1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Perlengkapan & perawatan bayi
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Bak Mandi Bayi Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Bak Mandi Bayi Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Bak Mandi Bayi Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Bak Mandi Bayi Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Bak Mandi Bayi Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Bak Mandi Bayi Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Bak Mandi Bayi Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Bila Anda memiliki kamar mandi minimalis, bak mandi bayi lipat adalah produk yang perlu Anda miliki. Bentuknya yang portable dan foldable mudah digunakan sehingga tidak memakan tempat penyimpanan. Bak mandi lipat untuk bayi juga pas untuk dibawa saat travelling.

Anda mungkin ingin mencari bak mandi bayi lipat murah yang ada di e-commerce. Untuk memudahkan Anda, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberi rekomendasi bak mandi bayi lipat yang bagus. Ada beberapa bak mandi lipat bayi dari merek Doctor Dolphin, Mothercare, Sugarbaby, dan sebagainya. Silakan disimak hingga akhir!

Diperbaharui 09-14-2022
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Dona Handayani

Dona Handayani merupakan lulusan dari Universitas Multimedia Nusantara jurusan jurnalistik. Kecintaannya terhadap menulis sudah melekat sejak masih duduk di bangku SMA. Setelah lulus kuliah, Dona sempat bekerja di perhotelan dan perusahaan startup fashion. Namun, sekarang ibu satu anak ini fokus menjaga sang buah hati sambil terus melakukan hobi menulisnya. Di waktu senggang, Dona senang melakukan wisata kuliner. Mencoba makanan atau mendatangi tempat yang sedang hype dan populer adalah kegiatan favoritnya.

Profil Dona Handayani
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih bak mandi bayi lipat

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih bak mandi bayi lipat. Hal ini dilakukan agar Anda dapat menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan si kecil. Berikut ini kami jelaskan tips memilih bak mandi bayi lipat secara mendalam.

① Pastikan produk mudah dipasang

Pastikan produk mudah dipasang
Keunggulan utama bak mandi bayi lipat adalah kemudahan penyimpanannya karena bisa dilipat menjadi lebih compact. Namun, bila bak mandinya terlalu makan waktu untuk bisa digunakan, tentu hal tersebut akan menjadi masalah.

Selain itu, bisa saja si kecil menangis akibat menunggu waktu pemasangan yang terlalu lama. Karena itu, cek kemudahan pemasangan sekaligus keamanan dan kenyamanan penggunaan produk tersebut untuk bayi Anda.

② Pilih produk dengan tipe dan bahan yang tepat

Ada tiga jenis bahan bak mandi lipat untuk bayi. Ada yang menggunakan plastik, yang dapat diisi udara, dan berbentuk mat atau matras. Mari pelajari kelebihan dan kekurangan dari tiap bahan di bawah ini.

Bak mandi bayi berbahan plastik, memiliki stabilitas yang tinggi

Bak mandi bayi berbahan plastik, memiliki stabilitas yang tinggi

Bak mandi berbahan plastik biasanya digunakan di lantai. Bak mandi ini memiliki kestabilan yang tinggi. Anda pun dapat memandikan bayi dengan leluasa tanpa khawatir bergeser. Tipe ini juga tepat digunakan bila bayi hendak dimandikan oleh beberapa orang, misalnya orang tua atau kakek neneknya.


Selain itu, bak mandi plastik biasanya berukuran besar. Jadi, bak mandi berbahan ini tetap bisa digunakan dalam kurun waktu yang lama setelah kelahiran bayi. Apalagi, bak mandi bayi berbahan plastik umumnya memiliki ketahanan yang mumpuni sehingga tidak mudah rusak.

Bak mandi bayi yang diisi udara, ringan dan bahannya lembut

Bak mandi bayi yang diisi udara, ringan dan bahannya lembut
Bak mandi tipe ini harus diisi udara agar dapat digunakan. Kelebihannya tentu saja adalah bobotnya yang ringan. Dengan begitu, Anda dapat membawanya sendiri dengan mudah ketika akan memandikan bayi di ruang mana pun. Selain itu, bahannya pun lembut dan aman untuk bayi yang baru lahir. Saat tidak digunakan, Anda cukup mengeluarkan udaranya dan Anda bisa segera menyimpannya dengan mudah.

Sayangnya, bak mandi tipe ini cenderung kurang durable dan mudah bocor. Anda tentu harus lebih berhati-hati jika ingin menggunakannya kembali, misalnya untuk bayi yang baru lahir. Stabilitas produk tipe ini juga lebih inferior daripada tipe plastik. Meski begitu, belakangan produk tipe ini terus dikembangkan. Jadi, Anda tetap bisa mempertimbangkan untuk membelinya.

③ Perhatikan kelebihan lain yang tersedia

Saat ini, bak mandi bayi lipat dilengkapi dengan berbagai kelebihan. Anda bisa mempertimbangkan kelengkapan bak mandi bayi lipat yang disesuaikan dengan kenyamanan saat memandikan si kecil.

Bak mandi dengan bantalan, memberi keamanan ekstra

Bak mandi dengan bantalan, memberi keamanan ekstra

Bak mandi bayi lipat yang dilengkapi dengan bantalan akan lebih aman digunakan untuk menopang tubuh anak. Biasanya, bantalan tersebut dapat disesuaikan dengan ukuran tubuh si kecil. Sebenarnya, Anda juga bisa membeli bantalannya saja karena ada yang menjualnya secara terpisah.


Namun, sebaiknya Anda memilih bak mandi bayi lipat yang dijual satu paket dengan bantalannya. Hal ini karena harga yang ditawarkan biasanya lebih ekonomis. Anda pun tak perlu repot mencari bantalan bak mandi bayi yang ukurannya sesuai. Namun, meski dilengkapi dengan bantalan, Anda tetap harus menopang tubuh si kecil saat dimandikan, ya!

Buttock stopper, membuat bayi tidak mudah tergelincir

Buttock stopper, membuat bayi tidak mudah tergelincir

Selanjutnya, Anda juga perlu memeriksa adanya buttock stopper. Buttock stopper berfungsi agar bayi tidak mudah tergelincir. Anda juga bisa memandikan bayi lebih mudah karena buttock stopper mencegah posisi bayi merosot. Dengan buttock stopper, Anda yang baru pertama kali memandikan bayi pasti akan merasa terbantu.

Lubang pembuangan air, membuat bak lebih mudah dibersihkan

Lubang pembuangan air, membuat bak lebih mudah dibersihkan
Sumber: unisoh.com

Ketika memilih bak mandi bayi lipat, sebaiknya Anda memilih yang dilengkapi dengan lubang pembuangan air. Fungsi lubang tersebut adalah memudahkan Anda ketika menguras air. Anda mungkin akan kesulitan menguras bak bila tidak ada lubang, apalagi air yang perlu dikuras biasanya cukup banyak.

Pengukur suhu, mencegah air terlalu panas

Pengukur suhu, mencegah air terlalu panas

Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini banyak bak mandi bayi lipat yang sudah dilengkapi termometer digital. Manfaatnya adalah untuk memonitor suhu air dalam bak mandi. Dengan adanya termometer ini, Anda bisa memastikan suhu air aman untuk si kecil.


Sayangnya, harga bak mandi bayi lipat yang dilengkapi dengan termometer biasanya lebih tinggi daripada bak mandi biasa. Namun, Anda tak perlu khawatir karena kini banyak bak mandi bayi lipat berharga terjangkau yang dilengkapi indikator suhu sederhana.


Indikator suhu ini biasanya ditempatkan di tutup lubang pembuangan air. Tutup tersebut akan berubah warna ketika terkena air yang suhunya lebih dari 39℃. Jadi, Anda tak perlu lagi kebingungan mengira-ngira suhu yang tepat.

10 Rekomendasi bak mandi bayi lipat terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bak mandi bayi lipat terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Sunxin

Bak Mandi Bayi Lipat Foldable Silicone

Sunxin Bak Mandi Bayi Lipat Foldable Silicone 1枚目

Dilengkapi dengan teknologi canggih pengukur suhu

2

Unisoh

Baby Folding Tub

Unisoh Baby Folding Tub 1枚目

Mandi sambil belajar! Kenalkan abjad sejak dini

3

Intime

Inflantable Baby Bath Tub

Intime Inflantable Baby Bath Tub  1枚目

Bisa dilipat sangat kecil dan cocok dibawa travelling

4

Sugarbaby

Foldable Baby Bathtub

Sugarbaby Foldable Baby Bathtub 1枚目

Makin aman digunakan berkat adanya penutup dengan sensor panas

5

Yomi

Bak Mandi Bayi

Yomi Bak Mandi Bayi   1枚目

Ukurannya cukup besar, memandikan bayi jadi lebih leluasa

6

Laychee

Bak Mandi Lipat Bayi + Matras Silicone Foldable Bathtub Crab

Laychee Bak Mandi Lipat Bayi + Matras Silicone Foldable Bathtub Crab 1枚目

Mandi jadi makin seru berkat bentuk kepiting yang lucu

7

Richell

Soft Baby Bath

Richell Soft Baby Bath 1枚目

Dibuat dari bahan khusus yang dapat menjaga air tetap hangat

8

Doctor Dolphin

Inflatable Baby Bathtub

Doctor Dolphin Inflatable Baby Bathtub 1枚目

Empuk! Si kecil pun aman dari risiko benturan

9

Karibu Baby

Folding Bath – Mega

Karibu Baby Folding Bath – Mega 1枚目

Bagian kakinya didesain antiselip, dijamin antilicin dan lebih kokoh

10

Mothercare

Aqua Pod

Mothercare Aqua Pod 1枚目

Handelnya siap sibukkan tangan si kecil saat mandi

Perincian produk
Close
No.1

SunxinBak Mandi Bayi Lipat Foldable Silicone

Mulai dari Rp320.000,00

Dilengkapi dengan teknologi canggih pengukur suhu

Kelebihan:

  • Dilengkapi display termometer suhu, mudah mengontrol suhu air
  • Memiliki karet antiselip dan lubang pembuangan air

Kekurangan:

  • Beberapa orang mendapatkan produk dengan kaki bak yang mudah goyang

Ada kalanya Anda kerepotan karena harus mengecek suhu air yang aman untuk mandi bayi. Supaya lebih mudah, pilih bak mandi ini saja. Produk ini sudah dilengkapi dengan termometer digital untuk memantau suhu air dalam bak. Dengan demikian, menyiapkan air mandi si kecil jadi lebih mudah.

No.2

UnisohBaby Folding Tub UNI 519001

Mulai dari Rp399.000,00

Mandi sambil belajar! Kenalkan abjad sejak dini

Kelebihan:

  • Memiliki bantalan dan lubang pembuangan air
  • Desain edukatif, bisa mandi sekaligus bermain dan belajar

Kekurangan:

  • Beberapa ulasan mengatakan lubang penutup mudah terbuka sehingga gampang bocor saat dipakai berendam

Produk ini bisa dipilih jika Anda mencari bak mandi bayi lipat yang edukatif. Di sisi atasnya terdapat barisan abjad yang bisa Anda kenalkan kepada si kecil. Jadi, anak akan antusias saat waktu mandi tiba! Bak mandi bayi lipat dari Unisoh ini menyediakan paket dengan bantalan. Namun, Anda juga tetap bisa membeli bak mandinya saja.

No.3

IntimeInflantable Baby Bath Tub

Mulai dari Rp115.000,00

Bisa dilipat sangat kecil dan cocok dibawa travelling

Kelebihan:

  • Mudah dilipat dan dibawa travelling
  • Sudah satu set dengan pompa
  • Memiliki buttock stopper dan lubang pembuangan air

Kekurangan:

  • Kurang cocok untuk kamar mandi yang sempit karena ukurannya cukup besar

Bagi Anda yang sering bepergian dengan bayi, produk yang satu ini wajib dimiliki. Ukuran saat dikempiskan sangat compact dan mudah dibawa. Anda bisa menyelipkannya dalam tas bayi, tas Anda, atau dibawa begitu saja. Saat dibutuhkan, bak tinggal dipompa dan dipakai.


Pembelian bak lipat ini sudah termasuk pompa, lho. Jadi Anda tak perlu repot mencari pompa tambahan lagi. Di samping itu, bak ini sudah teruji aman, memiliki buttock stopper, indikator tinggi air, serta bahan antiselip. Bayi pun akan aman mandi di dalamnya tanpa takut terpeleset.

No.4

SugarbabyFoldable Baby Bathtub

Mulai dari Rp258.000,00

Makin aman digunakan berkat adanya penutup dengan sensor panas

Kelebihan:

  • Penutup air dilengkapi sensor panas
  • Memiliki lubang pembuangan air

Kekurangan:

  • Tidak ada buttock stopper dan bantalan juga dijual terpisah

Bak mandi bayi lipat ini dilengkapi dengan heat sensor yang membuatnya aman untuk bayi Anda. Bila air yang dituangkan lebih dari 39 ℃, warna tutup lubang pembuangan airnya akan berubah menjadi warna putih.


Bagi Anda yang mengutamakan keamanan sang buah hati, produk ini tentu wajib dimiliki. Ada empat pilihan warna yang bisa dipilih, yaitu pink, biru, hijau, dan abu-abu. Cari yang paling pas untuk anak Anda, ya.

No.5

Ukurannya cukup besar, memandikan bayi jadi lebih leluasa

Kelebihan:

  • Memiliki lubang pembuangan air, mudah mengurasnya
  • Penutup air dilengkapi sensor panas

Kekurangan:

  • Tidak ada alas antiselip, perlu ekstra hati-hati
  • Beberapa orang merasa kesulitan untuk memasang kaki baknya

Bila Anda mencari bak mandi yang membuat Anda leluasa untuk memandikan sang buah hati, kami merekomendasikan produk ini. Pasalnya, produk memiliki ukuran yang cukup besar, yakni panjangnya sekitar 75 cm.


Selain itu, produk ini juga sudah dilengkapi lubang pembuangan air yang bisa berubah warna sesuai dengan suhu air. Sayangnya, bak ini tidak dilengkapi alas antiselip. Jadi, Anda harus berhati-hati saat memandikan si kecil, ya.

No.6

LaycheeBak Mandi Lipat Bayi + Matras Silicone Foldable Bathtub Crab

Mulai dari Rp292.500,00

Mandi jadi makin seru berkat bentuk kepiting yang lucu

Kelebihan:

  • Sudah dilengkapi mainan dan matras untuk memandikan newborn baby
  • Terdapat tempat menaruh sabun batang dan lubang pembuangan air

Kekurangan:

  • Kurang pas dibawa travelling karena tidak bisa dilipat menjadi kecil


Si kecil susah diajak mandi? Kalau Anda membelikan bak mandi berbentuk kepiting ini, anak dijamin akan suka mandi! Bentuk bak mandi yang lucu ini sangat menarik untuk anak-anak. Bagian capit kepitingnya bisa Bunda gunakan sebagai tempat menaruh spons atau sabun batang.


Selain tampilannya yang menarik, bak ini juga mudah dilipat dan disimpan. Lalu, di dalam baknya juga terdapat tekstur antiselip yang membuat anak tak mudah tergelincir saat mandi. Bak ini sudah termasuk dengan matras mengapung yang bisa digunakan untuk bayi baru lahir. Anda pun tak akan kesulitan memandikan newborn lagi.

No.7

RichellSoft Baby Bath

Mulai dari Rp300.000,00

Dibuat dari bahan khusus yang dapat menjaga air tetap hangat

Kelebihan:
  • Mudah dilipat dan dibawa travelling
  • Memiliki buttock stopper dan lubang pembuangan air
  • Bisa menjaga suhu air tetap hangat lebih lama

Kekurangan:

  • Ukurannya kecil, hanya bisa digunakan oleh bayi di bawah 1 tahun

Bagi Anda yang mencari bak mandi bayi lipat yang dapat menjaga suhu air, produk inilah jawabannya. Produk ini dibuat dari vinyl chloride resin yang akan menjaga air tetap hangat lebih lama. Jadi, Anda tak perlu terburu-buru saat memandikan si kecil. Selain itu, sudut sandaran bak mandi lipat ini juga dibuat senyaman mungkin untuk bayi.

No.8

Doctor DolphinInflatable Baby Bathtub

Mulai dari Rp409.000,00

Empuk! Si kecil pun aman dari risiko benturan

Kelebihan:

  • Memiliki buttock stopper dan lubang pembuangan air
  • Sudah satu set dengan pompa

Kekurangan:

  • Beberapa review mengatakan pompa tangannya sulit digunakan

Bila Anda menginginkan bak mandi lipat yang aman dari risiko benturan, produk inilah pilihannya. Bak mandi lipat ini terbuat dari PVC yang empuk dan lembut, aman digunakan untuk bayi yang baru lahir sekalipun.


Bagian bawahnya didesain bertekstur agar tidak licin saat si kecil berada di dalamnya. Selain itu, tinta gambar yang ada di bak mandi lipat ini juga aman untuk anak-anak.

No.9

Karibu BabyFolding Bath – MegaPM3399

Mulai dari Rp580.000,00

Bagian kakinya didesain antiselip, dijamin antilicin dan lebih kokoh

Kelebihan:
  • Memiliki indikator suhu dan lubang pembuangan air


Kekurangan:

  • Beberapa konsumen mendapatkan produk yang sulit dilipat 
  • Tidak ada buttock stopper

Beberapa produk bak mandi lipat, bagian kakinya sering kali licin sehingga mudah bergeser ketika dipakai memandikan bayi. Namun, tidak dengan produk yang satu ini. Bagian kakinya didesain dengan non-slip legs yang membuat bak mandi berdiri kokoh meski si kecil banyak bergerak. Bunda pun jadi tak perlu khawatir saat harus memandikan bayi yang lebih kecil.

No.10

Handelnya siap sibukkan tangan si kecil saat mandi

Kelebihan:

  • Memiliki buttock stopper berbentuk T-bar
  • Memiliki penyangga punggung serta indikator suhu

Kekurangan:

  • Kurang aman digunakan untuk bayi yang belum bisa duduk tegap

Apakah si kecil sering menggerakkan tangannya ke sana kemari sehingga membuat Anda kesulitan memandikannya? Kalau begitu, produk ini wajib dimasukkan dalam daftar belanja Anda.


Aqua Pod dari Mothercare dilengkapi dengan gagang dan penyangga punggung. Dengan begitu, anak akan sibuk menggenggam dan memainkan gagang tersebut. Anda pun tak perlu takut si kecil akan menarik rambut atau melempar botol sabun.

Pertanyaan umum seputar memandikan bayi

Pertanyaan umum seputar memandikan bayi

Selain mengulas cara memilih bak mandi bayi lipat, kami juga mengumpulkan beberapa pertanyaan populer seputar memandikan bayi. Yuk, simak hingga akhir!

Berapa suhu air yang aman untuk mandi bayi?

Ketika memandikan bayi, Anda perlu memperhatikan suhu air yang digunakan. Hal ini karena kulit bayi yang baru lahir sangat lembut dan rentan iritasi. Umumnya, suhu air yang aman untuk mandi bayi adalah 37–38℃. Anda bisa memastikan suhu air menggunakan termometer atau dengan siku Anda.

Kapan sebaiknya bayi mandi?

Sebenarnya tidak ada aturan khusus mengenai frekuensi memandikan si kecil. Namun, karena kulit bayi yang baru lahir tergolong sensitif, sebaiknya Anda memandikannya 3–4 kali saja dalam seminggu. Hal ini untuk menghindari kulit bayi menjadi kering dan iritasi.


Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan waktu yang tepat untuk memandikan bayi. Hindari memandikan mereka setelah bayi menyusu atau saat jam tidur bayi. Hal itu akan membuat bayi merasa tidak nyaman dan rewel ketika dimandikan.

Kapan bayi boleh mandi menggunakan sabun?

Bayi boleh mandi menggunakan sabun sejak baru lahir asalkan sabunnya memang dibuat khusus untuk bayi. Hal ini karena sabun bayi memiliki pH yang sesuai dengan kulit mereka. Jangan memandikan bayi menggunakan sabun orang dewasa karena sabun dewasa berfungsi untuk menghilangkan bau dan minyak di kulit. Anda bisa beralih ke sabun anak-anak setelah si kecil berusia 1 tahun.

Baca juga rekomendasi berbagai peralatan mandi untuk bayi di sini

Selain bak mandi bayi model lipat, Anda juga bisa memandikan bayi menggunakan bak mandi lainnya. Selain itu, kursi mandi pun bisa membuat bayi mandi dengan lebih nyaman. Pakaikan si kecil handuk mandi agar mereka tidak kedinginan setelah mandi. Cari tahu lebih jauh mengenai seluruh produk tersebut di bawah ini!

Kesimpulan

Bak mandi bayi lipat sangat berguna untuk memandikan bayi. Saat memilih produk, pastikan bak mandi bayi lipat pilihan Anda mudah digunakan. Dengan begitu, si kecil tak akan menangis akibat kelamaan menunggu Anda menyusun bak tersebut.

Selain itu, Anda juga perlu memilih bahan yang tepat. Baik yang berbahan plastik, yang diisi udara, maupun bath mat memiliki keunggulan tersendiri. Pilihlah produk yang sesuai dan jadikan momen memandikan bayi makin menyenangkan!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer