1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Makanan instan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Soun Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Soun Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Soun Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Soun Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Soun Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Soun Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Soun Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Sohun atau sering disebut soun merupakan mi kering yang terbuat dari pati. Ada berbagai jenis soun, seperti soun dari pati kacang hijau, kentang, dan ubi jalar. Karena kalori soun tergolong rendah dan bisa mengenyangkan, soun untuk diet sangatlah dikenal. Selain itu, olahan soun juga nikmat dikonsumsi saat sarapan ataupun makan siang.


Kali ini kami akan membahas cara memilih soun agar Anda tidak kebingungan menentukan pilihan. Kami juga akan memberi rekomendasi berbagai merek soun yang bagus, seperti Kaca, Sounku, serta FITMee. Semoga artikel ini bisa membantu Anda mendapatkan soun yang enak!

Diperbaharui 11-01-2022
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Noni Rosliyani

Noni Rosliyani, akrab disapa Noni, adalah lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang sudah aktif menulis sejak masa sekolah. Pengalamannya menjadi editor profesional untuk buku anak dan parenting selama 14 tahun membuatnya tertarik menjadi pegiat Read Aloud Trainer. Sesekali, ia membagikan pengalaman dunia family dan parenting-nya di blog pribadinya. Di waktu senggangnya, Noni menikmati aktivitas bersama keluarganya, seperti memasak, menonton film, atau traveling. Ia percaya bahwa kesehatan jiwa dan raga keluarga serta dirinya adalah yang utama. Jadi, supaya hidupnya lebih bersemangat, Noni pun gemar mencari tahu buku best seller, fashion terkini, skincare terbaru, atau snack terpopuler yang harus dicobanya.

Profil Noni Rosliyani
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa perbedaan soun, bihun, dan misoa?

Jika dilihat sekilas, soun, bihun, dan misoa memiliki tampilan yang serupa sehingga sulit dibedakan. Ketiganya sama-sama berbentuk seperti benang mi tipis dengan warna putih atau transparan. Meskipun demikian, bahan baku soun, bihun, dan misoa berbeda.

Soun, mi kaca yang kenyal dan licin

Soun, mi kaca yang kenyal dan licin

Soun terbuat dari pati, baik kacang hijau, kentang, ubi, maupun singkong. Proses pembuatan soun melibatkan isolasi pati sehingga rasa dari bahan baku tidak kentara. 


Soun sering juga disebut sebagai mi kaca atau plastik karena memiliki warna yang hampir transparan seperti kaca. Setelah soun dimasak, teksturnya akan sangat kenyal dan licin. Soun biasanya diolah menjadi tumisan, soun goreng, atau dijadikan soun kecap.

Bihun, mudah dicampur dengan bumbu masakan

Bihun, mudah dicampur dengan bumbu masakan

Berbeda dengan soun, bihun terbuat dari tepung beras. Pembuatan adonan bihun dilakukan melalui proses gelatinasi. Jika dibandingkan soun dan misoa, bihun memiliki bentuk yang paling tipis dengan warna putih kusam. Tekstur yang dihasilkan bihun keras dan kenyal, tetapi tidak selicin soun. Bihun lebih mudah tercampur dengan bumbu masakan sehingga cocok disajikan dalam aneka bentuk makanan.

Misoa, dapat matang dengan sangat cepat

Misoa, dapat matang dengan sangat cepat

Terakhir adalah misoa. Mi ini terbuat dari tepung gandum dan dikenal juga sebagai mi gelas. Misoa memiliki warna putih dan juga tak transparan seperti soun atau bihun. Teksturnya lembut dan tipis. Apabila Anda memasaknya, misoa bisa matang dengan sangat cepat. Biasanya misoa digunakan sebagai isian lumpia, sup, atau misoa goreng.

Cara memilih soun

Ada dua jenis soun yang umum dikonsumsi, yaitu soun untuk dimasak dan soun instan yang praktis. Nah, kali ini kami akan memperkenalkan poin-poin penting tentang cara memilih soun.

① Pilih soun berdasarkan jenis pati yang digunakan

Di kalangan masyarakat predikat soun terbuat dari pati kacang hijau sangat melekat. Meskipun begitu, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, soun tidak hanya terbuat dari pati kacang hijau. Agar lebih jelas, berikut ini akan kami perkenalkan jenis soun dari aneka pati yang banyak beredar di pasaran.

Soun dari pati kacang hijau atau mung bean vermicelli, kenyal dan mengilap

Soun dari pati kacang hijau atau mung bean vermicelli, kenyal dan mengilap
Produk soun yang mudah dijumpai di supermarket dan toko-toko umumnya adalah mung bean vermicelli. Sebagian besar produk tersebut adalah produk impor dengan kacang hijau sebagai bahan bakunya. Soun jenis ini berwarna bening, mengilap, dan bertekstur kenyal. Di Indonesia, soun dari pati kacang hijau sering dijumpai dalam aneka masakan, seperti soun goreng, bakso, soto, dan lainnya.

Soun dari pati umbi-umbian, soun lokal yang tebal dan lembut

Soun dari pati umbi-umbian, soun lokal yang tebal dan lembut
Soun lokal kebanyakan terbuat dari pati umbi-umbian, seperti ubi, kentang, dan juga ganyong. Dibandingkan mung bean vermicelli, soun lokal lebih tebal dan memiliki tekstur yang lembut. Namun, Anda juga perlu berhati-hati karena soun lokal akan hancur bila direbus terlalu lama.

Soun Shirataki, mi konjac untuk Anda yang sedang diet

Soun Shirataki, mi konjac untuk Anda yang sedang diet

Soun shirataki dikenal dengan nama mi konjac karena terbuat dari akar tanaman konjac. Akar tersebut mengandung serat glucomannan yang dapat menurunkan kadar hormon ghrelin. Hormon ini bertugas mengirimkan sinyal lapar ke otak dan juga rasa kenyang sehingga nafsu makan bisa berkurang. 


Soun shirataki juga memiliki sedikit kandungan lemak, protein, karbohidrat, dan kalori. Selain mendukung program diet, makanan ini aman untuk mencegah kenaikan gula darah.

② Cek kemasan soun dan pilih yang mudah dikreasikan

Soun siap masak memang bahan pangan yang ekonomis dan mudah untuk dikreasikan. Anda dapat mengolahnya jadi masakan berkuah, seperti sup atau masakan sederhana, contohnya soun goreng. Lalu, soun seperti apa yang sebaiknya dibeli? Simak penjelasan berikut ini!

Soun kemasan besar, harga lebih ekonomis

Soun kemasan besar, harga lebih ekonomis
Harga merupakan salah satu pertimbangan saat Anda ingin membeli soun. Soun yang dijual dalam kemasan paket besar umumnya lebih ekonomis ketimbang soun yang dijual dalam kemasan kecil. Anda juga bisa mendapatkan harga lebih ekonomis jika membeli di online shop. Di online shop tersedia berbagai produk soun, mulai dari soun yang biasa Anda temukan di toko hingga soun impor.

Jika Anda membeli soun dengan kemasan besar, tentu tidak akan habis dalam sekali konsumsi. Namun, Anda tidak perlu khawatir, sisa soun dapat disimpan untuk dimasak pada lain hari. Simpan soun di tempat kering dalam bungkus yang tertutup rapat. Jangan lupa perhatikan tanggal expired soun yang Anda simpan!

Soun kemasan kecil, mudah dibagi dalam porsi yang pas

Soun kemasan kecil, mudah dibagi dalam porsi yang pas

Umumnya soun cukup diseduh dengan air biasa atau air panas sebelum disajikan, tanpa harus direbus menggunakan air mendidih. Supaya Anda tidak berlebihan dalam menyeduh soun, lebih mudah bila Anda memilih soun yang telah dikemas dalam paket kecil.


Dengan begitu, Anda tidak perlu repot menakar porsinya. Biasanya 10 gram soun kering bisa dihitung sebagai satu porsi. Bagi Anda yang sedang diet, kalori soun dalam paket-paket kecil juga lebih mudah untuk dihitung. Menghitung asupan kalori pun menjadi lebih praktis.

③ Pertimbangkan soun sehat yang kaya nutrisi

Pertimbangkan soun sehat yang kaya nutrisi

Soun siap masak juga dapat digunakan sebagai bekal makan siang, lho. Anda cukup membawa sup sayuran di dalam termos sup dan soun secara terpisah. Campurkan soun ke dalam sup ketika Anda hendak memakannya


Dengan begitu, sup soun instan sehat buatan sendiri pun dapat dinikmati tanpa repot. Untuk Anda yang menginginkan menu santapan sehat, bergizi, dan hemat, sup soun dapat menjadi pilihan.

④ Gunakan soun instan yang praktis diolah kapan saja

Soun instan berkuah sangat tepat bila Anda ingin mengonsumsi makanan sehat yang praktis saat aktivitas padat. Anda hanya tinggal menyajikannya seperti menyajikan mi instan. Kalorinya pun lebih rendah daripada mi instan. Berikut ini adalah dua tipe soun instan yang dapat Anda temukan di pasaran. 

Soun instan kemasan cup, cepat disajikan dan disantap

Soun instan kemasan cup, cepat disajikan dan disantap
Produk soun instan dalam kemasan cup masih terhitung sulit ditemukan di Indonesia. Bila Anda menginginkan soun instan jenis ini, cara termudah untuk mendapatkannya adalah membelinya melalui online shop

Soun instan kemasan cup ini sangatlah praktis dan mudah. Anda tinggal merendam soun dengan air hangat selama 3–5 menit, menuangkan bumbu-bumbunya, lalu mendiamkannya hingga soun lunak. Semangkuk soun instan cup pun bisa Anda nikmati kapan saja, di mana saja.

Soun instan kemasan kantong, lebih ekonomis untuk aneka jenis olahan

Soun instan kemasan kantong, lebih ekonomis untuk aneka jenis olahan
Menyajikan soun instan dalam kemasan kantong memang lebih merepotkan daripada kemasan cup. Namun, kemasan kantong tentu akan lebih ekonomis ketimbang kemasan cup. Meski kuantitasnya sama, soun instan dalam kemasan kantong dihargai lebih murah karena dijual tanpa wadah. Untuk konsumsi sehari-hari, soun jenis ini lebih menguntungkan.

Bila Anda memilih soun jenis ini, Anda mungkin akan sedikit repot mencuci peralatan yang digunakan untuk menyajikannya. Apakah Anda termasuk orang yang kurang suka mencuci peralatan makan? Jika iya, Anda bisa memilih kemasan cup agar lebih praktis.

10 Rekomendasi soun terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk soun terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Tropicana Slim

Shirataki Noodles

Tropicana Slim Shirataki Noodles 1枚目

Rendah lemak, rendah garam, dukung gaya hidup sehat Anda

2

SU Brand

Vermicelli

SU Brand Vermicelli 1枚目

Soun yang praktis! Cukup diseduh lima menit

3

Ambico

Mi Kering Shirataki

Ambico Mi Kering Shirataki 1枚目

Penuhi kebutuhan serat pangan selama diet

4

FITmee

Rasa Soto

FITmee Rasa Soto 1枚目

Rendah kalori dan kolesterol dengan rasa soto yang mantap

5

MamaSuka

Japchae Spicy

MamaSuka Japchae Spicy 1枚目

Sajikan soun goreng lezat khas Korea dalam 5 menit

6

Sinar Pangan Sejahtera

Sohun Kaca

Sinar Pangan Sejahtera Sohun Kaca 1枚目

Harga paling ekonomis, bebas beli dalam jumlah banyak tanpa jadi boros!

7

Mae Fu

Thai Mung Bean Vermicelli

Mae Fu  Thai Mung Bean Vermicelli  1枚目

Soun asli Thailand yang bebas bahan pengawet

8

OTTOGI

Korean Vermicelli

OTTOGI Korean Vermicelli 1枚目

Lembut & kenyal, nikmat diolah jadi masakan Korea!

9

Longkou

Sohun Jagung (Vermicelli)

Longkou Sohun Jagung (Vermicelli) 1枚目

Rasanya netral, mudah diolah menjadi berbagai jenis masakan

10

Subafood Pangan Jaya

Sounku Soun Jagung

Subafood Pangan Jaya Sounku Soun Jagung 1枚目

Sounnya lembut, cepat matang saat diolah

Perincian produk
Close
No.1

Tropicana SlimShirataki Noodles

Mulai dari Rp24.400,00

Rendah lemak, rendah garam, dukung gaya hidup sehat Anda

Memiliki keluarga dengan riwayat penyakit hipertensi dan diabetes membuat Anda harus lebih berhati-hati dalam mengonsumsi makanan. Alangkah baiknya jika langkah kecil ini dimulai sejak dini. Salah satunya dengan mengganti mi instan biasa dengan soun shirataki instan yang rendah lemak dan tinggi serat. 


Kandungan garam dalam soun instan ini dibatasi tanpa menghilangkan cita rasanya yang lezat sehingga tetap aman dikonsumsi. Jadi, Anda tidak perlu mengorbankan kenikmatan rasa untuk menjalani gaya hidup sehat.

No.2

Soun yang praktis! Cukup diseduh lima menit

Tekstur soun ini memang cenderung lebih licin dan kenyal dibanding produk lainnya. Namun, hal itulah yang membuat soun Longhou Vermicelli memiliki banyak penggemar! Di balik kemantapan teksturnya, soun ini ternyata begitu praktis disajikan karena hanya butuh 3–5 menit untuk melunak. Saat Anda sedang terburu-buru ingin memasak hidangan soun, produk ini bisa diandalkan.

No.3

AmbicoMi Kering Shirataki

Mulai dari Rp38.000,00

Penuhi kebutuhan serat pangan selama diet

Meski namanya menggunakan kata "mi", produk ini merupakan sejenis soun yang terbuat dari umbi iles-iles atau konjac. Produk berwarna putih bening dengan rasa alami yang hambar ini memiliki tekstur kenyal di mulut. Produk ini juga sudah digulung dalam bulatan kecil sehingga akan memudahkan penyajian.

Produk ini tidak hanya bebas gluten, tetapi juga bebas gula dan tentu saja rendah kalori. Karena itu, soun ini dikenal sebagai makanan diet. Bagi Anda yang sedang berusaha memenuhi kebutuhan serat harian karena diet, produk ini cocok dijadikan alternatif karbohidrat.
No.4

Rendah kalori dan kolesterol dengan rasa soto yang mantap

FITMee adalah salah satu produk soun instan rendah kalori dan rendah kolesterol yang kaya serat. Produk ini terbuat dari bahan olahan serat shirataki, sejenis umbi-umbian asli Jepang. Soun ini memiliki tekstur kenyal seperti jeli dan berwarna putih bening. Setelah soun diseduh, hampir 97% kandungannya adalah air dan kalorinya adalah 60 kkal.

Di dalam kemasan produk ini telah dilengkapi dengan vegetable oil, perisa soto, dan sayuran kering. Benar-benar komplet dan praktis, bukan? Cocok untuk Anda yang sedang mengawali pola hidup sehat tanpa ribet dan tanpa khawatir soal berat badan.
No.5

Sajikan soun goreng lezat khas Korea dalam 5 menit

Setelah nonton drama Korea, mungkin Anda jadi ingin menikmati masakan Korea. Supaya tidak kerepotan, pakai soun instan ini saja, yuk! Soun goreng ini sudah dikemas jadi satu, lengkap dengan bumbunya. Hanya dalam waktu 5 menit, sepiring japchae yang enak pun siap disantap. Dinikmati sambil menonton episode lanjutan drama Korea, pastinya makin menyenangkan.

No.6

Sinar Pangan SejahteraSohun Kaca

Mulai dari Rp6.500,00

Harga paling ekonomis, bebas beli dalam jumlah banyak tanpa jadi boros!

Soun lokal produksi SPS ini mungkin sudah tidak asing lagi karena mudah ditemukan di toko-toko konvensional. Soun ini memiliki tekstur kenyal dan halus dengan warna bening. Harganya juga sangat terjangkau sehingga pas untuk Anda yang ingin membeli dalam jumlah banyak tanpa menguras kantong. Anda dapat mengolahnya menjadi soto, bakso, sop, semur, dan pastel.

No.7

Mae Fu Thai Mung Bean Vermicelli

Mulai dari Rp10.000,00

Soun asli Thailand yang bebas bahan pengawet

Yuk, siapkan menu sehat untuk keluarga dengan berbekal soun asli Thailand ini. Soun ini dibuat tanpa bahan pengawet, bebas gluten, dan bebas lemak sehingga dapat mendukung kesehatan keluarga Anda. Berbekal soun ini, Anda bisa membuat tom yam, salad soun, dan juga soun goreng ala Thailand. 


Rasakanlah tekstur sounnya yang chewy sekaligus lembut di lidah Anda. Makin meningkatkan nafsu makan, tentunya. Tambahan pula, dalam satu kemasan plastik, soun sudah dibagi menjadi lima bagian. Ini memudahkan Anda dalam membaginya sesuai porsi dan kebutuhan masak.

No.8

OTTOGIKorean Vermicelli

Mulai dari Rp57.000,00

Lembut & kenyal, nikmat diolah jadi masakan Korea!

Soun dari Korea tentunya akan lebih pas untuk memasak makanan Korea. Anda dapat membuat japchae atau isian mandu, hidangan pangsit khas Korea, menggunakan Korean Vermicelli. Soun ini terbuat dari tepung ubi jalar yang memberikan tekstur kenyal dan lembut. Bagi pencinta kuliner Korea atau ingin mencoba berkreasi membuatnya, produk ini wajib masuk ke dalam daftar belanja Anda!
No.9

LongkouSohun Jagung (Vermicelli)

Mulai dari Rp2.000,00

Rasanya netral, mudah diolah menjadi berbagai jenis masakan

Soun Longkou memiliki tekstur yang sempurna untuk soto, sup, tumisan, atau bakso. Soun ini memiliki rasa yang netral sehingga mudah dicampur dengan berbagai bumbu masakan. 


Tekstur serta rasanya pun tidak mengganggu cita rasa asli olahan Anda. Aneka masakan Indonesia pun dapat direalisasikan dengan mudah jika memiliki soun ini. Pilihan tepat untuk Anda yang sering mengolah berbagai masakan Nusantara, nih!

No.10

Subafood Pangan JayaSounku Soun Jagung

Mulai dari Rp3.000,00

Sounnya lembut, cepat matang saat diolah

Tidak punya banyak waktu untuk memasak, tetapi ingin berkreasi aneka jenis masakan? Sounku siap membantu Anda. Soun dari 100% pati jagung ini memiliki tekstur yang lembut serta cepat matang. Jadi, Anda tidak perlu menunggu waktu terlalu lama, deh. 


Karena kelembutannya pula, soun ini bisa dikreasikan menjadi menu MPASI bayi Anda, lho, contohnya omelette soun atau soun goreng. Si kecil bisa mengunyah dan menelannya dengan nyaman. Makin lahap makan, deh!

Cara mengolah soun yang benar

Cara mengolah soun yang benar

Sebelum dimasak, soun biasanya direbus atau direndam dengan air panas terlebih dahulu supaya teksturnya berubah menjadi empuk. Namun, cara ini justru akan membuat soun menjadi lengket dan saling menempel satu sama lain. Sebaiknya, rendam soun menggunakan air dingin. Anda dapat menambahkan air atau kaldu saat memasak soun untuk membuatnya empuk.


Namun, jika terlanjur merendam soun dengan air panas, Anda dapat mengolesi soun dengan minyak wijen agar tidak lengket. Lakukan cara ini setelah soun ditiriskan. Memasak soun membutuhkan waktu sekitar 5–15 menit. Setelah selesai memasak, jangan lupa untuk menyimpan sisa soun dalam keadaan kering. Soun basah akan lebih mudah lengket dan waktu penyimpanannya tidak tahan lama.

Baca juga rekomendasi mie instan di sini

Selain soun, mi instan juga merupakan makanan yang umum dikonsumsi masyarakat Indonesia. Mulai dari mi berkuah hingga mi goreng, hampir semua orang pasti pernah menikmatinya. Pada artikel di bawah kami sudah merangkum produk mi instan terbaik yang bisa Anda pilih sesuai selera. Silakan simak lebih lanjut artikelnya!

Kesimpulan

Kami telah memperkenalkan beberapa soun lezat kepada Anda. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mencoba kelezatannya? Pasti praktis bila Anda selalu sedia soun di rumah karena bahan makanan yang satu ini mudah sekali diolah.


Di antara jenis mi lainnya, soun termasuk rendah kalori sehingga lebih sehat. Bagi Anda yang berdiet, soun dapat menjadi alternatif sumber karbohidrat nan mengenyangkan. Beragam resep masakan soun pun tersedia di internet. Yuk, berkreasi dengan soun!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer