10 Rekomendasi Partisi Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Partisi Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Partisi atau sekat ruangan berperan penting dalam melengkapi interior rumah. Dewasa ini, kebutuhan akan partisi ruangan untuk kebutuhan fungsional maupun dekorasi semakin meningkat. Hebatnya, Anda tidak harus selalu pergi ke toko fisik karena membeli partisi ruangan saat ini dapat dilakukan melalui toko online!

Namun, banyaknya model partisi ruangan bisa saja membuat Anda bingung memilih. Oleh karena itu, kami akan membahas poin penting dalam memilih partisi ruangan. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik, termasuk keluaran IKEA, iDekoru, dan iFurnholic dalam artikel ini. Yuk, temukan partisi sesuai kebutuhan gaya interior Anda!

Daftar isi

Cara memilih partisi ruangan

Tanpa disangka, memilih partisi ruangan yang paling tepat bisa saja cukup membingungkan. Kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu agar Anda semakin mudah menemukan produk yang sesuai.

Pilih produk berdasarkan tipenya

Secara umum, partisi ruangan dibagi menjadi dua tipe, yaitu tipe penyekat dan screen. Masing-masing tipe memiliki keunggulan tersendiri. Jadi, pilihlah yang paling sesuai kebutuhan Anda.

Tipe yang menggunakan tiang penyangga, dapat digunakan layaknya dinding

Tipe yang menggunakan tiang penyangga, dapat digunakan layaknya dinding

Partisi tipe ini dipasang dengan cara menghubungkan langit-langit dan lantai dengan tiang penyangga, menjadikannya bisa berfungsi seperti dinding pembatas sungguhan. Anda dapat memakainya untuk membagi satu ruangan menjadi dua bagian atau membuat semacam koridor kecil di depan pintu masuk.

Partisi jenis ini biasanya memiliki dua tiang yang dapat diatur ketinggianya. Namun, sayangnya partisi semacam ini tidak banyak ditemukan di toko online di Indonesia. Solusinya, Anda dapat memesannya secara custom kepada desainer interior atau arsitek tepercaya Anda.

Tipe screen, dapat mempercantik interior ruangan

Tipe screen, dapat mempercantik interior ruangan

Partisi tipe ini akan membuat tampilan interior ruangan tampak lebih modis. Desainnya pun beragam, ada yang ala Jepang, khas Asia, dan sebagainya. Anda cukup memilih yang paling sesuai dengan gaya interior ruangan.

Selain itu, pemasangannya pun tidak bersifat permanen layaknya tipe penyekat. Dengan begitu, Anda bisa menciptakan space khusus di ruangan hanya saat dibutuhkan. Misalnya, saat ada tamu yang datang, saat Anda ingin membuat area kerja terpisah dalam ruangan, dan lainnya. Fleksibel dalam penggunaan dan berdesain menarik, wajar bila tipe ini sangat populer, bukan?

Pilih material produk sesuai tujuan penggunaannya

Partisi ruangan memungkinkan Anda membuat dua space berbeda dalam satu ruangan. Berbeda material, berbeda pula tujuan penggunan partisi tersebut. Agar Anda tidak menyesal akibat salah pilih, ketahui materialnya dan pilihlah sesuai tujuan penggunaan yang Anda inginkan.

Untuk mengatur pencahayaan ruangan, pilih partisi berbahan kayu

Untuk mengatur pencahayaan ruangan, pilih partisi berbahan kayu

Saat Anda hendak memisah space menggunakan partisi ruangan, bisa saja ruangan tersebut malah menjadi gelap. Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa memilih partisi ruangan yang dibuat dari kayu. Cahaya bisa masuk melalui celah-celah produk tersebut sehingga kekurangan pencahayaan pun bisa teratasi.

Tidak hanya itu, ada juga produk berbahan kayu dengan bentuk seperti kerai yang dapat diubah-ubah besar celahnya. Hal tersebut memungkinkan Anda memperindah ruangan tanpa menghambat sirkulasi udara dan pencahayaan.

Untuk memaksimalkan penggunaan ruang, pilih partisi berbahan baja

Untuk memaksimalkan penggunaan ruang, pilih partisi berbahan baja

Apakah Anda berpendapat bahwa ruangan akan terasa sempit jika menggunakan partisi? Tidak demikian apabila Anda menggunakan partisi bermaterial baja. Partisi jenis ini biasanya dirancang memiliki banyak lubang-lubang kecil. Awet dan dapat ditempeli magnet atau pengait sehingga Anda dapat menggunakannya untuk menggantungkan catatan, jurnal, memorandum, bahkan aksesori kecil.

Ada juga produk yang sudah dilengkapi langsung dengan gantungan atau penyimpanan tambahan yang berfungsi layaknya rak. Jadi, Anda dapat memaksimalkan penggunaan ruangan sesuai dengan kebutuhan.

Untuk ruang privasi tambahan, pilih sekat kain yang mudah dipasang dan dicopot

Untuk ruang privasi tambahan, pilih sekat kain yang mudah dipasang dan dicopot

Keunggulan utama partisi berbahan kain adalah kemudahan penggunaannya. Daya tahan dan kemampuannya meredam suara memang lebih inferior dibanding produk berbahan kayu atau baja. Namun, produk berbahan kain memiliki bobot ringan dan gampang dipasang, dipindahkan, dan disesuaikan. Anda bisa dengan mudah memasangnya saat ada tamu yang mendadak datang. Selain itu, Anda juga bisa memasangnya secara permanen dan menghiasinya dengan poster atau dekorasi lainnya.

10 Rekomendasi partisi ruangan terbaik

Selanjutnya, kami merekomendasikan sepuluh partisi ruangan terbaik. Pilihlah yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda, ya! Produk-produk yang kami pilihkan kali ini adalah tipe screen yang lebih banyak tersedia di pasaran di Indonesia.

10. IKEA EKNE Room Divider

10. IKEA EKNE Room Divider

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 500.000

Tirai tembus pandang yang bikin suasana makin romantis

Sketsel kain ini dirancang untuk menjadi pembatas sekaligus penghias ruangan yang feminin. Tirainya yang tembus pandang pun membuat pencahayaan ruangan dapat masuk lebih leluasa. Saat diletakkan misalnya di kamar tidur, produk ini dapat menciptakan kesan yang romantis. Pilihan tepat untuk membuat ruangan Anda semakin eksotis.

Ukuran 135 cm × 161 cm
Bobot Tidak disebutkan
Material rangka Baja
Material panel Poliester dan katun

9. Partisi Ruangan Kayu Jati Belanda

9. Partisi Ruangan Kayu Jati Belanda

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 500.000

Dirancang khusus untuk tonjolkan gaya rustic

Sekat ini memiliki model yang dirancang tidak biasa. Celah-celah kecil di antara sekatnya disusun dengan unsur seni berupa ketidakteraturan. Anda dapat melihat cahaya melewati celahnya dan jatuh secara acak. Teksturnya pun sengaja dibuat kurang halus untuk memberikan kesan gaya alami sebagaimana ciri gaya interior rustic pada umumnya.

Tidak hanya itu, sketsel ini terbuat dari kayu jati Belanda yang kokoh. Di setiap celahnya, Anda juga dapat menggantung bingkai foto, lampu, bunga, pernak-pernik vintage, dan hiasan lainnya. Anda menyukai gaya interior rustic atau ingin ruangan Anda terkesan lebih alami? Segera lengkapi dengan partisi ruangan ini!

Ukuran 80 cm × 170 cm
Bobot 20 kg
Material rangka Kayu jati Belanda
Material panel Kayu jati Belanda

8. Partisi Ruangan Kayu Rotan

8. Partisi Ruangan Kayu Rotan

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 520.000

Tampilkan desain tradisional khas nusantara

Pencinta perabot anyaman rotan pasti tidak ingin melewatkan produk yang satu ini! Khususnya apabila Anda yang memiliki ruangan berinterior tradisional, partisi ruangan yang terbuat dari material kayu dan rotan ini adalah pelengkap dekorasi yang ideal. Dirancang memiliki tiga buah panel, produk ini dapat dilipat atau dilebarkan sesuai kebutuhan.

Ukuran 180 cm × 165 cm
Bobot 10 kg
Material rangka Kayu meranti
Material panel Rotan

7. Ashley Room Partition

7. Ashley Room Partition

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 800.000

Jadikan aura vintage dalam ruangan semakin kentara

Penggemar barang-barang klasik tentu tidak boleh melewatkan produk ini. Kombinasi desain retro plus penggunaan hanya satu warna membuat partisi ruangan ini terlihat layaknya produk keluaran tahun 70-90an. Desain anyaman lidi serta hiasan mawarnya pun terkesan manis dan tidak berlebihan. Bentangkan produk ini dalam ruangan dan nikmati aura vintage-nya!

Ukuran 126 cm × 2 cm × 156 cm
Bobot 20 kg
Material rangka Kayu
Material panel Rotan

6. Partisi Ruangan Gantung

6. Partisi Ruangan Gantung

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 37.500

Partisi gantung artistik untuk gaya ruangan yang dinamis

Selain tirai atau gorden, mungkin tidak terlalu banyak partisi yang dapat dipasang dengan efek seperti melayang di udara. Apabila Anda mencari partisi demikian plus berharga terjangkau, produk satu ini akan menarik hati Anda! Dengan bahan plastik tebal, Anda dapat mendekorasi ruangan dengan sekat warna merah, putih, atau hitam.

Keunggulan lainnya adalah desain ukiran yang memenuhi sekat kotaknya dirancang untuk pencahayaan maksimal. Sekat gantung ini cocok dipasang di berbagai tempat, baik di samping meja makan, doorway, maupun di belakang sofa ruang televisi. Hebatnya lagi, bentuk ukiran produk ini beragam sehingga Anda bisa memilih bentuk yang paling disukai.

Ukuran 40 cm × 40 cm
Bobot Tidak disebutkan
Material rangka Plastik
Material panel Plastik

5. IKEA TÄNKVÄRD Room Divider

5. IKEA TÄNKVÄRD Room Divider

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.099.000

Anda pun bisa mengubah tampilannya sesuka hati!

Gantungkan kain favorit Anda ke produk ini dan Anda pun akan memperoleh space tambahan dalam ruangan. Bila Anda bosan, Anda juga bisa mengganti kainnya dengan desain lain yang disukai. Pastinya produk ini merupakan pilihan tepat bagi Anda yang mencari partisi ruangan dengan tampilan bisa digonta-ganti.

Selain itu, saat tidak ada tamu Anda bisa menggunakannya untuk menggantung pakaian atau menjemur handuk. Produk ini juga semakin fungsional karena mudah dilipat dan dipindahkan sesuai kebutuhan. Dibuat menggunakan bahan rotan, produk ini sangat mudah dibersihkan. Cukup dilap dengan air, debu pun segera hilang.

Ukuran 180 cm × 157 cm
Bobot 10,5 kg
Material rangka Rotan
Material panel Tidak ada

4. iFurnholic Laura Divider

4. iFurnholic Laura Divider

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 1.190.000

Rak dan hangernya bikin produk minimalis ini makin fungsional

Divider yang bentuknya menyerupai single door ini dilengkapi rak kecil untuk meletakkan hiasan seperti pot bunga atau buku. Tas, aksesori, dan coat kesayangan Anda juga dapat digantung di bagian paku kayunya. Desain yang minimalis membuat produk ini cocok dengan beragam gaya interior ruangan. Jika Anda mencari produk berdesain simpel yang fungsional, ini jawabannya!

Ukuran 63 cm × 30 cm × 160 cm
Bobot Tidak disebutkan
Material rangka Kayu mahoni dan MDF
Material panel Kayu mahoni dan MDF

3. Partisi Ruangan Vas Bunga Gantung

3. Partisi Ruangan Vas Bunga Gantung

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.566.900

Bisa ditambahkan tanaman hias, suasana ruangan pun makin hijau dan segar

Untuk Anda yang menggemari tanaman hias atau menyukai ruangan bernuansa alam, produk ini patut dipertimbangkan. Adanya vas bunga gantung memungkinkan Anda berkreasi memajang bermacam tanaman hias favorit. Dengan begitu, suasana ruangan pun terasa semakin natural dan segar!

Ukuran 86 cm × 6 cm × 156 cm
Bobot 13,5 kg
Material rangka Aluminium
Material panel Aluminium

2. IKEA VEBERÖD Room Divider

2. IKEA VEBERÖD Room Divider

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 2.198.900

Multifungsi dan bisa dihiasi personal touch Anda

Dilengkapi roda di kakinya, Anda bisa dengan mudah menggeser produk ini ke ruangan yang diinginkan. Anda juga akan mendapati adanya rak tambahan di bagian bawahnya yang bisa menggunakannya untuk menyimpan koran, majalah, atau buku yang sering Anda baca.

Gantungannya pun dapat difungsikan untuk menggantung lukisan, gambar, atau bahkan peralatan dapur sesuai dengan tempat pemakaiannya. Banyaknya area kosong di jaring-jaring kawatnya memungkinkan Anda menghiasinya dengan beragam benda sesuai ciri khas diri Anda. Berikan personal touch dan tunjukkan keunikan diri Anda melalui partisi ruangan multifungsi ini.

Ukuran 85 cm × 45 cm × 180 cm
Bobot 15,57 kg
Material rangka Baja, epoxy
Material panel Baja, epoxy

1. iDekoru Sketsel Japanese Sakura

1. iDekoru Sketsel Japanese Sakura

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.850.000

Keindahan shoji tradisional ala Jepang yang bisa Anda miliki di rumah

Bila Anda ingin memiliki kamar atau sushi bar dengan interior khas negeri sakura, partisi ini wajib dimiliki. Lukisan cabang pohon sakura yang mengisi keseluruhan panel sambungnya tampak hidup saat diletakkan di dalam ruangan sekalipun. Anda tinggal memasang lampu di belakangnya untuk efek pencahayaan yang sangat cantik!

Mengusung konsep tradisional Jepang, iDekoru merancang sketsel ini dengan lukisan yang dicetak di bagian depan dan belakang sehingga cocok juga diletakkan di tengah ruangan. Dilengkapi rangka setebal 4 cm, produk ini pun semakin stabil saat Anda bentangkan.

Ukuran 200 cm × 150 cm
Bobot 10 kg
Material rangka Tidak disebutkan
Material panel Paper sticker vinyl
Tipe Screen

Baca juga rekomendasi pengharum ruangan dan rak dinding di sini

Partisi ruangan bisa membuat ruangan Anda terkesan semakin homy sekaligus menarik. Anda pun bisa menyekat ruangan menggunakan rak kayu, rak dinding, atau bahkan lemari kaca. Selain dapat difungsikan sebagai penyekat ruangan, produk-produk tersebut dapat difungsikan untuk menyimpan barang. Makin fungsional! Mari ketahui lebih lanjut di sini.

Kesimpulan

Partisi ruangan tidak hanya memperindah interior ruangan, tetapi juga mempermudah Anda menciptakan space tambahan. Anda bisa memilih produk tipe screen atau tipe penyekat sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, pastikan untuk mengecek material yang digunakan. Material kayu, baja, kain, atau material lainnya memiliki keunggulan tersendiri, Anda bisa memilih sesuai tujuan penggunaannya. Yuk, jadikan ruangan Anda semakin menawan dengan menggunakan partisi ruangan.