10 Rekomendasi Pen Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Pen Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Pen tablet merupakan hal yang sangat penting ketika menggambar sebuah ilustrasi di komputer. Mungkin beberapa orang kurang familier dengan pen tablet. Pen tablet merupakan sebuah alat untuk menggambar yang terhubung ke komputer yang menggunakan stylus untuk tablet. Dengan pen tablet, Anda dapat memonitor gambar Anda pada layar komputer.

Ada begitu banyak model dan merek pen tablet yang mungkin membuat Anda bingung mana yang sebaiknya Anda pilih. Kali ini, kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih pen tablet serta memberikan rekomendasi produk yang bagus untuk pemula hingga profesional, dari yang murah hingga yang mahal akan kami bahas disini. Pastikan Anda membaca artikel ini sampai selesai ya!

Daftar isi

Cara memilih pen tablet

Bila Anda memilih pen tablet yang tidak cocok dengan Anda, tentunya Anda akan mengalami kesulitan bahkan dapat memunculkan sakit pada tangan ketika menggambar di pen tablet yang tidak cocok. Jika kondisi tersebut dilakukan secara terus-menerus, maka akan menjadi sebuah kebiasaan yang buruk bagi Anda. Untuk itu, kami akan menjelaskan beberapa poin yang harus diperhatikan sebelum memilih pen tablet.

Sebagai tambahan, seluruh produk yang kami rekomendasikan ini dapat digunakan pada OS Windows/ Mac. Namun, ketika memilih pen tablet, penting juga untuk mengecek OS yang sesuai dengan komputer yang Anda gunakan.

Pilihlah yang sesuai dengan ukuran monitor Anda

Pilihlah yang sesuai dengan ukuran monitor Anda

Seperti yang sudah kami tulis di atas, pen tablet merupakan alat menggambar yang menggunakan stylus khusus untuk tabletnya. Bila tablet dan layar monitor memiliki ukuran yang sama, maka apa yang Anda gambar pada tablet dan hasil gambar Anda pada monitor memiliki rasio 1:1. Jika Anda mengarahkan stylus pada sisi kiri tablet, maka pada monitor Anda kursor akan bergerak ke sisi kiri juga, begitu pula sebaliknya. Jadi, bila ukuran monitor dan tablet tidak sama, maka akan lebih sulit mengoperasikannya.

Untuk menghindari hal tersebut, gunakanlah tablet yang sesuai dengan ukuran monitor Anda. Bila monitor Anda sebesar atau kurang dari 15 inci, gunakanlah pen tablet dengan ukuran S. Untuk monitor sebesar 16 sampai 24 inci, gunakanlah pen tablet berukuran M. Sedangkan untuk monitor sebesar 25 inci atau lebih, gunakanlah pen tablet dengan ukuran L.

Jika Anda menggunakan pen tablet yang kecil untuk layar monitor yang besar, tentunya Anda akan kesulitan dengan perbandingan ukurannya. Meskipun kemungkinan menggunakan pen tablet selain untuk membuat ilustrasi kecil, tetapi ada baiknya untuk memilih pen tablet yang sesuai dengan ukuran monitor untuk menghilangkan jarak antara tablet dan monitor, serta memudahkan pergerakan kursor pada monitor.

Pilihlah pen tablet yang sudah dilengkapi dengan software

Pilihlah pen tablet yang sudah dilengkapi dengan software

Banyak pen tablet yang di dalamnya sudah termasuk software yang didesain khusus untuk menggambar. Meskipun demikian, software yang sudah termasuk di dalam satu set pen tablet tersebut bermacam-macam jenisnya, dan sulit untuk menentukan software mana yang bagus. Ada yang memang diperuntukkan untuk para profesional, ada juga yang untuk amatir. Bila tidak melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum membeli, maka ada kemungkinan pembeli akan merasa kecewa karena tidak sesuai dengan yang mereka inginkan.

SAI, CLIP STUDIO, Photoshop, dan lain-lain merupakan software “holy-grail” yang banyak digunakan dan disukai oleh para ilustrator profesional. Terdapat berbagai macam tekstur, beragam pen, dan brush yang terdapat pada software tersebut sehingga mudah untuk digunakan. Bila ketiga software tersebut sudah terlampir dengan pen tablet, pastinya menggambar akan jauh lebih menyenangkan.

Terdapat juga software AzPainter dan Adobe Illustrator yang juga banyak digunakan oleh para ilustrator. Jika Anda menggunakan software-software tersebut, maka akan sangat memudahkan Anda yang baru pertama kali menggunakan pen tablet.

Gunakanlah tablet dengan LCD, untuk Anda yang sudah profesional

Gunakanlah tablet dengan LCD, untuk Anda yang sudah profesional

Pen tablet yang menggunakan LCD disebut dengan LCD pen tablet. Disebut dengan LCD pen tablet karena terdapat layar pada pen tablet, tidak seperti pen tablet biasa. Bila menggunakan pen tablet biasa, Anda harus menggambar sambil melihat monitor komputer, tetapi dengan LCD pen tablet,  Anda dapat langsung melihat hasil karya Anda pada layar pen tablet sambil menggambar, seperti menggambar pada kertas.

LCD pen tablet biasanya digunakan oleh pengguna yang sudah ahli. Jika Anda adalah seorang pengguna pemula, tidak disarankan untuk membeli LCD pen tablet. Jika Anda sudah terbiasa menggunakan pen tablet biasa, Anda dapat beralih ke LCD pen tablet. Untuk Anda yang masih pemula, kami lebih menyarankan untuk membeli pen tablet biasa dibandingkan dengan LCD pen tablet.

Namun, meskipun tidak disarankan bagi pengguna pemula, bukan berarti pengguna pemula tidak boleh menggunakannya. Menggambar sambil melihat tangan dan hasil gambarnya memang meningkatkan keefisiensiannya. Namun, karena harganya cukup mahal, akan lebih baik jika Anda juga memikirkan budget yang Anda miliki.

Pilihlah yang sesuai dengan lingkungan kerja Anda

Pilihlah yang sesuai dengan lingkungan kerja Anda

Banyak orang yang salah sangka. Jika mempunyai pen tablet, tidak perlu mouse atau keyboard lagi untuk menggambar. Hal tersebut merupakan sesuatu yang salah. Keyboard sering digunakan pada saat menggambar ilustrasi sebagai tombol shortcut. Keyboard berguna untuk meng-undo, me-redo, dan menyimpan gambar. Maka dari itu, sebaiknya letakkan keyboard Anda bersama dengan pen tablet.

Idealnya, pen tablet diposisikan berada di bawah keyboard. Cara meletakkannya, keyboard berada pada sisi kiri atas untuk menggunakan keyboard dengan tangan kiri, dan meletakkan pen tablet pada sisi kanan bawah, untuk menggunakan pen tablet dengan tangan kanan. Namun, jika Anda bertangan kidal, sesuaikan dengan kenyamanan Anda saat menggunakannya. Pilihlah pen tablet yang cocok untuk tempat bekerja Anda.

Jangan lupa untuk mengecek level tekanannya

Jangan lupa untuk mengecek level tekanannya

Ketika membuat ilustrasi dengan pen tablet, level tekanan berhubungan dengan tekanan stylus pada tablet. Bila pada perangkat analog, Anda dapat mengubah level tekanan tergantung dengan kebutuhan, tetapi pada pen tablet, Anda tidak dapat mengatur level tekanan sesuka hati (meskipun begitu, rasanya hampir sama dengan saat menggunakan perangkat analog).

Lalu, apa yang sebaiknya Anda lakukan? Satu hal yang penting dan perlu Anda perhatikan adalah mengenai level tekanan pada pen tablet. Semakin tinggi angka dari level tekanan, semakin sensitif pen tablet saat digunakan untuk menggambar.

Angka level tekanan stylus biasanya tertulis 512, 1024, 2048, dan seterusnya. Pilihlah pen tablet dengan level tekanan tinggi, tetapi tetap sesuaikanlah dengan budget Anda.

10 Rekomendasi pen tablet terbaik

Berdasarkan penjelasan cara memilih yang sudah kami tuliskan di atas, di bawah ini adalah 10 produk pen tablet terbaik yang kami rekomendasikan untuk Anda. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. XP-Pen STAR G540 PRO

10. XP-Pen STAR G540 PRO

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 550.000

Pen tablet wajib untuk pemain OSU!

Pen tablet sejatinya memang digunakan sebagai alat ilustrasi digital, tetapi pen tablet keluaran XP-Pen ini juga dapat digunakan untuk bermain rhythm game, OSU!. Menggunakan pen tablet ini, bermain OSU! menjadi lebih mudah. Pen tablet ini memiliki stylus khusus dengan teknologi tanpa baterai sehingga Anda dapat menggunakannya tanpa gangguan.

Pen tablet ini memiliki area gambar sedang yaitu 5 x 4 inci yang pada masing-masing ujung pen tablet-nya memiliki ujung bulat sehingga nyaman digunakan. XP-Pen G540 ini memiliki fitur koreksi garis otomatis, dan fungsi antiguncangan pada level tekanan 2048. Pen tablet ini pastinya cocok bagi Anda pemain game OSU! dan ilustrator pemula.

9. Wacom One Small CTL-47

9. Wacom One Small CTL-47

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.199.000

Teknologi elektromagnetiknya lebih akurat!

Stylus pen tablet ini mempunyai teknologi elektromagnetik yang telah dikembangkan sehingga lebih akurat, dan Anda dapat dengan mudah mengontrol stylus. Teknologi tersebut memudahkan Anda dalam mengedit foto karena Anda bisa dengan mudah menghilangkan bagian-bagian yang tidak Anda inginkan pada foto.

Selain itu, tabletnya yang hanya setebal 8.7 mm dan beratnya yang tidak sampai 500 gram, memudahkan Anda untuk membawa pen tablet ini kemana saja. Stylus pen tablet ini tidak menggunakan baterai sehingga ringan dan nyaman untuk digunakan. Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang sering bepergian tetapi ingin sambil tetap bekerja.

8. Wacom Intuos Draw

8. Wacom Intuos Draw

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.300.000

Pen tablet untuk Anda yang pemula

Bila Anda baru mencoba menggambar digital, kami sarankan untuk membeli pen tablet keluaran Wacom ini! Pada pen tablet ini, sudah termasuk software menggambar dan pelatihan online gratis. Untuk mendapatkannya secara gratis, tinggal menyambungkan tablet pada komputer, kemudian daftar dan unduh software tersebut. Dengan pelatihan online tersebut, Anda dapat dengan mudah mempelajari kemampuan baru.

Pada pen tablet ini, terdapat fitur ExpressKeys yang memudahkan Anda untuk menekan shortcut-shortcut yang Anda butuhkan. Selain itu, Anda dapat menyambungkan pen tablet secara nirkabel dengan perangkat tambahan yang dijual secara terpisah.

7. Huion H640P

7. Huion H640P

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 799.000

Murah tapi tidak murahan, solusi untuk Anda yang minim budget

Bagi Anda mahasiswa desain yang butuh membeli pen tablet tetapi memiliki budget terbatas, kami merekomendasikan Anda untuk membeli pen tablet dari Huion ini. Pen tablet ini mudah dibawa kemana pun karena tipis dan ringan. Stylus pen tablet ini juga tidak menggunakan baterai sehingga ringan tetapi kuat dan mudah untuk digenggam serta digunakan.

Tablet dari pen tablet ini mempunyai permukaan yang halus seperti kertas dan desain bezel-less sehingga tampilan luar dari pen tablet ini terlihat soft. Selain itu, terdapat 6 tombol yang dapat Anda atur sesuai dengan kebutuhan Anda.

6. XP-Pen Star 03

6. XP-Pen Star 03

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 900.000

Area aktifnya luas, seluas kreativitas Anda!

Pen tablet keluaran dari XP-Pen ini mempunyai area aktif sebesar 10 x 6 inci sehingga Anda dapat membuat ilustrasi dengan lebih leluasa. Pada sisi kiri dari pen tablet ini terdapat 8 tombol aktif yang dapat Anda atur sesuai dengan kebutuhan Anda saat membuat ilustrasi.

Stylus dari pen tablet XP-Pen ini tidak menggunakan baterai dan mempunyai desain yang ergonomis sehingga dapat juga digunakan bagi Anda dengan tangan kidal. Pada stylus-nya, terdapat 2 tombol yang dapat memudahkan Anda untuk mengganti mode pen ke mode eraser secara instan. Pen tablet ini sangat cocok bagi Anda yang memerlukan area luas untuk membuat ilustrasi.

5. XP-Pen Star 06

5. XP-Pen Star 06

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : 1.155.000

Menggunakan kabel atau nirkabel, keputusan ada di tangan Anda!

XP-Pen Star 06 ini dapat tersambung pada komputer Anda dengan menggunakan kabel atau nirkabel. Untuk menggunakan pen tablet ini secara nirkabel, Anda hanya perlu menancapkan penerima sinyal ISM 2.4G USB pada komputer Anda. Bila Anda ingin menggunakan kabel untuk menyambungkan pen tablet ini, Anda tinggal menggunakan kabel USB yang telah tersedia.

Baterai pen tablet bila digunakan secara nirkabel dapat bertahan hingga 16 jam pemakaian saat baterai penuh. Untuk mengisi daya, Anda dapat mengisi daya dengan kabel USB yang terhubung dengan komputer selama 2 jam. Tentunya pen tablet ini praktis untuk Anda yang sering bekerja di luar ruangan karena Anda tak perlu repot-repot menyambungkan kabel!

4. XP-Pen Artist 16Pro

4. XP-Pen Artist 16Pro

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 8.000.000

Pen tablet tipe LCD yang mumpuni, dengan harga yang masih bersahabat

Mungkin Anda ingin membeli LCD pen tablet tetapi terkendala masalah budget karena harganya yang sangat mahal? Kami merekomendasikan Anda untuk membeli XP-Pen Artist 16Pro ini. Dengan harga di bawah 10 juta rupiah Anda dapat membeli pen tablet dengan layar aktif sebesar 15.6 inci. Cukup luas, bukan?

Selain itu, resolusi layar dari pen tablet ini adalah 1080p dengan sudut pandang yang lebar mencapai 178o. Akurasi dari keseluruhan warna dapat mencapai 92 persen. Pada pen tablet ini, terdapat 8 tombol yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastinya membuat ilustrasi menjadi lebih mudah. Pen tablet ini sangat cocok bagi Anda yang ingin membeli LCD pen tablet berkualitas dengan harga terjangkau.

3. XP-Pen Artist 22E

3. XP-Pen Artist 22E

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 11.500.000

Paket lengkap dengan kualitas jempolan, apa lagi yang Anda tunggu?

Spesifikasi dari LCD pen tablet dari XP-Pen ini memang tidak sama dengan Wacom Cintiq. Namun, dengan harga di bawah 15 juta Anda akan mendapatkan layar yang lebih terang, serta tambahan ekstra lainnya seperti pen tambahan, sarung tangan, dan pelindung layar. Selain itu, layar XP-Pen Artist 22E ini lebih halus tetapi tidak licin.

XP-Pen Artist 22E ini memiliki luas sebesar 21.5 inci dengan resolusi HD. Terdapat 16 tombol pada sisi kanan dan kiri pen tablet yang dapat digunakan untuk pengguna tangan kanan dan tangan kiri. Pen tablet ini sangat cocok bagi Anda yang mempunyai asisten ilustrator karena desain pen tablet dan stylus-nya yang ergonomis.

2. Wacom Cintiq 22HD

2. Wacom Cintiq 22HD

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 29.000.000

Layar besar untuk hasil lebih maksimal

Wacom Cintiq 22HD ini mempunyai layar aktif sebesar 21.5 inci dengan resolusi full HD. Pastinya Anda akan lebih puas dan leluasa dalam membuat ilustrasi. Anda dapat bekerja secara maksimal di dalam ruang kantor atau studio Anda karena ukurannya yang besar.

Pen tablet ini merupakan pilihan populer di antara para ilustrator profesional karena ukuran layarnya yang lebar, performa dan tampilan yang canggih, serta peralatannya yang intuitif. Pen tablet ini mempunyai banyak tombol pada sisi kanan dan kiri yang dapat dengan mudah Anda atur sesuai kebutuhan Anda. Sungguh cocok bagi Anda profesional yang memiliki studio sendiri.

1. Wacom Mobile Studio Pro 13

1. Wacom Mobile Studio Pro 13

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 43.100.000

Carilah inspirasi di mana saja!

Pen tablet dari Wacom ini mempunyai keunikan tersendiri. Anda tidak perlu lagi membawa laptop untuk menggunakan pen tablet, karena Wacom Mobile Studio Pro 13 ini mempunyai sistem operasi sendiri berupa Windows 10 sehingga Anda dapat memakainya seperti laptop. Anda dapat dengan mudah membawa pen tablet ini ke mana pun untuk mendapatkan inspirasi.

Selain itu, di dalam pen tablet ini sudah terdapat aplikasi-aplikasi ilustrasi seperti Adobe Illustrator, Autodesk 3ds Max, dan aplikasi lainnya yang dapat Anda instal sendiri. Bagi Anda yang selalu membutuhkan inspirasi di luar rumah, tentunya Wacom Mobile Studio Pro 13 ini sangat cocok untuk Anda!

Kesimpulan

Jadi, bagaimana dengan rekomendasi kami? Setiap pen tablet memiliki fitur-fiturnya tersendiri. Alangkah baiknya bila Anda mempelajari fitur-fiturnya sebelum membeli. Bila Anda dapat menemukan pen tablet yang cocok, maka kesenangan dalam membuat ilustrasi pun pasti semakin bertambah!

Melalui artikel ini, semoga Anda dapat menemukan pen tablet yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat memilih!