• 10 Rekomendasi Layangan Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Layangan Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Layangan Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Layangan Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Layangan Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Layangan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Layangan merupakan salah satu permainan tradisional yang tidak hilang ditelan zaman. Salah satu layangan yang populer ialah model layang-layang dari bambu. Sederhana, tetapi mengasyikkan, itulah hal yang membuat layang-layang menarik dan masih eksis sampai saat ini. Kira-kira, layangan seperti apa yang asyik untuk dimainkan sekarang ini, ya? 

Kali ini, kami akan berbagi tips memilih layangan yang bagus serta memperkenalkan sepuluh rekomendasi layangan terbaik untuk Anda. Mulai dari jenis layangan tradisional, layangan hias, sampai stunt kite untuk olahraga pun akan kami ulas. Simak terus artikel ini, ya! 
  • Pembaharuan terakhir: 19 Mei 2021
  • 62.583 Views
Daftar isi

Cara memilih layangan

Pertama-tama, kami akan menjelaskan tiga poin penting yang perlu Anda perhatikan saat memilih layangan. Ada tiga hal yang harus benar-benar Anda perhatikan, yaitu tipe, ukuran, serta kerangkanya.

Pilihlah tipe layangan berdasarkan cara mainnya

Terdapat berbagai tipe layangan yang beredar di pasaran. Ada layangan tradisional yang berbentuk belah ketupat, ada juga layangan modern dengan bermacam bentuk. Meski ada banyak pilihan, Anda bisa memilih layangan sesuai dengan tempat dan bagaimana Anda ingin memainkannya. Mari simak penjelasan setiap tipe layangan di bawah ini.

Tipe layangan tradisional, pilihan untuk bernostalgia

Tipe layangan tradisional, pilihan untuk bernostalgia
Tipe ini merupakan layangan yang paling umum ditemukan di berbagai daerah. Layangan sederhana yang umumnya berbentuk belah ketupat ini hanya dibuat dari kertas minyak dan bambu saja. Masing-masing daerah di Indonesia mungkin memiliki model layangan khasnya tersendiri. 

Anda bisa memainkan layangan ini di lapangan terdekat rumah Anda sambil bernostalgia. Layangan tipe ini juga umumnya berukuran tidak terlalu besar. Karena itu, layangan tradisional cocok menjadi pilihan untuk dimainkan bersama anak Anda.

Tipe sport kite/stunt kite, bebas dikendalikan sesuka hati

Tipe sport kite/stunt kite, bebas dikendalikan sesuka hati
Jika Anda tidak hanya ingin menerbangkan, tetapi ingin mengendalikan layangan dengan bebas sesuai keinginan, pilihlah tipe ini. Tidak hanya bisa terbang, stunt kite atau sport kite juga bisa dikontrol sesuai kehendak pemainnya. Sport kite termasuk olahraga terkenal, bahkan dijadikan turnamen internasional yang diselenggarakan di wilayah Eropa dan sekitarnya. 

Apabila Anda tergolong pemain pemula, mungkin akan sedikit sulit untuk menerbangkan layangan ini sesuai dengan keinginan. Jadi, perhatikanlah kondisi di sekitar Anda saat hendak menerbangkannya. 

Tipe BioKite, layangan generasi baru

Tipe BioKite, layangan generasi baru
Layangan generasi baru, BioKite, menggunakan teknologi aerodinamik pesawat terbang. Beratnya pun hanya sekitar sepertiga dari layangan biasa sehingga bisa diterbangkan walaupun angin yang berembus tidak terlalu kencang. Keunggulan lainnya adalah bentuk dan desainnya bervariasi, asalkan berbentuk simetris, layangan ini bisa diterbangkan. 

Berhubung bisa diterbangkan sesuai dengan kecepatan angin, Anda bisa menerbangkannya dalam cuaca apa pun selama tidak turun hujan. Keunggulan utama layangan ini adalah bisa terbang secara vertikal, tidak hanya diagonal. Pemain pemula pun bisa menerbangkannya sampai di ketinggian 1000 meter dengan mudah. 


Layangan ini juga berguna untuk ilmu pengetahuan karena berdasar pada sains dan teknologi, seperti ilmu mechanicsfluid dynamics, dan sebagainya. Namun, jenis layangan ini masih sulit ditemui di online shop Indonesia. Jika Anda ingin membeli layangan ini, Anda bisa memesannya di online shop luar negeri.

Tipe gayla kite, ringan dan mudah diterbangkan

Tipe gayla kite, ringan dan mudah diterbangkan
Tipe gayla kite merupakan layangan yang dikembangkan oleh insinyur NASA dan mulai diperkenalkan sekitar tahun 1965. Layangan ini terbuat dari bahan vinil dengan rangka plastik. Karena itu, tipe ini lebih ringan dan lebih mudah diterbangkan dibandingkan layangan lainnya.


Gayla kite memiliki karakteristik tersendiri dan memang dirancang untuk bisa segera diterbangkan asalkan ada angin berembus. Anak kecil pun bisa menerbangkannya sampai tinggi. Namun, karena layangan ini bisa langsung terbang asalkan ada angin, Anda perlu berhati-hati ketika menggunakannya. 


Sama seperti BioKite, layangan ini juga sulit ditemukan di online shop Indonesia. Untuk Anda yang benar-benar menginginkannya, mungkin Anda bisa mencoba mencarinya di toko hobi khusus layangan.

Tipe layangan hias, berdesain unik dan menarik

Tipe layangan hias, berdesain unik dan menarik

Layangan hias adalah layangan yang paling mudah didapatkan dan cukup populer. Biasanya, layangan ini terbuat dari kain nilon dan tanpa kerangka, serta mudah diterbangkan meski angin hanya bertiup pelan. Ada juga layangan yang memiliki kerangka dan ada pula layangan yang perlu dirakit terlebih dahulu. 


Layangan hias ini memiliki beberapa macam bentuk tiga dimensi, tetapi kebanyakan adalah bentuk binatang laut. Udara yang masuk ke dalam layangan membuatnya mengembang dan terbang. Pasti senang rasanya melihat layangan yang lucu ini terbang dan bergerak-gerak di langit.

Tipe layangan berderet, untuk menikmati desain yang dinamis

Tipe layangan berderet, untuk menikmati desain yang dinamis

Tipe layangan berderet terbuat dari beberapa layangan kecil yang bisa memberikan Anda kesenangan tersendiri saat melihatnya bergerak di langit. Tergantung kondisi angin, apabila anginnya cukup kuat, layangan berderet ini bisa terbang lebih cepat dibandingkan layangan tunggal. Anda bisa mengajak teman Anda untuk bermain dengan layangan ini. Sayangnya, layangan tipe ini pun masih jarang ditemui di online shop Indonesia.

Periksalah bahan kerangka serta sayapnya

Periksalah bahan kerangka serta sayapnya
Layangan tradisional biasanya memakai bambu untuk kerangka dan kertas minyak untuk sayapnya. Namun, ada juga gayla kite yang memakai kerangka dan sayap dari plastik sehingga ringan serta mudah diterbangkan.

Saat ini, bahan yang dipakai untuk layangan pun bertambah banyak. Ada BioKite yang memakai plastik fiber untuk kerangkanya dan kain ultraringan untuk sayapnya. Hal ini membuat BioKite memiliki berat yang tidak melebihi dua keping uang logam. Pemainnya pun tidak perlu memiliki tenaga yang besar untuk memainkannya. Syarat agar layangan bisa terbang tinggi adalah sayapnya terbuat dari bahan yang permukaannya lembut. 


Apabila Anda masih pemula, Anda dapat memilih permukaan bahan yang lembut seperti poliester, nilon, atau kain supaya angin mudah melewatinya. Hal ini akan membuat layangan bisa terbang dengan stabil.

Perhatikan juga ukurannya

Perhatikan juga ukurannya
Sport kite memang menyenangkan karena bisa dikendalikan dengan bebas, tetapi juga bisa menjadi berbahaya karena berkecepatan tinggi. Untuk latihan, Anda bisa memilih sport kite yang berukuran besar dan tidak bergerak terlalu cepat. Hal ini dapat Anda lakukan sampai Anda lebih mahir menerbangkannya. 

Selain itu, akan lebih baik jika Anda mulai berlatih saat kecepatan angin sekitar 3 meter per detik. Angin yang terlalu kencang akan membuat layangan sering jatuh dan sulit dikendalikan. Faktor yang memengaruhi mudahnya menerbangkan layangan untuk tiap tipe layangan pun berbeda-beda. Hal ini dapat tergantung pada model, ukuran, berat, juga kekuatan dan arah angin. 


Banyaknya faktor inilah yang membuat layangan menjadi makin menarik. Jika Anda memiliki area terbuka yang tidak terlalu luas di sekitar rumah, Anda bisa mulai dengan memainkan layangan berukuran kecil. Namun, apabila Anda merasa kurang puas, pilihlah layangan berukuran besar. 

10 Rekomendasi layangan terbaik

Sekarang, kami akan memperkenalkan sepuluh rekomendasi layangan terbaik kepada Anda. Silakan jadikan cara memilih di atas sebagai acuan dan temukanlah layangan favorit Anda. 

10
TipeLayangan tradisional
Ukuran61 cm x 60 cm
BahanBambu, bahan tahan air
9

Layangan Kain Parasut Karakter Superhero

Mulai dari Rp 30.000,00

TipeLayangan hias
Ukuran85 cm x 120 cm
BahanKain parasut
8
TipeLayangan hias
Ukuran106 cm x 122 cm
BahanTidak diketahui
7
TipeLayangan hias
UkuranLayang-layang: 156 cm x 100 cm ・ Ekor: 560 cm
BahanTidak diketahui
6

Layang-Layang 3D Model Lumba-Lumba

Mulai dari Rp 158.000,00

TipeLayangan hias
Ukuran200 cm x 73 cm
BahanPoliester
5
TipeLayangan hias
UkuranBentang sayap ±100 cm
BahanBambu, kain parasut/nilon
4

Stunt Kite with Lines & Straps

TR23002

Mulai dari Rp 78.000,00

TipeSport kite/stunt kite
Ukuran±250 cm x 90 cm
Bahan40-D ripstop nylon
3

Layang-Layang Model Parasut Paralayang Waterproof

Mulai dari Rp 90.700,00

TipeLayangan hias
Ukuran140 cm x 60 cm
BahanNilon
2
TipeLayangan hias
Ukuran112 cm x 49 cm
BahanParasut antiair
1
TipeLayangan hias
Ukuran60 cm x 65 cm
BahanBambu, kain parasut

Tabel perbandingan produk layangan terbaik

Gambar produk
1
Layang-Layang Perahu 3 Dimensi 1

2
Layang-Layang Elang Parasut 1

3
Layang-Layang Model Parasut Paralayang Waterproof 1

4
Stunt Kite with Lines & Straps 1

5
Layangan Capung 2 Dimensi 1

6
Layang-Layang 3D Model Lumba-Lumba 1

7
Layangan Naga Ekor Panjang 1

8
Layangan Karakter Pesawat 1

9
Layangan Kain Parasut Karakter Superhero  1

10
Layangan Ketupat Karakter Kartun 1

Nama produk

Layang-Layang Perahu 3 Dimensi

Layang-Layang Elang Parasut

Layang-Layang Model Parasut Paralayang Waterproof

Stunt Kite with Lines & Straps

Layangan Capung 2 Dimensi

Layang-Layang 3D Model Lumba-Lumba

Layangan Naga Ekor Panjang

Layangan Karakter Pesawat

Layangan Kain Parasut Karakter Superhero

Layangan Ketupat Karakter Kartun

Keunggulan

Rasakan serunya mengarungi angkasa bersama layangan perahu

Memiliki desain elang yang gagah

Layangan berwarna pelangi yang catchy dan cerah!

Cobalah olahraga yang mengasyikkan dengan produk ini!

Bagai capung raksasa yang menawan

Serasa melihat akuarium raksasa di angkasa!

Ekornya panjang, cocok untuk melatih kerja sama tim saat menerbangkannya

Nikmati sensasi menerbangkan pesawat tempur mini!

Saksikan superhero yang terbang membela kebenaran

Bernostalgia dengan layangan masa kecil, yuk!

Harga mulai dariRp 57.000,00Rp 16.000,00Rp 90.700,00Rp 78.000,00Rp 57.000,00Rp 158.000,00Rp 106.000,00Rp 50.000,00Rp 30.000,00Rp 10.000,00
TipeLayangan hiasLayangan hiasLayangan hiasSport kite/stunt kiteLayangan hiasLayangan hiasLayangan hiasLayangan hiasLayangan hiasLayangan tradisional
Ukuran60 cm x 65 cm112 cm x 49 cm140 cm x 60 cm±250 cm x 90 cm Bentang sayap ±100 cm200 cm x 73 cmLayang-layang: 156 cm x 100 cm ・ Ekor: 560 cm106 cm x 122 cm85 cm x 120 cm61 cm x 60 cm
BahanBambu, kain parasutParasut antiairNilon40-D ripstop nylonBambu, kain parasut/nilonPoliesterTidak diketahuiTidak diketahuiKain parasutBambu, bahan tahan air
Tautan produk

Baca juga rekomendasi mainan lainnya di sini

Selain layangan yang bisa dimainkan di area outdoor, mungkin Anda juga sedang mencari mainan untuk dimainkan kala berada di ruangan. Untuk itu, kami jsudah menyiapkan artikel mengenai mainan lainnya. Penasaran apa saja rekomendasi produk dari kami? Simak penjelasan selengkapnya pada tautan artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Demikianlah sepuluh rekomendasi layangan terbaik yang sudah kami rangkumkan untuk Anda. Sudahkah Anda menemukan produk yang paling disukai? Cara membuat layang-layang unik dari bambu yang sederhana memang tidak sulit, tetapi akan lebih praktis jika Anda membeli layangan jadi. 

Anda bisa memilih berbagai macam layangan, mulai dari yang tradisional hingga modern. Model layangan yang berbeda tentu akan memberikan kesan yang berbeda pula. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi untuk Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Produk Tamiya 4WD Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Tamiya 4WD Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tamiya Mini 4WD memang tidak ada habisnya. Sejak awal dirilis pada tahun 1986, permainannya masih eksis sampai sekarang. Mainan ini memang menawarkan banyak pilihan. Produknya bisa dikoleksi atau dijadikan jagoan di track balap.Kami akan memandu Anda memilih Tamiya Mini 4WD, serta memberi rekomendasi produk terbaiknya. Produk yang kami rekomendasikan tentu merupakan Tamiya Mini 4WD original. Magnum Saber bisa Anda jadikan produk nostalgia. Untuk balap STB atau STCB, seri Mini 4WD PRO dapat diandalkan. Selain itu, perhatikan juga kombinasi chassis dan roda yang dibutuhkan. Yuk, kita mulai pembahasannya!
    Permainan
    4.788 Views
  • 10 Rekomendasi MG Gundam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi MG Gundam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    MG Gundam keluaran Bandai adalah mainan populer dengan harga rata-rata mulai dari 400 ribu rupiah. Modelnya cukup lengkap, mulai dari Gundam versi awal sampai versi terbaru, semuanya ada. Sparepart-nya pun lebih beragam dibanding tipe HG (High Grade) Gundam. Tidak heran jika MG Gundam sangat populer bahkan sejak pertama kali dirilis.Belakangan ini, orang-orang yang menyukai Gundam terus bertambah. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun menyukai mainan ini untuk dijadikan koleksi. Karena itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi MG Gundam terbaik untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan cara memilihnya. Mari simak lebih jauh berikut ini!
    Permainan
    32.888 Views
  • 10 Rekomendasi Rubik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Rubik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mainan Rubik's Cube sebenarnya sudah lama beredar di Indonesia. Hanya saja, mainan ini baru booming mulai tahun 2008. Mainan sejenis puzzle yang dapat mengasah kemampuan otak ini banyak disukai oleh anak-anak maupun orang dewasa. Variasi model yang beragam menambah asyiknya permainan.Rubik kini dapat dibeli hampir di seluruh toko mainan, baik yang offline maupun online. Ada beberapa produk ternama seperti Yong Jun, Rubik's, dan Mo Yu yang mungkin sering Anda dengar. Namun, untuk mengetahui lebih jelas mengenai Rubik, silakan simak artikel berikut ini. 
    Permainan
    21.948 Views
  • 10 Rekomendasi Gasing Beyblade Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gasing Beyblade Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Beyblade sudah eksis sejak tahun 1999. Kemunculan Metal Saga dan Beyblade Burst pada 2015 membuat permainan ini kembali meledak. Beyblade adalah merek dagang milik Takara Tomy untuk mainan gasingnya. Namun, Hasbro juga mendapatkan lisensi untuk memproduksinya di Amerika Serikat.Untuk membantu Anda, kami akan memberikan tips memilih gasing Beyblade yang tepat, serta rekomendasi produk terbaiknya. Ada Beyblade Pegasus milik Gingka Hagane sampai Cho-Z Valkyrie Zenith Evolution keluaran seri Beyblade Burst Turbo. Beyblade yang original akan membantu Anda menjadi Blader terkuat. Jadi, simak artikel ini supaya Anda makin berkesempatan memenangkan duel!
    Permainan
    4.646 Views
  • 10 Rekomendasi Yoyo Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Yoyo Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Yoyo yang barangkali dulu pernah Anda mainkan semasa kecil, kini bukan sekadar mainan. Belakangan ini yoyo telah berevolusi menjadi cabang olahraga. Kepopuleran yoyo meningkat seiring dengan bermunculannya kompetisi dan komunitas pencinta yoyo di Indonesia. Sebab itu juga, kini yoyo yang dijual di pasaran jenisnya sangat bervariasi.Kali ini kami akan memperkenalkan beberapa jenis yoyo yang dapat dibeli secara online, seperti Magic Yoyo dan Auldey. Kami juga akan membahas cara memilih yoyo yang baik. Sudah siap menambah jajaran koleksi yoyo Anda?
    Permainan
    9.863 Views
  • 10 Rekomendasi Boneka Winnie The Pooh Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Boneka Winnie The Pooh Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Hadir sejak tahun 1926, karakter Winnie the Pooh masih dicintai hingga kini. Tampilannya mudah memikat hati sehingga boneka Winnie the Pooh banyak dicari. Varian produknya juga sangat lucu untuk dikoleksi. Nah, kali ini kami akan memandu Anda menemukan boneka Winnie the Pooh yang sesuai selera. Rekomendasi produk serta ulasannya juga sudah kami siapkan. Anda bisa memilih dari ukurannya. Ada yang kecil hingga besar atau jumbo. Tiap-tiap produk memiliki desain tersendiri. Di samping itu, ada pula boneka Winnie the Pooh yang asli atau original. Yuk, kita mulai pembahasannya!
    Permainan
    191 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori