10 Rekomendasi Jam Dinding Kayu Terbaik yang Modis (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Jam Dinding Kayu Terbaik yang Modis (Terbaru Tahun 2018)

Jam dinding bisa dikatakan memiliki dua fungsi sekaligus, yaitu untuk menunjukkan waktu dan sebagai interior ruangan. Di antara beragam jam dinding yang bisa diperoleh di pasaran, produk yang terbuat dari bahan kayu termasuk sangat populer karena bisa memberikan nuansa hangat serta mudah dipadankan dengan berbagai ruangan.

Namun, dengan banyaknya jenis produk yang tersedia, mulai dari yang bentuknya antik atau desain dan warnanya yang unik, kebanyakan orang mungkin merasa bingung saat memilih. Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih jam dinding kayu yang tepat dilanjutkan dengan rekomendasi sejumlah produk yang bisa Anda jadikan pertimbangan. Mari temukan jam dinding kayu favorit Anda!

Daftar isi

Cara memilih jam dinding kayu

Mungkin saja Anda berpendapat bahwa sebuah jam dinding terlihat bagus saat dipajang di toko. Namun, belum tentu jam tersebut akan terlihat sama ketika Anda memasangnya di dinding rumah. Untuk menghindari agar Anda tidak menyesal dan merasa salah membeli suatu produk, mari perhatikan poin-poin di bawah ini sebelum memilih jam dinding kayu.

Tentukan corak dan warna kayunya

Tentukan corak kayunya

Kayu terdiri dari berbagai jenis berdasarkan tekstur maupun warnanya. Ada yang warnanya coklat muda, coklat tua, warna pohon ek, dan sebagainya. Dari berbagai jenis kayu tersebut, saat ini jam dinding berbahan kayu lebih banyak menggunakan warna coklat muda atau tua. Penyebutan warnanya bisa berbeda tergantung pada merek yang mengeluarkan produk tersebut. Pilihlah warna jam dinding kayu yang cocok dengan ruangan di mana Anda akan meletakkannya.

Cobalah mencocokkan warna dari kayu yang akan digunakan dengan perabotan yang ada, seperti meja, kursi, televisi, dan sebagainya agar lebih mudah pada saat mengaturnya. Misalnya, jika Anda memiliki banyak furnitur dengan warna agak gelap, Anda bisa memilih produk berwarna coklat tua agar jam dinding kayu itu terlihat lebih menyatu dengan ruangan.

Periksa visibilitas jarum dan angka pada jam

Periksa visibilitas jarum dan angka pada jam

Ukuran ruangan di mana Anda akan meletakkan jam dinding menentukan seberapa besar ukuran jarum dan angka yang dibutuhkan. Jika ruangannya cukup besar, jangan memilih jarum dan angka yang kecil karena Anda akan mengalami kesulitan saat melihatnya. Jika jam dinding tersebut hanya ingin Anda jadikan interior ruangan, ukuran dan visibilitas ini tidak menjadi masalah. Namun, jika Anda juga ingin menggunakannya sebagai penunjuk waktu, pilihlah jam dinding yang bisa tetap dilihat bahkan dari jarak cukup jauh.

Visibilitas pada jam dinding bisa berubah tergantung pada desainnya. Ketika memilih produk di toko, cobalah untuk mengambil sedikit jarak dari tempat di mana jam tersebut dipajang untuk memastikan visibilitasnya. Jika Anda membeli secara online, pastikan untuk memeriksa spesifikasi produk, mulai dari desain sampai ukuran jarum dan angkanya.

Pilih desain yang sesuai dengan interior ruangan

Pilih desain yang sesuai dengan interior ruangan

Jam dinding kayu mempunyai desain yang beragam. Pemilihan desain tertentu akan mempengaruhi suasana ruangan tersebut. Contohnya, jika Anda memilih produk dengan desain yang memanfaatkan warna alami dari kayu, jam dinding tersebut tidak akan terlihat menonjol dan dapat menambah kehangatan dalam ruangan.

Di sisi lain, berbagai produk dengan desain yang unik mungkin akan menekankan sisi yang berbeda, misalnya dengan bentuknya yang sedikit bengkok atau perwarnaan pada kayu yang digunakan. Jam dinding kayu seperti ini akan menjadi bagian penting yang terlihat mencolok pada ruangan. Dengan kata lain, sangat penting untuk memilih desain sebuah jam dinding yang sesuai dengan interior ruangan Anda.

10 Rekomendasi jam dinding kayu terbaik yang modis

Setelah mengetahui poin-poin yang harus diperhatikan untuk memilih jam dinding kayu, berikutnya kami akan memperkenalkan produk-produk yang terbaik yang direkomendasikan. Mari kita simak!

10. Jam Dinding Vintage

10. Jam Dinding Vintage

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 53.200

Kembali ke masa lalu dengan gaya klasik Eropa

Siapa yang tidak suka dengan budaya klasik dari Eropa? Salah satu produk jam dinding ini bisa dikatakan mewakili gaya Eropa yang khas dan membawa Anda kembali ke masa lalu dengan modelnya yang klasik. Selain itu, jam dinding ini terbuat dari material kayu yang tahan air juga tahan lembap sehingga Anda tidak perlu khawatir jam dinding akan jamuran.

Jam dinding ini memiliki diameter 30 cm dengan angka yang cukup besar untuk memudahkan mengetahui waktu walaupun dilihat dari kejauhan. Cocok untuk diletakkan di ruangan yang besar sekalipun. Gerakan detiknya juga hampir tidak mengeluarkan suara sehingga bisa juga diletakkan di ruang tidur dan tidak akan mengganggu istirahat, terutama bagi Anda yang sensitif terhadap suara.

9. Nail Your Art – DIY

9. Nail Your Art - DIY

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

LIhat produk ini di Blibli

Harga : Rp 129.000

Unik, fleksibel, dan penuh kreativitas!

Apakah Anda bosan dengan bentuk jam dinding standar yang biasa-biasa saja? Produk yang unik dan fleksibel ini bisa menjadi pilihan! Jam dinding dari Nail Your Art yang satu ini memungkinkan Anda menyusun sendiri letak angka jam penunjuk waktunya dengan bebas sesuai selera dan kreativitas. Selain itu, material juga menggunakan bahan kayu yang solid dengan kualitas terpercaya.

Anda juga tidak perlu kebingungan dalam menyusunnya, karena masing-masing angka pada jam dinding ini sudah dilengkapi dengan lem bolak-balik sehingga lebih mudah pada saat menempelkannya. Sedangkan mesin jamnya sendiri menggunakan mesin Quartz yang sudah tidak diragukan lagi, bandel dan tahan lama!

8. Odiaz Horizontal

8. Odiaz Horizontal

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 99.900

Perpaduan bentuk klasik dengan desain modern

Jam dinding dari Odiaz yang satu ini memiliki motif gradasi warna dari coklat muda ke coklat tua dengan bentuk klasik dan desain modern sehingga akan memberikan nuansa tersendiri ketika dipajang di ruangan. Sementara itu, angka penunjuk jamnya diberi warna putih untuk memberikan ketegasan saat Anda melihatnya.

Seperti jam dinding kayu pada umumnya, produk ini terbuat dari MDF (medium density fibreboard) yang dilengkapi dengan stiker vinyl grade A tanpa kaca sehingga terlihat lebih cantik dan elegan. Mesin dari jam dinding ini hampir tidak mengeluarkan suara ketika detik jarum jam berdetak atau dikenal dengan istilah quiet sweep movement

7. Nail Your Art – Owl

7. Nail Your Art - Owl

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 139.999

Menghadirkan nuansa alam dalam rumah Anda

Anda penyuka pohon-pohon dengan nuansa rindang? Nah, jam dinding yang satu ini didesain dalam bentuk pohon lengkap dengan hiasan burung yang hinggap pada setiap dahannya. Cocok untuk Anda yang memiliki desain rumah atau ruangan dengan nuansa alam minimalis atau vintage.

Berbahan dasar kayu yang awet, warnanya yang klasik memberikan kesan kalem sekaligus natural pada ruangan Anda. Karena sebagian besar angka jarum jam diukir atau dibentuk langsung tanpa ada pelapis pada bagian belakang, kemungkinan patah akan lebih besar. Jadi, Anda disarankan untuk lebih berhati-hati ketika memasang atau memindahkan posisinya.

6. Jam Dinding Kayu Lapis 2 Warna

6. Jam Dinding Kayu Lapis 2 Warna

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 185.000

Jam dinding monoton? Tidak lagi dengan yang satu ini

Dengan bentuk yang tidak simetris, tetapi enak dipandang, produk unik yang satu ini terlihat berbeda dibandingkan jam dinding pada umumnya! Perpaduan warna coklat muda dan coklat tua yang digunakan, serta warna putih untuk memperjelas jarum penunjuk jam, memberikan kesan tersendiri di ruangan Anda.

Selain itu, ukuran yang cukup besar dari setiap angka jamnya membuat produk ini menarik perhatian dan cocok diletakkan pada sudut mana pun karena mudah terlihat dari jauh. Namun, mengingat jam dinding ini tidak memiliki lapisan pelindung pada bagian belakangnya, ada baiknya Anda tidak sering memindahkan letaknya untuk menghindari risiko kerusakan.

5. Vakind Vintage – Chic Rustic

5. Vakind Vintage - Chic Rustic

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 65.000

Gaya vintage untuk menambahkan kesan chic di ruangan Anda!

Jam dinding Vakind ini menggunakan kayu MDF yang dilapisi kertas dengan desain antik sebagai material dasarnya. Sebagai pengganti angka penunjuk jam, produk ini hanya menggunakan garis-garis kecil sehingga memberikan kesan lebih simpel pada desainnya. Dengan kombinasi warna yang lembuat serta bentuk jarum jamnya yang unik, produk ini cocok dipajang di ruangan bernuansa vintage.

Dengan diameter sekitar 12 cm, produk ini tergolong cukup kecil dan tidak memakan tempat terlalu luas ketika dipasang. Selain bisa digantung di dinding, produk ini juga dilengkapi penyangga di bagian belakangnya sehingga bisa juga diletakkan di atas meja untuk menambahkan kesan chic pada ruangan Anda.

4. Kool Katz – Tekstur Kayu

4. Kool Katz - Tekstur Kayu

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 100.000

Motif tekstur kayu untuk kesan hangat di ruangan Anda

Jam dinding Kool Katz yang berbentuk bulat ini memiliki desain unik dengan angka yang tidak beraturan jika dilihat secara sekilas. Namun, masih cukup mudah dilihat dari kejauhan asalkan dinding tempat jam diletakkan berwarna lebih gelap atau lebih terang dari warna dasarnya.

Jam dinding ini terbuat dari kayu MDF dengan vinyl yang dilapisi plastik, menjadikannya cukup mudah untuk dibersihkan, tahan terhadap suhu lembap, dan terhindar dari jamur. Dengan permukaan yang didesain menyerupai tekstur kayu, produk ini merupakan pilihan yang tepat untuk memberikan kesan hangat dalam melengkapi interior ruangan Anda.

3. Nail Your Art – Black Cube

3. Nail Your Art - Black Cube

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 264.000

Bahan dasar kayu pinus dengan desain yang simpel dan elegan!

Bosan dengan desain jam dinding yang itu-itu saja? Jam dinding dari bahan dasar kayu pinus ini bisa menjadi pilihan! Desainnya bisa dibilang sangat simpel, yaitu  berupa gabungan dari balok-balok kayu tanpa angka penunjuk jam sama sekali. Namun, hasilnya terlihat mewah dan elegan sehingga cocok untuk melengkapi ruangan Anda yang bergaya minimalis.

Dengan menggunakan bahan dasar kayu pinus yang tahan lama, bobot jam dinding ini mungkin sedikit lebih berat dibandingkan material jam dinding kebanyakan. Jadi, Anda harus mempertimbangkan material penggantungnya serta dinding tempat meletakkannya. Jika Anda khawatir material berisiko dimakan rayap, alangkah baiknya jika jam dinding dibersihkan secara berkala.

2. Goovi Ink Leaf Wooden

2. Goovi Ink Leaf Wooden

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 97.000

Detail handmade di setiap pola daunnya

Jam dinding dari Goovi Ink adalah salah satu produk handmade dengan desain klasik yang setiap bagiannya diperhatikan secara detail. Jam dinding bergaya aesthetics yang indah dipandang ini terbuat dari bahan kayu MDF setebal 6 mm, menjadikannya awet dan tidak mudah patah.

Selain keindahan secara visual, jam dinding ini juga memberikan kesan sederhana dari warnanya yang alami. Jam dinding ini juga dijamin tidak berisik karena tidak ada jarum jam detik yang biasanya menimbulkan bunyi saat berdetak. Jika Anda berencana menggantung jam ini di kamar tidur, tentu tidak akan ada masalah!

1. Nail Your Art – Butterfly

1. Nail Your Art - Butterfly

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 141.000

Penunjuk waktu sekaligus hiasan dinding untuk kesan ruangan yang lebih hidup!

Selain untuk menunjukkan waktu, jam dinding yang satu ini bisa juga dimanfaatkan sebagai hiasan untuk melengkapi interior ruangan Anda dengan bentuknya yang unik. Perpaduan desain yang mengutamakan keindahan dan tematik ini cocok dipajang di semua ruangan untuk memberikan kesan lebih hidup.

Jika dilihat dari bentuknya, mungkin Anda berpikir akan mengalami kesulitan memasangnya. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena jam dinding tersebut terpisah dengan materi kupu-kupu atau hiasannya. Selain itu, produk ini juga tersedia dalam beberapa pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan selera dan interior ruangan Anda secara keseluruhan.

Kesimpulan

Setelah membaca penjelasan mengenai cara memilih jam dinding kayu serta melihat berbagai produk yang direkomendasikan, apakah Anda memiliki bayangan produk mana yang akan Anda pilih? Pilihlah jam dinding kayu dengan mempertimbangkan fungsi, desain, dan juga budget Anda. Selain itu, perhatikan juga kesesuaian dengan desain interior ruangan untuk menambah nuansa tersendiri tanpa mengesampingkan fungsi dasarnya sebagai jam dinding.