mybest
Essence

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Essence untuk Mencerahkan Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]
  • 10 Rekomendasi Essence untuk Mencerahkan Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 1
  • 10 Rekomendasi Essence untuk Mencerahkan Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 2
  • 10 Rekomendasi Essence untuk Mencerahkan Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 3
  • 10 Rekomendasi Essence untuk Mencerahkan Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 4
  • 10 Rekomendasi Essence untuk Mencerahkan Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 5

10 Rekomendasi Essence untuk Mencerahkan Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

Kulit kusam dan hiperpigmentasi merupakan masalah kulit wajah yang sering dikeluhkan oleh masyarakat Indonesia. Jika Anda memiliki keluhan yang sama, berarti saatnya memasukkan essence untuk mencerahkan wajah sebagai skincare tambahan. Selain membantu mencerahkan kulit, penggunaan essence juga membuat kulit lebih siap menerima kandungan bahan aktif dari produk skincare berikutnya.


Kali ini, bekerja sama dengan dermatovenereologist, dr. Annisa Anjani, kami menyusun cara memilih essence untuk mencerahkan kulit. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah menemukan essence terbaik untuk mencerahkan wajah. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi essence untuk mencerahkan kulit dari beragam merek yang bagus, seperti Wardah, Avoskin, dan SK-II. Yuk, simak bersama!

Diperbaharui 29/09/2023
dr. Annisa Anjani
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani

dr. Annisa menempuh pendidikan kedokteran umum dan melanjutkan pendidikan spesialisnya di Universitas Indonesia, Jakarta. Saat ini, ia berpraktik di RSIA Tambak dan Kinara Clinic, Jakarta. Ia sering mengisi acara pendidikan dan berkontribusi dalam penulisan artikel untuk edukasi masyarakat mengenai bidang kulit dan kelamin. Ia juga aktif membagikan konten edukasi tentang kesehatan kulit dan kelamin melalui media sosial Instagram dan YouTube.

Profil dr. Annisa Anjani
Lanjut membaca
Sonya Kovaleswani
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Sonya Kovaleswani

Sonya Kovaleswani merupakan writer mybest yang sudah menulis konten dari berbagai bidang, seperti beauty & skincare, elektronik dapur, hingga peralatan kebersihan. Selama menulis di mybest, Sonya juga sudah banyak berdiskusi dengan pakar-pakar di bidangnya tentang bagaimana memilih produk yang bagus. Semasa kuliah, ia menuangkan kecintaannya pada dunia tulis-menulis dengan mengelola blog pribadi ber-niche fashion dan beauty & skincare. Selama menulis blog-nya, Sonya telah mendapatkan kesempatan bekerja sama dengan brand-brand kecantikan terkemuka, baik lokal maupun internasional.

Profil Sonya Kovaleswani
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apakah essence bisa mencerahkan wajah?

Apakah essence bisa mencerahkan wajah?

Essence adalah produk perawatan kulit berbahan dasar air yang memiliki serangkaian bahan aktif yang terlarut di dalamnya. Meski komponen utamanya air, tekstur essence cenderung lebih kental dari air biasa atau toner, tetapi tidak sekental serumEssence juga sering kali dilengkapi dengan kandungan ekstrak tumbuh-tumbuhan.


Penggunaan produk essence dalam rutinitas perawatan kulit memiliki sejumlah manfaat, salah satunya adalah mencerahkan kulit. Meski begitu, essence tidak bisa digunakan sebagai skincare tunggal untuk mencerahkan wajah. Dalam upaya mencerahkan wajah, essence berperan sebagai skincare tambahan.


Meski formulanya ringan, essence untuk mencerahkan wajah sebaiknya tidak dipakai terlalu dini. Alasannya, kandungan bahan pencerah yang mungkin ada dalam essence berpotensi menimbulkan risiko iritatif. Nah, Anda bisa memasukkan essence untuk mencerahkan wajah dalam rutinitas perawatan kulit mulai usia 15 tahun ke atas. Lalu, gunakan dua kali sehari setelah mencuci muka untuk mendapatkan efek mencerahkan yang lebih maksimal.

dr. Annisa Anjani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani

Cara pemakaian essence juga perlu tepat untuk mendapatkan manfaat yang optimal. Pertama, bersihkan kulit dengan facial wash sesuai jenis kulit, kemudian gunakan essence tanpa kapas, cukup di-tap dengan telapak tangan. Setelah itu, angin-anginkan wajah sebentar sebelum mengaplikasikan pelembap.

Cara memilih Essence untuk Mencerahkan

Terdapat beragam pilihan essence untuk mencerahkan wajah di pasaran. Namun, tentu tidak semua produk essence dengan klaim mencerahkan bisa cocok dengan kulit Anda. Lantas, bagaimana cara memilih essence terbaik untuk mencerahkan kulit Anda? Mari simak tipsnya berikut ini.

1

Utamakan essence dengan kandungan bahan pencerah untuk menghambat pertumbuhan melanin pada kulit; Atau produk yang mengandung bahan exfoliating untuk membersihkan sel kulit mati

Hiperpigmentasi dan kulit kusam adalah masalah kulit yang umum terjadi. Masalah kulit tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti paparan sinar matahari, polusi, dan stres. Untuk mengatasinya, ada dua jenis kandungan bahan aktif yang bisa Anda pertimbangkan saat memilih essence mencerahkan. Berikut penjelasan lengkapnya.

Bahan pencerah, seperti vitamin C, alpha arbutin, dan licorice extract: Hambat serta kurangi produksi melanin pada kulit

Bahan pencerah, seperti vitamin C, alpha arbutin, dan licorice extract: Hambat serta kurangi produksi melanin pada kulit

Kulit kusam, warna kulit yang menggelap atau tidak merata, hingga bintik hitam biasanya terjadi karena produksi melanin yang berlebih. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengurangi produksi melanin di kulit dengan menggunakan essence yang mengandung bahan pencerah. Berikut beberapa bahan pencerah yang teruji efektif mengurangi produksi melanin.


  • Vitamin C: merupakan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan bahan ini juga dapat mencerahkan kulit dengan cara menghambat produksi melanin.

  • Alpha arbutin: adalah bahan alami yang dapat menghambat produksi tirosinase, enzim yang berperan dalam produksi melanin. Alpha arbutin bisa mencerahkan kulit dan mengurangi noda hitam.

  • Licorice extract: mengandung berbagai senyawa aktif untuk mencerahkan kulit, seperti glabridin dan licochacone A. Licorice extract dapat menghambat produksi melanin dan mengurangi peradangan kulit.

  • Bakuchiol: dapat membantu mencerahkan kulit dengan cara menghambat produksi melanin. Cara kerja bakuchiol mirip dengan retinol, tetapi memiliki efek samping lebih ringan.

  • Mulberry extract: mengandung senyawa aktif untuk membantu mencerahkan kulit. Cara kerjanya ialah menghambat produksi melanin dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

  • Hazel birch: mengandung senyawa aktif yang dapat membantu mencerahkan kulit, seperti rutin dan quercetin. Cara kerjanya yakni dengan meningkatkan aliran darah ke kulit sehingga dapat mencerahkan dan mengurangi noda hitam.

Bahan exfoliating misalnya AHA dan BHA: Membersihkan sel kulit dan pigmentasi di permukaan kulit

Bahan exfoliating misalnya AHA dan BHA: Membersihkan sel kulit dan pigmentasi di permukaan kulit

Selain essence berbahan pencerah, Anda juga bisa memilih essence dengan bahan eksfoliasi. Bahan exfoliating bermanfaat untuk membersihkan permukaan kulit dari sel kulit mati dan pigmentasi. Dengan begitu, kulit Anda akan tampak lebih cerah.


Bahan eksfoliasi biasanya bekerja dengan melepas ikatan antarsel kulit mati sehingga kulit lebih cepat regenerasi. Berikut ini beberapa bahan eksfoliasi yang umumnya terkandung dalam essence.


  • Alpha hydroxy acid (AHA): merupakan asam yang dapat larut dalam air. AHA bekerja dengan memecah ikatan yang menahan sel kulit mati di permukaan kulit. AHA yang umum digunakan adalah glycolic acid, lactic acid, dan malic acid.

  • Beta hydroxy acid (BHA): adalah asam yang dapat larut dalam minyak. BHA bekerja dengan cara menembus ke dalam pori-pori untuk membersihkan minyak dan kotoran yang menyumbat. Contoh BHA yakni salicylic acid.

Uniknya lagi, AHA dan BHA sebenarnya juga menawarkan fungsi ganda dalam mencerahkan wajah. Selain sebagai bahan eksfoliasi, keduanya juga mampu menghambat produksi melanin (pigmen kulit).

dr. Annisa Anjani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani

Cara termudah untuk mengetahui kandungan bahan utama dalam essence atau skincare adalah dengan melihat tabel komposisi. Dari situ, Anda bisa melihat urutan kandungan bahan yang tertera. Jika suatu bahan atau zat tertera di urutan awal, artinya persentasenya lebih tinggi dibandingkan zat yang ditulis setelahnya.

2

Keberadaan bahan pelembap seperti hyaluronic acid dan glycerin juga penting untuk menekan efek samping bahan aktif yang ada

Keberadaan bahan pelembap seperti hyaluronic acid dan glycerin juga penting untuk menekan efek samping bahan aktif yang ada

Keberadaan bahan pelembap juga tidak boleh dilupakan saat memilih essence untuk mencerahkan wajah. Bahan pelembap berfungsi sebagai conditioning yang membuat kondisi kulit menjadi kondusif. Kulit yang kondusif tersebut dapat mendukung penyerapan bahan aktif dalam essence, baik bahan pencerah maupun bahan exfoliating.


Selain itu, bahan pelembap juga dapat menekan efek samping yang mungkin terjadi dari pemakaian bahan aktif dalam essence. Bahan pelembap bahkan dapat memaksimalkan manfaat bahan aktif yang terkandung di dalam essence. Berikut ini beberapa kandungan pelembap yang nyaman untuk semua jenis kulit.


  • Hyaluronic acid: bahan pelembap alami yang dapat menahan banyak air sehingga kulit tetap terhidrasi dan lembut. Hyaluronic acid juga dapat menarik dan mengunci kelembapan ke dalam kulit.

  • Glycerin: bahan pelembap yang bersifat humektan sehingga dapat menarik kelembapan dan menjaga kelembutan kulit.
3

Supaya lebih nyaman saat diaplikasikan ke kulit, sesuaikan tekstur essence dengan jenis kulit: Essence yang watery untuk kulit berminyak dan essence yang kental untuk kulit kering

Supaya lebih nyaman saat diaplikasikan ke kulit, sesuaikan tekstur essence dengan jenis kulit: Essence yang watery untuk kulit berminyak dan essence yang kental untuk kulit kering

Meski biasanya tekstur essence cenderung cair, ada pula essence yang memiliki tekstur lebih kental. Biasanya essence kental mengandung bahan dengan kandungan minyak, xanthum gum, dan gelatin. Pemilihan tekstur essence ini bisa menjadi penting bila Anda ingin essence yang nyaman di kulit. Berikut ini beberapa pedoman untuk memilih essence dengan tekstur yang tepat.


  • Tekstur essence yang cair atau watery

Essence dengan tekstur cair lebih disarankan untuk pemilik kulit berminyak, kombinasi, dan sensitif. Hal ini karena essence bertekstur cair biasanya memiliki formula yang lebih ringan sehingga tidak akan menutupi pori-pori kulit. Dengan begitu, potensi timbulnya jerawat pada kulit dapat ditekan.


  • Tekstur essence yang kental
Essence bertekstur kental lebih disarankan untuk pemilik kulit kering agar dapat memberikan efek melembapkan. Tekstur essence yang kental biasanya juga mengandung bahan yang dapat menutup permukaan kulit. Dengan begitu, bahan aktif dalam essence dapat bekerja terlebih dahulu di dalam kulit.

Selanjutnya, kami telah menyiapkan rekomendasi produk essence untuk mencerahkan. Mari disimak artikelnya sampai selesai!

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Essence untuk Mencerahkan Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Essence untuk Mencerahkan terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 29 September 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Kandungan utama
Kandungan pelembap
Kandungan pencerah
Kandungan anti-aging
Kandungan lainnya
Pilihan ukuran
Jenis kulit
Permasalahan kulit
Rekomendasi usia
Bahan pengawet
Alkohol/ethanol
Pewangi
BPOM
Manfaat
Bentuk kemasan
1

Wardah

Crystal Secret Pure Treatment Essence

Wardah Crystal Secret Pure Treatment Essence 1

Rp53.000

Agak Murah

Mengembalikan kecerahan kulit wajah sekaligus menguncinya

Alpha arbutin, silvervine, niacinamide, edelweiss extract

Glycerin, butylene glycol, niacinamide, sodium hyaluronate, Actinidia polygama fruit extract, dll

Alpha arbutin, niacinamide

Adenosine, Leontopodium alpinum extract

Tidak diketahui

30 ml, 50 ml, 100 ml

Semua jenis kulit

Dehidrasi, kusam, iritasi ringan

Tidak diketahui

Tidak diketahui

NA18210100440

Menghidrasi dan mencerahkan kulit, menyamarkan hiperpigmentasi, menangkal radikal bebas, meredakan iritasi ringan

Tidak diketahui

2

Avoskin

Perfect Hydrating Treatment Essence

Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence 1

Rp149.000

Menengah

Bantu mengoptimalkan kulit untuk penyerapan skincare selanjutnya

Chamomile oil, ET-VC

Glycerin, chamomile oil, rosehip oil

Ethyl ascorbic acid

Carrot oil, rosehip oil

Tidak diketahui

30 ml, 100 ml

Semua jenis kulit

Kusam, kering, berjerawat

Tidak diketahui

Tidak diketahui

NA18200105520

Mencerahkan, menghaluskan, menenangkan, mengencangkan

Tidak diketahui

3

L'oreal Paris

Revitalift Crystal - Crystal Micro Essence

L'oreal Paris Revitalift Crystal - Crystal Micro Essence 1

Rp70.500

Agak Murah

Jadikan kulit kusam menjadi lebih bercahaya sebening kristal

Centella asiatica, salicylic acid

Butylene glycol

Salicylic acid

Tocopherol

Tidak diketahui

22 ml, 65 ml, 130 ml

Semua jenis kulit

Kusam, kering, kerutan halus

Tidak diketahui

Tidak diketahui

NA11190100193

Mencerahkan, melawan tanda penuaan

Tidak diketahui

4

Lacoco

Darkspot Essence

Lacoco  Darkspot Essence  1

Rp220.000

Menengah

Kombinasi bahan alami dan aktifnya buat wajah lebih glowing, noda hitam pun memudar

Mulberry, licorice

Glycerin, Aloe barbadensis leaf extract

Niacinamide, mulberry extract, licorice extract

Tranexamic acid, carrot root extract

Tidak diketahui

12 ml

Semua jenis kulit

Kusam, noda hitam, bekas jerawat

Tidak diketahui

Tidak diketahui

NA18191906202

Mencerahkan, mengencangkan kulit, menghilangkan noda hitam

Tidak diketahui

5

Unilever

Pond's Bright Beauty Perfect Potion Essence

Unilever Pond's Bright Beauty Perfect Potion Essence 1

Rp44.368

Agak Murah

Dengan teknologi baru! Essence, toner, dan mask dalam satu produk

4D Hyaluronic acid (HA) complex, gluta-boost essence, niacinamide

Pentylene glycol, hyaluronic acid, glycerin, niacinamide

Niacinamide

Cystine, sodium ascorbyl phosphate, tocopheryl acetate

Tidak diketahui

50 ml, 110 ml

Semua jenis kulit (terutama yang cenderung kering)

Dehidrasi, kusam

Tidak diketahui

Tidak diketahui

NA49201200062

Melembapkan dan mencerahkan kulit, menyamarkan tampilan noda hitam dan pori-pori

Tidak diketahui

6

SOMETHINC

SKIN GOALS Vita Propolis Glow Essence Toner

SOMETHINC SKIN GOALS Vita Propolis Glow Essence Toner 1

Rp82.500

Agak Murah

Essence non-comedogenic dan hypoallergenic yang cocok digunakan mulai usia remaja

Korean propolis, New Zealand manuka honey, provitamin B5

Manuka honey, provitamin B5, glycerin

Vitamin C

Tidak ada

Tidak diketahui

40 ml, 100 ml

Semua jenis kulit

Kulit kusam, terdapat bekas jerawat

Tidak diketahui

Tidak diketahui

NA18221201169

Memudarkan bekas jerawat, mencerahkan kulit

Tidak diketahui

7

P&G

SK-II Facial Treatment Essence PITERA

P&G SK-II Facial Treatment Essence PITERA 1

Rp1.280.000

Lebih Mahal

Mengandung Pitera, formula khusus dari SK-II untuk membuat kulit makin bercahaya

Pitera

Pitera

Pitera

Pitera

Tidak diketahui

75 ml, 230 ml

Semua jenis kulit

Kusam, kering, kerutan halus

Tidak diketahui

Tidak diketahui

NA22110101705

Memperbaiki skin barrier, mengencangkan, mencerahkan

Tidak diketahui

8

Bio Beauty Lab

Phyto Power Essence

Bio Beauty Lab Phyto Power Essence 1

Rp280.000

Menengah

Pre-serum essence untuk maksimalkan penyerapan serum di wajah

Phytoliquid ginseng, galactomyces, Centella asiatica extract, niacinamide

Phytoliquid ginseng, Centella asiatica extract, niacinamide

Nicotinamide

Phytoliquid ginseng, galactomyces, Centella asiatica extract, niacinamide, yeast ferment

Tidak diketahui

25 ml, 50 ml

Semua jenis kulit (terutama yang cenderung kering), acne-prone

Kusam, pori-pori besar, berjerawat

Tidak diketahui

Tidak diketahui

NA18210100087

Melembapkan, mencerahkan, meningkatkan skin barrier kulit

Tidak diketahui

9

NACIFIC

Phyto Niacin Whitening Essence

NACIFIC Phyto Niacin Whitening Essence 1

Rp369.000

Agak Mahal

Kulit lebih kenyal dan cerah cukup dengan dua tetes essence tiap hari

Bamboo extract, niacinamide, vitamin C derivatives

Bamboo extract, glycerin, hyaluronic acid

Niacinamide, vitamin C derivatives

Nelumbo nucifera flower extract, Morus alba bark extract

Tidak diketahui

50 ml

Kulit kering, kulit berminyak, kulit normal

Kulit kusam, bekas jerawat

Tidak diketahui

Tidak diketahui

NA18211902274

Mencerahkan kulit

Tidak diketahui

10

Missha

Time Revolution The First Essence 5X

Missha Time Revolution The First Essence 5X 1

Rp859.000

Agak Mahal

Samarkan noda hitam dalam empat belas hari!

Ekstrak fermentasi ragi

Ceramide NP, glycerin

Niacinamide

Ekstrak fermentasi ragi

Tidak diketahui

150 ml

Semua jenis kulit

Kusam, kering, kerutan halus

Tidak diketahui

Tidak diketahui

NA26210100282

Mencerahkan, menjaga skin barrier, mengencangkan kulit

Tidak diketahui

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

WardahCrystal Secret Pure Treatment Essence

Crystal Secret Pure Treatment Essence 1
Sumber: wardahbeauty.com
Crystal Secret Pure Treatment Essence 2
Sumber: shopee.co.id
Crystal Secret Pure Treatment Essence 3
Sumber: shopee.co.id
Crystal Secret Pure Treatment Essence 4
Sumber: shopee.co.id
Crystal Secret Pure Treatment Essence 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp53.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp53.000
Agak Murah

Mengembalikan kecerahan kulit wajah sekaligus menguncinya

Produk ini memiliki boosting effect yang akan membantu mengembalikan cahaya kulit yang terganggu akibat perubahan cuaca dan polusi. Kandungan edelweiss extract akan mengunci cahaya di kulit wajah Anda. Bukan itu saja, harga essence ini juga sangat terjangkau, yakni sekitar 50 ribu untuk kemasan kecil. Produk ini sangat pas untuk remaja dan pelajar yang memiliki anggaran terbatas.
Kandungan utamaAlpha arbutin, silvervine, niacinamide, edelweiss extract
Kandungan pelembapGlycerin, butylene glycol, niacinamide, sodium hyaluronate, Actinidia polygama fruit extract, dll
Kandungan pencerahAlpha arbutin, niacinamide
Kandungan anti-agingAdenosine, Leontopodium alpinum extract
Kandungan lainnyaTidak diketahui
Pilihan ukuran30 ml, 50 ml, 100 ml
Jenis kulitSemua jenis kulit
Permasalahan kulitDehidrasi, kusam, iritasi ringan
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Bahan pengawetTidak diketahui
Alkohol/ethanol
Pewangi
BPOMNA18210100440
ManfaatMenghidrasi dan mencerahkan kulit, menyamarkan hiperpigmentasi, menangkal radikal bebas, meredakan iritasi ringan
Bentuk kemasanTidak diketahui
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

AvoskinPerfect Hydrating Treatment Essence

Harga referensi
Rp149.000
Menengah

Bantu mengoptimalkan kulit untuk penyerapan skincare selanjutnya

Essence adalah salah satu produk yang digunakan sebelum Anda mengaplikasikan produk skincare dan makeup lainnya. Di dalam essence Avoskin ini terdapat kandungan fatty alcohol yang berguna sebagai carrying agent. Dengan demikian, menggunakan essence Avoskin bisa menyiapkan kulit Anda untuk mengoptimalkan penyerapan skincare selanjutnya. Selain itu, kandungan chamomile oil dan ET-VC juga makin memperkaya manfaatnya.
Kandungan utamaChamomile oil, ET-VC
Kandungan pelembapGlycerin, chamomile oil, rosehip oil
Kandungan pencerah Ethyl ascorbic acid
Kandungan anti-agingCarrot oil, rosehip oil
Kandungan lainnyaTidak diketahui
Pilihan ukuran30 ml, 100 ml
Jenis kulitSemua jenis kulit
Permasalahan kulitKusam, kering, berjerawat
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Bahan pengawetTidak diketahui
Alkohol/ethanol
Pewangi
BPOMNA18200105520
ManfaatMencerahkan, menghaluskan, menenangkan, mengencangkan
Bentuk kemasanTidak diketahui
View all
No.3

L'oreal ParisRevitalift Crystal - Crystal Micro Essence

Harga referensi
Rp70.500
Agak Murah

Jadikan kulit kusam menjadi lebih bercahaya sebening kristal

L'oreal essence anti-aging ini mengandung Centella asiatica yang dapat membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit. Selain itu, produk perawatan anti-aging ini diperkaya dengan bahan pencerah aktif yang mampu membuat kulit tampak bercahaya sebening kristal. Karena itu, Anda yang mempunyai keluhan kulit kusam bisa mengandalkan essence anti-aging ini.

Kandungan utamaCentella asiatica, salicylic acid
Kandungan pelembapButylene glycol
Kandungan pencerahSalicylic acid
Kandungan anti-agingTocopherol
Kandungan lainnyaTidak diketahui
Pilihan ukuran22 ml, 65 ml, 130 ml
Jenis kulitSemua jenis kulit
Permasalahan kulitKusam, kering, kerutan halus
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Bahan pengawetTidak diketahui
Alkohol/ethanol
Pewangi
BPOMNA11190100193
ManfaatMencerahkan, melawan tanda penuaan
Bentuk kemasanTidak diketahui
View all
No.4

Lacoco Darkspot Essence

Harga referensi
Rp220.000
Menengah

Kombinasi bahan alami dan aktifnya buat wajah lebih glowing, noda hitam pun memudar

Bila Anda punya kulit yang penuh dengan noda hitam atau bekas jerawat, Anda mungkin akan merasa tidak percaya diri. Satu-satunya cara adalah menutupinya dengan makeup. Namun, ternyata hanya dengan skincare, bekas jerawat dan noda hitam bisa hilang, lho! 


Anda bisa mencoba darkspot essence dari Lacoco ini untuk merawat kulit wajah Anda. Dengan kandungan bahan-bahan alami yang dikombinasikan dengan bahan aktif, essence ini bisa menyamarkan noda hitam pada wajah. Dengan begitu, wajah akan tampak lebih glowing!

Kandungan utamaMulberry, licorice
Kandungan pelembapGlycerin, Aloe barbadensis leaf extract
Kandungan pencerahNiacinamide, mulberry extract, licorice extract
Kandungan anti-agingTranexamic acid, carrot root extract
Kandungan lainnyaTidak diketahui
Pilihan ukuran12 ml
Jenis kulitSemua jenis kulit
Permasalahan kulitKusam, noda hitam, bekas jerawat
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Bahan pengawetTidak diketahui
Alkohol/ethanol
Pewangi
BPOMNA18191906202
ManfaatMencerahkan, mengencangkan kulit, menghilangkan noda hitam
Bentuk kemasanTidak diketahui
View all
No.5

UnileverPond's Bright Beauty Perfect Potion Essence

Harga referensi
Rp44.368
Agak Murah

Dengan teknologi baru! Essence, toner, dan mask dalam satu produk

Bagaimana jika manfaat toner, essence, dan mask ada dalam satu produk? Anda bisa mendapatkannya dari produk ini. Selain lebih praktis, essence ini bisa menyegarkan kulit sekaligus menyamarkan bintik hitam pada wajah.


Dengan kandungan 4D hyaluronic acid dan gluta-boost essence, produk ini diklaim sepuluh kali lebih efektif mencerahkan wajah. Tanpa direpotkan dengan rangkaian perawatan skincare lainnya, Anda sudah bisa mendapatkan kulit yang lebih lembap dan cerah alami.

Kandungan utama4D Hyaluronic acid (HA) complex, gluta-boost essence, niacinamide
Kandungan pelembapPentylene glycol, hyaluronic acid, glycerin, niacinamide
Kandungan pencerahNiacinamide
Kandungan anti-agingCystine, sodium ascorbyl phosphate, tocopheryl acetate
Kandungan lainnyaTidak diketahui
Pilihan ukuran50 ml, 110 ml
Jenis kulitSemua jenis kulit (terutama yang cenderung kering)
Permasalahan kulitDehidrasi, kusam
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Bahan pengawetTidak diketahui
Alkohol/ethanol
Pewangi
BPOMNA49201200062
ManfaatMelembapkan dan mencerahkan kulit, menyamarkan tampilan noda hitam dan pori-pori
Bentuk kemasanTidak diketahui
View all
No.6

SOMETHINCSKIN GOALS Vita Propolis Glow Essence Toner

Harga referensi
Rp82.500
Agak Murah

Essence non-comedogenic dan hypoallergenic yang cocok digunakan mulai usia remaja

SOMETHINC menawarkan produk essence yang bisa digunakan oleh para remaja sejak usia 11 tahun. Kandungan vitamin C-nya membantu mencerahkan kulit dalam waktu 28 hari. Korean propolis-nya membantu merawat kulit dari bakteri penyebab jerawat, termasuk pada kulit berminyak.


SKIN GOALS Vita Propolis Glow Essence Toner tersertifikasi non-comedogenic, fungal acne-friendly, serta hypoallergenic. Jadi, Anda yang berkulit sensitif, berminyak, dan acne-prone tidak perlu khawatir menggunakan produk lokal ini.

Kandungan utamaKorean propolis, New Zealand manuka honey, provitamin B5
Kandungan pelembapManuka honey, provitamin B5, glycerin
Kandungan pencerahVitamin C
Kandungan anti-agingTidak ada
Kandungan lainnyaTidak diketahui
Pilihan ukuran40 ml, 100 ml
Jenis kulitSemua jenis kulit
Permasalahan kulitKulit kusam, terdapat bekas jerawat
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Bahan pengawetTidak diketahui
Alkohol/ethanol
Pewangi
BPOMNA18221201169
ManfaatMemudarkan bekas jerawat, mencerahkan kulit
Bentuk kemasanTidak diketahui
View all
No.7

P&GSK-II Facial Treatment Essence PITERA

Harga referensi
Rp1.280.000
Lebih Mahal

Mengandung Pitera, formula khusus dari SK-II untuk membuat kulit makin bercahaya

Kulit kusam bisa juga menjadi tanda-tanda awal penuaan kulit. Jika Anda sedang mencari essence yang bisa memberi manfaat anti-aging sekaligus melawan kekusaman, essence dari SK-II bisa menjadi jawabannya.


Produk ini mengandung peptide complex khusus SK-II bernama Pitera (galactomyces broth) yang diandalkan sebagai formula anti-aging. Bukan itu saja, kandungan tersebut juga menjaga kelembapan kulit dan mengurangi kekusaman sehingga membuat kulit tampak lebih bercahaya.

Kandungan utamaPitera
Kandungan pelembapPitera
Kandungan pencerahPitera
Kandungan anti-agingPitera
Kandungan lainnyaTidak diketahui
Pilihan ukuran75 ml, 230 ml
Jenis kulitSemua jenis kulit
Permasalahan kulitKusam, kering, kerutan halus
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Bahan pengawetTidak diketahui
Alkohol/ethanol
Pewangi
BPOMNA22110101705
ManfaatMemperbaiki skin barrier, mengencangkan, mencerahkan
Bentuk kemasanTidak diketahui
View all
Harga referensi
Rp280.000
Menengah

Pre-serum essence untuk maksimalkan penyerapan serum di wajah

Phyto Power Essence merupakan pre-serum skincare. Jadi, produk ini digunakan sebelum mengaplikasikan serum. Pemakaian essence ini akan memaksimalkan penyerapan manfaat serum pada kulit wajah. Produk ini mengandung niacinamide yang berfungsi mencerahkan serta Centella asiatica yang menenangkan dan melembapkan.


Tekstur produk buatan Bio Beauty Lab ini mirip gel sehingga cocok untuk kulit kombinasi yang cenderung kering. Meski begitu, formulanya mudah meresap dan tidak meninggalkan bekas lengket di kulit.

Kandungan utamaPhytoliquid ginseng, galactomyces, Centella asiatica extract, niacinamide
Kandungan pelembapPhytoliquid ginseng, Centella asiatica extract, niacinamide
Kandungan pencerahNicotinamide
Kandungan anti-agingPhytoliquid ginseng, galactomyces, Centella asiatica extract, niacinamide, yeast ferment
Kandungan lainnyaTidak diketahui
Pilihan ukuran25 ml, 50 ml
Jenis kulitSemua jenis kulit (terutama yang cenderung kering), acne-prone
Permasalahan kulitKusam, pori-pori besar, berjerawat
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Bahan pengawetTidak diketahui
Alkohol/ethanol
Pewangi
BPOMNA18210100087
ManfaatMelembapkan, mencerahkan, meningkatkan skin barrier kulit
Bentuk kemasanTidak diketahui
View all
No.9

NACIFICPhyto Niacin Whitening Essence

Harga referensi
Rp369.000
Agak Mahal

Kulit lebih kenyal dan cerah cukup dengan dua tetes essence tiap hari

Mencari essence dengan kelembapan ekstra? Inilah produk yang patut dipertimbangkan. Tidak hanya menghidrasi, kandungan NACIFIC Phyto Niacin Whitening Essence juga akan membantu mencerahkan kulit. Karena itu, produk ini dapat digunakan juga untuk membantu mengatasi kulit kusam dengan noda hitam. Penggunaannya pun cukup dua tetes tiap hari sehingga isinya dapat bertahan lama.

Kandungan utamaBamboo extract, niacinamide, vitamin C derivatives
Kandungan pelembapBamboo extract, glycerin, hyaluronic acid
Kandungan pencerahNiacinamide, vitamin C derivatives
Kandungan anti-agingNelumbo nucifera flower extract, Morus alba bark extract
Kandungan lainnyaTidak diketahui
Pilihan ukuran50 ml
Jenis kulitKulit kering, kulit berminyak, kulit normal
Permasalahan kulitKulit kusam, bekas jerawat
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Bahan pengawetTidak diketahui
Alkohol/ethanol
Pewangi
BPOMNA18211902274
ManfaatMencerahkan kulit
Bentuk kemasanTidak diketahui
View all
No.10

MisshaTime Revolution The First Essence 5X

Harga referensi
Rp859.000
Agak Mahal

Samarkan noda hitam dalam empat belas hari!

Apabila wajah Anda memiliki banyak noda hitam atau bekas jerawat yang sulit hilang, cobalah produk ini. Essence dari Missha ini memanfaatkan ekstrak fermentasi ragi yang kaya akan vitamin, amino acid, serta flavonoid. 


Karena itu, essence untuk anti-aging ini mampu menyamarkan noda hitam sekaligus meratakan warna kulit dalam 14 hari! Ditambah lagi, ada kandungan niacinamide yang memang biasa digunakan untuk mencerahkan wajah. Dengan kombinasi bahan pencerah, wajah Anda akan jauh lebih cerah dan tentunya lembap. 

Kandungan utamaEkstrak fermentasi ragi
Kandungan pelembapCeramide NP, glycerin
Kandungan pencerahNiacinamide
Kandungan anti-agingEkstrak fermentasi ragi
Kandungan lainnyaTidak diketahui
Pilihan ukuran150 ml
Jenis kulitSemua jenis kulit
Permasalahan kulitKusam, kering, kerutan halus
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Bahan pengawetTidak diketahui
Alkohol/ethanol
Pewangi
BPOMNA26210100282
ManfaatMencerahkan, menjaga skin barrier, mengencangkan kulit
Bentuk kemasanTidak diketahui
View all

5 Rekomendasi Essence untuk Mencerahkan terbaik

No. 1: WardahCrystal Secret Pure Treatment Essence

No. 2: AvoskinPerfect Hydrating Treatment Essence

No. 3: L'oreal ParisRevitalift Crystal - Crystal Micro Essence

No. 4: Lacoco Darkspot Essence

No. 5: UnileverPond's Bright Beauty Perfect Potion Essence

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Essence untuk Mencerahkan Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.