• 10 Partisi Ruangan Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Partisi Ruangan Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Partisi Ruangan Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Partisi Ruangan Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Partisi Ruangan Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Partisi Ruangan Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)

Dewasa ini, kebutuhan akan partisi ruangan cantik yang fungsional dan dekoratif terus meningkat. Hebatnya, Anda tidak harus selalu pergi ke toko fisik karena membeli partisi ruangan kini dapat dilakukan melalui toko online!

Namun, banyaknya model partisi ruangan bisa saja membuat Anda bingung memilih. Jadi, kami akan membahas poin penting dalam memilih partisi ruangan. Artikel ini juga memuat berbagai tips menarik dari arsitek Adil Mochtar, ST, MT. Setelah itu, temukan sepuluh rekomendasi produk terbaik dari IKEA, iDekoru, dan iFurnholic dalam artikel ini. Yuk, temukan partisi ruangan bagus sesuai kebutuhan interior Anda!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Adil Mochtar
  • Pembaharuan terakhir: 19 Mei 2022
Daftar isi

Profil pakar: Arsitek Adil Mochtar, ST, MT

Profil pakar: Arsitek Adil Mochtar, ST, MT

Adil adalah seorang Arsitek Prinsipal kreatif di HADE (PT Hasta Asri Dharma) dan AMA Studio. Ia memiliki tujuh tahun pengalaman dalam perancangan bangunan gedung negara, swasta, dan rumah tinggal. Seluruh konsep rancangan Adil selalu mengedepankan arsitektur yang berwawasan lingkungan dan inovasi.


Selain itu, Adil juga turut aktif dalam organisasi profesi Ikatan Arsitek Indonesia Wilayah Bekasi. Untuk mendapatkan informasi dan konsultasi mengenai arsitektur, Anda bisa menyapa Adil melalui akun Instagram-nya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih partisi ruangan

Pertama, kami akan menjelaskan cara memilih partisi ruangan terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda akan makin mudah menemukan produk yang sesuai.

Pilih produk berdasarkan tipenya

Secara umum, partisi ruangan dibagi menjadi dua tipe, yaitu tipe penyekat dan screen. Masing-masing tipe memiliki karakteristik tersendiri, berikut kami jelaskan secara detail.

Tipe penyekat, serasa ada dinding tambahan

Partisi tipe ini dipasang dengan cara menghubungkan langit-langit dan lantai dengan tiang penyangga. Hal tersebut menjadikannya bisa berfungsi seperti dinding pembatas sungguhan. Anda dapat memakainya untuk membagi satu ruangan menjadi dua bagian. Tidak hanya itu, membuat semacam koridor kecil di depan pintu masuk pun bisa.

Partisi jenis ini biasanya memiliki dua tiang yang dapat diatur ketinggiannya. Namun, sayangnya partisi semacam ini tidak banyak ditemukan di toko online di Indonesia. Solusinya, Anda dapat memesannya secara custom kepada desainer interior atau arsitek tepercaya Anda.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Partisi merupakan solusi untuk Anda yang memiliki dimensi ruangan terbatas tapi memiliki kebutuhan aktivitas yang beragam. Partisi bersifat fleksibel dalam penggunaannya sehingga bisa digeser ataupun dilipat sesuai dengan kebutuhan. Saat memilih, carilah partisi dengan kualitas engsel dan konstruksi yang kokoh agar awet digunakan dalam jangka waktu panjang.

Tipe screen, dapat mempercantik interior ruangan

Partisi tipe ini akan membuat tampilan interior ruangan tampak lebih modis. Desainnya pun beragam, ada desain ala Jepang, khas Asia, dan sebagainya. Anda cukup memilih yang paling sesuai dengan gaya interior ruangan di tempat tinggal Anda.

Selain itu, pemasangannya pun tidak bersifat permanen layaknya tipe penyekat. Dengan begitu, Anda bisa menciptakan space khusus di ruangan hanya saat dibutuhkan. Misalnya, saat ada tamu yang datang, saat Anda ingin membuat area kerja terpisah dalam ruangan, dan sebagainya. Fleksibel dalam penggunaan dan berdesain menarik, wajar bila tipe ini sangat populer, bukan?

Pilih material produk sesuai tujuan penggunaannya

Partisi ruangan memungkinkan Anda membuat dua space berbeda dalam satu ruangan. Berbeda material, berbeda pula tujuan penggunaan partisi tersebut. Agar Anda tidak menyesal akibat salah pilih, ketahui materialnya dan pilihlah sesuai tujuan penggunaan yang Anda inginkan.

Untuk mengatur pencahayaan ruangan, pilih partisi kayu

Saat Anda hendak memisah space menggunakan partisi ruangan, bisa saja ruangan tersebut malah menjadi gelap. Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa memilih partisi ruangan yang dibuat dari kayu. Cahaya bisa masuk melalui celah-celah partisi sehingga kekurangan pencahayaan pun bisa teratasi.

Ada juga produk berbahan kayu dengan bentuk seperti kerai yang dapat diubah-ubah besar celahnya. Hal tersebut memungkinkan Anda memperindah ruangan tanpa menghambat sirkulasi udara dan pencahayaan.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Partisi kayu memberikan efek natural dan elegan, cocok digunakan untuk memancarkan kehangatan pada ruangan keluarga atau ruang tamu. Saat memilih partisi kayu, perhatikanlah finishing kayunya. Apakah kayu terlihat rapi dan mulus serta dilapisi dengan pelitur? Hal ini penting agar partisi kayu tetap awet dan memiliki tampilan yang terjaga.

Untuk memaksimalkan penggunaan ruang, pilih partisi baja

Apakah Anda berpendapat bahwa ruangan akan terasa sempit jika menggunakan partisi? Tidak demikian apabila Anda menggunakan partisi bermaterial baja. Partisi jenis ini biasanya dirancang memiliki banyak lubang-lubang kecil. Selain itu, partisi jenis ini juga awet dan dapat ditempeli magnet atau pengait. Anda pun dapat menggunakannya untuk menggantung catatan, jurnal, memorandum, bahkan aksesori kecil.

Ada juga produk yang sudah dilengkapi langsung dengan gantungan atau penyimpanan tambahan yang berfungsi layaknya rak. Jadi, Anda dapat memaksimalkan penggunaan ruangan sesuai dengan kebutuhan.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Partisi baja memiliki tampilan yang maskulin dan kokoh sehingga cocok untuk dipasangkan dengan tema arsitektur rustic dan industrial. Partisi baja umumnya memiliki ketahanan yang baik dan juga lebih kuat konstruksinya. Namun, bahan ini tidak cocok untuk partisi yang sering dipindahkan karena berat. 


Perhatikan kualitas finishing cat yang merata dan rapi agar partisi baja tidak mudah berkarat dan rusak. Perhatikan juga kualitas sambungan pengelasan pada besi, apakah rapi dan menyeluruh.

Untuk privasi tambahan, pilih sekat kain yang mudah dilepas pasang

Keunggulan utama partisi berbahan kain adalah kemudahan penggunaannya. Daya tahan dan kemampuannya meredam suara memang lebih inferior dibanding produk berbahan kayu atau baja. Namun, produk berbahan kain memiliki bobot ringan dan gampang dipasang, dipindahkan, dan disesuaikan. Anda bisa dengan mudah memasangnya saat ada tamu yang mendadak datang. Selain itu, Anda juga bisa memasangnya secara permanen dan menghiasinya dengan poster atau dekorasi lainnya.
Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Untuk jenis kain yang digunakan untuk partisi, hindari kain dan warna yang cepat kotor. Memilih partisi kain berwarna muda menyebabkan debu mudah terlihat apabila jarang dibersihkan. Perhatikan juga ketebalan dari kain penyekat ruangan Anda. Hindari bahan yang terlalu tipis dan mudah robek.

10 Rekomendasi partisi ruangan terbaik

Selanjutnya, kami merekomendasikan sepuluh partisi ruangan terbaik. Produk yang kami pilihkan kali ini adalah tipe screen yang lebih banyak tersedia di pasaran Indonesia. Seluruh produk yang ini merupakan pilihan mybest dan bukan rekomendasi arsitek Adil Mochtar. Selamat membaca!
10
Ukuran170 cm x 150 cm
BobotTidak disebutkan
Material rangkaKayu mahoni
Material panelKayu mahoni
9
Ukuran135 cm × 161 cm
BobotTidak disebutkan
Material rangkaBaja dan epoxy/polyester powder coating
Material panelPoliester dan katun
8
Ukuran160 cm × 170 cm
Bobot±20 kg
Material rangkaKayu jati Belanda
Material panelKayu jati Belanda
7
Ukuran180 cm × 165 cm
Bobot±12 kg
Material rangkaKayu meranti
Material panelRotan
6

Penyekat Ruangan Gantung Vintage

Mulai dari Rp 40.000,00

Ukuran40 cm × 40 cm (per pcs)
BobotTidak disebutkan
Material rangkaPlastik
Material panelPlastik
5
Ukuran46 cm x 12 cm x 160 cm
Bobot13 kg
Material rangkaKayu pinus
Material panelRotan
4
Ukuran60 cm × 30 cm × 160 cm
BobotTidak disebutkan
Material rangkaKayu mahoni
Material panelKayu mahoni dan MDF (medium density fiberboard)
3

OhomePartisi Ruangan Vas Bunga Gantung

AN-VB0154

Mulai dari Rp 2.265.000,00

Ukuran86 cm × 6 cm × 156 cm
Bobot±13,5 kg
Material rangkaAluminium
Material panelAluminium
2

IKEAVEBERÖD Room Divider

Mulai dari Rp 1.599.000,00

Ukuran85 cm × 45 cm × 180 cm
Bobot15,5 kg
Material rangkaBaja dan epoxy/polyester powder coating
Material panelBaja dan epoxy/polyester powder coating
1

iDekoruSketsel Japanese Sakura

DK3124

Mulai dari Rp 2.850.000,00

Ukuran200 cm × 150 cm
Bobot±10 kg
Material rangkaMelamin
Material panelVinyl

Tabel perbandingan produk partisi ruangan terbaik

Gambar produk
1
iDekoru Sketsel Japanese Sakura 1

iDekoru

2
IKEA VEBERÖD Room Divider 1

IKEA

3
Ohome Partisi Ruangan Vas Bunga Gantung 1

Ohome

4
iFurnholic Laura Divider 1

iFurnholic

5
The Olive House NEW Ashley 4 Partition 1

The Olive House

6
Penyekat Ruangan Gantung Vintage 1

7
Partisi Ruangan Kayu Rotan 1

8
Partisi Ruangan Kayu Jati Belanda 1

9
IKEA EKNE Penyekat Ruang 1

IKEA

10
Room Divider Natural Wood 1

Nama produk

Sketsel Japanese Sakura

VEBERÖD Room Divider

Partisi Ruangan Vas Bunga Gantung

Laura Divider

NEW Ashley 4 Partition

Penyekat Ruangan Gantung Vintage

Partisi Ruangan Kayu Rotan

Partisi Ruangan Kayu Jati Belanda

EKNE Penyekat Ruang

Room Divider Natural Wood

Keunggulan

Hadirkan keindahan shoji ala Jepang di kediaman Anda

Multifungsi dan bisa dihiasi personal touch Anda

Bisa ditambahkan tanaman hias, ruangan makin fresh

Makin fungsional berkat tambahan rak dan hanger

Jadikan aura vintage dalam ruangan makin kentara

Partisi gantung artistik untuk ruangan bergaya dinamis

Tampilkan desain epik ala Nusantara

Dirancang khusus untuk tonjolkan gaya rustic

Tirai tembus pandangnya perkuat nuansa romantis

Berikan aksen kontemporer dalam ruangan

Harga mulai dariRp 2.850.000,00Rp 1.599.000,00Rp 2.265.000,00Rp 1.190.000,00Rp 1.100.400,00Rp 40.000,00Rp 850.000,00Rp 585.000,00Rp 1.078.700,00Rp 1.050.000,00
Ukuran200 cm × 150 cm85 cm × 45 cm × 180 cm86 cm × 6 cm × 156 cm60 cm × 30 cm × 160 cm46 cm x 12 cm x 160 cm40 cm × 40 cm (per pcs)180 cm × 165 cm160 cm × 170 cm135 cm × 161 cm170 cm x 150 cm
Bobot±10 kg15,5 kg±13,5 kgTidak disebutkan13 kgTidak disebutkan±12 kg±20 kgTidak disebutkanTidak disebutkan
Material rangkaMelaminBaja dan epoxy/polyester powder coatingAluminiumKayu mahoniKayu pinusPlastikKayu merantiKayu jati BelandaBaja dan epoxy/polyester powder coatingKayu mahoni
Material panelVinylBaja dan epoxy/polyester powder coatingAluminiumKayu mahoni dan MDF (medium density fiberboard)RotanPlastikRotanKayu jati BelandaPoliester dan katunKayu mahoni
Tautan produk

Tips dari Arsitek Adil Mochtar, ST, MT

Tips dari Arsitek Adil Mochtar, ST, MT
Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Partisi merupakan pembagi ruang bersifat temporer yang mampu membatasi ruang secara visual. Partisi biasanya diletakkan untuk membagi antara ruangan yang bersifat privat dan tidak. Jika luas rumah Anda terbatas dan bersifat open-plan, partisi sangat cocok untuk dimanfaatkan. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan partisi di depan pintu kamar mandi dan ruang keluarga. 


Anda juga bisa meletakkan partisi di dekat pintu masuk rumah dan ruang tamu untuk menutupi ruang keluarga secara visual. Jadi, tamu yang datang tidak bisa langsung melihat ke arah ruang keluarga. Saat acara kumpul keluarga, partisi tersebut bisa dilipat sehingga dua ruangan bisa menyatu menjadi suatu ruangan luas. Untuk itu sebaiknya pilihlah partisi yang mudah untuk dilipat, digeser, dan disimpan.

Baca juga rekomendasi penghias interior lainnya di sini

Partisi ruangan bisa membuat ruangan Anda terkesan makin homy sekaligus menarik. Anda pun bisa menghiasi ruangan Anda agar tampak makin apik dengan menambahkan rak kayu, rak dinding, atau bahkan lemari kaca. Mari ketahui lebih lanjut di sini.

Kesimpulan

Partisi ruangan tidak hanya memperindah interior ruangan, tetapi juga mempermudah Anda menciptakan space tambahan. Anda bisa memilih produk tipe screen atau tipe penyekat sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, pastikan untuk mengecek material yang digunakan. Material kayu, baja, kain, atau material lainnya memiliki keunggulan tersendiri. Sangat baik bila Anda memilih sesuai tujuan penggunaannya. Yuk, jadikan ruangan Anda makin menawan dengan menggunakan partisi ruangan.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Atap Transparan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Atap Transparan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Penggunaan atap transparan pada hunian tidak hanya memberikan pencahayaan alami, tetapi juga membuat hunian berkesan modern. Tak heran jika penggunaan atap transparan makin diminati. Jenis dan merek atap transparan pun makin beragam dengan keunggulannya masing-masing. Apakah Anda sedang mempertimbangkan untuk menggunakan atap transparan di hunian Anda? Pada artikel kali ini, kami memberikan tips memilih atap transparan. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk atap transparan yang bagus untuk Anda. Selamat membaca dan menentukan atap transparan yang cocok untuk Anda! 
    Dekorasi ruangan
  • 10 Granit Lantai Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    10 Granit Lantai Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    Dibandingkan keramik biasa, lantai granit bersifat antigores, mudah dibersihkan, sekaligus sulit pecah sehingga lebih awet. Lantai granit juga tidak licin, membuatnya makin aman digunakan. Warna dan motif granit pun bagus dan beragam. Tak heran, granit menjadi favorit untuk mempercantik interior atau eksterior rumah.Di artikel ini, Anda akan mendapatkan tips memilih lantai granit yang bagus, serta rekomendasi produk granit lantai terbaik. Kami akan mengulas kualitas dan harga lantai granit merek Essenza, Indogress, dan sebagainya. Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek kami, Rio Maximilian. Simak artikelnya sampai akhir, ya!
    Dekorasi ruangan
  • 10 Rekomendasi Bingkai Foto Terbaik untuk Dipajang di Dinding (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bingkai Foto Terbaik untuk Dipajang di Dinding (Terbaru Tahun 2022)
    Setiap orang biasanya mempunyai foto dengan kenangan khusus. Foto saat acara tertentu atau kartu pos bergambar dari cucu pasti akan sayang jika hanya disimpan begitu saja. Tentu ada keinginan untuk memajangnya di dinding ruangan dengan bingkai khusus agar kenangan indah dapat terus dinikmati.Untuk membantu Anda, kami akan menjelaskan cara memilih dan rekomendasi bingkai foto yang bagus untuk dipajang di dinding. Rekomendasi produk dari merek kenamaan, seperti iCreate.id dan Picora ada dalam artikel ini. Bingkai foto awet untuk digunakan jangka panjang juga ada. Pastikan untuk membaca sampai akhir, ya!
    Dekorasi ruangan
  • 10 Rekomendasi Plafon PVC Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Plafon PVC Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Selain wallpaper, pemasangan plafon dapat menjadi item yang dapat mengubah suasana ruangan. Salah satu material plafon yang dapat Anda pilih adalah PVC. Plafon PVC dapat digunakan di ruang tamu, kamar tidur, serta ruangan lainnya. Desainnya pun sangat beragam, mulai dari plafon PVC motif awan, motif kayu, minimalis, hingga bernuansa mewah. Kami akan mengulas cara memilih plafon PVC yang bagus untuk ruangan Anda. Tak lupa, terdapat rekomendasi plafon PVC terbaik dari sejumlah merek, seperti Bringhome dan Eva Plafon. Simak tips dari kami dan dapatkan produk yang cocok untuk Anda!
    Dekorasi ruangan
  • 10 Rekomendasi Lilin Aromaterapi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lilin Aromaterapi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lilin aromaterapi adalah lilin yang diberi tambahan pewangi. Lilin aromaterapi cocok digunakan ketika sedang lelah atau butuh relaksasi karena aromanya bisa membuat Anda tenang. Cara menggunakan candle aromatherapy cukup mudah. Anda tinggal menyalakan dan meletakkannya di kamar atau ruangan lainnya.Ada banyak lilin aromaterapi yang wangi dan memiliki kemasan yang bagus di pasaran. Anda bisa memilih lilin aromaterapi merek Bath and Body Works, The Body Shop, dan Uchii. Selain ketiga merek tersebut, kami juga akan memberikan rekomendasi lilin aromaterapi terbaik dan best seller dari merek lainnya. Bacalah artikelnya sampai selesai!
    Dekorasi ruangan
  • 10 Karpet Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    10 Karpet Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah ruangan di rumah Anda menggunakan karpet? Cobalah perhatikan, pasti suasana ruangan Anda menjadi berbeda dengan adanya karpet. Karpet merupakan salah satu elemen dekorasi yang dapat mendukung tampilan interior. Ukuran, motif, bahan karpet, dan lainnya dapat memengaruhi suasana ruangan Anda. Di pasaran, Anda juga dapat menemukan karpet atau permadani yang bagus merek Moderno, Jaguar, Arizona Classic, dan sebagainya. Nah, kami akan mengulas tips memilih karpet lantai terbaik beserta rekomendasi produk-produk terkenal merek IKEA, Maroc, dan sebagainya. Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek kami, Rio Maximilian. Selamat membaca!
    Dekorasi ruangan
  • 10 Rekomendasi Perlak Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Perlak Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pemasangan perlak lantai dapat membuat ruangan terlihat makin rapi dan menarik. Di pasaran, perlak lantai tersedia dalam beragam motif yang dapat disesuaikan dengan konsep ruangan. Mulai dari perlak untuk ruangan bertema minimalis hingga kamar anak yang ceria dapat Anda beli secara online. Namun, banyaknya bervariasi perlak lantai mungkin membuat Anda bingung dalam menentukan pilihan.Kali ini, kami akan membahas rekomendasi perlak lantai terbaik beserta cara memilihnya. Perlak lantai yang bagus, seperti motif kayu, keramik, dan karakter akan Anda jumpai dalam daftar rekomendasi kami. Untuk itu, simaklah artikel ini sampai selesai!
    Dekorasi ruangan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori