10 Rekomendasi Mesin Serut Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Mesin Serut Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Mesin serut kayu yang biasa disebut juga mesin ketam atau planer berguna untuk menghaluskan permukaan kayu yang tidak rata. Dengan begitu, proses finishing kayu pun menjadi lebih mudah. Meski begitu, banyaknya mesin serut kayu yang berbeda spesifikasi satu sama lain mungkin bisa membuat Anda bingung memilih.

Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi mesin serut kayu terbaik. Anda akan menemukan berbagai produk keluaran Bosch, AEG, Makita, dan sebagainya di sini. Pilihlah produk yang paling sesuai kebutuhan agar pekerjaan Anda semakin cepat selesai!

Daftar isi

Mesin serut kayu, menghaluskan permukaan kayu dengan mata pisau berputar

Mesin serut kayu, menghaluskan permukaan kayu dengan mata pisau berputar

Belakangan ini, mesin serut kayu semakin populer. Keberadaan alat ini sangat memudahkan Anda untuk menghaluskan permukaan kayu. Berbeda dengan alat serut kayu manual, mesin serut kayu menghaluskan kayu melalui mata pisaunya yang bergerak memutar.

Tidak seperti alat serut kayu manual, mesin serut kayu mudah digunakan oleh semua orang. Pemula pun tidak akan kesulitan menggunakannya. Saat menggunakan alat serut kayu manual, Anda harus berlatih berulang kali agar hasilnya optimal. Namun, untuk menggunakan mesin serut kayu Anda tidak membutuhkan keahlian khusus.

Meski demikian, hasil pekerjaan seorang ahli tetap akan lebih bagus daripada hasil serutan kayu pemula yang menggunakan planer. Penting untuk diingat, alat ini akan menghasilkan banyak serbuk kayu sehingga Anda harus menggunakannya jauh dari api.

Cara memilih mesin serut kayu

Sekarang, kami akan menjelaskan cara memilih mesin serut kayu. Perhatikanlah poin-poin yang akan kami jelaskan berikut agar Anda dapat memilih alat terbaik.

Pilih produk dengan lebar sesuai kebutuhan Anda

Pilih produk dengan lebar sesuai kebutuhan Anda

Ketika memilih mesin serut kayu, penting untuk mengetahui ukuran lebarnya. Lebar mesin serut akan menentukan seberapa lebar kayu yang dapat Anda kerjakan pada satu waktu.

Misalnya saja, kayu yang ingin Anda haluskan memiliki lebar 89 mm. Bila Anda menghaluskannya dengan mesin serut kayu yang lebarnya 82 mm, masih tersisa selisih 7 mm. Mau tidak mau Anda jadi harus menghaluskan sisa area tersebut secara terpisah. Anda pun jadi membutuhkan waktu lebih banyak. Tidak hanya itu, hasilnya pun belum tentu merata karena proses penghalusannya terbagi menjadi 2-3 tahap. Karena itu, mesin serut kayu dengan lebar melebihi objek yang dihaluskan lebih disarankan. Dalam kasus ini, mesin serut kayu dengan lebar 92 mm atau 110 mm adalah pilihan terbaik.

Namun, mesin serut kayu selebar 82 mm harganya lebih terjangkau daripada yang lebarnya 92 mm atau 110 mm. Karena itu, bila Anda memiliki dana terbatas, Anda bisa memilih produk yang lebarnya 82 mm. Toh, bila telah terbiasa memakainya, menghaluskan satu papan kayu dalam 2-3 tahap penghalusan bukanlah masalah lagi.

Pilih produk yang mata pisaunya mudah diganti

Pilih produk yang mata pisaunya mudah diganti

Semakin sering digunakan, mata pisau pada mesin serut kayu akan semakin tumpul. Sebenarnya mata pisau tersebut bisa saja diasah agar kembali tajam. Namun, bila Anda baru pertama kali menggunakan mesin serut kayu, mengasah mata pisau bukan perkara mudah. Karena itu, kami merekomendasikan Anda untuk memilih produk yang mata pisaunya mudah diganti.

Memang betul, kebanyakan produk yang dijual belakangan ini menggunakan mata pisau yang bisa diganti. Akan tetapi, ada juga produk yang mata pisaunya flat dan harus diasah agar kembali tajam. Karena itu, Anda perlu memastikan bahwa produk pilihan Anda mata pisaunya bisa diganti.

Selain itu, pastikan juga mata pisau penggantinya banyak beredar di pasaran. Bila Anda memilih produk keluaran pabrikan kecil atau kurang terkenal, biasanya mata pisau penggantinya sulit ditemukan. Bila Anda ingin mesin serut kayu yang mata pisaunya mudah diganti, pilihlah produk keluaran produsen ternama. Dengan begitu, Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan dan membeli mata pisaunya secara terpisah.

Pilih produk yang dapat dipasangkan dust bag

Pilih produk yang dapat dipasangkan dust bag

Mesin serut kayu akan menghasilkan serbuk kayu dalam jumlah cukup banyak. Ketika menggunakan alat serut manual, yang keluar adalah serpihan-serpihan kayu tipis. Namun, saat Anda menggunakan mesin serut kayu, serbuk kayunya akan muncul dengan cepat dan banyak. Karena itu, Anda sebaiknya memilih produk yang dapat dipasangkan penampung serbuk kayu atau dust bag. Dengan begitu, Anda pun akan lebih nyaman bekerja.

Terdapat produk yang penampung sisa kayunya sudah terpasang secara langsung pada mesin. Namun, banyak produk yang penampungnya berbentuk kantung seperti pada gambar di atas dan dijual terpisah. Belakangan, dust bag semakin banyak beredar sehingga harganya pun semakin murah. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya jika ingin membeli kantung tersebut. Penting untuk diingat, pastikan bahwa kantung tersebut cocok dengan mesin serut kayu Anda, ya!

Selain itu, seperti sudah disebutkan sebelumnya, mesin serut kayu akan menghasilkan banyak serbuk kayu. Anda harus berhati-hati dan menjauhi sumber api. Bila serbuk-serbuk kayu tersebut terkena api, bisa saja terjadi kebakaran. Untuk mencegah hal tersebut, sangat penting untuk memasangkan penampung serbuk kayu pada planer pilihan Anda.

10 Rekomendasi mesin serut kayu terbaik

Sekarang, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi mesin serut kayu terbaik. Terdapat berbagai produk dengan spesifikasi yang berbeda satu sama lain. Selamat memilih!

10. Ryu Planner RPL82-3A

10. Ryu Planner RPL82-3A

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 327.850

Produk berkualitas yang harganya sangat terjangkau

Dirancang secara khusus, konstruksi keseluruhan alat ini menjadi semakin tangguh untuk Anda gunakan seharian. Tidak hanya itu, mata pisaunya dibuat dari bahan carbide pilihan. Hasilnya, mata pisaunya tidak hanya tajam, tetapi juga durable untuk Anda gunakan dalam jangka panjang.

Konsumsi listrik sebesar 570 watt pada produk ini juga masih tergolong hemat. Berbobot 2,5 kg, Anda tidak akan kesulitan untuk mengoperasikan mesin serut kayu ini. Harganya pun sangat terjangkau, lho! Bila Anda menginginkan planer berkualitas tanpa harus mengeluarkan banyak dana, pilih ini saja!

Bobot 2,5 kg
Jumlah rotasi pisau 15.000 rpm (rotation per minute)
Lebar 82 mm
Cutting depth Maksimal 1 mm
Daya listrik 570 watt
Dust bag Tidak disebutkan

9. Maktec MT191

9. Maktec MT191

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 790.000

Makin empuk dan tak licin dengan rubber soft grip

Anda dapat menghaluskan permukaan kayu hingga kedalaman 2 mm menggunakan mesin serut kayu satu ini. Kecepatannya juga cukup tinggi, Anda bisa menggunakannya hingga 16.000 rpm. Dengan begitu, pekerjaan menghaluskan kayu akan lebih cepat selesai.

Jika Anda menginginkan produk yang terasa pas digenggam saat digunakan, produk ini layak dijadikan pilihan. Bagian handle-nya dilapisi rubber soft grip sehingga terasa empuk dan tidak licin di tangan Anda. Apalagi, bobot yang hanya 2,7 kg tentu akan membuat lengan Anda tidak mudah lelah saat memakainya.

Bobot 2,7 kg
Jumlah rotasi pisau 16.000 rpm
Lebar 82 mm
Cutting depth Maksimal 2 mm
Daya listrik 580 watt
Dust bag Bisa dibeli secara terpisah

8. AEG – PL 750

8. AEG - PL 750

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 990.000

Sudah 1 set dengan dust bag, lebih hemat!

Anda tak ingin mengeluarkan dana tambahan untuk membeli dust bag? Bila ya, produk ini layak dipertimbangkan. Saat membeli produk ini, Anda akan langsung memperoleh kantong penampung serbuk kayunya. Anda bisa memasangkan kantong tersebut di sisi kanan atau kiri sesuai keinginan.

Bobot 2,9 kg
Jumlah rotasi pisau 17.000 rpm
Lebar 82 mm
Cutting depth Maksimal 2 mm
Daya listrik 750 watt
Dust bag Sudah 1 set

7. Bosch GHO 6500 Professional

7. Bosch GHO 6500 Professional

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.075.000

Nyaman digunakan bahkan untuk Anda yang kidal

Produk dengan kecepatan hingga 16.500 rpm ini mampu menghaluskan kayu hingga kedalaman 2,6 mm. Dengan demikian, Anda tidak akan kesulitan untuk menghaluskan permukaan kayu yang sangat tidak rata sekalipun. Apalagi, mata pisau HSS (High Speed Steel) pada produk ini juga mudah diasah.

Kemudian, bila Anda adalah orang yang kidal, produk ini layak dijadikan pilihan. Didesain secara khusus, produk ini terasa sangat pas saat digenggam dengan tangan mana pun. Tidak hanya itu, adanya lock-on switch pada kedua sisinya membuat produk ini semakin mudah dioperasikan oleh Anda yang kidal.

Bobot 2,8 kg
Jumlah rotasi pisau 16.500 rpm
Lebar Tidak disebutkan
Cutting depth Maksimal 2,6 mm
Daya listrik 650 watt
Dust bag Bisa dibeli secara terpisah

6. Makita KP0800K

6. Makita KP0800K

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.750.000

Mata pisaunya mudah diganti dengan easy blade setting

Untuk Anda yang lebih suka mengganti mata pisau daripada mengasahnya, produk ini pas untuk Anda. Dengan sistem easy blade setting, mata pisaunya mudah Anda lepas-pasang dengan cepat. Apalagi, mata pisaunya sudah banyak beredar di pasaran sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk membelinya.

Bobot 2,58 kg
Jumlah rotasi pisau 17.000 rpm
Lebar 82 mm
Cutting depth Maksimal 2,3 mm
Daya listrik 620 watt
Dust bag Tidak disebutkan

5. DeWALT D26676

5. DeWALT D26676

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.000.000

Handle-nya ergonomis dan tak bikin pegal

Produk ini dilengkapi mata pisau berukuran besar sesuai standar industri. Hasilnya, menghaluskan permukaan kayu yang keras secara presisi termasuk di bagian sudut tidak sulit dilakukan. Mata pisaunya juga mudah diganti dan dapat digunakan untuk menghaluskan kayu hingga kedalaman 1,5 mm.

Bila Anda sering bekerja dalam waktu lama, produk ini wajib dipertimbangkan. Desain handle-nya ergonomis, tangan Anda tidak akan kelelahan meskipun menggunakannya selama berjam-jam. Apalagi, poly-v drive belt pada produk ini membuatnya semakin awet dan kuat untuk Anda gunakan sepanjang hari.

Bobot 2,7 kg
Jumlah rotasi pisau 17.000 rpm
Lebar 82 mm
Cutting depth Maksimal 1,5 mm
Daya listrik 550 watt
Dust bag Tidak disebutkan

4. Bitec PM 1900

4. Bitec PM 1900

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 670.000

Tidak ingin tagihan listrik membengkak? Pilih produk ini saja!

Produk rekomendasi kami selanjutnya ini hanya membutuhkan daya listrik yang minim untuk dapat bekerja, yakni hanya 450 watt saja! Dengan daya listrik sekecil ini, Anda tidak perlu khawatir tagihan listrik akan membengkak meski Anda menggunakannya dalam waktu lama. Untuk Anda yang mengutamakan penghematan listrik, jangan lewatkan produk ini, ya!

Bobot 2,6 kg
Jumlah rotasi pisau 17.000 rpm
Lebar 82 mm
Cutting depth Maksimal 2 mm
Daya listrik 450 watt
Dust bag Tidak disebutkan

3. BLACK+DECKER KW712

3. BLACK+DECKER KW712

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 585.000

Ruang kerja tetap bersih dengan vacuum adaptor

Anda bisa menghubungkan vacuum adaptor produk ini ke selang vacuum cleaner atau dust bag. Kemudian, letakkan saja ujung selang tersebut ke tempat sampah atau tempat penampung serbuk kayu lainnya. Hasilnya, serbuk kayu terkumpul di satu tempat dan ruangan pun tetap bersih.

Dilengkapi mata pisau reversible, Anda akan memperoleh hasil yang memuaskan saat menggunakan produk ini. Selain itu, adanya fitur v-groove juga memudahkan Anda menghaluskan bagian sudut kayu. Jika Anda ingin menghaluskan kayu tanpa repot berulang kali mengganti dust bag, produk ini patut diperhitungkan.

Bobot 2,5 kg
Jumlah rotasi pisau 17.000 rpm
Lebar 82 mm
Cutting depth Maksimal 2 mm
Daya listrik 650 watt
Dust bag Bisa dibeli secara terpisah

2. HiKOKI F-30A

2. HiKOKI F-30A

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.250.000

Haluskan kayu lebih cepat berkat lebar 92 mm miliknya!

Dengan lebar 92 mm, Anda tidak akan membutuhkan banyak waktu lagi untuk menghaluskan kayu dengan permukaan luas. Apalagi, produk ini dapat menghaluskan hingga kedalaman 3 mm. Bila Anda membutuhkan produk yang dapat menghaluskan kayu dengan cepat, mesin serut kayu ini adalah solusi tepat.

Anda juga bisa mengatur kedalamannya dengan mudah melalui nob yang tersedia. Dengan begitu, hasilnya pun akan lebih merata. Ukuran handle-nya juga pas dan nyaman digenggam. Meski begitu, Anda harus mempersiapkan dana lebih karena daya listrik produk ini mencapai 900 watt.

Bobot 4 kg
Jumlah rotasi pisau 12.000 rpm
Lebar 92 mm
Cutting depth Maksimal 3 mm
Daya listrik 900 watt
Dust bag Tidak disebutkan

1. Bosch GHO 18 V-LI Professional

1. Bosch GHO 18 V-LI Professional

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.980.000

Produk cordless yang bebaskan Anda dari kabel mengganggu

Sering merasa terganggu karena kabel yang melintang saat menyerut kayu? Produk compact berukuran 33 cm x 14,7 cm ini adalah solusi tepat untuk Anda. Mengambil daya listrik dari baterai 18 volt, Anda bisa semakin optimal bekerja tanpa ada kabel yang mengganggu.

Meski mengambil energi dari baterai, produk ini tetap dapat bekerja secara optimal. Mata pisaunya dapat berputar hingga 14.000 rpm. Dipadukan dengan mata pisau woodrazor yang tajam, menyerut permukaan kayu pun semakin mudah dilakukan. Selain itu, produk ini juga semakin fungsional dengan adanya speed selection.

Bobot 2,6 kg
Jumlah rotasi pisau 14.000 rpm
Lebar 82 mm
Cutting depth Maksimal 1,6 mm
Daya listrik Menggunakan tenaga baterai
Dust bag Bisa dibeli secara terpisah

Baca juga rekomendasi berbagai mesin pertukangan lainnya di sini

Tidak hanya menyerut kayu, ada kalanya Anda membutuhkan mesin amplas elektrik untuk mengamplas. Anda juga bisa saja membutuhkan mesin gergaji, mesin bor listrik, impact drill, atau hammer drill saat bekerja. Anda bisa membaca lebih detail mengenai cara memilih dan rekomendasi produk terbaik seluruh alat tersebut di sini.

Kesimpulan

Nah, kami sudah memberikan sepuluh rekomendasi mesin serut kayu terbaik. Anda bisa memilih produk yang lebarnya sesuai kebutuhan Anda. Tidak hanya itu, kemudahan melepas pasang dan memperoleh mata pisau pengganti juga perlu diperhatikan.

Penting untuk diingat, mesin serut kayu akan menghasilkan serbuk kayu dalam jumlah banyak. Anda bisa memilih produk yang dilengkapi dust bag atau bisa dipasangkan penampung debu secara terpisah. Selamat memilih!