10 Rekomendasi Rak Bunga Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Rak Bunga Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Untuk Anda yang menyukai tanaman bunga, Anda dapat menatanya lebih rapi menggunakan rak bunga. Tak hanya untuk menata tanaman Anda, rak bunga dapat dijadikan dekorasi untuk meningkatkan tampilan interior rumah Anda. Namun, karena rak bunga hadir dalam berbagai material, seperti kayu, besi, dan plastik, serta desain yang beragam, mungkin Anda akan sedikit kesulitan dalam memilihnya.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih rak bunga dan memberikan rekomendasi rak bunga terbaik untuk Anda. Dengan mengetahui hal ini, Anda akan lebih mudah menentukan mana rak bunga yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat membaca!

Daftar isi

Apa itu rak bunga?

Apa itu rak bunga?

Rak bunga digunakan untuk menata pot tanaman bunga Anda agar terlihat lebih rapi. Selain disebut sebagai rak bunga, ada juga yang menyebutnya sebagai flower stand atau rak tanaman, tetapi semuanya sama karena mengacu pada tempat untuk meletakkan pot tanaman.

Material seperti besi, kayu (termasuk rotan), atau plastik adalah material yang sering digunakan untuk membuat rak bunga. Seluruh material tersebut memiliki kelebihan, tampilan, dan tekstur yang berbeda-beda. Material selain rotan dapat Anda gunakan di dalam dan di luar ruangan, seperti di beranda atau di taman rumah Anda.

Cara memilih rak bunga

Ketika memilih rak bunga, Anda akan melihat perbedaannya berdasarkan material yang Anda pilih. Anda perlu mengingat bahwa setiap material memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Berikut penjelasan tentang masing-masing material.

Pilih berdasarkan tampilan dan keawetan setiap material

Material yang digunakan untuk rak bunga adalah besi, kayu, atau plastik. Ketiganya memiliki tampilan dan ketahanan yang berbeda, karena itu Anda harus mengetahui fungsinya masing-masing agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan Anda.

Rak besi untuk kesan yang stylish dan tahan lama

Rak besi untuk kesan yang stylish dan tahan lama

Rak bunga dari besi memiliki desain yang kokoh dan kuat. Biasanya rak bunga dari besi juga memiliki berbagai ukiran unik seperti bentuk bunga atau buah menggunakan besi tipis sehingga terlihat lebih menarik. Desain ini memberikan kesan gaya barat dan dapat menjadi pilihan yang lebih stylish dibanding material lainnya.

Di sisi lain, ada pula banyak rak bunga berdesain sederhana yang dapat Anda pilih sesuai preferensi Anda. Keuntungan rak bunga dari material ini adalah tidak mudah rusak sekalipun telah digunakan dalam waktu lama. Material besi juga lebih stabil jika Anda gunakan untuk meletakkan lebih banyak pot tanaman.

Kekurangannya, besi lebih mudah berkarat terutama jika ditempatkan di luar ruangan dan sering terkena hujan. Rak dari besi juga berat dan mudah menggores lantai keramik, karena itu Anda harus lebih berhati-hati saat menggunakannya di dalam ruangan. Berhubung bobotnya yang berat tadi, pikirkanlah masak-masak lokasi penempatannya karena akan sulit dipindahkan lagi saat Anda sudah meletakkannya pada suatu tempat.

Rak kayu untuk kesan yang lebih natural

Rak kayu untuk kesan yang lebih natural

Rak bunga dari material kayu cocok untuk menyimpan tanaman apa saja karena memiliki desain yang lebih sederhana dibanding rak berbahan besi. Selain itu, bahan dari kayu memiliki tekstur yang alami. Rak bunga dari kayu juga cocok untuk digunakan di dalam dan luar ruangan. Harmoni yang tercipta dari bahan kayu dan bunga yang cantik akan memberikan efek yang menenangkan.

Rak bunga yang terbuat dari kayu cocok untuk Anda yang menyukai ruangan bernuansa lembut atau ketika Anda ingin menciptakan interior yang natural. Material ini juga menarik untuk digunakan karena Anda tidak perlu memikirkan tipe dan warna bunga yang sesuai. Untuk Anda yang menyukai ruangan bernuansa Asia, material dari kayu rotan sangat pas untuk melengkapi dekorasi rumah Anda.

Di sisi lain, material ini mudah rusak bila diletakkan di luar ruangan dalam waktu lama dan sulit dibersihkan saat kotor. Bila ditempatkan di tempat yang lembap, rak akan mudah berjamur dan tidak mudah kering bila sampai basah. Namun, Anda tetap dapat menggunakan rak bunga dari kayu ini di luar ruangan. Untuk material rotan, sebaiknya digunakan di dalam ruangan saja.

Rak plastik yang ringan dan mudah dipindahkan

Rak plastik yang ringan dan mudah dipindahkan

Material dari plastik lebih pas digunakan untuk menyusun tanaman kecil. Plastik juga memiliki harga yang lebih terjangkau sehingga cocok untuk Anda yang ingin menghemat budget. Kemudian, plastik memiliki bobot yang ringan sehingga dapat Anda pindahkan dengan mudah saat ingin mendekorasi ulang ruangan.

Keuntungan dari plastik adalah mudah dicuci dan dibersihkan. Bobot yang lebih ringan daripada besi dan kayu juga akan memudahkan Anda untuk memindahkannya. Kekurangannya, bahan plastik tidak cukup kuat untuk menahan pot tanaman berukuran besar atau berjumlah banyak. Kualitasnya pun akan cepat menurun, terutama jika Anda letakkan di luar ruangan dan sering terkena cahaya matahari langsung. Rak ini akan mudah terkelupas atau patah bila digunakan dalam waktu lama.

Pilihlah bahan rak bunga yang sesuai dengan jenis pot

Selain kelebihan dan kekurangan dari setiap material, Anda juga harus menyesuaikan besar pot yang cocok dengan setiap material. Tentukan material yang akan Anda pilih sesuai tampilan yang Anda inginkan, besar dan berat pot tanaman milik Anda, serta layout yang Anda inginkan agar seluruhnya terlihat lebih serasi.

Rak berbahan besi untuk pot berukuran sedang

Rak berbahan besi untuk pot berukuran sedang

Rak bunga dari besi memang memiliki bobot yang paling berat daripada bahan lainnya, tetapi sebaiknya Anda menggunakannya untuk menyimpan pot berukuran sedang saja. Berhubung rak dari bahan ini dapat menahan bobot sampai batas tertentu, Anda dapat meletakkan pot yang berat dengan yakin di atasnya.

Namun, perlu Anda ingat untuk tidak meletakkan pot yang terlalu berat atau terlalu besar melebihi rangka besinya sebab dapat menyebabkan rangkanya menjadi bengkok. Agar rak bunga besi Anda tetap dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama tanpa cacat, jangan letakkan pot yang terlalu berat.

Rak berbahan kayu untuk pot berukuran besar

Rak berbahan kayu untuk pot berukuran besar

Material kayu memiliki ketahanan yang tinggi dan dapat Anda gunakan untuk meletakkan pot yang berat dan berukuran besar. Aman bagi Anda untuk merangkai pot tanaman pada rak kayu dengan tinggi selutut orang dewasa. Kayu akan menstabilkan pot dengan baik bahkan bila Anda meletakkan pot yang besar. Namun, untuk rak dari rotan yang tidak sekuat kayu lain, kami sarankan agar Anda meletakkan pot berukuran sedang saja.

Rak berbahan plastik untuk pot berukuran kecil

Rak berbahan plastik untuk pot berukuran kecil

Material plastik memiliki ketahanan paling rendah dibanding kedua bahan lainnya sehingga cocok untuk Anda gunakan meletakkan pot berukuran kecil saja. Anda dapat menata pot tanaman yang kecil dengan jumlah cukup banyak tanpa harus takut merusak rak bunga. Jika Anda khawatir rak bunga akan bengkok atau rusak saat Anda gunakan menyimpan pot tanaman berukuran besar, cobalah menyusun dengan saksama sesuai kekuatan rak plastik Anda.

Sesuaikan ukuran dengan tempat meletakkan rak bunga

Penting bagi Anda untuk memilih ukuran rak bunga yang sesuai dengan ruangan Anda. Rak bunga juga memiliki lebar yang berbeda-beda. Karena itu, pilihlah ukuran rak bunga yang sesuai setelah mempertimbangkannya dengan ukuran ruangan Anda.

Rak tipe flat untuk tempat yang sempit seperti beranda

Rak tipe flat untuk tempat yang sempit seperti beranda

Tipe rak bunga yang flat dan tidak lebar sangat nyaman digunakan karena ringkas. Pilihlah rak bunga seramping mungkin sehingga dapat ditempatkan di area sempit seperti beranda apartemen atau ruangan yang sempit.

Rak bertingkat yang lebar untuk kesan lebih bervolume

Rak bertingkat yang lebar untuk kesan lebih bervolume

Ketika Anda ingin menciptakan kesan bervolume pada dekorasi pot tanaman Anda, pilihlah rak dengan desain bertingkat seperti tangga. Anda dapat meletakkan tanaman yang besar pada bagian bawah dan pot yang lebih kecil pada bagian atas. Dengan demikian, dekorasi ini akan menciptakan volume yang terlihat menarik. Ketika Anda memiliki ruang yang cukup luas, tipe rak bunga seperti ini adalah pilihan terbaik.

10 Rekomendasi rak bunga terbaik

Selanjutnya kami akan memberikan rekomendasi rak bunga terbaik untuk Anda yang dapat mempercantik rumah Anda. Simak terus ya!

10. Clover Rak Tanaman Plastik

10. Clover Rak Tanaman Plastik

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 397.000

Tampilan natural seperti kayu tanpa perlu takut akan berjamur!

Anda menyukai tanaman-tanaman kecil seperti sukulen, bonsai, atau tanaman bunga-bungaan lainnya? Tata tanaman-tanaman favorit Anda dengan rak bunga berbahan plastik ini. Rak ini memiliki 3 tingkat dengan ukuran 51,2 x 64,2 x 90,3 cm sehingga Anda dapat menyusun lebih banyak pot berukuran kecil tanpa takut rak tersebut patah.

Meskipun terbuat dari plastik, warna cokelat dari rak ini akan membuatnya terlihat dibuat dari bahan kayu yang menimbulkan kesan natural dan hangat pada ruangan Anda. Rak ini cocok bagi Anda yang menyukai perabot beraksen kayu, tetapi mudah dibersihkan tanpa harus takut akan berjamur seperti kayu asli.

9. IKEA Askholmen

9. IKEA Askholmen

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 499.000

Yuk, percantik sudut ruangan dengan nuansa natural!

Tidak banyak orang berpikir untuk mendekorasi sudut ruangan karena alasan sempit dan sulit didekorasi. Agar sudut ruangan Anda lebih bermanfaat, Anda dapat memilih furnitur yang memang khusus dirancang untuk memenuhi sudut dengan maksimal seperti rak bunga dari IKEA ini.

Bentuk rak yang sederhana pas untuk Anda yang tidak memiliki terlalu banyak tanaman, tetapi ingin tetap menampilkan nuansa hijau di rumah. Anda dapat meletakkan beberapa pot tanaman kecil pada tingkatan rak yang ada. Kesan natural yang hangat dapat Anda hadirkan dengan rak yang terbuat dari kayu akasia tersebut.

8. ONXO 3 Tier Plant Stand

8. ONXO 3 Tier Plant Stand

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.865.000

Jadikan teras Anda lebih menarik dengan rak bervolume

Jika Anda memiliki teras yang luas, Anda dapat menghiasnya dengan rak bunga bertingkat seperti produk pilihan kami satu ini agar tampak lebih bervolume. Rak bertingkat dengan perbedaan volume ini akan menghasilkan kesan yang lebih penuh pada teras Anda. Warna hitamnya juga akan membuat nuansa klasik elegan yang kental.

Dengan model ini, Anda dapat memanfaatkan area sudut teras rumah Anda agar lebih cantik dan menarik. Ornamen ukiran pada rak bunga akan menambah semarak tanpa membuatnya terlihat berlebihan. Meski harganya cukup mahal, Anda tidak akan menyesal membelinya karena produk ini akan meningkatkan tampilan tanaman hias Anda semakin cantik dalam sekejap.

7. IKEA Lerberg

7. IKEA Lerberg

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 311.000

Ingin rak bervolume, tetapi tetap slim? Produk inilah jawabannya!

Area yang kurang luas terkadang menjadi masalah bagi Anda yang hobi mengoleksi tanaman. Agar pot-pot tanaman Anda dapat tertata rapi di tempat sempit, rak susun slim dari IKEA ini kami rekomendasikan untuk Anda. Rak yang sanggup menahan beban sampai 10 kg ini pas sekali untuk Anda yang memiliki cukup banyak koleksi tanaman.

Meski lebar setiap tingkatnya berbeda, rak ini tetap slim sehingga Anda dapat menata letak besar dan kecilnya pot sesuka hati. Hal yang lebih menarik, rak ini juga dapat Anda gunakan sebagai rak untuk menyimpan barang-barang, tidak hanya pot tanaman. Berhubung rak dari baja ini dilapisi epoxy, Anda dapat meletakkannya di luar ruangan tanpa takut berkarat.

6. IKEA Lantliv

6. IKEA Lantliv

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 769.000

Hadirkan kesan elegan minimalis yang cantik di ruangan Anda!

Jika Anda ingin menambahkan aksen hijau dan natural di dalam rumah Anda, rak bunga yang terbuat dari kayu beech ini sangat cocok untuk Anda. Warna putihnya juga akan membuat tampilan rumah Anda semakin elegan, cocok untuk Anda yang memiliki ruangan bergaya minimalis.

Rak bunga yang hanya memiliki tinggi 68 cm ini juga dapat Anda gunakan sebagai meja samping untuk meletakkan buku-buku atau dekorasi ruangan lainnya. Di sisi lain, warna putihnya yang netral juga membuat rak ini cocok untuk Anda gunakan menyimpan bunga atau tanaman dengan berbagai warna.

5. Rak Bunga Lipat

5. Rak Bunga Lipat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 398.000

Ukuran kecilnya memudahkan Anda menyimpannya di mana saja

Pesta kebun atau acara di luar ruangan lainnya akan lebih menarik dengan dekorasi senada yang cantik. Anda dapat menggunakan rak bunga ini untuk menata bunga-bunga favorit Anda dalam pot kecil berisi bunga warna-warni, bonsai, atau sukulen sebagai dekorasi. Rak yang terbuat dari kayu akan membuat kesan dekorasi yang alami.

Selain itu, rak ini praktis karena dapat Anda lipat dan simpan jika sudah tidak digunakan. Panjang rak yang hanya 34 cm juga akan membuat Anda mudah meletakkannya di sisi-sisi yang kosong pada ruangan Anda dengan nuansa alam. Karena itu, rak ini kami rekomendasikan untuk Anda yang membutuhkan rak berukuran kecil dan dapat ditaruh di mana saja.

4. IKEA PS 2014

4. IKEA PS 2014

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 264.900

Desain melayang akan memberi kesan area terlihat lebih luas!

Anda yang tinggal di hunian bertingkat, seperti rusun atau apartemen, pastinya memiliki ruang yang sangat terbatas untuk menata tanaman. Namun, hal tersebut tidak menjadi hambatan untuk Anda. Agar Anda tetap dapat menanam bunga favorit Anda di hunian bertingkat, kami rekomendasikan rak bunga sederhana yang berukuran 70 x 23 x 53 cm ini.

Rak tanaman tersebut dapat Anda gunakan untuk menata 3 pot tanaman berdiameter 21 cm. Desain yang minimalis dan terkesan melayang ini akan membuat kesan area yang tidak sempit di balkon Anda, cocok untuk Anda yang tinggal di apartemen. Bagian bawah rak juga sudah dilapisi karet sehingga tidak akan menggores lantai keramik Anda.

3. Rak Bunga 4 Tingkat

3. Rak Bunga 4 Tingkat

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 968.000

Hadirkan ruangan bergaya Eropa pada ruangan Anda

Rak bunga satu ini kami rekomendasikan untuk Anda yang mencintai gaya klasik dan ingin menghadirkan nuansa Eropa pada ruangan Anda. Meskipun terbuat dari material besi, rak ini telah diberikan lapisan antikarat sehingga dapat Anda tempatkan juga di luar ruangan seperti di taman atau teras rumah Anda.

Aksen lengkungan serta ornamen berbentuk hati dari rak ini akan menambah keindahannya. Desainnya pun unik karena dibuat bertingkat pada jarak dan tinggi berbeda sehingga tidak terlihat membosankan. Kemudian, Anda dapat menyimpan 4 buah pot dengan total bobot hingga 20 kg di atas rak bunga ini dengan tenang karena besinya yang kuat.

2. Bamboo Wooden Plant Stand

2. Bamboo Wooden Plant Stand

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 757.000

Lebih dinamis dengan pot bertingkat yang berbeda ketinggian

Sebagai pencinta tanaman, pastinya Anda memiliki banyak koleksi tanaman dan bunga favorit Anda. Untuk menata tanaman dan bunga-bunga Anda itu, kami rekomendasikan rak berbahan bambu ini. Rak ini memiliki lebih banyak ruang untuk meletakkan tanaman hias Anda dengan lebih fleksibel.

Perbedaan ketinggian pada rak-rak ini membuat tampilan yang lebih dinamis sehingga cocok untuk Anda yang memiliki banyak tanaman bunga dan mencari rak bunga dengan desain yang lain dari biasanya. Susunan ini akan membantu Anda menata pot tanaman dari yang kecil sampai yang besar dengan lebih menarik.

1. Rak Bunga Modern Minimalis

1. Rak Bunga Modern Minimalis

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 492.210

Rapi nan cantik dengan rak modern minimalis

Untuk Anda yang memiliki rumah dengan tema minimalis, rak satu ini dapat menjadi inspirasi rak bunga di rumah. Model bertingkat unik dari rak ini cocok bagi Anda yang ingin menghadirkan kesan ruangan yang modern. Bagian bawah rak ini juga tidak akan membuat lantai Anda lecet dan ketinggiannya pun dapat diatur.

Rak ini dilengkapi dengan kotak yang dapat dipindahkan untuk menempatkan pot tanaman atau berbagai barang lainnya seperti buku. Rak ini lebih cocok dipadukan dengan pot tanaman yang memanjang. Lalu, bila Anda tidak ingin menggunakan salah satu tingkatannya, Anda tinggal melipat bagian tersebut.

Kesimpulan

Sebelum memilih material dan desain dari rak bunga, pastikan terlebih dahulu jumlah pot tanaman yang akan Anda tempatkan di dalam rak bunga tersebut. Kemudian, pilihlah material yang sesuai dengan penempatannya. Agar tampilannya lebih menarik, Anda juga harus memperhatikan desainnya secara keseluruhan.

Apakah penjelasan dari kami sudah cukup membantu? Semoga Anda dapat menemukan rak bunga yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat memilih!