• 10 Pen Tablet Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Pen Tablet Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Pen Tablet Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Pen Tablet Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Pen Tablet Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Pen Tablet Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022)

Pen tablet biasa digunakan untuk menggambar ilustrasi di komputer. Ada beberapa merek yang bagus, seperti Wacom, XP-PEN, HUION, dan lainnya. Dengan harga dan fungsi yang bervariasi, barangkali akan membuat Anda kebingungan dalam memilih produk yang sesuai.

Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan pen tablet yang bagus, mulai dari untuk pemula hingga profesional. Kami juga berkolaborasi dengan illustrator kami, Karina Doniho yang bisa Anda simak komentarnya untuk menambah wawasan. Seperti apakah pen tablet idaman Anda? Barangkali salah satunya ada dalam ulasan di bawah ini.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Karina Doniho
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 23 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Watercolorist, illustrator, dan abstract artist, Karina Doniho

Profil pakar: Watercolorist, illustrator, dan abstract artist, Karina Doniho

Karina adalah seorang watercolorist, illustrator, dan abstract artist berbasis di Yokohama yang dikenal dengan pen-name Karinpyong. Karina telah aktif freelancing sebagai artist sejak SMA. 


Karina pernah terlibat untuk mengilustrasikan salah satu cover chapter buku Steve Aoki yang berjudul "Blue: The Color of Noise". Karina juga salah satu artist dalam project American Beauty milik Alya Michelson. Karina terpilih menjadi salah satu dari 100 artists yang mendesain project MASK WEAR TOKYO.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pen tablet

Sebelum mengulas mengenai rekomendasi pen tablet, kami akan memberikan tips dalam memilih pen tablet. Ada beberapa poin yang dapat dipertimbangkan sebelum Anda memilih pen tablet. Selengkapnya sebagai berikut!

Sesuaikan jenisnya dengan kenyamanan Anda

Secara umum, ada dua jenis pen tablet, yaitu display pen tablet dan non-display. Keduanya memiliki perbedaan, baik dari segi bentuk, harga, maupun aspek lainnya. Simak terlebih dahulu penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Display pen tablet (pen display): Tampak seperti touchscreen dan bisa menggambar langsung di tab

Display pen tablet (pen display): Tampak seperti touchscreen dan bisa menggambar langsung di tab
Jenis pen tablet yang pertama adalah display pen tablet. Jenis yang satu ini juga dikenal dengan nama pen display atau LCD pen tablet. Sesuai dengan namanya, display pen tablet memiliki layar sentuh dan Anda bisa menggambarnya langsung di layar tersebut

Dengan demikian, Anda tidak perlu melihat ke layar komputer terus-menerus. Setelah Anda selesai menggambar, layar akan langsung menampilkan hasil karya Anda secara keseluruhan. Sayangnya, dari segi harga tipe pen tablet yang satu ini lebih tinggi daripada non-display

Non-display: Mirip touchpad besar dan butuh monitor untuk melihat hasil gambar

Non-display: Mirip touchpad besar dan butuh monitor untuk melihat hasil gambar

Jenis pen tablet yang kedua adalah non-display. Sesuai dengan namanya, non-display adalah jenis pen tablet yang tidak memiliki layar sentuh. Bentuknya lebih mirip seperti touchpad yang berukuran besar. Non-display pen tablet akan tetap berwarna hitam walaupun sedang digunakan untuk menggambar sesuatu. 


Hasilnya dapat Anda lihat langsung ke komputer atau layar yang terhubung dengan pen tablet ini. Secara harga, jenis pen tablet ini lebih murah daripada yang memiliki layar dan lebih cocok digunakan oleh pemula.  Meski begitu, Anda harus memiliki koordinasi mata dan tangan yang bagus untuk bisa menggunakan pen tablet tipe ini. 

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Saat ini, model dan merek pen tablet bermacam-macam. Bagi saya, memilih pen tablet dengan menyesuaikan space meja termasuk hal yang penting. Selain itu, ukuran laptop atau PC, terutama yang membeli non-display tablet atau yang suka menggores garis dengan leluasa, juga perlu diperhatikan. LCD tablet sendiri memiliki akurasi yang berbeda seperti letak cursor saat menggambar sama dengan ada parallax atau tidak.

Ketahui pilihan ukuran yang tersedia

Ketahui pilihan ukuran yang tersedia

Untuk ukuran, setiap brand bisa memiliki indikator yang berbeda-beda. Namun, apabila tidak ada indikator yang spesifik dari brand terserbut, Anda bisa menggunakan ketentuan yang umum. 


Secara umum, ada tiga pilihan ukuran pen tablet yang tersedia di pasaran. Ketiga ukuran yang tersedia meliputi S, M, dan L. Hal yang membedakan ketiga ukuran tersebut adalah lebarnya. 


  • Ukuran S memiliki lebar 4 inci atau setara dengan 101 mm

  • Ukuran M memiliki lebar 6 inci atau setara dengan 152 mm

  • Ukuran L memiliki lebar minimal 8 inci atau setara dengan 203 mm

Ukuran standar pen tablet adalah M. Namun, Anda tetap perlu mempertimbangkan dua ukuran lainnya demi kenyamanan masing-masing. 

Pertimbangkan beberapa faktor saat memilih ukuran

Supaya lebih nyaman, Anda juga perlu mempertimbangkan ukuran saat memilih pen tablet. Terkait dengan ukuran, ada dua faktor yang harus diperhatikan, yaitu tumpuan saat menggambar dan ukuran monitor.

Tumpuan saat menggambar: Siku atau pergelangan tangan

Tumpuan saat menggambar: Siku atau pergelangan tangan
Perhatikan postur lengan Anda ketika menggambar secara manual. Apakah lengan Anda bertumpu pada siku atau pergelangan tangan? 

  • Jika lengan bertumpu pada siku, pilihlah pen tablet dengan ukuran L. Namun, biasanya pen tablet ukuran L dijual dengan harga yang lebih tinggi. 

  • Apabila tumpuan lengan ada pada pergelangan tangan, pilihlah pen tablet dengan ukuran lebih kecil, seperti M atau S. Pen tablet dengan ukuran S adalah yang paling murah jika dibandingkan dengan ukuran M atau L. 
Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Setiap orang memiliki kebiasaan dan postur tangan yang berbeda saat menggambar. Menurut saya, hal ini sangat berpengaruh pada seberapa luas kita akan menggores garis. Kalau yang suka menggores relatif luas atau menggambar di ukuran kanvas yang besar, tak ada salahnya membeli pen tablet ukuran L.

Ukuran monitor: Harus sebanding dengan ukuran pen tablet

Ukuran monitor: Harus sebanding dengan ukuran pen tablet
Selain tumpuan tangan saat menggambar, Anda juga perlu mempertimbangkan ukuran monitor yang digunakan bersama dengan pen tablet

  • Bila monitor Anda berukuran ≤15 inci, gunakanlah pen tablet ukuran S. 

  • Untuk monitor berukuran 16–24 inci, gunakanlah pen tablet ukuran M.

  • Sementara itu, untuk monitor berukuran ≥25 inci, gunakanlah pen tablet ukuran L.
Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Kalau kata orang, hal ini terkait dengan pembiasaan dan adaptasi kita terhadap pen tablet-nya. Namun, menurut saya, ukuran L atau M juga ada kaitannya dengan ukuran layar komputer, PC, atau handphone yang kita punya. Dengan demikian, saat kita menggores, garisnya tidak menjadi stuck. Hal ini disebabkan oleh wilayah yang kita gores itu harus sebanding dengan besar layar monitornya.

Cari tahu ketersediaan space untuk meletakkan pen tablet

Cari tahu ketersediaan space untuk meletakkan pen tablet
Saat memilih ukuran pen tablet, periksa ukuran dan space yang tersedia pada meja Anda. Memang tidak masalah jika Anda meletakkan pen tablet di atas lutut atau pangkuan Anda. Namun, hal tersebut akan menyulitkan Anda ketika membuat detail ilustrasi. 

Garis yang Anda gambar pun menjadi tidak stabil dan berdampak pada hasil kerja Anda. Karena itu, kami menyarankan agar Anda menyediakan space khusus di atas meja. Pilihlah ukuran yang sesuai setelah Anda memikirkan lokasi penempatan yang baik untuk pen tablet yang akan dibeli.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Kalau kata orang, meletakkan pen tablet di depan layar komputer atau laptop itu paling benar dan nyaman. Namun, ada juga orang yang suka meletakkannya di sudut berbeda bahkan jauh dari letak monitornya, atau bahkan dipangku. Semua itu tergantung kenyamanan masing-masing. Pilih yang menurut Anda paling nyaman supaya bisa produktif.

Ketahui level tekanan stylus

Ketahui level tekanan stylus
Level tekanan stylus mengindikasikan sensitivitas stylus untuk dapat mendeteksi tekanan yang diberikan. Terdapat beberapa level tekanan, seperti 2048, 4096, dan 8192. Perbedaan tekanan ini akan sangat terasa setelah pengguna mulai terbiasa menggunakan pen tablet.

Pilihan terbaik adalah stylus dengan tekanan 8192. Akan tetapi, untuk pemula kami sarankan untuk memilih stylus dengan tekanan 4096. Level ini memiliki performa dan harga yang ideal jika Anda baru mulai mencoba.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Stylus itu macam-macam bentuk dan tebal diameternya. Bahkan terkadang isi dari stylus-nya juga memiliki bentuk yang berbeda. Ada yang benar-benar runcing, ada juga yang agak bulat dan datar. Stylus-nya sendiri harus sesuaikan dengan merek yang Anda beli kecuali kalau pen tablet-nya itu semacam tablet Android atau iPad.

Cek fungsi lain yang memudahkan pekerjaan Anda

Pen tablet memiliki fungsi-fungsi khusus yang akan membantu para penggunanya, baik untuk pemula maupun profesional. Anda pastinya ingin memilih pen tablet yang dapat menunjang performa Anda, bukan? Untuk itu, perhatikanlah aspek berikut ini sebelum membeli.

Tombol shortcut: Membantu efisiensi kerja

Pen tablet dengan tombol shortcut yang dapat dimodifikasi dapat menunjang efisiensi pekerjaan Anda. Selain jumlah tombol, perhatikan juga fungsi wheel yang ditanamkan pada tablet. Wheel memudahkan Anda untuk menyesuaikan ukuran brush dan melakukan rotasi pada area kanvas. Adanya tombol-tombol tambahan akan memengaruhi efisiensi dalam menciptakan ilustrasi.
Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Mungkin ada orang yang berpikir, "buat apa pen tablet punya tombol banyak-banyak?" Namun, tombol ini merupakan fitur bermanfaat bagi pengguna pen tablet yang suka shortcut atau tidak begitu hafal dengan keyboard shortcut. Tombol-tombol tersebut juga bisa dimodifikasi sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. Jadi, adanya fungsi tombol menjadi bahan pertimbangan saat ingin membeli pen tablet.

Fungsi touch: Memudahkan pengguna

Fungsi touch: Memudahkan pengguna
Adanya fungsi touch lebih memudahkan pengguna dibandingkan fungsi tombol. Anda dapat dengan mudah mengaktifkan shortcut dengan menyentuh dan menggeser permukaan pen tablet. Meski praktis, pen tablet dengan fungsi ini ditawarkan dengan harga lebih tinggi.
Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Dari pengalaman pribadi saya, fungsi touch ini sangat praktis. Dengan fungsi touch, Anda bisa zoom in dan zoom out atau rotate canvas cukup dengan gesture tangan. Namun, memang pada umumnya pen tablet dengan fungsi touch lebih mahal. Hal ini berlaku baik untuk non-display maupun display tablet

Periksa daya yang digunakan stylus dan feel penggunaannya

Apakah stylus pada pen tablet pilihan Anda memerlukan daya listrik untuk bekerja? Stylus yang memerlukan daya listrik umumnya ditanami baterai yang dapat di-charge atau diisi ulang dayanya. Stylus yang dapat di-charge cenderung lebih berat

Selain itu, stylus seperti ini akan sangat menghambat kinerja Anda ketika tiba-tiba kehabisan daya saat digunakan. Untuk itu, kami sarankan Anda memilih stylus tanpa baterai.


Di samping memperhatikan aspek tersebut, bacalah review atau datang langsung ke toko untuk merasakan sensasi genggam dan bobot stylus. Akan lebih baik jika stylus dilengkapi dengan tombol yang dapat dengan mudah diganti fungsinya, dari brush ke penghapus.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Stylus pen tablet itu bermacam-macam. Pada umumnya, selain iPad dan tablet Android, stylus-nya tidak perlu di-charge. Hanya saja ada beberapa dari jenis stylus yang mudah rusak. Penyebabnya bisa karena kurang kuat bila jatuh atau ujung pen-nya tidak sinkron saat digunakan.

Prioritaskan pen tablet dari merek ternama

Terdapat tiga merek pen tablet terkenal, yaitu Wacom, HUION, dan XP-PEN. Wacom merupakan merek terbaik pen tablet saat ini. Produk dari Wacom juga banyak digunakan oleh profesional karena performanya yang prima. Akan tetapi, harganya yang tinggi tidak kami sarankan untuk pemula.

Sementara HUION dan XP-PEN merupakan merek pen tablet pabrikan Tiongkok. Harganya lebih terjangkau dibandingkan Wacom sehingga pemula pun dapat membelinya. 


Selain ketiga merek di atas, ada juga merek lainnya yang dapat Anda pertimbangkan seperti Veikk. Walaupun belum memiliki nama seperti tiga merek di atas, performanya juga tidak kalah dengan ketiganya. 

10 Rekomendasi pen tablet terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pen tablet terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 13 September 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Huion Inspiroy H640P memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Huion Inspiroy H430P yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 2 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Karina Doniho.

Gambar produk
1
HUION  Inspiroy  1

HUION

2
HUION Inspiroy  1

HUION

3
Veikk Creator Pop  1

Veikk

4
Wacom One Creative Pen Tablet 1

Wacom

5
XPPen Star 03 V2 1

XPPen

6
HUION Inspiroy  1

HUION

7
Wacom Intuos Small dengan Bluetooth 1

Wacom

8
Veikk Creator A50 1

Veikk

9
HUION Kamvas 13 1

HUION

10
Veikk Creator A30 1

Veikk

Nama produk

Inspiroy

Inspiroy

Creator Pop

One Creative Pen Tablet

Star 03 V2

Inspiroy

Intuos Small dengan Bluetooth

Creator A50

Kamvas 13

Creator A30

Keunggulan

Solusi untuk Anda yang minim budget

Spesifikasi standar yang mumpuni, mudah digunakan oleh pengguna pemula

Bukan hanya menggambar, bermain game osu! pun bisa

Feel-nya seperti menggambar di atas kertas

Sudah terhubung ke Chrome, mengajar online pun makin mudah

Tak perlu khawatir tergelincir berkat fungsi non-slip di bagian bawah

Pilihan warnanya beragam, bisa disesuaikan dengan kepribadian Anda

Fitur yang bervariasi dengan harga terjangkau

Ringan dan tipis, memudahkan mobilitas Anda

Menggambar lewat smartphone, tidak masalah!

Harga mulai dariRp 371.000,00Rp 299.000,00Rp 297.000,00Rp 729.000,00Rp 660.000,00Rp 650.000,00Rp 1.830.000,00Rp 587.000,00Rp 3.990.000,00Rp 498.000,00
JenisNon-display pen tabletNon-display pen tabletNon-display pen tabletNon-display pen tabletNon-display pen tabletNon-display pen tabletNon-display pen tabletNon-display pen tabletDisplay pen tabletNon-display pen tablet
Ukuran260 mm x 147,7 mm x 8 mm 186,6 mm x 139,2 mm x 6,3 mm 218 mm x 130 mm x 9 mm 210 mm x 146 mm x 8,7 mm 360 mm x 210 mm x 8 mm 200 mm x 163 mm x 8,35 mm 200 mm x 160 mm x 8,8 mm358 mm x 200 mm x 9 mm366,5 mm x 217,4 mm x 11,8 mm335 mm x 213 mm x 9 mm
Area aktif160 mm x 100 mm121,9 mm x 76,2 mm152 mm x 101 mm152 mm x 95 mm260 mm x 170 mm160 mm x 100 mm (PC mode) dan 56,3 mm x 100 mm (Android mode)152 mm x 95 mm254 mm x 152 mm293,76 mm × 165,24 mm254 mm x 152 mm
Level tekanan stylus8192409681922048819281924096819281928192
Daya stylusBattery-freeBattery-freeBattery-freeBattery-freeBattery-freeBattery-freeBattery-freeBattery-freeBattery-freeBattery-free
Tombol shortcut64××864884
Fungsi touch××××××××
Wheel×××××××××
OS yang kompatibel Windows 7 (or later), Mac OS 10.11 (or later), Android 6.0 (or later)Windows 11/10/8/7, Mac OS 10.11 (or later), Android 6.0 (or later)Windows 11/10/8/7, Mac OS 10.12 (or later), Android 6.0 (or later)Windows 10/8/7, macOS 10.10 (or later)Windows 7 (or later), Linux, macOS 10.10 (or later), Chrome 88Windows 7 (or later), macOS 10.12 (or later), Android 6.0 (or later)Windows 7 (or later), macOS 10.13 (or later), AndroidWindows 11/10/8/7, Chrome OS 88 (or later), Linux, macOS 10.12 (or later), Android 6.0 (or later)Windows 7 (or later), macOS 10.12 (or later), AndroidWindows 7/8/10, Mac OS 10.12 or later, Android 6.0 or above
Tautan produk
10
JenisNon-display pen tablet
Ukuran335 mm x 213 mm x 9 mm
Area aktif254 mm x 152 mm
Level tekanan stylus8192
Daya stylusBattery-free
Tombol shortcut4
Fungsi touch
Wheel×
OS yang kompatibel Windows 7/8/10, Mac OS 10.12 or later, Android 6.0 or above
9
JenisDisplay pen tablet
Ukuran366,5 mm x 217,4 mm x 11,8 mm
Area aktif293,76 mm × 165,24 mm
Level tekanan stylus8192
Daya stylusBattery-free
Tombol shortcut8
Fungsi touch×
Wheel×
OS yang kompatibel Windows 7 (or later), macOS 10.12 (or later), Android
8
JenisNon-display pen tablet
Ukuran358 mm x 200 mm x 9 mm
Area aktif254 mm x 152 mm
Level tekanan stylus8192
Daya stylusBattery-free
Tombol shortcut8
Fungsi touch
Wheel
OS yang kompatibel Windows 11/10/8/7, Chrome OS 88 (or later), Linux, macOS 10.12 (or later), Android 6.0 (or later)
7

WacomIntuos Small dengan Bluetooth

CTL-4100WL

Mulai dari Rp 1.830.000,00

JenisNon-display pen tablet
Ukuran200 mm x 160 mm x 8,8 mm
Area aktif152 mm x 95 mm
Level tekanan stylus4096
Daya stylusBattery-free
Tombol shortcut4
Fungsi touch×
Wheel×
OS yang kompatibel Windows 7 (or later), macOS 10.13 (or later), Android
6
JenisNon-display pen tablet
Ukuran200 mm x 163 mm x 8,35 mm
Area aktif160 mm x 100 mm (PC mode) dan 56,3 mm x 100 mm (Android mode)
Level tekanan stylus8192
Daya stylusBattery-free
Tombol shortcut6
Fungsi touch×
Wheel×
OS yang kompatibel Windows 7 (or later), macOS 10.12 (or later), Android 6.0 (or later)
5
JenisNon-display pen tablet
Ukuran360 mm x 210 mm x 8 mm
Area aktif260 mm x 170 mm
Level tekanan stylus8192
Daya stylusBattery-free
Tombol shortcut8
Fungsi touch×
Wheel×
OS yang kompatibel Windows 7 (or later), Linux, macOS 10.10 (or later), Chrome 88
4

WacomOne Creative Pen Tablet

CTL-472

Mulai dari Rp 729.000,00

JenisNon-display pen tablet
Ukuran210 mm x 146 mm x 8,7 mm
Area aktif152 mm x 95 mm
Level tekanan stylus2048
Daya stylusBattery-free
Tombol shortcut×
Fungsi touch×
Wheel×
OS yang kompatibel Windows 10/8/7, macOS 10.10 (or later)
3
JenisNon-display pen tablet
Ukuran218 mm x 130 mm x 9 mm
Area aktif152 mm x 101 mm
Level tekanan stylus8192
Daya stylusBattery-free
Tombol shortcut×
Fungsi touch×
Wheel×
OS yang kompatibel Windows 11/10/8/7, Mac OS 10.12 (or later), Android 6.0 (or later)
2
JenisNon-display pen tablet
Ukuran186,6 mm x 139,2 mm x 6,3 mm
Area aktif121,9 mm x 76,2 mm
Level tekanan stylus4096
Daya stylusBattery-free
Tombol shortcut4
Fungsi touch×
Wheel×
OS yang kompatibel Windows 11/10/8/7, Mac OS 10.11 (or later), Android 6.0 (or later)
1
JenisNon-display pen tablet
Ukuran260 mm x 147,7 mm x 8 mm
Area aktif160 mm x 100 mm
Level tekanan stylus8192
Daya stylusBattery-free
Tombol shortcut6
Fungsi touch×
Wheel×
OS yang kompatibel Windows 7 (or later), Mac OS 10.11 (or later), Android 6.0 (or later)

Pertanyaan umum seputar pen tablet

Selain membahas cara memilih dan rekomendasi produk, kami juga mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan populer terkait antena pen tablet. Agar Anda tidak penasaran, simak jawabannya di bawah ini.

Apakah pen tablet bisa untuk CorelDRAW?

Bisa, karena CorelDRAW merupakan salah satu software menggambar yang banyak digunakan oleh ilustrator. Karena itu, banyak pen tablet yang didesain supaya kompatibel untuk software ini.

Software menggambar apa yang cocok untuk pemula?

Saat ini ada berbagai software menggambar sehingga pemula mungkin kebingungan untuk memilih software menggambar yang bagus. Beberapa software yang bisa dicoba akan kami ulas di bawah ini.


Krita merupakan software menggambar yang dikembangkan dengan tujuan untuk memberikan art tool yang terjangkau untuk semua orang. Fitur-fiturnya cukup banyak sehingga bisa digunakan juga oleh profesional. Software ini bisa dijadikan pilihan untuk pemula yang menginginkan software gratis.

Software ini merupakan versi berbayar dari ibisPaint X. Software ini bertujuan untuk menyebarkan rasa senang saat menggambar sehingga sangat beginner-friendly. Anda dapat melihat video proses menggambar dari artis-artis lainnya. Ditambah lagi, Anda juga bisa mengunggah proses menggambar ke media sosial Anda, lho.

Software menggambar yang satu ini juga tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Dengan banyaknya pilihan kuas dan tampilan simpel, versi gratis software ini sudah cukup untuk berlatih menggambar digital. 

Tips dari watercolorist, illustrator, sekaligus abstract artist, Karina Doniho

Tips dari watercolorist, illustrator, sekaligus abstract artist, Karina Doniho

Saya sering mendapatkan pertanyaan perihal pen tablet. Menurut saya, ada beberapa hal yang paling penting saat kita akan membeli pen tablet tersebut. Salah satunya adalah memilih pen tablet dengan model dan design yang kita suka supaya bisa cepat terbiasa menggunakannya. Selain itu, ada beberapa hal lain yang bisa dipertimbangkan. 


  • Jika mata Anda mudah lelah saat melihat layar, saya sarankan pakai yang non-display

  • Untuk yang suka dan tertarik membeli display pen tablet, pastikan kalau Anda memiliki space-nya karena akan cukup memakan tempat. 


  • Perhatikan juga resolusi dari display pen tablet tersebut. Makin tinggi resolusinya (minimal 2K, maksimal 4K), gambar atau ilustrasi yang dihasilkan pun makin detail

  • Tidak menutup kemungkinan kalau Anda bisa menghasilkan gambar atau ilustrasi berkualitas dengan pen tablet yang relatif lebih murah. 

Baca juga rekomendasi stylus dan stand tablet di sini

Selain rekomendasi pen tablet, kami juga mempunyai rekomendasi produk stylus dan stand tablet. Silakan simak melalui link di bawah ini untuk penjelasan selengkapnya.

Kesimpulan

Pen tablet saat ini bukan hanya digunakan untuk membuat ilustrasi saja tetapi juga untuk membuat kelas interaktif. Berbagai fitur ditawarkan setiap merek sehingga Anda harus mempelajarinya sebelum membeli.

Pertimbangkan ukuran, sensitivitas, dan kemampuan Anda saat membeli pen tablet. Jangan memaksakan membeli pen tablet yang melebihi budget Anda. Dengan artikel ini, semoga Anda dapat menemukan pen tablet yang sesuai dengan kebutuhan. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagai daya cadangan, penting untuk memilih power bank yang bagus agar penggunaannya lebih awet dan tahan lama. Kapasitas power bank bervariasi, mulai dari 10.000 mAh, 20.000 mAh, hingga 30.000 mAh. Fiturnya pun beragam, seperti fast charging dan wireless charging. Harga power bank sangat berpengaruh dari kapasitas dan fiturnya.  Kali ini kami akan menjelaskan tentang cara memilih power bank yang bagus dan awet. Kami juga akan berbagi rekomendasi merek power bank terbaik, seperti Robot, Samsung, dan Xiaomi. Ada produk yang kompatibel dengan iPhone, lho. Simak terus artikel ini sampai habis!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Setelah headphones dan earphones, sekarang muncul wireless earbuds atau TWS. Wireless earbuds adalah perangkat audio tanpa kabel yang memungkinkan Anda untuk bergerak leluasa saat memakainya. Berbagai merek, seperti Bose, Sony, JBL, Samsung, Rexus, Jabra, Apple, sampai Xiaomi, berlomba-lomba meluncurkan wireless earbuds terbaiknya.Banyaknya merek yang bersaing mungkin membuat Anda kesulitan memilih produk yang cocok untuk digunakan. Tak perlu bingung karena kami akan memberikan tips memilih wireless earbuds yang bagus. Temukan beragam wireless earbuds no delay terbaik yang dijual dengan harga murah, tetapi tetap bagus kualitasnya. Selamat membaca!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Earphone Bluetooth Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Earphone Bluetooth Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Earphone Bluetooth membuat Anda bisa mendengarkan musik secara nyaman dan lebih bebas tanpa adanya kabel yang mengganggu. Earphone Bluetooth ada yang berupa TWS dan ada yang masih menggunakan kabel penghubung ear piece. Banyaknya produk earphone Bluetooth di pasaran mungkin membuat Anda bingung.Kali ini kami akan mengulas cara memilih earphone Bluetooth yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik, mulai dari merek Apple, Samsung, JBL, hingga SoundPEATS. Artikel ini sudah ditinjau oleh audio enthusiast kami, Joshua Pandu. Simak artikel ini hingga tuntas!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    In-ear headphone atau earphone adalah perangkat audio yang praktis Anda bawa ke mana saja. Ada beragam model dan spesifikasi in-ear headphone yang tersedia di pasaran. Anda bisa memilih wired earphone, earphone Bluetooth, sampai TWS. Harganya pun beragam, mulai dari yang 50 ribu-an sampai jutaan rupiah.Kami akan merekomendasikan beragam produk in-ear headphone terbaik untuk Anda. JBL, Audio Technica, dbE, dan Sennheiser adalah beberapa merek earphone yang bagus. Agar Anda tidak bingung memilih produknya, simak dahulu tips dari kami kali ini. Langsung saja simak artikel ini sampai habis, ya!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi External Memory Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi External Memory Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2022)
    Sama seperti Android, iPhone merupakan jenis smartphone yang populer. Namun, berbeda dengan Android, iPhone tidak memiliki slot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan. Dengan begitu, Anda membutuhkan perangkat tambahan seperti external memory jika ingin menyimpan banyak file. Ada berbagai merek external memory untuk iPhone yang bisa Anda temukan di pasaran dengan karakteristik dan keunggulannya masing-masing. Jadi, kami akan mengulas hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memilih external memory yang bagus untuk iPhone Anda. Kami juga memberikan beberapa rekomendasi produk misalnya merek SanDisk, iKlips, dan lainnya. Selamat membaca!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bluetooth Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu solusi untuk mendengarkan musik dengan nyaman dan praktis adalah menggunakan headphone wireless. Alat ini berukuran kecil dan portabel sehingga bisa dibawa ke mana pun Anda pergi. Kini, banyak merek populer, seperti JBL, Nokia, Baseus, dan Sony, yang meluncurkan Bluetooth headphone dengan berbagai macam spesifikasi.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih dan memberi rekomendasi merek headphone Bluetooth yang bagus untuk Anda. Terdapat beragam produk mulai dari headphone Bluetooth gaming hingga yang desainnya lucu. Jadikanlah artikel ini sebagai referensi dalam menentukan headphone terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Pelindung Layar iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pelindung Layar iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, pelindung layar iPhone telah banyak dijual, baik yang berbahan plastik, hidrogel, maupun tempered glass. Merek-merek, seperti ZIFRIEND, RhinoShield, atau Nillkin pun berlomba-lomba mengeluarkan produk yang menarik perhatian pembeli. Namun, dari sekian banyak produk di pasaran, manakah yang terbaik?Untuk dapat menjawab pertanyaan di atas, Anda perlu menyimak tips memilih antigores yang bagus untuk iPhone. Jangan lewatkan juga berbagai produk untuk iPhone 6 sampai 13 yang akan kami rekomendasikan di sini. Baca selengkapnya dan temukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!
    Aksesori handphone & tablet
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori