10 Rekomendasi Minyak Almond Terbaik untuk Kesehatan dan Kecantikan (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Minyak Almond Terbaik untuk Kesehatan dan Kecantikan (Terbaru Tahun 2019)

Minyak almond merupakan salah satu minyak kecantikan yang banyak menarik perhatian. Selain baik untuk kulit, minyak almond juga dapat digunakan pada wajah dan rambut. Karena kandungan vitaminnya yang tinggi, minyak almond bahkan dapat dikonsumsi sebagai bahan tambahan makanan!

Nah, kali ini kami akan menjelaskan bagaimana memilih minyak almond sesuai dengan penggunaannya. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk dari merek ternama, seperti Now, Green Tosca, Organic Supply Co, Indoganic, dan lainnya yang dapat menjadi referensi Anda. Mari temukan minyak almond yang paling sesuai untuk Anda!

Daftar isi

Pembagian jenis minyak almond

Meski cukup terkenal, apa itu sebenarnya minyak almond? Minyak almond adalah minyak nabati alami yang terbuat dari biji almond dan telah dimanfaatkan sejak zaman Yunani kuno. Jadi, bisa dikatakan bahwa minyak ini merupakan minyak yang memiliki banyak kegunaan sejak zaman dahulu.

Almond sendiri terdiri dari varietas yang manis dan pahit, tetapi minyak almond yang dapat dimakan adalah jenis yang manis. Sementara itu, varietas yang pahit bisa memberikan rangsangan sangat kuat dan berbahaya ketika dimakan dalam jumlah besar sehingga penjualan jenis ini dilarang di Amerika Serikat. Mungkin Anda sering melihat produk yang disebut “sweet almond oil” di situs online seperti Lazada, Tokopedia, atau Bukalapak. Ini menunjukkan kacang almond yang digunakan adalah varietas yang manis dan sering disebut dengan istilah minyak almond.

Secara umum, minyak almond dibagi lagi menjadi dua jenis, yaitu tipe untuk dimakan dan tipe untuk kecantikan, misalnya untuk memutihkan kulit, perawatan kecantikan, anti-aging, dan lainnya. Kami akan memperkenalkan ciri khas dari kedua jenis minyak almond ini.

Minyak almond yang bisa dimakan, untuk dressing salad atau membuat kue

Minyak almond yang bisa dimakan, untuk dressing salad atau membuat kue

Jenis ini adalah minyak almond yang dapat dikonsumsi secara langsung. Namun, penggunaannya pun bervariasi, misalnya untuk dressing salad atau untuk menambah aroma pada hidangan seperti daging dan pasta. Jika Anda berpikir dressing biasa sudah cukup, Anda salah besar! Dengan menambahkan minyak ini, Anda akan dikejutkan oleh aroma almond yang nikmat dan cita rasa yang lembut. Terkadang minyak almond juga digunakan untuk membuat kue. Selain itu, mengonsumsi 1 atau 2 sendok makan minyak almond juga direkomendasikan karena baik untuk kesehatan.

Minyak almond sendiri mengandung asam oleat yang sangat baik bagi tubuh tubuh karena dapat mempertahankan kolesterol baik dalam darah serta mampu mengurangi jumlah kolesterol jahat. Bagaimana, tentunya Anda merasa rugi kalau tidak menggunakan minyak almond ini, bukan?

Minyak almond untuk kecantikan, melembapkan dan melembutkan kulit

Minyak almond untuk kecantikan, melembapkan dan melembutkan kulit

Minyak almond bisa digunakan untuk berbagai hal yang berkaitan dengan kecantikan. Contohnya, dioleskan ke seluruh tubuh sebagai minyak pijat aromaterapi atau digunakan sebagai minyak untuk perawatan rambut, kulit, dan kuku. Asam oleat dalam minyak almond tidak hanya bermanfaat untuk dikonsumsi, tetapi juga baik untuk kecantikan. Sering kali asam oleat ini dijadikan sebagai bahan kosmetik karena tidak mengiritasi kulit. Sebagai contoh, untuk perawatan rambut asam oleat bermanfaat untuk melindungi kutikula dan menjaga rambut tetap dalam kondisi alaminya. Jika Anda terus menggunakannya, rambut akan menjadi lembap dan lembut.

Selain itu, minyak almond juga cocok untuk digunakan pada kulit bayi atau kulit kering karena risiko alerginya yang rendah. Minyak ini akan menjadikan kulit lembap sekaligus kencang. Berhubung almond memiliki kandungan vitamin E paling banyak di antara tumbuhan lainnya, almond dijuluki juga sebagai “vitamin untuk peremajaan”. Jadi, dapat dikatakan minyak almond merupakan minyak yang sangat penting untuk melembutkan, melembapkan, dan menekan peradangan pada kulit.

Cara memilih minyak almond untuk kesehatan dan kecantikan

Setelah menjelaskan tentang pembagian minyak almond sesuai jenisnya, kami akan menjelaskan beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam memilih minyak almond. Mari simak secara saksama!

Pilih yang diekstraksi dengan metode cold-pressed

Pilih yang diekstraksi dengan metode cold-pressed

Minyak almond adalah minyak yang diekstrak dari biji yang terdapat di dalam kacang almond. Bagian ini merupakan bagian yang mahal dan lima puluh persen dari biji almond mengandung minyak. Lalu, biji almond tadi akan diproses melalui metode cold-pressed, yaitu metode memeras minyak dengan menerapkan tekanan secara perlahan tanpa menambahkan panas pada biji almond. Dari sekitar 50% kandungan minyak yang dimiliki biji kacang almond tadi, hanya sekitar 35% yang bisa diekstrak dan memiliki kandungan gizi sangat tinggi.

Biji almond yang diekstraksi dengan metode cold-pressed menghasilkan minyak almond berkualitas tinggi karena tetap mempertahankan kandungan zat baik di dalamnya. Terkadang, minyak almond sudah diekstrak terlebih dahulu dengan metode ini, diekstrak lagi menggunakan bahan kimia untuk mendapatkan minyak yang masih tersisa. Namun, kelemahan metode ini adalah kandungan nutrisinya juga minim.

Jika minyak almond dijual dengan harga murah, kemungkinan minyak tersebut adalah minyak yang dihasilkan dari metode menggunakan bahan kimia tadi. Ini adalah tipe minyak yang ditujukan untuk produksi massal. Namun, perlu diingat bahwa produk berharga murah, kandungan bahan aktifnya juga sedikit. Anda tentu ingin mendapatkan manfaat keseluruhan dari minyak almond, bukan? Jadi, mari pastikan metode pemerasan minyak almond yang Anda pilih adalah cold-pressed agar terjamin kualitas kandungannya.

Pilih produk organik agar lebih aman dan maksimal

Pilih produk organik agar lebih aman dan maksimal

Meski metode ekstraksinya sudah sesuai, jika Anda ingin mendapatkan manfaat maksimal dari bahan aktif dan keamanan produk yang tinggi, pilihlah minyak almond organik. Anda dapat memilih minyak almond bertanda khusus yang diberikan lembaga sertifikasi organik berstandar global, seperti ECOCERT Standard atau COSMOS Standard oleh Ecocert Green Life kepada produk yang telah menjalani sertifikasi organik.

Sebagai tambahan, COSMOS Standard adalah standar yang ditetapkan oleh lima organisasi sertifikasi organik termasuk Prancis. Ini merupakan standar terpadu yang berlaku di seluruh dunia untuk bidang kosmetik organik dan alami. Jika ada tanda organik serupa lainnya yang terpasang, pastikan untuk memeriksanya terlebih dahulu.

Pilih berdasarkan penggunaannya, untuk dikonsumsi atau pemakaian eksternal

Pilih berdasarkan penggunaannya, untuk dikonsumsi atau pemakaian eksternal

Bagi Anda yang ingin merawat diri dari dalam tubuh dengan mengonsumsi minyak almond, pastikan produk yang Anda beli memang ditujukan untuk konsumsi. Pada dasarnya, hindarilah mengonsumsi minyak almond yang ditujukan untuk pemakaian eksternal sebagai tambahan pada makanan. Begitu pun sebaliknya, jangan menggunakan minyak almond yang dapat dimakan untuk pemakaian eksternal.

Pilih kemasan yang tidak tembus cahaya

Pilih kemasan yang tidak tembus cahaya

Minyak nabati seperti minyak almond, kualitasnya akan menurun jika terkena sinar matahari langsung. Untuk melindungi kualitas minyak, mari pilih minyak almond yang dikemas dalam kaleng atau botol yang tidak tembus cahaya. Untuk botol misalnya, sebaiknya pilih botol berwarna gelap, seperti biru, hijau, hitam, dan lainnya.

Tidak peduli seberapa bagus kualitas minyak almond yang Anda beli, jika tidak disimpan dalam kaleng atau botol yang tidak tembus cahaya seperti ini, kualitas minyaknya akan menurun. Jadi, Anda harus memberikan perhatian khusus karena minyak ini berefek langsung pada tubuh Anda terutama jika penggunaannya untuk dimakan.

10 Rekomendasi minyak almond terbaik untuk kesehatan dan kecantikan

Sekarang kami akan memperkenalkan sepuluh produk minyak almond yang memiliki peringkat tertinggi berdasarkan berbagai pertimbangan, terutama cost & performance. Silakan pilih yang paling sesuai dengan Anda!

10. Customessentialoil Happy Green Almond Oil

10. Customessentialoil Happy Green Almond Oil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 60.000

Hindari minyak tumpah dengan kemasan plastik!

Happy Green memilih botol plastik berwarna coklat gelap sebagai kemasan minyak almond untuk menghindari terjadinya oksidasi akibat terkena sinar matahari. Selain itu, penggunaan botol plastik dapat menghindari tumpahan minyak saat tidak sengaja terjatuh. Cocok untuk Anda yang ingin lebih aman dalam penyimpanannya, bukan?

Produk ini juga mengandung 100% minyak almond murni dan bebas dari penggunaan zat kimia sehingga tepercaya dapat memberikan manfaat secara maksimal. Anda pun bisa mencampurkannya dengan essential oil lain untuk mengatasi eczema pada kulit.

Jenis Penggunaan eksternal
Metode ekstraksi Tidak disebutkan
Asal Tidak disebutkan
Volume 80 ml

9. Nusaroma Almond Oil

9. Nusaroma Almond Oil

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 66.825

Melembapkan tanpa meninggalkan rasa lengket

Minyak almond yang cocok untuk semua jenis kulit ini mudah diserap sehingga tidak akan meninggalkan rasa lengket dan dapat digunakan setiap hari. Bila Anda memiliki kulit berminyak atau sensitif, tidak perlu takut menggunakan produk ini. Anda pun bebas menggunakannya untuk aromaterapi, perawatan rambut, kulit, dan sebagainya.

Jenis Penggunaan eksternal
Metode ekstraksi Tidak disebutkan
Asal Tidak disebutkan
Volume 20 ml, 50 ml, 100 ml, dst

8. Biolane Sweet Almond Oil Spray

8. Biolane Sweet Almond Oil Spray

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 110.000

Cegah ruam pada kulit bayi, jadikan lebih lembut dan terlindungi!

Untuk Anda yang memiliki bayi, minyak almond ini layak untuk dimiliki karena mampu menutrisi, melembutkan, dan melindungi kulit bayi yang sensitif. Selain itu, bentuk spray dari produk ini akan memudahkan Anda saat mengaplikasikannya pada bayi Anda tanpa khawatir akan tumpah atau kebanyakan. Praktis!

Jenis Penggunaan eksternal
Metode ekstraksi Tidak disebutkan
Asal Tidak disebutkan
Volume 75 ml

7. Aura Cacia Sweet Almond Skin Care Oil

7. Aura Cacia Sweet Almond Skin Care Oil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 157.000

Tingkatkan kesehatan kulit saat dipijat

Jika Anda senang melakukan massage, minyak almond dari Aura Cacia layak untuk dicoba! Selain nyaman saat dioleskan pada kulit, produk ini juga dapat menutrisi kulit sehingga cocok untuk Anda yang memiliki kulit kering. Hal yang lebih menarik, produk ini juga tidak mengandung pewangi, pewarna, dan paraben, lho!

Jenis Penggunaan eksternal
Metode ekstraksi Tidak disebutkan
Asal Tidak disebutkan
Volume 118 ml & 473 ml

6. Purivera Botanicals Almond Oil

6. Purivera Botanicals Almond Oil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 55.000

Harganya terjangkau, anti bikin kantong bolong!

Penggunaan teratur dari minyak almond ini akan menghasilkan kulit wajah yang sehat dan bercahaya. Di dalamnya terdapat kandungan vitamin D dan E yang tinggi, membuat produk ini sangat baik untuk mencegah penuaan karena kemampuannya dalam melembapkan yang sangat juara!

Minyak almond ini juga dipasarkan dengan harga yang sangat terjangkau bagi kantong. Jadi, bila Anda baru pertama kali akan membeli minyak almond atau memiliki budget yang terbatas, silakan coba produk yang satu ini terlebih dahulu.

Jenis Penggunaan eksternal
Metode ekstraksi Cold-pressed
Asal Maroko
Volume 30 ml

5. Now Foods Sweet Almond Oil

5. Now Foods Sweet Almond Oil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 85.000

Usir jauh-jauh strecth mark dari kulit cantik Anda

Bagi ibu hamil, strecth mark adalah hal yang paling ingin dihindari. Untuk itu, penggunaan minyak almond ini merupakan langkah tepat mencegah munculnya strecth mark tersebut. Kemampuannya yang luar biasa dalam melembapkan akan menjaga elastisitas sekaligus kecantikan kulit Anda!

Jenis Penggunaan eksternal
Metode ekstraksi Expeller-pressed
Asal Tidak disebutkan
Volume 118 ml

4. Haple Almond Oil

4. Haple Almond Oil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 59.000

Pelindung alami kulit dari sinar matahari

Penggunaan minyak almond ini mampu mengurangi luka bekas jerawat dan radang, serta memiliki fungsi sebagai anti-aging agent. Selain itu, produk ini juga mengandung SPF 5 sehingga dapat digunakan sebagai pelindung alami dari sinar matahari. Sangat cocok untuk Anda yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan, bukan?

Jenis Penggunaan eksternal
Metode ekstraksi Cold-pressed
Asal Spanyol
Volume 30 ml

3. Indoganic Sweet Almond Oil

3. Indoganic Sweet Almond Oil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 79.000

Redakan berbagai masalah kulit kini jadi lebih mudah

Penggunaan 100% minyak murni menjadikan produk yang satu ini ampuh untuk meredakan kulit yang meradang, gatal, atau iritasi. Jadi, bila Anda sering melakukan aktivitas yang memicu masalah pada kulit atau justru kulit Anda sedang bermasalah saat ini, jangan lewatkan produk ini!

Karena kandungannya yang cepat meresap, disarankan untuk mengaplikasikan minyak almond ini segera setelah mandi untuk memberikan hasil yang maksimal. Anda juga tidak perlu khawatir karena produk ini tidak meninggalkan kesan lengket pada kulit.

Jenis Penggunaan eksternal
Metode ekstraksi Cold-pressed
Asal Eropa
Volume 30 ml

2. Organic Supply Co Sweet Almond Oil

2. Organic Supply Co Sweet Almond Oil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 220.000

Good bye mata panda, welcome kulit cantik!

Minyak almond ini mudah diserap dan tidak menyumbat pori-pori sehingga kulit bisa mendapatkan manfaat secara maksimal, terutama untuk mengatasi kerutan di wajah dan lingkaran hitam di bawah mata. Jadi, bila Anda memiliki permasalahan mata panda, produk ini layak dicoba!

Produk ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit, terutama kulit kering dan mudah iritasi. Selain untuk kulit, minyak almond ini juga dapat menjaga kesehatan rambut, mencegah kerontokan, dan mengembalikan kilau alami rambut. Pastinya Anda akan tampil lebih cantik setelah memakainya dengan rutin.

Jenis Penggunaan eksternal
Metode ekstraksi Cold-pressed
Asal India
Volume 30 ml & 100 ml

1. Green Tosca Almond Oil

1. Green Tosca Almond Oil

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 220.000

Jaga kesehatan tubuh lebih optimal dengan mengonsumsi produk ini

Selain memiliki warna, aroma, dan nutrisi yang masih terjaga, minyak almond ini mengandung asam lemak tak jenuh tunggal serta linoleic acid yang berfungsi menurunkan jumlah kolesterol jahat dan menjaga kesehatan jantung Anda. Jadi, bagi Anda yang ingin meningkatkan kesehatan, produk ini wajib ada di dapur Anda.

Jenis Dapat dikonsumsi sekaligus penggunaan eksternal
Metode ekstraksi Cold-pressed
Asal Australia
Volume 500 ml

Baca juga rekomendasi minyak alami lainnya di sini

Selain minyak almond, ada juga minyak alami lain yang juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan kulit. Beberapa di antaranya adalah minyak argan, minyak jojoba, minyak peppermint, dan minyak kelapa  Jika Anda ingin mencari tahu lebih jauh tentang minyak-minyak tersebut, kunjungi artikel kami di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Setelah memahami perbedaan fungsi penggunaan minyak almond, apa Anda sudah bisa memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan? Tentu akan sangat disayangkan jika Anda tidak mendapatkan hasil maksimal dari manfaat minyak almond yang sangat banyak. Jadi, pahami tujuan penggunaan Anda terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan.

Bagaimana pendapat Anda tentang artikel kami kali ini? Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi Anda dalam berbelanja dan memilih minyak almond yang tepat, ya!