10 Rekomendasi Bingkai Foto Terbaik untuk Dipajang di Dinding (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Bingkai Foto Terbaik untuk di Dinding (Terbaru Tahun 2018)

Foto yang memiliki kenangan khusus, foto di acara tertentu, kartu pos bergambar dari cucu, sayang jika hanya disimpan begitu saja. Tentu ada keinginan untuk memajangnya di ruangan dengan bingkai khusus agar kenangan yang indah dapat terus dinikmati, bukan? Namun, dengan banyaknya jenis bingkai foto yang dijual terkadang membuat bingung ketika Anda hendak membeli.

Kali ini, kami akan memberikan tips cara memilih bingkai foto, dan memberikan rekomendasi produk bingkai foto yang unik, minimalis, cantik, hingga yang klasik untuk Anda pilih sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Silakan disimak!

Daftar isi

Cara memilih bingkai foto untuk dipajang di dinding

Membeli bingkai foto bisa untuk berbagai keperluan, misalnya untuk pajangan di rumah, untuk hadiah, dan sebagainya. Jika Anda asal memilih tanpa memperhatikan ukuran, bisa saja ukurannya tidak sesuai dengan ukuran foto sehingga Anda harus memotong foto yang akan dipajang.

Oleh karena itu, disini kami akan menjelaskan cara memilih bingkai foto untuk di dinding agar Anda tidak salah memilih dan sesuai dengan keperluan. Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih bingkai foto, akan kami uraikan satu per satu berikut ini.

Tentukan ukuran foto yang akan dipajang

Tentukan ukuran foto yang akan dipajang

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan dalam memilih bingkai foto adalah mengenai ukuran fotonya. Di bawah ini adalah ukuran foto yang umum digunakan. Namun, Anda juga perlu berhati-hati karena ukuran foto bisa sedikit berbeda tergantung dari penyedia jasa cetak fotonya.

 Ukuran 20R = 20 x 24 inci (508 x 609 mm)
 Ukuran 16R = 16 x 20 inci (406 x 508 mm)
 Ukuran 12R = 12 x 16 inci (305 x 406 mm)
 Ukuran 10R = 10 x 12 inci (254 x 305 mm)
 Ukuran 8R = 8 x 10 inci (203 x 254 mm)
 Ukuran 6R = 6 x 8 inci (152 x 203 mm)
 Ukuran 5R = 5 x 7 inci (127 x 178 mm)
 Ukuran 4R = 4 x 6 inci (102 x 152 mm)
 Ukuran 3R = 3,5 x 5 inci (89 x 127 mm)

Tentukan tempat serta luas bidang yang akan digunakan

Tentukan tempat serta luas bidang yang akan digunakan

Hal lain yang juga perlu Anda perhatikan adalah mengenai kesesuaian bingkai foto dengan interior ruangan. Jika Anda dapat menyesuaikan model dan warna ruangan, serta jenis perabotan dengan warna dan jenis bingkai foto yang tepat, hal tersebut akan menghasilkan sebuah dekorasi ruangan yang cantik. Pemilihan bingkai foto yang tepat akan sangat berpengaruh pada nuansa ruangan di tempat foto dipajang.

Selanjutnya, tentukan seberapa luas bidang yang akan digunakan untuk memasang bingkai foto. Apakah Anda akan memasangnya di ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, sekitar tangga, dan sebagainya. Anda juga perlu memilih foto mana yang akan dipajang, serta jumlah foto yang ingin dipajang. Keseimbangan antara ukuran bingkai foto dan luas ruangan akan berpengaruh terhadap keserasian dekorasi ruangan secara keseluruhan.

Tentukan bahan dan warnanya

Tentukan bahan dan warnanya 

Setelah mendapatkan luas bidang untuk tempat pemasangan bingkai foto, berikutnya adalah menentukan bahan dan warna yang cocok. Jika ruangan Anda bernuansa natural atau alami, Anda bisa memilih bingkai foto dengan bahan kayu. Jika ruangannya bernuansa modern, maka lebih cocok memilih bingkai foto berbahan aluminium atau akrilik.

Jika ruangan Anda tidak bertema, Anda bisa menyesuaikannya dengan warna wallpaper atau warna perabot (pintu dan jendela) yang ada di sekitarnya. Anda juga dapat menyesuaikannya dengan ukuran sofa, rak perlengkapan makan, tempat tidur, dan lainnya agar perbandingan antara hiasan dinding dan perabot cukup seimbang. Namun, hal yang paling penting adalah keserasian dengan warna ruangan.

Selain itu, Anda juga bisa memilih warna bingkai foto yang berlawanan dengan warna utama ruangan karena warna bingkai foto yang kontras bisa memberikan aksen ruangan. Agar terlihat lebih menyatu dengan interior ruangan, kami sarankan untuk memilih warna yang sama dengan bantalan sofa atau warna yang senada dengan pernak-pernik kecil lain di sekitarnya.

Bingkai foto sebagai hadiah

Bingkai foto sebagai hadiah

Bagaimana cara memilih bingkai foto sebagai hadiah pernikahan, kelahiran bayi, syukuran rumah baru, dan lainnya? Jika sebelumnya Anda sudah mengetahui selera penerima hadiah atau nuansa ruangan di rumahnya, tentu hal tersebut tidak menjadi masalah. Namun, bagaimana jika Anda tidak tahu?

Untuk hadiah kelahiran bayi, ada berbagai bingkai foto yang desainnya lucu-lucu yang cocok untuk memajang foto bayi. Sedangkan untuk hadiah syukuran rumah baru atau pernikahan, kami sarankan memilih bingkai foto yang desainnya klasik, dengan bahan maupun warna yang simpel.

10 Rekomendasi bingkai foto terbaik untuk dipajang di dinding

Sekarang saatnya kami memperkenalkan bingkai foto yang merupakan produk-produk pilihan. Kami rangkum dari yang desainnya sederhana sampai yang mewah. Semoga Anda menemukan yang cocok ya.

10. The Olive House Foto Frame

10. The Olive House Foto Frame

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 31.823

Bingkai warna-warni membuat ruangan menjadi ceria!

Dilihat dari warnanya saja bingkai ini sudah cukup menarik ya. Sangat cocok untuk memajang foto anak-anak maupun remaja dengan gaya khasnya yang lucu-lucu. Bahannya terbuat dari kayu sehingga bisa dipastikan awet dan tahan lama.

Tersedia 3 warna pilihan yaitu oranye, hijau, dan putih, bingkai yang colorfull untuk ukuran foto 8R ini akan membuat suasana ruangan baik itu kamar anak maupun ruang keluarga menjadi lebih ceria. Harganya pun sangat terjangkau, bisa dijadikan sebagai hadiah ulang tahun anak-anak juga ya!

9. Central Frame Foto 3 in 1

9. Central Frame Foto 3 in 1

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 39.000

Foto orang-orang tercinta dalam satu frame!

Produk ini berbentuk segi empat memanjang ke bawah dengan material fiber berkualitas baik. Dengan bingkai ini Anda bisa menyusun 3 foto berukuran 4R dalam satu frame sehingga terlihat lebih rapi. Selain itu, Anda juga bisa menghemat luas bidang untuk tempat pemasangan bingkai foto.

Warna putih polos memberikan kesan minimalis, cocok untuk menampilan foto anak, keluarga, sahabat, dan saudara. Selain digantung di rumah, Anda juga bisa mengisinya dengan gambar bunga atau motif simpel lainnya untuk hiasan dinding di ruangan kantor agar suasana di kantor menjadi lebih nyaman.

8. Inno Foto Bingkai Foto Floral

8. Inno Foto Bingkai Foto Floral

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 177.000

1 Bingkai untuk 9 foto sekaligus!

Bingkai kolase berbahan plastik ini dapat memuat 9 foto sekaligus, yang terdiri dari 4 buah foto 4R vertikal, dan 5 buah foto 4R horisontal. Anda bisa menggunakan bingkai ini untuk memajang foto-foto saat berlibur bersama, acara nikahan keluarga, ulang tahun, dan momen berharga lainnya.

Motif batik bunga berwarna putih sangat cocok sebagai dekorasi ruang keluarga ataupun ruang tamu. Anda dapat memilih foto-foto keluarga dengan satu tema untuk disatukan dalam bingkai ini. Dengan bingkai kolase ini, Anda dapat mengingat momen-momen spesial keluarga setiap saat ya.

7. IKEA Ung Drill Frame Oval

7. IKEA Ung Drill Frame Oval

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 389.000

Bentuk oval dan ornamen ukiran yang cantik

Jika Anda bosan dengan bingkai foto berbentuk persegi, produk dari Ikea ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Bentuk oval dengan ornamen ukiran yang cantik, memberikan kesan mewah pada ruangan. Anda dapat memasang foto berwarna maupun monokrom (hitam-putih) sesuai selera Anda.

Terbuat dari material plastik polistirena, panel belakang bingkai ini dilindungi dengan kardus sehingga aman dan tidak mudah rusak. Dapat memuat foto dengan tinggi 50cm dan lebar 40cm atau setara dengan ukuran 16R, sangat cocok untuk foto keluarga atau foto pernikahan.

6. Jhana Bingkai Akrilik

6. Jhana Bingkai Akrilik

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 87.000

Bingkai akrilik untuk kesan lebih segar

Saat ini, bingkai foto berbahan akrilik mulai banyak dilirik sebagai hiasan dinding di rumah. Sifatnya yang lentur, tahan goresan, dan tidak mudah pecah merupakan daya tariknya. Dengan menggunakan bingkai akrilik, foto Anda akan terlihat bening sehingga memberi kesan lebih segar, modern, dan berkelas.

Bingkai ini berdimensi 210 mm x 270 mm ini pas untuk foto ukuran A5 (148 mm x 210 mm). Jangan khawatir dengan pemasangan yang rumit, sebab Anda cukup memasangnya dengan baut stabil pada keempat sudutnya. Untuk Anda yang menyukai hiasan dinding yang modern, silakan mencoba bingkai ini ya!

5. Home Mart Frame Foto Love

5. Home Mart Frame Foto Love

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 100.000

Abadikan setiap momen kasih sayang dalam bingkai LOVE

Tampilan bingkai berdimensi panjang 44 cm x tinggi 40 cm x tebal 3 cm ini sangat unik, berisi 6 foto dengan berbagai bentuk, ada yang berbentuk hati, persegi, dan oval. Sangat cocok untuk memajang foto-foto pernikahan, kelahiran bayi, foto keluarga, dan lainnya.

Bingkai berbahan plastik berwarna hitam ini baik dipasang di kamar tidur, ruang tamu, atau ruang keluarga, sesuai dengan keinginan Anda. Tulisan LOVE pada bingkai ini menjadi satu kelebihan karena dapat mempererat ikatan kasih sayang dengan orang-orang tersayang. Cukup menarik, bukan?

4. Neoframe Bingkai Foto Rustic

4. Neoframe Bingkai Foto Rustic

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 37.500

Simple is the best!

Bagi Anda yang menyukai sesuatu yang simpel, produk dari Neoframe ini bisa menjadi salah satu pilihan Anda. Bentuknya segi empat, bahannya dari polistirena, warnanya coklat, memberi kesan sederhana namun berkelas. Foto diri ataupun bersama teman dan keluarga, semua bisa dipajang di bingkai ini.

Motif kayu tua (rustic wooden) sangat sesuai untuk dekorasi ruangan bernuansa alami. Ukurannya pas, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, cukup untuk foto ukuran 10R (254 x 305mm). Harganya pun terjangkau, produk ini baik untuk Anda jadikan kado ulang tahun maupun hadiah di hari spesial lainnya untuk sahabat atau kerabat Anda.

3. Inno Foto Bingkai Foto Fiber Emas

3. Inno Foto Bingkai Foto Fiber Emas

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 85.000

Bingkai besar untuk dinding rumah yang luas

Untuk dinding rumah yang luas, Anda bisa menghiasnya dengan bingkai foto berukuran besar. Produk ini mampu memuat foto berukuran 20R, sangat direkomendasikan untuk foto berisi banyak orang seperti foto di acara wisuda, acara pernikahan, foto keluarga besar (3 generasi), foto dengan teman sekelas, dan sebagainya.

Sudah termasuk kaca antipecah, bingkai bergaya modern ini materialnya dari fiber, yang diberi sentuhan keemasan sehingga terlihat mewah. Dapat dipasang vertikal maupun horizontal, foto berkelompok akan menyemarakkan ruangan Anda!

2. Meridient Frame Foto Baby

2. Meridient Frame Foto Baby

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 75.000

Hadiah bingkai lucu untuk bayi yang imut

Kelahiran bayi merupakan momen yang sangat penting. Oleh karena itu, banyak yang ikut memberi ucapan selamat sekaligus memberi hadiah. Dari sekian banyak produk untuk bayi, bingkai foto bisa dijadikan sebagai salah satu hadiah yang cukup bermanfaat.

Berisi 1 foto ukuran 78 mm x 104 mm di bagian tengah, dan 4 foto ukuran 41 mm x 64 mm di sekelilingnya, Anda bisa mengabadikan momen-momen penting perkembangan si kecil, dari baru lahir hingga bisa berjalan dalam satu frame ini. Tentu sangat menggemaskan ya!

1. Raja Bingkai Frame Foto Kayu

1. Raja Bingkai Frame Foto Kayu

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 125.000

Bingkai hitam dan lis putih yang klasik!

Desainnya simpel, material kayu yang kuat, pilihan warna hitam yang klasik, dan harga yang terjangkau menjadi pertimbangan kami merekomendasikan bingkai ini. Pas untuk foto ukuran 12R maupun 16R, disesuaikan dengan yang Anda inginkan.

Anda bisa memanfaatkan bingkai ini untuk memajang foto keluarga bergaya formal dengan pakaian resmi maupun gaya bebas dengan pose santai, apapun selera Anda. Selain mempercantik ruangan, foto keluarga akan menambah kenyamanan di rumah, dan keluarga Anda menjadi makin kompak!

Kesimpulan

Foto-foto yang biasanya hanya tersimpan dalam kamera maupun handphone, tentu akan lebih berkesan jika dipajang dengan bingkai favorit. Dengan adanya hiasan dinding berupa foto yang dibingkai, suasana ruangan bisa terasa lebih hangat dan nyaman.

Dari berbagai produk yang sudah diperkenalkan tadi, apakah ada yang Anda sukai? Jika Anda sudah menemukan yang sesuai dengan keinginan, segera pasang foto kesayangan Anda ya. Anda bisa mengingat momen-momen spesial dengan sahabat atau keluarga setiap saat!