• 10 Rekomendasi Rak Bunga Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Rak Bunga Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Rak Bunga Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Rak Bunga Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Rak Bunga Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Rak Bunga Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Selain berguna menjadi tempat untuk meletakkan tanaman, rak bunga juga dapat meningkatkan estetika sebuah rumah. Dengan rak bunga, Anda bisa menaruh berbagai macam tanaman dengan lebih rapi. Namun, banyaknya model rak bunga pastinya membuat Anda kesulitan dalam memilih, bukan?


Melalui informasi di bawah ini, kami akan membantu Anda menemukan rak bunga yang tepat. Ada yang terbuat dari kayu, besi, serta rak bunga dengan desain yang stylish dan minimalis. Jangan lupa, cek juga rekomendasi produknya dan temukan berbagai merek rak bunga, seperti IKEA, Mendekor, dan Uwitan. Yuk, mari hias rumah Anda menjadi lebih indah dengan rak bunga pilihan!

  • Pembaharuan terakhir: 26 November 2020
  • 119.747 Views
Daftar isi

Apa itu rak bunga?

Apa itu rak bunga?
Rak bunga digunakan untuk menata pot tanaman agar terlihat lebih rapi. Selain disebut sebagai rak bunga, ada juga yang menyebutnya sebagai flower stand atau rak tanaman. Meskipun begitu, semuanya memiliki arti sama yang mengacu pada tempat untuk meletakkan pot tanaman.

Material seperti besi, plastik, kayu, ataupun rotan paling banyak digunakan untuk rak bunga. Seluruh material tersebut tentunya memiliki ciri khas, tampilan, dan tekstur yang berbeda-beda. Selain rotan, semua material tersebut dapat digunakan, baik di dalam rumah maupun di luar ruangan seperti beranda atau taman.

Cara memilih rak bunga

Saat memilih rak bunga, Anda akan menemukan berbagai perbedaan berdasarkan material yang digunakan. Setiap material pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu, pastikan untuk memilih rak bunga yang sesuai kebutuhan Anda.

Pilih berdasarkan tampilan dan ketahanan materialnya

Sebagian besar material yang digunakan untuk rak bunga adalah besi, kayu, atau plastik. Ketiganya memiliki tampilan dan ketahanan yang berbeda. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui masing-masing fungsinya agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Rak besi, tampilannya stylish dan lebih tahan lama

Rak besi, tampilannya stylish dan lebih tahan lama
Rak bunga dari besi memiliki kelebihan akan desainnya yang stylish dan kukuh. Banyak dari rak besi yang memiliki tampilan unik, seperti yang didesain menyerupai tanaman rambat dan sebagainya. Rak bunga dari besi biasanya terlihat paling menonjol di toko furnitur atau perlengkapan rumah tangga. Selain memiliki kesan gaya Barat yang kuat, rak dari besi terlihat lebih stylish dibanding material lainnya.

Di sisi lain, banyak pula rak bunga dari besi yang berdesain sederhana layaknya rak besi pada umumnya. Ya, rak besi memang menawarkan berbagai macam model rak, dari yang paling simpel sampai yang detail. Dengan begitu, Anda dapat mudah menentukan pilihan sesuai selera.


Keuntungan rak bunga dari besi adalah tidak mudah rusak walaupun digunakan dalam waktu yang lama. Material besi juga dikenal lebih stabil dan kukuh untuk menopang banyak pot tanaman. Kekurangannya, material besi lebih mudah berkarat apabila ditempatkan di luar ruangan yang berisiko terkena air hujan.


Rak dari besi juga memiliki bobot yang berat sehingga mudah menggores lantai rumah Anda. Itulah sebabnya Anda harus lebih berhati-hati saat menaruhnya di dalam ruangan. Selain itu, rak bermaterial besi juga susah untuk dipindahkan saat sudah berisi tanaman. Jadi, jika harus mengubah posisinya, Anda akan lebih repot untuk menatanya kembali.

Rak kayu, memberi kesan yang lebih natural

Rak kayu, memberi kesan yang lebih natural
Rak bunga dari material kayu cocok digunakan untuk jenis tanaman apa saja. Secara desain, rak ini memang lebih sederhana dibandingkan rak bermaterial besi. Namun, rak dari kayu memberikan kesan yang lebih natural. Rak kayu juga cocok digunakan di dalam ataupun luar ruangan. Tidak hanya itu, kehangatan material kayu yang berpadu dengan bunga indah akan menciptakan harmoni yang memberikan efek menenangkan.

Rak bunga berbahan kayu cocok untuk Anda yang menyukai ruangan bernuansa hangat atau ruangan dengan sentuhan natural. Material ini menarik untuk digunakan karena pas dengan tipe dan warna bunga apa pun. Untuk Anda yang menyukai ruangan bernuansa Asia, material rak dari kayu rotan sangat cocok untuk dipilih.


Kekurangan dari material ini adalah mudah rusak apabila diletakkan di luar ruangan dalam waktu lama dan sulit dibersihkan. Bila diletakkan di tempat yang lembap, rak bisa berjamur dan tidak mudah kering ketika basah. Untuk rak bunga dari kayu, Anda dapat menaruhnya di luar ruangan. Namun, untuk rak bermaterial rotan, sebaiknya ditaruh di dalam ruangan saja.

Rak plastik, ringan dan lebih mudah dipindahkan

Rak plastik, ringan dan lebih mudah dipindahkan
Rak bunga yang terbuat dari plastik lebih pas digunakan untuk tanaman kecil. Produk berbahan plastik juga lebih terjangkau harganya sehingga cocok untuk Anda yang ingin menghemat bujet. Di samping itu, plastik memiliki bobot yang ringan. Anda pun dapat mudah memindahkan rak yang sudah terisi tanaman dan mengubah-ubah posisinya.

Keuntungan lain dari produk berbahan plastik adalah mudah dicuci dan dibersihkan. Sementara itu, kekurangannya adalah tidak cukup kuat untuk menahan pot tanaman yang besar atau berjumlah banyak. Kualitasnya pun akan cepat menurun, terutama jika Anda letakkan di luar ruangan yang sering terkena cahaya matahari langsung. Rak ini juga mudah mengelupas atau patah bila digunakan dalam waktu lama.

Sesuaikan material rak dengan tipe pot milik Anda

Selain kelebihan dan kekurangan setiap material, Anda juga harus menyesuaikan material rak dengan tipe pot yang akan diletakkan. Pilih material rak yang sesuai dengan ukuran, berat, serta cara penyusunan potnya. Dari situ, pilih yang kira-kira sesuai dengan bayangan Anda.

Rak bermaterial besi untuk pot berukuran sedang

Rak bermaterial besi untuk pot berukuran sedang
Ada material rak bunga yang cocok untuk pot berbobot berat dan ada juga yang tidak. Untuk rak bunga bermaterial besi, pot berukuran sedang adalah pasangan yang tepat. Rak bermaterial besi dapat menahan bobot sampai batas tertentu. Jadi, jika Anda ingin meletakkan pot yang sedikit lebih besar dan berat, pilihlah rak ini.

Namun, Anda perlu berhati-hati untuk tidak meletakkan pot yang terlalu berat atau terlalu besar melebihi rangka besinya. Hal tersebut dapat berisiko menyebabkan rangkanya menjadi bengkok.

Rak bermaterial kayu untuk pot berukuran sedang sampai besar

Rak bermaterial kayu untuk pot berukuran sedang sampai besar
Rak bermaterial kayu memiliki ketahanan yang cukup tinggi. Anda dapat menggunakannya untuk meletakkan pot yang cukup berat atau berukuran besar. Tanaman setinggi lutut orang dewasa pun bahkan dapat Anda pajang di rak bermaterial kayu ini.

Kelebihan dari material kayu ini memang terdapat pada kestabilannya yang bisa menampung tanaman berukuran besar. Namun, perlu diingat bahwa rak dari rotan tidak sekuat kayu lainnya, ya. Oleh karena itu, kami sarankan Anda untuk meletakkan pot berukuran sedang saja pada rak berbahan rotan.

Rak bermaterial plastik untuk pot berukuran kecil

Rak bermaterial plastik untuk pot berukuran kecil
Material plastik memiliki ketahanan paling rendah dibandingkan kedua material lainnya. Namun, rak ini memiliki bobot yang cukup ringan dan harganya lebih terjangkau. Oleh karena itu, rak tipe ini lebih cocok Anda manfaatkan untuk meletakkan pot berukuran kecil.

Jika ingin menata pot berukuran kecil, Anda mungkin tidak perlu khawatir menaruh jumlah yang cukup banyak. Namun, jika Anda meletakkan pot tanaman berukuran besar, hal itu bisa menyebabkan rak menjadi bengkok atau rusak. Jadi, untuk rak dari material plastik, sebaiknya tatalah pot Anda dengan susunan yang lebih ringkas.

Pilih ukuran rak bunga berdasarkan tempat peletakannya

Selanjutnya, penting juga bagi Anda untuk memilih ukuran rak bunga sesuai dengan ruangan yang ada. Rak bunga tentunya hadir dengan pilihan ukuran yang berbeda-beda. Maka dari itu, pilihlah ukuran rak bunga yang sesuai dengan ruang yang tersedia.

Rak yang ramping untuk ruangan yang sempit

Rak yang ramping untuk ruangan yang sempit

Tipe rak bunga yang ramping dan tidak memakan banyak tempat sangatlah praktis karena ringkas saat digunakan. Pilihlah rak bunga seramping mungkin sehingga dapat ditempatkan di area sempit seperti beranda atau ruangan yang luasnya terbatas.

Rak melebar bertingkat untuk muatan yang lebih banyak

Rak melebar bertingkat untuk muatan yang lebih banyak
Apakah Anda ingin menata banyak pot agar dapat memberikan kesan lebih rimbun? Jika iya, rak bunga melebar yang bertingkat sangatlah direkomendasikan. Anda dapat menata tanaman dengan meletakkan pot yang kecil di bagian atas dan pot tanaman besar di bagian bawah. Hasilnya, rak Anda akan terlihat menarik karena tanaman tampak lebih rimbun. Jika Anda memiliki ruang yang cukup luas, tipe rak bunga seperti ini adalah pilihan terbaik.

10 Rekomendasi rak bunga terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi rak bunga terbaik yang dapat mempercantik rumah. Simak sampai habis dan temukan rak bunga yang paling menarik hati Anda!

10
MaterialTempered glass, logam
Ukuran100 cm x 175 cm x 36 cm
TipeRamping (5 tingkat)
Beban maksimal15 kg
Berat 26,22 kg
9
MaterialKayu jati belanda
Ukuran36 cm x 9 cm x 60 cm
TipeRamping, gantung (2 tingkat)
Beban maksimalTidak diketahui
Berat Tidak diketahui
8
MaterialPlastik
Ukuran45 cm x 55,5 cm x 50 cm
TipeBertingkat (3 tingkat)
Beban maksimalTidak diketahui
Berat 2,5 kg
7
MaterialKayu akasia solid
Ukuran45 cm × 29 cm × 116 cm
TipeRamping (3 tingkat)
Beban maksimalTidak diketahui
Berat 3,83 kg
6
MaterialBesi
Ukuran30 cm x 30 cm x 60 cm
TipeRamping
Beban maksimalTidak diketahui
Berat Tidak diketahui
5
MaterialPVC
Ukuran52 cm x 23 cm x 40 cm
TipeRamping (2 tingkat)
Beban maksimalTidak diketahui
Berat 1 kg
4
MaterialBesi, kayu
Ukuran30 cm x 11 cm x 14 cm
TipeRamping, gantung (1 tingkat)
Beban maksimalTidak diketahui
Berat Tidak diketahui
3
MaterialBambu, baja
Ukuran84 cm x 28 m x 70 cm
TipeRamping (2 tingkat)
Beban maksimal15 kg
Berat 4,50 kg
2

Catur Sentosa BerhasilAtria Rak Serbaguna Easy

Rp 249.000,00

MaterialMetal tube
Ukuran60 cm x 32 cm x 148 cm
TipeRamping (4 tingkat)
Beban maksimalTidak diketahui
Berat 10 kg
1
MaterialPine wood
Ukuran67 cm × 27 cm × 77 cm
TipeRamping (3 tingkat)
Beban maksimalTidak diketahui
Berat 38,675 kg

Tabel perbandingan produk rak bunga terbaik

Gambar produk
1
Uwitan Rak Miguna 3 Tingkat 1

Uwitan

2
 Catur Sentosa Berhasil Atria Rak Serbaguna Easy 1

Catur Sentosa Berhasil

3
IKEA Satsumas 1

IKEA

4
Mendekor Ganer (Ambalan) 1

Mendekor

5
AONEZ Rak Tanaman Hias PVC 1

AONEZ

6
GUNINCO Rak Besi Serbaguna  1

GUNINCO

7
IKEA Askholmen 1

IKEA

8
Clover Rak Tanaman 1

9
GUNINCO Amtali 2 Rak Dinding Gantung 1

GUNINCO

10
IKEA Vittsjö 1

IKEA

Nama produk

Rak Miguna 3 Tingkat

Atria Rak Serbaguna Easy

Satsumas

Ganer (Ambalan)

Rak Tanaman Hias PVC

Rak Besi Serbaguna

Askholmen

Clover Rak Tanaman

Amtali 2 Rak Dinding Gantung

Vittsjö

Keunggulan

Ada tiga tingkat rak, bisa memajang lebih banyak bunga!

Rak buku sekaligus rak bunga, makin asyik bersantai sambil membaca!

Mempercantik ruangan dengan rak elegan yang beda dari lainnya

Hadirkan suasana kafe di rumah dengan rak gantung berdesain unik

Desainnya sederhana dan cocok untuk berbagai gaya rumah

Rak serbaguna yang dapat disusun sesuai selera

Hiasi sudut ruangan dengan nuansa hangat dari kayu

Tampilan natural seperti kayu tanpa perlu takut akan berjamur

Desain melayangnya membuat ruangan terkesan lebih luas

Hadirkan gaya minimalis dalam ruangan Anda

HargaRp 480.000,00Rp 249.000,00Rp 799.000,00Rp 169.000,00Rp 200.000,00Rp 41.000,00Rp 399.000,00Rp 249.900,00Rp 42.000,00Rp 1.499.000,00
MaterialPine woodMetal tubeBambu, bajaBesi, kayuPVCBesiKayu akasia solidPlastikKayu jati belandaTempered glass, logam
Ukuran67 cm × 27 cm × 77 cm60 cm x 32 cm x 148 cm84 cm x 28 m x 70 cm30 cm x 11 cm x 14 cm52 cm x 23 cm x 40 cm30 cm x 30 cm x 60 cm45 cm × 29 cm × 116 cm45 cm x 55,5 cm x 50 cm36 cm x 9 cm x 60 cm100 cm x 175 cm x 36 cm
TipeRamping (3 tingkat)Ramping (4 tingkat)Ramping (2 tingkat)Ramping, gantung (1 tingkat)Ramping (2 tingkat)Ramping Ramping (3 tingkat)Bertingkat (3 tingkat)Ramping, gantung (2 tingkat)Ramping (5 tingkat)
Beban maksimalTidak diketahuiTidak diketahui15 kgTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahui15 kg
Berat 38,675 kg10 kg4,50 kgTidak diketahui1 kgTidak diketahui3,83 kg2,5 kgTidak diketahui26,22 kg
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan dekorasi tanaman lainnya di sini

Rak bunga dapat memberikan sentuhan yang berbeda pada rumah Anda. Namun, hal itu tidak akan lengkap tanpa tanaman ataupun pot yang tepat. Jika Anda masih mencari produk tanaman atau pot untuk mewarnai rak Anda, baca juga artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Apakah penjelasan dari kami sudah cukup membantu memberikan gambaran mengenai rak bunga? Sebelum memilih rak bunga, pastikan terlebih dahulu material dan ukuran raknya, serta jumlah pot tanaman yang akan Anda taruh.


Selain itu, perhatikan juga apakah tampilan keseluruhan dari rak bunga dan isinya sudah sesuai dengan bayangan yang Anda inginkan. Dengan begitu, keberadaaan rak bunga akan memberikan harmoni tersendiri yang membuat Anda merasa senang tiap melihatnya.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Lemari Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lemari Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lemari piring merupakan perabot rumah yang berguna untuk menyimpan peralatan dapur seperti piring, gelas, dan perabot kecil lainnya. Bahkan, beberapa lemari piring memiliki tempat yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan makanan. Di pasaran tersedia berbagai jenis lemari piring dengan bermacam bentuk dan ukuran. Lalu, lemari piring seperti apakah yang paling baik untuk Anda?Untuk memudahkan Anda menentukan pilihan, simak dulu beberapa poin penting dalam memilih lemari piring. Setelah itu, Anda dapat membandingkan produk-produk dalam daftar rekomendasi yang telah kami siapkan. Sudah siap untuk menyimak informasinya? Mari baca lebih lanjut!
    Tempat penyimpanan
    27.965 Views
  • 10 Rekomendasi Lemari Kaca Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lemari Kaca Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi Anda yang hobi mengoleksi barang, tentu akan membutuhkan lemari kaca sebagai tempat untuk memajangnya. Selain berfungsi untuk menyimpan barang kesayangan Anda, adanya lemari kaca juga dapat mempercantik tampilan ruangan Anda. Namun, lemari kaca seperti apakah yang cocok untuk barang koleksi Anda?Saat ini, Anda tidak perlu repot pergi ke toko furnitur karena sudah banyak lemari kaca yang bisa dipesan secara online. Produk IKEA, Olympic, Graver, dan sebagainya akan kami ulas di sini. Sebelumnya, kami akan menjelaskan cara memilih lemari kaca dan memberikan tips dalam menata barang di dalamnya agar tampak menarik. Yuk, disimak!
    Tempat penyimpanan
    13.209 Views
  • 10 Rekomendasi Rak Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rak Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Rak kayu sangat populer karena memiliki kesan hangat dan bisa dipadukan dengan hampir semua interior ruangan. Rak kayu sendiri terbagi menjadi bermacam-macam jenis. Ada produk minimalis sekaligus compact, bisa dijadikan partisi ruangan, bisa digabungkan, atau rak dengan desain yang unik.Melalui artikel ini, kami akan merekomendasikan berbagai jenis rak kayu yang bisa Anda beli secara online. Rak kayu berkualitas keluaran IKEA, Funika, dan sebagainya akan kami ulas di sini. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan tips cara memilih rak yang tepat untuk hunian Anda. Selamat membaca!
    Tempat penyimpanan
    11.539 Views
  • 10 Rekomendasi Tempat Penyimpanan Barang Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tempat Penyimpanan Barang Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2020)
    Supaya rumah lebih rapi, Anda membutuhkan tempat penyimpan barang untuk meletakkan berbagai benda di rumah. Namun, pastikan Anda memilih tempat penyimpanan yang tepat agar rumah tidak terasa sempit, terlebih jika Anda tinggal seorang diri di rumah yang ukurannya terbatas.Artikel ini mengulas berbagai poin penting dari tempat penyimpan barang untuk Anda yang tinggal sendiri. Anda dapat memilih produk dengan kapasitas cukup besar, tetapi tidak menghabiskan banyak ruang. Setelahnya, terdapat rekomendasi produk terbaik dari merek IKEA, Olymplast, dan sebagainya. Selamat membaca!
    Tempat penyimpanan
    7.772 Views
  • 10 Rekomendasi Rak Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rak Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Rak piring dapat digunakan untuk mengeringkan peralatan dapur seperti piring, gelas, dan sendok setelah dicuci. Selain itu rak piring juga dapat Anda gunakan untuk menata peralatan makan Anda. Anda akan menemukan berbagai rak piring, misalnya keluaran Rovega, IKEA, KrisChef, dan sebagainya.Bentuknya pun beragam dan memiliki kapasitas berbeda satu sama lain sehingga bisa saja Anda bingung saat hendak membelinya. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi rak piring terbaik agar Anda semakin mudah menemukan produk yang paling sesuai. Silakan disimak!
    Tempat penyimpanan
    8.517 Views
  • 10 Rekomendasi Kotak Perhiasan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kotak Perhiasan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kotak perhiasan memiliki fungsi yang penting terutama bagi orang yang memiliki hobi mengoleksi perhiasan. Jenis perhiasan juga beragam, seperti anting-anting, kalung, gelang, cincin, dan sebagainya. Saat ini banyak dijual tempat perhiasan, baik yang berukuran besar maupun yang berukuran kecil dan simpel.Untuk mempermudah Anda dalam memilih, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi kotak perhiasan terbaik. Anda akan menemukan kotak perhiasan berkualitas keluaran Sakroots, Jogja Handycraft, dan sebagainya dalam artikel ini. Dapatkan kotak perhiasan terbaik yang cocok untuk menyimpan segala koleksi perhiasan Anda!
    Tempat penyimpanan
    2.137 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori