10 Rekomendasi Bantalan Jarum Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Bantalan Jarum Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Bantalan jarum adalah salah satu peralatan yang sering digunakan pada saat menjahit. Saat ini, terdapat banyak sekali variasi bantalan jarum yang dijual di pasaran, seperti yang dapat dipakai pada pergelangan tangan layaknya gelang atau berbahan magnet untuk mempermudah pengumpulan jarum.

Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan bantalan jarum yang dapat Anda pilih untuk menemani kegiatan Anda menjahit. Anda bisa memilih produk yang nyaman digunakan, fungsional, berbentuk unik atau lucu, memiliki magnet, dan sebagainya. Ayo temukan bantalan jarum terbaik favorit Anda!

Daftar isi

Cara memilih bantalan jarum

Bantalan jarum memang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan menjahit. Untuk itu, mari lihat hal apa yang harus Anda perhatikan saat memilih bantalan jarum.

Terbuat dari magnet atau kain?

Secara umum, bantalan jarum dibagi menjadi dua jenis. Jenis pertama adalah bantalan jarum berbahan kain yang sudah digunakan sejak dulu dan paling mudah ditemukan. Kain ini digunakan untuk membungkus kapas, wol, atau dakron sebagai isiannya dan jarum cukup ditusukkan di atasnya. Dengan jenis ini, karat pada jarum dapat dicegah dengan cara meresapkan sedikit minyak pada bantalan jarum. Namun, jenis ini akan semakin rusak seiring penggunaan karena lubang hasil tusukan jarum pada kain semakin membesar.

Jenis lainnya adalah bantalan jarum dari magnet yang dapat digunakan untuk mengumpulkan jarum secara praktis. Jenis ini nyaman digunakan karena Anda dapat mencari jarum dengan mudah dan dapat digunakan dalam waktu lama. Hanya saja, jarum yang Anda gunakan akan lebih mudah berkarat karena kotoran yang menempel di jarum tidak dapat dibersihkan olehnya.

Berdasarkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, mari pilih jenis yang cocok untuk Anda.

Pencegahan munculnya karat dipengaruhi oleh isian bantalan jarum

Pencegahan munculnya karat dipengaruhi oleh isian bantalan jarum

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bantalan jarum berbahan kain dapat mencegah terjadinya karat pada jarum. Namun, hal ini juga dipengaruhi oleh isian bantalan jarum. Isian bantal yang terbuat dari bahan wol mengandung sedikit minyak alami sehingga dapat tahan lama. Selain itu, saat ini juga banyak isian berbahan serat buatan yang telah diresapi minyak.

Kemudahan menusukkan jarum dipengaruhi oleh isian bantalan jarum yang Anda gunakan. Namun, sayangnya info mengenai isian bantalan jarum berbahan kain jarang diinfokan. Jadi, ada baiknya Anda membaca ulasan pengguna atau bertanya kepada penjual mengenai isian produk sebelum memutuskan membelinya.

Bisakah dipasang di pergelangan tangan atau jari Anda?

Bisakah dipasang di pergelangan tangan atau jari Anda?

Tergantung dari cara Anda menjahit, tentu adanya bantalan jarum yang dapat dilingkarkan pada pergelangan tangan atau jari akan menambah kemudahan dalam penggunaannya. Sebagai contoh, ketika Anda sedang membuat pekerjaan yang membutuhkan banyak kain dan lipatan yang rumit, Anda bisa dengan mudah mengambil jarum dari bantalan yang sudah Anda pakai di pergelangan tangan Anda.

Kemudian, ada juga bantalan jarum yang dapat dilingkarkan pada jari seperti cincin. Ukurannya yang kecil tentu akan menghemat tempat. Oleh sebab itu, pilihlah bantalan jarum berdasarkan lingkungan kerja dan kebiasaan Anda sewaktu menggunakannya.

10 Rekomendasi bantalan jarum terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan bantalan jarum terbaik yang dapat Anda pilih. Lihat dan temukan yang terbaik untuk Anda.

10. Kotak Jarum dengan Bantalan

10. Kotak Jarum dengan Bantalan

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 9.000

Dipakai menyimpan jarum bisa, dijadikan bantalan juga bisa!

Bagi Anda yang menyenangi kegiatan jahit menjahit, tentu Anda membutuhkan jarum yang tidak sedikit. Untuk memudahkan penyimpanannya, wadah khusus jarum memang dibutuhkan oleh Anda. Apalagi wadah tersebut menambahkan bantalan jarum di atasnya, tentu kegiatan menjahit Anda akan menjadi semakin mudah.

Dengan bantalan jarum di bagian atas wadah ini, Anda dapat menusukkan jarum dengan leluasa ketika akan digunakan. Setelah pekerjaan Anda selesai, Anda tinggal menyimpan kembali jarum-jarum tersebut dalam kotak dengan rapi. Dengan demikian, jarum tidak akan tercecer dan tidak akan membahayakan Anda. Sangat praktis!

9. Bantalan Jarum Bentuk Cincin

9. Bantalan Jarum Bentuk Cincin

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 7.500

Lingkarkan di jari Anda untuk membuat kegiatan menjahit makin mudah

Untuk Anda yang menyenangi pekerjaan detail, bantalan jarum yang dapat dipakai di jari Anda ini akan memberi kenyamanan lebih. Kaitkan bantalan jarum yang menyerupai cincin ini di jari tangan kiri Anda. Selagi Anda menahan lipatan kain untuk diberi penahan jarum, tangan satunya dapat mengambil jarum dengan mudah.

Bantalan jarum ini juga ramah lingkungan karena dibuat dari bahan daur ulang. Selain itu, bantalan jarum cincin ini juga dapat digunakan oleh Anda yang sering menggunakan jarum pentul pada hijab yang Anda kenakan. Sambil merapikan hijab, Anda dapat mengambil jarum dengan mudah dan menyematkannya pada hijab Anda.

8. Bantalan Jarum Pentul Manekin

8. Bantalan Jarum Pentul Manekin

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 17.000

Manekin mini yang imut hadir di meja jahit kesayangan Anda

Dunia fashion tidak dapat dilepaskan dari kegiatan jahit menjahit dan akan membutuhkan alat bantu yang disebut manekin. Kali ini, manekin hadir dalam ukuran kecil yang berfungsi sebagai bantalan jarum. Terdapat berbagai desain dan warna yang bisa Anda pilih, yang keseluruhnya terlihat sangat cantik dan menarik.

Bantalan jarum manekin ini memiliki bentuk yang sangat unik, berbeda dari bentuk bantalan jarum pada umumnya. Anda pun dapat mendandani bantalan jarum ini dengan baju mungil kreasi Anda sendiri. Desainnya yang imut juga membuat bantalan jarum ini cocok digunakan sebagai hiasan meja atau ruang tamu di rumah Anda.

7. Bantalan Jarum Rajut

7. Bantalan Jarum Rajut

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.000

Buat meja jahit Anda terlihat semakin manis dengan desain bunga dan daunnya

Memiliki bantalan jarum dengan bentuk menarik tentu bisa menambah semangat Anda ketika sedang berkreasi. Salah satu bantalan jarum yang memiliki bentuk cantik adalah bantalan jarum dengan hiasan bunga dan dedaunan yang terbuat dari bahan rajutan ini. Meja jahit Anda pun akan terlihat lebih manis dengan adanya bantalan jarum ini.

Selain berfungsi untuk memudahkan kegiatan menjahit Anda, bantalan jarum ini pun cocok untuk Anda berikan kepada sahabat dan keluarga Anda sebagai suvenir acara ulang tahun, arisan, atau pernikahan. Berhubung bahannya terbuat dari wol, bantalan jarum ini pun tidak akan cepat rusak akibat tusukan-tusukan jarum Anda.

6. PRYM Magnetic Pin Cushion

6. PRYM Magnetic Pin Cushion

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 95.000

Semakin mudah mencari jarum yang terjatuh, deh!

Keunggulan dari bantalan jarum yang memiliki magnet adalah magnet tersebut dapat menarik jarum yang berada di sekitarnya secara otomatis. Apabila Anda menjatuhkan sebuah jarum, cukup gunakan bantalan jarum magnet ini dan arahkan ke area Anda menjatuhkan jarum tersebut. Kemudian, jarum yang jatuh pun akan segera menempel.

Bantalan jarum magnet ini dilapisi oleh lapisan plastik yang cukup tebal, membuatnya dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Tidak hanya untuk jarum, bantalan ini dapat digunakan juga untuk meletakkan klip kertas yang terbuat dari besi atau untuk membersihkan sisa staples yang sudah tidak Anda gunakan.

5. Clover Needle Holder

5. Clover Needle Holder

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 160.000

Ukurannya pas dimasukkan ke saku dan dibawa bepergian

Celana yang tiba-tiba sobek atau kancing baju yang terlepas, tentunya bukan kejadian yang kita inginkan ketika sedang bepergian. Untuk menangani hal yang tidak diinginkan tadi, ada baiknya Anda selalu membawa peralatan jahit sewaktu bepergian. Termasuk tempat bantalan jarum dengan desain yang tipis dan berukuran compact ini.

Bentuknya yang tipis dapat dengan mudah Anda selipkan dalam saku tas atau baju Anda. Tidak hanya untuk bepergian, bagi desainer yang akan mengadakan fashion show pun, ada baiknya selalu membawa produk ini beserta isinya untuk membetulkan jahitan yang terlepas atau baju yang tidak pas sebelum fashion show berlangsung.

4. Bantalan Jarum Oriental

4. Bantalan Jarum Oriental

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 48.000

Kapasitas besar untuk menampung banyak jarum

Kegiatan menjahit memang tidak dapat dipisahkan dari yang namanya jarum pentul. Ada kalanya kreasi Anda membutuhkan bantuan jarum pentul dalam jumlah banyak. Agar dapat menggunakannya dengan mudah, sebelum Anda berkreasi sebaiknya Anda menyiapkan jarum pentul yang sudah diletakkan pada bantalan jarum.

Untuk itu, pilihlah bantalan jarum yang memiliki kapasitas besar dalam menampung jarum pentul seperti produk satu ini. Dengan demikian, Anda bisa menusukkan banyak jarum dalam waktu bersamaan. Isiannya yang padat juga membuatnya tidak mudah rusak sehingga dapat Anda gunakan dalam jangka waktu lama.

3. Toyo Gelang Magnet ST-A21

3. Toyo Gelang Magnet ST-A21

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 100.000

Terlihat modern dan sangat eye-catching!

Menggunakan bantalan jarum dengan desain modern tentunya akan meningkatkan penampilan Anda sebagai desainer di mata klien. Biasanya Anda akan membutuhkan bantalan jarum ini pada saat klien fitting baju yang dipesannya. Hal ini berguna untuk memberi tanda pada beberapa bagian baju yang perlu diperbaiki dengan jarum.

Maka dari itu, kami merekomendasikan bantalan jarum dari magnet ini untuk  menjadi pilihan Anda. Tampilannya sangat modern dan menarik untuk dilihat, apalagi kombinasi warna yang dimilikinya juga terlihat sangat eye-catching. Selain mudah dipakai, penampilan Anda pun akan terlihat lebih meyakinkan.

2. Clover Wristband Pin Cushion

2. Clover Wristband Pin Cushion

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 111.000

Bagian pergelangan yang terbuat dari kawat akan membuatnya awet digunakan

Salah satu kelemahan bantalan jarum yang menggunakan karet untuk dikaitkan di pergelangan tangan adalah karet tersebut akan mengendur seiring penggunaannya. Namun, hal itu tidak akan terjadi pada bantalan jarum satu ini. Bagian pergelangan pada bantalan jarum ini terbuat dari kawat sehingga tidak akan mengendur.

Bantalan jarum ini juga dilapisi oleh lapisan yang cukup tebal di bagian bawahnya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jarum yang Anda tusukkan di bantalan akan melukai pergelangan tangan Anda. Produk ini sangat cocok untuk Anda yang sering menjahit dan ingin memiliki bantalan jarum berbentuk gelang yang awet digunakan.

1. Clover Magnet Pin Caddy 4105

1. Clover Magnet Pin Caddy 4105

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 248.000

Bantalan jarum masa kini, jarum tertata dengan rapi dan mudah untuk diambil

Bantalan jarum magnet keluaran Clover ini merupakan salah satu bantalan jarum masa kini, yang memiliki perpaduan magnet serta bentuk yang inovatif. Adanya lekukan pada bagian tengah bantalan jarum magnet ini akan membuat jarum Anda tertata dengan rapi dan memudahkan Anda untuk mengambil jarum saat membutuhkannya.

Kemudian, produk ini sudah dilengkapi penutup yang akan memudahkan Anda dalam hal penyimpanan. Jarum-jarum Anda tidak akan tercecer sewaktu disimpan di dalamnya. Selain itu, bantalan jarum beserta penutupnya ini sudah didesain sedemikian rupa agar bisa ditumpuk dan bisa tertata dengan rapi.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah menyimak rekomendasi bantalan jarum dari kami? Ingatlah untuk memilihnya berdasarkan frekuensi pemakaian Anda dan berapa banyak jarum yang akan Anda simpan di bantalan jarum tersebut. Ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing dari bantalan jarum berukuran kecil dan besar.

Setelah menemukan yang sesuai, nikmati dan gunakanlah dengan nyaman bantalan jarum pilihan Anda. Kreasikan jahitan-jahitan indah sambil menggunakan bantalan jarum baru Anda.