat polifenol

Bosan dengan teh yang disajikan hangat? Pastikan Anda mencoba barley tea dari Jepang ini. Teh dalam kemasan kantung yang diciptakan khusus untuk disajikan dingin ini begitu praktis dinikmati. Rendam saja di dalam 1 liter air dingin, biarkan 1-2 jam di dalam kulkas, dan barley tea dingin menyegarkan siap dinikmati.

Di negara asalnya, barley tea dikenal sebagai minuman pendingin badan yang membantu orang-orang Jepang menghadapi summer heat. Selain itu, teh ini juga memiliki kandungan polifenol yang baik untuk jantung. Harum dan membuat rileks, membuat Anda tidak bosan meminumnya. Kebutuhan ibu menyusui akan cairan tubuh pun jadi tercukupi.

5. Ahmad Tea Rooibos & Cinnamon

5. Ahmad Tea Rooibos & Cinnamon

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 85.000

Tidur lebih lelap dengan teh nikmat kaya manfaat

Kelelahan akibat menyusui dan mengurus bayi tidak jarang membuat otot ibu menjadi kaku. Akibatnya, tidur pun menjadi tidak lelap. Bila Anda memiliki masalah serupa, varian teh dari Ahmad Tea ini bisa membantu. Keharumannya membuat Anda rileks, dengan begitu otot-otot pun mengendur dan Anda bisa tidur dengan lelap.

Teh rooibos yang dikenal memiliki ribuan manfaat kini berpadu dengan cinnamon yang harum. Paduan ini menghasilkan aroma manis yang nikmat sehingga Anda tak perlu lagi menambahkan gula atau madu sebagai penambah rasa. Cinnamon juga memberikan efek hangat pada tubuh sehingga teh ini pas dinikmati saat cuaca dingin.

4. Ahmad Tea Rosehip, Hibiscus, & Cherry

4. Ahmad Tea Rosehip, Hibiscus, & Cherry

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 179.900

Aroma harum dan manis penghilang rasa lelah

Rosehip yang dikenal kaya akan vitamin C, berpadu dengan hibiscus yang beraroma bold, dan buah ceri yang manis di dalam varian teh dari Ahmad Tea ini. Perpaduannya menghasilkan teh beraroma berani dengan aksen rasa harum dan manis yang memikat. Cocok untuk hilangkan rasa lelah, setelah berkegiatan seharian.

Asupan gula yang berlebih tidak baik bagi tubuh, apalagi ibu menyusui. Nah, Anda ibu menyusui yang memiliki sweet tooth bisa mengonsumsi teh ini untuk memuaskan keinginan Anda menyantap makanan manis. Rasa lelah secara mental dan fisik sirna, ibu pun kembali bersemangat menghadari aktivitas yang padat.

3. Yogi Woman’s Nursing Support

3. Yogi Woman’s Nursing Support

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 89.000

Untuk ASI lebih berkualitas dan tubuh yang lebih rileks

Bila Anda memiliki masalah dengan buruknya kualitas ASI, seperti perubahan warna, tekstur, dan bau, teh herbal ini barangkali dapat mengatasi masalah Anda. Produk ini terbuat dari ramuan herbal alami hasil racikan para herbalist ahli, yang telah dikenal sejak lama manfaatnya untuk meningkatkan kualitas ASI.

Selain membantu Anda menghasilkan ASI yang sehat untuk buah hati, teh ini pun bantu pulihkan vitalitas tubuh Anda. Adanya kandungan chamomile dan lavender menambah keharuman teh ini. Tubuh pun akan terasa rileks, terutama bila Anda menyajikannya dalam keadaan hangat. Untuk rasa lebih kuat, gunakanlah 2 kantung teh sekaligus.

2. Earth Mama Organic Milkmaid Tea

2. Earth Mama Organic Milkmaid Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 100.000

Hasilkan ASI lebih sehat, tidak pakai lama!

Anda tidak perlu lagi khawatir dengan masalah produksi ASI bila Anda mengonsumsi secara rutin produk dari Earth Mama ini. Teh yang dibuat dari racikan herbal dengan aroma wangi ini dikenal ampuh membantu kelancaran produksi ASI. Dibuat dari bahan organik, Anda pun bisa menghasilkan ASI yang lebih sehat.

Menurut review produk, banyak konsumen yang menyukai rasa dan aromanya yang nikmat. Untuk hasil optimal, Anda perlu mengonsumsi 1-3 cangkir teh dalam sehari. Mau dingin atau panas, Anda sendiri yang putuskan. Tak perlu menunggu berhari-hari karena Anda bisa segera merasakan manfaatnya setelah meminumnya. Luar biasa!

1. Traditional Medicinals Mother’s Milk

1. Traditional Medicinals Mother's Milk

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 100.000

Atasi masalah produksi ASI yang melemah

Banyak faktor yang membuat produksi ASI melemah, tetapi apapun penyebabnya, hal tersebut tentu menjadi masalah besar bagi ibu menyusui. Bila Anda seringkali mengalami hal serupa, produk yang satu ini bisa diandalkan. Teh organik yang diracik secara tradisional ini membantu produksi ASI yang lebih lancar dari dalam.

Anda bisa cepat merasakan khasiatnya setelah meminum teh herbal ini. Produk ini memadukan manfaat berbagai tanaman herbal yang telah dipercaya khasiatnya dari generasi ke generasi, seperti fennel, anise, fenugreek, dan ketumbar. Dengan bahan-bahan alami, produksi ASI lancar, lebih sehat, dan jelas terjaga kualitasnya.

Siasat jitu agar tidak dehidrasi ketika menyusui

Siasat jitu agar tidak dehidrasi ketika menyusui

Sebagian besar ASI terbuat dari cairan tubuh sang ibu. Karena itu, menjaga cairan tubuh tetap tersedia merupakan hal penting bagi Anda yang sedang menyusui. Ditambah lagi, ketika cairan tubuh tercukupi, ASI pun dapat diproduksi dengan lancar. Minum minuman yang sama setiap saat mungkin akan membuat Anda bosan dan stres. Untuk itulah, Anda pun perlu menyediakan beberapa jenis minuman sekaligus untuk variasi. Anda dapat meminumnya bergiliran sesuai dengan mood.

Bila Anda telah bosan dengan minuman yang memiliki rasa, Anda dapat mencoba minum air hangat saja. Air hangat lebih baik untuk sistem pencernaan dibandingkan dengan air dingin. Disamping cairan tubuh terpenuhi, sistem kerja tubuh juga menjadi semakin baik. Anda juga bisa menentukan minuman Anda berdasarkan makanan yang Anda konsumsi atau waktu makan Anda.

Perlu diketahui bahwa susu mengandung banyak lemak. Jadi, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi susu terlalu banyak. Bila Anda sangat menyukai susu, ada baiknya bila Anda menggantinya dengan susu kedelai alami.

Kesimpulan

Ibu menyusui aktif memproduksi ASI sehingga rentan dehidrasi. Menyusui bayi pun bukan pekerjaan sederhana sehingga mereka kerap kali kelelahan. Kalau sudah begitu, kuantitas dan kualitas ASI yang diproduksi bisa terganggu. Salah satu solusinya adalah mengonsumsi minuman pendukung yang baik untuk ibu menyusui.

Kali ini kami telah memberikan 10 rekomendasi produk minuman untuk ibu menyusui. Produk-produk di atas tentu saja aman dikonsumsi oleh ibu menyusui dan bermanfaat dalam produksi ASI. Selain dari segi manfaat, pilihlah varian yang paling Anda suka agar mood selalu terjaga!