• 10 Obat Kumur Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Obat Kumur Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Obat Kumur Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Obat Kumur Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Obat Kumur Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Obat Kumur Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2021)

Obat kumur atau mouthwash adalah produk perawatan gigi yang dapat mengatasi berbagai masalah mulut. Sakit gigi, sariawan, sampai bau mulut bisa Anda atasi jika rutin menggunakannya. Berbagai merk obat kumur yang bagus, seperti Minosep, Sensodyne, dan Listerine juga mudah Anda temukan di pasaran.

Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih mouthwash terbaik. Tidak ketinggalan, kami juga akan membagikan rekomendasi obat kumur yang tepat untuk Anda. Jangan lupa, cek komentar dokter gigi, drg. Galih Fata Anadza, agar Anda makin yakin memilihnya. Langsung saja, mari disimak!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

drg. Galih Fata
  • Pembaharuan terakhir: 03 September 2021
  • 108.241 Views
Daftar isi

Profil pakar: Dokter gigi drg. Galih Fata Anadza

Profil pakar: Dokter gigi drg. Galih Fata Anadza

drg. Galih Fata Anadza merupakan seorang dokter gigi lulusan Universitas Padjadjaran, Bandung. Selain melakukan praktik bersama di klinik utama Aesthetic Pondok Indah, drg. Galih juga memiliki klinik pribadi CITI Dental Care di Bekasi. Melalui akun Instagram galih.drg, ia juga aktif mengedukasi masyarakat tentang kesehatan gigi melalui tulisan microblog #doktergigibercerita.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih obat kumur

Obat kumur yang beredar di pasaran memiliki perbedaan fungsi, rasa, dan formula. Untuk itu, mari kita simak hal apa saja yang harus Anda perhatikan sebelum memilih produk obat kumur.

Pilih obat kumur berdasarkan formula dan efek yang diharapkan

Setiap kandungan dalam formula obat kumur tentu memberikan efek yang berbeda. Oleh sebab itu, pilihlah produk dengan bahan-bahan yang diklaim dapat mengatasi masalah mulut yang sedang Anda alami.

Untuk masalah bau mulut, pilih obat kumur dengan bahan sterilizing

Untuk masalah bau mulut, pilih obat kumur dengan bahan sterilizing
Jika Anda hendak menggunakan obat kumur untuk mengatasi bau mulut, pilihlah yang terdapat bahan dengan fungsi sterilisasi. Bahan tersebut dapat mencegah bakteri berkembang biak di rongga mulut dan meredakan bau tidak sedap yang dapat mengganggu aktivitas. Bahan yang efektif untuk mengatasi masalah bau mulut di antaranya adalah CPC dan triclosan.
drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Dari sekian banyak kegunaannya, obat kumur paling sering dijadikan solusi untuk menuntaskan masalah bau mulut. Untuk itu, obat kumur dengan kandungan bahan sterilizing seperti CPC dan triclosan menjadi pilihan tepat untuk menyelesaikan bau mulut. 

Pilih produk dengan bahan pembersih bagi Anda yang bermasalah dengan plak

Pilih produk dengan bahan pembersih bagi Anda yang bermasalah dengan plak
Umumnya, produk obat kumur dilengkapi bahan dengan fungsi memecah kotoran yang tidak bisa diatasi hanya dengan menyikat gigi. Jika dalam produk obat kumur terdapat bahan erythritol atau pyrophosphoric anhydride, plak dan kotoran lain yang tersisa dapat diatasi. 

Oleh sebab itu, Anda yang mencari obat kumur dengan fungsi pembersihan hendaknya memperhatikan kandungan kedua bahan tersebut. Selain itu, untuk mencegah kotoran kembali menempel, Anda membutuhkan fungsi pelapisan yang bisa Anda dapatkan dari bahan fluorine.

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Untuk Anda yang mempunyai masalah dengan plak, kandungan erythritol dapat menjadi solusinya. Kandungan ini dapat memecah struktur plak yang menempel pada gigi sehingga plak tersebut mudah terangkat dan hilang.

Bagi Anda yang bermasalah dengan gusi, pilihlah yang mengandung anti-inflamasi

Bagi Anda yang bermasalah dengan gusi, pilihlah yang mengandung anti-inflamasi
Ada beberapa penyakit gusi yang sering dirasakan banyak orang seperti alveolar pyorrhea dan gingivitis. Untuk menghindari penyakit tersebut, Anda membutuhkan produk perawatan mulut berbahan anti-inflamasi seperti glycyrrhizic acid yang dianggap ideal untuk merawat gusi. Bahan-bahan tersebut juga dapat mencegah timbulnya penyakit periodontal yang tentunya akan mengganggu kesehatan mulut Anda.

Selain itu, Anda bisa mencari obat kumur yang mengandung chlorhexidine. Zat ini akan membantu mengurangi bakteri di mulut Anda. Ia juga membantu mengatasi pembengkakan, inflamasi, dan perdarahan akibat gingivitis.

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Masalah yang sering ditemukan pada gusi adalah gingivitis, yaitu peradangan atau inflamasi pada gusi yang disebabkan oleh bakteri. Oleh karena itu, pemilihan obat kumur yang menggandung anti-inflamasi seperti glycirrhizic acid sangat dianjurkan bagi penderita gingivitis.

Pilih obat kumur dengan kekuatan stimulasi sesuai kebutuhan

Kekuatan stimulasi dari suatu produk obat kumur dapat meningkatkan fungsi dari obat kumur itu sendiri. Pilihlah produk dengan kekuatan stimulasi yang sesuai keinginan Anda.

Untuk penggunaan rutin, pilihlah obat kumur dengan stimulasi rendah

Untuk penggunaan rutin, pilihlah obat kumur dengan stimulasi rendah

Untuk pemakaian rutin, Anda dianjurkan memilih jenis obat kumur berstimulasi rendah yang memiliki sedikit kandungan alkohol dan mentol. Stimulasi yang kuat cenderung memiliki kadar asam yang kuat pula. Tidak hanya bakteri penyebab bau mulut yang akan mati, tetapi juga bakteri yang melindungi gigi. 


Penggunaan obat kumur dengan stimulasi tinggi dalam jangka panjang dapat memicu pengeroposan gigi. Jika Anda rutin menggunakan obat kumur setelah menyikat gigi, pilihlah produk dengan stimulasi rendah.

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Sebenarnya, menyikat gigi dengan benar sudah cukup untuk mengatasi masalah pada rongga mulut. Namun, banyak orang merasa tidak puas jika hanya menyikat gigi saja tanpa menggunakan obat kumur sebagai pelengkap.


Untuk Anda yang ingin menggunakan obat kumur secara rutin, pilihlah obat kumur dengan kandungan atau stimulasi yang rendah. Hal ini ditujukan supaya Anda terhindar dari ketergantungan akan obat kumur. Dengan demikian, hal itu tidak akan menjadi masalah bila Anda mendadak tidak lagi menggunakannya.

Pilih obat kumur berstimulasi tinggi jika Anda menginginkan efek yang cepat

Pilih obat kumur berstimulasi tinggi jika Anda menginginkan efek yang cepat
Alkohol dan mentol adalah bahan dengan stimulasi tinggi yang memberikan efek langsung. Biasanya obat kumur jenis ini digunakan pada situasi dadakan. Misalnya, Anda harus bertemu orang atau saat Anda tidak ada waktu untuk menyikat gigi setelah makan. Obat kumur dengan campuran kedua bahan ini dianggap ampuh mengatasi situasi tersebut.
Pada pemakaian pertama, obat kumur berstimulasi tinggi mungkin membuat Anda tidak nyaman. Oleh sebab itu, Anda dapat memulainya dengan obat kumur berstimulasi rendah untuk membiasakan diri terlebih dahulu.
drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Gunakanlah obat kumur dengan bahan berstimulasi tinggi untuk Anda yang ingin mendapatkan efek cepat obat kumur. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa obat kumur berstimulasi tinggi tidak disarankan untuk digunakan setiap hari. Hal ini penting untuk diingat agar Anda terhindar dari efek ketergantungan akibat obat kumur tersebut.  

Perhatikan kandungan alkohol dalam formulanya

Rasa segar dari obat kumur tergantung pada ada atau tidaknya kandungan alkohol. Anda dapat memperhatikannya sebelum membeli.

Untuk efek menyegarkan, pilih obat kumur dengan kandungan alkohol

Untuk efek menyegarkan, pilih obat kumur dengan kandungan alkohol
Obat kumur dengan kandungan alkohol dapat melegakan rongga mulut sehingga cocok untuk Anda yang mencari efek menyegarkan. Namun, ciri-ciri obat kumur dengan kandungan alkohol adalah timbulnya rangsangan kuat yang terasa seperti kesemutan. Walau beberapa orang tidak mempermasalahkan hal tersebut, tetapi sebagian lainnya merasa tidak nyaman dengan sensasinya.

Untuk obat kumur, sebenarnya alkohol hanya berupa bahan yang digunakan untuk memberikan efek menyegarkan. Umumnya, obat kumur yang dilengkapi alkohol juga tidak memiliki efek sterilisasi yang tinggi. Jadi, dapat Anda garis bawahi bahwa sebenarnya obat kumur dengan atau tanpa kandungan alkohol tidak memiliki perbedaan manfaat.

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Kandungan alkohol pada obat kumur terbukti dapat memberikan efek menyegarkan. Namun, obat kumur dengan kandungan alkohol terkadang tidak cocok bagi beberapa orang. Hal ini karena alkohol memiliki efek samping yang kadang kurang nyaman untuk mulut. 


Bila ada efek samping yang mengganggu, segera hentikan penggunaan obat kumur yang mengandung alkohol. Selanjutnya, ganti obat kumur Anda dengan obat kumur tanpa alkohol.

Pilih obat kumur tanpa alkohol untuk anak-anak

Pilih obat kumur tanpa alkohol untuk anak-anak
Obat kumur tanpa alkohol ideal untuk Anda yang menyukai produk berstimulasi rendah atau untuk digunakan anak-anak. Belakangan ini, para produsen obat kumur mengganti alkohol dengan kandungan gliserol (glycerin). Produk tanpa alkohol tersebut cocok untuk pemakaian harian atau untuk digunakan jangka panjang.
Karena tidak mengandung alkohol, rasa yang ditawarkan obat kumur tersebut akan menjadi dominan. Oleh sebab itu, Anda dapat mencoba botol kecil terlebih dahulu jika takut tidak cocok dengan rasanya.
drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Untuk anak-anak, hindari pemakaian obat kumur yang memiliki kandungan alkohol agar tidak terjadi iritasi. Hal ini karena jaringan-jaringan lunak rongga mulut pada anak masih sangat sensitif bila terkena bahan keras seperti alkohol.

Kemasan travel size dapat menjadi pilihan saat bepergian

Kemasan travel size dapat menjadi pilihan saat bepergian
Bagi Anda yang membawa obat kumur saat berlibur, perjalanan bisnis, atau penggunaan di kantor, kami sarankan untuk memilih kemasan botol kecil atau travel size. Dengan ukuran kecil, Anda pun lebih mudah membawanya saat bepergian. Jika dibawa di dalam tas, tentunya Anda dapat memakainya kapan saja. Harga untuk kemasan kecil juga relatif sangat murah.

10 Rekomendasi obat kumur terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk obat kumur terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drg. Galih Fata Anadza. 

10
StimulasiRingan
RasaMint
AlkoholTidak ada
9

Mundipharma Healthcare IndonesiaBetadine Obat Kumur

Mulai dari Rp 29.000,00

StimulasiRingan
RasaMint dengan khas Betadine
AlkoholTidak disebutkan
8

Tempo Scan PasificTotal Care Lemon Herbs

Mulai dari Rp 13.260,00

StimulasiRingan
RasaLemon herbs
AlkoholTidak ada
7
StimulasiSedang
RasaMint
AlkoholTidak ada
6
StimulasiTinggi
RasaHerbal
AlkoholTidak ada
5
StimulasiRingan
RasaFresh tea mint
AlkoholTidak ada
4
StimulasiRendah
RasaTidak disebutkan
AlkoholTidak ada
3
StimulasiRingan
RasaMint
AlkoholTidak ada
2
StimulasiRendah
RasaDouble mint
AlkoholTidak ada
1

Johnson & JohnsonListerine Multi Protect Zero Antiseptic

Mulai dari Rp 24.200,00

StimulasiRingan
RasaMint yang ringan
AlkoholAda

Tabel perbandingan produk obat kumur terbaik

Gambar produk
1
Johnson & Johnson Listerine Multi Protect Zero Antiseptic 1

Johnson & Johnson

2
DENTOVA Mouthwash DENTOVA® PRO 1

DENTOVA

3
Sensodyne Mouthwash Cool Mint 1

Sensodyne

4
Minorock Mandiri Minosep 1

Minorock Mandiri

5
Colgate Mouthwash Plax Fresh Tea 1

Colgate

6
Lion Systema Gum Care Mouthwash 1

Lion

7
Unilever Pepsodent Mouthwash Pro Complete 1

Unilever

8
Tempo Scan Pasific Total Care Lemon Herbs 1

Tempo Scan Pasific

9
Mundipharma Healthcare Indonesia Betadine Obat Kumur 1

Mundipharma Healthcare Indonesia

10
TheraBreath Oral Rinse 1

TheraBreath

Nama produk

Listerine Multi Protect Zero Antiseptic

Mouthwash DENTOVA® PRO

Mouthwash Cool Mint

Minosep

Mouthwash Plax Fresh Tea

Systema Gum Care Mouthwash

Pepsodent Mouthwash Pro Complete

Total Care Lemon Herbs

Betadine Obat Kumur

Oral Rinse

Keunggulan

Dapatkan enam manfaat dalam satu produk!

Gabungan tiga bahan untuk kesehatan mulut yang sempurna

Mengatasi bau mulut tanpa rasa ngilu

Mengandung zat aktif klorheksidin, ampuh membunuh bakteri

Tidak hanya mengatasi masalah plak, tetapi juga merawat kesehatan gusi

Dilengkapi teknologi dari Jepang untuk memaksimalkan perlindungan gigi

Cara aman melindungi gigi sekaligus memperkuat gigi

Perlindungan total dengan varian rasa yang tidak biasa

Sakit gigi akibat gigi berlubang? Tidak lagi!

Dilengkapi kandungan oxygenating power yang akan membasmi bakteri penyebab bau mulut

Harga mulai dariRp 24.200,00Rp 12.800,00Rp 20.900,00Rp 18.500,00Rp 22.900,00Rp 20.000,00Rp 26.300,00Rp 13.260,00Rp 29.000,00Rp 250.000,00
StimulasiRinganRendahRinganRendahRinganTinggiSedangRinganRinganRingan
RasaMint yang ringanDouble mintMintTidak disebutkanFresh tea mintHerbalMintLemon herbsMint dengan khas BetadineMint
AlkoholAdaTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaTidak disebutkanTidak ada
Tautan produk

Tips menggunakan obat kumur yang benar

Tips menggunakan obat kumur yang benar
Cara menggunakan obat kumur dibedakan berdasarkan jenisnya. Jika Anda menggunakannya sebagai pencuci mulut, gunakan selama tiga puluh detik setelah menyikat gigi. Anda juga dapat membilasnya kembali dengan air jika merasa kurang nyaman setelah penggunaan. Namun, bilaslah secara ringan karena jika terlalu sering bahan-bahan penting yang ada dalam formula obat kumur tersebut akan ikut hilang.
Saat Anda menggunakan obat kumur sebagai pelengkap menyikat gigi, gunakan tiga puluh detik sebelum menyikat gigi dan bilaslah dengan air bersih selama tiga puluh detik juga. Setelah itu, Anda dapat langsung menyikat gigi dengan pasta gigi dan efek dari obat kumur. Obat kumur dapat membantu pembersihan ke seluruh rongga mulut untuk memastikan pembersihan.
Anda juga tidak perlu khawatir saat obat kumur tertelan karena jika jumlahnya kecil itu tidak menjadi masalah. Hal yang sama berlaku pada obat kumur dengan kandungan alkohol.
drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Sebelum menggunakan obat kumur, pastikan Anda sudah menyikat gigi dengan bersih. Pertama-tama, tuangkan sekitar 15 ml atau satu tutup botol obat kumur. Bila obat kumur terasa terlalu keras, Anda dapat menambahkan air untuk mengencerkannya.


Berkumurlah dengan obat kumur selama kurang lebih satu menit. Kemudian, buang dan kumur kembali dengan air biasa selama 10 detik. Jangan lupa untuk membaca petunjuk penggunaannya karena tiap merek memiliki petunjuk penggunaan yang berbeda-beda.

Baca juga rekomendasi produk perawatan gigi dan mulut lainnya di sini

Untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi, kami juga telah menyiapkan beberapa artikel lain yang membahas produk terkait. Cek link di bawah ini!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, tentunya Anda tahu bahwa banyak sekali aspek yang patut diperhatikan dalam memilih obat kumur yang cocok untuk kesehatan mulut Anda. Pada dasarnya, untuk menjaga kesehatan mulut, diperlukan perawatan rutin tidak hanya sekadar menggosok gigi.
Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda menemukan produk obat kumur yang sesuai dengan kebutuhan dan masalah mulut yang sedang dihadapi. Sampai bertemu di artikel selanjutnya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Lebih Sehat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Lebih Sehat (Terbaru Tahun 2021)
    Menyikat gigi menggunakan pasta gigi merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan agar gigi terhindar dari kerusakan. Kebanyakan orang masih bingung pasta gigi mana yang tepat karena berbagai produk hadir dengan kandungan dan manfaat yang berbeda. Di pasaran ada berbagai merek pasta gigi yang bisa Anda temukan, seperti Pepsodent, Sensodyne, dan Formula. Kali ini kami akan menginformasikan cara memilih pasta gigi, baik yang mengandung fluoride atau tanpa deterjen. Cek komentar dokter gigi, drg. Galih Fata Anadza, dan temukan rekomendasi produk pasta gigi yang bagus untuk gigi lebih sehat. 
    Perawatan gigi & mulut
    130.601 Views
  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Memutihkan Gigi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Memutihkan Gigi (Terbaru Tahun 2021)
    Mempunyai gigi putih merupakan impian bagi banyak orang. Bila Anda hendak membeli pasta gigi pemutih, ada beberapa hal yang perlu diketahui, misalnya kandungan atau daya abrasifnya. Namun, banyaknya produk pasta gigi pemutih yang dijual di pasaran bisa membuat Anda bingung untuk memilih, bukan?Kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih pasta gigi untuk memutihkan gigi. Setelah itu, kami juga akan mengulas rekomendasi beberapa produk keluaran Pepsodent, Sensodyne, dan produk lainnya. Mari simak dan dapatkan produk yang tepat agar Anda mempunyai gigi putih yang memesona!
    Perawatan gigi & mulut
    131.555 Views
  • 10 Rekomendasi Pemutih Gigi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pemutih Gigi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Gigi kekuningan berpotensi mengurangi kepercayaan diri Anda. Untungnya, sekarang ada banyak cara untuk memutihkan gigi kuning. Apabila pemutih gigi alami masih kurang ampuh untuk menghapus noda kekuningan, Anda bisa mencoba obat pemutih gigi.Kali ini kami akan memberikan rekomendasi pemutih gigi terbaik yang mudah ditemukan, baik online maupun di apotik. Produk yang direkomendasikan juga datang dari berbagai merk, mulai dari Nu Skin sampai Crest. Baca juga tips memilih pemutih gigi yang bagus dari dokter gigi, drg. Joseph Gunawan. Di akhir artikel, kami juga akan memberitahukan cara alami memutihkan gigi. 
    Perawatan gigi & mulut
    118.231 Views
  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Masalah Gusi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Masalah Gusi (Terbaru Tahun 2021)
    Munculnya masalah gusi, seperti gusi yang turun, berdarah, bengkak, hingga abses, ternyata bukan hal sepele, lho. Untuk mengatasinya, Anda tidak bisa menggunakan pasta gigi untuk sakit gigi saja, tetapi harus memakai produk khusus. Pasta gigi khusus untuk mengatasi gusi yang sering bengkak biasanya mengandung bahan antibakteri atau antiinflamasi.Nah, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pasta gigi untuk masalah gusi. Tak lupa, kami juga telah menyiapkan rekomendasi sepuluh produk yang bagus dari berbagai merk. Pepsodent, Sensodyne, hingga Enzim merupakan beberapa contohnya. Jadi, ikuti terus artikel ini, ya!
    Perawatan gigi & mulut
    51.072 Views
  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Sensitif (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Sensitif (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah gigi Anda terasa ngilu saat terkena makanan panas atau minuman dingin? Bisa saja Anda memiliki gigi yang sensitif. Rasa ngilu akibat gigi berlubang atau sensitif tentunya terasa sangat menyiksa, ya. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif.Kali ini, kami bekerja sama dengan drg. Joseph Gunawan untuk memberikan tips memilih pasta gigi terbaik untuk gigi sensitif. Temukan juga merk pasta gigi sensitif yang bagus, seperti Pepsodent, Sensodyne, dan Colgate. Jadikan artikel ini sebagai referensi untuk memilih pasta gigi khusus gigi sensitif, ya!
    Perawatan gigi & mulut
    50.546 Views
  • 10 Rekomendasi Sikat Gigi Elektrik Terbaik untuk Anak-anak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sikat Gigi Elektrik Terbaik untuk Anak-anak (Terbaru Tahun 2021)
    Sikat gigi elektrik adalah pilihan alternatif untuk membersihkan gigi dengan lebih sempurna, khususnya dari plak yang menempel. Selain untuk orang dewasa, produk ini juga tersedia untuk anak-anak. Terdapat berbagai merek yang beredar di pasaran, seperti Oral-B, Colgate, dan sebagainya. Produk manakah yang tepat untuk dipilih?Sebagian besar orang mungkin belum memahami kriteria sikat gigi elektrik yang baik digunakan oleh anak-anak. Karena itu, kami akan memberikan beberapa informasi mengenai cara memilihnya. Kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi produk sikat gigi elektrik yang dapat Anda jadikan referensi. Yuk, simak informasinya!
    Perawatan gigi & mulut
    4.674 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori