• 10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik untuk Merawat Bibir Kering (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik untuk Merawat Bibir Kering (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik untuk Merawat Bibir Kering (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik untuk Merawat Bibir Kering (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik untuk Merawat Bibir Kering (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik untuk Merawat Bibir Kering (Terbaru Tahun 2022)

Penggunaan lip balm bertujuan menjaga kelembapan bibir serta mencegahnya agar tidak kering dan kasar. Lip balm sendiri terbagi dalam beberapa jenis, ada yang mengandung obat, terbuat dari bahan organik, hingga yang berwarna. Beberapa merek lip balm yang bagus dan cukup populer antara lain NIVEA, Vaseline, dan Wardah.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan tips memilih lip balm terbaik untuk merawat bibir kering. Tak lupa, kami juga akan memilihkan sepuluh produk yang memiliki tingkat kelembapan tinggi dan mudah diaplikasikan. Temukan produk terbaik dan mulailah merawat bibir kering Anda!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 14 September 2022
Daftar isi

Cara memilih lip balm untuk merawat bibir kering

Sebelum memberikan rekomendasi lip balm untuk merawat bibir kering, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu. Mari simak poin-poin penting yang akan kami sajikan berikut ini untuk menemukan produk yang tepat.

Ketahui tipe lip balm yang Anda butuhkan

Ketahui tipe lip balm yang Anda butuhkan

Lip balm terbagi ke dalam dua jenis, yaitu tipe farmasi dan kosmetik. Perbedaan setiap kategori tersebut adalah sebagai berikut:


  • Tipe farmasi atau obat, mengandung bahan-bahan yang efektif untuk menyembuhkan bibir kering dan kasar. Tipe ini lebih mirip dengan salep bibir dibandingkan lip balm. Untuk mendapatkan lip balm jenis ini, biasanya Anda harus menggunakan resep dokter.

  • Tipe kosmetik, biasanya terdiri dari berbagai jenis bahan pelembap. Tipe ini masih terbagi menjadi beberapa jenis, misalnya yang melindungi bibir dari sinar UV serta yang berwarna dan beraroma. Selain itu, ada juga yang bisa digunakan sebagai makeup base untuk bibir. 

Pilih produk yang kaya akan bahan pelembap

Tujuan penggunaan lip balm adalah mencegah dan merawat bibir kering. Oleh karena itu, pilihlah produk yang bisa melembabkan bibir Anda seefektif mungkin.

Bahan alami, berasal dari tumbuhan dan hewan

Bahan alami,  berasal dari tumbuhan dan hewan

Madu dan hyaluronic acid adalah salah satu bahan alami yang dapat membantu merawat bibir kering. Madu pada lip balm berfungsi menangkap kelembapan di udara. Sementara itu, hyaluronic acid adalah bahan pelembap yang memiliki kemampuan mengikat molekul air yang sangat baik.


Selanjutnya, produk dengan kandungan minyak seperti jojoba oil, castrol oil, olive oil, macadamia seed oil, dan squalane juga direkomendasikan. Kandungan bahan tersebut akan bekerja menjaga dan mengunci kelembapan supaya lebih tahan lama.


Meski begitu, ekstrak yang diturunkan dari tumbuhan ini mungkin bisa memicu reaksi alergi pada beberapa orang. Karenanya, pastikan Anda memeriksa kandungan bahan ini dengan lebih teliti. Selain itu, karena ada bermacam-macam aroma dan fungsi, pilihlah varian yang paling nyaman untuk Anda gunakan.

Vaselin, bertugas memerangkap kelembapan

Vaselin, bertugas memerangkap kelembapan

Vaselin (petroleum jelly) sangat populer digunakan sebagai bahan kosmetik dan berperan menjaga kelembapan dan melindungi kulit. Bahan ini tidak meresap ke dalam lapisan corneum, melainkan menetap di permukaan kulit dan bertindak sebagai penghalang. Sebagai catatan, vaselin kurang direkomendasikan untuk kulit berminyak, tetapi zat ini sangat cocok untuk merawat bibir kering.

Periksa jenis kemasan lip balm

Periksa jenis kemasan lip balm

Lip balm dikemas dalam beragam bentuk dan ukuran. Adapun lip balm paling umum dijual dalam bentuk stick, balm (balsam), dan tube. Mereka memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Karenanya, periksalah perbedaan ketiga bentuk tersebut dan temukan yang paling sesuai untuk Anda.


  • Stick, berbentuk padat dan mudah tersangkut di bibir. Jika konsistensinya terlalu keras dan padat, ada kemungkinan lip balm akan menggores atau bahkan melukai bibir Anda.


  • Balsam, diletakkan dalam jar kecil dari kaca atau plastik. Biasanya lip balm dalam kemasan ini mudah meleleh pada suhu tubuh. Dengan demikian, akan lebih mudah diaplikasikan pada bibir yang kering, 


  • Tube, biasanya berisi lip balm yang tidak padat. Untuk memudahkan pengolesan ke bibir, disediakan aplikator. Dengan demikian, bibir Anda akan tetap bersih.

10 Rekomendasi lip balm terbaik untuk merawat bibir kering

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lip balm terbaik untuk merawat bibir kering yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 13 September 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Vaseline Lip Care Rosy Tinted memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, NIVEA Lip Balm Original Care yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 3 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

Gambar produk
1
Vaseline® Lip Care Rosy Tinted 1

Vaseline®

2
Maybelline Baby Lips Love Color 1

Maybelline

3
NIVEA Lip Balm Original Care 1

NIVEA

4
Noera by Reisha Watermelon Moisturizing Lip Balm 1

Noera by Reisha

5
Wardah Everyday Fruity Sheer Lip Balm 1

Wardah

6
Himalaya Lip Balm 1

Himalaya

7
La Roche-Posay Cicaplast Baume B5 1

La Roche-Posay

8
Sebamed Lip Defense Stick Strawberry 1

Sebamed

9
Pinkflash Lasting Moist Lip Balm 1

Pinkflash

10
Evete Naturals Tinted Lip Balm 1

Evete Naturals

Nama produk

Lip Care Rosy Tinted

Baby Lips Love Color

Lip Balm Original Care

Watermelon Moisturizing Lip Balm

Everyday Fruity Sheer Lip Balm

Lip Balm

Cicaplast Baume B5

Lip Defense Stick Strawberry

Lasting Moist Lip Balm

Tinted Lip Balm

Keunggulan

Menangani bibir pecah-pecah lewat perawatan skin barrier

Mengembalikan warna bibir Anda dengan penggunaan rutin

Menjaga kelembapan bibir hingga 24 jam!

Aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui

Memberi warna yang bisa berubah-ubah sesuai pH bibir Anda

Andalan untuk mencegah bibir kering pada cuaca dingin

Atasi masalah pada bibir dan bagian kulit lainnya

Dengan SPF tinggi, makin efektif melindungi bibir dari bahaya sinar UV

Lip balm yang tidak membuat bibir Anda terasa basah

Rasakan khasiat mango butter pada bibir Anda

Harga mulai dariRp 32.300,00Rp 60.000,00Rp 29.900,00Rp 49.000,00Rp 27.000,00Rp 20.000,00Rp 120.000,00Rp 65.591,00Rp 100.000,00Rp 52.000,00
KemasanTubeStickStickBalsam (balm)StickTubeTubeStickStickStick
Kandungan pelembapEtrolotumJojoba oil, vitamin EHydrogenated canola oil, castor oil, shea butter, almond oil, avocado oil, dan jojoba oilCoconut oil, beeswax, vitamin E, Watermelon EkstrakPetrolotum, jojoba seed oil, Crambe abyssinica seed oil, sunflower seed wax, Aloe vera extract, shea butter, soybean oil, olive oil Carrot seed oil, castor oil, coconut oil, sweet indrajao, dan wheat germ oilPanthenol, madecasscoside, Cu-Zn Glukonat-ManganCastor oil, jojoba oil, dan Oryza sativa bran ceraRose flower oil, shea butter, jojoba oil, olive oilVirgin coconut oil, shea butter, beeswax, jojoba oil, castor oil, mango butter, flavor oil, vitamin E
Tautan produk
10
KemasanStick
Kandungan pelembapVirgin coconut oil, shea butter, beeswax, jojoba oil, castor oil, mango butter, flavor oil, vitamin E
9
KemasanStick
Kandungan pelembapRose flower oil, shea butter, jojoba oil, olive oil
8
KemasanStick
Kandungan pelembapCastor oil, jojoba oil, dan Oryza sativa bran cera
7
KemasanTube
Kandungan pelembapPanthenol, madecasscoside, Cu-Zn Glukonat-Mangan
6
KemasanTube
Kandungan pelembapCarrot seed oil, castor oil, coconut oil, sweet indrajao, dan wheat germ oil
5

WardahEveryday Fruity Sheer Lip Balm

Mulai dari Rp 27.000,00

KemasanStick
Kandungan pelembapPetrolotum, jojoba seed oil, Crambe abyssinica seed oil, sunflower seed wax, Aloe vera extract, shea butter, soybean oil, olive oil
4

Noera by ReishaWatermelon Moisturizing Lip Balm

Mulai dari Rp 49.000,00

KemasanBalsam (balm)
Kandungan pelembapCoconut oil, beeswax, vitamin E, Watermelon Ekstrak
3
KemasanStick
Kandungan pelembapHydrogenated canola oil, castor oil, shea butter, almond oil, avocado oil, dan jojoba oil
2
KemasanStick
Kandungan pelembapJojoba oil, vitamin E
1
KemasanTube
Kandungan pelembapEtrolotum

Pertanyaan umum seputar lip balm untuk merawat bibir kering

Pertanyaan umum seputar lip balm untuk merawat bibir kering

Setelah membahas tips memilih dan merekomendasikan produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar lip balm untuk merawat bibir kering untuk Anda. Bacalah uraian di bawah ini untuk mengetahui jawaban dari tiap pertanyaannya.

Kenapa setelah memakai lip balm bibir malah kering?

Lip balm yang tidak mengandung zat pelembap berpotensi membuat bibir Anda kering. Biasanya, lip balm tersebut hanya mengandung bahan humektan yang menarik kelembapan dari kulit terutama dalam suhu rendah.

Apakah boleh memakai lip balm setiap hari?

Anda boleh menggunakan lip balm setiap hari. Menurut para pakar, waktu terbaik menggunakan lip balm adalah pagi hari dan sebelum tidur.

Berapa kali sehari pakai lip balm?

Penggunaan lip balm dalam sehari tentunya bergantung pada kondisi bibir Anda. Dalam kondisi normal, Anda boleh menggunakan hingga tiga kali. Namun, jika bibir Anda kering, silakan gunakan sekitar enam hingga delapan kali dalam sehari.

Tips menggunakan lip balm

Setelah memiliki lip balm, Anda juga perlu mempelajari bagaimana cara menggunakannya. Hal ini untuk memastikan Anda memperoleh manfaat semaksimal mungkin dari produk yang dipilih. Mari perhatikan dua poin penting berikut ini!

Oleskan secara vertikal menggunakan jari Anda

Oleskan secara vertikal menggunakan jari Anda

Jika bibir mulai terasa kering, ada baiknya untuk mengoleskan ulang lip balm, tetapi jangan melakukannya terlalu sering. Kulit pada bibir sangatlah tipis sehingga mudah iritasi, misalnya akibat gesekan dengan mulut cangkir, botol minum, ataupun makanan. Jika terus berlanjut, hal ini akan menyebabkan warna bibir Anda menjadi kusam.


Meski demikian, kulit bibir memiliki kemampuan regenerasi yang lebih cepat dibandingkan bagian kulit lain pada umumnya. Perawatan lanjutan dengan lip balm bertekstur lembut yang melembapkan akan mencegahnya menjadi kusam.


Poin utama saat mengoleskan lip balm adalah dengan menggunakan jari tangan dan mengikuti kerutan bibir secara vertikal. Cara ini akan membuat lip balm lebih mudah meresap di antara kerutan bibir Anda. Saat menggunakan lip balm berbentuk stick, Anda harus lebih berhati-hati saat mengoleskannya.

Masa pemakaian yang ideal sekitar enam bulan

Masa pemakaian yang ideal sekitar enam bulan

Sama seperti produk kecantikan lainnya, lip balm juga memiliki masa kedaluwarsa yang perlu Anda perhatikan. Jika belum dibuka, lip balm biasanya dapat bertahan hingga tiga tahun sejak tanggal produksinya. Jika sudah dibuka, disarankan untuk menghabiskannya sesegera mungkin, yaitu maksimal sekitar enam bulan sejak dibuka.


Perlu Anda ketahui, bibir mudah mengalami pigmentasi, terutama karena pemakaian lipstik atau lip gloss. Jika dibiarkan terlalu lama, lip balm akan teroksidasi dan dapat menyebabkan bibir menjadi kusam. Lebih lanjut, produk berbentuk stick yang dioleskan langsung pada bibir memudahkan kuman tumbuh karena terkena air liur. Sebisa mungkin, gunakanlah jari atau brush khusus ketika Anda akan memakainya.

Baca juga rekomendasi produk lip balm lainnya di sini

Selain rekomendasi di atas, kami juga memiliki artikel yang mengulas produk lip balm lainnya. Mulai dari merek tertentu hingga lip balm berwarna untuk memperindah bibir Anda, semua telah tersedia. Jika Anda penasaran, silakan kunjungi tautan artikel yang kami siapkan di bawah ini!

Kesimpulan

Demikian paparan kami mengenai cara memilih lip balm untuk merawat bibir kering dan beberapa rekomendasi produk terbaik. Sudahkan Anda menemukan produk yang disukai?


Untuk mendapatkan bibir yang lembap, diperlukan perawatan yang rutin setiap hari. Bibir yang lembap dan sehat tentunya akan membuat penampilan Anda makin menarik. Yuk, pilih lip balm yang tepat untuk menjaga dan merawat bibir Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Lip Serum Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Lip Serum Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Serum bibir atau lip serum adalah produk perawatan bibir yang populer akhir-akhir ini. Serum dapat membuat bibir lebih kenyal, memperbaiki tekstur, serta memudarkan kerutan di bibir. Beberapa serum juga bisa digunakan sebagai pewarna bibir serta efektif melindungi bibir dari sinar UV.Di sini, kami akan menjelaskan cara memilih serum bibir yang bagus. Baca juga tips memilihnya dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Temukan rekomendasi serum bibir terbaik dari merek lokal dan luar negeri, seperti Emina, Sulwhasoo, Beaudelab, dan lainnya. Selamat tinggal bibir hitam!
    Lip color & lip care
  • 10 Rekomendasi Lip Tint Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lip Tint Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lip tint merupakan produk pewarna bibir dari Korea yang diklaim tahan lama. Selain itu, lip tint, tidak membuat bibir hitam atau kering. Karena formulanya yang unik, lip tint cocok untuk semua orang, termasuk remaja.Kini, banyak merek ternama yang mengeluarkan lip tint, seperti SOMETHINC, IMPLORA, dan Emina. Ada produk yang dilengkapi UV filter, ada pula yang bersifat transferproof. Namun, produk manakah yang bagus? Kami akan menjabarkannya untuk Anda sekaligus memperkenalkan rekomendasi lip tint terbaik. Untuk lebih lengkapnya, bacalah artikel ini hingga selesai!
    Lip color & lip care
  • 10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bibir yang tampak lembap dan cerah akan membuat penampilan Anda makin segar. Namun, gaya hidup dan paparan sinar ultraviolet dapat mengakibatkan bibir gelap dan kering. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan lip balm atau pelembap bibir untuk mengatasi bibir gelap dan kering.Kali ini, kami akan menyajikan tips memilih lip balm yang bagus dan ber-BPOM. Berbagai merek lip balm mancanegara, seperti NIVEA, dan Vaseline telah kami siapkan. Kami juga akan mengulas lip balm lokal, seperti Emina dan Mad. So, jangan lewatkan ulasan kami, ya!
    Lip color & lip care
  • 10 Lipstik Terbaik untuk Kulit Sawo Matang - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Lipstik Terbaik untuk Kulit Sawo Matang - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Sawo matang merupakan salah satu warna kulit asli orang Indonesia. Ada banyak produk lipstik yang akan mempercantik tampilan Anda yang kulitnya sawo matang atau berbibir hitam. Namun, salah pilih lipstik akan berisiko membuat kulit Anda jadi terlihat kusam dan tidak menarik.Kali ini kami akan membantu Anda memilih warna lipstik untuk kulit sawo matang agar wajah terlihat fresh. Kami juga akan mengulas tips memilih serta rekomendasi produk yang bagus. Anda dapat menemukan produk dari berbagai merek, seperti Y.O.U dan Implora. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Renata Aprianti.
    Lip color & lip care
  • 10 Lipstik Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Lipstik Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Lipstik waterproof cukup diminati oleh orang Indonesia. Lipstik ini memudahkan Anda agar tidak perlu melakukan touch up dalam waktu beberapa jam. Bahkan, ada produk yang tahan lama dan tidak luntur meski dipakai saat makan. Lipstik waterproof hadir dalam berbagai tipe, baik cream, stick, maupun liquid.Jika Anda tertarik untuk membeli lipstik waterproof yang bagus, simaklah tips dari kami. Temukan tips tambahan dari makeup artist, Renata Aprianti. Jangan ketinggalan juga untuk membaca rekomendasi lipstik waterproof terbaik. Anda akan menemukan merek Maybelline, Revlon, serta merek lokal, seperti Wardah dan Emina. Selamat membaca!
    Lip color & lip care
  • 10 Rekomendasi Lipstik Matte Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lipstik Matte Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lipstik matte masih menjadi must-have item untuk para wanita. Lipstik matte dengan formula yang melembapkan dan tidak membuat bibir kering, tentu lebih nyaman digunakan. Berbagai brand makeup mengeluarkan lipstik matte populer, di antaranya Emina, Implora, Hanasui, Madame Gie, dan Wardah.Untuk membantu Anda memilih lipstik matte yang bagus, kami telah merangkum tips memilih lipstik matte. Beragam review lip matte terbaik dari berbagai merek juga sudah kami sediakan. Ada pula Make Over dengan shade Skye yang tengah hits. Jadi, temukan rekomendasi lipstik matte yang bagus dan tahan lama bersama kami!
    Lip color & lip care
  • 10 Rekomendasi Lipstik Wardah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lipstik Wardah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Berbicara tentang merek makeup lokal, Wardah mungkin terlintas di pikiran Anda. Memang, merek kosmetik berlabel halal ini dicintai banyak orang. Salah satu produk yang banyak dicari kaum hawa adalah varian lipstiknya. Namun, dari banyaknya lipstik Wardah, produk mana yang bagus untuk Anda pilih?Anda tak perlu bingung. Kami akan mengulas varian lipstik Wardah terbaik, mulai dari Exclusive Series, Colorfit, Everyday Cheek & Liptint, dan banyak lagi. Setiap varian lipstik memiliki keunggulan, seperti formula yang ringan, tahan lama, atau tidak membuat bibit kering. Sudah siap membaca review lipstik Wardah?
    Lip color & lip care
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori