mybest
Mainan kucing

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan hewan
  3. Perawatan kucing
  4. 10 Rekomendasi Mainan Anak Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Mainan Anak Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Mainan Anak Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Mainan Anak Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Mainan Anak Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Mainan Anak Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Mainan Anak Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Mainan anak kucing dapat dimanfaatkan untuk membangun ikatan antara Anda dan kucing kesayangan. Anak kucing atau kitten juga masih bersemangat dalam mengenal benda-benda di sekitarnya. Hal ini cenderung membuat kucing Anda mencakar dan menggigit. Di sinilah mainan anak kucing berperan penting. Produknya bisa menjadi sarana kitten untuk eksplorasi.


Maka dari itu, kami akan menjelaskan cara memilih mainan anak kucing terbaik. Tak lupa, kami pun akan berbagi sepuluh rekomendasi mainan anak kucing yang bagus dan mengulasnya untuk Anda. Yuk, temukan mainan yang disukai kucing kesayangan Anda di artikel ini!

Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Perbedaan mainan untuk anak kucing dan yang untuk kucing dewasa

Perbedaan mainan untuk anak kucing dan yang untuk kucing dewasa

Anak kucing bisa kurang cocok dengan mainan kucing dewasa, begitu pula sebaliknya. Agar tidak salah pilih, Anda perlu mengenali perbedaan karakteristiknya. Mainan untuk anak kucing berfokus mengasah kemampuan sensoris dan motorikDi sisi lain, mainan untuk kucing dewasa didesain agar mengasah insting berburu


Selain itu, terdapat perbedaan tingkat risiko keamanan mainan untuk anak kucing dan mainan untuk kucing dewasa. Mainan untuk anak kucing rata-rata berukuran lebih kecil dari mainan untuk kucing dewasa. Produknya juga lebih lunak untuk digigit anak kucing berhubung giginya masih dalam masa pertumbuhan.


Di artikel ini kami akan membahas mainan untuk anak kucing. Kami juga telah mengulas mainan untuk kucing dewasa secara khusus di artikel berikut, lho. Silakan dikunjungi!

Cara memilih mainan anak kucing

Tidak semua mainan kucing yang beredar di pasaran dapat dimainkan kitten. Untuk itu, Anda perlu cermat dalam memilihnya. Berikut kami akan menjelaskan poin-poin penting yang perlu Anda ketahui sebelum membeli mainan anak kucing. Disimak baik-baik, ya.

1

Ketahui ciri khas mainan yang disukai anak kucing

Hal-hal tertentu akan menarik perhatian kitten dengan mudah. Nah, mainan anak kucing dapat menjadi sarananya. Oleh karena itu, pastikan produk pilihan Anda memiliki ciri khas yang akan kami jabarkan di bawah ini.

Mainan dengan bunyi, mengundang rasa ingin tahu kucing

Mainan dengan bunyi, mengundang rasa ingin tahu kucing

Pendengaran adalah salah satu indra yang paling berkembang pada anak kucing. Maka dari itu, pendengaran kucing sangat sensitif, contohnya pada suara tikus. Selain itu, kedua telinga kucing dapat mendengar suara yang berbeda di saat yang bersamaan. Tidak heran kalau kucing sangat cekatan saat mendengar suara asing.


Dengan demikian, mainan yang berbunyi akan menarik perhatian anak kucing. Tidak hanya itu, produknya juga dapat melatih pendengaran kitten, lho. Anak kucing pun akan makin terbiasa dengan suara yang baru sehingga pendengarannya makin tajam.

Mainan yang bergerak, memancing kucing untuk mengejar dan menangkap

Mainan yang bergerak, memancing kucing untuk mengejar dan menangkap

Benda yang disukai kucing biasanya bisa bergerak, terutama yang tidak mudah ditebak gerakannya. Anda memang bisa menirukannya dengan menggunakan tangan. Namun, tidak disarankan untuk bermain dengan kitten menggunakan tangan kosong. Pasalnya, anak kucing akan mengasosiasikan tangan Anda sebagai mainannya.


Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan mainan anak kucing yang daya tariknya digerakkan. Pancingan adalah salah satu mainan yang disukai kucing dari kategori ini. Anda dapat menggerak-gerakkannya supaya anak kucing tertarik untuk mengejar dan menangkap. Selain itu, mainan ini akan membuat kucing Anda aktif bergerak. Mainan interaktif yang bisa digerakkan sendiri oleh anak kucing juga tersedia, lho.

Mainan dengan warna mencolok, mudah dikenali kucing

Mainan dengan warna mencolok, mudah dikenali kucing

Kucing tidak memiliki kemampuan membedakan warna sebaik manusia. Pilihlah mainan dengan warna yang tegas karena akan lebih mudah dikenali oleh kucing. Dalam hal ini, Anda bisa memilih mainan kitten dengan warna terang ketimbang yang kusam. Sebagai informasi, mainan berwarna biru dan kuning akan mudah disukai anak kucing.

2

Pastikan bahannya nyaman untuk digigit dan dicakar anak kucing

Pastikan bahannya nyaman untuk digigit dan dicakar anak kucing

Walaupun anak kucing terlihat mungil dan perlu dilindungi, insting berburunya tidaklah berubah. Hal ini dapat terlihat dari perilakunya yang suka mengejar objek yang tidak dikenal. Selain itu, anak kucing suka menendang, memukul, dan memeluk benda.


Oleh karenanya, pilihlah mainan yang nyaman bagi anak kucing ketika ia mengeluarkan cakar dan taringnya. Dengan mainan yang berbahan kain atau material empuk lainnya, Anda tidak perlu khawatir anak kucing melukai dirinya.

3

Hindari mainan yang memiliki bagian-bagian kecil

Hindari mainan yang memiliki bagian-bagian kecil

Ketika menangkap mainan, kucing akan refleks memasukkannya ke mulut. Untuk itu, Anda harus mewaspadai mainan kitten dengan bagian kecil yang dapat terlepas. Bagian-bagian kecil itu berbahaya jika tidak sengaja tertelan. Jika hal tersebut terjadi, dalam kasus yang parah, anak kucing Anda mungkin perlu dioperasi sebelum terlambat.


Untuk mencegahnya, hindarilah mainan kitten yang memiliki bagian-bagian berukuran kecil. Mainan yang tampak aman pun jika sering digigit akan ada bagian yang dapat tertelan oleh kucing. Maka dari itu, dampingilah selalu ketika anak kucing bermain. Setelah bermain, simpanlah mainan di tempat yang tak terjangkau oleh anak kucing.

4

Pilih mainan yang bisa Anda mainkan bersama anak kucing

Pilih mainan yang bisa Anda mainkan bersama anak kucing

Anak kucing biasanya membutuhkan pengawasan Anda. Sebab itu, sangat disarankan untuk menemani kucing Anda bermain. Dengan demikian, ikatan Anda dengan anak kucing akan terbangun lebih kuat. Hal ini juga berguna untuk memperkenalkan cara bermain yang tepat pada kucing Anda. 


Selain itu, mainan yang dimainkan sendiri terkadang membosankan bagi anak kucing. Mainan tersebut tidak akan menarik lagi untuk dimainkan jika kucing Anda bosan. Oleh karenanya, pilihlah mainan anak kucing yang dapat Anda ubah gerakannya secara bebas. Mainan yang gerakannya berubah-ubah akan membuat kucing Anda makin giat dan bersemangat dalam bermain. 

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi mainan anak kucing terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk mainan anak kucing terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Bola Lonceng Mainan Kucing

 Bola Lonceng Mainan Kucing 1

Mulai dari Rp2.223,00

Lebih Murah

Bisa didorong-dorong sendiri oleh anabul, berbunyi pula!

2

Stick Mainan Kucing Bulu Lonceng

 Stick Mainan Kucing Bulu Lonceng 1

Mulai dari Rp6.500,00

Menengah

Menangkap bulu lebih seru dengan warna yang lucu

3

Mainan Bola Gigit Motif Pelangi

 Mainan Bola Gigit Motif Pelangi 1

Mulai dari Rp2.800,00

Agak Murah

Bahannya empuk, aman ketika membentur tubuh kucing

4

Mainan Kucing Tikus Bunyi Cit

 Mainan Kucing Tikus Bunyi Cit 1

Mulai dari Rp4.000,00

Agak Murah

Tumbuhkan insting berburu dengan suara khas tikus

5

Mainan Kucing Laser

 Mainan Kucing Laser 1

Mulai dari Rp5.200,00

Menengah

Bisa membuat anak kucing berlari keliling ruangan

6

Mainan Kucing Interaktif Tikus Pegas

 Mainan Kucing Interaktif Tikus Pegas 1

Mulai dari Rp7.500,00

Menengah

Pantulannya dapat meningkatkan semangat bermain anak kucing

7

Mainan Kucing Bola Tikus Goyang

 Mainan Kucing Bola Tikus Goyang 1

Mulai dari Rp9.888,00

Agak Mahal

Bonekanya nyaman dipeluk untuk anak kucing

8

Mainan Kucing Pancingan Boneka Tikus Lonceng

 Mainan Kucing Pancingan Boneka Tikus Lonceng 1

Mulai dari Rp12.000,00

Agak Mahal

Membangun kedekatan Anda dengan kucing kesayangan

9

Mainan Anak Kucing Bentuk Tikus Rattle

 Mainan Anak Kucing Bentuk Tikus Rattle 1

Mulai dari Rp4.299,00

Menengah

Bagian dalamnya berbunyi, anak kucing pun makin penasaran!

10

Tumbler Treat Ball

 Tumbler Treat Ball 1

Mulai dari Rp169.900,00

Lebih Mahal

Bisa dimainkan terus karena tidak akan jatuh

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Bola Lonceng Mainan Kucing

Bola Lonceng Mainan Kucing 1
Sumber: shopee.co.id
Bola Lonceng Mainan Kucing 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp2.223,00
Lebih Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp2.223,00
Lebih Murah

Bisa didorong-dorong sendiri oleh anabul, berbunyi pula!

Biasanya anak kucing membutuhkan bantuan Anda untuk membunyikan mainannya. Namun, tidak demikian halnya dengan produk yang satu ini. Mainan anak kucing ini merupakan bola berisi lonceng yang akan berbunyi ketika disentuh saja. Dengan begitu, kucing Anda bisa membunyikan mainan ini sesuka hatinya.


Selain membuatnya berbunyi, kucing Anda juga bisa menggerakkannya sendiri, lho. Bola ini akan bergulir ketika didorong-dorong oleh kucing Anda. Karena sepenuhnya bisa dimainkan sendiri oleh kitten, Anda dapat memberi mainan ini ketika tidak bisa menemaninya bermain. Tidak perlu khawatir kucing Anda bosan karena produk ini punya karakteristik-karakteristik yang bisa menarik perhatiannya.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Stick Mainan Kucing Bulu Lonceng

Stick Mainan Kucing Bulu Lonceng 1
Sumber: shopee.co.id
Stick Mainan Kucing Bulu Lonceng 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp6.500,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp6.500,00
Menengah

Menangkap bulu lebih seru dengan warna yang lucu

Cat teaser adalah salah satu mainan yang paling disukai kucing. Akan tetapi, mainan ini mudah rusak karena bisa ditarik-tarik oleh kucing. Nah, produk ini dapat Anda pertimbangkan untuk mengantisipasinya.


Karena harganya relatif terjangkau, Anda bisa membeli mainan kitten ini lebih dari satu sebagai cadangan. Dengan begitu, kucing kesayangan Anda tidak akan kehabisan cat teaser untuk dimainkan.

No.3

Mainan Bola Gigit Motif Pelangi

Mainan Bola Gigit Motif Pelangi 1
Sumber: shopee.co.id
Mainan Bola Gigit Motif Pelangi 2
Sumber: shopee.co.id
Mainan Bola Gigit Motif Pelangi 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp2.800,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp2.800,00
Agak Murah

Bahannya empuk, aman ketika membentur tubuh kucing

Anak kucing memiliki kebiasaan menggigit barang karena giginya masih dalam masa pertumbuhan. Agar kucing Anda tidak sembarang menggigit, berikanlah saja bola ini. Bahannya empuk sehingga aman sebagai mainan untuk kucing kecil.

Tak hanya itu, mainan ini dapat Anda manfaatkan untuk bermain bersama kucing kesayangan. Kucing Anda juga tidak akan merasa sakit saat terbentur dengan bola ini karena bahannya empuk. Karena relatif aman dan mudah dimainkan, Anda bisa menjadikan produk ini sebagai mainan untuk anak kucing 1 bulan.

No.4

Mainan Kucing Tikus Bunyi Cit

Mainan Kucing Tikus Bunyi Cit 1
Sumber: shopee.co.id
Mainan Kucing Tikus Bunyi Cit 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp4.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp4.000,00
Agak Murah

Tumbuhkan insting berburu dengan suara khas tikus

Kucing sudah memiliki insting berburu sejak usia kitten. Insting tersebut dapat diasah menggunakan produk ini. Ketika ditekan, mainan anak kucing ini akan berdecit sehingga membuatnya tampak seperti tikus sungguhan. Dengan begitu, kucing Anda akan makin semangat mengejarnya.


Selain itu, produk ini hadir dengan ragam warna yang mencolok. Kucing Anda akan mudah mengenali mainan berbentuk tikus ini saat Anda mengajaknya bermain. Bagi Anda yang ingin mengasah insting berburu kucing sejak dini, mainan ini dapat dipilih.

No.5

Mainan Kucing Laser

Mainan Kucing Laser 1
Sumber: blibli.com
Harga referensi
Mulai dari Rp5.200,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp5.200,00
Menengah

Bisa membuat anak kucing berlari keliling ruangan

Cahaya yang bergerak cepat akan mudah menarik perhatian anak kucing. Nah, Anda bisa mendapatkannya dari mainan anak kucing ini. Cahaya laser LED dari produk ini dapat diarahkan ke lantai atau dinding untuk dikejar kucing Anda. Namun, Anda harus menghindari kontak langsung antar sinar laser dengan mata anak kucing, ya!


Anda dapat membuat anak kucing berlari keliling ruangan dengan memainkan cahaya dari produk ini. Oleh karena itu, produk ini cocok untuk kucing dengan area bermain yang luas. Mainan kitten ini juga dapat dimainkan di mana saja karena mudah dibawa.

No.6

Mainan Kucing Interaktif Tikus Pegas

Mainan Kucing Interaktif Tikus Pegas 1
Sumber: shopee.co.id
Mainan Kucing Interaktif Tikus Pegas 2
Sumber: shopee.co.id
Mainan Kucing Interaktif Tikus Pegas 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp7.500,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp7.500,00
Menengah

Pantulannya dapat meningkatkan semangat bermain anak kucing

Mainan anak kucing ini terdiri dari pegas yang kuat dan boneka tikus di ujungnya. Saat dimainkan kucing Anda, produk ini akan bergoyang-goyang. Hal ini tentu akan membuat kucing Anda makin semangat untuk menangkap boneka tikusnya.


Selain di lantai, Anda juga bisa menempelkan mainan kitten ini di dinding untuk variasi permainan. Karena diam di tempat, produk ini akan cocok untuk anak kucing yang area bermainnya tidak terlalu luas.

No.7

Mainan Kucing Bola Tikus Goyang

Mainan Kucing Bola Tikus Goyang 1
Sumber: shopee.co.id
Mainan Kucing Bola Tikus Goyang 2
Sumber: blibli.com
Harga referensi
Mulai dari Rp9.888,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp9.888,00
Agak Mahal

Bonekanya nyaman dipeluk untuk anak kucing

Biasanya boneka berbentuk tikus tidak dapat bergerak ketika dimainkan. Berbeda dengan boneka tikus biasa, mainan anak kucing ini dapat bergerak ke kiri dan kanan hanya dengan disentuh. Hal tersebut dapat membuat anak kucing terkesan dan ingin memainkan produk ini.


Bagian bola mainan ini terbuat dari karet sehingga tidak terlalu keras untuk kitten. Sementara itu, boneka tikusnya cukup besar untuk dipeluk anak kucing. Jika Anda ingin memanjakan kucing Anda, produk ini adalah pilihannya.

No.8

Mainan Kucing Pancingan Boneka Tikus Lonceng

Mainan Kucing Pancingan Boneka Tikus Lonceng 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp12.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp12.000,00
Agak Mahal

Membangun kedekatan Anda dengan kucing kesayangan

Usia kitten adalah waktu paling ideal untuk melatih kelincahan agar kucing Anda tetap sehat saat dewasa. Maka dari itu, kami merekomendasikan mainan ini untuk Anda yang ingin membiasakan anak kucing aktif bergerak. Pancingan produk ini dapat digoyangkan sehingga kucing Anda akan terpacu untuk menangkap.


Selain menyehatkan untuk kucing, memainkan produk ini bersama-sama dapat membangun kedekatan personal antara Anda dan kucing kesayangan. Efeknya, kucing Anda akan lebih jinak saat beranjak dewasa. Sambil melatih kucing, Anda juga bisa memperhatikan tingkah lucunya saat memainkan mainan kitten ini.

No.9

Mainan Anak Kucing Bentuk Tikus Rattle

Mainan Anak Kucing Bentuk Tikus Rattle 1
Sumber: shopee.co.id
Mainan Anak Kucing Bentuk Tikus Rattle 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp4.299,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp4.299,00
Menengah

Bagian dalamnya berbunyi, anak kucing pun makin penasaran!

Anak kucing mudah penasaran dan masih ingin mengeksplorasi hal baru, apalagi jika mendengar suara yang mencurigakan. Dengan kelereng di dalam, mainan anak kucing ini akan mengeluarkan bunyi saat digerakkan. Kucing Anda akan makin penasaran karena bagiannya yang berbunyi tidak terlihat.

Tidak hanya berbunyi, produk ini juga lembut dan aman untuk digigit anak kucing. Dengan semua karakteristiknya tersebut, produk ini bisa dimanfaatkan untuk melatih kucing Anda bermain fetch sejak dini.

No.10

Tumbler Treat Ball

Tumbler Treat Ball 1
Sumber: shopee.co.id
Tumbler Treat Ball 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp169.900,00
Lebih Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp169.900,00
Lebih Mahal

Bisa dimainkan terus karena tidak akan jatuh

Jika kucing Anda mudah bosan dengan mainan baru, produk ini bisa jadi solusinya. Produk ini terdiri dari dua permainan yang dapat dimainkan secara bersamaan. Kucing Anda dapat bermain pancingan atau bola sesuai keinginannya. Mainan kitten ini bahkan tidak akan jatuh saat dimainkan berkat desainnya yang menyerupai telur. 


Selain itu, mainan anak kucing ini bisa memberikan snack karena terdapat dispenser makanan di dalamnya. Jadi, Anda bisa memancing anak kucing untuk terus bermain dengan memasukkan snack ke dalam produk ini. Mainan yang multifungsi, bukan?

Fungsi mainan dalam mengontrol kebiasaan kucing mencakar dan menggigit

Fungsi mainan dalam mengontrol kebiasaan kucing mencakar dan menggigit

Pada dasarnya anak kucing sangatlah aktif. Ia akan bereaksi pada berbagai hal dan menunjukkan ketertarikannya dengan cara mengeluarkan gigitan atau cakaran. Anda mungkin merasa gemas ketika anak kucing melakukan hal itu. Tidak jarang juga pemilik yang membiarkan anak kucing bermain di sekitar lengan dan tangan mereka.


Namun, ketika kucing ingin bermain atau merasa stres, terkadang ia akan berulang kali mencakar dan menggigit Anda. Kebiasaan ini akan lebih sulit diperbaiki saat kucing Anda mulai beranjak dewasa karena kekuatannya pun bertambah. Oleh sebabnya, Anda perlu mengatasi kebiasaan ini sejak dini.


Untuk itu, berikanlah mainan pada kucing Anda sejak ia kecil sehingga kebiasaan tersebut dapat terkontrol. Jika Anda masih sering digigit atau dicakar anak kucing, Anda dapat melatih mereka dengan berpura-pura berteriak kesakitan.

Baca juga rekomendasi produk perawatan kucing lainnya di sini

Selain mengajaknya bermain, Anda pun bisa mendandani anak kucing. Baju, sisir, hingga hammock kucing akan membuat tampilannya makin cute. Anda tak mau melewatkan hal itu? Rekomendasi produknya sudah kami siapkan di artikel-artikel berikut. Yuk, dibaca!

Kesimpulan

Mainan untuk anak kucing sudah beragam dan tidak boleh dipilih dengan sembarangan. Saat memilihnya pun harus Anda pikirkan matang-matang agar mudah disukai anak kucing. Dengan begitu, mainan pilihan Anda tidak lekas membuat anak kucing bosan.


Kami berharap Anda bisa menemukan mainan anak kucing terbaik dari cara memilih dan rekomendasi produk di atas. Pilihlah produk yang tepat agar nyaman dan aman bagi anak kucing. Selamat membahagiakan dan bermain bersama kucing Anda!

5 Rekomendasi Mainan Anak Kucing terbaik

No. 1: Bola Lonceng Mainan Kucing

No. 2: Stick Mainan Kucing Bulu Lonceng

No. 3: Mainan Bola Gigit Motif Pelangi

No. 4: Mainan Kucing Tikus Bunyi Cit

No. 5: Mainan Kucing Laser

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan hewan
  3. Perawatan kucing
  4. 10 Rekomendasi Mainan Anak Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.