• 10 Rekomendasi Rak Bunga Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Rak Bunga Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Rak Bunga Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Rak Bunga Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Rak Bunga Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Rak Bunga Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Untuk Anda yang menyukai tanaman bunga, Anda dapat menatanya lebih rapi menggunakan rak bunga. Tak hanya untuk menata tanaman, rak bunga pun dapat dijadikan dekorasi untuk meningkatkan tampilan interior rumah. Namun, banyaknya jenis rak bunga mungkin akan membuat Anda sedikit kesulitan dalam memilihnya.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih rak bunga terlebih dahulu. Tidak lupa kami juga akan memberikan rekomendasi rak bunga terbaik untuk Anda, salah satunya keluaran IKEA. Dengan begitu, Anda pun akan lebih mudah menentukan rak bunga yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 6.748 Views
Daftar isi

Apa itu rak bunga?

Apa itu rak bunga?
Rak bunga digunakan untuk menata pot tanaman bunga Anda agar terlihat lebih rapi. Selain disebut sebagai rak bunga, ada juga yang menyebutnya sebagai flower stand atau rak tanaman. Meski begitu, semuanya sama karena mengacu pada tempat untuk meletakkan pot tanaman.
Material seperti besi, kayu (termasuk rotan), atau plastik adalah material yang sering digunakan untuk membuat rak bunga. Seluruh material tersebut memiliki kelebihan, tampilan, dan tekstur yang berbeda-beda. Material selain rotan dapat digunakan tidak hanya di dalam rumah, tetapi juga di luar ruangan seperti beranda atau taman.

Cara memilih rak bunga

Ketika memilih rak bunga, Anda akan melihat perbedaannya berdasarkan material yang digunakan. Setiap material memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Berikut akan kami jelaskan secara lengkap.

Pilih produk berdasarkan tampilan dan keawetan materialnya

Material yang digunakan untuk rak bunga adalah besi, kayu, atau plastik. Ketiganya memiliki tampilan dan ketahanan yang berbeda. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui fungsinya masing-masing agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan Anda.

Rak besi untuk kesan yang stylish dan tahan lama

Rak besi untuk kesan yang stylish dan tahan lama
Rak bunga dari besi memiliki desain yang kokoh dan kuat. Biasanya rak bunga dari besi juga memiliki berbagai ukiran unik seperti bentuk bunga atau buah menggunakan besi tipis. Hal tersebut membuatnya terlihat lebih menarik. Desain ini juga memberikan kesan gaya barat dan dapat menjadi pilihan yang lebih stylish dibanding material lainnya.
Di sisi lain, ada pula banyak rak bunga berdesain sederhana yang dapat Anda pilih sesuai preferensi Anda. Keuntungan rak bunga dari material ini adalah tidak mudah rusak sekalipun digunakan dalam waktu lama. Material besi juga lebih stabil saat Anda gunakan untuk meletakkan banyak pot tanaman.
Kekurangannya, besi lebih mudah berkarat terutama jika ditempatkan di luar ruangan dan sering terkena hujan. Rak dari besi juga berat dan mudah menggores lantai keramik. Anda harus lebih berhati-hati saat menggunakannya di dalam ruangan. Selain itu, Anda juga mungkin akan kesulitan memindahkannya kecuali seluruh pot tanaman Anda angkat terlebih dahulu.

Rak kayu untuk kesan yang lebih natural

Rak kayu untuk kesan yang lebih natural
Rak bunga dari material kayu memiliki desain yang lebih sederhana dibanding rak berbahan besi. Hal tersebut membuatnya cocok untuk menyimpan tanaman apa saja. Produk berbahan kayu juga memiliki tekstur yang alami dan cocok digunakan untuk di dalam atau luar ruangan. Harmoni yang tercipta dari bahan kayu dan bunga yang cantik akan memberikan efek yang menenangkan.
Rak bunga berbahan kayu cocok bila Anda menyukai ruangan bernuansa lembut atau menciptakan atmosfer natural. Material ini juga menarik untuk digunakan karena Anda tidak perlu memikirkan tipe dan warna bunga yang sesuai. Untuk Anda yang menyukai ruangan bernuansa Asia, material dari kayu rotan sangat pas dipilih.
Di sisi lain, material ini mudah rusak bila diletakkan di luar ruangan dalam waktu lama dan sulit dibersihkan. Bila ditempatkan di tempat yang lembap, rak akan mudah berjamur dan tidak mudah kering ketika basah. Namun, Anda tetap dapat menggunakan rak bunga dari kayu ini di luar ruangan. Untuk material rotan, sebaiknya digunakan di dalam ruangan saja.

Rak plastik yang ringan dan mudah dipindahkan

Rak plastik yang ringan dan mudah dipindahkan
Rak bunga yang terbuat dari plastik lebih pas digunakan untuk menyusun tanaman kecil. Produk berbahan plastik juga memiliki harga yang lebih terjangkau sehingga cocok untuk Anda yang ingin menghemat budget. Selain itu, plastik memiliki bobot yang ringan, Anda dapat memindahkannya dengan mudah meski terdapat pot tanaman di atasnya.
Keuntungan lain produk berbahan plastik adalah mudah dicuci dan dibersihkan. Bobot yang lebih ringan daripada besi dan kayu juga akan memudahkan Anda untuk memindahkannya.
Sementara itu, kekurangannya bahan plastik tidak cukup kuat untuk menahan pot tanaman berukuran besar atau berjumlah banyak. Kualitasnya pun akan cepat menurun, terutama jika Anda letakkan di luar ruangan dan sering terkena cahaya matahari langsung. Rak ini akan mudah terkelupas atau patah bila digunakan dalam waktu lama.

Periksa material yang pas untuk jenis pot milik Anda

Selain kelebihan dan kekurangan setiap material, Anda juga harus menyesuaikan material dengan jenis pot yang hendak ditaruh. Pilih material sesuai desain, ukuran dan bobot pot tanaman, serta layout yang Anda inginkan agar terlihat lebih serasi.

Rak berbahan besi untuk pot berukuran sedang

Rak berbahan besi untuk pot berukuran sedang
Ada rak bunga dengan material yang cocok untuk pot berbobot berat dan ada juga yang tidak. Nah, sebaiknya Anda menggunakan rak bunga berbahan besi untuk menyimpan pot berukuran sedang. Produk berbahan besi dapat menahan bobot sampai batas tertentu. Anda dapat meletakkan pot yang agak besar dan berat di atasnya.
Namun, perlu Anda ingat untuk tidak meletakkan pot yang terlalu berat atau terlalu besar melebihi rangka besinya. Hal tersebut dapat menyebabkan rangkanya menjadi bengkok.

Rak berbahan kayu untuk pot berukuran besar

Rak berbahan kayu untuk pot berukuran besar
Produk berbahan kayu memiliki ketahanan yang tinggi. Anda dapat menggunakannya untuk meletakkan pot yang berat dan berukuran besar. Bahkan bila tanaman Anda setinggi lutut orang dewasa, Anda bisa dengan tenang memajangnya di rak berbahan kayu. Selain itu, produk berbahan kayu akan tetap stabil meski ditaruh pot berukuran besar. Namun, rak dari rotan tidak sekuat kayu lainnya. Kami sarankan agar Anda meletakkan pot berukuran sedang saja pada rak berbahan rotan.

Rak berbahan plastik untuk pot berukuran kecil

Rak berbahan plastik untuk pot berukuran kecil
Material plastik memiliki ketahanan paling rendah dibanding kedua bahan lainnya. Hal tersebut membuatnya cocok Anda gunakan untuk meletakkan pot berukuran kecil saja. Anda dapat menata pot tanaman yang kecil dengan jumlah cukup banyak tanpa takut merusak rak bunga. Bila Anda meletakkan pot tanaman berukuran besar, bisa saja rak bunga akan bengkok atau rusak. Jadi, pertimbangkanlah dengan baik ukuran dan banyaknya pot yang hendak ditata.

Pilih ukuran produk berdasarkan tempat peletakannya

Penting bagi Anda untuk memilih ukuran rak bunga yang sesuai dengan ruangan Anda. Rak bunga juga memiliki lebar yang berbeda-beda. Maka dari itu, pilihlah ukuran rak bunga yang sesuai setelah mempertimbangkan dengan lokasi penempatannya.

Rak tipe flat untuk tempat yang sempit seperti beranda

Rak tipe flat untuk tempat yang sempit seperti beranda
Tipe rak bunga yang flat dan tidak lebar sangat nyaman digunakan karena ringkas. Pilihlah rak bunga seramping mungkin sehingga dapat ditempatkan di area sempit seperti beranda apartemen atau ruangan yang sempit.

Rak bertingkat yang lebar untuk kesan lebih bervolume

Rak bertingkat yang lebar untuk kesan lebih bervolume
Anda ingin menciptakan kesan bervolume pada dekorasi pot tanaman? Pilihlah rak dengan desain bertingkat seperti tangga. Anda dapat meletakkan tanaman yang besar pada bagian bawah dan pot yang lebih kecil pada bagian atas. Dengan demikian, dekorasi ini akan menciptakan volume yang terlihat menarik. Jika Anda memiliki ruang yang cukup luas, tipe rak bunga seperti ini adalah pilihan terbaik.

10 Rekomendasi rak bunga terbaik

Selanjutnya kami akan memberikan rekomendasi rak bunga terbaik yang dapat mempercantik rumah Anda. Simak terus dan temukan rak bunga yang paling cocok untuk Anda!
BahanPlastik
Ukuran51,2 cm × 64,2 cm × 90,3 cm
Tingkat3 tingkat
BahanKayu akasia solid
Ukuran45 cm × 29 cm × 116 cm
Tingkat3 tingkat
BahanBesi
Ukuran30 cm × 30 cm × 35 cm
Tingkat1 tingkat
BahanBesi
Ukuran60 cm × 35 cm × 148 cm
Tingkat4 tingkat
BahanKayu birch/beech solid dan fibreboard
Ukuran74 cm × 32 cm × 68 cm
Tingkat2 tingkat
BahanBesi
Ukuran50 cm × 15 cm
Tingkat3 tingkat
BahanBaja
Ukuran70 cm × 23 cm × 53 cm
Tingkat3 tingkat
BahanBesi, baja
Ukuran50 cm × 82 cm
Tingkat4 tingkat
BahanKayu pinus solid
UkuranTidak disebutkan
Tingkat4 tingkat

1. Rak Bunga 5 Tingkat

Rp 741.000,00

BahanBambu
Ukuran38 cm × 26 cm × 94 cm
Tingkat5 tingkat

Baca juga rekomendasi pupuk dan vas bunga di sini

Agar bunga semakin indah, Anda perlu memberinya pupuk yang tepat. Selain itu, dengan menggunakan vas bunga keindahan bunga dan interior ruangan pun akan semakin menonjol. Anda bisa mengetahui lebih lanjut mengenai cara memilih dan rekomendasi seluruh produk tersebut dengan membacanya di sini.

Kesimpulan

Sebelum memilih material dan desain dari rak bunga, pastikan terlebih dahulu jumlah pot tanaman yang akan Anda tempatkan. Kemudian, pilihlah material yang sesuai dengan penempatannya. Agar tampilannya lebih menarik, Anda juga harus memperhatikan desainnya secara keseluruhan.
Apakah penjelasan dari kami sudah cukup membantu? Semoga Anda dapat menemukan rak bunga yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kasur Matras Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kasur Matras Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pernahkah Anda merasa lelah, sakit kepala, pegal, atau mood Anda jelek saat bangun tidur? Hal ini bisa terjadi karena Anda salah memilih kasur, sehingga tidur Anda tidak berkualitas. Saat ini banyak produk kasur matras yang dijual dari berbagai produsen seperti Uniland, Elite, Comforta, Inoac dan sebagainya dengan berbagai keunggulan.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih kasur matras yang biasa dipakai sehari-hari di rumah. Kami juga akan merekomendasikan kasur yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Mari ikuti ulasan kami, agar Anda tidak salah pilih!
    Interior, furnitur
    11.870 Views
  • 10 Rekomendasi Wallpaper Dinding Terbaik (Terbaru 2020)
    10 Rekomendasi Wallpaper Dinding Terbaik (Terbaru 2020)
    Menyulap tampilan dinding menjadi baru memang sedikit merepotkan. Namun, kini tersedia alternatif yang praktis dan cukup terjangkau untuk mengubah tampilan dinding sesuai keinginan Anda. Untuk Anda yang mudah bosan dengan desain ruangan yang itu-itu saja, tak ada salahnya mencoba wallpaper sticker.Sekarang, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi wallpaper dinding dengan berbagai motif, seperti motif kayu, pemandangan alam, dan sebagainya. Sebelumnya kami juga akan membagi tips cara memilih wallpaper dinding. Bagi Anda yang sedang mencari wallpaper dinding, silakan simak artikel berikut, ya!
    Interior, furnitur
    5.464 Views
  • 10 Rekomendasi Bingkai Foto Terbaik untuk Dipajang di Dinding (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bingkai Foto Terbaik untuk Dipajang di Dinding (Terbaru Tahun 2020)
    Foto yang memiliki kenangan khusus, foto di acara tertentu, atau kartu pos bergambar dari cucu pasti akan terasa sayang jika hanya disimpan begitu saja. Tentu ada keinginan untuk memajangnya di ruangan dengan bingkai khusus agar kenangan yang indah dapat terus dinikmati, bukan?Masalahnya, dengan banyaknya jenis, desain, dan harga dari bingkai foto yang dijual di pasaran terkadang membuat bingung ketika Anda hendak membelinya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih bingkai foto dan memberikan rekomendasi produk bingkai foto untuk dipajang di dinding. Silakan disimak dan pilih yang paling Anda suka!
    Interior, furnitur
    4.260 Views
  • 10 Rekomendasi Karpet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Karpet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah ruangan di rumah Anda menggunakan karpet? Nah, coba perhatikan, pasti suasana ruangan Anda menjadi berbeda dengan adanya karpet. Hal tersebut dikarenakan karpet merupakan salah satu elemen dekorasi yang dapat mendukung tampilan interior.Namun, jangan asal meletakkan karpet di ruangan. Ukuran, motif, bahan karpet, dan lainnya akan memengaruhi suasana ruangan Anda. Tips memilih karpet beserta rekomendasi produk-produk terbaik dari merek seperti IKEA akan kami ulas di artikel ini. Penasaran? Yuk, baca informasi selengkapnya.
    Interior, furnitur
    3.632 Views
  • 10 Rekomendasi Partisi Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Partisi Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Partisi atau sekat ruangan berperan penting dalam melengkapi interior rumah. Dewasa ini, kebutuhan akan partisi ruangan untuk kebutuhan fungsional maupun dekorasi semakin meningkat. Hebatnya, Anda tidak harus selalu pergi ke toko fisik karena membeli partisi ruangan saat ini dapat dilakukan melalui toko online!Namun, banyaknya model partisi ruangan bisa saja membuat Anda bingung memilih. Oleh karena itu, kami akan membahas poin penting dalam memilih partisi ruangan. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik, termasuk keluaran IKEA, iDekoru, dan iFurnholic dalam artikel ini. Yuk, temukan partisi sesuai kebutuhan gaya interior Anda!
    Interior, furnitur
    2.915 Views
  • 10 Rekomendasi Tempat Penyimpanan Barang Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tempat Penyimpanan Barang Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2020)
    Supaya rumah lebih rapi, Anda membutuhkan tempat penyimpan barang untuk meletakkan berbagai benda di rumah. Namun, pastikan Anda memilih tempat penyimpanan yang tepat agar rumah tidak terasa sempit, terlebih jika Anda tinggal seorang diri di rumah yang ukurannya terbatas.Artikel ini mengulas berbagai poin penting dari tempat penyimpan barang untuk Anda yang tinggal sendiri. Anda dapat memilih produk dengan kapasitas cukup besar, tetapi tidak menghabiskan banyak ruang. Setelahnya, terdapat rekomendasi produk terbaik dari merek IKEA, Olymplast, dan sebagainya. Selamat membaca!
    Interior, furnitur
    583 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori