• 10 Rekomendasi Margarin Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Margarin Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Margarin Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Margarin Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Margarin Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Margarin Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Di Indonesia, margarin sering dikonsumsi sebagai teman makan roti tawar, bahan pembuat kue kering, cake, donat, atau pengganti minyak goreng saat menumis. Anda dapat dengan mudah menemukan margarin dengan berbagai merek, seperti Blue Band, forVITA, Palmia, Filma, dan sebagainya.

Setiap produk margarin memiliki keistimewaan yang berbeda, bahkan ada yang lebih cocok untuk kegunaan tertentu saja. Pada artikel kali ini, kami akan membahas poin-poin yang perlu diketahui saat memilih margarin. Selain itu, terdapat rekomendasi margarin terbaik yang telah kami pilih dengan saksama. Yuk, kita mulai!
  • Pembaharuan terakhir: 16 November 2020
  • 88.068 Views
Daftar isi

Cara memilih margarin

Ketika memilih margarin, faktor utama yang bisa dipertimbangkan adalah harga, rasa, dan manfaatnya bagi tubuh. Nah, kali ini kami akan mengajak Anda untuk mengetahui lebih dalam mengenai poin-poin penting yang harus diketahui ketika memilih margarin.

Pilih berdasarkan jenis kemasannya

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika memilih margarin adalah jenis kemasannya. Akan lebih nyaman jika kemasannya dapat mempermudah Anda dalam mengambil margarin. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya memilih kemasan margarin yang sesuai dengan tujuan penggunaan.

Kemasan container: cocok untuk penggunaan sehari-hari

Kemasan container: cocok untuk penggunaan sehari-hari
Biasanya, margarin yang dijual di supermarket tersedia dalam kemasan container plastik. Container plastik adalah kemasan yang baik karena lebih praktis. Namun, ada juga produk yang dikemas dengan lembaran aluminium. Kemasan aluminium ini cukup sulit ditemui di toko online Indonesia. Sebagai gantinya, Anda dapat dengan mudah menemukan margarin yang dikemas dalam bungkus plastik.
Penting untuk diketahui bahwa margarin adalah bahan pangan yang mudah teroksidasi sehingga harus disimpan dalam wadah yang bisa ditutup rapat dan disimpan dengan aman. Jadi, jika margarin pilihan Anda dijual dalam kemasan aluminium atau plastik, ingatlah untuk memindahkannya ke wadah lain yang lebih aman.
Pertimbangkan juga mengenai bentuk wadahnya. Akan lebih baik jika Anda menggunakan wadah yang bentuknya dapat memudahkan Anda untuk menyimpannya di dalam kulkas. Terlebih jika wadah tersebut tidak menghabiskan banyak ruang di kulkas.

Kemasan container mini: praktis untuk acara makan bersama

Kemasan container mini: praktis untuk acara makan bersama
Ketika acara makan bersama atau pesta, penggunaan margarin dalam satu container tentunya akan terasa tidak higienis. Untuk itu, kami menyarankan Anda memilih margarin dalam kemasan mini.
Penggunaan container mini juga membantu penyimpanan margarin menjadi lebih mudah. Margarin tidak akan mengalami oksidasi karena umumnya langsung habis dalam sekali pemakaian. Selain itu, porsi yang sudah diatur akan membuat Anda lebih mudah mengatur konsumsi margarin dibanding dengan menggunakan margarin kemasan besar.

Kemasan besar: untuk membuat kue

Kemasan besar: untuk membuat kue
Margarin juga sering kali digunakan sebagai pengganti mentega (butter) dalam pembuatan kue. Kebutuhan margarin untuk membuat kue biasanya tidak sedikit. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya membeli margarin dalam kemasan besar jika sering membuat kue di rumah.
Sebisa mungkin pilihlah margarin yang mencantumkan tulisan “salt free” atau “margarine for cake” sehingga tidak merusak rasa kue yang Anda buat. Sebagian produsen juga menyediakan margarin tanpa garam dalam kemasan kecil. Cocok untuk Anda yang ingin membuat kudapan manis dalam porsi kecil saja.

Kemasan balok: tepat untuk membuat Danish pastry

Kemasan balok: tepat untuk membuat Danish pastry
Danish Pastry adalah roti dengan ciri khas berupa lapisan adonan yang berlapis-lapis dan beraroma harum. Mentega memang dapat memberikan rasa yang lebih lezat pada Danish Pastry. Namun, margarin yang sesuai akan membantu Danish Pastry Anda lebih renyah dibanding dengan menggunakan mentega.
Pada saat ini, sudah tersedia produk margarin yang dibuat khusus untuk pembuatan Danish Pastry, biasanya dikemas dalam bentuk balok. Jika dibungkus rapat, margarin jenis ini umumnya dapat disimpan dengan baik. Anda yang hobi membuat roti di rumah dapat membelinya dalam kemasan besar tanpa perlu khawatir margarin akan rusak.

Perhatikan kandungan nutrisinya!

Ketika memilih margarin, kandungan nutrisi adalah hal yang harus diperhatikan. Terutama untuk Anda yang selalu makan roti dengan margarin di pagi hari, hal tersebut tidak boleh disepelekan.

Pilih produk dengan kadar asam lemak trans yang rendah

Pilih produk dengan kadar asam lemak trans yang rendah
Di dalam margarin terdapat kandungan asam lemak trans. Asam lemak trans adalah lemak yang terbentuk pada saat minyak cair dipadatkan. Lemak trans ini dapat meningkatkan kadar LDL (low density lipoprotein) yang berbahaya bagi kesehatan jantung. Di luar negeri, sudah banyak negara yang membatasi kandungan asam lemak trans yang ada di produk pangannya.
Di Indonesia, BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) telah membuat standar mengenai kuantitas asam lemak trans dalam suatu produk. Suatu produk dikatakan rendah asam lemak trans jika kandungannya ≤ 1,5 gram per 100 gram margarin. Nah, demi kesehatan, alangkah baiknya bila Anda juga jeli dalam memperhatikan hal ini. Anda tak perlu khawatir karena sekarang ini telah banyak produk margarin yang diklaim rendah asam lemak trans.

Periksa dengan teliti bahan aditif dari margarin

Periksa dengan teliti bahan aditif dari margarin
Sebagian produsen mengklaim bahwa produk margarinnya memiliki kandungan kalori dan kolesterol lebih rendah dibandingkan dengan produk lainnya. Produk seperti ini umumnya masuk dalam kategori fat spread dengan karakteristik rendah lemak sehingga kalorinya juga lebih rendah. Namun, berhati-hatilah karena biasanya produk seperti ini memiliki campuran bahan aditif tertentu.
Untuk jangka pendek atau ketika sedang diet, produk seperti ini memang pilihan tepat. Akan tetapi, untuk jangka panjang, bahan aditifnya dapat memberikan efek negatif bagi kesehatan. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tidak hanya memeriksa kandungan asam lemak, tetapi juga komposisinya secara keseluruhan. Sebagai informasi tambahan, margarin dengan komposisi yang sederhana biasanya lebih aman dikonsumsi.

Pilih margarin dengan rasa yang bervariasi

Pilih margarin dengan rasa yang bervariasi
Beberapa produk margarin memiliki tambahan rasa, contohnya adalah rasa bawang putih. Variasi rasa ini akan menambah gurihnya rasa masakan Anda. Di samping itu, ada juga margarin dengan rasa butter yang akan disukai oleh para pencinta produk dairy. Sebenarnya, beberapa produsen juga mengeluarkan produk margarin yang dikemas bersamaan dengan selai atau madu. Sayangnya, produk seperti itu cukup sulit ditemukan di toko online Indonesia.
Rasa margarin yang bervariasi ini dapat membantu Anda agar tidak cepat bosan dengan rasa margarin yang begitu-begitu saja, apalagi Anda mengonsumsinya setiap hari.

10 Rekomendasi margarin terbaik

Memilih margarin yang cocok untuk Anda dan keluarga tentunya dipengaruhi banyak faktor seperti rasa, bentuk kemasan, dan lain-lain. Nah, berikut kami akan memberikan rekomendasi margarin terbaik bagi Anda. Tetap disimak, ya!
10
Jenis kemasanContainer dan plastik
Volume200 gram, 250 gram, 2 kg, 4,5 kg, 15 kg
Kandungan asam lemak transTidak ada
RasaPlain
Bahan bakuMinyak nabati, air, garam, pengemulsi nabati, pengemulsi lesitin kedelai, perias margarine, pewarna anato, tartrasin, pengatur keaasaman, sekuestran EDTA , antibioksidan (BHA, BHT), vitamin A, dan vitamin D
9
Jenis kemasanPlastik
Volume200 gram
Kandungan asam lemak transTidak ada
RasaPlain
Bahan bakuMinyak nabati, air, garam, pengemulsi nabati, vitamin A, vitamin D, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin E, pengatur keaasaman, sekuestran EDTA, antioksidan, perisa identik alami mentega, pewarna makanan
8
Jenis kemasanContainer dan plastik
Volume200 gram dan 250 gram
Kandungan asam lemak transTidak diketahui
RasaPlain
Bahan bakuMinyak nabati, air, garam, pengemulsi nabati, perisa (artificial alami), vitamin (A, B1, B2, B12, D, E, Niasin, Asam Folat)
7
Jenis kemasanContainer
Volume10 gram
Kandungan asam lemak trans0,6 gram
RasaPlain
Bahan bakuMinyak nabati (di dalamnya termasuk minyak canola), air, garam, pengemulsi, vitamin A, vitamin D, sorbic acid, pewarna alami, perisa alami, pengatur keasaman,
6
Jenis kemasanBesar
Volume5 kg dan 15 kg
Kandungan asam lemak transTidak diketahui
RasaFruity
Bahan bakuTidak diketahui
5
Jenis kemasanPlastik
Volume200 gram
Kandungan asam lemak transTidak diketahui
RasaGarlic flavor
Bahan bakuMinyak nabati, air, garam, pengemulsi nabati, perisa (artificial alami), minyak bawang putih
4
Jenis kemasanBalok
Volume12 kg
Kandungan asam lemak transTidak diketahui
RasaButtery-milky
Bahan bakuTidak diketahui
3
Jenis kemasanBesar
Volume15 kg
Kandungan asam lemak transTidak ada
RasaFruity butter
Bahan bakuTidak diketahui
2
Jenis kemasanContainer
Volume500 gram
Kandungan asam lemak transo,5 gram
RasaPlain
Bahan bakuMinyak nabati (termasuk minyak canola dan minyak bunga matahari), air, garam, pengemulsi, susu bubuk, food acid, pewarna alami, sorbic acid, vitamin A, vitamin D
1
Jenis kemasanContainer dan plastik
Volume17 gram, 55 gram, 200 gram, 250 gram, 1 kg
Kandungan asam lemak transTidak ada
RasaPlain
Bahan bakuPartially hydrohenated palm oil, air, garam, citric acid, pengemulsi, antibioksidan (BHA, BHT), perisa buatan, pewarna alami, vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin B1, vitamin B2, tambahan Niasin

Tabel perbandingan produk margarin terbaik

Gambar produk
1
Blue Band Serbaguna 1

Blue Band

2
Goodman Fielder MeadowLea Original 1

Goodman Fielder

3
SMART Palmboom Cake 1

SMART

4
SMART Filma Danish Pastry Margarine 1

SMART

5
Indofood Palmia Cooking Margarine 1

Indofood

6
SMART Menara Cream 1

SMART

7
Peerless Food Vitalite Canola Spread 10g 1

Peerless Food

8
Indofood Royal Palmia Butter Margarine 1

Indofood

9
SMART Filma Margarine 1

SMART

10
Bina Karya Prima  forVITA Margarine 1

Bina Karya Prima

Nama produk

Serbaguna

MeadowLea Original

Palmboom Cake

Filma Danish Pastry Margarine

Palmia Cooking Margarine

Menara Cream

Vitalite Canola Spread 10g

Royal Palmia Butter Margarine

Filma Margarine

forVITA Margarine

Keunggulan

Margarin berkualitas yang mendukung tumbuh kembang anak sejak tahun 90-an

Mengandung lebih sedikit asam lemak jenuh

Terbuat dari minyak nabati pilihan yang dimurnikan

Andalan Anda dalam membuat Danish pastry

Melezatkan masakan dengan rasa bawangnya

Lebih mudah dicampur ke adonan berkat tekstur lembutnya

Siap mendukung Anda dalam menyajikan makanan sehat

Aromanya akan mengundang selera makan seisi rumah

Bantu penuhi gizi harian Anda dan keluarga tercinta

Kesehatan mata Anda akan lebih terjaga

HargaRp 9.500,00Rp 80.000,00Rp 205.000,00Rp 282.500,00Rp 8.500,00Rp 145.000,00Rp 34.500,00Rp 7.000,00Rp 5.500,00Rp 4.000,00
Jenis kemasanContainer dan plastikContainerBesarBalokPlastikBesarContainerContainer dan plastikPlastikContainer dan plastik
Volume17 gram, 55 gram, 200 gram, 250 gram, 1 kg500 gram15 kg12 kg200 gram5 kg dan 15 kg10 gram200 gram dan 250 gram200 gram200 gram, 250 gram, 2 kg, 4,5 kg, 15 kg
Kandungan asam lemak transTidak adao,5 gramTidak adaTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahui0,6 gramTidak diketahuiTidak adaTidak ada
RasaPlainPlainFruity butterButtery-milkyGarlic flavorFruityPlain PlainPlainPlain
Bahan bakuPartially hydrohenated palm oil, air, garam, citric acid, pengemulsi, antibioksidan (BHA, BHT), perisa buatan, pewarna alami, vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin B1, vitamin B2, tambahan NiasinMinyak nabati (termasuk minyak canola dan minyak bunga matahari), air, garam, pengemulsi, susu bubuk, food acid, pewarna alami, sorbic acid, vitamin A, vitamin DTidak diketahuiTidak diketahuiMinyak nabati, air, garam, pengemulsi nabati, perisa (artificial alami), minyak bawang putihTidak diketahuiMinyak nabati (di dalamnya termasuk minyak canola), air, garam, pengemulsi, vitamin A, vitamin D, sorbic acid, pewarna alami, perisa alami, pengatur keasaman,Minyak nabati, air, garam, pengemulsi nabati, perisa (artificial alami), vitamin (A, B1, B2, B12, D, E, Niasin, Asam Folat)Minyak nabati, air, garam, pengemulsi nabati, vitamin A, vitamin D, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin E, pengatur keaasaman, sekuestran EDTA, antioksidan, perisa identik alami mentega, pewarna makananMinyak nabati, air, garam, pengemulsi nabati, pengemulsi lesitin kedelai, perias margarine, pewarna anato, tartrasin, pengatur keaasaman, sekuestran EDTA , antibioksidan (BHA, BHT), vitamin A, dan vitamin D
Tautan produk

Metode penggunaan margarin secara optimal

Selain komposisi dan bentuk kemasan, cara penggunaan margarin juga memengaruhi rasa. Berikutnya, kami berbagi contoh penggunaan margarin agar hasil masakan Anda lebih optimal.

Margarin untuk makanan manis

Margarin untuk makanan manis
Umumnya, margarin banyak digunakan untuk mengolah makanan manis. Dibanding dengan mentega, margarin memiliki rasa yang lebih ringan dan tekstur lebih baik sehingga lebih banyak digunakan untuk membuat kue dan biskuit. Kue dan biskuit yang dibuat dengan campuran margarin juga akan memiliki tekstur yang renyah.
Sebagai tambahan, kami juga akan memberikan resep membuat puding labu lezat yang dapat Anda coba sendiri di rumah.
Bahan-bahan: 450 ml susu, 75 gram adonan panekuk/pancake instan, 75 gram margarin, 120 gram gula, 3 buah telur, dan 250 gram labu rebus.
Cara membuat: campur semua bahan dan aduk dengan mixer hingga rata, kemudian tuang ke dalam cetakan. Panggang adonan dalam oven bersuhu 180°C selama 1 jam. Setelah matang, dinginkan di dalam kulkas. Puding labu lezat pun siap disajikan.

Perkaya rasa masakan Anda dengan margarin

Perkaya rasa masakan Anda dengan margarin
Margarin memiliki tekstur lebih lembut dan mudah menyatu dengan bahan masakan lainnya sehingga dapat digunakan untuk menumis. Itulah mengapa margarin begitu praktis. Membuat white sauce untuk salad dressing pun akan menjadi lebih sehat jika Anda menggunakan margarin.
Hanya dengan menambahkan sedikit margarin, rasa masakan Anda akan menjadi lebih khas. Rekomendasi terbaik kami adalah mencampurkannya dalam salad kentang dan pasta saus napolitan. Untuk salad kentang, Anda cukup menambahkan margarin dan mayones dengan perbandingan 1:4. Sedangkan untuk pasta napolitan, Anda cukup mencampurkannya dengan sausnya saja.

Baca juga rekomendasi produk lain untuk kegiatan baking

Anda telah membaca berbagai hal mengenai margarin secara lebih detail. Namun, jika Anda gemar membuat kue atau roti, terdapat beberapa produk lain yang juga penting untuk dikenal. Apabila Anda ingin mengetahui rekomendasi produk lain yang dibutuhkan dalam proses baking, bacalah di sini!

Kesimpulan

Apakah ada produk margarin yang cocok dengan kebutuhan Anda di dalam rekomendasi kami di atas? Ketika memilih margarin, perhatikan dahulu tujuan penggunaan Anda. Setelahnya, akan lebih mudah memilih margarin yang paling sesuai. Margarin yang tepat akan berujung pada hasil masakan yang lebih nikmat. Selamat menikmati hidangan lezat ala Anda sendiri!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Selai Kacang Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Selai Kacang Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lezatnya selai kacang saat dioles di atas roti bakar akan membangkitkan selera. Namun, saat ini selai kacang bukan hanya dinikmati karena rasa lezat saja, melainkan karena kandungan nutrisinya yang bermanfaat untuk tubuh. Selain itu, selai kacang yang mengandung sedikit gula juga cocok untuk Anda yang sedang berdiet.Ada cukup banyak merek selai kacang di pasaran, seperti Skippy, Peanut Butter & Co., dan Jif. Manakah yang terbaik? Dalam artikel ini, kami merekomendasikan selai kacang terbaik untuk melengkapi kebutuhan sarapan atau program kebugaran Anda. Yuk, simak sampai selesai!
    Roti & kue
    45.196 Views
  • 10 Rekomendasi Selai Cokelat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Selai Cokelat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Selai cokelat merupakan salah satu favorit semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Selain rasanya yang lezat, selai cokelat juga mudah ditemukan dimana-mana. Anda dapat menggunakannya sebagai olesan roti, isian kue, hingga celupan untuk biskuit. Namun, banyaknya selai cokelat yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda bingung. Selai mana yang sebaiknya Anda pilih? Kali ini, kami akan mengulas cara memilih selai cokelat beserta rekomendasi produk terbaik. Anda dapat menemukan selai cokelat dari berbagai merek seperti Ceres, Nutella, dan Ovomaltine. Simak sampai selesai, ya!
    Roti & kue
    11.233 Views
  • 10 Rekomendasi Ragi Terbaik untuk Membuat Roti dan Kue (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Ragi Terbaik untuk Membuat Roti dan Kue (Terbaru Tahun 2020)
    Ragi adalah bahan penting untuk membuat roti dan kue. Tanpa ragi, roti akan bantat dan rasanya kurang enak. Karena itu, jangan lupa untuk menyertakan ragi saat Anda akan baking. Sekarang ini, Anda tidak perlu membuat ragi sendiri. Di pasaran, telah dijual berbagai produk ragi yang bisa langsung dicampurkan ke adonan.Agar Anda tidak bingung, kami akan memberi tips memilih ragi yang sesuai kebutuhan. Selain itu, kami juga akan memberi rekomendasi produk terbaik, seperti merek Koepoe Koepoe, Mauri-pan, Saf-Instant, dan lainnya. Selamat mencari ragi terbaik untuk adonan roti dan kue Anda!
    Roti & kue
    23.708 Views
  • 10 Rekomendasi Maple Syrup Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Maple Syrup Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Maple syrup adalah sirup yang dapat digunakan untuk berbagai resep masakan. Biasanya, orang menggunakan maple syrup untuk pelengkap pancake atau membuat saus dasar seperti demiglace. Selain itu, maple syrup juga memiliki kalori yang lebih rendah daripada madu dan aman untuk dikonsumsi bayi.Kali ini kami juga akan menjelaskan manfaat maple syrup beserta cara memilih dan rekomendasi produk terbaiknya. Beberapa produk maple syrup terkenal seperti Maple Joe, Coombs Family Farms, dan B&G MacDonald’s juga ada di rekomendasi produk kali ini, lho! Ayo cari tahu lebih banyak soal maple syrup sebelum membelinya!
    Roti & kue
    17.428 Views
  • 10 Rekomendasi Baking Powder Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Baking Powder Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Baking powder adalah kunci rahasia untuk menghasilkan kue dengan tekstur yang renyah, tampilan yang halus, dan tebal. Oleh karena itu, baking powder menjadi item wajib dalam industri makanan. Tak sekadar untuk kue, baking powder juga sering dipakai membuat roti dan fried food.Beberapa merek baking powder terbaik yang bisa Anda pilih adalah baking powder bebas aluminium Bob’s Red Mill hingga merek lokal Koepoe Koepoe! Apa pun mereknya, silakan memilih sesuai dengan frekuensi pemakaian dan kebutuhan Anda.
    Roti & kue
    33.528 Views
  • 10 Rekomendasi Selai Aprikot Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Selai Aprikot Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Selai aprikot memiliki perpaduan rasa manis dan asam yang memikat sehingga penggemarnya cukup banyak. Selai aprikot juga dapat meningkatkan cita rasa makanan seperti roti panggang, yoghurt, atau daging. Meski semua produk tampak sama, tingkat rasa manis dan kalorinya tentu berbeda-beda.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih selai aprikot beserta poin-poin yang harus Anda perhatikan saat membelinya. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan rekomendasi selai aprikot terbaik untuk Anda. Merek selai terkenal seperti Morin dan Smucker's juga ada, lho. Penasaran? Yuk, disimak!
    Roti & kue
    1.296 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori