10 Rekomendasi Bak Mandi Bayi Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Bak Mandi Bayi Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Di antara banyak jenis bak mandi bayi, yang paling populer beberapa tahun terakhir adalah bak mandi tipe lipat. Bak mandi tipe lipat akan sangat mudah untuk digunakan. Anda tidak perlu khawatir jika rumah Anda tidak mempunyai cukup ruang penyimpanan karena bak mandi ini tidak banyak memakan tempat.

Berbagai produsen banyak menjual bak mandi lipat dengan berbagai macam jenis penggunaannya,  seperti yang digunakan di wastafel. Jadi, kali ini kami akan memberikan tips cara memilih dan merekomendasikan sepuluh bak mandi lipat untuk bayi dari merek terbaik, seperti BEABA, Mothercare, dan Richell. Ayo kita simak!

Daftar isi

Cara memilih bak mandi bayi lipat

Kami akan memberitahukan beberapa hal penting dalam memilih bak mandi jenis lipat. Pertama, pilihlah berdasarkan penggunaannya untuk diletakkan di mana. Kedua, pilihlah yang berjenis plastik, dapat diisi udara, atau berbentuk matras. Mari kita lihat penjelasan di bawah ini.

Pilihlah yang mudah dipasang agar bayi tidak menunggu lama ketika ingin mandi

Pilihlah yang mudah dipasang agar bayi tidak menunggu lama ketika ingin mandi

Ketika memilih bak mandi, sebaiknya Anda mempertimbangkan kemudahan dalam memasang dan menyimpannya. Pilihlah bak mandi yang compact dan tidak membutuhkan waktu yang lama dalam memasangnya agar memudahkan kerja Anda. Bayi Anda pun tidak lama menunggu pada saat akan mandi. Setelah itu, baru Anda berfokus pada keselamatan, kenyamanan, dan lain-lain.

Pilihlah bak mandi bayi lipat berdasarkan material dan bentuknya

Ada tiga jenis pilihan bak mandi lipat untuk bayi. Ada yang menggunakan plastik, dapat diisi udara, dan berbentuk mat atau matras. Pilihlah bak mandi bayi lipat yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Mari kita lihat kelebihan dan kekurangan dari masing-masing material tersebut agar tidak salah dalam memilih.

Bak mandi bayi berbahan plastik: Memiliki stabilitas yang tinggi

Bak mandi bayi berbahan plastik: memiliki stabilitas yang tinggi

Bak mandi yang menggunakan bahan plastik biasanya digunakan di lantai. Bak mandi ini memiliki bentuk yang stabil agar Anda dapat memandikan bayi dengan santai tanpa khawatir bergeser. Jenis ini direkomendasikan untuk ditempatkan di kamar mandi atau apabila Anda ingin memandikan bayi di ruang keluarga. Biasanya bak mandi ini berukuran besar, namun tidak masalah dan tetap aman walaupun Anda menggunakannya dari lahir.

Pastikan ada bagian penyumbat untuk menguras air karena jika tidak ada, akan terasa berat dalam mengurasnya apalagi jika air panas. Jangan lupa menggunakan buttock stopper agar bayi tidak mudah tergelincir ke bawah. Selain itu, bak mandi ini dapat digunakan untuk bayi berendam sebab berukuran besar. Keuntungan dari bak mandi ini menggunakan bahan yang kuat sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Bak mandi bayi yang diisi udara: Bahannya lembut dan mudah untuk disimpan

Bak mandi bayi yang diisi udara: bahannya lembut dan mudah untuk disimpan

Bak mandi dengan tipe ini harus diisi udara agar dapat digunakan. Bak mandi ini ringan sehingga Anda dapat membawanya sendiri dengan mudah ketika akan memandikan bayi di kamar mandi. Bahannya lembut dan aman digunakan oleh bayi yang baru lahir. Anda dapat menyimpannya dengan mudah dan dapat dibuat menjadi ukuran yang compact dengan cara membuang udaranya saat tidak digunakan.

Namun, bak mandi tipe ini tidak terlalu kuat dan mudah bocor. Anda juga harus berhati-hati jika ingin menggunakannya kembali untuk adiknya yang baru lahir. Stabilitas dari tipe ini lebih rendah dibandingkan dengan tipe plastik. Selain itu, untuk mencegah bayi tergelincir, sebaiknya Anda memilih yang sudah dilengkapi dengan stopper.

Baby bath mat: Compact dan mudah dibawa ke mana pun

Bak mandi bayi tipe mat: Compact dan mudah dibawa ke mana pun

Jika Anda ingin memandikan bayi di wastafel, sangat dianjurkan untuk menggunakan bak mandi bayi tipe bath mat atau matras. Dengan menggunakan tipe ini, Anda tidak akan melakukan banyak pergerakan saat memandikan bayi sekalipun Anda menderita sakit punggung karena bebannya akan berkurang. Sebelum membeli, sebaiknya Anda mengukur wastafel agar menemukan matras yang tepat sesuai dengan ukuran wastafel.

Tipe matras ini bentuknya sangat compact dan mudah untuk dibawa ke mana-mana. Namun, tipe ini tidak cocok untuk bayi yang agak besar karena biasanya ukuran matras tidak terlalu besar. Mungkin akan ada kesulitan untuk memakai tipe matras jika bayi sudah bertumbuh besar dan mengalami perubahan fisik. Anda dan keluarga dapat mempertimbangkan waktu yang tepat untuk menggunakan bak mandi tipe matras.

Setelah waktu mandi, Anda masih dapat menggunakan matras ini sebagai alas untuk memakaikan bajunya, mengganti popok, ataupun dapat menjadi alas bermain. Sebelum membeli, sebaiknya Anda memikirkan bentuk dan desainnya secara cermat.

10 Rekomendasi bak mandi bayi lipat terbaik

Berdasarkan hal-hal di atas, kami akan merekomendasikan sepuluh bak mandi bayi terbaik. Silakan temukan yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

10. Cartoon Baby Bath Mat

10. Cartoon Baby Bath Mat

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 224.000

Baby bath mat dengan fungsi ganda untuk mandi dan tidur

Jika Anda hanya ingin memandikan bayi dengan menggunakan matras mungkin produk ini dapat menjadi pilihan. Matras yang menggemaskan ini dapat digunakan langsung di bath tub, wastafel, ataupun sink. Selain itu, produk ini memiliki berbagai aneka pilihan binatang dengan warna yang cerah dan desain yang pastinya akan menarik perhatian bayi.

Matras ini sangat cocok untuk digunakan oleh bayi yang berusia 0-6 bulan. Tenang saja, matras ini menggunakan bahan spandex premium yang sangat aman di kulit bayi. Selain itu, bahan ini mempunyai sirkulasi udara yang baik sehingga cocok juga digunakan sebagai alas untuk tidur.

9. Baby Safe Folding Bath Tub

9. Baby Safe Folding Bath Tub

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 415.000

Tidak perlu kesulitan mencari sabun saat memandikan bayi karena sudah ada tempat di bak mandinya

Kebanyakan bak mandi lipat tidak dilengkapi dengan tempat untuk meletakkan sabun. Namun, produk ini sudah dilengkapi dengan tempat untuk meletakkan sabun yang akan memudahkan Anda dalam memandikan bayi. Selain itu, kaki dari bak mandi ini dapat dikunci sehingga sangat aman digunakan di atas permukaan lantai yang datar.

Untuk masalah pengeringan akan memudahkan Anda sebab bak mandi ini dilengkapi dengan kait agar dapat dikeringkan di mana saja. Jadi, lantai kamar mandi Anda bebas dari basah dan bak mandi akan cepat kering. Sesudah itu, bak mandi ini dapat Anda simpan di sela ruangan karena dapat dilipat hingga datar.

8. Richell Inflatable Safety Baby Tub

8. Richell Inflatable Safety Baby Tub

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 300.000

Mandi lama bukan jadi masalah karena bak mandi ini mampu menjaga kehangatan air, lho!

Bak mandi yang empuk tentu akan membuat Anda dan bayi nyaman. Bak mandi yang diisi dengan udara ini sangat empuk sehingga Anda tidak perlu khawatir bayi akan terbentur. Selain itu, bayi Anda tidak akan mudah tergelincir sebab bak mandinya didesain bergaris-garis dan juga dilengkapi dengan stopper.

Bak mandi ini mampu menjaga kehangatan air lebih lama. Jika bayi Anda ingin bermain air lebih lama, Anda tidak perlu khawatir lagi karena air hangatnya tidak akan cepat berubah ke suhu yang dingin. Sangat cocok untuk digunakan dari mulai bayi baru lahir hingga usia 1 tahun.

7.  Karibu Mega Folding Bath

7.  Karibu Mega Folding Bath

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga :  Rp 740.000

Bak mandi ekstrabesar untuk ruang penyimpanan yang minim

Dari namanya kita sudah mengetahui bahwa bak mandi ini didesain ekstra besar dengan ukuran 81 cm x 51 cm x 22 cm. Bayi Anda akan merasa nyaman karena mendapatkan ruang gerak yang cukup besar ketika mandi. Walaupun bak mandi ini mempunyai ruang yang cukup besar, namun jika dilipat tidak akan memakan banyak tempat.

Bak mandi ini terbuat dari bahan pilihan, yaitu polypropylene dan elastomer thermoplastik serta BPA free, yang sangat aman digunakan oleh bayi. Selain itu, jika bahan tersebut terkena air panas, tidak ada senyawa kimia yang akan membahayakan kulit bayi. Pastinya Anda akan merasa tenang ketika memandikan bayi.

6. Infantino Whale Bubble Bath Inflatable Bath Tub

6. Infantino Whale Bubble Bath Inflatable Bath Tub

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 867.000

Bayi Anda pasti akan senang sekali mandi bola di bak mandinya

Semua bayi pasti akan senang jika diajak mandi bersama bola, bukan? Produk ini akan mewujudkan kesenangan bayi Anda karena ketika Anda membeli bak mandi ini akan mendapatkan bola warna-warni. Anda dapat juga mengajak bayi bermain lempar bola dan dipastikan suasana mandi bayi akan menjadi menyenangkan.

Selain bolanya, bak mandi yang diisi udara ini sangat mudah mengembang dan dikempiskan sehingga memudahkan Anda dalam menyimpannya. Jadi, jika Anda ingin melakukan perjalanan bersama bayi Anda, bak mandi ini sangat cocok untuk dibawa.

5. Blooming Lotus Baby Bath

5. Blooming Lotus Baby Bath

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 453.180

Yuk, mandi dengan bunga lotus ini di wastafel Anda!

Jika Anda sangat senang memandikan bayi Anda di wastafel, produk ini dapat menjadi pilihan. Bak mandi yang bertipe matras ini berbentuk bunga dengan satu ukuran yang dapat ditaruh di wastafel atau sink ukuran apa saja. Matras ini memang hanya dapat digunakan dalam waktu yang singkat, dari bayi mulai lahir sampai usia 6 bulan.

Matras ini sangat lembut dan empuk ketika digunakan. Selain untuk mandi, bayi Anda dapat menggunakan matras ini sebagai alas bermain atau mengganti popok. Jika matras ini kotor, Anda dapat mencuci dan mengeringkannya dengan cukup diperas, lalu dijemur di bawah sinar matahari atau dikeringkan dengan mesin pengering.

4. Swimava Baby Bathing Tub P3 Swimava Le Macarone Baby Spa

4. Swimava Baby Bathing Tub P3 Swimava Le Macarone Baby Spa

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 550.000

Desainnya yang vertikal membuat bayi dapat berenang di rumah

Bagi Anda yang mencari bak mandi untuk bayi yang lebih besar, produk ini dapat menjadi pilihan. Bak mandi ini dapat digunakan dari usia 6 bulan sampai 3 tahun, bayi sudah bisa duduk sendiri dengan baik. Didesain dengan bentuk vertikal yang akan membuat bayi sangat nyaman saat berenang  ataupun berendam.

Bak mandi berbentuk compact ini tentunya sangat mudah untuk disimpan. Selain itu, ketika Anda membeli produk ini, Anda akan mendapat tas untuk menyimpan sehingga bak mandi selalu dalam keadaan bersih. Sangat ideal untuk digunakan di rumah ataupun dibawa bepergian.

3. Summer Infant Fold Up Bath Baby’s Aquarium

3. Summer Infant Fold Up Bath Baby's Aquarium

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 555.000

Jangan khawatir memandikan bayi yang baru lahir dengan posisi miring! Sandaran alasnya akan membantu Anda

Bak mandi yang didesain seperti masuk ke aquarium ini pastinya akan sangat menarik perhatian bayi ketika mandi. Produk ini dapat digunakan dari bayi mulai lahir sampai bayi cukup besar. Bak mandi ini dilengkapi dengan alas (sandaran dengan posisi miring) sehingga memudahkan Anda ketika memandikan bayi. Jadi, Anda tidak perlu merasa khawatir ketika ingin memandikan bayi yang baru lahir.

Alas mandi ini diisi dengan udara sangat empuk dan bayi akan merasa nyaman ketika dimandikan. Saat bayi Anda sudah agak besar, Anda dapat melepas alasnya agar ruang geraknya menjadi lebih bebas. Anda juga dapat memasukkan mainan untuk melengkapi isi aquarium agar suasana mandi bayi menjadi menyenangkan.

2. Mothercare Aqua Pod

2. Mothercare Aqua Pod

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 635.000

Khawatir air terlalu panas ketika memandikan bayi? Bukan masalah lagi karena ada fitur hot spot yang membantu Anda

Sering kali Anda merasa khawatir ketika memandikan bayi karena airnya terlalu panas. Produk ini akan membantu Anda dengan fitur hot spot di atas matrasnya. Fitur ini akan memberikan indikasi secara cepat jika air terlalu panas dan Anda dapat langsung mengganti airnya sebelum memandikan bayi.

Selain itu, bak mandi sangat cocok untuk digunakan oleh bayi yang sudah dapat duduk. Bak mandi ini dilengkapi dengan tempat duduk dan T bar yang akan mendukung bayi mandi dengan posisi duduk. Jadi, bayi Anda tidak akan mudah terjatuh atau miring ketika dimandikan.

1. BEABA Ultra Compact Textile Bath

1. BEABA Ultra Compact Textile Bath

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 4.998.000

Kaitan pancurannya akan mempermudah tugas Anda ketika memandikan bayi

Jika Anda mencari bak mandi yang memudahkan Anda mengisi air dan membilas bayi ketika mandi, produk ini wajib Anda miliki. Bak mandi ini dilengkapi kaitan untuk menaruh pancuran, jadi Anda hanya tinggal menunggu bak terisi penuh dan siap memandikan bayi hingga bersih.

Bak mandi ini menggunakan bahan dari thermoform yang sangat ringan, agar dapat menyesuaikan posisi tubuh bayi yang nyaman ketika mandi. Bahan ini dapat digunakan bayi untuk mandi sampai usia 12 bulan. Selain itu, bahan ini akan cepat kering dan anti akan jamur sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kebersihan dalam menggunakannya.

Kesimpulan

Kegiatan mandi bersama bayi memang sangat penting untuk dilakukan agar dapat lebih membangun hubungan yang positif antara bayi dan Anda. Di artikel ini, kami sudah memberikan tips cara memilih dan merekomendasikan beberapa bak mandi lipat terbaik untuk bayi. Semoga Anda menemukan bak mandi lipat yang sesuai dengan kebutuhan. Selamat memilih!