10 Rekomendasi Karpet Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Karpet Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Apakah ruangan di rumah Anda menggunakan karpet? Nah, coba perhatikan, pasti suasana ruangan Anda menjadi berbeda dengan adanya karpet. Hal itu dikarenakan karpet merupakan salah satu elemen dekorasi yang bisa digunakan untuk mendukung tampilan interior.

Namun, jangan asal meletakkan karpet di ruangan. Ukuran, motif, bahan karpet dan lainnya mempengaruhi suasana di dalam ruangan Anda. Tips cara memilih karpet serta rekomendasi produk-produk terbaik, dari merek seperti IKEA, akan kami ulas dalam artikel ini. Penasaran bukan? Yuk, baca informasi selengkapnya.

Daftar isi

Cara memilih karpet

Ternyata apabila dilihat dari ukuran dan material yang digunakan, karpet memiliki model yang beragam sekali. Jika Anda bingung, pertama-tama kami akan memberikan poin-poin cara memilih karpet yang pas dan bisa membuat ruangan Anda lebih stylish. Simak ulasan kami berikut ini.

Sesuaikan ukuran karpet berdasarkan penempatannya

Hal paling utama yang harus diperhatikan saat memilih karpet adalah ukurannya. Karpet yang terlalu kecil akan menimbulkan kesan yang tidak hangat, sebaliknya jika ukuran karpet terlalu besar, ruangan akan terkesan lebih sempit dan penuh. Memilih ukuran karpet yang ideal memang gampang-gampang susah. Namun, jangan khawatir karena Anda bisa menggunakan ukuran-ukuran yang kami rekomendasikan berikut.

Jika diletakkan di depan sofa, pilih ukuran 150 cm x 200 cm

Jika diletakkan di depan sofa, pilih ukuran 150 cm x 200 cm

Jika meletakkan karpet di depan sofa, pilihlah ukuran yang sudah Anda sesuaikan dengan lebar sofa. Dengan begitu, kaki Anda dapat menyentuh karpet dengan nyaman pada saat Anda duduk di sofa. Jika sofa Anda merupakan sofa yang lebarnya dapat diduduki dua sampai tiga orang, saran kami agar Anda memilih karpet yang berukuran 150 cm x 200 cm. Lebar karpet yang melebihi lebar sofa lebih baik daripada terlalu kecil.

Ukuran 150 cm x 200 cm ini merupakan ukuran yang memudahkan Anda dalam proses pencucian karpet. Jika Anda memilih karpet berwarna putih atau warna terang yang mudah kotor, pilihlah ukuran kurang dari 150 cm x 200 cm atau yang kurang dari ukuran ini. Ukuran ini merupakan ukuran yang mudah dicuci.

Jika diletakkan di tengah ruangan, pilih ukuran 200 cm x 250 cm

Jika diletakkan di tengah ruangan, pilih ukuran 200 x 250 cm

Pada umumnya karpet diletakkan di tengah ruangan beserta dengan furniture seperti sofa atau meja yang juga diletakkan di atasnya. Namun, apakah ukuran karpet yang Anda gunakan sudah tepat? Untuk Anda yang biasa meletakkan karpet di tengah ruangan, kami menyarankan agar memilih ukuran karpet kira-kira 200 cm x 250 cm.

Selain itu, jika ingin meletakkan sofa atau meja di atas karpet, sebaiknya Anda memberi jarak atau space di sekitar meja untuk keleluasaan Anda bergerak. Anda juga perlu memikirkan lebar sofa yang sesuai agar bisa duduk dengan nyaman di sekitar karpet. Jika Anda memiliki rak TV atau yang lainnya, ukurlah jarak dari sofa hingga rak TV.

Jika diletakkan di samping tempat tidur, pilih ukuran minimal 60 cm x 120 cm

Jika diletakkan di samping tempat tidur, pilih ukuran minimal 60 x 120 cm

Agar kaki tidak dingin saat menyentuh lantai ketika turun dari tempat tidur pada pagi hari, banyak orang yang menggunakan karpet di kamar. Kami menyarankan agar memilih karpet yang umumnya berukuran kira-kira 60 cm x 120 cm yang tidak terlalu lebar. Selain itu, kami menyarankan agar Anda meletakkan karpet di depan lemari untuk memberikan space saat Anda berganti pakaian. Karpet berukuran minimal 60 cm x 120 cm biasanya dirancang dengan ketebalan yang sangat pas untuk diletakkan di dalam kamar. Karpet tipe ini juga cocok diletakkan di depan kandang hewan di dalam rumah.

Perhatikan material yang digunakan, lalu sesuaikan fungsinya dengan kebutuhan

Setelah mengetahui ukuran karpet ideal untuk ruangan Anda, selanjutnya yang harus diperhatikan adalah fungsi karpet yang Anda beli. Anda harus menentukan terlebih dahulu di mana karpet itu akan dipasang nantinya. Apakah karpet dimaksudkan agar nyaman untuk diduduki atau untuk mempercantik ruangan, hal tersebut tergantung pada material karpet yang digunakan.

Material harus nyaman jika dipakai untuk alas duduk atau tiduran santai

Material harus nyaman jika dipakai untuk alas duduk atau tiduran santai

Jika karpet yang Anda beli akan dipakai sebagai alas duduk atau tidur, misalnya untuk menonton TV, tidur siang, atau yang lainnya, pilihlah karpet dengan material yang nyaman dan sudah diproses secara khusus.

Selain karpet berserat microfiber dan katun, material-material yang kami rekomendasikan antara lain adalah flannel, katun, bulu, rasfur, dan lain-lain.

Jika digunakan di ruang makan, pilih material PVC atau material lain yang bersifat waterproof dan antinoda

Jika digunakan di ruang makan, pilih material PVC atau material lain yang bersifat waterproof dan antinoda

Bagi Anda yang ingin menggunakan karpet di ruang makan, pilihlah karpet yang terbuat dari material yang mudah dibersihkan. Jika rumah Anda ada anak kecil, pasti tiada hari tanpa kotor. Tidak hanya rentan kejatuhan remah-remah makanan, tetapi minuman seperti jus atau susu juga sering tumpah ke karpet. Oleh karena itu, sebaiknya memilih karpet yang terbuat dari material kulit sintetis atau kayu yang memiliki sifat antinoda dan antiair. Saat terkena noda Anda hanya perlu mengelapnya dan noda sudah hilang.

Material yang kedap suara, antiair, dan antinoda, untuk Anda punya anak kecil dan hewan peliharaan di rumah

Material yang kedap suara, antiair, dan antinoda, untuk Anda punya anak kecil dan hewan peliharaan di rumah

Memiliki anak kecil yang masih balita dan sedang aktif-aktifnya tentu membuat Anda kerepotan dengan tingkah mereka yang terkadang berisik dan mengotori rumah. Selain itu, rumah akan jauh dari kata bersih jika ditambah dengan hewan peliharaan di dalamnya. Jika ingin diletakkan di ruang keluarga, pilihlah karpet yang terbuat dari bahan yang mudah dibersihkan ketika kotor. Di samping itu, pilihlah karpet dari material yang tebal sehingga kedap suara dalam meredam langkah kaki anak Anda yang lincah berlarian. Untuk menjaga keselamatan anak-anak, ada baiknya agar Anda memilih karpet yang antiselip pula.

Karpet yang tebal dan hangat cocok digunakan pada saat cuaca dingin

Karpet yang tebal dan hangat cocok digunakan pada saat cuaca dingin

Saat cuaca dingin, biasanya lantai rumah juga menjadi dingin. Agar Anda nyaman dan tidak kedinginan saat duduk atau tiduran di atas karpet, sebaiknya memilih karpet yang tebal. Kaki pun juga akan tetap hangat jika Anda duduk di sofa atau berjalan di atas karpetnya. Jadi, agar tubuh Anda tetap terasa hangat meskipun cuaca sedang dingin, pilihlah karpet tebal yang salah satunya terbuat dari material wol.

Pilih karpet yang dapat dijaga kebersihannya

Seperti yang kita ketahui, karpet merupakan benda yang digunakan dalam waktu lama. Tentu lama-kelamaan karpet akan menjadi kotor dan bau. Oleh karena itu, Anda harus rutin membersihkannya. Entah itu dibersihkan menggunakan vacuum cleaner, dicuci manual, atau menggunakan mesin cuci. Terlebih dahulu Anda harus mengecek bagaimana cara mencucinya agar tetap terjaga kebersihannya.

Washable type, tipe yang bisa dicuci manual atau pakai mesin cuci

Washable type, tipe yang bisa dicuci manual atau pakai mesin cuci

Ada karpet yang mudah dicuci dan tidak mudah untuk dicuci. Bahkan ada tipe karpet yang memang tidak boleh untuk dicuci dengan air, melainkan cara membersihkannya menggunakan vacuum cleaner. Jika memungkinkan, pilih karpet yang bisa Anda cuci sendiri di rumah, entah yang dapat dicuci menggunakan mesin cuci atau manual dengan tangan. Karpet yang dapat dicuci biasanya karpet yang ringan, tidak kaku, dan bisa dilipat.

Satu hal yang harus Anda perhatikan saat mencuci karpet adalah agar Anda memasukkan karpet ke dalam kantong khusus, kemudian mencucinya dengan aliran air yang kecil. Gunakanlah detergen netral yang cocok untuk karpet yang Anda gunakan. Selain itu, yang harus Anda ingat juga adalah janganlah gunakan pengering untuk mengeringkan karpet.

Ingin lebih aman? Pilih tipe antibakteri dan antikutu

Ingin lebih aman? Pilih tipe antibakteri dan antikutu

Seperti yang Anda tahu bahwa karpet bukanlah benda yang dicuci setiap hari. Seberapa sering pun Anda mencucinya, lama-lama karpet akan menjadi bau jika rumah Anda memiliki kelembapan tinggi. Karpet yang bau merupakan tanda tumbuhnya bakteri atau mungkin menjadi sarang kutu. Bagi Anda yang mengalami masalah ini, kami sarankan untuk memilih karpet dengan bahan yang sudah diproses agar terhindar dari bakteri penyebab bau dan juga bebas kutu. Jadi, tidak perlu dicuci dengan air, cukup bersihkan karpet Anda dengan vacuum cleaner niscaya bakteri dan kutu akan hilang.

Pilih bentuk dan warna yang menarik untuk mempercantik interior rumah

Pilih bentuk dan warna yang menarik untuk mempercantik interior rumah

Saat Anda bosan dengan interior rumah yang itu-itu saja, cobalah mengganti atau menambahkan karpet yang berbeda di ruangan rumah Anda, misalnya karpet berbentuk bulat dengan warna-warni yang mencolok. Karpet berbentuk bulat pun akan memberikan kesan yang hangat serta ruangan akan terlihat lebih luas.

Selain itu, banyak juga dijual karpet tipe compact yang cocok bagi Anda yang tinggal di tempat yang sempit yang memiliki satu ruangan seperti kamar kos. Cobalah untuk mengatur karpet dengan menyesuaikan dengan furniture dan suasana di ruangan Anda.

10 Rekomendasi karpet terbaik

Nah, setelah kami bagikan tips dan poin-poin cara memilih karpet, di bawah ini kami akan mengulas produk-produk karpet rekomendasi terbaik. Jadi, baca dan temukan karpet terbaik pilihan Anda.

10. Karpet Piringan Hitam

10. Karpet Piringan Hitam

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 453.000

Dekor kamar Anda jadi lebih bergaya “anak muda” dengan karpet unik dan keren ini!

Apakah Anda bosan dengan karpet di kamar Anda yang bentuknya persegi? Dekor ulang kamar Anda dengan karpet berbentuk bulat keren ini! Warna dan desainnya sangat menarik karena menyerupai piringan hitam. Di pinggir karpet terdapat gambar-gambar notasi musik yang pasti cocok untuk kamar Anda atau anak yang hobi mendengarkan musik.

Selain itu, produk ini memiliki diameter 100 cm yang tidak terlalu lebar sehingga tidak akan memakan banyak tempat. Cocok untuk diletakkan di kamar apartemen Anda. Karena ukurannya yang tidak terlalu besar ini maka memudahkan Anda untuk mencucinya. Anda bisa menggunakan mesin cuci atau mencucinya secara manual.

9. Royal Karpet Elegance 9913

9. Royal Karpet Elegance 9913

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.798.000

Berikan kesan mewah dengan karpet made in Turkey!

Bagi Anda yang ingin memberikan kesan yang mewah ruangan di rumah Anda, mungkin produk impor dari Turki ini bisa mengatasinya. Mengapa harus Turki? Jika hal itu menjadi pertanyaan di benak Anda, jawabannya karena karpet dari negeri ini sudah dikenal bertahun-tahun di berbagai negara.

Desainnya yang klasik dan terbuat dari material sutra yang lembut akan memberikan kesan classy dan mewah untuk ruangan Anda. Ukurannya yang cukup lebar yaitu 200 cm x 290 cm cukup untuk ruang tamu Anda yang luas. Letakkan karpet ini di tengah ruangan, lalu taruhlah sofa dan meja di atasnya.

8. IKEA LUDDE Karpet Kulit Domba

8. IKEA LUDDE Karpet Kulit Domba

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 916.600

Anda punya alergi? Pilih karpet dari bulu domba asli !

Ingin karpet yang awet dan ramah lingkungan? Pilih saja karpet rekomendasi kami ini yang terbuat dari material wol bulu domba asli yang terkenal berkualitas karena berbahan alami. Wol memiliki sifat hypoallergenic yaitu tidak mudah menimbulkan reaksi alergi sehingga aman bagi Anda yang memiliki alergi.

Selain itu, saat Anda menginjaknya, karpet akan terasa membal. Karena berbahan alami, permukaan karpet yang lembut ini akan kembali rata dan mengembang. Namun, produk alami ini membutuhkan perawatan yang ekstra hati-hati. Gunakan tangan untuk mencuci dan suhu air harus maksimal 30 derajat.

7. Karpet Bulu Halus Antiselip

7. Karpet Bulu Halus Antiselip

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 153.000

Tidak besar ataupun kecil, pas untuk ruangan minimalis Anda

Bagi Anda yang memiliki rumah minimalis dengan luas ruangan-ruangan yang juga minim, jangan bingung, Anda tetap bisa mendekor rumah menggunakan karpet. Kami merekomendasikan produk ini yang memiliki ukuran 60 cm x 120 cm. Tidak terlalu besar sehingga tidak membutuhkan space yang banyak di ruangan minimalis Anda.

Selain itu, karena ukurannya yang tidak terlalu besar, Anda bisa menempatkannya di samping tempat tidur atau di depan sofa Anda yang tidak tidak terlalu lebar. Warnanya yang cokelat cocok dipadupadankan dengan warna furniture yang lain. Jadi, tunggu apa lagi? Segeralah beli!

6. Karpet Bulu Rasfur

6. Karpet Bulu Rasfur

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 229.000

Karpet supertebal hingga 3 cm! Masuk angin? No way!

Bersantai di lantai sambil menonton TV bersama keluarga tentu menyenangkan. Namun, jangan sampai udara dingin di musim hujan membuat Anda dan keluarga masuk angin karena karpet yang digunakan terlalu tipis. Mulai sekarang, gunakan karpet rekomendasi dari kami ini yang memiliki ketebalan 3 cm.

Karpet ini sangat cocok diletakkan di ruang keluarga. Selain membuat Anda terhindar dari lantai yang dingin, Anda dan keluarga akan merasakan kenyamanan saat bersantai di atas karpet karena produk ini terbuat dari bulu rasfur yang sangat lembut. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau dan pilihan warnanya banyak, lho!

5. Karpet Kayu Oak Merah

5. Karpet Kayu Oak Merah

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 665.000

Buat ruang makan Anda selalu bersih dengan karpet dari kayu

Sering merasa kesal dengan karpet yang kotor di bawah meja makan Anda? Bagaimana jika memilih karpet kayu asal Amerika ini? Bukan sekedar potongan kayu biasa, namun karpet ini dibuat dari panel-panel kayu yang di bagian belakangnya dihubungkan dengan kanvas yang sudah dilapisi.

Saat terkena tumpahan makanan, Anda hanya perlu mengelapnya dan karpet akan bersih kembali. Kayu yang digunakan adalah plywood dari kayu red oak yang masih memperlihatkan urat-urat kayu yang tampak alami. Bagi Anda yang ingin karpet yang mudah dibersihkan dan menambah keindahan ruang makan, pilihlah produk ini.

 4. Karpet Kanvas Tribal Cokelat

 4. Karpet Kanvas Tribal Cokelat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 85.000

Ringan, mudah dicuci, dan harganya pas di kantong!

Karpet tebal dan berat tentu merepotkan Anda saat ingin mencuci atau membersihkannya. Bagi Anda yang malas mencuci karena karpet yang berat, kami sarankan memilih karpet bermaterial kanvas ini. Kanvas merupakan salah satu material yang sudah terkenal ringan sehingga memudahkan Anda dalam merawat karpet.

Karena ringan dan tidak kaku, Anda bisa membawanya untuk piknik atau Anda pindah ke mana pun dengan mudah. Cukup lipat dan karpet sudah bisa dibawa-bawa. Selain ringan, kanvas merupakan material yang cukup lembut, tetapi memiliki tekstur yang cukup kesat dan tidak licin ketika diletakkan di lantai. Harganya pun tidak menguras kantong, lho!

3. Rosanna Karpet Microfiber

3. Rosanna Karpet Microfiber

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 495.000

Jangan sampai terpeleset! Yang satu ini sudah ada antilicinnya

Bagi seorang ibu, jantung Anda pasti terasa seperti ingin copot saat melihat anak terpeleset oleh karpet di dalam rumah. Jangan menunggu sampai anak Anda terluka parah untuk mengganti karpet yang lebih aman. Segera ganti karpet Anda dengan produk yang sudah dilengkapi lapisan antilicin seperti di bagian bawah produk ini.

Dengan menggunakan karpet ini, Anda dan keluarga yang memiliki alergi pun akan aman karena material microfiber yang digunakannya memiliki sifat hypoallergenic yaitu antialergi. Warna yang ditawarkan pun bermacam-macam. Jadi, pilihlah yang sesuai dengan selera Anda ya!

2. IKEA STILLSAMT Karpet Anak

2. IKEA STILLSAMT Karpet Anak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 768.900

Antiberisik dengan perpaduan warnanya yang pas untuk mempercantik ruangan

Seperti produk nomor 3 di atas, Anda pasti tidak ingin terganggu dengan tingkah anak yang berlarian secara berisik di atas karpet. Redam suara langkah kaki anak Anda dengan mengganti karpet tipis Anda dengan produk dari IKEA ini. Karpet yang tebal akan meredam suara langkah yang berisik.

Selain itu, warnanya pun menarik dengan perpaduan warna kuning, pink, dan putih yang akan membuat kamar menjadi terkesan fresh dan ceria. Bagian belakang karpet dilapisi dengan karet sehingga produk ini aman dan cocok jika diletakkan di kamar anak-anak.

1. IKEA STOCKHOLM Karpet Anyaman Datar

1. IKEA STOCKHOLM Karpet Anyaman Datar

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 5.830.000

Ruangan akan menjadi lebih eksklusif dengan karpet berkualitas tinggi buatan tangan made in India!

Apakah Anda mencari karpet berkualitas? Produk nomor satu dari kami ini jawabannya. Dibuat handmade atau dianyam satu per satu oleh pengrajin India, karpet ini tentunya lebih berkualitas dibandingkan dengan karpet yang dibuat massal menggunakan mesin. Karena dibuat secara handmade, karpet ini menjadi lebih eksklusif dan mewah.

Dengan desain warnanya yang hitam dan putih, karpet dari IKEA ini bisa Anda kombinasikan dengan berbagai warna furnitur dan interior. Permukaannya pun rata sehingga memudahkan Anda saat proses pembersihan dengan vacuum cleaner. Harganya yang cukup mahal tentulah sangat sebanding dengan kualitas produk ini.

Kesimpulan

Nah, itu tadi ulasan kami mengenai cara memilih karpet beserta produk-produk terbaik yang sudah kami rekomendasikan untuk Anda. Ukuran, bentuk, material, serta motif karpet yang dijual di pasaran ternyata memang ada beragam jenisnya. Periksalah ukuran ruangan Anda, lalu sesuaikan dengan ukuran karpet yang dibeli. Pilihlah motif, bahan, bentuk yang Anda suka, dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jadi, apakah Anda sudah menentukan untuk membeli karpet yang terbaik untuk Anda? Selamat memilih!