• 10 Rekomendasi Minyak Almond Terbaik untuk Kesehatan dan Kecantikan (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Minyak Almond Terbaik untuk Kesehatan dan Kecantikan (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Minyak Almond Terbaik untuk Kesehatan dan Kecantikan (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Minyak Almond Terbaik untuk Kesehatan dan Kecantikan (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Minyak Almond Terbaik untuk Kesehatan dan Kecantikan (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Minyak Almond Terbaik untuk Kesehatan dan Kecantikan (Terbaru Tahun 2022)

Minyak almond merupakan salah satu minyak kecantikan yang banyak menarik perhatian. Selain baik untuk kulit, minyak almond juga dapat digunakan pada wajah dan rambut, bahkan perawatan bayi. Karena kandungan vitaminnya yang tinggi, minyak almond dapat dikonsumsi sebagai bahan tambahan makanan!

Nah, kali ini kami akan menjelaskan bagaimana memilih minyak almond sesuai dengan penggunaannya. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk dari merek ternama, seperti Now, Green Tosca, Haple, Everpure dan lainnya yang dapat menjadi referensi Anda. Mari temukan produk minyak almond yang paling sesuai untuk Anda!
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Mengenal berbagai manfaat minyak almond

Mengenal berbagai manfaat minyak almond
Meski cukup terkenal, apa itu sebenarnya minyak almon? Minyak almon adalah minyak nabati alami yang terbuat dari biji tanaman Prunus dulcis. Dari dua varietas almon yaitu pahit dan manis, varietas almon manislah yang banyak diolah menjadi minyak almon. Tidak heran, banyak produsen minyak almon melabeli produknya sebagai sweet almond oil.

Minyak almon telah dimanfaatkan sejak zaman Yunani kuno, baik untuk konsumsi maupun kecantikan. Berkat cita rasa dan aroma lembutnya, minyak almon banyak digunakan untuk membuat kudapan manis. Salad dressing, masakan daging, dan olahan pasta pun makin harum bila ditambahkan minyak almon. Meski begitu, di Indonesia minyak almon lebih dikenal manfaatnya untuk kecantikan dan relaksasi. 


Karena kaya akan vitamin E, minyak almon dipercaya dapat memperlambat penuaan, mengencangkan, dan melembapkan kulit. Minyak almon juga digunakan sebagai minyak pijat aromaterapi untuk relaksasi dan menekan peradangan kulit. Sementara kandungan asam oleat di dalamnya membuat minyak almon berkhasiat untuk merawat kutikula rambut dan kuku.

Cara memilih minyak almond untuk kesehatan dan kecantikan

Setelah menjelaskan tentang pembagian minyak almon sesuai jenisnya, kami akan menjelaskan beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam memilih minyak almon. Mari simak secara saksama!

Pilih berdasarkan tujuan penggunaan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, minyak almon dapat digunakan untuk keperluan eksternal dan konsumsi. Dalam hal keperluan eksternal, terdapat beberapa manfaat yang dapat Anda harapkan dari minyak almon. Manfaat tersebut tentunya harus Anda sesuaikan berdasarkan tujuan penggunaan. Berikut penjelasan singkatnya.

Minyak almond untuk perawatan kulit wajah dan tubuh

Minyak almond untuk perawatan kulit wajah dan tubuh

Minyak almon kaya nutrisi yang bagus untuk perawatan dan kecantikan kulit Anda. Misalnya, vitamin A dan E yang memperlambat tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Vitamin A merangsang pertumbuhan sel kulit baru, sementara vitamin E mencegah kerusakan sel kulit. Dengan pemakaian rutin, minyak ini dipercaya membuat kulit tampak sehat bercahaya.


Manfaat tabir surya alami juga bisa Anda dapatkan dari minyak almon, walau perlindungannya tidak akan sekuat sunblock. Meskipun begitu, minyak ini dapat meredakan iritasi dan peradangan kulit akibat sunburn. Di samping itu, minyak almon merupakan pilihan pelembap alami yang tepat bagi pemilik kulit kering.

Minyak almond untuk menyuburkan rambut

Minyak almond untuk menyuburkan rambut

Bila Anda memiliki masalah rambut rapuh, Anda dapat memilih minyak almon sebagai alternatif perawatan rambut. Kandungan asam oleat dan asam linoleat di dalamnya dipercaya dapat memperkuat dan memperbaiki kondisi helai rambut Anda.


Selain itu, kandungan antioksidan pada minyak almon dapat melindungi rambut Anda dari stres karena lingkungan. Rambut yang terlindungi lebih lancar pertumbuhannya sehingga minyak ini juga bagus bagi Anda yang sedang memanjangkan rambut. Di samping itu, minyak almon juga patut dipilih bila Anda menginginkan rambut yang lembut

Minyak almond untuk pijat relaksasi

Minyak almond untuk pijat relaksasi

Deretan nutrisi yang disebutkan sebelumnya, maka terbuktilah kualitas minyak almon sebagai produk perawatan kulit. Di samping itu, aromanya cenderung mild sehingga mudah dicampurkan dengan minyak aromaterapi. Karena itu, minyak almon dapat dijadikan carrier oil. Campuran tersebut dapat Anda gunakan sebagai massage oil atau minyak pijat agar sekaligus dapat merelaksasi pikiran.


Di samping penggunaan eksternal yang dipaparkan di atas, masih banyak manfaat minyak almon yang belum kami sebutkan. Misalnya saja sebagai minyak perawatan kulit bayi, oil serum untuk wajah, bahkan pencegahan stretch mark pada ibu hamil. Nah, apakah Anda sudah tidak sabar untuk merasakan manfaat minyak serbaguna ini?

Minyak almond untuk konsumsi dan berbagai olahan masakan

Minyak almond untuk konsumsi dan berbagai olahan masakan

Tidak hanya melezatkan berbagai masakan, minyak almon juga bermanfaat bagi tubuh. Satu sendok makan minyak almon dapat memenuhi hingga 26% kebutuhan vitamin E dalam tubuh. Vitamin E akan membantu melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas


Selain itu, minyak almon juga kaya akan fitosterol dan kandungan lemak tak jenuh. Karena itu, minyak ini dipercaya mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Meski baik untuk tubuh, tetap saja konsumsinya perlu dibatasi karena minyak sudah pasti mengandung kalori.

Ketahui metode ekstraksi yang digunakan

Ketahui metode ekstraksi yang digunakan
Ada beberapa metode ekstraksi yang digunakan produsen dalam memproduksi minyak almon. Namun, alangkah baiknya bila Anda memilih produk minyak almon yang diekstraksi tanpa panas dan bahan kimia. Beberapa di antaranya adalah cold-pressed dan expeller-pressed. Berikut penjelasan singkatnya mengenai kedua metode tersebut.

  • Cold-pressed merupakan metode memeras minyak dengan menerapkan tekanan secara perlahan tanpa menambahkan panas pada biji almon. Dari 50% kandungan minyak pada biji almon, hanya 35% yang dapat diekstrak. Nemun, metode ini menghasilkan minyak almon berkualitas tinggi karena tetap mempertahankan kandungan zat baik di dalamnya. 
  • Expeller-pressed dikenal juga dengan metode screw-pressed di mana biji almon dipres dengan tekanan tinggi hingga didapat minyaknya. Dengan metode ini, kandungan minyak pada biji almon dapat diekstrak hingga tetes terakhir. Meskipun tidak menggunakan panas dalam proses ekstraksi, biji almon akan menimbulkan friksi yang menghasilkan panas.

Bila produk yang Anda pilih tidak menyertakan metode ekstraksi yang digunakan, perhatikanlah grade minyak almon tersebut. Untuk penggunaan eksternal, pastikan produk memiliki cosmetic grade atau terbuat dari 100% minyak almon.

Pertimbangkan produk organik agar lebih aman dan optimal manfaatnya

Pertimbangkan produk organik agar lebih aman dan optimal manfaatnya
Selain metode ekstraksi, perhatikan juga biji almon yang digunakan. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat optimal dari bahan aktif dan keamanan produk yang tinggi, pilihlah minyak almon organik. Meski begitu, produk minyak almon organik masih merupakan barang langka di Indonesia. Namun, tidak ada salahnya mengetahui sedikit tentang minyak almon organik.

Anda dapat memilih minyak almon bertanda khusus yang diberikan lembaga sertifikasi organik berstandar global. Sebut saja ECOCERT Standard atau COSMOS Standard oleh Ecocert Green Life kepada produk yang telah menjalani sertifikasi organik.


Sebagai tambahan, COSMOS Standard adalah standar yang ditetapkan oleh lima organisasi sertifikasi organik termasuk Prancis. Ini merupakan standar terpadu yang berlaku di seluruh dunia untuk bidang kosmetik organik dan alami. Jika ada tanda organik serupa lainnya yang terpasang, pastikan Anda memeriksanya terlebih dahulu.

Cek warna dan bahan kemasannya

Cek warna dan bahan kemasannya
Minyak nabati seperti minyak almon, kualitasnya akan menurun jika terkena sinar matahari langsung. Untuk melindungi kualitas minyak, mari pilih minyak almon yang dikemas dalam kaleng atau botol yang tidak tembus cahaya. Untuk botol misalnya, sebaiknya pilih botol berwarna gelap, seperti biru, hijau, hitam, dan lainnya.

Namun, tidak perlu berkecil hati bila produk minyak almon favorit Anda dikemas dalam botol tembus pandang. Anda dapat lebih berhati-hati untuk menyimpannya di tempat yang teduh dan tidak diterpa cahaya matahari. Bila Anda melakukan pembelian di toko online, pastiken seller membungkus minyak almon dengan baik. Dengan begitu, kualitasnya tetap terjaga hingga sampai di tangan Anda.


Tidak peduli seberapa bagus kualitas minyak almon yang Anda beli, jika tidak disimpan dengan baik, kualitas minyaknya akan menurun. Jadi, Anda harus memberikan perhatian khusus pada penyimpanannya. Hal itu karena minyak berefek langsung pada tubuh Anda terutama jika penggunaannya untuk konsumsi.

10 Rekomendasi minyak almond terbaik untuk kesehatan dan kecantikan

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk minyak almon terbaik untuk kesehatan dan kecantikan yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Anjuran pemakaianEksternal
Metode ekstraksiTidak disebutkan
Volume20 ml, 50 ml
9
Anjuran pemakaianEksternal
Metode ekstraksiTidak disebutkan
Volume75 ml
8
Anjuran pemakaianKonsumsi, eksternal
Metode ekstraksiCold-pressed
Volume500 ml
7
Anjuran pemakaianEksternal
Metode ekstraksiCold-pressed
Volume30 ml, 100 ml
6

Now Foods Sweet Almond Oil

Mulai dari Rp 85.000,00

Anjuran pemakaianEksternal
Metode ekstraksiExpeller-pressed
Volume118 ml, 473 ml
5
Anjuran pemakaianEksternal
Metode ekstraksiTidak disebutkan
Volume30 ml, 80 ml, 100 ml
4
Anjuran pemakaianEksternal
Metode ekstraksiCold-pressed
Volume30 ml
3
Anjuran pemakaianPenggunaan eksternal
Metode ekstraksiCold-pressed
Volume100 ml, 250 ml, 500 ml
2
Anjuran pemakaianPenggunaan eksternal
Metode ekstraksiCold-pressed
Volume20 ml
1
Anjuran pemakaianEksternal
Metode ekstraksiCold-pressed
Volume30 ml

Tabel perbandingan produk minyak almond terbaik untuk kesehatan dan kecantikan

Gambar produk
1
Haple Almond Oil 1

Haple

2
Everpure Sweet Almond Oil 1

Everpure

3
Darjeeling Sweet Almond Oil 1

Darjeeling

4
Natosh Almond Oil 1

Natosh

5
Happy Green Almond Oil - Minyak Kacang Almond 1

Happy Green

6
Now Foods  Sweet Almond Oil 1

Now Foods

7
Organic Supply Co Sweet Almond Oil 1

Organic Supply Co

8
Green Tosca  Almond Oil 1

Green Tosca

9
Biolane  Sweet Almond Oil Spray 1

Biolane

10
Nusaroma  Almond Oil 1

Nusaroma

Nama produk

Almond Oil

Sweet Almond Oil

Sweet Almond Oil

Almond Oil

Almond Oil - Minyak Kacang Almond

Sweet Almond Oil

Sweet Almond Oil

Almond Oil

Sweet Almond Oil Spray

Almond Oil

Keunggulan

Bisa menjadi pelindung alami kulit dari sinar matahari

Cukup satu produk untuk perawatan seluruh tubuh Anda!

Tingkatkan kesehatan kulit saat dipijat

Spesialis perawatan kulit alami yang kaya manfaat

Hindari botol pecah dan minyak tumpah dengan kemasan plastik!

Usir jauh-jauh strecth mark dari kulit cantik Anda

Good bye mata panda, welcome kulit cantik!

Jaga kesehatan tubuh lebih optimal dengan mengonsumsi produk ini

Cegah ruam pada kulit bayi, jadikan kulitnya lebih lembut dan terlindungi!

Melembapkan dan memelihara kulit tanpa meninggalkan rasa lengket

Harga mulai dariRp 59.000,00Rp 57.000,00Rp 31.500,00Rp 60.000,00Rp 60.000,00Rp 85.000,00Rp 131.000,00Rp 234.000,00Rp 137.000,00Rp 71.500,00
Anjuran pemakaianEksternalPenggunaan eksternalPenggunaan eksternalEksternalEksternalEksternalEksternalKonsumsi, eksternalEksternalEksternal
Metode ekstraksiCold-pressedCold-pressedCold-pressedCold-pressedTidak disebutkanExpeller-pressedCold-pressedCold-pressedTidak disebutkanTidak disebutkan
Volume30 ml20 ml100 ml, 250 ml, 500 ml30 ml30 ml, 80 ml, 100 ml118 ml, 473 ml30 ml, 100 ml500 ml75 ml20 ml, 50 ml
Tautan produk

Baca juga rekomendasi minyak alami lainnya di sini

Selain minyak almon, ada minyak alami lain yang juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, kulit, dan rambut. Beberapa di antaranya adalah minyak argan, minyak jojoba, minyak peppermint, dan masih banyak yang lainnya. Jika Anda ingin mencari tahu lebih jauh tentang minyak-minyak tersebut, kunjungi artikel kami di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Setelah memahami perbedaan fungsi penggunaan minyak almon, apa Anda sudah bisa memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan? Tentu akan sangat disayangkan jika Anda tidak mendapatkan berbagai manfaat dari minyak almon secara optimal. Jadi, pahami tujuan penggunaan Anda terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan.

Bagaimana pendapat Anda tentang artikel kami kali ini? Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi Anda dalam berbelanja dan memilih minyak almon yang tepat, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Minyak Kemiri Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Minyak Kemiri Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Khasiat kemiri bukanlah mitos belaka. Sering digunakan sebagai bumbu dapur, kemiri ternyata bisa diolah menjadi minyak. Minyak kemiri menyimpan banyak manfaat, salah satunya untuk menutrisi rambut. Anda bisa membuat minyak kemiri sendiri dengan cara menyangrai, merebus, atau memanggang biji kemiri hingga minyaknya keluar. Namun, Anda tidak perlu bersusah-susah karena kini sudah banyak minyak kemiri berkualitas tinggi dijual di pasaran. Merek-merek seperti Cantiqa, Cussons, dan KUKUi, telah menawarkan minyak kemiri asli untuk menyuburkan rambut anak dan dewasa. Artikel ini akan membantu Anda memilih minyak kemiri sesuai kebutuhan. Jadi, tetaplah membaca, ya!
    Essential oil
  • 10 Rekomendasi Minyak Aromaterapi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Minyak Aromaterapi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Menghilangkan lelah, mengurangi stres, dan membuat tidur lebih nyenyak, merupakan sebagian dari manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan minyak aromaterapi atau aromatherapy oil. Tidak jarang, minyak aromaterapi hadir dalam bentuk essential oil sehingga bisa digunakan baik secara atopik maupun diuapkan dengan diffuser.Selain Happy Green dan Young Living, merek lokal, seperti NU Aroma dan Darjeeling pun mengeluarkan produk dengan wangi aromaterapi terbaik. Ada aromaterapi lavender, minyak kayu putih, dan lainnya. Mana yang harus dipilih? Agar lebih praktis, kami akan menyajikan cara memilih dan rekomendasi aromaterapi yang bagus untuk Anda!
    Essential oil
  • 10 Rekomendasi Essential Oil Young Living Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Essential Oil Young Living Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Di zaman modern yang supersibuk ini, banyak orang mencari ketenangan pikiran dan mental dengan memakai essential oil. Essential oil adalah konsentrat minyak dengan berbagai aroma yang diekstrak dari tanaman. Salah satu merk essential oil yang merajai pasar di Indonesia adalah Young Living. Apakah Anda sudah pernah memakai essential oil dari Young Living? Jika belum, kali ini kami akan merekomendasikan beberapa produk essential oil yang bagus dari Young Living. Berbagai varian aroma, seperti lavender, bergamot, atau patchouli bisa Anda dapatkan. Cari tahu juga cara memilihnya di artikel ini, ya!
    Essential oil
  • 10 Rekomendasi Body Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Body oil dapat mencegah kulit kering karena memiliki kadar minyak dan kelembapan yang tinggi. Dengan minyak nabati sebagai bahan utamanya, body oil populer di kalangan orang-orang yang berorientasi hidup sehat. Body oil juga dapat digunakan untuk perawatan rambut, mencerahkan kulit, minyak pijat, sekaligus aromaterapi.Kali ini kami akan membagikan rekomendasi body oil dari berbagai merk, seperti Clarins, Nuxe, Wardah, dan Josie Maran. Dengan body oil yang bagus, kulit lembap dan mulus pun bisa Anda dapatkan. Yuk, temukan body oil yang tepat untuk Anda dan keluarga!
    Essential oil
  • 10 Rekomendasi Minyak Kayu Putih Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Minyak Kayu Putih Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Minyak kayu putih adalah ramuan khas yang hampir selalu dimiliki oleh banyak orang Indonesia. Minyak ini dibuat melalui proses penyulingan daun dan ranting kayu putih yang berkhasiat memberikan kehangatan bagi tubuh. Tidaklah heran jika minyak kayu putih bisa dipakai oleh anak-anak hingga orang dewasa.Saat ini, minyak kayu putih dikemas dalam berbagai macam bentuk dan merek, seperti Balpirik, Cap Lang, serta Fresh Care. Apakah Anda sedang mencari minyak kayu putih? Ini dia artikel yang tepat untuk Anda. Bacalah sampai selesai dan temukan produk pilihan Anda.
    Essential oil
  • 10 Rekomendasi Minyak Cengkeh Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Minyak Cengkeh Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Minyak cengkeh adalah minyak esensial hasil ekstraksi dari kuncup bunga cengkeh. Minyak ini berwarna kuning atau cokelat keemasan dan aromanya pedas. Minyak cengkeh menyimpan banyak manfaat untuk permasalahan gigi, kulit, hingga pernapasan. Jadi, menyimpan minyak cengkeh di kotak obat adalah ide yang bagus.Kali ini kami akan mengulas beberapa merek minyak cengkeh yang bagus, seperti Cap Gajah, Cap Burung Kakak Tua, dan Nusaroma. Di akhir tulisan, kami juga akan membagikan cara menggunakan minyak cengkeh yang benar. Baca artikel ini hingga selesai dan dapatkan minyak cengkeh terbaik untuk keluarga Anda.
    Essential oil
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori