• 10 Rekomendasi Kartu MicroSD Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Kartu MicroSD Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Kartu MicroSD Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Kartu MicroSD Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Kartu MicroSD Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Kartu MicroSD Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Saat ini, banyak merek microSD yang bagus tersedia di pasaran. Ada microSD SDXC yang menawarkan kapasitas besar hingga 2 TB. Kemudian, masih ada pilihan kapasitas lain, seperti 64 GB, 128 GB, 256 GB, dan 1 TB. Untuk speed class-nya sendiri, kami merekomendasikan microSD dengan speed class 10.


Banyaknya tipe dan kapasitas microSD ini mungkin membingungkan. Karena itu, kami akan mengulas cara memilih kartu memori yang bagus. Kami juga memberikan rekomendasi merek microSD terbaik, seperti Samsung, SanDisk, dan lainnya. Bacalah setiap poinnya dengan saksama sehingga Anda dapat memilih produk tanpa ragu.


Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Benazio Rizki Putra (Benakribo)
Ashari Yudha
  • Pembaharuan terakhir: 17 September 2021
  • 96.412 Views
Daftar isi

Cara memilih microSD terbaik

Ada banyak perusahaan elektronik yang memproduksi microSD, seperti SanDisk, Samsung, Toshiba, dan lainnya. Agar tidak salah menentukan pilihan, simaklah dahulu beberapa poin cara memilih yang akan kami jelaskan berikut ini.

Pilih jenis dan kapasitas microSD sesuai dengan kebutuhan Anda

Sebagian dari Anda mungkin mencari microSD untuk digunakan sebagai kartu memori HP yang bagus. Padahal, jenis microSD yang ada di pasaran sangat banyak, ada SD, SDHC, dan SDXC. Kemudian, pilihan kapasitas yang ditawarkan juga bervariasi, mulai dari 8 GB hingga 1 TB. Maka dari itu, kenalilah jenis microSD beserta kapasitas yang Anda butuhkan. 

Jenis microSD, sesuaikan kompatibilitasnya dengan perangkat Anda

Jenis microSD, sesuaikan kompatibilitasnya dengan perangkat Anda

Berdasarkan kapasitas dan perangkat yang kompatibel, ada tiga jenis microSD, yakni SD, SDHC, dan SDXC. SD adalah jenis microSD yang memiliki kapasitas maksimum hingga 2 GB. Kemudian, ada juga microSD SDHC dengan kapasitas hingga 32 GB.


Tipe microSD yang ketiga adalah SDXC. MicroSD SDXC memiliki kapasitas maksimal hingga 2 TB. Anda juga perlu memperhatikan jika tidak setiap device kompatibel dengan semua jenis microSD. Jadi, sebelum membeli, pastikanlah dahulu jenis microSD yang kompatibel dengan perangkat Anda. 

Kapasitas microSD, pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda

Sebagai acuan dalam memilih, microSD 64 GB mampu menyimpan sekitar 9.000 foto dengan total resolusi 19,2 juta piksel. Produk dengan kapasitas yang sama juga dapat menyimpan sekitar 240 lagu dengan musik berkualitas tinggi. Selain itu, untuk kebutuhan menyimpan data konsol gamemicroSD 64 GB juga dinilai sudah mencukupi.

Jika Anda hendak menggunakan microSD untuk kebutuhan fotografi atau videografi, dibutuhkan kapasitas yang lebih besar. Kami menyarankan microSD dengan kapasitas lebih dari 64 GB. Hal ini untuk berjaga-jaga supaya di masa mendatang Anda tidak perlu membeli microSD lagi.

Periksalah performa kecepatan yang dimiliki microSD

Tentu saja Anda menginginkan microSD dengan performa yang mumpuni. Setidaknya ada dua faktor yang memengaruhi performa microSD yakni writing speed dan reading speed. Kami akan mengulas kedua hal tersebut secara detail pada poin berikut ini.

Writing speed, memengaruhi performa saat transfer data

Salah satu kegunaan microSD adalah untuk menyimpan data, seperti foto, video, atau musik. Anda juga bisa menggunakan microSD untuk backup data aplikasi smartphone Anda. Jika Anda hendak menggunakan microSD untuk kebutuhan tersebut, perhatikanlah writing speed microSD.


Writing speed menunjukkan kecepatan transfer maksimum pada microSD. Sementara itu, speed class menunjukkan kecepatan transfer minimum yang dijamin. Makin besar nilai keduanya, makin cepat juga data yang dapat dipindahkan. Jika terdapat microSD dengan kapasitas dan speed class yang sama, pilihlah produk dengan nilai writing speed yang lebih besar.

Reading speed, kemampuan untuk memutar video dan bermain game lebih baik

Jika Anda ingin menikmati file gambar dan film yang tersimpan di microSD, perhatikanlah nilai reading speed-nya. Nilai microSD ini mempercepat proses membuka gambar dan memutar video. Makin tinggi kecepatan membaca datanya, waktu tunggu Anda pun jadi lebih singkat. 


MicroSD dengan reading speed tinggi juga diperlukan jika Anda hendak bermain game. Makin tinggi kecepatannya, makin pendek waktu loading yang dibutuhkan. Anda pun dapat bermain game dengan lebih nyaman. Misalnya saja, Anda menggunakan konsol Nintendo Switch, pakailah microSD dengan reading speed sekitar 60–95 MB/s atau lebih.

Untuk perekaman video, lihat nilai speed class microSD

Jika Anda akan menggunakan microSD untuk keperluan merekam video, penting untuk mengetahui speed class minimumnya. Apabila nilai speed class-nya kecil, gambar yang ditangkap akan patah-patah bahkan rusak. Hal ini karena kecepatan antara perekaman data dan transfer data yang tidak seimbang. Ada tiga jenis standar kecepatan transfer data berdasarkan jumlah data yang diterima per detik.

Speed class, kecepatan standar yang dimiliki microSD

Speed class adalah kelas kecepatan orisinal yang ada pada microSD dan ditandai dengan simbol lingkar C. Berdasarkan tingkat kecepatannya, speed class dibagi menjadi empat tingkat:


  • C2 : kecepatan transfer rate minimum 2 MB/s
  • C4 : kecepatan transfer rate minimum 4 MB/s
  • C6 : kecepatan transfer rate minimum 6 MB/s
  • C10 : kecepatan transfer rate minimum 10 MB/s

Untuk kebutuhan merekam video dengan resolusi HD atau lebih tinggi, pilihlah microSD dengan speed class 10. MicroSD ini dapat melakukan transfer data sebesar 10 MB/s. Dengan begitu, video yang Anda rekam hasilnya lebih halus dan frame-nya tidak patah-patah.

UHS speed class, memiliki kecepatan transfer yang tinggi

MicroSD UHS (ultra-high speed) speed class dicirikan dengan adanya logo U. MicroSD yang mempunyai UHS speed class menunjukkan produk tersebut mempunyai kecepatan transfer lebih tinggi dari speed class. Ada dua tingkat kecepatan transfer di UHS speed class, yakni U1 dan U3. 

  • U1 : kecepatan transfer rate minimum 10 MB/s
  • U3 : kecepatan transfer rate minimum 30 MB/s

Perlu diingat, tidak semua device mendukung UHS. Jika Anda menggunakan perangkat yang tidak support UHS, kecepatan minimum microSD kembali ke speed class (C). Jadi, pastikan kompatibilitas perangkat yang Anda gunakan juga, ya.

Video speed class, untuk kebutuhan videografi dengan resolusi tinggi

Video speed class (V) merupakan tipe speed class generasi baru yang dikembangkan untuk merekam video berkualitas tinggi. Jenis speed class ini digunakan untuk merekam video beresolusi 4K, 8K, hingga 360 derajat. Namun, semuanya itu tergantung dari tipe video speed class yang digunakan. Berikut tingkatan video speed class yang bisa Anda temukan di pasaran:

  • V6 : kecepatan transfer rate minimum sebesar 6 MB/s
  • V10 : kecepatan transfer rate minimum sebesar 10 MB/s
  • V30 : kecepatan transfer rate minimum sebesar 30 MB/s
  • V60 : kecepatan transfer rate minimum sebesar 60 MB/s
  • V90 : kecepatan transfer rate minimum sebesar 90 MB/s

Untuk Anda yang akan merekam video dengan resolusi 4K, akan lebih lancar jika menggunakan microSD V10 atau V30. Jika Anda hendak merekam video 8K, gunakanlah microSD dengan video speed class V60 atau V90. MicroSD V60 dan V90 juga direkomendasikan untuk Anda yang merekam video menggunakan DSLR, action camera, atau drone

Perhatikan juga daya tahan microSD untuk penggunaan yang lebih lama

Ketangguhan microSD menentukan keamanan data yang Anda simpan. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memilih produk dengan daya tahan yang kuat. Hal ini akan membuat data yang disimpan dalam microSD jadi lebih aman. 


Misalnya, jika ponsel Anda tenggelam, data yang tersimpan dalam microSD bisa diselamatkan. Kemudian, microSD yang tahan terhadap guncangan akan membantu mengamankan data saat terjadi benturan atau kecelakaan. Untuk Anda yang sering berpergian menggunakan pesawat terbang, pilihlah microSD dengan fitur X-ray proof


Terdapat beberapa fitur yang berhubungan dengan ketahanan microSD. Contohnya, waterproof, shockproof, X-ray proof, magnetic prooftemperature resistant, dan sebagainya. Ada produk yang memiliki kelima fitur tersebut, ada juga yang memiliki beberapa fitur saja. Karena itu, sesuaikanlah jenis fitur dengan aktivitas dan penggunaan Anda akan microSD

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

SanDisk Extreme PRO® SDHC 32 GB 95 MB/S

Mulai dari Rp 194.000,00

10 Rekomendasi kartu microSD terbaik

Kami akan memperkenalkan beberapa microSD terbaik yang kami rangkum berdasarkan harga dan spesifikasinya. Produk-produk di bawah ini juga kami urutkan berdasarkan popularitasnya. Bacalah dengan saksama setiap poinnya dan temukan produk yang Anda inginkan.
10

TeamgroupXTREEM Micro SDXC UHS-II U3 MicroSD CARD 64 GB

Mulai dari Rp 935.000,00

Kapasitas64 GB
Speed class (SD/UHS/Video)Class 10/U3/-
Writing speedUp to 100 MB/s
Reading speedUp to 250 MB/s
KetahananWaterproof, dustproof, X-ray proof
9

ADATAPremier Pro Micro SDXC/SDHC UHS-I U3 V30S 256GB

Mulai dari Rp 350.000,00

Kapasitas256 GB
Speed class (SD/UHS/Video)Class 10/U3/V30
Writing speedUp to 80 MB/s
Reading speedUp to 100 MB/s
KetahananWaterproof, shockproof, X-ray proof, magnetic proof, temperature resistant
8

PNYmicroSDXC PRO Elite - 512GB

P-SDUX512U3100PRO-GE

Mulai dari Rp 1.080.000,00

Kapasitas512GB
Speed class (SD/UHS/Video)Class 10/U3/V30
Writing speedUp to 90 MB/s
Reading speedUp to 100 MB/s
KetahananMagnetic proof, shockproof, temperature proof, waterproof, X-ray proof
7

Transcend High Endurance microSDXC/SDHC 64 GB

Mulai dari Rp 706.000,00

Kapasitas64 GB
Speed class (SD/UHS/Video)Class 10/U1/-
Writing speedUp to 45 MB/s
Reading speedUp to 95 MB/s
KetahananTemperature resistant, waterproof, shockproof, X-ray proof, static proof
6

Sandisk Extreme® PRO microSDXC UHS-I 1 TB

SDSQXCZ-1T00

Mulai dari Rp 7.527.000,00

Kapasitas1 TB
Speed class (SD/UHS/Video)Class -/U3/V30
Writing speedUp to 90 MB/s
Reading speedUp to 170 MB/s
KetahananShockproof, temperature proof, waterproof, X-ray proof
5

Lexar® Professional 1066x microSDXC™ UHS-I Cards SILVER Series

Mulai dari Rp 710.000,00

Kapasitas256 GB
Speed class (SD/UHS/Video)Class 10/U3/V30
Writing speedUp to 120 MB/s
Reading speedUp to 160 MB/s
KetahananWaterproof, shockproof, vibration proof, X-ray proof
4

ToshibaExceria Pro™ M501 32 GB

Mulai dari Rp 705.000,00

Kapasitas32 GB
Speed class (SD/UHS/Video)Class 10/U3/-
Writing speedUp to 250 MB/s
Reading speedUp to 270 MB/s
KetahananWaterproof, shockproof, X-ray proof
3

SamsungEVO Plus microSDXC Memory Card 512GB

Mulai dari Rp 2.300.000,00

Kapasitas512 GB
Speed class (SD/UHS/Video)Class 10/U3/-
Writing speedUp to 90 MB/s
Reading speedUp to 100 MB/s
KetahananMagnetic proof, temperature proof, waterproof, X-ray proof
2

Kingston Canvas Select Plus Class 10 microSD Card 64 GB

SDCS2

Mulai dari Rp 148.000,00

Kapasitas64 GB
Speed class (SD/UHS/Video)Class -/U1/V10
Writing speed85 MB/s
Reading speed100 MB/s
KetahananTidak disebutkan
1
Kapasitas128 GB
Speed class (SD/UHS/Video)Class 10/U1/-
Writing speed48 MB/s
Reading speed100 MB/s
KetahananWaterproof, shockproof, weatherproof , X-ray proof

Tabel perbandingan produk kartu microSD terbaik

Gambar produk
1
V-GEN MicroSD 128 GB Turbo 1

V-GEN

2
Kingston  Canvas Select Plus Class 10 microSD Card 64 GB 1

Kingston

3
Samsung EVO Plus microSDXC Memory Card 512GB 1

Samsung

4
Toshiba Exceria Pro™ M501 32 GB 1

Toshiba

5
Lexar®  Professional 1066x microSDXC™ UHS-I Cards SILVER Series 1

Lexar®

6
Sandisk  Extreme® PRO microSDXC UHS-I 1 TB 1

Sandisk

7
Transcend  High Endurance microSDXC/SDHC 64 GB 1

Transcend

8
PNY microSDXC PRO Elite - 512GB 1

PNY

9
ADATA Premier Pro Micro SDXC/SDHC UHS-I U3 V30S 256GB 1

ADATA

10
Teamgroup XTREEM Micro SDXC UHS-II U3 MicroSD CARD 64 GB 1

Teamgroup

Nama produk

MicroSD 128 GB Turbo

Canvas Select Plus Class 10 microSD Card 64 GB

EVO Plus microSDXC Memory Card 512GB

Exceria Pro™ M501 32 GB

Professional 1066x microSDXC™ UHS-I Cards SILVER Series

Extreme® PRO microSDXC UHS-I 1 TB

High Endurance microSDXC/SDHC 64 GB

microSDXC PRO Elite - 512GB

Premier Pro Micro SDXC/SDHC UHS-I U3 V30S 256GB

XTREEM Micro SDXC UHS-II U3 MicroSD CARD 64 GB

Keunggulan

Terbuat dari bahan-bahan yang aman dan tidak berbahaya

MicroSD yang budget friendly untuk smartphone Android Anda

MicroSD kuat! Mampu bertahan di air laut hingga 72 jam

Kecepatan baca dan tulis luar biasa, transfer data pun menakjubkan

Performa tingkat profesional untuk action cam, drone, dan Android

Kapasitas superbesar 1 TB untuk simpan banyak file!

MicroSD ajaib! Mampu selamatkan data yang terhapus

Multifungsi! Performa tetap terjaga di banyak perangkat

Atasi error saat transfer data dengan teknologi ECC

Desain elegan dengan visual yang terlihat 3D

Harga mulai dariRp 208.000,00Rp 148.000,00Rp 2.300.000,00Rp 705.000,00Rp 710.000,00Rp 7.527.000,00Rp 706.000,00Rp 1.080.000,00Rp 350.000,00Rp 935.000,00
Kapasitas128 GB64 GB512 GB32 GB256 GB1 TB64 GB512GB256 GB64 GB
Speed class (SD/UHS/Video)Class 10/U1/-Class -/U1/V10Class 10/U3/-Class 10/U3/-Class 10/U3/V30Class -/U3/V30Class 10/U1/-Class 10/U3/V30Class 10/U3/V30 Class 10/U3/-
Writing speed48 MB/s85 MB/sUp to 90 MB/sUp to 250 MB/sUp to 120 MB/sUp to 90 MB/sUp to 45 MB/sUp to 90 MB/sUp to 80 MB/sUp to 100 MB/s
Reading speed100 MB/s100 MB/sUp to 100 MB/sUp to 270 MB/sUp to 160 MB/s Up to 170 MB/sUp to 95 MB/sUp to 100 MB/sUp to 100 MB/sUp to 250 MB/s
KetahananWaterproof, shockproof, weatherproof , X-ray proofTidak disebutkanMagnetic proof, temperature proof, waterproof, X-ray proofWaterproof, shockproof, X-ray proofWaterproof, shockproof, vibration proof, X-ray proofShockproof, temperature proof, waterproof, X-ray proofTemperature resistant, waterproof, shockproof, X-ray proof, static proofMagnetic proof, shockproof, temperature proof, waterproof, X-ray proofWaterproof, shockproof, X-ray proof, magnetic proof, temperature resistantWaterproof, dustproof, X-ray proof
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk penyimpanan data lainnya di sini

Tidak hanya microSD, kami juga telah mengulas beberapa produk penyimpanan data lainnya, seperti SSD, flashdisk, HDD, dan lainnya. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh, silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan cara memilih microSD dan rekomendasi produk, apakah ada microSD yang sesuai dengan keinginan Anda? Beragam produk dengan berbagai keunggulannya masing-masing bisa Anda temukan di pasaran. Hal ini mungkin membingungkan Anda saat memilih.


Maka dari itu, jangan lupa untuk membandingkan setiap keunggulan produknya, mulai dari kapasitas, fitur, hingga harganya. Dengan demikian, Anda bisa menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan. Semoga ulasan ini membantu Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Tripod Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tripod Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda sedang mencari tripod murah terbaik? Pada artikel ini, kami memiliki ulasan tripod harga 100 ribuan hingga 1 jutaan. Selain harga, penting juga untuk memilih tripod berdasarkan perangkatnya. Misalnya, tripod untuk kamera DSLR, tripod mirrorless, atau tripod untuk HP. Sesuaikan juga ukuran tripod dengan kebutuhan Anda, baik tripod besar atau tripod mini.Jika Anda mencari rekomendasi tripod kamera dan tripod HP terbaik, kami juga memiliki tips memilihnya berikut ini. Beberapa merk tripod kamera dan HP yang bagus, seperti MeFOTO, TAKARA, dan Beike juga ada di sini. Baca ulasannya, yuk!
    Aksesori kamera
    72.659 Views
  • 10 Rekomendasi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, SD card menjadi perlengkapan yang dibutuhkan karena memiliki banyak kegunaan. Biasanya, SD card digunakan pada kamera digital atau DSLR. Namun, SD card juga bisa digunakan di ponsel maupun PC untuk menyimpan data.Ada banyak jenis SD card dengan berbagai merek dan kriteria yang tersedia di pasaran. Agar tidak membingungkan, kami akan mengulas cara memilih SD card untuk Anda. Setelah itu, kami juga akan memberikan produk yang direkomendasikan, seperti Toshiba, SanDisk, dan lainnya. Bacalah dengan saksama setiap poin dan temukan SD card yang tepat untuk Anda. Selamat memilih!
    Aksesori kamera
    96.993 Views
  • 10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Camera stabilizer merupakan penyeimbang dan peredam goyangan pada kamera saat ada pergerakan ketika kita mengambil video. Tidak hanya digunakan oleh fotografer profesional, stabilizer juga populer di kalangan penikmat hobi videografi. Dengan menggunakan stabilizer, Anda bisa mengambil video dengan mulus tanpa risiko blur.Jenis camera stabilizer sangat bervariasi tergantung pada bentuk dan fungsinya. Bahkan sekarang sudah ada stabilizer untuk smartphone! Kali ini kami akan merekomendasikan camera stabilizer dengan pertimbangan beberapa poin penting dalam memilih produk terbaik. Temukanlah camera stabilizer yang paling tepat untuk Anda!
    Aksesori kamera
    27.985 Views
  • 10 Rekomendasi Mic Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mic Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Umumnya, sebuah kamera sudah dilengkapi microphone built-in di dalamnya. Namun, untuk kelas profesional kualitas audio yang terekam mungkin terdengar kurang memuaskan. Sebagai solusinya, Anda dapat menggunakan microphone atau mic kamera. Di pasaran sendiri, Anda akan menjumpai harga microphone kamera yang beragam, baik untuk jenis lavalier maupun shotgun. Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih mic kamera yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan microphone kamera terbaik dari merk RØDE Microphones, Boya, Saramonic, dan lainnya. Mic kamera murah, microphone kamera DSLR, dan beragam mikrofon kamera lainnya akan anda temukan. Selamat membaca!
    Aksesori kamera
    10.655 Views
  • 10 Rekomendasi Flash Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Flash Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagian besar kamera yang tersedia di pasaran umumnya sudah dilengkapi dengan flash kamera. Namun, terkadang cahaya dari flash kamera internal kurang mampu menghasilkan foto yang cukup terang. Saat itulah Anda membutuhkan flash kamera eksternal.Hanya saja, aksesori tambahan ini mungkin sedikit merepotkan saat dipasangkan pada kamera. Agar Anda tidak salah pilih, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan dalam menentukan flash kamera eksternal yang tepat. Kami juga akan memperkenalkan beberapa produk yang populer seperti keluaran Canon dan Sony. Dapatkan pencahayaan maksimal dalam tiap sesi pemotretan!
    Aksesori kamera
    13.458 Views
  • 10 Rekomendasi Tas Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tas Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda seorang penggemar kamera, Anda tentu membutuhkan tas kamera. Produsen seperti EIGER, Kalibre, dan Manfrotto menjual banyak tas kamera dengan berbagai bentuk, contohnya tas bahu, backpack, dan selempang. Tidak hanya kapasitasnya yang berbeda, keunggulannya pun bermacam-macam.Berbagai pilihan yang ada mungkin akan membuat Anda kesulitan dalam memilih. Karena itu, kami akan mengenalkan produk tas kamera terbaik dan juga cara memilihnya di artikel ini. Untuk Anda para fotografer pemula maupun profesional, jadikanlah artikel ini sebagai referensi, ya!
    Aksesori kamera
    10.653 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori