1. TOP
  2. >
  3. Interior & furnitur
  4. >
  5. Dekorasi ruangan
  6. >
  7. 10 Karpet Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Karpet Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Karpet Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Karpet Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Karpet Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Karpet Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Karpet Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023)

Apakah ruangan di rumah Anda menggunakan karpet? Cobalah perhatikan, pasti suasananya menjadi berbeda dengan adanya karpet lantai. Karpet merupakan salah satu elemen dekorasi untuk mendukung tampilan interior. Ukuran, motif, hingga bahan karpet akan memengaruhi kualitas dan suasana ruangan Anda.

Beragam merek karpet yang bagus tersedia di pasaran, seperti Inoac dan Kintakun. Nah, kali ini kami akan mengulas tips memilih serta memberikan rekomendasi karpet terbaik. Anda bisa menemukan karpet permadani, karpet bulu, karpet plastik, hingga karpet meteran. Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek kami, Rio Maximilian. Selamat membaca!

Diperbaharui 01-10-2023
Pakar
Arsitek
Rio Maximilian

Bersertifikasi Madya dari Ikatan Arsitek Indonesia, arsitek profesional ini sudah bekerja selama 17 tahun di Indonesia. Pendiri konsultan arsitektur Djalmo Manungso ini pernah menjadi principal architect dan partner di PT. Vindate selama 10 tahun. Rio juga pernah meraih juara pertama desain gedung DIKTI Senayan dan juara harapan desain Museum Nasional. Rio memiliki pengalaman mendesain beragam fungsi bangunan dari rumah tinggal, hotel, gedung kantor di atas 20 lantai, serta bandara.

Profil Rio Maximilian
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih karpet

Pertama-tama, kami akan memberikan poin-poin cara memilih karpet untuk membuat suasana ruangan dan interior Anda lebih baik. Silakan simak ulasan kami berikut.

① Sesuaikan ukuran karpet dengan area penempatannya

Karpet yang terlalu kecil akan menimbulkan kesan yang tidak hangat. Sebaliknya, ruangan akan terkesan lebih sempit dan penuh jika ukuran karpet terlalu besar. Oleh sebab itu, pilihlah ukuran karpet yang sesuai dengan luas ruangan.

Ukuran ±100 cm x 150 cm: Cocok untuk diletakkan di ruang TV atau depan sofa

Ukuran ±100 cm x 150 cm: Cocok untuk diletakkan di ruang TV atau depan sofa

Jika karpet akan diletakkan di depan sofa, pilihlah ukuran yang sudah Anda sesuaikan dengan konfigurasi sofa. Apakah sofa Anda tiga seater dengan satu seat di kanan kiri? Ataukah sofa Anda memiliki dua seater dengan kombinasi satu seater dan coffee table?


Poin yang terpenting adalah memilih karpet yang sedikit lebih lebar dari sofa. Jadi, kaki Anda bisa menyentuh karpet dengan nyaman saat Anda duduk di sofa. Misalnya, lebar karpet yang cocok di depan sofa dengan lebar 130 cm adalah 140–150 cm. Hal ini tergantung dari lebar tiap-tiap sofa.


Sama halnya jika Anda memerlukan karpet untuk diletakkan di ruang TV, pilihlah karpet yang lebih lebar daripada TV. Hal ini terlebih jika Anda punya kebiasaan duduk di karpet bersama keluarga untuk menonton TV.


Dengan memilih karpet yang lebar, Anda dapat duduk dengan nyaman bersama-sama. Adapun ukuran karpet yang cocok untuk dipasang di depan sofa atau ruang TV adalah sekitar 100 cm x 150 cm.

Ukuran ±200 cm x 150 cm: Bagus dipakai di area luas, seperti ruang tamu atau ruang bermain anak

Ukuran ±200 cm x 150 cm: Bagus dipakai di area luas, seperti ruang tamu atau ruang bermain anak

Jika Anda ingin meletakkan karpet di ruang tamu atau ruang bermain, ukuran standarnya adalah sekitar 200 cm x 150 cm. Bila Anda ingin meletakkan perabot di atas karpet, berilah jarak di sekitar meja untuk keleluasaan Anda bergerak. Bagi Anda yang sering duduk di lantai, kami merekomendasikan ukuran yang bisa memberikan jarak 70 cm di sekitar meja.


Selain itu, cermatilah proporsi karpet terhadap ukuran ruangan setelah dikurangi furnitur yang ada. Usahakan ukuran karpet tidak lebih dari 75% dari area lantai yang kosong. Hal ini bertujuan supaya karpet tidak mendominasi ruangan Anda.

Karpet meteran: Ukurannya mudah disesuaikan dengan luas ruangan

Karpet meteran: Ukurannya mudah disesuaikan dengan luas ruangan

Bila Anda khawatir karpet yang Anda beli tidak pas ketika diletakkan di ruangan, pilihlah karpet meteran. Dengan membeli karpet meteran, Anda akan lebih mudah menyesuaikannya dengan luas ruangan. 


Mulai dari kamar tidur, dapur, hingga hotel cocok dipasangi karpet ini. Tenang saja karena karpet meteran gampang dipotong dengan gunting atau cutter. Biasanya karpet ini memiliki ukuran lebar kurang lebih 120 cm.


Gunakanlah karpet meteran untuk ruangan yang ingin lantainya ditutupi karpet secara keseluruhan. Karpet meteran biasa digunakan pada ruang pertemuan informal dan kamar tidur.

② Kenali bahan karpet

Beragam bahan digunakan untuk membuat karpet. Pemilihan bahan karpet yang bagus sangat penting, terlebih saat ada anggota keluarga yang alergi bulu halus. Bahan pun menentukan perawatan karpet. Untuk lebih jelasnya, silakan baca penjelasan berikut.

Polipropilena/nilon: Mudah dibersihkan

Polipropilena/nilon: Mudah dibersihkan

Polipropilena merupakan bahan termoplastik yang lentur, permukaannya licin, dan tahan terhadap bahan kimia. Sementara itu, nilon merupakan bahan yang ringan, kuat, serta tahan terhadap noda.


Karakteristiknya menjadikan karpet dengan kedua bahan ini tidak cepat kotor. Apabila terkena noda, cukup bersihkan permukaannya dengan kain lap atau tisu.


Karpet ini memiliki tekstur yang tidak terlalu halus dan agak kaku. Oleh karena itu, karpet ini biasanya dipasang pada ruang meeting, kantor, dan area formal yang lain.

Microfiber: Lembut dan menyerap air

Microfiber: Lembut dan menyerap air

Karpet ini cenderung digunakan sebagai aksen di area sofa atau wardrobe. Karpet microfiber memiliki tekstur yang lembut dan dapat menyerap air dengan mudah. Sebab itu, karpet dari bahan ini mudah dicuci dengan mesin ataupun secara manual


Bahan ini juga menyerap softener dengan mudah sehingga aromanya akan tahan lama saat diberi pewangi. Hebatnya lagi adalah microfiber memiliki sifat hypoallergenic atau antialergi. Jadi, bahan ini aman untuk anak kecil ataupun pemilik kulit sensitif.

Bulu rasfur: Lebih hangat, cocok untuk ruangan ber-AC

Bulu rasfur: Lebih hangat, cocok untuk ruangan ber-AC

Mirip dengan karpet microfiber, karpet dengan bahan bulu rasfur juga memiliki tekstur yang lembut dan dapat menyerap air. Bedanya adalah serat pada karpet bulu rasfur lebih tipis dan harganya sedikit lebih tinggi. Kain rasfur pun sering dipakai untuk bahan pembuatan boneka, bantal, tas, dan sebagainya.


Selain itu, makin tebal bulunya akan makin hangat karpetnya. Jadi, karpet rasfur akan terasa lebih nyaman diduduki atau ditiduri ketika diletakkan di ruangan ber-AC. Namun, karpet ini harus sering dibersihkan menggunakan vacuum karena mudah sekali kotor oleh debu ataupun remahan benda kecil.

③ Perhatikan cara membersihkan karpet

Perhatikan cara membersihkan karpet
Mencuci barang yang tebal dan besar memang bisa terasa menyulitkan. Untuk memudahkan pencucian, pilihlah produk yang dapat dicuci dengan mesin cuci ataupun secara manual.

Karpet Anda akan lebih mudah dicuci dengan mesin cuci apabila bobotnya ringan. Selain itu, periksalah apakah karpet yang Anda beli boleh dikeringkan dengan pengering. Sebaiknya, Anda juga memiliki vacuum cleaner berdaya serap tinggi sehingga Anda tak perlu terlalu sering mencuci karpet.


Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang produk pembersih karpet? Simak ulasannya pada artikel di bawah ini.

④ Jika diletakkan di area yang sering dilalui, utamakan karpet antiselip

Jika diletakkan di area yang sering dilalui, utamakan karpet antiselip
Sumber: dekoruma.com
Karpet yang memiliki keunggulan antiselip sangat cocok diletakkan di area yang sering dilalui, khususnya anak-anak. Contohnya, area-area sekitar tempat tidur, ruang tamu, serta area yang tidak diisi dengan perabot.

Keunggulan ini membuat Anda dan keluarga tidak mudah tergelincir atau jatuh. Jika karpet favorit yang Anda beli tidak memiliki keunggulan ini, Anda bisa membeli lapisan antiselip secara terpisah.

⑤ Bagi Anda yang memiliki anak kecil, pilih yang aman dan kedap suara

Bagi Anda yang memiliki anak kecil, pilih yang aman dan kedap suara
Untuk rumah dengan bayi dan anak-anak, pilihlah karpet yang aman. Anda dapat mengecek apakah karpet tersebut telah lulus tes uji keamanan, contohnya bebas dari formaldehyde (formalin). Produk-produk yang lembut di kulit pun bisa jadi pilihan, seperti karpet dari katun organik.

Bagi yang tinggal di apartemen atau rumah susun, suara kaki anak yang sedang loncat-loncat sangat mudah menimbulkan keributan. Karpet dengan bantalan yang empuk atau kedap suara direkomendasikan untuk Anda.


Kami telah membahas karpet puzzle terbaik untuk anak. Apabila Anda ingin mengetahui informasinya lebih lanjut, klik tautan di bawah ini.

⑥ Untuk Anda yang punya hewan peliharaan di rumah, pertimbangkan karpet antinoda

Untuk Anda yang punya hewan peliharaan di rumah, pertimbangkan karpet antinoda
Jika Anda punya hewan peliharaan di rumah, pilih karpet yang bahannya antibakteri, antibau, dan antikutu. Dengan begitu, bau dan kotoran bisa berkurang dan karpet tidak lekas kotor. 

Akan lebih ideal apabila karpet tersebut dibuat dari bahan yang kaku dengan serat yang pendek. Karpet seperti ini mudah dicuci hanya dengan disikat dan tidak mudah tergores oleh kuku hewan peliharaan. Namun, ingatlah bahwa Anda tetap harus rajin membersihkannya dengan vacuum supaya debu dan bulu hewan tidak menumpuk.

⑦ Temukan desain dan warna karpet yang menarik untuk mempercantik interior

Temukan desain dan warna karpet yang menarik untuk mempercantik interior
Karpet merupakan salah satu elemen dekorasi yang bisa digunakan untuk mendukung tampilan interior. Jadi, penting sekali untuk memperhatikan warna dan bentuk karpet. Contohnya, karpet bentuk persegi panjang cocok untuk segala ruangan. Di sisi lain, karpet bentuk bulat terkesan lembut dan lebih cocok untuk kamar wanita.

Pada dasarnya, tak masalah memadukan warna karpet dengan interior dan warna ruangan. Namun, lebih baik Anda memilih warna karpet berdasarkan kesan yang ingin ditunjukkan. Misalnya, karpet putih akan memberi kesan ruangan yang luas. Sementara itu, karpet hitam akan menjadikan ruangan terasa lebih berkelas.


Untuk ruangan dengan desain klasik, pilihlah warna karpet yang soft dan earth tone. Di sisi lain, karpet berwarna cerah lebih pas untuk ruangan yang terkesan modern.

10 Rekomendasi karpet terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk karpet terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Rio Maximilian.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Alhadi

Karpet Masjid Medgra Shabel Meteran

Alhadi Karpet Masjid Medgra Shabel Meteran 1枚目

Sulap ruang ibadah di rumah Anda jadi senyaman di masjid

2

Karpet Lantai Maroc

 Karpet Lantai Maroc 1枚目

Menghadirkan nuansa minimalis dalam ruangan Anda

3

Kintakun

Karpet Selimut 150 Luxury

Kintakun Karpet Selimut 150 Luxury 1枚目

Nyaman diduduki berkat busa padat dan tekstur lembut

4

Jamas Carpet

Karpet BCF Exclusive

Jamas Carpet Karpet BCF Exclusive 1枚目

Tonjolkan kesan berkelas dengan karpet permadani!

5

109 Pillow

Karpet Bulu

109 Pillow Karpet Bulu 1枚目

Kaki tetap hangat dengan karpet bulu tebal saat bangun tidur

6

Dekoruma

Linori Karpet

Dekoruma Linori Karpet 1枚目

Motif dan perpaduan warnanya menghidupkan suasana

7

Me & Dots

Karpet Etnik Besar

Me & Dots Karpet Etnik Besar 1枚目

Bermotif etnik, unik untuk menemani minum kopi

8

Inoac

Atease Boa Rug

Inoac Atease Boa Rug 1枚目

Saking tebalnya, bisa dijadikan alas tidur

9

Vintage Story

Shabby Karpet Exclusive Korea

Vintage Story Shabby Karpet Exclusive Korea 1枚目

Hiasi kamar kost Anda dengan gaya shabby chic

10

Jamas Carpet

Karpet Karakter Original

Jamas Carpet Karpet Karakter Original 1枚目

Ruangan kian imut, si kecil makin senang!

Perincian produk
Close
No.1

AlhadiKarpet Masjid Medgra Shabel Meteran

Mulai dari Rp142.000,00

Sulap ruang ibadah di rumah Anda jadi senyaman di masjid

Kelebihan:

  • Material yang digunakan tidak menyerap bau dan tidak berjamur

Kekurangan:

  • Bobot karpet cukup berat, kurang mudah dipindahkan

Tempat salat yang nyaman akan membuat Anda makin semangat beribadah. Karena itu, Anda dapat menambahkan karpet lantai meteran ini di rumah Anda. Produk ini memiliki variasi motif yang mirip dengan yang biasa digunakan di masjid.


Produk ini bahkan juga tebal, lembut, dan empuk sehingga akan menambahkan kenyamanan ibadah Anda. Karena dijual meteran, Anda cukup menyesuaikan ukurannya dengan luas musala di rumah Anda.

No.2

Menghadirkan nuansa minimalis dalam ruangan Anda

Kelebihan:

  • Memiliki banyak varian warna dan motif

Kekurangan:

  • Tidak menggunakan alas antiselip, perlu ditambahkan pelapis

Produk ini adalah karpet yang bagus untuk ruang tamu dengan konsep lesehan, terlebih yang gayanya minimalis. Selain lebar, karpet Lantai Maroc identik dengan motif minimalis dan kombinasi dua hingga tiga warna yang indah.


Motif simetris dan perpaduan warna yang minimalis menjadikan penampilan karpet ini makin estetik. Produk ini pun menawarkan puluhan motif untuk memudahkan Anda memilih yang sesuai dengan selera. Jadi, jangan lewatkan produk ini bila Anda butuh rekomendasi karpet ruang tamu.

No.3

KintakunKarpet Selimut 150 Luxury

Mulai dari Rp840.000,00

Nyaman diduduki berkat busa padat dan tekstur lembut

Kelebihan:

  • Menggunakan bahan busa dengan densitas tinggi

Kekurangan:

  • Karpet tidak terlalu tebal, kurang nyaman untuk rebahan

Produk ini merupakan karpet lantai yang bagus untuk diletakkan di ruang keluarga. Anda dan keluarga akan betah duduk di karpet ini sambil menonton TV, berbincang, dan bahkan belajar. Hal tersebut karena bahan busanya memiliki densitas tinggi sehingga nyaman diduduki. Karpet mewah ini juga diklaim kuat, tahan lama, serta bertekstur halus dan lembut.

No.4

Jamas CarpetKarpet BCF Exclusive

Mulai dari Rp790.900,00

Tonjolkan kesan berkelas dengan karpet permadani!

Kelebihan:

  • Motifnya menghadirkan kesan mewah

Kekurangan:

  • Ukurannya cukup besar, penempatan terbatas

Bagi Anda yang ingin memberikan kesan mewah di ruangan Anda, karpet permadani yang bagus ini dapat dipilih. Motifnya yang klasik dengan bahan yang lembut akan memberikan nuansa classy di ruangan Anda.


Tiap motif yang dimiliki karpet ambal ini terlihat begitu eksklusif. Desainnya cocok untuk rumah dengan ruangan bergaya Mediterania.

No.5

109 PillowKarpet Bulu

Mulai dari Rp189.900,00

Kaki tetap hangat dengan karpet bulu tebal saat bangun tidur

Kelebihan:

  • Menggunakan material bulu rasfur grade A yang tebal, lembut, dan empuk
  • Harga cukup terjangkau untuk kualitasnya

Kekurangan:

  • Ada review yang mengatakan bahwa lapisan bawah karpet licin

Jika ingin kaki Anda tetap hangat ketika bangun tidur pada cuaca dingin, letakkan karpet ini di samping kasur Anda. Produk ini menggunakan material bulu rasfur berkualitas yang tebal dan lembut.


Selain itu, karpet ini diklaim mempunyai stabilitas yang baik terhadap suhu. Jadi, produk ini mampu menghangatkan saat cuaca dingin dan tetap terasa sejuk kala cuaca panas. Karpet yang lebarnya 50 cm ini sangat pas melengkapi kamar yang tidak terlalu luas.

No.6

DekorumaLinori Karpet

Mulai dari Rp349.000,00

Motif dan perpaduan warnanya menghidupkan suasana

Kelebihan:

  • Bergaya kontemporer, pas untuk ruangan modern

Kekurangan:

  • Bobot produk cukup berat, kurang mudah dipindahkan

Jika interior rumah Anda bergaya modern, ada baiknya menambahkan produk ini. Karpet dari Dekoruma ini diberi motif dan kombinasi warna kontemporer. Kombinasi tersebut menghasilkan desain yang menarik, tetapi tidak mencolok. Tampilan produk ini makin menghidupkan suasana di berbagai sudut rumah, bahkan ketika menjadi karpet bawah meja di ruang tamu.

No.7

Me & DotsKarpet Etnik Besar

Mulai dari Rp425.000,00

Bermotif etnik, unik untuk menemani minum kopi

Kelebihan:

  • Menggunakan bahan katun yang tebal dan tidak licin


Kekurangan:

  • Harganya cukup tinggi untuk ukuran yang tidak terlalu besar

Karpet ini diberi motif etnik yang menarik. Pada kedua ujungnya terdapat rumbai yang menambah daya tarik. Karpet ini pun dijual dalam sembilan motif yang semuanya cantik. Produk ini merupakan salah satu karpet lantai terbaik untuk dipasang di bawah coffee table di ruang tengah. Suasana minum kopi pastilah terasa makin santai. Berbahan katun yang tebal, produk ini dijamin adem.

No.8

Saking tebalnya, bisa dijadikan alas tidur

Kelebihan:

  • Dilengkapi foam cover yang dapat dilepas dan dipasang untuk memudahkan pembersihan

Kekurangan:

  • Harganya cukup tinggi untuk ukurannya, bisa seharga kasur lantai

Produk ini memiliki ketebalan 4 cm sehingga tergolong cukup tebal untuk karpet. Selain itu, bagian dalamnya membuat nyaman karena diisi dengan busa yang empuk. Material pelapis pada bagian luar produk ini pun terbuat dari kain wol yang halus. Karena terasa nyaman di badan, karpet ini sangat pas dijadikan alas tidur. Anda bisa menjadikanya sebagai kasur ekstra di rumah.

No.9

Vintage StoryShabby Karpet Exclusive KoreaK01

Mulai dari Rp798.000,00

Hiasi kamar kost Anda dengan gaya shabby chic

Kelebihan:

  • Bagian tepi karpet dijahit model quilt dan patchwork sehingga terlihat eksklusif

Kekurangan:

  • Karpet cukup tipis sehingga kurang cocok untuk alas tidur

Ingin merombak kamar indekos Anda menjadi lebih cantik dan estetik? Kalau begitu, cobalah menambahkan produk ini di kamar Anda. Karpet dari Vintage Story ini diberi desain vintage gaya shabby chic yang simpel dan terlihat feminin.


Selain itu, karpet mini ini dibuat dari bahan katun yang pastinya tidak membuat gerah. Menariknya lagi adalah produk ini merupakan karpet handmade yang dijahit manual menggunakan tangan. Hal tersebut menjadikannya bernuansa eksklusif.

No.10

Jamas CarpetKarpet Karakter Original

Mulai dari Rp330.000,00

Ruangan kian imut, si kecil makin senang!

Kelebihan:

  • Memiliki banyak motif menarik yang mudah disukai anak
  • Menggunakan bahan poliester yang lembut dan tahan terhadap noda

Kekurangan:

  • Tidak dapat meredam suara jika anak loncat-loncat di atas karpet

Produk ini bisa dipilih oleh Anda yang mencari rekomendasi karpet lantai sebagai alas bermain atau untuk kamar anak. Karpet ini aman untuk si kecil, lho. Selain antiselip, bahan poliester yang digunakannya bersifat tahan noda serta hypoallergenic.


Anda juga dapat memilihkan motif yang sesuai dengan selera anak karena banyak pilihannya. Untuk kamar anak perempuan, Anda bisa memilih karpet motif Hello Kitty, Frozen, atau lainnya. Sementara itu, motif Mickey Mouse atau karakter Disney yang lain tersedia untuk anak laki-laki.

Baca juga rekomendasi furnitur lainnya di sini

Setelah menemukan karpet favorit, kini saatnya mengisi rumah Anda dengan furnitur lain. Kami telah menyiapkan sejumlah artikel yang membahas tentang furnitur rumah, seperti sofa, meja makan, hingga lemari. Baca ulasannya pada tautan-tautan berikut!

Kesimpulan

Di pasaran tersedia karpet dengan beragam ukuran, bentuk, material, serta motif. Berbeda motif karpet, berbeda juga nuansa yang akan muncul. Karena itu, pilihlah karpet yang sesuai dengan tujuan penggunaan dan kesan yang ingin Anda hadirkan.


Selain itu, periksalah ukuran ruangan Anda dan sesuaikan dengan ukuran karpet yang hendak dibeli. Kami harap artikel ini dapat membantu Anda menemukan karpet terbaik kesukaan Anda. Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer