• 10 Rekomendasi Pasir Hamster (Hamster Litter) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Pasir Hamster (Hamster Litter) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Pasir Hamster (Hamster Litter) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Pasir Hamster (Hamster Litter) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Pasir Hamster (Hamster Litter) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Pasir Hamster (Hamster Litter) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Littering sand, atau pasir toilet, telah umum digunakan oleh mereka yang memelihara hamster untuk kebutuhan toileting. Meskipun ada beberapa orang yang tidak menggunakan pasir ketika memelihara hamster, tetapi hamster akan merasa lebih nyaman apabila Anda menggunakan pasir litter. Selain higienis, menggunakan pasir litter yang tepat juga memudahkan Anda ketika akan membuang kotoran hamster.

Terdapat berbagai macam jenis pasir litter untuk hamster, seperti jenis serbuk kayu, jenis mineral, dan jenis kertas. Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih pasir litter yang sesuai untuk hamster Anda. Kami juga akan merekomendasikan beberapa produk pasir hamster yang dapat Anda beli dengan mudah di online shop. Untuk Anda yang penasaran, simak artikel berikut ini sampai selesai!
  • Pembaharuan terakhir: 23 Mei 2020
  • 8.097 Views
Daftar isi

Cara memilih pasir hamster (hamster litter)

Selanjutnya,kami akan menjelaskan cara memilih pasir hamster yang baik dan dapat Anda jadikan referensi ketika akan membeli pasir hamster untuk kebutuhan littering atau toileting. Berikut penjelasannya.

Jenis pasir hamster

Pertama-tama, kami akan menjelaskan mengenai jenis-jenis hamster litter beserta kelebihan dan kekurangannya. Silakan menyimak poin-poin di bawah ini!

Bagi pemelihara hamster pemula, pilihlah pasir mineral

Bagi pemelihara hamster pemula, pilihlah pasir mineral
Pasir jenis mineral ini adalah pasir yang paling umum digunakan. Karena terdapat kandungan zeolit dan bentonit di dalamnya, pasir ini paling cocok digunakan untuk membuang kotoran hamster.
Selain itu, pasir ini terdiri dari partikel yang halus sehingga membuat hamster merasa seperti sedang bermain di alam saat berada di kandangnya. Hamster juga akan beranggapan bahwa pasir jenis ini adalah tempat yang nyaman untuk buang air. Pasir tipe mineral ini cocok untuk pemula yang ingin belajar bagaimana cara memelihara hamster.

Pasir dari kertas cocok untuk hamster yang alergi atau sedang sakit

Pasir dari kertas cocok untuk hamster yang alergi atau sedang sakit
Pasir ini terbuat dari kertas polimer yang mempunyai daya serap yang tinggi dan efek wangi deodoran yang dapat membuat hamster merasa nyaman. Warna teksturnya yang putih memudahkan Anda untuk mengecek perubahan warna urine pada hamster. Kondisi kesehatan hamster dapat diperhatikan melalui perubahan warna urinenya.
Pasir tipe kertas ini tidak mudah dihinggapi debu, cocok untuk hamster yang memiliki alergi terhadap debu. Namun, karena tekstur pasir kertas tidak terasa alami seperti tekstur pasir mineral, beberapa hamster mungkin merasa tidak nyaman ketika membuang kotoran mereka.
Sayangnya, pasir jenis ini belum banyak ditemukan di toko online di Indonesia.

Pilihlah pasir dari kayu jika ingin menghilangkan bau tak sedap

Pilihlah pasir dari kayu jika ingin menghilangkan bau tak sedap
Tipe yang ketiga adalah tipe pasir jenis kayu. Tipe pasir ini mampu menghilangkan bau tidak sedap secara alami sehingga cocok untuk Anda yang risi dengan bau kandang hamster.
Karena tekstur tipe ini berbeda dari kedua tipe lainnya, beberapa hamster akan sulit mengenalinya sebagai toilet yang nyaman untuk buang air. Selain itu, tipe pasir kayu ini cukup jarang dijual di pet shop, Anda harus membelinya di online shop jika ingin mendapatkannya.

Pasir dari bahan makanan tidak direkomendasikan untuk hamster dengan nafsu makan tinggi

Pasir dari bahan makanan tidak direkomendasikan untuk hamster dengan nafsu makan tinggi
Tipe yang keempat adalah tipe pasir yang terbuat dari bahan makanan seperti jagung dan lain sebagainya. Karena terbuat dari bahan makanan, pasir ini aman untuk dikonsumsi oleh hamster. Namun, meskipun pasir ini aman untuk dimakan, tetap terdapat kandungan deodoran dan bahan kimia lainnya di dalamnya. Oleh sebab itu, pasir ini tidak cocok untuk tipe hamster yang memiliki nafsu makan yang tinggi.

Berhati-hatilah saat memilih jenis pasir litter yang mengeras

Ada beberapa jenis pasir hamster yang mengeras apabila terkena air kencing hamster atau zat cair lainnya. Sepintas mungkin Anda berpikir bahwa pasir yang keras memudahkan Anda ketika akan membuangnya. Namun, sebenarnya hal tersebut berbahaya. Oleh sebab itu, penting untuk memahami terlebih dahulu jenis pasir dan kandungan-kandungan partikel di dalamnya.

Untuk menghindari risiko usus buntu, pilihlah tipe pasir yang tidak dapat mengeras

Untuk menghindari risiko usus buntu, pilihlah tipe pasir yang tidak dapat mengeras
Pada dasarnya, hamster memiliki kebiasaan untuk memakan bagian yang mengeras. Oleh sebab itu, menggunakan pasir hamster yang dapat mengeras apabila terkena cairan menjadi rentan termakan oleh hamster.
Jenis pasir litter yang dapat mengeras apabila terkena cairan juga dapat menyerap kelembapan sehingga dapat menjadi lebih mengeras di dalam tubuh ketika termakan. Hal tersebut sangat berbahaya bagi hamster karena dapat menyebabkan sumbatan pada usus atau biasa disebut dengan usus buntu. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan hamster, dianjurkan untuk menggunakan pasir yang tidak dapat mengeras.

Agar mudah dibersihkan dan lebih ekonomis, pilihlah pasir yang dapat mengeras

Agar mudah dibersihkan dan lebih ekonomis, pilihlah pasir yang dapat mengeras
Meskipun pasir litter yang dapat mengeras berbahaya untuk hamster, tetapi tidak semua hamster suka memakannya. Mudah dibersihkan dengan hanya membuang bagian pasir yang mengeras merupakan kelebihan pasir hamster yang dapat mengeras. Selain itu, pasir tipe ini juga dinilai lebih ekonomis karena cukup hanya dengan membersihkan dan menggantinya seminggu sekali. Meskipun sebenarnya tidak terlalu direkomendasikan, pada praktiknya, pasir tipe ini juga populer dan banyak digunakan.
Ketika menggunakan pasir tipe ini, sebaiknya Anda mengamati terlebih dahulu apakah hamster Anda tipe pemakan yang aktif atau tidak. Di samping itu, bisa juga Anda rajin membersihkan bagian pasir keras yang menggumpal sesering mungkin agar tidak sampai termakan. Tentu saja apabila Anda khawatir, gunakanlah tipe pasir litter yang lembut dan nyaman untuk hamster peliharaan Anda.

Apa saja poin penting yang perlu diperhatikan ketika memilih pasir yang aman untuk hamster?

Di atas tadi kami telah menjelaskan tipe pasir padat yang dapat membahayakan kesehatan hamster. Namun demikian, terdapat poin-poin lain yang dapat Anda perhatikan ketika akan memilih pasir litter yang aman untuk hamster. Simak penjelasan berikut ini.

Pilihlah ukuran pasir yang tidak terlalu kecil untuk menghindari resiko debu

Pilihlah ukuran pasir yang tidak terlalu kecil untuk menghindari resiko debu
Biasanya ketika menggunakan pasir hamster, butiran pasir yang lebih halus akan terkumpul pada bagian bawah kandang sehingga membuatnya mudah kotor dan berdebu. Hal tersebut sangat berbahaya bagi hamster. Karena hamster juga melakukan sand bathing, butiran pasir halus atau debu tersebut dapat terhirup oleh hamster, serta dapat dengan mudah masuk ke mata hamster.
Maka dari itu, sebaiknya pilihlah jenis pasir yang ukuran butirannya sama, serta tidak terlalu kecil. Namun, apabila masih tetap terdapat sisa butiran pasir halus, sebaiknya Anda membuangnya dan tidak menggunakannya.

Pilihlah pasir yang tetap aman meski termakan oleh hamster

Pilihlah pasir yang tetap aman meski termakan oleh hamster
Seekor hamster pada dasarnya suka memasukkan banyak makanan ke dalam mulutnya. Oleh sebab itu, pilihlah jenis littering sand yang aman meski termakan oleh hamster, serta yang kandungan dalam pasirnya tidak akan menyebabkan masalah untuk hamster Anda.
Namun, Anda juga perlu berhati-hati jika menggunakan jenis pasir yang bisa membuat hamster Anda aktif untuk memakannya. Khususnya untuk pasir yang terbuat dari makanan, karena pasir tersebut masih memiliki bau makanan, kemungkinan besar hamster akan memakan pasir tersebut. Tidak hanya mengenai keamanannya jika termakan oleh hamster, tetapi Anda juga perlu berhati-hati karena tidak ada jaminan bahwa pasir hamster yang bisa dimakan benar-benar aman untuk hamster Anda.

Tips supaya perawatan hamster menjadi lebih mudah

Dalam memelihara hamster, membersihkan kandang setiap hari adalah poin penting yang perlu diperhatikan. Oleh sebab itu, pertimbangkanlah jenis pasir toilet yang dipilih agar lebih mudah dibersihkan.

Lebih mudah dibersihkan dengan zat penghilang bau yang tinggi

Lebih mudah dibersihkan dengan zat penghilang bau yang tinggi
Jenis pasir litter yang terbuat dari bahan kayu merupakan pasir yang mengandung deodoran yang tinggi. Karena kandungan antimikroba dari pohon cypress di dalamnya, pasir kayu ini dapat menetralkan bau secara alami.
Namun, perlu diingat bahwa terlalu banyak zat penghilang bau yang terkandung di dalam pasir, membuat hamster menjadi sulit mengenali pasir tersebut sebagai toilet. Hal tersebut juga dapat menyebabkan hamster tidak dapat beristirahat dengan nyaman. Apabila Anda menggunakan pasir yang memiliki kandungan deodoran yang tinggi, sebaiknya Anda tidak benar-benar membersihkannya. Sisakan sedikit pasir kotor di dalamnya, lalu tambahkan yang bersih di bagian lain dari kandang. Cocok untuk Anda yang malas membersihkan kandang hamster.

10 Rekomendasi pasir hamster (hamster litter) terbaik

Berikutnya, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi pasir hamster terbaik yang dapat Anda beli di online shop. Kami juga akan menjelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan setiap produk yang dapat Anda jadikan referensi ketika akan membeli littering sand untuk hamster.
10
9
8
7
6
5
4
3
2
1

Tabel perbandingan produk pasir hamster (hamster litter) terbaik

Gambar produk
1
Vitakraft Kleintier-Streu 1

Vitakraft

2
JRS Pet’s Dream Universal 1

JRS

3
Ono Wood Shavings 1

Ono

4
Padovan Woodchips  1

Padovan

5
Padovan Sanipet Profumato Pasir Lapisan Untuk Hewan  1

Padovan Sanipet Profumato

6
Chipsi Strawberry 1

7
Pasir Kayu Ramah Lingkungan 1

8
Pasir Hamster Mix Serbuk Kayu 1

9
HEMS Pasir Gumpal Wangi 1

10
Pasir Hamster Zeolit 1

Nama produk

Kleintier-Streu

Pet’s Dream Universal

Wood Shavings

Woodchips

Pasir Lapisan Untuk Hewan

Chipsi Strawberry

Pasir Kayu Ramah Lingkungan

Pasir Hamster Mix Serbuk Kayu

HEMS Pasir Gumpal Wangi

Pasir Hamster Zeolit

KeunggulanSerbuk kayu lembut produksi...Satu macam pasir untuk anek...Tidak hanya wangi, daya ser...Serbuk kayu Norwegia antide...Pasir dari bahan makanan de...Serbuk kayu aroma buah yang...Untuk Anda yang memelihara ...Solusi untuk hamster Anda y...Sering kesusahan membuang k...Pasir mineral serbaguna, un...
HargaRp 35.000,00Rp 16.000,00Rp 30.000,00Rp 35.000,00Rp 50.000,00Rp 69.000,00Rp 4.500,00Rp 13.000,00Rp 6.000,00Rp 2.000,00
Tautan produk

Kesimpulan

Kami telah membahas mengenai cara memilih littering sand untuk hamster yang baik dan memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Karena hamster suka memasukkan segala sesuatu ke dalam mulutnya, dewasa ini banyak diproduksi pasir dari bahan-bahan alami yang aman apabila tertelan oleh hamster. Selain itu, untuk mengurangi risiko berbagai macam penyakit hamster, sebaiknya Anda pun rajin membersihkan kandang hamster. Marilah menciptakan rumah yang nyaman dan bersih untuk para hamster!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, banyak orang yang menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan mereka. Semenjak itu beraneka ragam makanan kucing atau cat food dari beragam tekstur dan merek banyak bermunculan. Mulai dari yang paling terkenal seperti Whiskas, Meo, dan Friskies, hingga yang paling premium seperti Equilibrio, Royal Canin, Orijen, dan Blackwood. Pernah merasa kebingungan harus pilih yang mana?Kali ini kami akan memberikan tip untuk memilih makanan kucing serta 10 rekomendasi terbaik untuk kucing kesayangan Anda. Adapun kandungan yang perlu dihindari juga harus Anda ingat supaya tidak salah pilih.
    Perawatan hewan
    119.352 Views
  • 10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020)
    Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan kita. Selain itu, tergantung usia kucing, Anda perlu memperhatikan susu yang diberikan.Pabrik makanan hewan Whiskas, Hartz, Beaphar, Zeal, Royal Canin, dan PetAg KMR telah memproduksi susu baik cair maupun bubuk yang ideal dikonsumsi oleh kucing. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui sepuluh susu kucing bernutrisi yang paling direkomendasikan. Pilihlah yang terbaik untuk kucing kesayangan Anda!
    Perawatan hewan
    67.088 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Shampo Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sampo kucing adalah produk perawatan yang penting untuk memelihara kebersihan kucing kesayangan agar terhindar dari jamur, kutu, kerontokan, dan berbagai penyakit lainnya. Banyak sampo kucing dijual dengan bermacam-macam aroma yang menyenangkan. Namun, apakah kucing kesayangan akan menyukai sampo berbau wangi tersebut sebagaimana Anda?Dalam artikel ini, kami menjelaskan bagaimana cara memilih sampo kucing yang tepat. Temukan pula sepuluh rekomendasi produk dari merek terbaik, seperti Bio-Groom, Bioline, Raid-All, Pet Silk, Espree, hingga merek lokal I’m Organic yang populer di kalangan pencinta kucing. Simak artikel ini sampai selesai!
    Perawatan hewan
    54.976 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Perlu diakui bahwa makanan kering atau dry food adalah tipe makanan kucing yang memiliki segudang kelebihan. Tak sebatas rendah air, tetapi juga praktis untuk disimpan dan hadir dalam berbagai merek. Salah satu merek dry food kucing terbaik adalah Royal Canin yang berfokus pada makanan kesehatan.Anda juga bisa memilih merek Orijen, Wellness, dan lainnya yang tak kalah berkualitas. Meski pilihannya banyak, Anda tidak perlu bimbang lagi. Ini dia rekomendasi sepuluh makanan kering kucing terbaik yang dapat membuat kucing Anda sehat dan makan dengan lahap!
    Perawatan hewan
    39.725 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah/Wet Food (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah/Wet Food (Terbaru Tahun 2020)
    Sedikit berbeda dengan tipe kering, makanan kucing tipe basah/wet food digilai oleh para kucing karena memiliki tekstur lembut, berair, mudah dimakan, dan mengandung potongan daging. Beberapa merek pun all out memakai bahan utama yang berkelas dan grain-free.Untuk memudahkan Anda dalam memilih, kami merekomendasikan sepuluh makanan kucing terbaik tipe basah, seperti Royal Canin, Whiskas, Friskies, dan Fancy Feast! Silakan memilih makanan kucing tipe basah yang sesuai dengan kriteria di bawah ini!
    Perawatan hewan
    46.935 Views
  • 10 Rekomendasi Pasir Kucing (Cat Litter) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pasir Kucing (Cat Litter) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ada kalanya memilih pasir kucing membuat para cat mom dirundung dilema. Pasalnya, memilih pasir kucing tentunya membutuhkan perhatian khusus. Anda dituntut untuk dapat menemukan pasir kucing yang tak hanya nyaman dipakai oleh kucing, tetapi juga mudah dibersihkan.Merek pasir kucing juga cukup beragam, seperti Cubs n Kit, Sumo Cat, Catsan dan lainnya. Lalu, bagaimana cara memilih pasir kucing yang sesuai dengan kebutuhan si kucing? Berikut ini step by step memilih pasir kucing yang bisa Anda contoh.
    Perawatan hewan
    39.604 Views
  • 10 Rekomendasi Pet Carrier Terbaik untuk Anjing (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pet Carrier Terbaik untuk Anjing (Terbaru Tahun 2020)
    Pet carrier sangat diperlukan untuk bepergian dengan anjing Anda. Tas ini berguna ketika Anda ingin bepergian baik menggunakan transportasi pribadi maupun umum, seperti pesawat, bus, dan kereta, serta saat pergi ke klinik hewan. Apakah Anda memiliki masalah untuk memilih produk pet carrier yang sesuai?Melalui artikel ini, kami akan memperkenalkan cara memilih pet carrier yang tepat. Pastikan memilih produk yang memenuhi aspek keamanan, ukuran, visibilitas, kemudahan untuk digunakan dan dibawa, serta memiliki ventilasi. Jadi, pet carrier manakah yang terbaik? Pahami sebelum membeli, ya!
    Perawatan hewan
    156 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori