• 10 Rekomendasi Coenzyme Q10 Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Coenzyme Q10 Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Coenzyme Q10 Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Coenzyme Q10 Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Coenzyme Q10 Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Coenzyme Q10 Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Coenzyme Q10 atau yang lebih dikenal sebagai vitamin jantung Q10 ternyata memiliki banyak manfaat. Selain sebagai penunjang pengobatan penyakit jantung, vitamin ini dapat meningkatkan energi dan memiliki efek anti-aging. Pada dasarnya, coenzyme Q10 diproduksi secara alami oleh tubuh, tetapi jumlahnya menurun seiring bertambahnya umur. 


Pada kondisi tersebut, suplemen coenzyme Q10 diperlukan untuk menunjang kesehatan. Di pasaran tersedia berbagai merek coenzyme Q10, di antaranya Doctor’s Best, Konilife, Blackmores, dan Nutrimax. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih coenzyme Q10 yang bagus beserta memberikan rekomendasi produk terbaiknya. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 07 Juni 2022
Daftar isi

Manfaat coenzyme Q10

Manfaat coenzyme Q10

Koenzim Q10 atau disingkat CoQ10 sering disebut juga sebagai vitamin Q. Kandungan ini juga dikenal dengan nama ubiquinone. Hasil penelitian membuktikan bahwa CoQ10 dapat mengatasi gejala gagal jantung kongestif. Beberapa penelitian juga menyebutkan, ketika dikombinasikan dengan nutrisi lain, CoQ10 dapat membantu pemulihan setelah operasi jantung. 


Hasil penelitian tersebut memang menimbulkan pro dan kontra. Namun, setidaknya riset awal menunjukkan bahwa CoQ10 dapat membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini secara tidak langsung juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung di masa mendatang. Tidak heran banyak yang menyebut koenzim Q10 sebagai vitamin jantung. 


CoQ10 turut membantu produksi energi dalam tubuh dengan cara mengonversi nutrisi makanan menjadi energi. Produksi koenzim Q10 akan mencapai puncaknya pada usia 20-an dan menurun seiring usia. Bahkan, produksinya berkurang menjadi sekitar 70% saja ketika mencapai usia 40-an. Karena itulah, vitamin koenzim Q10 sangat penting untuk menjaga tubuh tetap fit dan segar.


Koenzim Q10 juga berfungsi sebagai anti-aging. Perlu diketahui, sebanyak 5% dari total oksigen yang dihirup akan mengalami perubahan menjadi ROS (Reactive Oxygen Species). Hal ini dapat mengoksidasi sel tubuh dan menyebabkan penuaan pada berbagai organ tubuh. Penuaan tersebut ditandai dengan munculnya flek, keriput, dan kekenduran pada kulit. 


Koenzim Q10 memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga mampu menangkal ROS. Zat ini juga bisa membantu menangkal radikal bebas sehingga kulit lebih sehat dan terlihat lebih awet muda. Untuk anti-aging, koenzim Q10 bisa diaplikasikan secara topikal dari skincare atau oral melalui suplemen.

Cara memilih coenzyme Q10

Berikut ini adalah poin-poin yang perlu diperhatikan saat Anda memilih vitamin jantung koenzim Q10. Kami sarankan agar Anda mengonsultasikannya kepada dokter Anda sebelum mulai mengonsumsinya.

Pilih antara oxidized CoQ10 atau reduced CoQ10

Koenzim Q10 terbagi menjadi dua tipe, yaitu tipe oxidized CoQ10 dan reduced CoQ10. Perbedaan utama keduanya adalah tingkat kemudahannya untuk diserap tubuh.

Oxidized CoQ10 (ubiquinone), mudah didapatkan dan berharga terjangkau

Oxidized CoQ10 (ubiquinone), mudah didapatkan dan berharga terjangkau
Produk oxidized Q10 atau ubiquinone mudah ditemukan di apotek ataupun toko obat dengan harga terjangkau. Untuk Anda yang ingin mengonsumsi koenzim Q10 secara rutin, kami merekomendasikan tipe ini agar anggaran belanja tidak membengkak.

Sayangnya, penyerapan koenzim Q10 tipe ini berlangsung lambat karena harus diubah menjadi reduced CoQ10 terlebih dahulu oleh tubuh. Jadi, efeknya mungkin akan sedikit sulit untuk disadari, tergantung pada usia dan kondisi tubuh. Namun, sekarang sudah ada oxidized CoQ10 dengan inovasi baru yang dibuat agar mudah diserap tubuh. Bila ada, pilihlah oxidized CoQ10 yang mudah diserap tubuh ini.

Reduced CoQ10 (ubiquinol), mudah diserap oleh tubuh

Reduced CoQ10 (ubiquinol), mudah diserap oleh tubuh
Reduced CoQ10, yang sering disebut ubiquinol, memiliki karakteristik mudah diserap dan digunakan oleh tubuh. Manfaatnya pun dapat Anda rasakan lebih cepat. Tipe ini kami rekomendasikan untuk Anda yang berusia paruh baya dan lansia yang kemampuan metabolismenya mulai berkurang.

Apabila Anda mengonsumsi oxidized CoQ10 dan belum merasakan manfaatnya secara nyata, cobalah beralih ke reduced CoQ10. Barangkali Anda bisa lebih cepat merasakan khasiatnya!

Cek jumlah kandungan coenzyme Q10 di setiap sajiannya

Cek jumlah kandungan coenzyme Q10 di setiap sajiannya

Jumlah koenzim Q10 yang dibutuhkan manusia bisa dipengaruhi usia, jenis kelamin, kesehatan, kondisi sistem pencernaan, dan lain-lain. Meski demikian, tidak ada dosis ideal CoQ10 yang ditetapkan. Penelitian telah menggunakan dosis harian CoQ10 mulai dari 50–1.200 mg sebagai batas ideal pada orang dewasa. Standar dosis hariannya sendiri sekitar 100-200 mg.


Selain itu, dosis CoQ10 juga bisa ditentukan berdasarkan aktivitas seseorang. 

  • Untuk orang dengan aktivitas sedang, 30 mg adalah dosis yang cukup.
  • Untuk Anda yang aktif berolahraga dan berumur 50-an, 60-100 mg adalah dosis yang disarankan.

Sebaiknya Anda mulai mengonsumsi koenzim Q10 dalam jumlah minimal dan meningkatkannya secara bertahap. Sebelumnya, pastikan Anda telah memperkirakan kebutuhan harian Anda. Setelah itu, pilihlah produk yang mencukupi kebutuhan koenzim Q10 tubuh Anda dalam per takaran sajinya. Anda juga bisa mengikuti petunjuk pada botol atau berkonsultasi langsung dengan dokter.

Pertimbangkan manfaat sesuai kebutuhan Anda

Pertimbangkan manfaat sesuai kebutuhan Anda
CoQ10 adalah nutrien yang diproduksi secara alami oleh tubuh dan bertindak sebagai antioksidan. Nutrien ini berperan dalam proses metabolisme serta melindungi sel tubuh dari kerusakan. Agar hasil yang didapat lebih memuaskan, pilihlah produk vitamin jantung koenzim Q10 berdasarkan manfaat yang paling ingin Anda dapatkan.


Sering kali produk dilengkapi dengan nutrisi tambahan lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan. Berbeda komposisinya, maka berbeda pula khasiat yang dapat diharapkan. 


  • Produk yang dilengkapi vitamin E dapat membantu meningkatkan kekuatan fisik. 
  • Produk yang mengandung l-carnitine dan alpha lipoic acid dapat membantu pembakaran lemak bagi yang sedang menjalani diet.
  • Produk dengan tambahan kandungan anti-aging dan astaxanthin (pigmen karotenoid) bagus untuk kecantikan kulit.

Pilihlah produk dari produsen tepercaya

Pilihlah produk dari produsen tepercaya

Vitamin jantung koenzim Q10 adalah suplemen yang akan Anda konsumsi secara rutin. Tentu Anda harus memilih produk yang aman untuk kesehatan. Pilihlah produk dari manufaktur tepercaya serta memiliki metode pembuatan dan quality control yang baik.


Dengan melihat situs resmi produsen, biasanya Anda bisa mendapatkan penjelasan mengenai cara pembuatan dan kualitas produk. Anda pun dapat mengajukan pertanyaan pada pihak produsen bila menghendaki. Selain itu, pastikan produk yang akan Anda beli memiliki izin dari lembaga berwenang


Untuk produk yang beredar di Indonesia, pastikan terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Sementara untuk produk yang dibeli atau diimpor dari luar negeri, khususnya Amerika, pastikan sudah tersertifikasi oleh FDA (Food and Drug Administration). Anda juga bisa membeli trial pack atau sample size-nya terlebih dahulu untuk melihat kecocokannya pada tubuh Anda.

10 Rekomendasi coenzyme Q10 terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh coenzyme Q10 terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
TipeReduced CoQ10
Kandungan CoQ10 per sajian100 mg
Kandungan lainnyaPure olive oil, soy lecithin
Isi60 softgels
ManfaatMemperkuat otot jantung dan keseluruhan sistem kardiovaskular, sebagai anti-aging, membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol, meningkatkan stamina
Sertifikasi✓(FDA)
9
TipeReduced CoQ10
Kandungan CoQ10 per sajian100 mg
Kandungan lainnyaVitamin C
Isi120 softgels
ManfaatMembantu meningkatkan energi, mendukung kesehatan jantung & otak, membantu meningkatkan kesuburan pada pria & wanita
Sertifikasi✓(FDA)
8
TipeReduced CoQ10
Kandungan CoQ10 per sajian100 mg
Kandungan lainnyaTidak ada
Isi30 soft capsules
ManfaatMemelihara kesehatan jantung, membantu meningkatkan daya tahan tubuh,dan menambah energi
Sertifikasi✓(BPOM)
7
TipeOxidized CoQ10
Kandungan CoQ10 per sajian50 mg
Kandungan lainnyaTidak ada
Isi200 soft capsules
ManfaatMembantu mempertahankan kadar CoQ10 dalam tubuh, membantu menjaga kesehatan kardiovaskular, mengurangi kerusakan sel akibat radikal bebas
Sertifikasi✓(BPOM)
6
TipeOxidized CoQ10
Kandungan CoQ10 per sajian30 mg
Kandungan lainnyaTidak ada
Isi30 soft capsules
ManfaatMembantu stamina dan mendukung kinerja jantung
Sertifikasi✓ (BPOM)
5

CostcoKirkland Signature CoQ10 300 mg

Mulai dari Rp 450.000,00

TipeOxidized CoQ10
Kandungan CoQ10 per sajian300 mg
Kandungan lainnyaSoybean oil, soy lecithin
Isi100 softgels
ManfaatMenjaga kesehatan jantung, syaraf dan otot, membantu pembentukan energi dalam tubuh
Sertifikasi✓(FDA)
4

Doctor's BestHigh Absorption CoQ10 with Bioperine

Mulai dari Rp 293.900,00

TipeOxidized CoQ10
Kandungan CoQ10 per sajian100 mg
Kandungan lainnyaBioPerine® black pepper extract, extra virgin olive oil, soy lecithin, rosemary extract
Isi120 softgels
ManfaatMembantu mendukung kesehatan jantung, membantu memulihkan kadar CoQ10 yang menurun akibat penuaan atau karena terapi penyakit tertentu
Sertifikasi✓(FDA)
3
TipeOxidized CoQ10
Kandungan CoQ10 per sajian100 mg
Kandungan lainnyaTidak ada
Isi30 tablet
ManfaatMelindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, membantu meningkatkan jumlah serta pergerakan sel sperma, membantu memperbaiki sel telur, membantu mengurangi kelelahan
Sertifikasi✓(BPOM)
2

BlackmoresUltimate Radiance Skin

Mulai dari Rp 420.000,00

TipeOxidized CoQ10
Kandungan CoQ10 per sajian15 mg
Kandungan lainnyaGreen tea extract, demineralised fish proteoglycan extract, zinc, citrus bioflavonoids, ekstrak biji anggur, Pinus pinaster bark extract, selenium, vitamin E
Isi30 soft capsules
ManfaatMembantu memelihara kesehatan kulit, mengurangi kerutan halus di wajah
Sertifikasi✓(BPOM)
1
TipeOxidized CoQ10
Kandungan CoQ10 per sajian100 mg
Kandungan lainnyaTidak ada
Isi30 softgels
ManfaatMembantu terapi penyakit jantung, kanker, diabetes, dan parkinson, mengoptimalkan produksi energi, meningkatkan imunitas tubuh bagi penderita HIV-AIDS dan kanker, sebagai antioksidan
Sertifikasi✓(BPOM)

Tabel perbandingan produk koenzim Q10 terbaik

Gambar produk
1
Nutrimax Coenzyme Q10 1

Nutrimax

2
Blackmores Ultimate Radiance Skin 1

Blackmores

3
Vitabiotics Ultra Co-Q10 100 mg 1

Vitabiotics

4
Doctor's Best High Absorption CoQ10 with Bioperine 1

Doctor's Best

5
Costco Kirkland Signature CoQ10 300 mg 1

Costco

6
Konimex Konilife CoQ10 1

Konimex

7
Healthy Care CoEnzyme Q10 50 mg 1

Healthy Care

8
 Puspa Pharma Ubiquinol 1

Puspa Pharma

9
Qunol Mega Ubiquinol CoQ10 1

Qunol

10
Puritan's Pride Ubiquinol 100 mg 2

Puritan's Pride

Nama produk

Coenzyme Q10

Ultimate Radiance Skin

Ultra Co-Q10 100 mg

High Absorption CoQ10 with Bioperine

Kirkland Signature CoQ10 300 mg

Konilife CoQ10

CoEnzyme Q10 50 mg

Ubiquinol

Mega Ubiquinol CoQ10

Ubiquinol 100 mg

Keunggulan

Siap dikonsumsi kapan saja dengan softgel kunyah

Kombinasi CoQ10 dengan antioksidan tinggi untuk merawat kesehatan kulit

Mencegah penyakit degeneratif hingga meningkatkan kesuburan

Koenzim Q10 yang cocok untuk vegetarian

Kandungan CoQ10 tinggi, cocok untuk yang memiliki riwayat penyakit jantung

Konsumsi secara rutin untuk menunjang stamina

1 botol berisi 200 kapsul lunak, kemasan hemat untuk keluarga!

Hadir dalam kemasan strip, lebih awet dan tahan lama

Dilengkapi vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh secara keseluruhan

Cepat diserap tubuh berkat teknologi rapid release

Harga mulai dariRp 258.750,00Rp 420.000,00Rp 237.035,00Rp 293.900,00Rp 450.000,00Rp 159.800,00Rp 675.000,00Rp 1.031.000,00Rp 490.000,00Rp 560.000,00
TipeOxidized CoQ10Oxidized CoQ10Oxidized CoQ10Oxidized CoQ10Oxidized CoQ10Oxidized CoQ10Oxidized CoQ10Reduced CoQ10Reduced CoQ10Reduced CoQ10
Kandungan CoQ10 per sajian100 mg15 mg100 mg100 mg300 mg30 mg50 mg100 mg100 mg 100 mg
Kandungan lainnyaTidak adaGreen tea extract, demineralised fish proteoglycan extract, zinc, citrus bioflavonoids, ekstrak biji anggur, Pinus pinaster bark extract, selenium, vitamin E Tidak adaBioPerine® black pepper extract, extra virgin olive oil, soy lecithin, rosemary extractSoybean oil, soy lecithinTidak adaTidak adaTidak adaVitamin CPure olive oil, soy lecithin
Isi30 softgels30 soft capsules30 tablet120 softgels100 softgels30 soft capsules200 soft capsules30 soft capsules120 softgels60 softgels
ManfaatMembantu terapi penyakit jantung, kanker, diabetes, dan parkinson, mengoptimalkan produksi energi, meningkatkan imunitas tubuh bagi penderita HIV-AIDS dan kanker, sebagai antioksidanMembantu memelihara kesehatan kulit, mengurangi kerutan halus di wajahMelindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, membantu meningkatkan jumlah serta pergerakan sel sperma, membantu memperbaiki sel telur, membantu mengurangi kelelahanMembantu mendukung kesehatan jantung, membantu memulihkan kadar CoQ10 yang menurun akibat penuaan atau karena terapi penyakit tertentuMenjaga kesehatan jantung, syaraf dan otot, membantu pembentukan energi dalam tubuhMembantu stamina dan mendukung kinerja jantungMembantu mempertahankan kadar CoQ10 dalam tubuh, membantu menjaga kesehatan kardiovaskular, mengurangi kerusakan sel akibat radikal bebasMemelihara kesehatan jantung, membantu meningkatkan daya tahan tubuh,dan menambah energiMembantu meningkatkan energi, mendukung kesehatan jantung & otak, membantu meningkatkan kesuburan pada pria & wanitaMemperkuat otot jantung dan keseluruhan sistem kardiovaskular, sebagai anti-aging, membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol, meningkatkan stamina
Sertifikasi✓(BPOM)✓(BPOM)✓(BPOM)✓(FDA)✓(FDA)✓ (BPOM)✓(BPOM)✓(BPOM)✓(FDA)✓(FDA)
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk suplemen lainnya di sini

Seiring bertambahnya usia, tubuh mulai mengalami defisiensi vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain dari makanan, Anda juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin tersebut dengan suplemen. Untuk itu, silakan baca artikel berbagai suplemen yang baik untuk kesehatan tubuh di bawah ini!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan produk koenzim Q10 yang tepat? Memilih produk yang tepat akan membantu meningkatkan kesehatan dengan efektif. Mulailah konsumsi koenzim Q10 untuk hidup lebih sehat dan pencegahan penyakit yang mungkin muncul di hari tua.


Anda bisa memilih tipe oxidized CoQ10 atau reduced CoQ10 sesuai kebutuhan. Selain itu, periksalah jumlah kandungan di setiap sajian serta pertimbangkan manfaat sesuai kebutuhan. Tidak kalah penting, pastikan Anda membeli produk dari produsen tepercaya.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Minuman Whey Protein Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minuman Whey Protein Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    Dijuluki sebagai “king of protein”, whey protein merupakan suplemen yang efektif untuk membentuk massa otot. Jenis protein ini sangat populer dan banyak dikonsumsi sebagai pengiring workout. Whey protein dari berbagai merek, seperti Evolene, Optimum Nutrition, hingga VectorLabs, juga bisa Anda temukan dengan mudah. Manakah yang tepat untuk Anda?Bookmark artikel ini apabila Anda menjalani proses membentuk tubuh yang lebih ideal. Selain membagikan tips memilih, kami juga memperkenalkan sepuluh minuman whey protein yang bagus. Jangan sampai terlewat, ya! Artikel ini sudah ditinjau oleh residen spesialis kedokteran olahraga kami, dr. Regina Varani.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki tubuh tinggi semampai adalah dambaan sebagian besar orang. Selain menunjang penampilan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tubuh tinggi memberi keuntungan tersendiri. Orang yang bertubuh tinggi umumnya lebih percaya diri. Selain itu, tubuh tinggi juga bisa meminimalisasi risiko penyakit jantung dan demensia.Di pasaran terdapat beberapa suplemen peninggi badan yang bisa dikonsumsi, baik oleh anak-anak maupun remaja. Beberapa rekomendasi merk suplemen peninggi badan tersebut adalah Zevit Grow, Blackmores, Scott's Emulsion, dan lain-lain. Untuk membantu Anda memilih dengan tepat, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga ikut memberikan komentarnya di bawah ini.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Selain untuk menjaga elastisitas kulit, kolagen juga dibutuhkan untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meskipun kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya menurun seiring pertambahan usia. Karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi suplemen kolagen agar kulit serta jaringan tubuh lain tetap awet muda.Berbagai merek suplemen collagen yang bagus, seperti Nature's Way, Byoote Collagen, dan Realfood ada di pasaran. Namun, suplemen kolagen mana yang sebaiknya dipilih? Mari simak tips memilih dan jajaran rekomendasi produk terbaiknya dalam artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Anak-anak, khususnya anak 1 tahun, sering mengalami fase susah makan sehingga membuat orang tua khawatir mengenai tumbuh kembangnya. Namun, terlalu memaksakan anak untuk makan juga berisiko membuatnya makin enggan makan. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberi vitamin penambah nafsu makan.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih vitamin untuk anak yang susah makan. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk yang bagus, seperti Scott's Emulsion, Fitkom, Blackmores, dan lainnya. Untuk melengkapi informasinya, ahli gizi, Leona Victoria, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki tubuh kurus tidak selalu baik. Kondisi ini bisa saja menjadi tanda-tanda kekurangan nutrisi atau sedang menderita penyakit tertentu. Alih-alih menaikkan berat badan dengan asal makan, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Di samping itu, Anda juga bisa menambah berat badan dengan mengonsumsi suplemen.Di pasaran, ada beberapa merek suplemen penambah berat badan yang bagus, seperti Appeton, Nutrifat, dan Curvit. Untuk membantu Anda memilih, ahli gizi, Leona Victoria, juga memberikan komentarnya di artikel ini. Bacalah artikel ini sampai selesai dan temukan suplemen penambah berat badan yang Anda butuhkan!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    Otak merupakan organ tubuh paling kompleks dengan fungsi yang vital. Otak terdiri dari miliaran sel dan jaringan yang saling terhubung. Karena itu, konsumsi suplemen otak sangat disarankan bagi anak ataupun orang dewasa. Kini banyak dijual berbagai merek suplemen otak yang bagus, seperti Blackmores, Wellness, Konimex, dan Appeton. Kami akan memberikan tips memilih suplemen otak terbaik. Kami juga telah merangkum beragam rekomendasi vitamin untuk kecerdasan otak dan vitamin penambah daya ingat. Simak artikelnya sampai habis, ya! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter dan residen spesialis kedokteran olahraga kami, dr. Regina Varani.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Vitamin B12 Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Vitamin B12 Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Vitamin B terdiri dari berbagai jenis, salah satunya adalah vitamin B12. Konsumsi vitamin B12 yang cukup dapat mencegah anemia. Anda bisa menemukan banyak suplemen vitamin B12 di pasaran, seperti IPI, Neurobion, Blackmores, dan Swisse. Harganya mulai dari enam ribu rupiah, berbeda-beda tergantung pada mereknya.Kali ini kami akan berbagi informasi seputar vitamin B12, mulai dari apa saja manfaatnya sampai tips memilih produk yang bagus. Di artikel yang sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal, ini kami juga memberikan rekomendasi produk suplemen vitamin B12. Yuk, langsung simak artikel ini!
    Vitamin & suplemen
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori