1. TOP
  2. >
  3. Interior & furnitur
  4. >
  5. Dekorasi ruangan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Bingkai Foto Terbaik untuk Dipajang di Dinding (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Bingkai Foto Terbaik untuk Dipajang di Dinding (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Bingkai Foto Terbaik untuk Dipajang di Dinding (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Bingkai Foto Terbaik untuk Dipajang di Dinding (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Bingkai Foto Terbaik untuk Dipajang di Dinding (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Bingkai Foto Terbaik untuk Dipajang di Dinding (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Bingkai Foto Terbaik untuk Dipajang di Dinding (Terbaru Tahun 2023)

Setiap orang biasanya mempunyai foto dengan kenangan khusus. Foto saat acara tertentu atau kartu pos bergambar pemberian orang terkasih pasti sayang jika hanya disimpan begitu saja. Tentu ada keinginan untuk memajangnya di dinding ruangan dengan bingkai khusus agar kenangan indah dapat terus dinikmati.

Untuk membantu Anda, kami akan menjelaskan cara memilih dan rekomendasi bingkai foto yang bagus untuk dipajang di dinding. Rekomendasi produk dari merek kenamaan, seperti iCreate.id dan Picora ada dalam artikel ini. Bingkai foto awet untuk digunakan jangka panjang juga ada. Pastikan untuk membaca sampai akhir, ya!

Diperbaharui 05-26-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih bingkai foto untuk dipajang di dinding

Pertama-tama, kami akan menjelaskan cara memilih bingkai foto untuk dipajang di dinding. Anda bisa menggunakannya sebagai referensi untuk menemukan bingkai foto gantung yang tepat. Simak dengan saksama, ya!

① Sesuaikan ukuran foto yang akan dipajang

Sesuaikan ukuran foto yang akan dipajang
Hal pertama yang perlu Anda perhatikan dalam memilih bingkai foto dinding adalah ukuran fotonya. Di bawah ini adalah ukuran foto yang umum digunakan. Namun, Anda juga perlu berhati-hati karena ukuran foto bisa sedikit berbeda tergantung dari penyedia jasa cetak fotonya.

 Ukuran 20R = 20 inci x 24 inci (508 mm x 609 mm)
 Ukuran 16R = 16 inci x 20 inci (406 mm x 508 mm)
 Ukuran 12R = 12 inci x 15 inci (305 mm x 381 mm)
 Ukuran 10R = 10 inci x 12 inci (254 mm x 305 mm)
 Ukuran 8R = 8 inci x 10 inci (203 mm x 254 mm)
 Ukuran 6R = 6 inci x 8 inci (152 mm x 203 mm)
 Ukuran 5R = 5 inci x 7 inci (127 mm x 178 mm)
 Ukuran 4R = 4 inci x 6 inci (102 mm x 152 mm)
 Ukuran 3R = 3,5 inci x 5 inci (89 mm x 127 mm)

② Perhatikan bahan yang digunakan

Perhatikan bahan yang digunakan

Ada cukup banyak bahan yang sering digunakan untuk membuat bingkai foto dinding. Namun, yang paling banyak ditemui di pasaran, yakni kayu, plastik, dan akrilik. Ketiga bahan tersebut pastinya memiliki karakteristik yang berbeda. Apa saja itu? Simak penjelasannya di bawah ini!


  • Plastik

Bingkai foto berbahan plastik tergolong ringan. Umumnya, harga yang ditawarkan juga lebih ramah di kantong. Kemudian, karena variasi warnanya lebih beragam, Anda bisa leluasa memilih warna bingkai foto sesuai dengan warna ruangan Anda.


  • Kayu

Dibanding plastik, bingkai foto yang terbuat dari kayu lebih kokoh dan tahan banting. Nuansa warna cokelat yang alami pun membuatnya cocok dipajang di ruangan bernuansa natural. Namun, hindari memajangnya di area outdoor karena akan rentan terkena percikan air hujan yang membuatnya mudah lapuk.


  • Akrilik

Bahan akrilik memiliki sifat yang lentur dan tahan akan goresan. Selain itu, bingkai foto berbahan akrilik juga tidak akan mudah pecah walaupun jatuh. Anda yang memiliki ruangan bernuansa modern bisa menjadikan produk berbahan akrilik sebagai pilihan.

③ Pilih bingkai berdasarkan lokasi penempatannya

Pilih bingkai berdasarkan lokasi penempatannya
Anda bisa memilih bingkai foto yang warna dan bahannya sesuai dengan interior dan furnitur ruangan agar terlihat makin bagus. Jadi, sangat penting bagi Anda untuk mempertimbangkan terlebih dahulu lokasi penempatan bingkai fotonya.

Bingkai foto juga akan terlihat lebih bagus apabila ukurannya seimbang dengan area penempatannya. Ukuran bingkai tentu berbeda-beda tergantung lokasi penempatannya, seperti di ruang tamu, kamar, atau dinding tangga. Pastikan ukurannya tepat dan seimbang sesuai luas area yang disediakan untuk memajang foto dan banyaknya foto yang akan dipajang.


Selain ukuran, desain dari bingkai foto juga dapat Anda pertimbangkan. Sebagai contoh, jika Anda akan memajangnya di ruang tamu, pilihlah produk dengan ornamen yang tampak elegan dan menawan. Sementara itu, untuk ruang keluarga, produk dengan ornamen bertuliskan love atau family juga layak dipilih.

④ Pastikan warnanya pas dengan furnitur atau warna ruangan

Setelah menentukan lokasi penempatannya, berikutnya Anda perlu menentukan warna yang cocok dengan atmosfer ruangan. Namun, jika Anda belum mengenali atmosfer ruangannya, sesuaikanlah dengan warna wallpaper atau perabot (pintu dan jendela) dalam ruangan. 


Anda juga dapat menyesuaikannya dengan furnitur berukuran besar yang mengisi ruangan, misalnya sofa, lemari, tempat tidur, dan sebagainya. Intinya, Anda perlu mencocokkannya dengan warna dominan dalam ruangan tersebut.


Selain itu, Anda juga bisa memilih bingkai foto yang warnanya berlawanan atau kontras dengan warna utama ruangan. Hal tersebut bisa dilakukan dengan maksud agar ruangan Anda makin beraksen. Apabila Anda hendak melakukan hal tersebut, Anda bisa menyesuaikan warnanya dengan benda berukuran kecil dalam ruangan, misalnya bantal.

⑤ Jika dijadikan hadiah, pertimbangkan bingkai sesuai tema foto

Jika dijadikan hadiah, pertimbangkan bingkai sesuai tema foto
Bagaimana cara memilih bingkai foto sebagai hadiah pernikahan, kelahiran bayi, syukuran rumah baru, dan lainnya? Jika Anda sudah mengetahui selera penerima hadiah atau nuansa ruangan di rumahnya, tentu hal tersebut tidak menjadi masalah. Namun, bagaimana jika Anda tidak tahu?

Untuk hadiah kelahiran bayi, ada berbagai bingkai foto berdesain lucu yang cocok untuk memajang foto bayi. Kemudian, untuk hadiah syukuran rumah baru atau pernikahan, Anda bisa memilih produk dengan desain sesuai tema foto. Sangat baik juga apabila Anda memilih produk dengan bahan dan warna yang tidak terlalu mencolok.

10 Rekomendasi bingkai foto terbaik untuk dipajang di dinding

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bingkai foto terbaik untuk dipajang di dinding. Rekomendasi produk ini telah kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Picora

Alto

Picora Alto 1枚目

Menawarkan sepuluh pilihan warna yang kece

2

MERIDIENT

Jam Dinding Frame Foto

MERIDIENT Jam Dinding Frame Foto 1枚目

Makin fungsional berkat adanya tambahan jam dinding

3

Deli

Vusign Photo Frame

Deli Vusign Photo Frame 1枚目

Harganya ekonomis dengan empat pilihan ukuran

4

Bosca Living & Art

Frame Foto Daun Gold

Bosca Living & Art Frame Foto Daun Gold 1枚目

Balutan warna keemasan berikan kesan yang mewah

5

Jhana Acrylic Creations

Bingkai Akrilik

Jhana Acrylic Creations Bingkai Akrilik 1枚目

Foto tampak makin fresh dengan bingkai akrilik

6

Innofoto

Frame Plastic Frame "Love"

Innofoto Frame Plastic Frame "Love"  1枚目

Pilihan tepat abadikan setiap momen kasih sayang

7

Mikado

Wooden Photo Frame Double Bingkai Kayu Foto

Mikado Wooden Photo Frame Double Bingkai Kayu Foto 1枚目

Minimalis dan tetap berkelas dengan motif rustic

8

Panda Home

Home Boy And Girl Photo Frame

Panda Home Home Boy And Girl Photo Frame 1枚目

Abadikan tiap momen berharga si buah hati

9

iCreate.id

Towla Photo Frame

iCreate.id Towla Photo Frame  1枚目

Bingkai besar untuk dinding rumah yang luas

10

Panda Home

Bingkai Foto 9 Frame

Panda Home  Bingkai Foto 9 Frame 1枚目

Unik! Bisa dirangkai dan dicopot sesuka hati

Perincian produk
Close
No.1

Menawarkan sepuluh pilihan warna yang kece

Apabila Anda mencari pilihan warna bingkai yang kekinian, produk dari Picora ini cocok dipilih. Bingkai foto Alto dirancang dengan ukuran 8R yang memiliki sepuluh pilihan warna. Ada warna gelap, natural, cerah, dan soft yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera.


Selain bisa dijadikan sebagai hiasan dinding, bingkai foto ini juga dapat menghiasi meja kerja Anda, lho. Mau dipasang dengan bentuk horizontal atau vertikal, tinggal sesuaikan saja dengan space yang ada!

No.2

MERIDIENTJam Dinding Frame Foto

Mulai dari Rp125.000,00

Makin fungsional berkat adanya tambahan jam dinding

Berbeda dengan bingkai foto kebanyakan, produk ini dilengkapi dengan jam di bagian tengahnya. Tak hanya satu foto, Anda dapat memasang delapan foto sekaligus pada produk ini. Warna jamnya pun senada dengan frame foto lainnya sehingga tampak lebih matching. Jika Anda mencari bingkai foto yang fungsional atau untuk dipajang di ruang bergaya kontemporer, milikilah produk ini.
No.3

DeliVusign Photo FrameVS65X

Mulai dari Rp11.000,00

Harganya ekonomis dengan empat pilihan ukuran

Jika Anda mencari bingkai foto dengan harga yang terjangkau, produk dari Deli patut untuk dilirik. Vusign Photo Frame hadir dengan empat pilihan ukuran, mulai dari 4R hingga 8R. 


Meskipun harganya ekonomis, balutan warna putihnya berikan sentuhan yang sederhana sekaligus elegan. Menariknya lagi, produk ini juga bisa dipajang dengan berbagai angle karena panahan di belakangnya dapat diputar hingga 360 derajat.

No.4

Bosca Living & ArtFrame Foto Daun Gold

Mulai dari Rp85.000,00

Balutan warna keemasan berikan kesan yang mewah

Bingkai foto rancangan Bosca Living & Art ini menghadirkan dua pilihan bentuk, yakni persegi dan persegi panjang. Kemudian, ornamen daun gingko berwarna emas yang menghiasi bagian tepinya membuat produk ini pun memancarkan look yang classy. 


Anda yang sedang mencari bingkai foto dengan tampilan mewah, tentu bisa memilihnya. Bingkai foto ini juga sangat cocok Anda jadikan pajangan di ruang tamu.

No.5

Jhana Acrylic CreationsBingkai AkrilikFB01

Mulai dari Rp65.000,00

Foto tampak makin fresh dengan bingkai akrilik

Saat ini, bingkai foto berbahan akrilik mulai banyak dilirik sebagai hiasan dinding di rumah. Dengan menggunakan bingkai akrilik, foto Anda akan terlihat bening. Kesan lebih segar, modern, dan berkelas pun akan Anda dapatkan.

Tidak perlu khawatir, Anda bisa dengan mudah memasangnya menggunakan baut stabil yang tersedia. Selain itu, produk ini juga sudah dirancang sedemikian rupa sehingga Anda tidak akan kesulitan mengganti foto. Apabila Anda menyukai bingkai modern dengan tampilan yang fresh, silakan mencoba produk dari Jhana Acrylic Creations ini, ya!
No.6

InnofotoFrame Plastic Frame "Love" YJ606

Mulai dari Rp106.000,00

Pilihan tepat abadikan setiap momen kasih sayang

Produk keluaran Innofoto ini wajib dipilih untuk memajang momen-momen penuh kasih antara Anda dengan pasangan. Adanya tiga bingkai berbeda memungkinkan Anda untuk memajang tiga foto terbaik penuh cinta bersama kekasih hati. Sebagai contoh, foto saat pranikah, pernikahan, dan sebagainya dapat Anda tampilkan.


Selain itu, produk ini juga dihiasi ornamen tulisan love dengan ukuran cukup besar. Hal tersebut membuatnya makin menonjolkan kesan penuh kasih yang ditunjukkan pada setiap foto Anda.

No.7

MikadoWooden Photo Frame Double Bingkai Kayu Foto

Mulai dari Rp79.000,00

Minimalis dan tetap berkelas dengan motif rustic

Pencinta produk minimalis atau penyuka tema rustic bisa menjadikan bingkai foto dari Mikado ini sebagai salah satu pilihan. Bentuk persegi panjang dengan motif cokelat natural membuat bingkai ini terkesan simpel sekaligus berkelas. 


Selain itu, produk ini mempunyai dua slot foto yang bisa dipasang foto diri Anda atau ketika bersama kerabat. Anda pun bisa menjadikannya sebagai kado ulang tahun atau hadiah pada hari spesial lainnya untuk orang terdekat.

No.8

Panda HomeHome Boy And Girl Photo Frame

Mulai dari Rp80.000,00

Abadikan tiap momen berharga si buah hati

Kelahiran bayi merupakan momen yang sangat penting. Hal tersebut membuat banyak orang ikut berbahagia, menyampaikan ucapan selamat, dan memberi hadiah. Dari sekian banyak produk untuk bayi, bingkai foto bisa Anda jadikan sebagai salah satu hadiah yang cukup bermanfaat. 


Dengan demikian, momen-momen penting perkembangan si kecil bisa terabadikan dengan baik. Produk dengan dua pilihan warna sesuai gender bayi ini pun dapat Anda jadikan pilihan terbaik untuk kado kelahiran.

No.9

iCreate.idTowla Photo Frame

Mulai dari Rp239.999,00

Bingkai besar untuk dinding rumah yang luas

Untuk dinding rumah yang luas, Anda bisa menghiasnya dengan bingkai foto berukuran besar. Nah, bingkai foto yang satu ini mampu memuat foto hingga ukuran 16R. Foto diri Anda sendiri atau saat bersama sedikit orang tentu akan terpampang dengan lebih jelas.


Anda juga bisa menggunakannya untuk memajang foto berisi banyak orang. Sebagai contoh, foto saat acara wisuda, foto keluarga besar, foto dengan teman sekelas, dan sebagainya bisa Anda pajang. Produk keluaran iCreate.id ini layak diperhitungkan jika Anda membutuhkan bingkai foto yang dapat memuat foto berukuran ekstra besar.

No.10

Panda Home Bingkai Foto 9 Frame

Mulai dari Rp180.000,00

Unik! Bisa dirangkai dan dicopot sesuka hati

Apabila Anda ingin menghiasi dinding dengan bingkai foto yang unik, Panda Home punya jawabannya. Bingkai foto ini dirancang dengan bentuk layaknya puzzle. Terdapat sembilan frame yang bisa Anda rangkai bentuknya sesuka hati. 


Selain itu, rangkaian tersebut pun bisa Anda copot satu-satu. Unik sekaligus praktis, bukan? Karena didesain dengan warna hitam dan putih, produk ini juga cocok untuk desain ruangan bernuansa monokrom.

Baca juga rekomendasi bingkai lainnya di sini

Tidak hanya di dinding, Anda juga bisa memajang foto menggunakan bingkai yang diletakkan di meja atau tempat lainnya. Bingkai foto digital pun menarik untuk Anda miliki. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi bingkai poster untuk menghiasi ruangan Anda. Daripada penasaran, langsung klik link-nya, yuk! 

Kesimpulan

Foto-foto yang biasanya hanya tersimpan dalam kamera atau smartphone, tentu akan lebih berkesan jika dipajang dengan bingkai favorit. Dengan adanya hiasan dinding berupa foto yang dibingkai, suasana ruangan bisa terasa lebih hangat dan nyaman.

Dari berbagai bingkai foto untuk dipajang di dinding yang sudah diperkenalkan tadi, adakah yang menarik hati Anda? Milikilah produk yang paling Anda suka untuk memajang dan mengingat momen-momen spesial dengan sahabat atau keluarga setiap saat!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer