10 Rekomendasi Teh Terbaik untuk Kesehatan (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Teh Terbaik untuk Kesehatan (Terbaru Tahun 2018)

Teh merupakan minuman herbal yang kaya manfaat kesehatan jika dikonsumsi secara rutin. Mulai dari teh hijau, teh hitam, teh putih, dan berbagai jenis teh bunga-bungaan lainnya menyimpan beragam khasiat yang baik untuk tubuh Anda.

Pada kesempatan ini, kami akan memperkenalkan jenis-jenis teh kesehatan atau teh herbal yang akan membantu Anda meringankan masalah kesehatan Anda. Kemudian, kami juga akan memberikan rekomendasi teh terbaik untuk Anda. Silakan pilih sesuai khasiat yang Anda butuhkan. Selamat membaca!

Daftar isi

Apa manfaat yang diperoleh dari mengonsumsi teh?

Ketika Anda hendak membeli teh kesehatan, Anda akan dihadapkan pada beragam jenis teh. Masing-masing jenis teh tersebut memiliki khasiat tersendiri. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan khasiatnya berikut ini.

Efek detoks dan mengatasi sembelit

Efek detoks dan mengatasi sembelit

Teh baik bagi pergerakan usus Anda karena teh dapat menghidrasi tubuh. Dengan meminum teh, pencernaan Anda akan lebih sehat, terlebih kebanyakan teh herbal memiliki kandungan yang dapat membantu proses detoksifikasi tubuh Anda, dan efektif membantu melancarkan pencernaan. Salah satu jenis teh yang bagus untuk detoksifikasi tubuh dan melancarkan pencernaan adalah teh putih atau teh yang mengandung butterfly pea dan serai.

Menyegarkan tubuh dan menghilangkan stres

Menyegarkan tubuh dan menghilangkan stres

Di zaman modern ini, padatnya kegiatan sehari-hari menyebabkan orang rentan mengalami stres. Stres dapat memperburuk kualitas tidur yang tentunya akan berimbas pada kesehatan tubuh Anda. Jika Anda mengalami kesulitan tidur, teh bisa menjadi solusinya.

Teh kesehatan mengandung vitamin dan mineral yang membantu mengurangi rasa lelah. Aroma dalam secangkir teh hangat juga akan membuat Anda lebih rileks. Ada banyak produk teh kesehatan yang kaya akan vitamin dan mineral untuk membantu memulihkan kondisi tubuh. Disarankan agar Anda memilih teh oolong atau teh dengan kandungan butterfly pea, jahe, dan chamomile agar tubuh lebih rileks dan sehat kembali. Bahan-bahan tersebut mengandung vitamin E dan C yang baik bagi tubuh Anda.

Manfaat kecantikan untuk para wanita

Manfaat kecantikan untuk para wanita

Dikatakan bahwa teh tidak hanya kaya akan vitamin dan mineral, tetapi juga baik untuk menjaga kecantikan kulit. Banyak teh memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi untuk mencegah penuaan dini. Selain itu, teh yang diminum selagi hangat juga membantu menjaga sirkulasi darah Anda tetap lancar. Ada pula teh yang dapat membantu menurunkan berat badan. Maka, pilihlah jenis teh oolong atau teh yang mengandung serai, butterfly pea, polifenol, flavonoid, atau peppermint untuk menjaga kecantikan kulit Anda senantiasa.

Cara memilih teh untuk kesehatan

Berikutnya kami akan menjelaskan cara memilih teh kesehatan. Simaklah satu-persatu dan pilihlah teh yang tepat untuk Anda.

Pilih teh sesuai kondisi dan kebutuhan tubuh Anda

Pilih teh sesuai kondisi dan kebutuhan tubuh Anda

Hal terpenting dalam memilih teh adalah Anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Sebagai contoh, jika Anda merasa penat saat beraktivitas, pilihlah teh yang memiliki efek relaksasi. Kemudian bila Anda memiliki masalah kesulitan tidur, teh tanpa kandungan kafein akan cocok sebab tidak membuat tubuh Anda semakin terpacu dan Anda pun bisa tidur dengan nyenyak. Lain halnya bila Anda ingin berdiet, pilihlah teh yang dapat membantu menurunkan berat badan dan membakar kalori Anda lebih cepat.

Dengan memilih yang sesuai apa yang Anda butuhkan, Anda akan merasakan banyak manfaat dari teh bagi tubuh Anda. Karena itu, pilihlah dengan tepat sesuai kebutuhan dan kondisi tubuh Anda.

Pilih teh berdasarkan daerah asalnya

Pilih teh berdasarkan daerah asalnya

Setiap makanan dan minuman dari alam rentan terhadap pencemaran tanah dan pengaruh dari lingkungan sekitar, tidak terkecuali teh. Anda harus berhati-hati terhadap teh yang berasal dari negara yang memiliki tingkat polusi parah karena hal tersebut akan mempengaruhi kondisi tanah di negara tersebut juga. Maka, selain mencermati khasiat dari teh, pertimbangkan juga dari mana teh tersebut berasal.

Produsen teh besar biasanya mengambil bahan baku dari berbagai daerah. Selain keamanannya dipertanyakan, rasanya juga dapat berubah-ubah. Karena itu, perhatikan selalu label dan keterangan yang tertera pada kemasan teh serta ambillah produk keluaran domestik yang mengambil bahan baku hanya dari satu tempat saja. Hal ini tentu lebih aman dan membantu Anda menentukan teh mana yang aman dikonsumsi.

Pilih teh yang bebas pestisida agar lebih aman

Pilih teh yang bebas pestisida agar lebih aman

Teh merupakan tanaman yang tidak memiliki kulit pelindung seperti buah. Anda tidak dapat mencucinya seperti halnya buah dan sayuran. Jadi, bila teh ditanam menggunakan pestisida, bisa jadi residu pestisida tersebut ikut terminum oleh Anda. Sebelum membeli, Anda perlu memastikan apakah produk tersebut bebas pestisida, atau produk yang mengandung pestisida, tetapi sudah tersertifikasi. Selain itu, sebisa mungkin pilihlah produk yang tidak diberi tambahan rasa maupun pemanis buatan di dalamnya. Usahakan untuk memilih produk teh yang diproduksi secara organik tanpa pestisida atau bahan kimia tambahan.

Pilih single tea tanpa campuran daun teh lain lebih direkomendasikan

Pilih single tea tanpa campuran daun teh lain lebih direkomendasikan

Anda mungkin akan menemui produk teh yang berisi lebih dari satu jenis daun teh. Contohnya seperti teh dari campuran daun teh hijau dengan daun teh hitam. Sebetulnya bukan berarti teh campuran itu buruk, tetapi ketika Anda ingin fokus pada suatu manfaat kesehatan yang ingin dicapai, teh yang terbuat dari satu jenis daun teh saja tentu lebih berkhasiat. Hal ini terjadi karena setiap jenis daun teh memiliki khasiat berbeda-beda.

Bila kondisi fisik Anda sedang bagus dan Anda merasa sehat, tidak masalah meminum teh yang terbuat dari campuran berbagai jenis daun teh. Tentunya akan memberikan rasa dan sensasi berbeda juga untuk Anda.

10 Rekomendasi teh terbaik untuk kesehatan

Kami telah menjelaskan cara memilih teh. Sekarang, saatnya kami memberikan rekomendasi teh terbaik untuk kesehatan pilihan kami untuk Anda.

10. Lipton Sir Thomas Lipton Peppermint

10. Lipton Sir Thomas Lipton Peppermint

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 69.900

Segarkan tubuh dengan sensasi dingin peppermint-nya

Lipton merupakan teh kenamaan yang telah menghadirkan banyak varian teh untuk menemani hari-hari Anda. Salah satu yang kami rekomendasikan kepada Anda adalah varian Sir Lipton Peppermint. Terbuat dari daun peppermint dan nol kafein, teh ini cocok untuk Anda yang menghindari kandungan kafein.

Daun peppermint dikenal dengan sensasi dinginnya yang memberikan rasa sejuk dan segar. Maka dari itu, teh ini sangat cocok untuk menemani Anda berelaksasi di waktu istirahat dan melepas penat setelah seharian bekerja. Berhubung dibuat tanpa kafein, teh ini juga akan membantu istirahat Anda lebih nyenyak pada malam hari, lho.

9. Artea Batas Senja – Premium Honey Oolong Tea

9. Artea Batas Senja - Premium Honey Oolong Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 60.000

Jaga performa dan kesehatan Anda lebih lagi dengan teh ini

Teh yang satu ini pasti sudah sering Anda dengar, tetapi apakah Anda benar-benar tahu teh seperti apakah ini? Teh oolong merupakan teh yang memiliki paduan rasa antara teh hijau dan teh hitam. Hal itu disebabkan teh ini diproses secara semi fermentasi sehingga menghasilkan aroma yang pekat dan warna keemasan saat diseduh.

Selain berkhasiat untuk menjaga kadar kolesterol dan gula darah, teh oolong ini juga dapat membantu menurunkan berat badan Anda. Sangat cocok untuk Anda yang ingin menjaga performa tubuh dan kesehatan sekaligus berdiet. Apalagi, teh lokal yang dipetik dari Banten ini juga telah ditambahkan madu agar semakin berkhasiat bagi tubuh Anda.

8. Havelteh Kings of Dawn White Tea

8. Havelteh Kings of Dawn White Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 80.000

Detoksifikasi tubuh dan menjaga kecantikan kulit Anda sekaligus

Havelteh menyajikan produk teh putih yang dikenal sebagai pembuang racun dalam tubuh. Selain berguna untuk detoksifikasi tubuh, teh ini juga sarat akan kandungan polifenol dan flavonoid sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit Anda.

Teh ini dikemas dalam 10 pyramid bag untuk memudahkan Anda menyeduhnya tanpa perlu menakar lagi. Kini Anda bisa menikmati secangkir teh hangat untuk merilekskan pikiran Anda kapan saja Anda mau. Agar lebih enak, Anda bisa menambahkan sesendok madu atau beberapa tetes jeruk nipis pada teh ini.

7. Ahmad Tea Verbena

7. Ahmad Tea Verbena

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 179.900

Rasakan efek relaksasi maksimal dari bunga verbena ini

Produk teh berbahan bunga memang masih terasa asing. Namun, kini kami perkenalkan produk teh dari bunga verbena keluaran Ahmad Tea yang menawarkan efek relaksasi yang menenangkan. Terbuat dari 100% bunga verbena yang bebas kafein, istirahat malam hari Anda tentu akan terasa lebih rileks.

Tidak hanya cocok untuk Anda yang mengalami kesulitan tidur, teh ini juga cocok untuk menemani waktu santai Anda setelah lelah seharian. Dengan klaim bahwa produknya 100% natural, Anda tak perlu risau ada kandungan bahan kimia lain di dalamnya. Nikmati secangkir teh hangat bunga verbena dan dapatkan istirahat yang berkualitas!

6. Enchantea Forget Me Not (Myosotis) Flower Tea

6. Enchatea Forget Me Not (Myositis) Flower Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 70.000

Mencerahkan kulit dan mencegah flek hitam? Bisa!

Selanjutnya kami perkenalkan teh bunga produksi lokal asal Pekanbaru, Enchantea Forget Me Not Flower Tea. Teh ini berbahan bunga myosotis dan kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin C berguna untuk mencerahkan kulit dan mencegah munculnya flek hitam sehingga teh ini cocok untuk Anda yang mendambakan kulit sehat nan cerah.

Tidak hanya itu, teh ini juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan detoksifikasi liver. Rasa tehnya yang ringan akan membuat Anda dapat meminumnya dengan nyaman, dan tidak meninggalkan rasa mengganjal di tenggorokan. Bila Anda ingin menambah rasa dan khasiat dari teh ini, Anda bisa mencampurkan madu.

5. Singabera Nawakani Chai Tea

5. Singabera Nawakani Chai Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : 67.000

Kombinasi teh hitam dan rempahnya sangat berkhasiat!

Teh satu ini memadukan teh hitam dengan rempah-rempah dari petani setempat, seperti jahe, kapulaga, pala, kayu manis, dan berbagai rempah lainnya. Dengan adanya bahan yang beragam, teh ini cocok untuk Anda yang menyukai teh kaya rasa dan ingin mendapatkan manfaat kesehatan dari berbagai kandungan rempah di dalamnya.

Rempah-rempahnya akan menghangatkan tubuh Anda serta membantu melarutkan batu ginjal. Di sisi lain, teh hitamnya berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung, bersifat antikanker, mengurangi risiko diabetes, dan sebagainya. Singabera juga menjamin produknya 100% alami tanpa pewarna, pewangi, perasa, dan pemanis buatan.

4. Stash Organic Chamomile Herbal Tea

4. Stash Organic Chamomile Herbal Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 140.000

Teh chamomile organik dengan segudang kebaikan untuk Anda!

Jika Anda mencari teh chamomile organik, Stash Organic Tea adalah rekomendasi kami. Teh ini terbuat dari 100% bunga chamomile organik tanpa kandungan kafein sehingga cocok untuk Anda yang ingin mengatasi insomnia. Pikiran Anda yang penat dan lelah pun akan lebih tenang setelah Anda meminum teh dengan efek relaksasi ini.

Kemudian, chamomile juga diketahui memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, dan mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan begitu, daya tahan tubuh Anda akan meningkat dan Anda tidak mudah terserang penyakit lagi. Tentu sangat menyenangkan bila dapat menjaga kesehatan dengan meminum teh chamomile ini.

3. Gryphon Marrakesh Mint

3. Gryphon Marrakesh Mint

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 269.900

Menurunkan kadar kolesterol sekaligus mendapatkan napas segar? Mengapa tidak?

Bagi Anda yang gemar mengonsumsi teh hijau, pasti tak ingin melewatkan produk yang satu ini. Teh hijau sudah terkenal dengan kandungan polifenol yang tinggi sebagai antioksidan serta aromanya yang menenangkan. Bila Anda ingin menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda, teh ini juga direkomendasikan untuk Anda.

Tidak hanya menawarkan khasiat teh hijau untuk Anda, teh dari Gryphon ini juga telah menambahkan kandungan peppermint, spearmint, dan serai untuk membuat rasa teh lebih segar. Adanya tambahan spearmint dan peppermint akan membuat napas Anda lebih segar berkat sifat antibakteri yang dimilikinya.

2. Blue Paradise Blended Tea

2. Blue Paradise Blended Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 95.000

Tidak hanya warnanya yang unik, manfaatnya pun melimpah!

Teh rekomendasi kami kali ini merupakan teh yang terbuat dari gabungan bunga butterfly pea organik dan serai. Saat diseduh, teh ini akan berwarna biru, tetapi saat Anda campurkan dengan beberapa tetes lemon atau jeruk nipis, warnanya akan berubah menjadi ungu. Teh ini cocok untuk Anda yang bosan dengan warna teh yang itu-itu saja.

Di sisi lain, teh ini memiliki kandungan manfaat yang melimpah. Butterfly pea berguna untuk mengurangi stress, detoksifikasi tubuh, sampai menjernihkan penglihatan, sedangkan serai mengandung banyak vitamin dan mineral serta baik untuk mengurangi kolesterol dan tekanan darah tinggi. Dengan segala manfaat dan keunikannya, teh ini sangat menarik, bukan?

1. Petaloz Rose Bud Tea

1. Petaloz Rose Bud Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 80.000

Konsentrasi vitamin C yang tinggi akan membuat tubuh Anda semakin sehat

Anda sering menjumpai mawar sebagai penghias ruangan atau hadiah. Tapi siapa sangka bunga mawar yang masih kuncup mengandung konsentrasi vitamin C yang lebih tinggi dari buah jeruk atau tomat. Vitamin C yang tinggi ini menjadikan Petaloz Rose Bud Tea sebagai teh yang cocok untuk menjaga kesehatan kulit dan pelawan flu yang alami.

Teh mawar juga mengandung asam organik yang dapat mencegah berbagai masalah pencernaan, membersihkan toksin dari kandung kemih dan ginjal, serta mengurangi resiko infeksi saluran kemih. Teh ini juga dapat dikonsumsi di kala Anda penat teh ini karena memiliki efek penenang yang baik dan dapat mengobati insomnia.

Kesimpulan

Kami sudah memberikan rekomendasi produk teh untuk kesehatan pilihan kami. Apakah artikel kami membantu Anda dalam menemukan produk teh herbal terbaik? Ada banyak pilihan untuk berbagai kondisi dan kebutuhan tubuh Anda. Silakan tentukan berdasarkan poin dan cara memilih yang sudah kami jelaskan sebelumnya. Nikmati secangkir teh herbal untuk menjaga kesehatan Anda dan dapatkan efek relaksasi dari teh hangat tersebut.