• 10 Obat Kumur Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Obat Kumur Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Obat Kumur Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Obat Kumur Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Obat Kumur Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Obat Kumur Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022)

Setelah menyikat gigi, sebaiknya Anda menggunakan obat kumur atau mouthwash untuk memaksimalkan perawatan gigi dan mulut. Obat kumur dapat mengatasi berbagai masalah mulut dan gigi, seperti bau mulut, seriawan, dan sakit gigi. Anda bisa memilih obat kumur terbaik dari merek Listerine, Betadine, Pepsodent, atau lainnya.

Untuk memudahkan Anda, kami akan membahas cara memilih obat kumur yang bagus. Tidak ketinggalan kami juga akan memberikan rekomendasi obat kumur untuk Anda. Cek juga komentar dokter gigi, drg. Galih Fata Anadza, agar Anda makin yakin dalam memilih. Silakan baca artikel ini sampai selesai!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

drg. Galih Fata
Galih Wisnu Brata
  • Pembaharuan terakhir: 09 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter gigi drg. Galih Fata Anadza

Profil pakar: Dokter gigi drg. Galih Fata Anadza
drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

drg. Galih Fata Anadza merupakan seorang dokter gigi lulusan Universitas Padjadjaran, Bandung. Selain berpraktik di klinik utama Aesthetic Pondok Indah, drg. Galih juga memiliki klinik pribadi CITI Dental Care di Bekasi. Melalui akun Instagram galih.drg, ia juga aktif mengedukasi masyarakat tentang kesehatan gigi melalui tulisan microblog #doktergigibercerita.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih obat kumur

Dalam memilih obat kumur atau mouthwash, pertimbangkanlah formula atau kandungan bahannya. Selain itu, Anda bisa memilih obat kumur dengan rasa yang sesuai dengan selera. Agar tidak salah dalam memilih, perhatikan ulasan kami berikut.

Ketahui kandungan dalam obat kumur

Obat kumur yang beredar di pasaran memiliki formula atau kandungan bahan yang berbeda. Hal ini menjadikan setiap obat kumur memiliki fungsi yang berbeda dalam merawat gigi dan mulut. Pilihlah obat kumur dengan kandungan bahan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Bahan sterilizing: Atasi masalah bau mulut

Bahan sterilizing: Atasi masalah bau mulut
Bahan yang efektif untuk mengatasi masalah bau mulut di antaranya adalah cetylpyridinium chloride (CPC) dan triclosan. CPC dapat menghambat kuman, bakteri, dan virus penyebab masalah gigi dan mulut dengan lebih efektif. Sementara itu, triclosan dalam obat kumur juga mampu membunuh bakteri penyebab infeksi sehingga dapat mencegah terjadinya rada pada gusi.
drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Dari sekian banyak kegunaannya, obat kumur paling sering dijadikan solusi untuk menuntaskan masalah bau mulut. Untuk itu, obat kumur dengan kandungan bahan sterilizing seperti CPC dan triclosan menjadi pilihan tepat untuk menyelesaikan bau mulut.

Bahan pembersih: Tuntaskan plak gigi

Bahan pembersih: Tuntaskan plak gigi
Produk obat kumur umumnya dilengkapi dengan bahan yang dapat memecah kotoran yang tidak bisa diatasi dengan hanya menyikat gigi. Anda bisa memilih produk mouthwash yang mengandung erythritol atau pyrophosphoric anhydride. Kedua kandungan tersebut dapat mengatasi plak dan kotoran di gigi. Selain itu, pilih juga produk dengan fluorine untuk mencegah kotoran kembali menempel ke gigi.
drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Untuk Anda yang mempunyai masalah dengan plak, kandungan erythritol dapat menjadi solusinya. Kandungan ini dapat memecah struktur plak yang menempel pada gigi sehingga plak tersebut mudah terangkat dan hilang.

Bahan anti-inflamasi: Redakan masalah gusi

Bahan anti-inflamasi: Redakan masalah gusi
Masalah gusi, seperti alveolar pyorrhea dan gingivitis, dapat diatasi dengan obat kumur yang mengandung bahan anti-inflamasi. Pilihlah produk mouthwash dengan bahan glycyrrhizic acid untuk merawat gusi dan mencegah timbulnya penyakit periodontal.

Selain itu, pertimbangkan obat kumur dengan chlorhexidine untuk mengurangi bakteri di mulut. Kandungan tersebut membantu mengatasi pembengkakan, inflamasi, dan perdarahan akibat gingivitis.

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Masalah yang sering ditemukan pada gusi adalah gingivitis, yaitu peradangan atau inflamasi pada gusi yang disebabkan oleh bakteri. Oleh karena itu, pemilihan obat kumur yang menggandung anti-inflamasi seperti glycirrhizic acid sangat dianjurkan bagi penderita gingivitis.

Pertimbangkan kekuatan stimulasi

Kekuatan stimulasi produk obat kumur berkaitan dengan fungsinya. Anda bisa memilih obat kumur dengan kekuatan stimulasi rendah atau tinggi. Pilihlah produk obat kumur dengan stimulasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Stimulasi rendah: Untuk penggunaaan rutin

Stimulasi rendah: Untuk penggunaaan rutin

Obat kumur dengan stimulasi rendah memiliki kandungan alkohol dan mentol yang sedikit. Oleh karena itu, obat kumur jenis ini tidak begitu terasa pedas dan perih ketika digunakan. Obat kumur dengan stimulasi rendah dapat Anda gunakan secara rutin. Hal ini karena obat kumur berstimulasi rendah aman dan tidak menjadikan Anda ketergantungan.

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Sebenarnya, menyikat gigi dengan benar sudah cukup untuk mengatasi masalah pada rongga mulut. Namun, banyak orang merasa tidak puas jika hanya menyikat gigi saja tanpa menggunakan obat kumur sebagai pelengkap.


Untuk Anda yang ingin menggunakan obat kumur secara rutin, pilihlah obat kumur dengan kandungan atau stimulasi yang rendah. Hal ini ditujukan supaya Anda terhindar dari ketergantungan akan obat kumur. Dengan demikian, hal itu tidak akan menjadi masalah bila Anda mendadak tidak lagi menggunakannya.

Stimulasi tinggi: Berikan efek cepat

Stimulasi tinggi: Berikan efek cepat

Mouthwash berstimulasi tinggi memiliki kandungan alkohol dan mentol. Campuran kedua bahan tersebut ampuh untuk membersihkan gigi dan gusi secara instan. Anda bisa menggunakannya secara dadakan karena dapat memberikan efek langsung. Ketika hendak bertemu orang setelah makan, Anda bisa berkumur dengan mouthwash berstimulasi tinggi untuk menjaga kebersihan dan kesegaran mulut.


Namun, obat kumur ini memiliki kadar asam yang kuat. Alhasil, tidak hanya bakteri penyebab bau mulut yang akan mati, tetapi juga bakteri yang melindungi gigi. Pada pemakaian awal Anda mungkin akan merasa tidak nyaman, bahkan perih. Penggunaan obat kumur berstimulasi tinggi dalam jangka panjang dapat memicu pengeroposan gigi.

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Gunakanlah obat kumur dengan bahan berstimulasi tinggi untuk Anda yang ingin mendapatkan efek cepat obat kumur. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa obat kumur berstimulasi tinggi tidak disarankan untuk digunakan setiap hari. Hal ini penting untuk diingat agar Anda terhindar dari efek ketergantungan akibat obat kumur tersebut.

Perhatikan kandungan alkohol pada mouthwash

Alkohol menjadi salah satu kandungan yang menjadikan obat kumur terasa segar ketika digunakan. Namun, tidak semua produk mouthwash mengandung alkohol. Anda bisa memilih produk obat kumur sesuai dengan kebutuhan.

Dengan alkohol: Dapatkan sensasi segar

Dengan alkohol: Dapatkan sensasi segar

Obat kumur dengan alkohol dapat melegakan tenggorokan sehingga memberikan efek menyegarkan. Namun, kandungan alkohol dapat menyebabkan timbulnya rangsangan kuat yang terasa seperti kesemutan.


Anda juga perlu tahu bahwa alkohol pada obat kumur tidak memberikan efek sterilisasi yang tinggi. Bahkan, sebenarnya obat kumur dengan atau tanpa kandungan alkohol tidak berbeda dari segi manfaatnya.

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Kandungan alkohol pada obat kumur terbukti dapat memberikan efek menyegarkan. Namun, obat kumur dengan kandungan alkohol terkadang tidak cocok bagi beberapa orang. Hal ini karena alkohol memiliki efek samping yang kadang kurang nyaman untuk mulut.


Apabila ada efek samping yang mengganggu, segera hentikan penggunaan obat kumur yang mengandung alkohol. Selanjutnya, ganti obat kumur Anda dengan obat kumur tanpa alkohol.

Tanpa alkohol: Cocok untuk anak-anak

Tanpa alkohol: Cocok untuk anak-anak

Obat kumur tanpa alkohol lebih banyak dijual karena aman digunakan secara rutin dalam jangka panjang. Anak-anak pun bisa menggunakannya. Para produsen obat kumur mengganti alkohol dengan kandungan gliserol (glycerin). Karena tidak mengandung alkohol, rasa yang ditawarkan obat kumur akan dominan. Oleh sebab itu, Anda dapat mencoba botol kecil terlebih dahulu jika takut tidak cocok dengan rasanya.

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Untuk anak-anak, hindari pemakaian obat kumur yang memiliki kandungan alkohol agar tidak terjadi iritasi. Hal ini karena jaringan-jaringan lunak rongga mulut pada anak masih sangat sensitif bila terkena bahan keras seperti alkohol.

Pilih kemasan travel size untuk dibawa bepergian

Pilih kemasan travel size untuk dibawa bepergian

Menjaga kebersihan gigi dan mulut harus dilakukan di mana pun Anda berada. Saat Anda traveling, pilih obat kumur berkemasan travel size. Beberapa produsen telah membuat mouthwash ukuran saset yang bisa digunakan dalam sekali pakai. Selain itu, ada obat kumur yang tersedia dalam botol kecil. Anda bisa membawanya dengan mudah karena tidak memerlukan banyak ruang penyimpanan.

10 Rekomendasi obat kumur terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk obat kumur terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 8 September 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Listerine Multi Protect Zero Antiseptic menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Colgate Plax Mouthwash Freshmint Splash memiliki angka penjualan tertinggi.

Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drg. Galih Fata Anadza. 

Gambar produk
1
Colgate  Plax Mouthwash Freshmint Splash 1

Colgate

2
Johson & Johnson  Listerine Cool Mint 1

Johson & Johnson

3
Unilever Pepsodent Mouthwash Herbal Naturals 1

Unilever

4
Mundipharma  Betadine Mouthwash & Gargle 1

Mundipharma

5
MeToo Obat Kumur Prebiotik 1

MeToo

6
Mama's Choice Natural Mouthwash 1

Mama's Choice

7
Pieras' Propolinse Sakura Limited Edition 1

Pieras' Propolinse

8
Spiros   Original 1

Spiros

9
Tempo Scan Pasific Total Care Mouthwash Sparkling White 1

Tempo Scan Pasific

10
Unilever Closeup Antibacterial Nature Boost Mouthwash 1

Unilever

Nama produk

Plax Mouthwash Freshmint Splash

Listerine Cool Mint

Pepsodent Mouthwash Herbal Naturals

Betadine Mouthwash & Gargle

Obat Kumur Prebiotik

Natural Mouthwash

Sakura Limited Edition

Original

Total Care Mouthwash Sparkling White

Closeup Antibacterial Nature Boost Mouthwash

Keunggulan

Lawan bakteri penyebab kerusakan gigi hingga 99,9%

Dengan rasa lebih kuat, tiga kali bantu kurangi plak di gigi

Dari bahan herbal, efektif melawan bakteri dan memberikan kenyamanan di mulut

Mengandung povidone-Iodine 1%, atasi berbagai masalah mulut dan gigi

Seimbangkan mikroekologikal oral berkat kandungan probiotik

Obat kumur khusus ibu hamil dan menyusui

Cegah pembusukan gigi sedari dini dengan obat kumur rasa sakura

Diformulasikan di Jepang, tuntaskan bakteri, virus, dan kuman di mulut

Gigi tampak lebih putih alami berkat kandungan jeruk nipis

Ampuh lindungi mulut dari kuman penyebab bau mulut, napas segar sepanjang hari

Harga mulai dariRp 28.900,00Rp 9.700,00Rp 31.500,00Rp 27.000,00Rp 18.000,00Rp 39.000,00Rp 175.000,00Rp 24.500,00Rp 20.100,00Rp 30.200,00
KandunganWater, glycerin, propylene glycol, sorbitol, poloxamer 407, flavor, cetylpyridinium chloride, potassium sorbate, sodium fluoride, sodium saccharin, menthol, CI 42051Eucalyptol, menthol, methyl salicylate, thymolDaun sirih, lidah buaya, jeruk nipis, fluoride, active zinc Povidone-Iodine 1%Probiotik, mint, ekstrak tumbuhanSorbitol, sodium benzoate, Mentha piperita oil, Mentha viridis leaf oil, sodium saccharin, allantoin, menthol crystal, sodium copper chlorophyllinPropolis extracts, green tea, bunga sakura Jepang, natural xylitolSorbitol, glycerin, sodium benzoate, menthol, Eucalyptus globulus leaf oil, sodium fluorideSorbitol, tea tree leaf oil, jeruk nipis, xylitol, sodium fluoride, potassium nitrateSorbitol, potassium citrate, glycine, benzyl alcohol, zinc sulphate, sodium saccharin, Mentha piperita extract, sodium fluroide, Elettaria cardamomu oil, basil extract
Mengandung alkoholXXXXXXXXX
RasaMintMintJeruk nipisMint khas BetadineMintMintSakuraMintJeruk nipisMint
Ukuran kemasan250 ml, 750 ml100 ml, 250 ml, 500 ml150 ml, 300 ml, 500 ml100 ml, 190 ml, 750 ml12 ml, 100 ml, 250 ml100 ml150 ml, 600 ml12 ml250 ml300 ml
Tautan produk
10

UnileverCloseup Antibacterial Nature Boost Mouthwash

Mulai dari Rp 30.200,00

KandunganSorbitol, potassium citrate, glycine, benzyl alcohol, zinc sulphate, sodium saccharin, Mentha piperita extract, sodium fluroide, Elettaria cardamomu oil, basil extract
Mengandung alkohol
RasaMint
Ukuran kemasan300 ml
9

Tempo Scan PasificTotal Care Mouthwash Sparkling White

Mulai dari Rp 20.100,00

KandunganSorbitol, tea tree leaf oil, jeruk nipis, xylitol, sodium fluoride, potassium nitrate
Mengandung alkoholX
RasaJeruk nipis
Ukuran kemasan250 ml
8
KandunganSorbitol, glycerin, sodium benzoate, menthol, Eucalyptus globulus leaf oil, sodium fluoride
Mengandung alkoholX
RasaMint
Ukuran kemasan12 ml
7
KandunganPropolis extracts, green tea, bunga sakura Jepang, natural xylitol
Mengandung alkoholX
RasaSakura
Ukuran kemasan150 ml, 600 ml
6
KandunganSorbitol, sodium benzoate, Mentha piperita oil, Mentha viridis leaf oil, sodium saccharin, allantoin, menthol crystal, sodium copper chlorophyllin
Mengandung alkoholX
RasaMint
Ukuran kemasan100 ml
5
KandunganProbiotik, mint, ekstrak tumbuhan
Mengandung alkoholX
RasaMint
Ukuran kemasan12 ml, 100 ml, 250 ml
4

Mundipharma Betadine Mouthwash & Gargle

Mulai dari Rp 27.000,00

KandunganPovidone-Iodine 1%
Mengandung alkoholX
RasaMint khas Betadine
Ukuran kemasan100 ml, 190 ml, 750 ml
3

UnileverPepsodent Mouthwash Herbal Naturals

Mulai dari Rp 31.500,00

KandunganDaun sirih, lidah buaya, jeruk nipis, fluoride, active zinc
Mengandung alkoholX
RasaJeruk nipis
Ukuran kemasan150 ml, 300 ml, 500 ml
2

Johson & Johnson Listerine Cool Mint

Mulai dari Rp 9.700,00

KandunganEucalyptol, menthol, methyl salicylate, thymol
Mengandung alkoholX
RasaMint
Ukuran kemasan100 ml, 250 ml, 500 ml
1

Colgate Plax Mouthwash Freshmint Splash

Mulai dari Rp 28.900,00

KandunganWater, glycerin, propylene glycol, sorbitol, poloxamer 407, flavor, cetylpyridinium chloride, potassium sorbate, sodium fluoride, sodium saccharin, menthol, CI 42051
Mengandung alkoholX
RasaMint
Ukuran kemasan250 ml, 750 ml

Pertanyaan umum seputar obat kumur

Pertanyaan umum seputar obat kumur

Tips memilih dan rekomendasi produk obat kumur telah kami bahas sebelumnya. Kami sekarang akan membahas pertanyaan umum terkait obat kumur. Simaklah pertanyaan tentang mouthwash dan jawabannya berikut.

Apakah obat kumur bisa menghilangkan karang gigi?

Obat kumur tidak dapat menghilangkan karang gigi secara langsung. Jika Anda ingin menghilangkan karang gigi dengan cepat, lakukanlah scaling. Namun, menggunakan obat kumur secara rutin dapat membantu merontokkan kotoran yang terdapat pada gigi yang menyebabkan karang gigi.

Tips menggunakan obat kumur yang benar

Tips menggunakan obat kumur yang benar

Setelah memilih produk obat kumur yang tepat, Anda harus menggunakannya secara benar. Dengan begitu, Anda akan merasakan manfaatnya dengan maksimal. Untuk itulah, perhatikanlah tips menggunakan obat kumur yang benar berikut.


  1. Pastikan Anda sudah menyikat gigi dengan bersih.
  2. Tuangkan obat kumur sebanyak 15 ml. Beberapa produk perlu dituangkan sebanyak tutup botol kemasan.
  3. Kumurlah secara merata selama 30 detik hingga 1 menit. Jika rasa terlalu kuat, campurlah dengan sedikit air.
  4. Setelah membuang mouthwash, kumur kembali dengan air biasa selama 10 detik.
  5. Gunakanlah obat kumur secara rutin. Anda bisa menggunakannya sehari sekali setelah menyikat gigi sebelum tidur.
drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Sebelum menggunakan obat kumur, pastikan Anda sudah menyikat gigi dengan bersih. Pertama-tama, tuangkan sekitar 15 ml atau satu tutup botol obat kumur. Bila obat kumur terasa terlalu keras, Anda dapat menambahkan air untuk mengencerkannya.


Berkumurlah dengan obat kumur selama kurang lebih satu menit. Kemudian, buang dan kumur kembali dengan air biasa selama 10 detik. Jangan lupa untuk membaca petunjuk penggunaannya karena tiap merek memiliki petunjuk penggunaan yang berbeda-beda.

Baca juga rekomendasi produk perawatan gigi dan mulut lainnya di sini

Selain obat kumur, terdapat produk perawatan gigi dan mulut lainnya. Anda bisa memadukan penggunaan berbagai produk perawatan gigi dan mulut agar lebih maksimal hasilnya. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mencari tahu informasi selengkapnya.

Kesimpulan

Obat kumur akan membantu Anda dalam merawat kesehatan gigi dan mulut. Selain itu, obat kumur akan menjaga napas tetap segar. Gunakanlah obat kumur secara rutin setelah menyikat gigi. Pilihlah produk mouthwash yang cocok berdasarkan tips yang sudah kami sampaikan. Produk rekomendasi dari kami juga dapat Anda jadikan pilihan. Ayo rawat kesehatan gigi dan mulut mulai dari sekarang!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Lebih Sehat - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Lebih Sehat - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022)
    Menyikat gigi menggunakan pasta gigi merupakan hal yang sangat penting agar gigi terhindar dari kerusakan. Kebanyakan orang masih bingung pasta gigi mana yang tepat. Anda bisa memilih pasta gigi dengan fluoride, untuk gigi sensitif, mengatasi bau mulut, dan lainnya.Ada berbagai merek pasta gigi yang bagus di pasaran, seperti Pepsodent, Sensodyne, Click, dan Enzim. Kali ini kami akan menginformasikan cara memilih pasta gigi, baik yang mengandung fluoride maupun tanpa deterjen. Cek komentar dokter gigi, drg. Galih Fata Anadza, dan temukan rekomendasi produk pasta gigi yang bagus untuk gigi lebih sehat.
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Anak Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Anak Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2022)
    Saat memasuki usia 1 tahun, gigi si kecil akan makin lengkap. Makanan yang dikonsumsi si kecil tentunya juga makin beragam. Untuk itu, para orang tua sudah mulai harus menyikat gigi si kecil dengan odol untuk anak 1 tahun.Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah pemilihan pasta gigi yang bagus untuk si kecil. Untuk itu, silakan simak cara memilih pasta gigi untuk anak 1 tahun beserta sepuluh rekomendasi produknya. Merek pasta gigi 1 tahun seperti Jack and Jill, dan Pigeon akan kami ulas di sini. Selamat membaca!
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pasta Gigi Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022)
    Menyikat gigi dimulai ketika gigi atas dan bawah anak mulai tumbuh. Di pasaran tersedia berbagai pilihan produk, mulai dari pasta gigi anak yang mengandung fluoride, xylitol, dan sebagainya. Saat ini Anda bahkan bisa menemukan pasta gigi untuk anak 6 bulan yang aman jika tertelan. Pemilihan pasta gigi anak yang tepat tentu menunjang kesehatan gigi anak. Karena itu, kami sudah menyiapkan tips memilih pasta gigi anak yang bagus sekaligus rekomendasi produknya. Ada beragam merek, seperti Pigeon, Kodomo, hingga Pepsodent. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter gigi kami, drg. Endah Nur Aini.
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Pemutih Gigi Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pemutih Gigi Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022)
    Gigi kekuningan berpotensi mengurangi kepercayaan diri Anda. Untungnya, sekarang ada banyak cara untuk memutihkan gigi kuning. Apabila pemutih gigi alami masih kurang ampuh untuk menghapus noda kekuningan, Anda bisa mencoba obat pemutih gigi.Kali ini kami akan memberikan rekomendasi pemutih gigi terbaik yang mudah ditemukan, baik secara online maupun di apotek. Produk yang direkomendasikan juga datang dari berbagai merek, mulai dari Lanbena sampai Crest. Baca juga tips memilih pemutih gigi yang bagus dari dokter gigi, drg. Joseph Gunawan. Di akhir artikel, kami juga akan memberitahukan cara alami memutihkan gigi.
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Memutihkan Gigi - Ditinjau oleh Endodontis (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pasta Gigi Terbaik untuk Memutihkan Gigi - Ditinjau oleh Endodontis (Terbaru Tahun 2022)
    Mempunyai gigi putih merupakan impian banyak orang. Bila Anda hendak membeli pasta gigi pemutih, ada beberapa hal yang perlu diketahui, misalnya kandungan zat abrasifnya. Namun, banyaknya produk odol pemutih gigi di pasaran mungkin membuat Anda bingung memilihnya.Kali ini kami akan membahas cara memilih pasta gigi yang bagus untuk memutihkan gigi. Kami juga akan mengulas rekomendasi pasta gigi pemutih gigi terbaik, seperti merek Pepsodent, Sensodyne, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh endodontis kami, drg. Ceples, Sp.KG. Mari simak dan dapatkan produk yang tepat untuk gigi tampak putih memesona!
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Sikat Gigi Terbaik Khusus Behel - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sikat Gigi Terbaik Khusus Behel - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022)
    Sikat gigi khusus behel wajib dimiliki bila Anda memakai kawat gigi. Karena sikat gigi ini berbeda dari sikat gigi pada umumnya, tentu Anda tak boleh asal-asalan memilih. Selain online shop, Anda bisa membelinya langsung di toko, seperti apotek, Indomaret, atau Alfamart.Kali ini kami akan memberikan tips memilih sikat gigi yang bagus untuk behel. Kami juga akan berbagi rekomendasi sikat gigi untuk behel dari berbagai merek. Ada sikat gigi orthodontic dari Dr. Smith hingga interdental brush dari SUNSTAR. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter gigi kami, drg. Endah Nur Aini.
    Perawatan gigi & mulut
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori