1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Mainan & aktivitas bayi
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Mainan Gantung Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Mainan Gantung Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Mainan Gantung Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Mainan Gantung Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Mainan Gantung Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Mainan Gantung Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Mainan Gantung Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Selain disenangi oleh bayi, mainan gantung juga bermanfaat untuk tumbuh kembang mereka. Mainan gantung bayi mampu menghasilkan gerak yang dinamis saat digoyangkan atau ditiup angin. Gerak tersebut dapat merangsang perkembangan otak, saraf motorik, penglihatan, bahkan pendengaran bayi.


Terdapat beberapa merek mainan gantungan bayi yang bagus, seperti IKEA, Playgro, dan ELC. Warna dan bentuknya pun beragam dan menarik. Ada mainan gantung bayi 3 bulan, 2 bulan, bahkan yang baru lahir. Untuk membantu Anda memilih, kami akan memberikan tips memilih serta merekomendasikan produk mainan putar bayi terbaik. Dibaca hingga habis, ya!

Diperbaharui 11-18-2022
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Nirmala Putri

Nirmala Putri adalah lulusan Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara. Mata kuliah yang paling digemarinya saat kuliah adalah yang berkaitan dengan pendidikan dan perkembangan anak. Hal tersebut membawanya bekerja di salah satu biro psikologi di Jakarta. Dari pengalamannya selama bekerja, ia makin banyak belajar mengenai kebutuhan anak dalam proses tumbuh kembang. Setelah 6 tahun bekerja dengan sistem 8-to-5, ia memutuskan untuk berhenti dan fokus mengasuh anak. Kegemarannya membaca dan menulis mempertemukannya dengan mybest Indonesia pada tahun 2018. Setelah menjadi penulis mybest selama setahun, ia menjadi editor. Sebagai editor mybest, ia bertanggung jawab menjaga kualitas dari artikel-artikel yang diperiksanya.

Profil Nirmala Putri
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Manfaat mainan gantung bayi

Manfaat mainan gantung bayi
Mainan gantung disukai oleh bayi karena memiliki gerakan yang mengejutkan atau tidak terduga. Benda tersebut dapat terus bergoyang mengikuti embusan angin. 

Gerakan dinamis dari mainan putar bayi sangat baik untuk memicu perkembangan motorik dan penglihatan bayi. Hal itu juga akan melatih kemampuan buah hati dalam memusatkan perhatiannya.


Namun, manfaat mainan gantung bayi tidak hanya sebagai sarana edukasi. Mainan gantung untuk bayi juga bisa mendukung desain interior kamar tidur agar makin menarik dan cantik. Anda pasti ikut terhibur melihat mainan bayi yang digantung dan berputar indah.

Cara memilih mainan gantung bayi

Di bawah ini kami akan memberikan informasi mengenai cara memilih mainan gantung untuk bayi. Semoga dapat menjadi bahan pertimbangan Anda dalam memilih.

① Sesuaikan dengan usia dan tahapan tumbuh kembang bayi

Mainan gantung terbagi menjadi dua tipe yang dirancang dengan struktur yang berbeda. Gerakan yang dihasilkan pun berbeda. Pilihlah tipe yang sesuai dengan usia dan perkembangan buah hati Anda!

Tipe asimetris: Gerak dinamis mengasyikkan untuk semua usia bayi

Tipe asimetris: Gerak dinamis mengasyikkan untuk semua usia bayi
Mainan gantung bayi ini terdiri atas beberapa ornamen dengan ukuran yang berbeda. Ornamen-ornamennya disusun secara asimetris dengan bentuk timbangan sehingga memiliki bobot yang tidak seimbang. Hasilnya, mainan gantungan bayi ini dapat berayun dalam waktu lama. 

Tipe ini akan bergoyang lembut meski dengan sedikit tiupan angin. Pergerakan tersebut dapat memicu rasa penasaran dan perkembangan intelektual bayi. Karena itu, tipe asimetris cocok untuk menghibur bayi sejak usia 0 bulan, terutama ketika Anda meninggalkannya untuk tidur.


Ketika salah satu bagian dari mainan ini bergoyang, bagian lainnya pun ikut bergerak secara dinamis. Gerakan tersebut tidak dapat diprediksi dan dianggap mengasyikkan oleh bayi. Tipe ini dapat digunakan hingga bayi tumbuh dewasa.

Tipe simetris: Baik bagi perkembangan motorik bayi usia 3–4 bulan ke atas

Tipe simetris: Baik bagi perkembangan motorik bayi usia 3–4 bulan ke atas
Seperti namanya, mainan gantung ini memiliki struktur simetris dan lebih stabil. Daya tarik utamanya adalah motif hiasannya yang disusun secara seimbang. 

Mainan ini dapat bergerak konstan di udara dan tidak sekadar bergoyang dinamis karena tiupan angin. Karena itu, mainan gantung bayi tipe simetris ideal untuk mengembangkan kemampuan imajinasi dan kepekaan bayi Anda.


Untuk bayi berusia 3–4 bulan, mainan gantungan bayi ini juga dapat membantu menstimulasi perkembangan motorik kaki dan tangannya. Dengan melihat ornamen yang bergoyang saat disentuh, bayi akan terstimulasi untuk mencoba menggapai dan menggerakkannya juga.

Tipe satuan: Compact sehingga bisa dipasang di pinggir baby crib

Tipe satuan: Compact sehingga bisa dipasang di pinggir baby crib
Sumber: playgro.com

Selain untuk digantung di area atas, ada juga mainan gantung yang bisa dipasang di pinggir baby crib. Agar tidak membuat baby crib terasa sesak, Anda sebaiknya memilih produk yang tipe satuan. Pastikan juga produknya sudah dilengkapi klip untuk menggantung.


Mainan gantung bayi yang dipasang di pinggir baby crib akan bermanfaat saat tummy time. Jadi, bayi bisa memperhatikan mainannya sembari tengkurap. Pasti seru, deh!


Sebagai tambahan informasi, produk tipe satuan ini juga cocok untuk dipasang di stroller bayi. Karena ukurannya relatif tidak besar, Anda tidak akan kerepotan membawanya saat bepergian.

② Cek informasi mengenai bahan bakunya

Mainan gantung yang dijual saat ini terbuat dari bermacam-macam bahan. Pilihlah bahan yang aman bagi bayi dan lingkungan, serta mudah digunakan oleh Anda.

Kain, lembut dengan pilihan desain yang manis

Kain, lembut dengan pilihan desain yang manis
Mainan gantung berbahan kain (biasanya kain flanel poliester) menawarkan desain yang hangat dan manis, tekstur lembut, serta bobot ringan. Karena terbuat dari kain, mainan ini tentu lebih aman digantung di atas tempat tidur bayi. Desainnya pun beragam sehingga mudah disesuaikan dengan interior kamar bayi.

Warna dan motif cerah dari kain akan membuat bayi tertarik memandanginya. Namun, bahan ini lebih mudah berdebu. Jadi, jangan lupa untuk membersihkannya secara rutin, ya.

Kayu, merangsang pendengaran serta bagus untuk dekorasi

Kayu, merangsang pendengaran serta bagus untuk dekorasi
Kayu adalah bahan alami yang mampu menciptakan kesan hangat dan nyaman. Karena bobotnya sedikit berat, mainan gantung dari kayu memiliki pergerakan yang lebih kuat dan menarik perhatian. Saat ornamen kayunya saling bersenggolan, akan terdengar bunyi "klik" yang memanjakan indra pendengaran bayi.

Mainan gantung bayi berbahan kayu cocok pula menjadi item dekorasi bernuansa alami di ruangan. Namun, berhati-hatilah dengan bobot mainan kayu yang umumnya cukup berat. Pastikan Anda memasang mainan tersebut dengan tepat agar tidak terjatuh dan melukai bayi.

Kertas atau karton tebal, sederhana dan mudah dipasang

Kertas atau karton tebal, sederhana dan mudah dipasang
Mainan gantung bayi yang terbuat dari kertas atau karton lebih mudah dipasang dan berbobot ringan. Pergerakan mainan gantung dari karton sangat lembut dan ringan, tetapi konstan. Bayi Anda tidak akan bosan memandanginya.

Namun, bahan ini biasanya tidak tahan lama. Selain itu, mainan gantung bayi berbahan kertas atau karton belum banyak dijual di toko online Indonesia. Jika tertarik, Anda bisa membuat sendiri mainan gantung berbahan kertas. Tambahkanlah stiker dengan warna dan motif menarik pada desainnya.

Plastik atau resin, bentuknya indah dan lebih tahan lama

Plastik atau resin, bentuknya indah dan lebih tahan lama
Mainan gantung bayi berbahan plastik, seperti akrilik dan nilon, memiliki tekstur halus dan warna bening yang unik. Mainan gantung ini dinilai cukup kukuh dan awet. Mainan gantung dari plastik juga lebih mudah dibersihkan saat kotor dan berdebu. Meski demikian, Anda tetap perlu memeriksa kualitasnya secara berkala.

Mainan putar bayi berbahan plastik hadir dengan beragam varian motif, warna, dan bentuk. Pilihlah desain yang modern dan netral. Jadi, Anda dapat memasang mainan gantung ini untuk mempercantik ruangan, bahkan ketika anak sudah beranjak dewasa.

③ Pilih yang ukurannya tidak terlalu kecil atau terlalu besar

Pilih yang ukurannya tidak terlalu kecil atau terlalu besar

Ukuran mainan gantungan bayi perlu menjadi perhatian Anda. Mainan berukuran besar memang lebih menarik mata. Namun, jika ukurannya terlalu besar, bayi akan merasa tidak nyaman. Anda pun mungkin akan terganggu saat berdiri di sebelah tempat tidur bayi.


Di sisi lain, jika mainannya terlalu kecil, bayi akan kesulitan melihat mainan tersebut. Jadi, pilihlah ukuran mainan gantung yang sesuai dengan ukuran tempat tidur dan kamar bayi Anda.

④ Cari yang tinggi gantungannya dapat disesuaikan

Cari yang tinggi gantungannya dapat disesuaikan
Penglihatan bayi masih terbatas karena belum berkembang secara optimal. Jadi, pasanglah mainan gantung dengan jarak ketinggian yang tepat di atas tempat tidur bayi. Anda sebaiknya mengatur ketinggiannya secara berkala agar tidak dapat dijangkau oleh tangan bayi

  • Untuk bayi baru lahir, kami menyarankan Anda menggantung mainan dengan jarak setinggi 20 cm. 
  • Untuk bayi berusia 2 bulan ke atas, Anda dapat menambahkan jaraknya menjadi setinggi 30 cm. 

Mainan gantung bayi biasanya dipasang pada pengait di langit-langit kamar. Ada juga mainan gantung yang sudah dilengkapi dengan tiang untuk dipasang pada boks bayi. Carilah produk yang panjang tali atau tiangnya mudah diatur sesuai dengan keinginan Anda.

⑤ Temukan desain yang menarik perhatian bayi

Ada banyak sekali bentuk, warna, dan corak dari mainan gantung bayi. Lihatlah poin-poin di bawah ini untuk mengetahui desain mainan gantung yang tepat.

Mainan gantung berwarna-warni dan berkilau, bisa membuat bayi tertarik

Mainan gantung berwarna-warni dan berkilau, bisa membuat bayi tertarik

Penglihatan bayi baru lahir masih terbatas. Dibandingkan melihat bentuk mainannya, bayi baru lahir umumnya lebih tertarik melihat warna-warna terang dan kontras seperti merah dan hitam. Karena itu, pilihlah mainan gantung berbentuk sederhana dengan warna mencolok.


Untuk bayi usia 2–3 bulan yang sudah dapat melihat dan mengenali perbedaan warna, pilihlah mainan gantung yang berwarna-warni. Warna biru, hijau, kuning, serta warna-warna yang memantulkan cahaya sangat tepat untuk mereka.


Setelah bayi mencapai usia 4 bulan, Anda dapat beralih pada mainan gantung dengan beragam bentuk dan desain. Seiring berjalannya waktu, Anda bisa menambahkan variasi warna dan bentuk mainan yang lebih rumit.

Mainan gantung dengan bentuk favorit bayi, bisa membuat bayi nyaman

Mainan gantung dengan bentuk favorit bayi, bisa membuat bayi nyaman
Mainan gantung dijual dengan beragam bentuk atau motif. Ada motif geometris, contohnya bulat dan segitiga. Ada pula bentuk hewan, serangga, bunga, bulan, kendaraan, dan lainnya. 

Bayi yang berusia 6 bulan ke atas sudah bisa mengenali wajah orang tuanya. Jadi, Anda dapat mencari bentuk mainan yang menarik perhatian bayi untuk mengetahui reaksinya. 


Motif karakter populer dari film animasi atau buku cerita bergambar juga disarankan untuk bayi Anda. Karena mainan gantung akan selalu terlihat oleh bayi Anda, pilihlah motif manis yang mampu menenteramkan hati Anda dan bayi.

⑥ Perhatikan juga fitur yang disediakan

Perhatikan juga fitur yang disediakan
Sumber: taftoys.com


Saat ini sudah banyak mainan gantungan bayi yang dilengkapi dengan berbagai fitur. Berikut adalah contoh fitur yang biasanya ada di mainan putar bayi.

  • Musik: Bisa dibilang, fitur musik adalah fitur yang paling banyak ada di produk mainan gantung bayi. Biasanya, Anda membutuhkan baterai agar bisa mengaktifkan fitur ini. Dengan fitur musik, indra pendengaran bayi tentunya akan turut terstimulasi.
  • Teether: Ada juga mainan gantung bayi yang dilengkapi dengan teether. Jika Anda memilih produk yang memiliki teether, pastikan bahannya aman untuk dimasukkan ke dalam mulut bayi.

10 Rekomendasi mainan gantung bayi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk mainan gantung bayi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Musical Toy Nursery Merry Go Round

 Musical Toy Nursery Merry Go Round  1枚目

Aman dan menyenangkan bagi bayi walau harganya minimalis

2

Boneka Gantung

 Boneka Gantung 1枚目

Bisa dijadikan sebagai boneka gantung sekaligus teether

3

Crib Bell Toys

 Crib Bell Toys 1枚目

Satu mainan gantung dengan fitur yang lengkap

4

Playgro

Musical Travel Mobile

Playgro Musical Travel Mobile 1枚目

Mudah juga untuk digantung di stroller

5

Wooden Baby Crib Mobile

 Wooden Baby Crib Mobile 1枚目

Bunyinya disukai bayi, desainnya disukai Anda

6

Jolly Baby

Hanging Toys

Jolly Baby Hanging Toys 1枚目

Ditambahkan warna-warna mengilap yang bakal makin menarik perhatian bayi

7

Taf Toys

Easier Sleep Musical Garden Mobile

Taf Toys Easier Sleep Musical Garden Mobile 1枚目

Yuk, perkenalkan musik klasik pada anak sejak dini!

8

IKEA

KLAPPA Mainan gantung, Kuning

IKEA KLAPPA Mainan gantung, Kuning 1枚目

Gerakan tajam dan warna kontrasnya memberi stimulasi terbaik!

9

ELC

Little Senses Dreamy Glow Mobile

ELC Little Senses Dreamy Glow Mobile 1枚目

Tak hanya menstimulasi indra penglihatan, tetapi juga pendengaran

10

Sozzy Fish Mirror

 Sozzy Fish Mirror 1枚目

“Lihat, Ma! Ada wajah aku di sana!”

Perincian produk
Close
No.1

Musical Toy Nursery Merry Go Round PS317

Mulai dari Rp12.500,00

Aman dan menyenangkan bagi bayi walau harganya minimalis

Kelebihan:

  • Tidak memerlukan baterai untuk menyalakan musiknya
  • Harganya relatif murah

Kekurangan:

  • Ada reviewer yang menuliskan bahwa mainan ini mudah rusak

Produk ini dapat menjadi pilihan untuk mainan gantung yang fungsional dan ekonomis. Meskipun murah, produk ini telah bersertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI) sehingga terjamin keamanannya. 


Mainan ini juga sudah dilengkapi dengan alat musik putar tanpa baterai. Berkat desain warna mencoloknya, bayi Anda pasti penasaran melihat gerakan, warna, serta suara yang dikeluarkannya.

No.2

Bisa dijadikan sebagai boneka gantung sekaligus teether

Kelebihan:

  • Bahannya aman untuk digigit dan dimainkan bayi

Kekurangan:

  • Tidak bisa dicuci karena ada mesin musik di dalamnya

Dengan produk ini, Anda tak perlu lagi membeli teether saat bayi Anda mengalami proses tumbuh gigi. Di salah satu tangan boneka gantung ini terdapat teether yang bisa digigit bayi saat gusinya merasa tidak nyaman. Selain itu, jika dipencet, mainan gantung ini akan mengeluarkan musik. Bahannya pun lembut dan nyaman untuk bayi.

No.3

Satu mainan gantung dengan fitur yang lengkap

Kelebihan:

  • Fitur yang disediakan terbilang lengkap

Kekurangan:

  • Warna produk aslinya lebih gelap dibandingkan yang terlihat di gambar

Kami rekomendasikan produk ini untuk Anda yang mencari mainan gantung dengan fitur yang lengkap. Crib Bell Toys tak hanya mampu berputar dan mengeluarkan lagu, tetapi juga bisa dijadikan sebagai lampu tidur, lho!


Menariknya lagi, produk ini memiliki timer. Jadi, Anda bisa mengaturnya agar menyala sesuai kebutuhan. Terdapat tiga pilihan waktu yang bisa Anda pilih, yaitu 20 menit, 40 menit, dan 60 menit. Untuk memudahkan Anda dalam mengoperasikannya, mainan gantung ini juga dilengkapi remote control. Sungguh paket lengkap, ya.

No.4

PlaygroMusical Travel Mobile0185479

Mulai dari Rp499.000,00

Mudah juga untuk digantung di stroller

Kelebihan:
  • Mudah dipasang di baby crib dan stroller

Kekurangan

  • Tinggi gantungannya tidak bisa diatur

Mainan gantung bayi yang bisa dipakai di stroller biasanya tidak memiliki fitur tambahan. Namun, tidak demikian dengan produk ini. Seperti namanya, Playgro Musical Travel Mobile dilengkapi fitur musik, tetapi tetap mudah untuk digantung di stroller,


Warna-warni ceria dan bentuk karakter lucu di produk ini pasti menarik fokus bayi. Bayi Anda akan melihat hewan-hewan mungil bersayap ini terbang perlahan di atas kepalanya. Nyalakan mainan ini, kemudian biarkan bayi Anda menikmati musik dan gerakannya di mana pun.

No.5

Wooden Baby Crib Mobile

Mulai dari Rp120.000,00

Bunyinya disukai bayi, desainnya disukai Anda

Kelebihan:
  • Bisa difungsikan sebagai bagian dari dekorasi ruangan

Kekurangan:

  • Varian warnanya kurang atraktif bagi bayi

Selain berfungsi sebagai mainan bayi, mainan gantung berbahan kayu ini sangat cocok dijadikan hiasan rumah. Warnanya yang lembut dan netral akan indah ditempatkan di ruangan bergaya vintage ataupun rumah bernuansa naturalSelain cantik dipandang, Anda dan si buah hati akan dimanjakan dengan bunyi gemerencing saat mainan ini berputar ditiup angin.

No.6

Jolly BabyHanging Toys

Mulai dari Rp155.000,00

Ditambahkan warna-warna mengilap yang bakal makin menarik perhatian bayi

Kelebihan: 

  • Diberi hiasan berwarna mengilap di beberapa bagian

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi tiang gantungan

Anda ingin suasana kamar bayi menjadi makin meriah? Jika ya, gantungkan saja produk ini di kamar bayi Anda. Selain menggunakan warna-warna cerah, mainan gantung ini juga diperkaya hiasan berwarna mengilap. Dengan begitu, bayi Anda akan makin tertarik untuk memainkannya. Suasana kamar pun bakal menjadi lebih seru.

No.7

Taf ToysEasier Sleep Musical Garden Mobile12035

Mulai dari Rp759.000,00

Yuk, perkenalkan musik klasik pada anak sejak dini!

Kelebihan:

  • Dilengkapi beragam musik klasik

Kekurangan:

  • Tinggi gantungannya tidak bisa diatur

Musik klasik dipercaya bisa membantu meningkatkan kecerdasan anak. Jika Anda ingin memperkenalkan musik klasik sejak si kecil lahir, Anda bisa memilih produk ini sebagai mainan gantungnya.


Pilihan musik klasik dari Mozart, Bach, Chopin, Vivaldi, dan empat musik lainnya di produk ini dapat Anda nyalakan. Setelah itu, biarkan bayi menikmati alunan lagu yang diputar. Musik ini dapat bertahan hingga 30 menit lamanya!

No.8

IKEAKLAPPA Mainan gantung, Kuning603.650.25

Mulai dari Rp99.900,00

Gerakan tajam dan warna kontrasnya memberi stimulasi terbaik!

Kelebihan:

  • Warnanya cerah dan kontras

Kekurangan:

  • Bahannya tidak boleh dicuci sehingga sulit dibersihkan

Bayi yang baru lahir akan lebih peka terhadap kombinasi warna yang kontras. Apakah Anda memiliki bayi yang baru lahir? Gantungkan mainan ini di tempat yang mudah terlihat olehnya! 


Gerakan dinamis serta kombinasi warna kontras dari para serangga lucu akan memberikan stimulasi yang baik bagi perkembangan otaknya. Biarkan bayi Anda menikmati warna serta gerakan tajamnya sepanjang waktu!

No.9

ELCLittle Senses Dreamy Glow Mobile

Mulai dari Rp1.499.000,00

Tak hanya menstimulasi indra penglihatan, tetapi juga pendengaran

Kelebihan:

  • Musiknya ada dua mode yaitu mode siang hari dan malam hari
  • Dilengkapi proyektor bergambar bintang

Kekurangan:

  • Harganya relatif mahal

Produk dari ELC ini tidak hanya bisa dimainkan anak, tetapi juga bisa menemaninya saat hendak tidur. Terdapat proyektor bergambar bintang yang membuat langit-langit kamar terlihat seperti langit malam. Buah hati Anda akan merasa nyaman saat memandangnya.


Selain itu, mainan gantung ini dilengkapi dua mode musik. Ada mode musik siang yang cocok dinyalakan saat bermain, ada juga mode musik malam. Mode musik malamnya akan membantu agar bayi mudah terlelap.

No.10

“Lihat, Ma! Ada wajah aku di sana!”

Kelebihan:

  • Dilengkapi cermin
  • Bagian ekornya akan berbunyi "kresek" saat digesek

Kekurangan:

  • Cerminnya bisa saja pecah sehingga Anda harus selalu mengawasi bayi saat memainkannya

Salah satu aktivitas yang dapat Anda lakukan bersama bayi adalah bercermin. Bercermin dapat menjadi sarana bagi bayi belajar mengenal wajahnya sendiri. Untuk itu, Anda dapat memilih mainan gantung yang cocok dipasang di pinggir crib ini.


Gantungkan di pinggir crib, lalu biarkan bayi Anda bercermin sambil tengkurap memandang mainannya. Perpaduan warna mainan ini pun sangat menarik sehingga pasti disukai anak.

Perhatikan cara memasang mainan gantung

Perhatikan cara memasang mainan gantung
Anda tentu ingin menikmati mainan gantung tanpa khawatir mainan akan terjatuh dan mengenai kepala bayi. Untung itu, Anda harus memasang mainan tersebut dengan kukuh dan di lokasi yang tepat. Jangan memasang mainan tepat di atas kepala bayi.

Lokasi terbaik untuk memasang mainan gantung adalah di atas kaki bayi. Selain lebih aman, lokasi tersebut juga lebih mudah terlihat oleh mata bayi. Pastikan Anda telah memasang mainan gantung dengan tepat serta sesuai petunjuk pemasangan agar dapat bermain dengan tenang dan senang.

Baca juga rekomendasi mainan bayi lainnya di sini

Selain mainan gantung bayi, kami juga telah menyiapkan artikel tentang mainan bayi lainnya. Untuk tahu informasi selengkapnya, Anda bisa mengeklik tautan-tautan yang ada di bawah ini.

Kesimpulan

Anda sudah tidak sabar ingin membeli mainan gantung untuk bayi tercinta? Jangan lupa untuk mengikuti tips yang kami berikan di artikel ini, ya. Anda juga bisa menjadikan rekomendasi produk dari kami sebagai referensi saat memilih mainan gantung. 


Selain itu, pastikan Anda memasang mainan gantung dengan cara yang tepat agar tidak berbahaya. Selamat memilih dan bermain bersama si kecil, Moms!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer