1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan wajah
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Kulit Normal (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Kulit Normal (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Kulit Normal (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Kulit Normal (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Kulit Normal (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Kulit Normal (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Kulit Normal (Terbaru Tahun 2023)

Di antara berbagai tipe kulit, tipe kulit normal sering dianggap sebagai tipe kulit ideal. Tipe kulit normal relatif tidak rentan terhadap sejumlah masalah kulit. Akan tetapi, kelebihan tersebut mungkin malah membuat Anda kesulitan dalam mencari skincare untuk kulit normal, salah satunya essence.


Ada banyak merek essence untuk kulit normal yang beredar, misalnya SK-II, Pond’s, atau Avoskin. Anda bisa saja bingung saat hendak memilihnya. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan sepuluh rekomendasi essence kulit normal yang bagus. Pilihlah essence terbaik Anda agar kulit makin sehat merona.

Diperbaharui 07-28-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Manfaat penggunaan essence

Manfaat penggunaan essence

Essence merupakan salah satu bentuk produk perawatan kulit yang dipopulerkan oleh tahapan perawatan kulit dari Korea Selatan. Produk perawatan kulit ini berupa cairan berbahan dasar air yang memiliki serangkaian kandungan aktif dan biasanya dilengkapi ekstrak tumbuh-tumbuhan. Tekstur essence cenderung lebih kental dari air biasa atau toner, tetapi tidak sekental dan sepadat serum


Penggunaan produk essence dalam rutinitas perawatan kulit memiliki sejumlah manfaat untuk kulit Anda. Essence dapat membantu melembapkan dan menghidrasi sehingga kulit siap untuk menyerap produk skincare berikutnya. Selain itu, essence juga bermanfaat dalam membantu mengembalikan kadar pH dalam kulit wajah. 


Manfaat essence lainnya adalah mampu memperbaiki tekstur kulit dan meningkatkan elastisitas kulit. Penggunaan essence juga akan melindungi lapisan terluar kulit Anda dan mencegah tanda-tanda penuaan dini. Jadi, sebaiknya jangan lewatkan essence dalam tahapan perawatan kulit Anda, ya!

Cara memilih essence untuk kulit normal

Tipe kulit normal memang lebih minim masalah ketimbang tipe kulit kering atau kulit berminyak. Namun, bukan berarti tak perlu dijaga kelembapannya. Lantas bagaimana cara memilih essence terbaik untuk kulit normal? Dalam hal ini, Anda dapat mengecek poin-poin di bawah ini.

① Carilah yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit

Carilah yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit
Meskipun tidak sering menghadapi permasalahan kulit seperti jenis kulit lainnya, kulit normal tetap membutuhkan kelembapan. Essence merupakan salah satu produk skincare yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit. 

Supaya hasilnya optimal, Anda perlu memperhatikan bahan-bahan yang bermanfaat dalam melembapkan kulit. Bahan pelembap yang biasa terdapat pada essence umumnya terbagi menjadi dua, yaitu bahan kimia dan bahan alami.

  • Pelembap berbahan kimia
Senyawa kimia yang aman untuk melembapkan kulit wajah Anda, antara lain glycerin, butylene glycol, hyaluronic acid, dan lainnya. Cara kerjanya adalah menarik air dari udara dan dari dalam tubuh, kemudian mengikat kelembapannya di lapisan kulit

  • Pelembap berbahan alami

Beberapa bahan alami banyak digunakan untuk memformulasikan essence, misalnya rosehip oil, carrot oil, castor oil, dan mineral oil lainnya. Selain itu, snail mucin atau lendir siput, ekstrak lidah buaya, dan Centella asiatica atau pegagan juga bisa melembapkan kulit.

② Pilih yang dilengkapi manfaat tambahan untuk kulit

Pilih yang dilengkapi manfaat tambahan untuk kulit
Terdapat cukup banyak pilihan essence untuk tipe kulit normal. Jadi, Anda bisa mencari produk yang memberikan manfaat tambahan selain melembapkan.

  • Untuk melawan tanda-tanda penuaan dini
Munculnya bintik hitam atau flek di wajah, garis halus, dan keriput merupakan tanda-tanda penuaan dini. Beberapa essence dilengkapi dengan formula untuk mengatasi permasalahan tersebut. Anda bisa memilih essence dengan kandungan tocopheryl (vitamin E), niacinamide, ataupun hyaluronic acid.

  • Untuk mencerahkan wajah
Jika muncul bintik hitam, kulit kusam, dan warna kulit tidak merata, artinya Anda membutuhkan essence dengan kandungan pencerah. Untuk itu, Anda bisa mencari essence dengan kandungan aktif niacinamide, salicylic acid, dan arbutin.

  • Untuk melembutkan tekstur kulit
Kulit break out akibat perawatan kimia, polusi, ataupun perubahan cuaca membuat teksturnya terasa kasar. Essence dengan kandungan hyaluronic acid tidak hanya melembapkan, tetapi juga dapat melembutkan kulit Anda. Alhasil, kulit akan terasa lebih glowing dan plumpy.

③ Perhatikan variasi kemasan essence

Perhatikan variasi kemasan essence

Produk essence hadir dalam kemasan yang bervariasi. Salah satu kemasan essence yang mudah ditemukan adalah botol biasa dengan tutup berulir atau fliptop. Ada pula essence dalam kemasan botol dengan tutup pump yang tidak mudah tumpah. Dengan kemasan pump, Anda juga bisa mengontrol essence yang akan diaplikasikan dengan lebih mudah. 


Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan ukuran essence. Kalau Anda baru ingin mencoba sebuah produk essence, ada baiknya memilih essence kemasan ukuran travel size atau botol kecil. 

10 Rekomendasi essence terbaik untuk kulit normal

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk essence terbaik untuk kulit normal yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

L'Oréal Paris

Revitalift Crystal Micro Essence

L'Oréal Paris Revitalift Crystal Micro Essence 1枚目

Formulanya dapat menyerap hingga ke sepuluh lapisan kulit

2

SK-II

Facial Treatment Essence

SK-II Facial Treatment Essence 1枚目

Sehatkan kulit Anda dengan nutrisi alami PITERA

3

POND'S

Bright Beauty Perfect Potion Essence

POND'S Bright Beauty  Perfect Potion Essence 1枚目

Dengan teknologi baru, dapat digunakan sebagai essence, toner, dan mask!

4

Avoskin

Perfect Hydrating Treatment Essence

Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence 1枚目

Bantu mengoptimalkan kulit untuk penyerapan skincare selanjutnya

5

Safi

Age Defy Gold Water

Safi Age Defy Gold Water 1枚目

Jaga kelembapan kulit sepanjang hari dengan essence ini

6

Benton

Snail Bee High Content Essence

Benton Snail Bee High Content Essence 1枚目

Minim bahan kimia, baik untuk jaga skin barrier Anda

7

Cosrx

Advanced Snail 96 Mucin Power Essence

Cosrx Advanced Snail 96 Mucin Power Essence 1枚目

Rasakan kulit lebih sehat, kenyal, glowing, dan plumpy

8

Garnier

Sakura Glow Hyaluron Water Glow Essence

Garnier Sakura Glow Hyaluron Water Glow Essence 1枚目

Ekstrak sakuranya bikin wajah cerah merona, lho!

9

Wardah

Crystallure Supreme Activating Booster Essence

Wardah Crystallure Supreme Activating Booster Essence 1枚目

Yuk, buat wajah tampak lebih awet muda dan berseri

10

Innisfree

Soybean Energy Essence

Innisfree Soybean Energy Essence 1枚目

Kulit lebih kenyal dan glowing berkat fermentasi Jeju soybean

Perincian produk
Close
No.1

L'Oréal ParisRevitalift Crystal Micro Essence

Mulai dari Rp66.000,00

Formulanya dapat menyerap hingga ke sepuluh lapisan kulit

Kelebihan:

  • Tekstur sangat cair seperti air sehingga mudah menyerap tanpa meninggalkan rasa lengket
  • Diklaim dapat menyamarkan pori dan membuat kulit sebening kristal
  • Aromanya calming dan fresh di wajah

Kekurangan:

  • Terdapat kandungan alkohol dan salicylic acid yang dimungkinkan dapat mengiritasi kulit sensitif

Revitalift Crystal Micro Essence adalah essence tepat untuk Anda yang menginginkan kulit lembap dan ternutrisi dari dalam. Produk dari L'Oréal Paris ini dilengkapi dengan Micronized Technology sehingga bisa menyerap sampai ke sepuluh lapisan kulit di dalam. Hal ini dapat mempercepat proses regenerasi kulit dan menyamarkan pori-pori di wajah.


Berkat kandungan ekstrak Centella asiatica juga, tanda-tanda penuaan dini dapat disamarkan. Kulit Anda pun lebih halus tak hanya di lapisan luarnya saja, tetapi hingga ke lapisan dalam. Memiliki kulit sehat ternutrisi luar dan dalam, tentu bisa!

No.2

SK-IIFacial Treatment Essence

Mulai dari Rp1.120.000,00

Sehatkan kulit Anda dengan nutrisi alami PITERA

Kelebihan:
  • Bebas sulfat, alkohol, alergen, dan silikon
  • Dapat membuat kulit sebening kristal
  • Dapat mengurangi kerutan dan menyempurnakan tekstur kulit

Kekurangan:

  • Ada konsumen yang kurang cocok dengan aromanya

Untuk Anda yang ingin kulit wajah sehat ternutrisi dengan bahan alami, produk ini adalah pilihan tepat. Ketika menggunakan essence ini, wajah Anda akan ternutrisi dengan PITERA, bahan bio-alami yang mengandung lebih dari 50 nutrisi mikro. Dengan begitu, kulit Anda akan lembap secara alami serta ternutrisi dengan berbagai vitamin, mineral, asam amino, dan asam organik.


Essence yang telah menerima banyak penghargaan ini diklaim mampu membuat kulit Anda tampak bening bagaikan kristal. Selain itu, SK-II Facial Treatment Essence akan memperbaiki tekstur, mencerahkan, serta menjaga kekencangan kulit Anda. Produk yang tepat untuk investasi kulit yang lebih sehat!

No.3

POND'SBright Beauty Perfect Potion Essence

Mulai dari Rp42.800,00

Dengan teknologi baru, dapat digunakan sebagai essence, toner, dan mask!

Kelebihan:

  • Bebas paraben, sulfat, alkohol, alergen, dan silikon
  • Diklaim sepuluh kali lebih efektif untuk mencerahkan dan menyamarkan bintik hitam 

Kekurangan:

  • Kurang cocok digunakan oleh kulit yang sensitif alkohol
  • Aromanya kuat sehingga cukup mengganggu bagi yang sensitif fragrance


Bagaimana jika manfaat toner, essence, dan mask ada dalam satu produk? Anda bisa mendapatkannya dari essence ini. Selain lebih praktis, produk ini bisa menyegarkan kulit Anda dan menyamarkan bintik hitam pada wajah. 


Dengan kandungan 4D hyaluronic acid dan Glota-Boost essence, produk ini diklaim sepuluh kali lebih efektif mencerahkan wajah. Tanpa diribetkan dengan rangkaian perawatan skincare lainnya, Anda sudah bisa mendapatkan kulit lebih lembap dan cerah alami.

No.4

AvoskinPerfect Hydrating Treatment Essence

Mulai dari Rp149.000,00

Bantu mengoptimalkan kulit untuk penyerapan skincare selanjutnya

Kelebihan:

  • Bebas paraben dan fungal acne safe
  • Beberapa konsumen menyatakan efeknya terlihat setelah pemakaian beberapa minggu, bahkan sejak minggu kedua
  • Memberi sensasi dingin dan menyegarkan

Kekurangan:

  • Teksturnya ringan, tetapi cukup lengket di kulit
  • Aromanya cukup kuat, mungkin agak sedikit mengganggu bagi yang sensitif fragrance

Essence adalah salah satu produk yang digunakan sebelum Anda mengaplikasikan produk skincare dan makeup lainnya. Di dalam essence Avoskin ini terdapat kandungan fatty alcohol yang berguna sebagai carrying agent. Dengan demikian, menggunakan essence Avoskin bisa menyiapkan kulit Anda untuk mengoptimalkan penyerapan skincare selanjutnya. 


Selain itu, kandungan chamomile oil dan ET-VC juga makin memperkaya manfaatnya. Selain bisa melembapkan dan mencerahkan kulit, essence ini dapat mengatasi jerawat, sebagai anti-inflamasi, dan antioksidan.

No.5

Jaga kelembapan kulit sepanjang hari dengan essence ini

Kelebihan:

  • Tidak mengandung sulfat, alkohol, alergen, dan silikon
  • Tekstur gel dengan bulir-bulir emas, tetapi mudah meresap dan tidak lengket di kulit

Kekurangan:

  • Karena teksturnya kental, gel susah dikeluarkan dari botolnya

Berada dalam ruangan ber-AC sepanjang hari lama-lama bisa membuat kulit Anda kering dan kurang terhidrasi. Yuk, awali hari Anda dengan mengaplikasikan essence Safi. Kombinasi gold extract dan silk protein di dalamnya dapat melembapkan kulit. 


Essence ini diperkaya juga dengan kandungan bio hyaluronic untuk menjaga dan mengunci kelembapan kulit Anda sepanjang hari. Alhasil, beraktivitas seharian pun kulit Anda tetap terlihat segar dan glowing.

No.6

BentonSnail Bee High Content Essence

Mulai dari Rp300.000,00

Minim bahan kimia, baik untuk jaga skin barrier Anda

Kelebihan:
  • Bebas paraben, sulfat, alkohol, alergen, dan silikon
  • Terdapat kandungan niacinamide yang berfungsi mencerahkan wajah
  • Tekstur gel yang tidak lengket di kulit

Kekurangan:

  • Butuh waktu beberapa saat supaya essence menyerap sempurna di kulit
  • Botol berwarna gelap jadi cukup sulit mengecek isi essence

Menggunakan skincare dengan kandungan kimia yang tinggi ditambah dengan polusi dan perubahan cuaca bisa menyebabkan rusaknya skin barrier. Selain kulit terlihat kusam, bukan tidak mungkin timbul flek hitam, bahkan kadang kala jerawat pun bisa tiba-tiba muncul. 


Untuk menjaga skin barrier, Anda dapat melakukan perawatan dengan essence dari Benton. Kandungan bahan kimia di dalamnya tidak sebanyak dan sepadat produk essence lainnya sehingga bisa menjaga skin barrier tetap sehat. Selain bisa menghidrasi kulit, essence yang bisa menyamarkan noda hitam ini juga dapat menyamarkan kerutan dan menyeimbangkan produksi sebum.

No.7

CosrxAdvanced Snail 96 Mucin Power Essence

Mulai dari Rp275.000,00

Rasakan kulit lebih sehat, kenyal, glowing, dan plumpy

Kelebihan:

  • Mengandung snail mucin dengan konsentrat tinggi sehingga manfaat untuk kulit lebih maksimal
  • Dapat mengatasi beruntusan
  • Efektif untuk menghidrasi dan menenangkan kulit yang rusak

Kekurangan:

  • Teksturnya cukup kental sehingga butuh waktu beberapa saat agar menyerap sempurna
  • Kurang cocok digunakan oleh kulit yang alergi snail mucin

Produk ini diformulasikan dengan 96% Snail Secretion Filtrate atau lendir siput yang bermanfaat untuk kulit. Selain dapat memberi kelembapan ekstra, essence ini diklaim mampu memperbaiki tekstur kulit menjadi lebih sehat dan kenyal.


Bahkan, jika Anda sedang mengalami break out pun, essence ini diklaim efektif untuk menghidrasi dan menenangkan kulit. Dengan penggunaan yang rutin, rasakanlah kulit yang lebih sehat, glowing, dan juga plumpy.

No.8

GarnierSakura Glow Hyaluron Water Glow Essence

Mulai dari Rp50.400,00

Ekstrak sakuranya bikin wajah cerah merona, lho!

Kelebihan:

  • Mudah meresap ke dalam kulit
  • Dapat membuat kulit lembut, glowing alami, dan cerah merona
  • Wangi ekstrak sakura yang memberikan efek rileks

Kekurangan:

  • Menurut konsumen dapat memberikan efek kesat

Singkirkan kusam di kulit Anda dengan produk ini. Essence ini diformulasikan dengan inovasi baru sehingga diklaim dapat menghidrasi kulit seribu kali lebih kuat berkat kandungan hyaluron. Dipadukan dengan ekstrak bunga sakura yang dapat menekan produksi melanin, kulit Anda akan tampak cerah merona. Tak heran jika rutin menggunakannya, Anda akan merasakan kulit lebih elastis dan glowing alami.

No.9

WardahCrystallure Supreme Activating Booster Essence

Mulai dari Rp290.000,00

Yuk, buat wajah tampak lebih awet muda dan berseri

Kelebihan:

  • Teksturnya watery dan mudah meresap ke kulit
  • Dapat menyamarkan kerutan dan garis halus di kulit
  • Bebas paraben, alkohol, dan sulfat

Kekurangan:

  • Jika sering digunakan, pump pada botol bisa turun ke bawah sehingga cukup menyulitkan saat akan mengeluarkan isinya

Siapa, sih, yang tidak ingin terlihat awet muda. Namun, tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan garis halus bisa muncul kapan saja. Nah, salah satu produk dari Wardah ini layak untuk dicoba. Essence ini mengandung Gold-Peptide Crystals sepuluh kali lebih banyak sehingga lebih optimal menyamarkan kerutan dan garis halus.


Sementara itu, kandungan MatrixKey Molecule dan YouthGlow di dalamnya dapat membantu melembapkan dan menjaga kekenyalan kulit. Alhasil, sekalipun usia bertambah, kulit Anda tetap terlihat segar dan bercahaya.

No.10

InnisfreeSoybean Energy Essence

Mulai dari Rp526.000,00

Kulit lebih kenyal dan glowing berkat fermentasi Jeju soybean

Kelebihan:

  • Tekstur kental, tetapi mudah menyerap dan tidak lengket
  • Bebas paraben, sulfat, alkohol, dan silikon
  • Dapat mencerahkan kulit kusam

Kekurangan:

  • Menurut konsumen, efek kulit terhidrasi kurang bertahan lama

Makin bertambahnya usia, bukan tidak mungkin kulit akan mengendur. Anda bisa menambah perawatan kulit dengan essence Innisfree yang mengandung fermentasi sari kacang kedelai asal pulau Jeju. 


Karena tingkat konsentrasinya tinggi (sebesar 91%), manfaat yang akan Anda dapatkan pun lebih maksimal. Kulit Anda akan lebih elastis, kenyal, kencang, dan glowing. Selain itu, essence ini dapat memperbaiki tekstur dan warna kulit.

Pertanyaan umum seputar essence untuk kulit normal

Pertanyaan umum seputar essence untuk kulit normal

Setelah membahas ulasan di atas, apakah Anda masih memiliki pertanyaan tentang essence? Kami sudah merangkum beberapa pertanyaan dan akan memberi penjelasannya secara ringkas di bawah ini.

Apakah essence bisa memutihkan?

Manfaat utama essence memang melembapkan kulit wajah. Namun, essence dengan kandungan tertentu juga dapat memberi manfaat tambahan, contohnya mencerahkan wajah. Anda dapat menggunakannya untuk menyamarkan flek hitam, membuat kulit merona alami, dan meratakan warna kulit.

Apakah perlu memakai essence setiap hari?

Kulit yang sehat dan terjaga kelembapannya dapar membuat wajah Anda terlihat glowing. Jadi, Anda perlu menggunakan essence setiap hari. Namun, penggunaan essence sebaiknya hanya dua kali sehari saja, tepatnya pada pagi dan malam hari.

Kenali perbedaan essence dan serum

Kenali perbedaan essence dan serum

Meski tampak serupa dan memiliki fungsi yang hampir sama, terdapat perbedaan antara essence dan serum. Essence dan serum sama-sama berbahan dasar air, tetapi tekstur keduanya sedikit berbeda. Essence umumnya memiliki tekstur lebih ringan dan konsentrasi bahan aktif yang lebih rendah dibandingkan serum


Serum biasanya memiliki keunggulan atau manfaat tambahan dalam menangani kondisi kulit tertentu. Fungsi essence dan serum serupa, membantu mempersiapkan kulit wajah agar dapat lebih efektif menyerap produk skincare lainnya


Tekstur essence yang lebih ringan membuat penyerapannya cenderung lebih cepat dibandingkan serum. Karena itu, Anda disarankan menggunakan essence terlebih dahulu setelah pemakaian toner atau refiner. Setelah essence, Anda dapat melanjutkan tahapan skincare Anda dengan pemakaian serum. 

Baca juga rekomendasi produk essence lainnya di sini

Kebutuhan nutrisi kulit di setiap usia berbeda-beda. Jadi, sebaiknya Anda menyesuaikan pilihan essence berdasarkan usianya. Berikut ini rekomendasi essence sesuai rentang usia. Semoga salah satu produknya ada yang menjawab kebutuhan Anda, ya!

Kesimpulan

Apabila Anda memiliki kulit wajah tipe normal, pilih essence yang dapat membantu menjaga kelembapan alami kulit. Selain itu, Anda juga bisa memilih essence dengan manfaat tambahan, seperti mencegah penuaan dini dan mencerahkan kulit.

Semoga ulasan kami bermanfaat dan Anda mendapatkan essence sesuai kebutuhan kulit, ya. Jadi, tak ada salahnya juga untuk membaca review dari pengguna sebelumnya. Selamat memilih dan berbelanja!
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer