10 Rekomendasi Layangan Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Layangan Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Salah satu permainan tradisional yang tidak hilang ditelan zaman, layangan. Belakangan ini jumlah lapangan luas yang tidak terhalang tiang listrik semakin sedikit, jumlah anak-anak yang bermain layangan pun semakin berkurang. Namun, hal ini bukan berarti kepopuleran layangan menghilang begitu saja.

Kini bahkan sedang dikembangkan bio-kite dengan teknologi aerodinamik pesawat terbang, dan sport-kites yang digunakan untuk turnamen profesional. Untuk itu, kali ini kami akan berbagi tips mengenai cara memilih layangan, serta memperkenalkan 10 layangan yang bagus dan unik untuk memaksimalkan kepuasan Anda dalam bermain layangan!

Daftar isi

Cara memilih layangan

Berikut adalah poin-poin yang perlu Anda perhatikan saat memilih layangan. Apabila Anda merasa kesulitan saat akan memilih layangan, Anda bisa menggunakan penjelasan berikut sebagai referensi.

Pilihlah yang cara mainnya cocok dengan Anda

Saat membicarakan layangan, sebenarnya ada berbagai macam jenisnya. Ada layangan tradisional yang berbentuk persegi empat, ada juga layangan modern dengan berbagai macam bentuk, bahkan ada juga bio-kite yang bisa diterbangkan walaupun angin yang berhembus tidak terlalu kuat. Meskipun ada banyak pilihan, Anda bisa memilih sesuai tempat dan bagaimana Anda ingin memainkan layangan tersebut.

Layangan persegi empat, untuk Anda yang ingin bernostalgia

Layangan persegi empat, untuk Anda yang ingin bernostalgia

Layangan persegi empat adalah layangan yang paling umum di semua daerah. Layangan sederhana ini hanya dibuat dari kertas minyak dan bambu saja. Anda bisa memainkan layangan ini di lapangan terdekat dari rumah Anda sambil bernostalgia.

Sport kite atau stunt kite, untuk Anda yang ingin bebas mengendalikannya

Sports kite atau stunt kite, untuk Anda yang ingin bebas mengendalikannya

Layangan ini direkomendasikan bagi Anda yang ingin mengendalikan layangan dengan bebas sesuai keinginan Anda. Tidak hanya bisa terbang saja, sport kite yang bisa dikendalikan dengan bebas oleh pemainnya ini ternyata memiliki ajang turnamen internasional yang diselenggarakan di wilayah Eropa dan sekitarnya. Apabila Anda tergolong pemain pemula, mungkin akan sedikit sulit untuk menerbangkan layangan ini sesuai dengan keinginan Anda. Perhatikanlah kondisi di sekitar Anda saat menerbangkannya. Untuk Anda yang ingin mencoba stunt kite ini, Anda bisa mendapatkannya dengan cukup mudah karena kini sudah banyak yang menjualnya di toko online.

Bio kite, untuk Anda yang ingin mencoba layangan generasi baru

Bio kite, untuk Anda yang ingin mencoba layangan generasi baru

Layangan generasi baru, bio-kite, menggunakan teknologi aerodinamik pesawat terbang, dan beratnya hanya 1/3 dari layangan biasa sehingga bisa diterbangkan walaupun angin yang berhembus tidak terlalu kuat. Keunggulan lainnya adalah bentuk dan desainnya bervariasi, asalkan berbentuk simetris, layangan ini bisa diterbangkan. Karena bisa diterbangkan sesuai dengan kecepatan angin, Anda bisa menerbangkannya dalam cuaca apapun asalkan tidak turun hujan.

Keunggulan utama layangan ini adalah bisa terbang secara vertikal, tidak hanya diagonal. Pemain pemula pun bisa menerbangkannya sampai di ketinggian 1.000 meter dengan mudah. Layangan ini dikembangkan dengan aero dynamics, fluid dynamics, serta material dynamics, yang berguna untuk pengembangan ilmu pengetahuan, dan saat ini sedang mendapatkan banyak perhatian. Namun, jenis layangan ini masih belum banyak dijual di Indonesia. Jika Anda ingin membeli layangan ini, Anda bisa memesannya di online shop luar negeri.

Gayla kite, untuk Anda yang ingin menerbangkannya dengan mudah

Gayla kite, untuk Anda yang ingin menerbangkannya dengan mudah

Gayla kite merupakan layangan yang dikembangkan oleh mantan insinyur NASA. Layangan ini dibuat dari plastik dan rangkanya juga memakai plastik sehingga lebih ringan dan mudah diterbangkan daripada layangan lainnya.

Gayla kite memiliki karakteristik tersendiri dan memang dirancang untuk bisa segera diterbangkan asalkan ada angin berhembus. Anak kecil pun bisa menerbangkannya sampai tinggi. Namun, karena layangan ini bisa langsung terbang asalkan ada angin, maka Anda juga harus berhati-hati ketika menggunakannya. Sama dengan bio kite, layangan ini juga sulit ditemukan di online shop Indonesia. Untuk Anda yang benar-benar menginginkannya, mungkin Anda bisa mencoba mencarinya di toko hobi khusus layangan.

Layangan hias yang cantik

Layangan hias yang cantik

Layangan hias adalah layangan yang cukup populer, yang terbuat dari kain nilon dan tanpa kerangka, serta mudah diterbangkan. Layangan hias memiliki beberapa macam bentuk, tetapi kebanyakan adalah bentuk binatang laut. Udara yang masuk ke dalam layangan membuatnya mengembang dan terbang. Sangat menyenangkan ketika melihat layangan yang lucu ini terbang dan bergerak-gerak di langit.

Layangan yang berderet

Layangan yang berderet

Layangan berderet yang dibuat dari beberapa layangan kecil bisa memberikan kesenangan tersendiri saat melihatnya bergerak di langit. Apabila anginnya cukup kuat, layangan berderet ini bisa terbang lebih cepat dari layangan tunggal. Anda bisa mengajak teman Anda untuk beradu dengan layangan ini.

Periksa bahan kerangka dan sayapnya

Periksa bahan kerangka dan sayapnya

Layangan tradisional biasanya memakai bambu untuk kerangka, dan kertas minyak untuk sayapnya. Namun, ada juga gayla kite yang memakai kerangka dan sayap dari plastik sehingga bisa mudah diterbangkan karena ringan.

Di zaman yang semakin maju ini, bahan baru yang dipakai untuk layangan pun bertambah banyak. Ada bio kite yang memakai plastik fiber untuk kerangkanya, dan kain ultra ringan untuk sayapnya sehingga beratnya tidak melebihi dua keping uang logam. Orang yang badannya tidak besar pun bisa dengan mudah menerbangkannya. Syarat agar layangan bisa terbang tinggi adalah permukaan bahan sayap yang lembut. Apabila Anda masih pemula, Anda dapat memilih permukaan bahan yang lembut seperti plastik atau kain, supaya angin bisa lewat dengan mudah dan layangan bisa terbang dengan stabil.

Perhatikan juga ukurannya

Perhatikan juga ukurannya

Sport kite memang menyenangkan karena bisa dikendalikan dengan bebas, tetapi bisa menjadi berbahaya karena berkecepatan tinggi. Anda bisa memilih sport kite yang berukuran besar dan tidak bergerak terlalu cepat untuk berlatih, sampai Anda jago untuk menerbangkannya. Selain itu, akan lebih baik jika Anda mulai berlatih saat kecepatan angin sekitar 3 meter per detik. Angin yang terlalu kencang akan membuat layangan sering jatuh dan sulit dikendalikan, alih-alih justru membuat Anda frustasi.

Faktor yang mempengaruhi mudahnya menerbangkan layangan pada tiap jenis layangan berbeda-beda, tergantung model, ukuran, berat, juga kekuatan dan arah angin. Banyaknya faktor inilah yang membuat layangan menjadi semakin menarik.

10 Rekomendasi layangan terbaik

Berikut ini adalah 10 layangan terbaik yang kami rekomendasikan untuk Anda. Apabila di sekitar Anda tidak ada lapangan yang luas, Anda bisa memilih layangan yang kecil. Namun, bagi Anda yang merasa tidak cukup dengan layangan yang biasa saja, Anda juga bisa mencoba untuk menerbangkan layangan raksasa. Pilihlah layangan sesuai keinginan Anda, dan selamat mencoba!

10. Layangan Aduan

10. Layangan Aduan

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 650

Bernostalgia dengan layangan masa kecil, yuk!

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan layangan ini. Layangan yang sering digunakan untuk beradu oleh anak-anak ini mungkin sudah jarang ditemui di zaman yang semakin modern seperti sekarang. Kini dengan pembelian minimal 20 buah, Anda sudah bisa mendapatkan layangan untuk beradu dengan harga yang sangat murah!

Nikmati keseruan bermain layangan paling sederhana yang hanya dibuat dari kertas minyak dan bambu ini. Ajaklah teman-teman Anda untuk beradu layangan dan bernostalgia bersama. Jangan sampai kalah ya!

9. Layangan Capung

9. Layangan Capung

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 50.000

Bosan dengan layangan tradisional? Saatnya mencoba layangan capung

Bagi Anda yang menyukai layangan bentuk hewan terbang, Anda bisa mencoba layangan capung ini. Ukurannya tidak terlalu besar, bentang sayapnya mencapai 100 cm dan beratnya hanya 300 gram saja. Bahan yang dipakai untuk layangan ini adalah parasut atau nilon yang dipadu dengan pewarna sablon. Anda bisa sesekali mencucinya apabila merasa layangan Anda sedikit kotor.

Meskipun tidak terlalu besar, tetapi butuh angin yang cukup kuat untuk bisa menerbangkannya. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa pergi ke tempat yang luas di dekat rumah Anda, seperti lapangan atau sawah. Selain itu, Anda juga bisa pergi ke pantai untuk berlibur dan menikmati waktu santai sambil memainkan layangan ini.

8. Layangan Perahu 3D

8. Layangan perahu 3D

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 60.000

Mari bersama mengarungi angkasa

Bagi Anda yang ingin mencoba menerbangkan layangan dengan bentuk yang tidak biasa, Anda bisa mencoba layangan perahu 3D ini. Layangan ini harus dirakit terlebih dahulu karena bentuknya bersusun. Hal ini tentu akan memberikan kepuasan tersendiri saat Anda bisa menerbangkannya.

Ukurannya tidak terlalu besar. Secara keseluruhan panjangnya hanya 60 cm dan beratnya hanya sekitar 400 gram. Anda bisa menerbangkan layangan ini di pantai dengan kekuatan angin yang cukup kuat. Cobalah pengalaman baru menerbangkan perahu ini bersama teman atau keluarga Anda.

7. Layangan Naga Ekor Panjang

7. Layangan Naga Ekor Panjang

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 70.000

Latih kerjasama tim dengan layangan yang panjang dan unik

Ingin mencoba layangan yang unik dengan ekor panjang? Anda bisa mencoba layangan yang panjang ekornya hampir mencapai 7 meter ini. Desain naga yang unik tentu akan membuat Anda terlihat keren saat memainkannya. Semua mata pasti akan tertuju pada layangan Anda!

Karena ukurannya yang cukup besar, terutama ekornya yang panjang, Anda akan membutuhkan tempat yang luas dan angin yang cukup kuat untuk bisa menerbangkannya. Selain itu,  Anda juga akan butuh bantuan orang lain untuk menerbangkannya. Layangan ini bisa menjadi sarana yang baik untuk melatih kerjasama tim atau bersama keluarga.

6. Layangan Pesawat Tempur

6. Layangan pesawat tempur

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 32.500

Pencinta army harus coba!

Bagi Anda penggemar hal-hal yang berhubungan dengan militer, Anda bisa mencoba layangan pesawat tempur ini. Desain motif camouflage khas tentara tentu akan meningkatkan semangat Anda dalam menerbangkannya. Selain itu, ukurannya tidak terlalu besar, hanya sekitar 110 x 70 cm dan beratnya hanya sekitar 150 gram saja sehingga layangan ini begitu mudah dan ringan untuk diterbangkan.

Layangan ini membutuhkan kekuatan angin yang cukup kuat, jadi Anda bisa memainkannya di tempat yang luas seperti lapangan atau pantai. Cobalah sensasi baru menerbangkan pesawat tempur dengan tangan Anda. Teman Anda mungkin ingin beradu dengan Anda!

5. Layangan Parasut

5. Layangan Parasut

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 103.200

Parasut cantik yang mudah diterbangkan, mau coba?

Layangan berbentuk parasut besar ini cocok untuk Anda yang ingin mencoba sensasi memainkan layangan besar. Bahan layangan memakai kain nilon yang kuat, elastis, tidak mudah rusak, dan tahan terhadap minyak. Selain itu, produk ini juga tidak mudah menyusut atau melar saat dibersihkan dengan air.

Ukurannya yang besar, membuatnya membutuhkan tempat yang besar pula untuk menerbangkannya. Namun, bahan material yang digunakan untuk layangan ini memiliki bobot yang relatif ringan sehingga mudah diterbangkan meskipun angin tidak terlalu kuat.

4. Layangan Elang

4. Layangan Elang

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 28.000

Seperti punya elang sendiri

Pernahkah Anda membayangkan bagaimana rasanya memelihara elang? Anda bisa mencoba memainkan layangan berbentuk elang ini untuk merasakan sensasinya. Anda bisa memainkannya di tempat yang luas seperti lapangan atau pantai.

Layangan yang dibuat dengan bahan parasut antiair ini bisa juga dicuci jika kotor. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika layangan Anda cepat kotor karena sering dimainkan. Tunggu apa lagi? Ajaklah teman-teman dan keluarga Anda untuk menerbangkannya bersama!

3. Layangan Lumba-lumba

3. Layangan Lumba-lumba

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 128.000

Tidak hanya di laut, lumba-lumba juga bisa “berenang” di angkasa, lho!

Pernah mencoba menerbangkan lumba-lumba raksasa di angkasa? Cobalah layangan berbentuk lumba-lumba 3D lucu yang mudah diterbangkan ini. Anda bisa menerbangkannya di pantai dan melihatnya “berenang” di angkasa!

Layangan ini dibuat dengan kain nilon yang kuat dan elastis sehingga tidak mudah rusak. Bentuknya lucu, tidak terlalu berat, dan mudah untuk diterbangkan. Anak-anak pun juga pasti akan senang untuk menerbangkannya.

2. Layangan Gurita

2. Layangan Gurita

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 60.000

Besar tapi ringan, gurita terbang!

Layangan berbentuk gurita lucu ini memiliki panjang sampai 400 cm. Meskipun memiliki ukuran yang sangat panjang, tetapi beratnya hanya sekitar 350 gram saja! Tentu saja layangan ini pun menjadi tidak sulit untuk diterbangkan.

Anda tidak perlu panik apabila tiba-tiba hujan turun saat Anda sedang asyik memainkannya, karena layangan ini memiliki fitur waterproof. Dengan bahan nilon yang kuat dan elastis, layangan ini pun tidak akan menyusut atau melar jika dicuci. Layangan lucu ini bisa menjadi hiburan menarik untuk anak-anak Anda saat liburan sekolah tiba.

1. Layangan Akrobat

1. Layangan Akrobat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 32.000

Keren dan elegan, untuk Anda yang profesional

Sudah siap menjadi pemain layangan profesional? Inilah saatnya bagi Anda untuk mencoba layangan yang keren ini. Selain tampilan aerodinamis-nya yang keren, harganya yang sangat miring tentu tidak akan mencekik dompet Anda.

Bahan yang dipakai adalah nilon, jadi layangan ini kuat dan tidak mudah rusak. Selain itu, tampilannya yang keren dan elegan sangat cocok untuk Anda yang sudah berpengalaman dalam menerbangkan layangan. Tunggu apa lagi? Inilah saatnya menjadi profesional!

Kesimpulan

Demikianlah 10 rekomendasi layangan terbaik tahun ini. Bagaimana menurut Anda? Apakah sudah menemukan layangan yang cocok untuk Anda? Anda bisa memilih berbagai macam layangan mulai dari yang masih tradisional, maupun yang sudah modern. Model layangan yang berbeda tentu akan memberikan kesan yang berbeda pula.

Pilihlah layangan yang cocok dengan kepribadian dan keinginan Anda sehingga Anda dapat memaksimalkan kepuasan saat bermain layangan bersama teman maupun keluarga. Jangan sampai salah pilih ya!