• 10 Rekomendasi Mainan Gantung Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 1
  • 10 Rekomendasi Mainan Gantung Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 2
  • 10 Rekomendasi Mainan Gantung Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 3
  • 10 Rekomendasi Mainan Gantung Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 4
  • 10 Rekomendasi Mainan Gantung Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 5

10 Rekomendasi Mainan Gantung Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Selain disenangi oleh bayi, mainan gantung juga bermanfaat bagi tumbuh kembang mereka. Hal itu disebabkan oleh gerak dinamis yang dihasilkan oleh mainan gantung. Gerak tersebut dapat merangsang perkembangan otak dan juga penglihatan bayi.

Terdapat beberapa merek mainan gantung seperti IKEA, Fisher Price, dan Playgro yang dapat Anda temukan dengan mudah di toko online Indonesia. Untuk membantu Anda memilih, kami akan memberikan rekomendasi mainan gantung yang memiliki bentuk dan warna menarik bagi bayi. Silakan pilih produk favorit Anda!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 216 Views
Daftar isi

Manfaat mainan gantung bagi perkembangan bayi

Manfaat mainan gantung bagi perkembangan bayi
Mainan gantung disukai oleh bayi karena memiliki gerakan yang mengejutkan dan tidak terduga. Benda tersebut akan terus bergoyang mengikuti embusan angin. Ditambah lagi, banyak mainan gantung yang mempunyai desain menarik sehingga dapat mempercantik kamar tidur bayi. Selain itu, mainan gantung juga istimewa karena merupakan sarana edukasi bagi bayi.
Gerak dinamis yang dimiliki oleh mainan gantung akan melatih bayi untuk memusatkan perhatian, dan hal tersebut sangat baik bagi perkembangan otak serta kemampuan penglihatan bayi. Di samping itu, gerak mainan gantung juga merangsang rasa ingin tahu dan memicu reaksi emosi bayi.

Cara memilih mainan gantung bayi

Selanjutnya, kami akan memberi informasi mengenai cara memilih mainan gantung. Semoga dapat menjadi bahan pertimbangan Anda dalam memilih mainan gantung yang disenangi bayi.

Mainan berwarna-warni selalu baik bagi bayi

Mainan berwarna-warni selalu baik bagi bayi
Penglihatan bayi masih terbatas karena belum berkembang secara optimal. Umumnya, mereka hanya dapat mengenali objek dengan warna hitam, putih, dan yang tidak terlalu cerah. Oleh karena itu, Anda perlu memberikan mainan dengan beragam warna yang cerah agar dapat merangsang rasa ingin tahu anak.

Pilih tipe yang paling Anda sukai

Mainan gantung terbagi menjadi dua tipe. Kedua tipe tersebut memiliki struktur yang berbeda sehingga menghasilkan gerak yang berbeda. Pilihlah tipe yang paling disukai oleh Anda.

Tipe seperti timbangan: memiliki gerak dinamis yang mengasyikkan

Tipe seperti timbangan: memiliki gerak dinamis yang mengasyikkan
Seperti pada timbangan, tipe mainan gantung ini memiliki beberapa bagian dengan ukuran yang berbeda. Bagian-bagian tersebut disusun secara asimetris pada sisi kiri dan kanan hingga memiliki bobot yang seimbang. Ketika salah satu bagian dari mainan ini bergoyang, bagian lainnya akan ikut bergerak secara dinamis. Gerakan tersebut akan dianggap mengasyikkan oleh bayi. Tipe ini cocok bagi Anda yang kurang menyukai mainan gantung dengan gerak monoton.

Tipe rangkaian motif: memiliki motif hiasan yang menarik

Tipe rangkaian motif: memiliki motif hiasan yang menarik
Tipe ini memiliki struktur yang simetris. Daya tarik utama tipe ini adalah motif hiasannya. Oleh karena strukturnya yang seimbang, mainan gantung tipe ini hanya akan bergerak jika Anda goyangkan. Kami menyarankan tipe ini bagi Anda yang ingin menikmati dekorasi menarik dengan warna-warna cerah, serta gerakan lembut saat Anda menyentuhnya.

Jangan lupa untuk memeriksa ukuran produk yang Anda pilih

Jangan lupa untuk memeriksa ukuran produk yang Anda pilih
Sebelum membeli mainan gantung, Anda sebaiknya memeriksa ukuran produk tersebut. Seandainya mainan diletakkan di tempat yang sangat tinggi, sedangkan ukurannya terlalu kecil dan tali penggantung terlalu pendek, bayi akan sulit untuk melihat mainan tersebut. Sebaliknya, jika mainan terlalu besar, bayi akan merasa tidak nyaman. Jika terjadi hal-hal seperti itu, bayi tidak dapat menikmati mainannya secara optimal. Oleh karenanya, ingatlah untuk selalu memeriksa ukuran produk yang hendak Anda beli.

Carilah informasi mengenai bahan baku produk!

Mainan gantung yang dijual saat ini terbuat dari bermacam-macam bahan. Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan selera.

Kain flanel: lembut dan memiliki warna-warna yang menarik

Kain flanel: lembut dan memiliki warna-warna yang menarik
Kain flanel terbuat dari bulu hewan dan serat kimia yang diproses hingga menjadi lembaran kain. Teksturnya yang lembut dan hangat akan membuat bayi merasa nyaman. Selain itu, warna-warna cerah pada kain flanel akan membuat bayi tertarik untuk memandangnya.

Kayu: bahan alami yang dapat merangsang kemampuan penglihatan dan pendengaran

Kayu: bahan alami yang dapat merangsang kemampuan penglihatan dan pendengaran
Kayu adalah bahan alami yang dapat menciptakan kesan hangat dan nyaman. Jika ornamen pada mainan kayu tersebut saling bersentuhan, akan terdengar bunyi “klik”. Dengan demikian, bukan hanya penglihatan bayi yang akan memperoleh stimulasi, tetapi juga pendengaran. Namun, mainan kayu umumnya cukup berat. Jadi, pastikan bahwa Anda memasang mainan tersebut dengan sangat baik agar tidak jatuh dan melukai tubuh bayi.

Kertas dan karton tebal: sederhana, tetapi bagus

Kertas dan karton tebal: sederhana, tetapi bagus
Mainan gantung yang terbuat dari kertas umumnya ringan dan memiliki motif yang sederhana. Keunggulan dari produk berbahan dasar kertas adalah, harga jualnya lebih murah dibandingkan dengan bahan lain. Namun, jika Anda menghendaki bahan yang lebih kukuh, pilihlah mainan gantung yang terbuat dari karton tebal. Karton tebal akan menjadikan produk ini lebih kuat dan tahan lama. Sayangnya, mainan gantung yang terbuat dari kertas dan karton tebal belum banyak dijual di toko online Indonesia. Sebagian orang memilih untuk membuat sendiri mainan gantung berbahan dasar kertas dengan menggunakan motif-motif sederhana.

Plastik: indah dan tahan lama

Plastik: indah dan tahan lama
Keunggulan dari bahan plastik seperti akrilik dan nilon adalah memiliki daya tahan yang cukup lama. Selain itu, plastik terlihat menarik karena memiliki warna bening. Jika Anda memilih desain yang modern, Anda dapat memanfaatkan mainan gantung ini untuk mempercantik ruangan.

Jangan salah memilih motif! Pilihlah motif yang dapat membuat bayi merasa tenang

Jangan salah memilih motif! Pilihlah motif yang dapat membuat bayi merasa tenang
Mainan gantung memiliki beragam motif. Ada motif hewan, serangga, bunga, bulan, kendaraan, dan motif lainnya. Anda mungkin bingung untuk mengetahui motif yang sesuai dengan selera bayi. Oleh karena itu, pilihlah motif yang manis, yang dapat membuat hati Anda dan bayi menjadi tenang.

10 Rekomendasi mainan gantung bayi

Sekarang, kami akan memberikan rekomendasi mainan gantung. Pilihlah mainan terbaik yang dapat Anda nikmati bersama bayi.

10. Musical Toy Instrument

Rp25.000,00

9. ELC Make Your Own Butterfly Mobile

Rp59.000,00

8. Set Mainan Gantung Bayi

Rp175.000,00

7. NoJo Little Love Aztec Ceiling Mobile

Rp965.000,00

6. IKEA HIMMELSK Mainan gantung, aneka warna

Rp169.000,00

5. IKEA LEKA Mainan gantung, aneka warna

Rp108.500,00

4. Fisher Price On-the-Go Stroller Mobile

Rp279.900,00

3. Playgro Musical Travel Mobile

Rp399.000,00

2. Shiloh Baby Crib Musical Mobile (Blue Plane)

Rp600.000,00

1. Tololo Large Mirror Mimi Mobile Rainforest

Rp169.000,00

Perhatikan cara memasang mainan gantung

Perhatikan cara memasang mainan gantung
Anda tentu ingin menikmati mainan gantung bersama bayi tanpa khawatir mainan akan terjatuh dan mengenai kepala mereka. Oleh karena itu, hal yang harus Anda lakukan adalah memasang mainan tersebut dengan kukuh, di lokasi yang tepat. Jangan memasang mainan tepat di atas kepala bayi. Lokasi terbaik untuk memasang mainan gantung adalah di atas kaki bayi. Selain lebih aman, lokasi tersebut juga lebih mudah terlihat oleh mata bayi. Pastikan bahwa Anda telah memasang mainan gantung dengan tepat, sesuai petunjuk pemasangan. Dengan demikian, Anda dan bayi akan dapat bermain dengan tenang dan senang.

Kesimpulan

Sekarang, Anda sudah semakin paham bahwa mainan gantung tidak hanya menyenangkan, melainkan juga dapat mendukung perkembangan otak bayi. Dengan demikian, Anda tentu semakin yakin untuk menyediakan mainan tersebut bagi bayi di rumah. Anda dapat memilih produk yang paling Anda sukai dari antara sepuluh rekomendasi kami. Semoga artikel dari kami dapat membantu Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2019)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula untuk bayi seperti Enfamil, Similac, dan Lactogen, tetapi bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Pada artikel kali ini kami akan membahas cara memilih susu formula terbaik untuk bayi, selain itu kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    Bayi & anak-anak
    16.332 Views
  • 10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Ketika wanita mengalami tanda-tanda kehamilan seperti mual dan terlambat haid, memastikan kehamilan menggunakan test pack adalah salah satu langkah awal yang perlu dilakukan. Berbagai jenis dan merek produk test pack banyak dijual di pasaran, misalnya Akurat, Sensitif, dan ClearBlue. Akan tetapi, bagaimana cara memilihnya?Di artikel ini, kami akan membahas tentang cara memilih test pack yang mudah dipahami bahkan oleh Anda yang baru pertama kali memakainya. Kami juga akan membantu Anda dengan memberi sepuluh rekomendasi test pack terbaik. Jangan sampai ketinggalan juga ulasan mengenai cara pemakaian yang tepat pada akhir artikel!
    Bayi & anak-anak
    7.296 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2019)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Karena kulit bayi yang masih sangat rentan, pemilihan popok bayi tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Banyaknya populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, tidak sedikit ibu yang kebingungan memilih popok terbaik untuk si kecil.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih popok bayi sekaligus memperkenalkan produk popok bayi terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan untuk si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya!
    Bayi & anak-anak
    6.306 Views
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Pompa ASI merupakan perlengkapan wajib bagi ibu menyusui yang tidak dapat memberikan ASI secara langsung kepada bayi. Biasanya, ketika bayi sudah tidur, Anda mulai memompa ASI. Selain bertujuan untuk menambah stok ASI yang dibutuhkan bayi, memompa ASI juga dapat mencegah munculnya mastitis di payudara.Sekarang ini tersedia pompa ASI dengan berbagai pilihan, ada yang manual dan elektrik. Merek yang dijual pun bermacam-macam, mulai dari Mooimom, Spectra, Pigeon, Medela, Philips Avent, dan sebagainya. Untuk memudahkan Anda, kami akan mengulas cara memilih pompa ASI dan memberikan rekomendasi produk terbaik. Selamat membaca!
    Bayi & anak-anak
    5.837 Views
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2019)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran. Agar bisa memberikan susu dengan nyaman kepada bayi Anda, tentunya penting untuk memilih produk yang tepat di antara sekian banyak botol susu yang dijual.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi dengan pertimbangan material, bentuk, dan usia bayi. Setelahnya, Anda juga dapat menyimak rekomendasi produk-produk terbaik yang bisa dijadikan referensi, seperti Medela Calma, Comotomo, Tommee Tippee, dan Pigeon Wide Neck. Selamat membaca!
    Bayi & anak-anak
    5.294 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Kulit bayi yang halus dan lembut sangat sensitif dan rentan terhadap permasalahan kulit, seperti eczema, iritasi, kemerahan atau ruam, dan lainnya. Untuk mengatasi hal itu, berbagai pelembap khusus untuk bayi, seperti baby oil atau baby lotion memang banyak tersedia di pasaran. Akan tetapi, krim bayi disebut-sebut lebih mudah dan lebih aman untuk digunakan.Banyaknya produk krim bayi, seperti keluaran Cussons, Johnson’s, Zwitsal, hingga Bud’s Organic mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. Jadi, kali ini kami akan menjelaskan beberapa poin untuk memilih krim bayi secara tepat. Mari baca secara saksama agar Anda bisa mendapatkan produk yang terbaik!
    Bayi & anak-anak
    4.601 Views
  • 10 Rekomendasi Kereta Dorong Terbaik untuk Bayi Kembar (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Kereta Dorong Terbaik untuk Bayi Kembar (Terbaru Tahun 2019)
    Kereta dorong untuk bayi kembar atau twin baby stroller membantu orang tua untuk membawa kedua bayi mereka secara bersamaan tanpa repot. Secara garis besar, produk ini terbagi dalam 2 tipe, yaitu side-by-side dan tandem. Produsen terkenal, seperti MacLaren, Cocolatte, Joie, dan lainnya bahkan menawarkan berbagai fitur di produk mereka.Pada artikel ini, kami akan membahas mengenai cara memilih kereta dorong untuk bayi kembar dari aspek ukuran, fungsi, dan keamanan. Tidak lupa, kami juga membahas rekomendasi kereta dorong untuk bayi kembar dengan berbagai tipe. Simak terus agar Anda tidak salah pilih, ya!
    Bayi & anak-anak
    281 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori