• 10 Minuman Terbaik untuk Ibu Menyusui - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Minuman Terbaik untuk Ibu Menyusui - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Minuman Terbaik untuk Ibu Menyusui - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Minuman Terbaik untuk Ibu Menyusui - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Minuman Terbaik untuk Ibu Menyusui - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Minuman Terbaik untuk Ibu Menyusui - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)

Busui atau ibu menyusui membutuhkan cairan yang cukup agar persediaan ASI (air susu ibu) tetap memadai. Karena itu, ibu menyusui disarankan untuk minum banyak air putih. Namun, meminum air putih melulu tentu terasa membosankan. Kali ini kami akan merekomendasikan minuman untuk ibu menyusui yang bagus sebagai ASI booster dan merelaksasi tubuh.

Minuman dari merek Mamanduy, Sempio Barley Tea, Jukajo Mom, dan lainnya dapat Anda pilih. Kami juga telah menyiapkan tips memilih di artikel yang sudah ditinjau oleh bidan kami, Destry Permata Sari, STr. Keb, ini. Selamat menyimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Destry Permata, STr. Keb
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 05 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Bidan, Destry Permata Sari, STr. Keb

Profil pakar: Bidan, Destry Permata Sari, STr. Keb
Destry Permata, STr. Keb
Bidan
Destry Permata, STr. Keb

Destry adalah lulusan Kebidanan yang saat ini berfokus menjadi seorang pendamping ibu hamil. Beliau mendampingi ibu hamil dalam memberdayakan dirinya selama masa kehamilan sampai melahirkan. Setelah menyelesaikan beberapa pelatihan kebidanan komplementer, beliau membantu ibu hamil dengan prenatal gentle yoga dan hypnobirthing. Hal tersebut dilakukan untuk mempersiapkan persalinan yang minim trauma, alami, dan lancar.


Destry berpraktik di Pro V Clinic di wilayah Jakarta Selatan sejak 2019. Sejak saat itulah beliau makin cinta dengan profesinya. Beliau selalu ingin membantu para ibu hamil untuk memiliki pengalaman persalinan yang menyenangkan dan penuh dengan cinta.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih minuman untuk ibu menyusui

Banyaknya minuman untuk ibu menyusui yang beredar di pasaran mungkin akan membuat Anda kebingungan. Untuk membantu Anda mendapatkan minuman terbaik, mari lihat informasi cara memilih yang kami rekomendasikan berikut ini. 

Pilihlah yang bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI

Saat masa menyusui, sangat penting bagi Anda untuk menjaga kualitas dan kuantitas ASI demi perkembangan si kecil. Namun, tidak jarang produksi volume ASI belum sesuai harapan. Saat itulah minuman-minuman penambah ASI bermanfaat menjadi booster tambahan!

Oat milk, dorong pengeluaran hormon ibu menyusui

Oat milk, dorong pengeluaran hormon ibu menyusui

Salah satu rahasia untuk ASI yang lancar adalah dengan meminum susu gandum atau oat milk. Walau belum terbukti secara ilmiah, banyak ibu menyusui yang mengeklaim produksi ASI-nya meningkat signifikan setelah rutin meminum oat milk.


Oat terbuat dari gandum utuh yang bergizi dan memiliki nutrisi yang cukup. Kandungan oat, antara lain, adalah karbohidrat, protein, dan serat yang dibutuhkan oleh ibu menyusui. Oat juga bisa membantu merangsang pengeluaran hormon oxytocin dan relaxin yang bisa merangsang produksi dan melancarkan aliran ASI.

Minuman yang mengandung sayur-sayuran, untuk melancarkan ASI

Minuman yang mengandung sayur-sayuran, untuk melancarkan ASI

Mengonsumsi sayuran juga bermanfaat untuk meningkatkan kuantitas ASI. Sauropus androgynus atau biasa disebut daun katuk telah lama dipercaya sebagai ASI booster alami. Daun katuk memiliki kandungan laktagogum dan prolactin yang tinggi sehingga bisa merangsang produksi ASI agar keluar lebih banyak dan lancar. Namun, daun katuk hanya bisa menjadi ASI booster jika ibu menikmati setiap makanan yang dikonsumsinya.


Meskipun baik bagi produksi ASI, ada kalanya Anda enggan untuk memakan sayuran tersebut karena rasanya yang pahit. Untungnya sekarang ini telah banyak inovasi minuman ASI booster yang mengandung sayur dengan rasa yang enak! Lalu, ada pula Coleus amboinicus atau akrab dikenal dengan nama daun bangun-bangun dan daun jintan. Daun tersebut juga terbukti dapat meningkatkan produksi ASI.

Carilah yang dapat merelaksasi tubuh

Selain untuk memperlancar ASI, minuman yang bermanfaat untuk merelaksasi tubuh juga kami rekomendasikan bagi ibu menyusui. Kegiatan menyeduh teh akan menjadi alternatif relaksasi yang mudah dan menenangkan. Kami akan merekomendasikan beberapa jenis teh yang baik diminum oleh ibu menyusui.

Barley tea: Bebas kafein dan enak diminum setiap hari

Barley tea: Bebas kafein dan enak diminum setiap hari
Barley tea tidak mengandung kafein serta kaya akan mineral dan serat pangan. Hal tersebut membuat minuman ini sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Rasa yang mudah akrab di lidah dan menyegarkan juga membuat Anda tidak bosan meski meminumnya setiap hari.

Selain itu, Anda dapat menyajikan teh dalam keadaan dingin untuk mendapatkan sensasi menyegarkan. Disajikan dalam keadaan hangat ketika cuaca dingin atau hari hujan juga tidak kalah nikmatnya. Badan pun menjadi terasa lebih hangat.

Teh herbal: Alami dan membuat tubuh lebih relaks

Teh herbal: Alami dan membuat tubuh lebih relaks

Teh yang kaya kandungan antioksidan memang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Meskipun begitu, sebaiknya pilihlah teh yang bebas dari kandungan kafein. Kafein sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu menyusui karena nantinya akan terserap ke dalam ASI.


ASI yang mengandung kafein dapat berbahaya bagi bayi karena organ penyaring seperti ginjal dan hati belum berkembang sempurna. Jika diperlukan, tanyakan pada dokter anak Anda terkait varian teh yang aman untuk si kecil. 


Untuk Anda si ibu menyusui, kami rekomendasikan rose hip tea yang kaya vitamin C. Teh hijau bisa jadi salah satu alternatif minuman yang menyehatkan, tetapi ibu harus memperhatikan kadar konsumsinya.

Waspadai bahan-bahan yang sebaiknya tidak Anda konsumsi

Waspadai bahan-bahan yang sebaiknya tidak Anda konsumsi

Selama masa menyusui, seluruh asupan Anda memerlukan perhatian ekstra karena Anda akan berbagi makanan dengan si kecil melalui ASI. Penting sekali memastikan bahwa minuman yang Anda konsumsi mengandung nutrisi. Selain itu, ada juga beberapa bahan yang sebaiknya tidak Anda konsumsi selama menyusui, antara lain: 


  • Kafein seperti kopi atau teh

The American Academy of Pediatrics membatasi konsumsi kafein untuk busui, yaitu 2-3 cangkir atau maksimal 300 mg per hari. Namun, hal ini juga perlu disesuaikan dengan keadaan ibu dan bayi. Jika saat ibu mengonsumsi minuman berkafein, ada reaksi seperti bayi menjadi rewel, hentikan terlebih dahulu konsumsi kafein.


  • Alkohol

Ibu menyusui juga sebaiknya tidak mengonsumsi alkohol. Alkohol yang dikonsumsi ibu dapat masuk ke tubuh bayi dan berisiko mengganggu perkembangan kognitifnya.


  • Minuman tinggi gula

Selain alkohol, minuman lain dengan kadar gula terlalu tinggi juga berisiko memengaruhi perkembangan kognitif bayi. Karena itu, ibu menyusui sebaiknya tidak terlalu banyak mengonsumsi minuman manis.


  • Susu, jika buah hati Anda alergi

Khusus untuk Anda yang memiliki bayi dengan alergi terhadap protein susu, hindarilah minuman ini. Tentunya, Anda juga perlu menghindari semua produk olahan susu.


Selain minuman di atas, kami juga menyarankan Anda untuk menghindari konsumsi daun peterseli dan mint. Konsumsi kedua daun ini secara berlebihan ternyata bisa mengurangi kadar ASI Anda.

10 Rekomendasi minuman terbaik untuk ibu menyusui

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk minuman terbaik untuk ibu menyusui yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 31 Juli 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Mamanduy ASI Booster masih memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, ASI Booster Juice dari Wake Wake Official muncul sebagai produk terlaris kedua.

Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari bidan Destry Permata Sari.

10

YogiWoman’s Nursing Support

Mulai dari Rp 133.000,00

TipeTeh relaksasi dan ASI booster
Isi16 kantung teh
BahanFennel, anise, chamomile, lavender flower
Informasi tambahanBebas kafein, vegan, non-GMO
9

Earth Mama OrganicOrganic Milkmaid Tea

Mulai dari Rp 75.000,00

TipeTeh relaksasi dan ASI booster
Isi16 kantung teh
BahanOrganic fenugreek seed, organic fennel seed, organic red raspberry leaf, organic stinging nettle leaf, organic milk thistle seed, organic orange peel, organic anise seed, organic caraway seed, organic alfalfa leaf
Informasi tambahanBebas kafein, 100% organik, non-GMO
8

Traditional MedicinalsOrganic Mother’s Milk® Tea

Mulai dari Rp 105.000,00

TipeTeh relaksasi dan ASI booster
Isi16 kantung teh
BahanFennel, anise, coriander, fenugreek, blessed thistle
Informasi tambahanUSDA organic, non-GMO
7

Ahmad TeaRosehip, Hibiscus & Cherry Infusion – Teabags

003G

Mulai dari Rp 66.900,00

TipeTeh relaksasi
Isi 20 kantung teh
BahanRosehip, hibicus flower, dan ceri
Informasi tambahanBebas kafein
6

Wake Wake OfficialTea Mix Moringa

Mulai dari Rp 45.500,00

TipeTeh relaksasi dan ASI booster
Isi10 kantung teh
BahanDaun bangun-bangun, daun kelor (moringa)
Informasi tambahanTidak ada
5
TipeTeh relaksasi
Isi1 kg
BahanOrganic barley
Informasi tambahanBebas kafein, 100% organic raw materials
4
TipeASI Booster
Isi220 ml
BahanKacang hijau, daun adas (dill), susu sapi murni, air hexagonal, gula, garam.
Informasi tambahanMasa simpan 3 bulan
3

Viand-BevandeBreastfeeding Oatmilk

Mulai dari Rp 45.000,00

TipeASI booster
Isi250 ml
BahanGluten free organic oats, alkaline water, medjool dates jumbo, fennel, raw almond, brewer's yeast, fenugreek, sweet leaf (daun katuk), flax seed, organic coconut palm sugar, organic cacao powder, real vanilla bean
Informasi tambahan100% menggunakan bahan alami
2

Wake Wake OfficialASI Booster Juice

Mulai dari Rp 15.000,00

TipeASI booster
IsiTidak tercantum
BahanDaun bangun-bangun, ekstrak buah
Informasi tambahanTersedia rasa original, lemon, leci, mangga, jambu, sirsak, stroberi, anggur, apel, nanas, dan kiwi
Terjual 24RB
1
TipeASI Booster
IsiTidak tercantum
BahanOat, milk, honey, fenugreek, soya, vanilla, organic chia seeds
Informasi tambahanTersedia rasa original, nutella, red velvet, banana, matcha, manggo, avocado, kurma regal

Tabel perbandingan produk minuman terbaik untuk ibu menyusui

Gambar produk
1
Mamanduy ASI Booster 1

Mamanduy

2
Wake Wake Official ASI Booster Juice 1

Wake Wake Official

3
Viand-Bevande Breastfeeding Oatmilk 1

Viand-Bevande

4
Jukajo Mom ASI Booster 1

Jukajo Mom

5
Sempio Barley Tea 1

Sempio

6
Wake Wake Official Tea Mix Moringa 1

Wake Wake Official

7
Ahmad Tea Rosehip, Hibiscus & Cherry Infusion – Teabags 1

Ahmad Tea

8
Traditional Medicinals Organic Mother’s Milk® Tea 1

Traditional Medicinals

9
Earth Mama Organic Organic Milkmaid Tea 1

Earth Mama Organic

10
Yogi Woman’s Nursing Support 1

Yogi

Nama produk

ASI Booster

ASI Booster Juice

Breastfeeding Oatmilk

ASI Booster

Barley Tea

Tea Mix Moringa

Rosehip, Hibiscus & Cherry Infusion – Teabags

Organic Mother’s Milk® Tea

Organic Milkmaid Tea

Woman’s Nursing Support

Keunggulan

Susu ASI booster segar dengan berbagai rasa menarik

Jus daun bangun-bangun dicampur dengan berbagai buah segar!

Susu oatmilk dengan campuran daun katuk dan kurma

ASI booster dengan sari kacang hijau dan daun adas

Cara nikmat atasi haus di masa menyusui

Paduan khasiat daun bangun-bangun dan daun kelor dalam secangkir teh hangat

Aroma harum dan manis penghilang rasa lelah

Atasi masalah produksi ASI dengan resep herbal tradisional

Tingkatkan produksi ASI lebih sehat, tidak pakai lama!

Untuk ASI lebih berkualitas dan tubuh yang lebih relaks

Harga mulai dariRp 37.000,00Rp 15.000,00Rp 45.000,00Rp 22.500,00Rp 92.000,00Rp 45.500,00Rp 66.900,00Rp 105.000,00Rp 75.000,00Rp 133.000,00
TipeASI BoosterASI boosterASI boosterASI BoosterTeh relaksasiTeh relaksasi dan ASI boosterTeh relaksasiTeh relaksasi dan ASI boosterTeh relaksasi dan ASI boosterTeh relaksasi dan ASI booster
IsiTidak tercantumTidak tercantum250 ml220 ml1 kg10 kantung teh 20 kantung teh16 kantung teh16 kantung teh16 kantung teh
BahanOat, milk, honey, fenugreek, soya, vanilla, organic chia seedsDaun bangun-bangun, ekstrak buahGluten free organic oats, alkaline water, medjool dates jumbo, fennel, raw almond, brewer's yeast, fenugreek, sweet leaf (daun katuk), flax seed, organic coconut palm sugar, organic cacao powder, real vanilla beanKacang hijau, daun adas (dill), susu sapi murni, air hexagonal, gula, garam.Organic barleyDaun bangun-bangun, daun kelor (moringa)Rosehip, hibicus flower, dan ceriFennel, anise, coriander, fenugreek, blessed thistleOrganic fenugreek seed, organic fennel seed, organic red raspberry leaf, organic stinging nettle leaf, organic milk thistle seed, organic orange peel, organic anise seed, organic caraway seed, organic alfalfa leaf Fennel, anise, chamomile, lavender flower
Informasi tambahanTersedia rasa original, nutella, red velvet, banana, matcha, manggo, avocado, kurma regalTersedia rasa original, lemon, leci, mangga, jambu, sirsak, stroberi, anggur, apel, nanas, dan kiwi100% menggunakan bahan alamiMasa simpan 3 bulanBebas kafein, 100% organic raw materialsTidak adaBebas kafeinUSDA organic, non-GMOBebas kafein, 100% organik, non-GMOBebas kafein, vegan, non-GMO
Tautan produk

Tips agar tidak dehidrasi ketika menyusui

Tips agar tidak dehidrasi ketika menyusui

Dalam masa menyusui, ibu cenderung rentan mengalami dehidrasi. Maka dari itu, lakukan hal-hal di bawah ini agar Anda terhindar dari dehidrasi ketika menyusui.


  • Pahami kebutuhan tubuh (high awareness) dan peka terhadap sinyal tubuh. Setiap kali merasa haus, sebaiknya segera minum.
  • Gunakan tumbler dengan volume kebutuhan air sehari, misalnya dua liter dan letakkan di dekat ibu ketika menyusui. Dengan begitu, ibu bisa ingat minum dan mudah menggapai minumannya.
  • Minum segelas air putih sebelum dan setelah menyusui atau pumping.
  • Cukupi asupan buah dan sayur.
  • Hindari konsumsi minuman bersoda sebab meningkatkan risiko dehidrasi.

Baca juga rekomendasi perlengkapan menyusui ainnya di sini

Selain produk rekomendasi di atas, Anda juga mungkin memerlukan perlengkapan menyusui lainnya. Untuk mengetahui lebih lanjut, silakan cek rekomendasi kebutuhan busui yang lain dalam artikel berikut ini.

Kesimpulan

Ibu menyusui aktif memproduksi ASI sehingga rentan dehidrasi. Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa mengonsumsi minuman pendukung yang baik untuk ibu menyusui.

Kali ini kami telah memberikan sepuluh rekomendasi produk minuman untuk ibu menyusui. Produk-produk di atas tentu saja aman dikonsumsi oleh ibu menyusui dan bermanfaat dalam produksi ASI. Selain dari segi manfaat, pilihlah varian yang paling Anda suka agar mood selalu terjaga!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Pompa ASI Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pompa ASI Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Pompa ASI merupakan perlengkapan wajib bagi ibu menyusui. Anda memerlukannya ketika tidak dapat memberikan ASI secara langsung, misalnya saat ibu berpisah dengan bayi karena harus bekerja. Memompa ASI juga dapat mencegah munculnya mastitis di payudara.Sekarang kami akan memberikan tips memilih pompa ASI yang bagus. Tidak lupa, ada juga rekomendasi pompa ASI elektrik terbaik dan pompa ASI manual terbaik. Anda bisa menemukan produk dari berbagai merek, seperti Spectra, Medela, Pigeon, dan Philips Avent. Yuk, disimak! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Perlengkapan menyusui
  • 10 Pompa ASI Elektrik Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pompa ASI Elektrik Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)
    Kegiatan mengASIhi bisa menjadi momen berharga antara ibu dan bayinya. Namun, tidak semua ibu memiliki kesempatan untuk menyusui bayinya secara langsung. Terkadang, karena suatu hal, seorang ibu tidak bisa selalu bersama bayinya. Untuk menghindari pembengkakan payudara karena ASI yang menumpuk, diperlukan pompa ASI.Pompa ASI elektrik kini lebih diminati dibandingkan pompa ASI manual. Kami akan menjelaskan cara memilih dan cara menggunakan pompa ASI elektrik. Tersedia juga ulasan beberapa produk yang bagus, seperti merek Medela, Philips, dan Spectra. Artikel ini sudah ditinjau oleh perawat kami, Maryami Y. Kosim. Selamat membaca!
    Perlengkapan menyusui
  • 10 Botol Susu Pigeon Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Botol Susu Pigeon Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Menyusui dengan botol merupakan alternatif yang banyak dipilih ibu ketika tidak memungkinkan untuk menyusui bayi langsung dari payudara. Botol susu berfungsi sebagai alat bantu bayi untuk mengonsumsi ASI atau susu formula. Botol susu cocok digunakan ketika ibu harus bekerja atau kondisi lainnya.Pigeon adalah salah satu merek botol susu yang layak dipertimbangkan. Pigeon memiliki banyak jenis botol susu yang bagus, seperti wide neck dan slim neck. Ikutilah tips-tips memilih botol susu Pigeon dalam artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Perlengkapan menyusui
  • 10 Rekomendasi Bottle Warmer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bottle Warmer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu perlengkapan yang tidak boleh dilewatkan oleh Anda yang memiliki bayi adalah bottle warmer. Alat ini dapat membantu Anda dalam menyiapkan susu dan makanan hangat untuk si kecil. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan penghangat susu bayi ini untuk jangka panjang.Banyaknya merek penghangat ASI yang bagus, seperti Dr. Brown, Crown, serta Baby Safe, mungkin membuat Anda bingung saat memilihnya. Tenang! Di artikel ini kami akan membantu Anda mendapatkan bottle warmer terbaik dan sesuai kebutuhan. Yuk, baca pembahasannya dan cek rekomendasi bottle warmer yang bagus berikut ini.
    Perlengkapan menyusui
  • 10 Cooler Bag ASI Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cooler Bag ASI Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Mobilitas yang tinggi tidak bisa menghalangi Anda untuk memberikan ASI kepada buah hati. Supaya si kecil selalu mendapatkan nutrisi terbaiknya, Anda bisa memompa ASI dan membawanya di dalam cooler bag atau tas ASI. Dengan demikian, ASI akan tahan lama dan bisa diminum oleh bayi saat Anda tidak berada di sampingnya.Kami akan membantu Anda mendapatkan cooler bag yang bagus. Kami akan mengulas tas ASI dari berbagai merek, seperti Gabag, Dialogue, dan Natural Moms. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG. Selamat membaca!
    Perlengkapan menyusui
  • 5 Rekomendasi Botol Susu Avent Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    5 Rekomendasi Botol Susu Avent Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Botol susu merupakan media yang dipilih ibu ketika tidak bisa menyusui bayinya secara langsung atau direct breastfeeding. Jika Anda tengah mempersiapkan botol susu untuk kelahiran bayi Anda, Avent adalah salah satu merek botol susu yang bisa Anda pilih. Avent memiliki beberapa jenis botol susu yang bagus dengan beragam ukuran, seperti tipe natural dan juga classic.Apabila Anda bingung menentukan botol susu yang tepat untuk bayi Anda, ikutilah tips-tips memilih dalam artikel ini. Tidak lupa, rekomendasi botol susu Avent juga akan kami bagikan untuk Anda. Yuk, simak terus ulasan selengkapnya!
    Perlengkapan menyusui
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori