10 Rekomendasi Pasir Hamster (Hamster Litter) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Pasir Hamster (Hamster Litter) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Littering sand, atau pasir toilet, telah umum digunakan oleh mereka yang memelihara hamster untuk kebutuhan toileting. Meskipun ada beberapa orang yang tidak menggunakan pasir ketika memelihara hamster, tetapi hamster akan merasa lebih nyaman apabila Anda menggunakan pasir litter. Selain higienis, menggunakan pasir litter yang tepat juga memudahkan Anda ketika akan membuang kotoran hamster.

Terdapat berbagai macam jenis pasir litter untuk hamster, seperti jenis serbuk kayu, jenis mineral, dan jenis kertas. Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih pasir litter yang sesuai untuk hamster Anda. Kami juga akan merekomendasikan beberapa produk pasir hamster yang dapat Anda beli dengan mudah di online shop. Untuk Anda yang penasaran, simak artikel berikut ini sampai selesai!

Daftar isi

Cara memilih pasir hamster (hamster litter)

Selanjutnya,kami akan menjelaskan cara memilih pasir hamster yang baik dan dapat Anda jadikan referensi ketika akan membeli pasir hamster untuk kebutuhan littering atau toileting. Berikut penjelasannya.

Jenis pasir hamster

Pertama-tama, kami akan menjelaskan mengenai jenis-jenis hamster litter beserta kelebihan dan kekurangannya. Silakan menyimak poin-poin di bawah ini!

Bagi pemelihara hamster pemula, pilihlah pasir mineral

Bagi pemelihara hamster pemula, pilihlah pasir mineral

Pasir jenis mineral ini adalah pasir yang paling umum digunakan. Karena terdapat kandungan zeolit dan bentonit di dalamnya, pasir ini paling cocok digunakan untuk membuang kotoran hamster.

Selain itu, pasir ini terdiri dari partikel yang halus sehingga membuat hamster merasa seperti sedang bermain di alam saat berada di kandangnya. Hamster juga akan beranggapan bahwa pasir jenis ini adalah tempat yang nyaman untuk buang air. Pasir tipe mineral ini cocok untuk pemula yang ingin belajar bagaimana cara memelihara hamster.

Pasir dari kertas cocok untuk hamster yang alergi atau sedang sakit

Pasir dari kertas cocok untuk hamster yang alergi atau sedang sakit

Pasir ini terbuat dari kertas polimer yang mempunyai daya serap yang tinggi dan efek wangi deodoran yang dapat membuat hamster merasa nyaman. Warna teksturnya yang putih memudahkan Anda untuk mengecek perubahan warna urine pada hamster. Kondisi kesehatan hamster dapat diperhatikan melalui perubahan warna urinenya.

Pasir tipe kertas ini tidak mudah dihinggapi debu, cocok untuk hamster yang memiliki alergi terhadap debu. Namun, karena tekstur pasir kertas tidak terasa alami seperti tekstur pasir mineral, beberapa hamster mungkin merasa tidak nyaman ketika membuang kotoran mereka.

Sayangnya, pasir jenis ini belum banyak ditemukan di toko online di Indonesia.

Pilihlah pasir dari kayu jika ingin menghilangkan bau tak sedap

Pilihlah pasir dari kayu jika ingin menghilangkan bau tak sedap

Tipe yang ketiga adalah tipe pasir jenis kayu. Tipe pasir ini mampu menghilangkan bau tidak sedap secara alami sehingga cocok untuk Anda yang risi dengan bau kandang hamster.

Karena tekstur tipe ini berbeda dari kedua tipe lainnya, beberapa hamster akan sulit mengenalinya sebagai toilet yang nyaman untuk buang air. Selain itu, tipe pasir kayu ini cukup jarang dijual di pet shop, Anda harus membelinya di online shop jika ingin mendapatkannya.

Pasir dari bahan makanan tidak direkomendasikan untuk hamster dengan nafsu makan tinggi

Pasir dari bahan makanan tidak direkomendasikan untuk hamster dengan nafsu makan tinggi

Tipe yang keempat adalah tipe pasir yang terbuat dari bahan makanan seperti jagung dan lain sebagainya. Karena terbuat dari bahan makanan, pasir ini aman untuk dikonsumsi oleh hamster. Namun, meskipun pasir ini aman untuk dimakan, tetap terdapat kandungan deodoran dan bahan kimia lainnya di dalamnya. Oleh sebab itu, pasir ini tidak cocok untuk tipe hamster yang memiliki nafsu makan yang tinggi.

Berhati-hatilah saat memilih jenis pasir litter yang mengeras

Ada beberapa jenis pasir hamster yang mengeras apabila terkena air kencing hamster atau zat cair lainnya. Sepintas mungkin Anda berpikir bahwa pasir yang keras memudahkan Anda ketika akan membuangnya. Namun, sebenarnya hal tersebut berbahaya. Oleh sebab itu, penting untuk memahami terlebih dahulu jenis pasir dan kandungan-kandungan partikel di dalamnya.

Untuk menghindari risiko usus buntu, pilihlah tipe pasir yang tidak dapat mengeras

Untuk menghindari risiko usus buntu, pilihlah tipe pasir yang tidak dapat mengeras

Pada dasarnya, hamster memiliki kebiasaan untuk memakan bagian yang mengeras. Oleh sebab itu, menggunakan pasir hamster yang dapat mengeras apabila terkena cairan menjadi rentan termakan oleh hamster.

Jenis pasir litter yang dapat mengeras apabila terkena cairan juga dapat menyerap kelembapan sehingga dapat menjadi lebih mengeras di dalam tubuh ketika termakan. Hal tersebut sangat berbahaya bagi hamster karena dapat menyebabkan sumbatan pada usus atau biasa disebut dengan usus buntu. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan hamster, dianjurkan untuk menggunakan pasir yang tidak dapat mengeras.

Agar mudah dibersihkan dan lebih ekonomis, pilihlah pasir yang dapat mengeras

Agar mudah dibersihkan dan lebih ekonomis, pilihlah pasir yang dapat mengeras

Meskipun pasir litter yang dapat mengeras berbahaya untuk hamster, tetapi tidak semua hamster suka memakannya. Mudah dibersihkan dengan hanya membuang bagian pasir yang mengeras merupakan kelebihan pasir hamster yang dapat mengeras. Selain itu, pasir tipe ini juga dinilai lebih ekonomis karena cukup hanya dengan membersihkan dan menggantinya seminggu sekali. Meskipun sebenarnya tidak terlalu direkomendasikan, pada praktiknya, pasir tipe ini juga populer dan banyak digunakan.

Ketika menggunakan pasir tipe ini, sebaiknya Anda mengamati terlebih dahulu apakah hamster Anda tipe pemakan yang aktif atau tidak. Di samping itu, bisa juga Anda rajin membersihkan bagian pasir keras yang menggumpal sesering mungkin agar tidak sampai termakan. Tentu saja apabila Anda khawatir, gunakanlah tipe pasir litter yang lembut dan nyaman untuk hamster peliharaan Anda.

Apa saja poin penting yang perlu diperhatikan ketika memilih pasir yang aman untuk hamster?

Di atas tadi kami telah menjelaskan tipe pasir padat yang dapat membahayakan kesehatan hamster. Namun demikian, terdapat poin-poin lain yang dapat Anda perhatikan ketika akan memilih pasir litter yang aman untuk hamster. Simak penjelasan berikut ini.

Pilihlah ukuran pasir yang tidak terlalu kecil untuk menghindari resiko debu

Pilihlah ukuran pasir yang tidak terlalu kecil untuk menghindari resiko debu

Biasanya ketika menggunakan pasir hamster, butiran pasir yang lebih halus akan terkumpul pada bagian bawah kandang sehingga membuatnya mudah kotor dan berdebu. Hal tersebut sangat berbahaya bagi hamster. Karena hamster juga melakukan sand bathing, butiran pasir halus atau debu tersebut dapat terhirup oleh hamster, serta dapat dengan mudah masuk ke mata hamster.

Maka dari itu, sebaiknya pilihlah jenis pasir yang ukuran butirannya sama, serta tidak terlalu kecil. Namun, apabila masih tetap terdapat sisa butiran pasir halus, sebaiknya Anda membuangnya dan tidak menggunakannya.

Pilihlah pasir yang tetap aman meski termakan oleh hamster

Pilihlah pasir yang tetap aman meski termakan oleh hamster

Seekor hamster pada dasarnya suka memasukkan banyak makanan ke dalam mulutnya. Oleh sebab itu, pilihlah jenis littering sand yang aman meski termakan oleh hamster, serta yang kandungan dalam pasirnya tidak akan menyebabkan masalah untuk hamster Anda.

Namun, Anda juga perlu berhati-hati jika menggunakan jenis pasir yang bisa membuat hamster Anda aktif untuk memakannyaKhususnya untuk pasir yang terbuat dari makanan, karena pasir tersebut masih memiliki bau makanan, kemungkinan besar hamster akan memakan pasir tersebut. Tidak hanya mengenai keamanannya jika termakan oleh hamster, tetapi Anda juga perlu berhati-hati karena tidak ada jaminan bahwa pasir hamster yang bisa dimakan benar-benar aman untuk hamster Anda.

Tips supaya perawatan hamster menjadi lebih mudah

Dalam memelihara hamster, membersihkan kandang setiap hari adalah poin penting yang perlu diperhatikan. Oleh sebab itu, pertimbangkanlah jenis pasir toilet yang dipilih agar lebih mudah dibersihkan.

Lebih mudah dibersihkan dengan zat penghilang bau yang tinggi

Lebih mudah dibersihkan dengan zat penghilang bau yang tinggi

Jenis pasir litter yang terbuat dari bahan kayu merupakan pasir yang mengandung deodoran yang tinggi. Karena kandungan antimikroba dari pohon cypress di dalamnya, pasir kayu ini dapat menetralkan bau secara alami.

Namun, perlu diingat bahwa terlalu banyak zat penghilang bau yang terkandung di dalam pasir, membuat hamster menjadi sulit mengenali pasir tersebut sebagai toilet. Hal tersebut juga dapat menyebabkan hamster tidak dapat beristirahat dengan nyaman. Apabila Anda menggunakan pasir yang memiliki kandungan deodoran yang tinggi, sebaiknya Anda tidak benar-benar membersihkannya. Sisakan sedikit pasir kotor di dalamnya, lalu tambahkan yang bersih di bagian lain dari kandang. Cocok untuk Anda yang malas membersihkan kandang hamster.

10 Rekomendasi pasir hamster (hamster litter) terbaik

Berikutnya, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi pasir hamster terbaik yang dapat Anda beli di online shop. Kami juga akan menjelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan setiap produk yang dapat Anda jadikan referensi ketika akan membeli littering sand untuk  hamster.

10. Pasir Hamster Zeolit

10. Pasir Hamster Zeolit

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.000

Pasir mineral serbaguna, untuk memelihara hamster sekaligus dapat digunakan untuk alas tanaman

Tekstur pasir ini berbentuk seperti kerikil tumpul berukuran kecil-kecil yang ringan. Pasir zeolit ini dapat digunakan untuk beraneka macam kegiatan, seperti untuk alas pasir hamster atau kucing, untuk filter penyaring air akuarium, perkebunan, peternakan, dan lain sebagainya.

Karena butiran pasirnya tidak terlalu halus, pasir ini aman untuk digunakan oleh hamster Anda yang aktif bergerak. Dengan harga yang terjangkau dan manfaat yang banyak, pasir ini juga cocok untuk Anda yang ingin beternak hamster, kucing, atau ikan.

9. HEMS Pasir Gumpal Wangi

9. HEMS Pasir Gumpal Wangi

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 23.000

Sering kesusahan membuang kotoran hamster? Pasir ini bisa jadi solusinya!

Pasir yang satu ini merupakan jenis pasir yang menggumpal apabila terkena air ataupun kotoran sehingga memudahkan Anda ketika membersihkan kotoran hamster. Karena mudah dibersihkan, pasir ini cocok untuk Anda yang memelihara beberapa ekor hamster dalam satu kandang.

Di samping itu, pasir ini memiliki bau wangi yang dapat sedikit menetralkan bau tidak sedap di kandang hamster. Dengan demikian, selain mudah membersihkan kandang, Anda juga tidak perlu repot menghilangkan bau tidak sedap. Sangat simpel dan praktis, bukan?

8. Pasir Hamster Mix Serbuk Kayu

8. Pasir Hamster Mix Serbuk Kayu

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 6.000

Solusi untuk hamster Anda yang aktif bergerak

Pasir kombinasi zeolit dan serbuk kayu ini cocok digunakan untuk hamster Anda yang aktif bergerak. Butiran pasir yang tidak terlalu kecil dan serbuk kayu yang kasar membuatnya tidak beterbangan ketika hamster lari ke sana kemari.

Di sisi lain, kombinasi mineral dan serbuk kayu juga terasa sangat alami sehingga hamster akan merasa seperti sedang berada di alam lepas. Sedikit tips, Anda dapat menambahkan bubuk sand bathing di dalamnya agar pasir dapat terasa sedikit lebih lembut dan nyaman bagi hamster.

7. Pasir Kayu Ramah Lingkungan

7. Pasir Kayu Ramah Lingkungan

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 6.000

Untuk Anda yang memelihara beberapa hewan pengerat, pasir jenis ini patut dicoba

Pasir kayu yang terbuat dari 100% bahan alami ini aman digunakan untuk memelihara berbagai macam hewan pengerat, seperti hamster, kucing, kelinci, marmot, dan lain sebagainya. Ditambah lagi, karena terbuat dari bahan alami, pasir ini juga mudah terurai menjadi kompos setelah terkena air atau kotoran hewan.

Karena mudah terurai menjadi kompos, Anda dapat memanfaatkan ampas sisa pasir untuk pupuk bagi tumbuhan di rumah. Produk ini dijual dengan ukuran kiloan yang dapat dibeli sesuai dengan kebutuhan Anda.

6. Chipsi Strawberry

6. Chipsi Strawberry

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 69.000

Serbuk kayu aroma buah yang segar, kandang hamster Anda jadi lebih fresh

Produk ini terbuat dari bahan serbuk kayu yang halus dan memiliki aroma buah-buahan pure organic yang menyegarkan, jauh dari wangi kimiawi. Hal tersebut dapat membuat hamster Anda tinggal dengan sangat nyaman di dalam kandang.

Karena terbuat dari bahan kayu murni, pasir ini memiliki daya serap yang tinggi sehingga menjaga kandang hamster tetap kering. Pasir ini juga memiliki empat varian yang dapat Anda pilih sesuai dengan wangi kesukaan Anda.

5. Padovan Sanipet Profumato

5. Padovan Sanipet Profumato

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 110.380

Pasir dari bahan makanan dengan aroma lemon

Pasir ini terbuat dari bahan tongkol jagung sehingga aman untuk dikonsumsi oleh hewan. Teknologi khusus pengeringan granula membuat pasir ini lebih mudah dibersihkan dan antidebu. Selain itu, terdapat tekstur spons yang menyerap air dan menjaga baik kandang maupun hewan agar tetap kering.

Aroma lemon yang terkandung di dalam pasir ini juga mampu mengurangi penyebaran bau sehingga kandang senantiasa bersih. Pasir ini cocok untuk Anda yang memelihara hewan pengerat yang mungil, seperti burung perkutut, hamster, kelinci, dan lain sebagainya.

4. Padovan Woodchips Green Apple

4. Padovan Woodchips Green Apple

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 32.800

Serbuk kayu Norwegia antidebu, cocok untuk semua hewan pengerat

Serbuk produksi negara Eropa ini terbuat dari 100% norway spruce, yaitu pohon cemara dari Norwegia yang aman dan nyaman digunakan untuk hamster Anda. Selain untuk hamster, serbuk ini juga dapat dipakai untuk seluruh hewan pengerat mulai dari yang berbulu tebal sampai yang berbulu tipis. Seperti kelinci, guinea pig, chinchilla, dan lain sebagainya.

Pasir kayu ini memiliki tekstur yang kering dan kasar, serta terbebas dari debu. Direkomendasikan untuk Anda yang memiliki hamster dengan karakter aktif dan lincah. Dua pilihan aromanya, yaitu apel dan lemon yang segar, dapat Anda pilih sesuai dengan selera.

3. Ono Wood Shavings

3. Ono Wood Shavings

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 17.000

Tidak hanya wangi, daya serapnya yang bagus membuat hamster toileting dengan nyaman

Hampir sama dengan produk sebelumnya, pasir hamster yang satu ini juga terbuat dari serbuk kayu alami. Bedanya, serbuk kayu buatan Cina ini lebih dikhususkan untuk hewan pengerat yang masih kecil, seperti bayi hamster, bayi kelinci, dan lain sebagainya.

Bahan kayu alami dari pasir ini memiliki daya serap yang tinggi sehingga hamster tetap merasa kering setelah toileting. Selain itu, pasir ini memiliki aneka macam aroma yang dapat Anda gunakan silih berganti agar hamster tidak bosan bermain di kandangnya. Hamster senang, Anda pun tenang.

2. JRS Pet’s Dream Universal

2. JRS Pet's Dream Universal 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 12.500

Satu macam pasir untuk aneka macam hewan pengerat, mamalia, dan unggas

Pasir ini terbuat dari serat tumbuhan alami sehingga aman apabila terkonsumsi oleh hewan. Uniknya lagi, tidak hanya untuk hamster, pasir ini dapat juga dipakai untuk alas hewan mamalia dan unggas, seperti musang, kucing, burung perkutut, dan lain sebagainya.

Di samping itu, pasir ini juga tidak memiliki bau sehingga cocok untuk Anda yang tidak menyukai bau wewangian untuk alas pasir hewan peliharaan di rumah. Karena terbuat dari bahan alami tanpa campuran bahan kimia, pasir ini lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan jenis pasir yang lain.

1. Vitakraft Kleintier-Streu

1. Vitakraft Kleintier-Streu

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.432

Serbuk kayu lembut produksi Jerman, antidebu dan tidak berbau

Produk keluaran Jerman ini merupakan produk terlaris yang banyak digunakan oleh para pencinta hewan pengerat di seluruh dunia. Berbeda dengan serbuk pasir kayu pada umumnya, produk yang satu ini memiliki tekstur lembut, bebas dari debu, dan rendah iritasi. Untuk Anda yang ingin mencoba beternak hewan pengerat, alas pasir ini bisa Anda gunakan.

Sementara itu, untuk memudahkan penyimpanan dan transportasi, pabrik Vitakraft memadatkan pasir kemasan 15 liter ini menjadi 3,5 liter saja. Kemasannya yang efisien, harganya yang terjangkau, dan produknya yang high quality membuat produk ini berada di peringkat nomor satu.

Kesimpulan

Kami telah membahas mengenai cara memilih littering sand untuk hamster yang baik dan memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Karena hamster suka memasukkan segala sesuatu ke dalam mulutnya, dewasa ini banyak diproduksi pasir dari bahan-bahan alami yang aman apabila tertelan oleh hamster. Selain itu, untuk mengurangi risiko berbagai macam penyakit hamster, sebaiknya Anda pun rajin membersihkan kandang hamster. Marilah menciptakan rumah yang nyaman dan bersih untuk para hamster!