10 Rekomendasi Pen Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Pen Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Pen tablet yang biasa digunakan untuk menggambar ilustrasi di komputer, kini hadir dengan berbagai merek, seperti Wacom, XP-PEN, dan HUION. Dengan harga dan fungsi yang bervariasi, barangkali akan membuat Anda kebingungan dalam memilih produk yang sesuai.

Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih pen tablet serta merekomendasikan produk terbaik, mulai dari untuk pemula hingga profesional. Seperti apakah pen tablet idaman Anda? Barangkali salah satunya ada dalam ulasan di bawah ini.

Daftar isi

Cara memilih pen tablet

Sebelum mengulas mengenai rekomendasi pen tablet, kami akan memberikan tips dalam memilih pen tablet. Ada empat poin yang dapat Anda pertimbangkan sebelum Anda memilih pen tablet. Selengkapnya sebagai berikut!

Pilih pen tablet biasa sebagai starter pack atau LCD pen tablet bagi Anda yang mempunyai budget lebih

Pilih pen tablet biasa sebagai starter pack atau LCD pen tablet bagi Anda yang mempunyai budget lebih

Bagi Anda yang masih pemula, disarankan untuk memilih pen tablet biasa. Namun, bila Anda memiliki budget lebih, tak ada salahnya memilih LCD pen tablet. Sebenarnya, menggunakan pen tablet memerlukan sedikit pembiasaan karena sensasinya berbeda dengan menggambar secara manual di atas kertas.

Kemudian, kedua jenis pen tablet ini pun memiliki rentang harga yang cukup berbeda. Dengan uang sekitar satu juta rupiah, Anda sudah bisa membeli pen tablet biasa, sedangkan harga LCD pen tablet jauh lebih mahal, mulai dari belasan hingga puluhan juta rupiah.

Sebagai starter pack, pilihlah pen tablet yang sesuai dengan budget. Pen tablet biasa lebih disarankan bagi pemula untuk membiasakan diri dengan feel menggambar digital. Pada saat Anda sudah terbiasa menggambar di pen tablet biasa, tentunya Anda juga akan terbiasa menggambar di LCD pen tablet.

Pilih ukuran sesuai dengan cara Anda menggambar agar lebih nyaman digunakan

Tidak hanya ruang untuk menggambar, ukuran dari pen tablet pun memengaruhi kenyamanan menggambar. Ilustrator pemula cenderung berfokus pada harga yang murah saja. Padahal, penting juga untuk memilih ukuran pen tablet yang sesuai untuk mengurangi stres pada tangan dan pikiran saat menggambar.

Pilih ukuran L jika Anda bertumpu pada siku atau ukuran M jika Anda bertumpu pada pergelangan tangan

Pilih ukuran L jika Anda bertumpu pada siku atau ukuran M jika Anda bertumpu pada pergelangan tangan

Perhatikan postur lengan Anda ketika menggambar secara manual. Apakah lengan Anda bertumpu pada siku atau pergelangan tangan? Jika lengan bertumpu pada siku, pilihlah pen tablet dengan ukuran L. Sebaliknya, bila tumpuan lengan ada pada pergelangan tangan, pilihlah pen tablet dengan ukuran lebih kecil, seperti M atau S.

Pada dasarnya ukuran M adalah ukuran pen tablet yang standar. Akan tetapi, jika Anda bingung memilih antara ukuran M atau L, ada baiknya jika Anda memilih ukuran L yang lebih besar. Apabila budget yang Anda miliki terbatas, pilihlah pen tablet dengan ukuran S yang umumnya berharga lebih murah.

Sesuaikan ukuran pen tablet dengan ukuran monitor

Sesuaikan ukuran pen tablet dengan ukuran monitor

Bila monitor Anda berukuran ≤ 15 inci, gunakanlah pen tablet dengan ukuran S. Untuk monitor berukuran 16 – 24 inci, gunakanlah pen tablet berukuran M. Sedangkan untuk monitor berukuran ≥ 25 inci, gunakanlah pen tablet dengan ukuran L.

Meski begitu, faktor terpenting dalam memilih ukuran adalah cara menggambar Anda, apakah bertumpu pada siku atau pergelangan tangan. Jadi, daripada mengganti ukuran pen tablet, lebih baik Anda menyesuaikan ukuran monitor Anda dengan cara Anda menggambar.

Periksa ketersediaan space untuk meletakkan pen tablet

Periksa ketersediaan space untuk meletakkan pen tablet

Saat memilih ukuran pen tablet, periksa ukuran meja dan space yang tersedia pada meja Anda. Memang tidak masalah jika Anda meletakkan pen tablet di atas lutut atau pangkuan Anda, tetapi hal tersebut akan menyulitkan Anda ketika membuat detail ilustrasi. Garis yang Anda gambar pun menjadi tidak stabil dan berdampak pada hasil kerja Anda. Karena itu, kami menyarankan agar Anda menyediakan space khusus di atas meja.

Untuk menghasilkan ilustrasi yang bagus, tentunya lingkungan tempat Anda menggambar juga penting. Pilihlah ukuran yang sesuai setelah Anda memikirkan lokasi penempatan yang baik untuk pen tablet yang akan Anda beli.

Bagi pengguna pemula, pilih stylus dengan level tekanan 4098

Bagi pengguna pemula, pilih stylus dengan level tekanan 4098

Level tekanan stylus mengindikasikan sensitivitas stylus untuk dapat mendeteksi tekanan yang diberikan. Saat ini, terdapat tiga level tekanan, yaitu 2048, 4098, dan 8192. Para pemula barangkali tidak akan begitu menyadari perbedaan dari ketiganya. Namun, perbedaannya akan sangat terasa setelah pengguna mulai terbiasa menggunakan pen tablet.

Pilihan terbaik adalah stylus dengan tekanan 8192, tetapi untuk pemula, kami sarankan untuk memilih stylus dengan tekanan 4098. Level ini memiliki performa dan harga yang ideal bagi Anda yang baru mulai mencoba.

Pilih pen tablet dengan fungsi yang memudahkan pekerjaan Anda

Tentunya pen tablet yang memiliki fungsi-fungsi khusus sangatlah membantu para penggunanya, baik untuk pemula, maupun profesional. Anda pastinya ingin memilih pen tablet yang dapat menunjang performa Anda, bukan? Untuk itu, perhatikanlah aspek berikut ini sebelum membeli.

Fungsi tombol yang dapat membantu efisiensi kerja

Fungsi tombol yang dapat membantu efisiensi kerja

Tidak usah diragukan lagi, pen tablet dengan tombol shortcut yang dapat dimodifikasi tentunya akan sangat menunjang efisiensi pekerjaan Anda.

Selain jumlah tombol, perhatikan juga fungsi wheel yang ditanamkan pada tablet. Wheel memudahkan Anda untuk menyesuaikan ukuran brush dan melakukan rotasi pada area kanvas. Bagi pemula, hal ini mungkin terabaikan. Padahal adanya tombol-tombol tambahan akan memengaruhi efisiensi dalam menciptakan ilustrasi. Untuk itu, perhatikanlah fungsi tersebut sebelum membeli.

Fungsi touch yang sangat praktis, tetapi dengan harga yang lebih mahal

Fungsi touch yang sangat praktis, tetapi dengan harga yang lebih mahal

Memang, fungsi touch dapat lebih memudahkan pengguna dibandingkan dengan fungsi tombol. Anda dapat dengan mudah mengaktifkan shortcut dengan menyentuh dan menggeser permukaan pen tablet. Meskipun sangat praktis, pen tablet dengan fungsi seperti ini umumnya lebih mahal. Untuk itu, janganlah memaksakan diri, pastikan Anda memilih pen tablet yang sesuai dengan budget.

Periksa daya yang digunakan stylus dan feel penggunaannya

Periksa daya yang digunakan stylus dan feel penggunaannya

Apakah stylus pada pen tablet pilihan Anda memerlukan daya listrik untuk bekerja? Stylus yang memerlukan daya listrik umumnya ditanami baterai yang dapat di-charge atau diisi ulang dayanya. Stylus yang dapat di-charge cenderung berbobot lebih berat. Selain itu, stylus seperti ini akan sangat menghambat kinerja Anda ketika tiba-tiba kehabisan daya saat digunakan. Untuk itu, kami sarankan Anda memilih stylus yang tidak menggunakan baterai.

Selain memperhatikan aspek tersebut, bacalah review atau datang langsung ke toko untuk merasakan sensasi genggam dan bobot dari stylus. Akan lebih baik jika stylus dilengkapi dengan tombol yang dapat dengan mudah diganti fungsinya, dari brush ke penghapus. Jadi, pen tablet seperti apa yang seharusnya dipilih? Di akhir artikel ini, kami akan memperkenalkan berbagai merek pen tablet yang dapat Anda jadikan sebagai referensi sebelum membeli.

Pilih berdasarkan merek agar harganya sesuai dengan budget Anda

Tentunya membingungkan untuk memilih merek pen tablet yang hendak dibeli bila Anda belum membaca review. Terdapat tiga merek pen tablet terkenal, yaitu Wacom, HUION, dan XP-Pen yang akan kami jelaskan masing-masing keunggulan dan kelemahannya dalam ulasan berikut ini.

Pilih Wacom bila Anda mementingkan performa produk

Pilih Wacom bila Anda mementingkan performa produk

Wacom merupakan perusahaan pen tablet paling terkenal dan menguasai dunia perdagangan pen tablet sebanyak 80%. Selain itu, merek Wacom juga banyak digunakan oleh profesional. Pen tablet ini sangat direkomendasikan dari berbagai aspek. Di antaranya adalah performa dan sistem support yang baik, serta kegunaan yang dapat memenuhi keinginan pengguna.

Wacom juga mengembangkan dua jenis produk, yaitu Intuos untuk tingkat pemula dan Intuos Pro untuk tingkat menengah hingga profesional. Merek Wacom memang cenderung lebih mahal bila dibandingkan dengan dua merek lainnya. Akan tetapi, bila Anda memiliki budget yang cukup, jangan ragu untuk memilih merek Wacom.

Pilih XP-PEN atau HUION bila budget Anda terbatas

Pilih XP-PEN atau HUION bila budget Anda terbatas

Jika Anda merasa Wacom terlalu mahal, kami merekomendasikan merek dari Tiongkok, seperti XP-PEN dan HUION. Kedua merek ini kurang lebih memiliki spesifikasi yang sama dengan Wacom, tetapi memiliki harga yang lebih murah. Tentunya hal tersebut menjadikan kedua merek ini alternatif pilihan setelah Wacom.

Tentunya terdapat kelemahan dibalik harganya yang murah, yaitu sistem support yang kurang mendukung. Pastinya Anda akan kerepotan jika pen tablet Anda mengalami masalah. Namun, sebagai starter pack, tidak ada salahnya untuk mencoba salah satunya.

10 Rekomendasi pen tablet terbaik

Di bawah ini adalah sepuluh produk pen tablet terbaik yang kami rekomendasikan untuk Anda. Pen tablet yang baik bukan berarti memiliki fitur lengkap, melainkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi, pilihlah dengan bijak!

10. HUION H430P

10. HUION H430P

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 480.000

Spesifikasi standar yang mumpuni, mudah digunakan oleh pengguna pemula

Tak perlu khawatir kehabisan daya stylus karena stylus dari produk ini tidak menggunakan baterai. Level tekanan stylus yang berada di level menengah, membuatnya nyaman digunakan bahkan untuk pengguna pen tablet pemula. Selain itu, pen tablet ini juga telah dilengkapi dengan tombol-tombol shortcut untuk meningkatkan efisiensi kerja Anda. Mudah dan tanpa ribet!

Area aktif 12,19 x 7,62 cm (S)
Tombol 4
Performa stylus Ada tombol shortcut
Level tekanan stylus 4096
Fungsi touch ×

9. HUION H640P

9. HUION H640P

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 715.000

Murah tapi tidak murahan, solusi untuk Anda yang minim budget

Bagi Anda mahasiswa desain yang membutuhkan pen tablet berkualitas, tetapi budget terbatas, produk yang satu ini bisa menjadi pilihan. Dengan area aktif yang cukup lebar, produk ini tak bikin sesak tas serta mudah dibawa mobile karena tipis dan ringan. Stylus-nya yang bekerja tanpa baterai pun ringan dan nyaman digenggam, tidak membuat tangan cepat lelah.

Area aktif 16 x 10 cm (S)
Tombol 6
Performa stylus Ada tombol shortcut
Level tekanan stylus 8192
Fungsi touch ×

8. Wacom One Medium CTL-672

8. Wacom One Medium CTL-672

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.050.000

Teknologi elektromagnetik yang memudahkan Anda dalam mengontrol stylus

Stylus pen tablet ini mempunyai teknologi elektromagnetik yang telah dikembangkan Wacom untuk dapat menghasilkan garis yang lebih akurat. Tentunya hal itu akan memudahkan Anda untuk mengontrol stylus dengan lebih baik. Anda yang bekerja sebagai editor foto tentu akan sangat terbantu dengan produk ini karena hasil edit foto bisa tampak lebih rapi.

Area aktif 21,6 x 13,5 cm (M)
Tombol ×
Performa stylus Ada tombol shortcut, dapat dikustomisasi
Level tekanan stylus 2048
Fungsi touch ×

7. XP-PEN Deco 01

7. XP-PEN Deco 01

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 935.000

Begitu ringan dan setipis uang koin, memudahkan mobilitas Anda

Anda akan membutuhkan pen tablet ini ketika bekerja atau mencari inspirasi di luar ruangan. Mengapa? Karena pen tablet ini memiliki tebal 8 mm atau setipis uang koin! Pastinya mudah untuk dibawa ke mana saja, bukan? Selain itu, di dalam boks sudah tersedia stylus stand yang dilengkapi dengan alat pengganti ujung stylus. Sungguh praktis.

Area aktif 10 x 6,25 inci (M)
Tombol 8
Performa stylus Ada tombol shortcut, dapat dikustomisasi
Level tekanan stylus 8192
Fungsi touch ×

6. Wacom Intuos Small CTL-4100WL

6. Wacom Intuos Small CTL-4100WL

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.899.000

Sesuaikan pen tablet dengan kepribadian Anda melalui pilihan warna yang beragam!

Pen tablet ini mempunyai tiga varian warna, yaitu hitam, hijau, dan merah muda yang dapat Anda pilih sesuai dengan kepribadian Anda. Sudah dilengkapi dengan bluetooth, meja kerja pun bisa tampak lebih rapi tanpa kabel-kabel yang berseliweran.

Saat membeli, Anda dapat memilih dua dari tiga software ilustrasi yang dapat Anda unduh secara gratis dari Wacom, yaitu Corel® Painter® Essentials™ 6, Corel® Aftershot™ 3 dan CLIP STUDIO PAINT PRO. Tentunya ini akan menghemat pengeluaran Anda karena tidak usah membeli lisensi software lagi, bukan?

Area aktif 15,2 x 9,5 cm (S)
Tombol 4
Performa stylus Ada tombol shortcut, dapat dikostumisasi
Level tekanan stylus 4096
Fungsi touch ×

5. XP-PEN Deco 03

5. XP-PEN Deco 03

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.750.000

Pen tablet unik yang mudah digunakan dengan harga terjangkau di kelasnya

Dilihat dari tampilan luarnya, pen tablet ini memiliki desain yang unik. Wheel-nya terletak pada sudut, berbeda dari desain pen tablet lainnya. Lokasi wheel tersebut akan lebih memudahkan Anda dalam memutar wheel serta mengatur sudut kanvas saat mengerjakan desain atau ilustrasi.

Anda yang pengguna pemula pun dapat memakainya dengan nyaman, karena produk ini user friendly serta harganya cukup terjangkau. Selain itu, Anda juga dapat mengaktifkan pen tablet ini dengan atau tanpa kabel, karena produk ini sudah dilengkapi dengan teknologi wireless.

Area aktif 10 x 5,62 inci (M)
Tombol 6 + wheel
Performa stylus Ada tombol shortcut
Level tekanan stylus 8192
Fungsi touch ×

4. Wacom Intuos Pro M PTH-660

4. Wacom Intuos Pro M PTH-660

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 4.950.000

Stylus lebih sensitif untuk sensasi bagai menggambar di atas kertas

Keunggulan dari pen tablet ini terdapat pada stylus-nya! Selain tingkat level tekanan yang tinggi, stylus ini mempunyai fungsi tilt detection sehingga terasanya nyaman digunakan, bagai menggambar di atas kertas. Bagi Anda profesional dengan jam kerja tinggi dan menginginkan detail presisi, tentunya pen tablet ini akan sangat memudahkan pekerjaan Anda.

Area aktif 22,4 x 14,8 cm (M)
Tombol 8 + wheel
Performa stylus Ada tombol shortcut, dapat dikostumisasi
Level tekanan stylus 8192
Fungsi touch Ya

3. XP-PEN Artist Display 22E Pro

3. XP-PEN Artist Display 22E Pro

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 12.500.000

Mata menjadi tidak cepat lelah dengan teknologi reduce glare

Bagi Anda yang bekerja cukup lama di depan layar, Anda dapat memilih pen tablet ini. Layarnya dirancang agar tidak memaparkan cahaya berlebihan ke mata pengguna sehingga mata Anda tidak cepat lelah. Tentu saja teknologi reduce glare-nya tidak akan mempengaruhi tampilan karya Anda di LCD -nya.

Tidak seperti kebanyakan pen tablet lain, produk ini menggunakan stylus yang dapat di-charge. Meski begitu, sekali baterai terisi penuh, Anda dapat menggunakannya selama dua bulan sehingga tak akan mengganggu kinerja Anda. Waktu yang cukup lama untuk ketahanan sebuah baterai stylus, bukan?

Area aktif 47,6 x 26,8 cm (L)
Tombol 16
Performa stylus Ada tombol shortcut
Level tekanan stylus 8192
Fungsi touch ×

2. Wacom Cintiq Pro 13 Creative Pen Display 13

2. Wacom Cintiq Pro 13 Creative Pen Display 13

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 14.500.000

Rasakan pengalaman berbeda dalam berkarya dengan tampilan warna yang lebih tajam

Wacom membekali seri LCD pen tablet yang satu ini dengan akurasi warna tinggi full HD berpresentase 87% atau merupakan angka yang besar untuk akurasi warna. Desain atau ilustrasi Anda pun dapat memiliki warna yang lebih presisi, sesuai ekspektasi Anda. Bila Anda seorang ilustrator atau grafis desainer profesional, pen tablet ini akan menjadi teman baik Anda.

Area aktif 29,4 x 16,6 cm (L)
Tombol ×
Performa stylus Ada tombol shortcut, dapat dikostumisasi
Level tekanan stylus 8192
Fungsi touch Ya

1. Wacom MobileStudio Pro 13

1. Wacom MobileStudio Pro 13

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 33.750.000

Ciptakan studio seni Anda di mana saja, bahkan tanpa laptop sekalipun!

Anda tidak perlu lagi membawa laptop untuk mengaktifkannya karena Wacom Mobile Studio Pro 13 ini telah dibekali Intel® dengan sistem operasional Windows 10 Home. Selain dapat dioperasikan layaknya sebuah laptop, bobotnya yang ringan memudahkan Anda bermobilitas.

Meski kompak, performanya begitu optimal dengan menggabungkan kepraktisan sebuah pen tablet dan kenyamanan menggambar di atas kertas. Begitu mudah dan praktis, Anda akan siap berkarya kapan pun inspirasi menghampiri Anda.

Area aktif 29,4 x 16,5 cm (L)
Tombol 6
Performa stylus Ada tombol shortcut, dapat dikostumisasi
Level tekanan stylus 8192
Fungsi touch Ya

Kesimpulan

Setiap pen tablet memiliki keunggulan fitur tersendiri sehingga alangkah baiknya bila Anda mempelajari karakteristiknya sebelum membeli. Dengan menggunakan pen tablet yang cocok, kesenangan dalam membuat ilustrasi pun pasti semakin bertambah!

Pertimbangkan juga harganya dan janganlah memaksakan diri untuk membeli pen tablet yang melebihi anggaran. Melalui artikel ini, semoga Anda dapat menemukan pen tablet yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat memilih!