mybest
Minuman ibu menyusui

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Ibu & anak
  3. Perlengkapan & perawatan ibu
  4. 10 Rekomendasi Minuman untuk Ibu Menyusui Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Konsultan Laktasi]
  • 10 Rekomendasi Minuman untuk Ibu Menyusui Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Konsultan Laktasi] 1
  • 10 Rekomendasi Minuman untuk Ibu Menyusui Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Konsultan Laktasi] 2
  • 10 Rekomendasi Minuman untuk Ibu Menyusui Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Konsultan Laktasi] 3
  • 10 Rekomendasi Minuman untuk Ibu Menyusui Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Konsultan Laktasi] 4
  • 10 Rekomendasi Minuman untuk Ibu Menyusui Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Konsultan Laktasi] 5

10 Rekomendasi Minuman untuk Ibu Menyusui Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Konsultan Laktasi]

Busui atau ibu menyusui membutuhkan cairan yang cukup agar persediaan ASI (air susu ibu) tetap memadai. Karena itu, ibu menyusui disarankan untuk minum banyak air putih. Namun, agar tidak bosan, busui bisa mempertimbangkan minuman untuk ibu menyusui.

Kali ini, kami sudah menyiapkan cara memilih minuman untuk ibu menyusui yang disusun bersama dokter konsultan laktasi, dr. Ayudya Soemawinata. Kami juga menyiapkan rekomendasi minuman yang bagus untuk ASI booster dari berbagai merekBeberapa di antaranya ada ALMONA, Mama's Choice, dan MamaBear. Jangan lewatkan informasinya, ya!

Diperbaharui 08/03/2024
dr. Ayudya Soemawinata
Pakar
Dokter Konsultan Laktasi
dr. Ayudya Soemawinata

dr. Ayudya Soemawinata, BMedSc (Hons), IBCLC, biasa disapa dengan nama dr. Yudy. Beliau menyelesaikan pendidikan dokter umum dengan gelar double degree dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan honors program dari Monash University Australia. Setelah itu, dr. Yudy melanjutkan studi di bidang laktasi melalui Australasian Lactation Courses. Beliau juga meraih gelar International Board Certified Lactation Consultant dari IBCLE. Saat ini, beliau aktif berpraktek di RSIA Dhia sebagai konsultan laktasi dan juga bekerja sebagai expert di platform digital Tentang Anak. Beliau juga aktif mengedukasi masyarakat terutama para orang tua di bidang laktasi dan parenting melalui seminar edukasi dan media sosial.

Profil dr. Ayudya Soemawinata
Lanjut membaca
Sonya Kovaleswani
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Sonya Kovaleswani

Sonya Kovaleswani merupakan writer mybest yang sudah menulis konten dari berbagai bidang, seperti beauty & skincare, elektronik dapur, hingga peralatan kebersihan. Selama menulis di mybest, Sonya juga sudah banyak berdiskusi dengan pakar-pakar di bidangnya tentang bagaimana memilih produk yang bagus. Semasa kuliah, ia menuangkan kecintaannya pada dunia tulis-menulis dengan mengelola blog pribadi ber-niche fashion dan beauty & skincare. Selama menulis blog-nya, Sonya telah mendapatkan kesempatan bekerja sama dengan brand-brand kecantikan terkemuka, baik lokal maupun internasional.

Profil Sonya Kovaleswani
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apakah perlu mengonsumsi minuman khusus untuk ibu menyusui?

Pakar
Pakar

Ibu menyusui memang perlu banyak minum, tetapi bukan berarti perlu mengonsumsi minuman khusus. Minuman khususditujukan sebagai selingan agar terhindar dari rasa bosan.

Apakah perlu mengonsumsi minuman khusus untuk ibu menyusui?
Pada dasarnya, ibu menyusui boleh mengonsumsi semua jenis minuman asal tidak memiliki lambung yang sensitif. Tentu saja, ibu menyusui tetap harus menghindari minuman yang mengandung alkohol.

Selama masa menyusui, penting bagi seorang ibu untuk minum banyak agar tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Pada dasarnya, bayi hanya mengonsumsi ASI selama 6 bulan pertama hidupnya. Artinya, bayi hanya mengandalkan asupan cairan ASI dari sang ibu. Oleh karena itu, ibu yang sedang menyusui perlu memperhatikan asupan cairan mereka. Selain itu, dehidrasi juga dapat memengaruhi produksi ASI, baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Sebagai informasi, minuman yang dikonsumsi oleh ibu menyusui tidak akan mengubah rasa ASI secara langsung. Meskipun demikian, rasa ASI memang akan menjadi lebih beragam.
dr. Ayudya Soemawinata
Dokter Konsultan Laktasi
dr. Ayudya Soemawinata

Perlu diingat bahwa pada masa menyusui semua hal yang dikonsumsi ibu pasti akan memberikan efek ke bayi. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda tetap bijak dalam memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Cara memilih Minuman untuk Ibu Menyusui

Banyaknya minuman untuk ibu menyusui yang beredar di pasaran mungkin akan membuat Anda kebingungan. Untuk membantu Anda mendapatkan minuman terbaik, mari lihat informasi cara memilih yang kami rekomendasikan berikut ini. 

1

Penuhi kebutuhan nutrisi dengan minuman seperti susu bila Anda ingin meningkatkan produksi ASI

Pakar
Pakar

Mengonsumsi susu yang mengandung protein dan kalsium bisa menjadi tambahan nutrisi yang baik bagi ibu sehingga kualitas dan kuantitas ASI bisa ikut meningkat.

Penuhi kebutuhan nutrisi dengan minuman seperti susu bila Anda ingin meningkatkan produksi ASI

Ibu menyusui membutuhkan asupan nutrisi yang optimal karena harus memproduksi ASI. Jika asupan nutrisinya tidak tercukupi, ibu menyusui akan lebih cepat lelah dan rentan sakit. Hal ini karena proses pemenuhan nutrisi pada ASI otomatis akan mengambil cadangan nutrisi dari tubuh sang ibu. Jadi, konsumsi susu oleh ibu yang sedang menyusui bermanfaat untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya, terutama kebutuhan protein dan kalsium.


Berikut ini kami uraikan manfaat nutrisi dalam susu untuk ibu yang sedang menyusui:

  • Protein
Protein merupakan salah satu nutrisi penting bagi ibu yang sedang menyusui karena berfungsi sebagai sumber energi. Tak hanya itu, protein juga dapat membantu dalam pemulihan tubuh setelah melahirkan. Oleh karena itu, Anda harus mendapatkan asupan protein yang optimal. 

Ketika ibu menyusui mendapatkan asupan protein yang cukup, kualitas ASI juga akan meningkat. Dengan begitu, bayi bisa mendapatkan asupan protein yang baik untuk mengoptimalkan tumbuh kembang dan mencegah terjadinya stunting.


  • Kalsium
Kandungan kalsium tubuh ibu akan dipakai dalam produksi ASI untuk bayi sehingga busui bisa mengalami kekurangan kalsium. Ibu menyusui yang kekurangan kalsium dalam jangka panjang berisiko mengalami osteoporosis dan keropos tulang.

Dalam jangka pendek, kekurangan kalsium dapat menyebabkan ibu menyusui merasakan kelelahan dan nyeri di bagian bawah punggung. Oleh karena itu, penting bagi ibu menyusui untuk memenuhi kebutuhan kalsium dengan baik. Secara umum, rata-rata kalsium yang dibutuhkan oleh ibu menyusui adalah sekitar 1.000-1.600 mg per hari.


Selain untuk masa menyusui, ibu juga memerlukan susu untuk masa kehamilan. Untuk informasi lebih lanjut tentang susu yang cocok untuk ibu hamil, silakan kunjungi artikel kami di bawah ini.
dr. Ayudya Soemawinata
Dokter Konsultan Laktasi
dr. Ayudya Soemawinata

Selain mengonsumsi susu, ibu menyusui juga bisa menambah asupan protein dengan mengonsumsi makanan tinggi protein. Beberapa contohnya adalah daging sapi, daging ayam, ikan, dan kacang-kacangan. 


Sementara itu, untuk menambah asupan kalsium, ibu menyusui bisa mengonsumsi yoghurt dan keju. Namun, kandungan protein dan kalsium akan lebih banyak didapatkan pada susu.

2

Ingin minuman yang dapat membantu pikiran Anda rileks dari kesibukan sehari-hari? Pilih minuman herbal seperti jamu atau teh bunga

Pakar
Pakar

Bahan-bahan herbal dipercaya memberikan sugesti positif dan menenangkan sehingga tak ada salahnya dicoba, terlebih jika bahan-bahan tersebut sudah digunakan sejak dahulu.

Ingin minuman yang dapat membantu pikiran Anda rileks dari kesibukan sehari-hari? Pilih minuman herbal seperti jamu atau teh bunga

Minuman herbal seperti teh bunga (tisane) dan jamu sering dianggap memiliki efek menenangkan pikiran. Namun, sebenarnya belum ada bukti ilmiah yang kuat mengenai kemampuan minuman herbal tersebut. Secara umum, efek menenangkan ini bersifat sugestif karena telah digunakan sejak zaman dahulu dan banyak yang merasakan manfaatnya.


  • Jamu
Ibu menyusui diperbolehkan untuk mengonsumsi jamu. Namun, lebih baik bila Anda mengonsumsi jamu segar supaya bahan-bahannya dapat diketahui dengan jelas. Jika memilih jamu kemasan, penting untuk memeriksa komposisi produk dan memastikan tidak ada bahan berbahaya. 

Hindari kandungan kortikosteroid yang dapat mencemari ASI. Kandungan ini berpotensi menimbulkan efek samping pada bayi. Salah satu efek sampingnya adalah penurunan sistem kekebalan tubuh yang membuat bayi lebih rentan terhadap infeksi.


  • Teh bunga (tisane)
Teh herbal yang diseduh dari bunga atau tisane dianggap relatif aman bagi ibu menyusui karena umumnya tidak mengandung kafeina. Meskipun demikian, busui disarankan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang moderat, misalnya 1-2 kali sehari. Beberapa jenis tisane yang dipercaya bisa memberikan efek menenangkan, antara lain teh chamomile dan teh lavender.

Selain minuman herbal, minuman kafeina seperti kopi dan teh bisa dikonsumsi, tapi tetap perhatikan jumlah pengonsumsiannya

Pakar
Pakar

Kafeina boleh dikonsumsi busui dengan batas maksimal 300 mg/hari atau sekitar 2-3 cangkir kopi hitam. Mengonsumsi kafeina secara berlebih dapat memberikan efek buruk pada bayi.

Selain minuman herbal, minuman kafeina seperti kopi dan teh bisa dikonsumsi, tapi tetap perhatikan jumlah pengonsumsiannya

Ibu menyusui diperbolehkan untuk sesekali mengonsumsi jenis teh dan kopi. Namun, Anda perlu memperhatikan kadar kafeina yang aman dikonsumsi oleh ibu menyusui


Jika Anda mengonsumsi kafeina secara rutin setiap hari, Anda juga perlu memperhatikan kadar zat besi dalam tubuh. Hal ini karena tubuh mungkin membutuhkan tambahan suplementasi zat besi karena kafeina dapat menghambat penyerapan zat besi.

dr. Ayudya Soemawinata
Dokter Konsultan Laktasi
dr. Ayudya Soemawinata

Ada tips yang bisa diterapkan jika Anda memang harus mengonsumsi minuman berkafeina setiap hari, yakni dengan mengurangi porsi seduhan. Contoh, jika biasanya satu gelas membutuhkan satu sachet, Anda bisa menyeduh satu gelas dengan setengah sachet saja.

3

Periksa kandungan gulanya dan pastikan hanya memilih produk yang rendah gula, terutama bagi Anda yang tak ingin berat badannya naik

Pakar
Pakar

Gula dapat menaikkan berat badan busui dengan mudah dan menimbulkan beragam masalah kesehatan. Anjuran asupan gula pada ibu menyusui setara dengan empat sendok makan per hari.

Periksa kandungan gulanya dan pastikan hanya memilih produk yang rendah gula, terutama bagi Anda yang tak ingin berat badannya naik
Minuman kemasan yang tersedia di pasaran biasanya mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Oleh karena itu, ibu menyusui perlu memeriksa secara teliti kandungan gula pada produk yang akan dikonsumsi. Hal ini perlu dilakukan agar tidak menyebabkan masalah kesehatan, seperti obesitas dan diabetes.

Sebagai informasi, kebutuhan gula bagi orang dewasa, termasuk ibu menyusui, sebenarnya hampir sama, yaitu maksimal 50 gram per hari. Jumlah 50 gram ini tidak hanya berasal dari minuman, tetapi dari total konsumsi makanan dan minuman sepanjang hari. Untuk itu, busui sebaiknya memilih produk yang mengandung gula sesedikit mungkin agar tidak melebihi batas konsumsi harian yang disarankan. 

Untuk mengetahui jumlah kandungan gula dalam suatu produk, Anda dapat melihat informasi nutrisi pada label produk. Mari simak informasi nilai gizi avocado coffee berikut ini agar lebih jelas.


INFORMASI NILAI GIZI

Takaran saji 14 g
4 sajian per kemasan
========================
JUMLAH PER SAJIAN
Enerrgi total 660 kkal
Protein 1 g
Karbohidrat Total 10 g
Gula Total 1 g
Gula (Sukrosa) 0 g
Laktosa 1 g

Dalam tabel tersebut terdapat dua jenis gula, yaitu sukrosa dan laktosa. Sukrosa memiliki rasa manis yang lebih kuat dibandingkan laktosa. Konsumsi sukrosa yang berlebihan dapat meningkatkan risiko diabetes, obesitas, dan penyakit lainnya. Jika Anda tidak yakin dengan jumlah gula yang dikonsumsi, sebaiknya pilih minuman dengan label "free sugar" atau "gula 0%".

Meskipun ibu menyusui memerlukan tambahan kalori sekitar 300-400 kalori per hari, peningkatan kalori tersebut sebaiknya tidak dipenuhi dari gula. Lebih baik ibu menyusui meningkatkan asupan protein dan karbohidrat daripada gula. Oleh karena itu, asupan gula pada ibu menyusui perlu dibatasi.

Selain minuman rendah gula, imbangi pola makan untuk mengontrol berat badan

Pakar
Pakar

Mengimbangi pola makan akan memengaruhi naik atau turunnya berat badan. Akan lebih baik menerapkan "isi piringku" yang telah dianjurkan oleh Kemenkes. 

Selain minuman rendah gula, imbangi pola makan untuk mengontrol berat badan

Banyak ibu menyusui yang mengeluhkan soal penambahan berat badan. Hal ini karena ibu menyusui sering kali tidak bisa mengontrol asupan makanan. Terlebih, ada anggapan bahwa ibu menyusui perlu meningkatkan asupan untuk mendukung produksi ASI. Anggapan ini tidak sepenuhnya salah karena ibu menyusui memang memerlukan tambahan kalori. Meskipun begitu, ibu menyusui dapat mengontrol berat badan tanpa mengurangi produksi ASI dengan langkah-langkah berikut:


  • Menjaga pola makan seimbang
  • Mengganti makanan ringan dengan buah, biji-bijian, atau kacang-kacangan yang dipanggang
  • Mengurangi konsumsi minuman manis
4

Pilih minuman dengan label BPOM yang telah teruji keamanannya

Pakar
Pakar

Label BPOM menunjukkan bahwa produk tersebut aman untuk dikonsumsi atau memenuhi standar keamanan dan kualitas yang diterapkan oleh pemerintah.

Pilih minuman dengan label BPOM yang telah teruji keamanannya
Mendapatkan sertifikasi BPOM tidaklah mudah karena suatu produk harus melalui serangkaian uji dari berbagai aspek. Bahan baku, kualitas fisik, kimia, dan mikrobiologi produk, hingga keakuratan informasi yang tertera pada label, semuanya akan diperiksa. Kehadiran label BPOM pada minuman kemasan memberikan kepercayaan bagi konsumen, terlebih bagi ibu menyusui.

Akan lebih baik lagi bila terdapat label "aman untuk ibu menyusui"

Pakar
Pakar

Produk dengan label "aman untuk ibu menyusui" telah diatur kadar dan komposisinya dan bisa ditemukan dengan mudah pada kemasan atau deskripsi produk.

Akan lebih baik lagi bila terdapat label "aman untuk ibu menyusui"
Meskipun tidak wajib, Anda bisa memilih produk dengan label "aman untuk ibu menyusui". Keberadaan label tersebut menandakan bahwa formula produk telah disusun dengan kadar dan komposisi yang aman dikonsumsi ibu menyusui

Hal ini penting terutama untuk produk minuman yang belum terbukti secara ilmiah dapat memberikan manfaat bagi tubuh ibu menyusui. Beberapa contohnya adalah minuman seperti jamu dan tisane (teh herbal). Dengan demikian, keberadaan label ini dapat memberikan rasa aman tambahan bagi ibu menyusui.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Minuman untuk Ibu Menyusui Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Minuman untuk Ibu Menyusui terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 13 Januari 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Jenis
Kandungan protein
Kandungan kalsium
Mengandung kafeina
Free sugar
Kandungan gula total
Kandungan sukrosa
Kandungan laktosa
Aman untuk ibu menyusui
BPOM
Isi
1

Almona

Almond Milk Powder

Almona Almond Milk Powder  1

Rp46.700

Agak Murah

Susu almon dengan daun katuk yang tinggi serat

Susu

8 gram

Tidak diketahui

Tidak diketahui

(Original: MD 867010120064, Cokelat: MD 867010128064, Mocha Tiramisu: MD 867010165064)

175 gram

2

Mama's Choice

Almond Milk Powder (ASI Booster)

Mama's Choice Almond Milk Powder (ASI Booster) 1

Rp109.000

Agak Mahal

Buat ASI lebih deras tanpa efek sakit perut

Susu

13 gram (Matcha), 12 gram (Choco)

Tidak diketahui

Tidak diketahui

(Choco: MD 862328414052, Matcha: MD 862328435052)

200 gram

3

CV. Manna Indo Lakta

MamaBear Teh Pelancar ASI Rasa Strawberry

CV. Manna Indo Lakta MamaBear Teh Pelancar ASI Rasa Strawberry 1

Rp43.000

Agak Murah

Aromanya relaxing, pas dijadikan mood booster

Teh

Tidak

Tidak

Tidak

20 sachet x @ 3 gram

4

Momsy

Almond Mix Rasa Cokelat

Momsy Almond Mix Rasa Cokelat 1

Rp135.000

Agak Mahal

Mengandung 14 nutrisi esensial untuk optimalkan produksi ASI

Susu

2 gram

Tidak diketahui

Tidak diketahui

(MD 073182004200068)

1 gram/sachet

5

Lamoms Mix

Almond Powder Drink

Lamoms Mix Almond Powder Drink 1

Rp55.000

Agak Murah

Susu almon dan oat yang membantu pemulihan tubuh pasca-melahirkan

Susu

14 gram

Tidak diketahui

Tidak ada

(P-IRT 513367407024426)

200 gram

6

Herbilogy®

Breastfeeding Tea

Herbilogy® Breastfeeding Tea 1

Rp69.000

Menengah

Teh herbal dengan aroma vanila yang menenangkan

Teh

Tidak

Tidak

Tidak

(TR172299841)

20 kantung x @ 2 gram

7

Hydromamma®

Minuman Serbuk Berperisa Rasa Coconut

Hydromamma® Minuman Serbuk Berperisa Rasa Coconut 1

Rp60.000

Menengah

Rasanya segar, pencegah dehidrasi ibu menyusui

Minuman serbuk berperisa

15 gram

Tidak diketahui

Tidak

(MD 667013033356)

12 sachet x @ 17 gram

8

LeMom

Booster Tea

LeMom Booster Tea 1

Rp49.950

Agak Murah

Mampu mencegah penuaan dini pada ibu menyusui

Teh

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak

(P-IRT 2133578035145-23)

20 sachet x @ 5 gram

9

Dexa Medica

Herba Asimor Plus Vitamin C

Dexa Medica Herba Asimor Plus Vitamin C 1

Rp143.000

Agak Mahal

Mengandung ekstrak ikan gabus, tetapi rasanya tidak amis!

Minuman serbuk berperisa

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Ya (tidak dijelaskan kadarnya)

Tidak

(SD232021461)

10 stick pack x @ 10 gram

10

Instabost Life

Instaboost Mom Pelancar ASI

Instabost Life  Instaboost Mom Pelancar ASI 1

Rp69.000

Menengah

Dapat menurunkan berat badan dan meningkatkan imun tubuh

Teh

Tidak diketahui

Tidak diketahui

(mengandung stevia)

450 mg

Tidak diketahui

Tidak diketahui

(TR213209841)

15 kantung x @ 3 gram

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

AlmonaAlmond Milk Powder

Almond Milk Powder  1
Sumber: shopee.co.id
Almond Milk Powder  2
Sumber: shopee.co.id
Almond Milk Powder  3
Sumber: shopee.co.id
Almond Milk Powder  4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp46.700
Agak Murah
Harga referensi
Rp46.700
Agak Murah

Susu almon dengan daun katuk yang tinggi serat

Untuk Anda yang alergi susu sapi, minum segelas susu almon bisa menjadi alternatif yang baik. Salah satunya adalah susu almon dari Almona yang tersedia dalam berbagai macam rasa. Tidak hanya mengandung kacang almon saja, susu ini juga dilengkapi dengan ekstrak daun katuk yang bermanfaat melancarkan ASI.

 

Dalam satu sachet susu Almona, terkandung 12 butir almon yang kaya serat. Jadi, susu ini bisa membantu melancarkan pencernaan Anda, serta mengendalikan berat badan.

JenisSusu
Kandungan protein
Kandungan kalsium
Mengandung kafeina
Free sugar
Kandungan gula total8 gram
Kandungan sukrosaTidak diketahui
Kandungan laktosaTidak diketahui
Aman untuk ibu menyusui
BPOM(Original: MD 867010120064, Cokelat: MD 867010128064, Mocha Tiramisu: MD 867010165064)
Isi175 gram
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Mama's ChoiceAlmond Milk Powder (ASI Booster)

Harga referensi
Rp109.000
Agak Mahal

Buat ASI lebih deras tanpa efek sakit perut

Jika ASI Anda sedang seret karena stres atau capek, Anda bisa mencoba minum susu almond dari Mama's Choice ini. Susu ini diklaim dapat membuat ASI dua kali lebih deras. Tentu dengan rasa yang enak, susu ini aman diminum setiap hari.


Nilai plusnya lagi, karena terbuat dari almond, susu ini tidak akan membuat sakit perut, kembung, ataupun begah. Anda yang memiliki intoleransi laktosa tentu nyaman mengonsumsinya. Di samping itu, susu ini juga kaya vitamin yang akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga Anda jadi lebih sehat dan jarang sakit. Jika ibunya sehat dan ASI berkualitas, dijamin bayi juga akan sehat dan kuat.

JenisSusu
Kandungan protein
Kandungan kalsium
Mengandung kafeina
Free sugar
Kandungan gula total13 gram (Matcha), 12 gram (Choco)
Kandungan sukrosaTidak diketahui
Kandungan laktosaTidak diketahui
Aman untuk ibu menyusui
BPOM(Choco: MD 862328414052, Matcha: MD 862328435052)
Isi200 gram
View all
No.3

CV. Manna Indo LaktaMamaBear Teh Pelancar ASI Rasa Strawberry

Harga referensi
Rp43.000
Agak Murah

Aromanya relaxing, pas dijadikan mood booster

Ketika anak tidur, saatnya Anda relaksasi dengan menikmati secangkir teh ini. Aroma teh rasa strawberry ini memberi sensasi relaxing yang bisa meningkatkan mood. Rasanya manis alami dengan tambahan habbatussauda yang berkhasiat tinggi sebagai ASI booster. Anda juga tak perlu khawatir dengan kandungan kafeina karena teh dari MamaBear ini dibuat tanpa daun teh.

JenisTeh
Kandungan protein
Kandungan kalsium
Mengandung kafeina
Free sugar
Kandungan gula totalTidak
Kandungan sukrosaTidak
Kandungan laktosaTidak
Aman untuk ibu menyusui
BPOM
Isi20 sachet x @ 3 gram
View all
No.4

MomsyAlmond Mix Rasa Cokelat

Harga referensi
Rp135.000
Agak Mahal

Mengandung 14 nutrisi esensial untuk optimalkan produksi ASI

Dilengkapi empat kandungan alami, yaitu almon, daun katuk, daun kelor, dan kacang kedelai, minuman ini dapat melancarkan ASI Anda. Tidak hanya lancar saja, tetapi kualitas ASI pun meningkat. Anda akan mendapatkan hindmilk dengan lebih banyak lemak sehingga berat badan anak pun naik cukup signifikan. Selain tersedia dalam rasa cokelat, minuman ini juga punya rasa strawberry dan vanilla yang tak kalah enak.

JenisSusu
Kandungan protein
Kandungan kalsium
Mengandung kafeina
Free sugar
Kandungan gula total2 gram
Kandungan sukrosaTidak diketahui
Kandungan laktosaTidak diketahui
Aman untuk ibu menyusui
BPOM(MD 073182004200068)
Isi1 gram/sachet
View all
No.5

Lamoms MixAlmond Powder Drink

Harga referensi
Rp55.000
Agak Murah

Susu almon dan oat yang membantu pemulihan tubuh pasca-melahirkan

Susu almon dengan tujuh varian rasa ini memiliki kandungan yang melimpah. Selain berbahan dasar almon, terdapat pula oat, soya, daun katuk, dan pomegranate. Semua kandungan tersebut bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI dan memenuhi kebutuhan nutrisi ibu menyusui. Tambahan oat makin menambah manfaatnya untuk membantu pemulihan setelah melahirkan. Bayi tumbuh sehat, Anda pun cepat pulih.

JenisSusu
Kandungan protein
Kandungan kalsium
Mengandung kafeina
Free sugar
Kandungan gula total14 gram
Kandungan sukrosaTidak diketahui
Kandungan laktosaTidak ada
Aman untuk ibu menyusui
BPOM(P-IRT 513367407024426)
Isi200 gram
View all
No.6

Herbilogy®Breastfeeding Tea

Harga referensi
Rp69.000
Menengah

Teh herbal dengan aroma vanila yang menenangkan

Satu kantung teh Herbilogy ini terbuat dari beberapa jenis bahan herbal, yaitu daun teh, daun katuk, fenugreek, dan vanila. Manfaatnya adalah meningkatkan produksi ASI. Karena terbuat dari bahan-bahan alami, tanpa pengawet, dan tanpa pewarna, Anda bisa mengonsumsinya setiap hari. Dengan aroma vanila yang menenangkan, secangkir teh herbal ini bisa menjadi teman Anda saat lelah beraktivitas seharian.

JenisTeh
Kandungan protein
Kandungan kalsium
Mengandung kafeina
Free sugar
Kandungan gula totalTidak
Kandungan sukrosaTidak
Kandungan laktosaTidak
Aman untuk ibu menyusui
BPOM(TR172299841)
Isi20 kantung x @ 2 gram
View all
No.7

Hydromamma®Minuman Serbuk Berperisa Rasa Coconut

Harga referensi
Rp60.000
Menengah

Rasanya segar, pencegah dehidrasi ibu menyusui

Ibu menyusui tidak boleh dehidrasi karena bisa membuat produksi ASI menurun. Untuk Anda yang mencari minuman segar pelega dahaga sekaligus mencegah dehidrasi, minuman serbuk Hydromama rasa Coconut ini wajib dicoba. Rasa kelapanya segar seperti kelapa asli. 


Selain itu, minuman ini juga diperkaya dengan asam folat dan tinggi vitamin C. Ini membuatnya tak hanya bisa diminum saat menyusui saja, tetapi juga sejak program kehamilan atau masa kehamilan.

JenisMinuman serbuk berperisa
Kandungan protein
Kandungan kalsium
Mengandung kafeina
Free sugar
Kandungan gula total15 gram
Kandungan sukrosaTidak diketahui
Kandungan laktosaTidak
Aman untuk ibu menyusui
BPOM(MD 667013033356)
Isi12 sachet x @ 17 gram
View all
No.8

LeMomBooster Tea

Booster Tea 1
Sumber: shopee.co.id
Booster Tea 2
Sumber: shopee.co.id
Booster Tea 3
Sumber: shopee.co.id
Booster Tea 4
Sumber: shopee.co.id
Booster Tea 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp49.950
Agak Murah
Harga referensi
Rp49.950
Agak Murah

Mampu mencegah penuaan dini pada ibu menyusui

Booster Tea dari LeMom ini tersedia dalam dua macam rasa, Lemon dan Leci yang segar. Kandungannya bisa membuat kulit Anda terhidrasi dengan baik sehingga teksturnya lebih lembut dan sehat, serta mencegah penuaan dini. 


Tentunya, Anda tidak ingin wajah terlihat lesu dan tidak segar karena lelah menyusui, bukan? Minum saja Booster Tea LeMom sesuai anjuran yaitu satu kali sehari setelah makan. Dengan begitu, masa-masa menyusui Anda akan terasa lebih ringan dan menyenangkan.

JenisTeh
Kandungan protein
Kandungan kalsium
Mengandung kafeina
Free sugarTidak diketahui
Kandungan gula totalTidak diketahui
Kandungan sukrosaTidak diketahui
Kandungan laktosaTidak
Aman untuk ibu menyusui
BPOM(P-IRT 2133578035145-23)
Isi20 sachet x @ 5 gram
View all
No.9

Dexa MedicaHerba Asimor Plus Vitamin C

Harga referensi
Rp143.000
Agak Mahal

Mengandung ekstrak ikan gabus, tetapi rasanya tidak amis!

Di dalam minuman serbuk ini tidak hanya mengandung ekstrak daun katuk saja, lho! Anda juga dapat merasakan manfaat dari ekstrak ikan gabus yang bermanfaat untuk membantu penyembuhan luka setelah melahirkan. Meski demikian, minuman yang praktis ini tidak berbau amis. Sebaliknya, rasanya enak dan menyegarkan.

Di dalamnya, terdapat berbagai nutrisi penting yang penting untuk ibu menyusui serta bayi. Contohnya, ada kandungan galatonol dan striatin yang dapat meningkatkan kualitas ASI dan meningkatkan kadar lemak ASI. Alhasil, bayi ASI Anda akan makin gemuk dan menggemaskan. 
JenisMinuman serbuk berperisa
Kandungan proteinTidak diketahui
Kandungan kalsiumTidak diketahui
Mengandung kafeina
Free sugar
Kandungan gula totalTidak diketahui
Kandungan sukrosaYa (tidak dijelaskan kadarnya)
Kandungan laktosaTidak
Aman untuk ibu menyusui
BPOM(SD232021461)
Isi10 stick pack x @ 10 gram
View all
No.10

Instabost Life Instaboost Mom Pelancar ASI

Harga referensi
Rp69.000
Menengah

Dapat menurunkan berat badan dan meningkatkan imun tubuh

Racikan herbal yang dikemas dalam kantung teh ini memiliki khasiat yang sayang untuk Anda lewatkan. Anda ingin melancarkan ASI sekaligus menurunkan berat badan? Produk ini jawabannya. Diramu dengan daun katuk, fenugreek, buah adas, dan meniran, teh ini juga bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Selain itu, teh ini bisa membantu menjaga tekanan darah, mencegah obesitas, serta meningkatkan imunitas tubuh.

JenisTeh
Kandungan proteinTidak diketahui
Kandungan kalsiumTidak diketahui
Mengandung kafeina
Free sugar(mengandung stevia)
Kandungan gula total450 mg
Kandungan sukrosaTidak diketahui
Kandungan laktosaTidak diketahui
Aman untuk ibu menyusui
BPOM(TR213209841)
Isi15 kantung x @ 3 gram
View all

5 Rekomendasi Minuman untuk Ibu Menyusui terbaik

No. 1: AlmonaAlmond Milk Powder

No. 2: Mama's ChoiceAlmond Milk Powder (ASI Booster)

No. 3: CV. Manna Indo LaktaMamaBear Teh Pelancar ASI Rasa Strawberry

No. 4: MomsyAlmond Mix Rasa Cokelat

No. 5: Lamoms MixAlmond Powder Drink

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Ibu & anak
  3. Perlengkapan & perawatan ibu
  4. 10 Rekomendasi Minuman untuk Ibu Menyusui Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Konsultan Laktasi]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.