10 Rekomendasi Keyboard Protector Terbaik untuk MacBook (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Keyboard Protector Terbaik untuk MacBook (Terbaru Tahun 2018)


Keyboard protector, atau biasa disebut dengan penutup keyboard, adalah aksesori yang digunakan untuk melindungi keyboard laptop baik dari debu maupun dari udara lembap. Banyak produsen yang memproduksi keyboard protector dengan aneka desain yang lucu dan warna-warna yang menarik perhatian. Keyboard protector banyak diminati untuk melengkapi gaya aksesori yang kekinian.

Baru-baru ini terdapat banyak macam penutup keyboard untuk produk iPad, Surface, dan lain sebagainya. Namun, pada artikel kali ini, secara khusus kami akan membahas keyboard protector yang diproduksi untuk MacBook. Untuk Anda yang penasaran, silakan disimak ya!

Daftar isi

Cara memilih keyboard protector

Di pasaran banyak terdapat berbagai macam jenis penutup keyboard yang terkadang membuat Anda bingung mana yang harus dipilih.

Oleh sebab itu, pertama-tama kami akan memberikan beberapa tips cara memilihnya. Berikut ini adalah penjelasannya.

Pilihlah berdasarkan bahannya

Terdapat berbagai macam bahan keyboard protector yang dijual di pasaran. Namun, biasanya yang paling sering dijumpai adalah yang terbuat dari bahan silikon dan polyurethane. Bahan-bahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi sebelum membeli, bandingkan dan pilihlah bahan yang cocok untuk Anda.

Silikon, bahan yang lembut dengan harga yang terjangkau

Silikon, bahan yang lembut dengan harga yang terjangkau

Silikon menjadi bahan yang paling umum digunakan untuk keyboard protector karena harganya yang relatif murah. Bahannya memiliki tekstur yang lembut dan dapat menempel dengan pas dan terasa sesuai saat ditekan dengan jari. Dewasa ini, banyak perusahaan yang memproduksi keyboard silikon dengan berbagai macam warna dan desain. Karena itu, bahan silikon dinilai cocok untuk menghias keyboard sesuai dengan selera fashion atau style Anda.

Namun, dibandingkan dengan bahan polyurethane, bahan silikon cenderung mudah ditempeli debu. Apabila digunakan dalam jangka waktu yang lama, bahan silikon juga dapat berubah warna atau menjadi lengket pada tuts keyboard. Oleh sebab itu, Anda perlu menggantinya secara berkala agar pelindung silikon tidak mengganggu kinerja keyboard Anda.

Polyurethane, transparan dan tidak mudah ditempeli debu

Polyurethane, transparan dan tidak mudah ditempeli debu

Dibandingkan dengan bahan silikon, bahan polyurethane memiliki transparansi yang lebih jernih dan memiliki lapisan yang tidak mudah ditempeli debu. Tidak hanya itu, bahan polyurethane juga tidak akan melekat atau menimbulkan jejak lengket pada keyboard sekalipun digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Akan tetapi, meskipun tidak menempel pada keyboard, bahan polyurethane dapat berubah warna menjadi sedikit kekuningan apabila digunakan dalam waktu lama. Tidak seperti bahan silikon yang kaya akan warna dan desain, bahan polyurethane biasanya hanya terdiri dari warna putih atau transparan saja. Ditambah lagi, bahan polyurethane sedikit lebih keras dibandingkan dengan bahan silikon sehingga beberapa orang merasa tidak nyaman mengetik dengan menggunakan bahan ini.

Pilih berdasarkan modelnya

Pilih berdasarkan modelnya

Berbeda model MacBook, berbeda juga ukuran keyboard protector yang harus digunakan. Walaupun MacBook memiliki tipe dan seri yang sama, ukuran keyboard dapat sedikit berubah karena berbagai macam faktor, misalnya ukuran layar yang berbeda, dan karena pemasangan protector pada touch bar.

Berbicara tentang seri, ada juga kasus dimana MacBook dengan tipe dan seri yang sama memiliki perbedaan model keyboard, terutama jika Anda membeli MacBook dari negara Jepang. Hal itu dapat terjadi karena MacBook mengeluarkan keyboard khusus yang dinamakan JIS keyboard untuk produk yang dijual di Jepang dan US keyboard untuk produk yang dijual di luar Jepang. Oleh sebab itu, periksalah dahulu model keyboard MacBook Anda sebelum membelinya, ya.

Pilihlah warna yang sesuai dengan selera Anda

Pilihlah warna yang sesuai dengan selera Anda

Pada umumnya, keyboard untuk seluruh model MacBook memiliki desain kombinasi warna perak (untuk ukuran 12 inci tersedia juga warna emas dan abu-abu) dengan tombol keyboard warna hitam. Meskipun kombinasi warnanya sangat keren dan bergaya modern, tidak semua orang merasa puas apabila memiliki warna laptop yang sama dengan orang lain.

Jika warna keyboard dapat diubah sesuai dengan warna-warna favorit Anda, MacBook pasti akan terasa lebih menarik ketika digunakan, bukan?  Oleh sebab itu, pilihlah desain dan warna keyboard protector yang Anda sukai untuk menghias sekaligus melindungi keyboard Anda dari debu yang mengganggu.

10 Rekomendasi keyboard protector terbaik untuk MacBook

Berikutnya kami akan merekomendasikan sepuluh keyboard protector untuk MacBook yang dapat Anda jadikan referensi ketika akan membeli pelindung keyboard Anda. Silakan disimak, ya!

10. 3-in-1 Marble MacBook Case Package with Keyboard Protector

10. 3-in-1 Marble MacBook Case Package with Keyboard Protector

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 189.000

Nikmati tiga manfaat dalam satu paket

Keyboard protector yang satu ini dijual sekaligus dengan case protector dan dust plug yang kompatibel untuk MacBook berukuran 11 inci, 13 inci, dan 15 inci. Dengan membeli paket ini, Anda dapat mempercantik bagian keyboard dan permukaan luar MacBook Anda, serta melindunginya dari debu yang mengganggu dengan dust plug yang tersedia dalam satu paket.

Terdapat 4 pilihan warna case, 14 pilihan warna keyboard protector, dan 10 macam warna dust plug yang dapat Anda pilih sesuai dengan warna favorit Anda. Produk ini direkomendasikan untuk Anda yang ingin membuat MacBook menjadi terlihat lebih menarik dan beda dari yang lainnya.

9. 5-in-1 Sand MacBook Case Package with Keyboard Protector

9. 5-in-1 Sand MacBook Case Package with Keyboard Protector

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 330.000

Melindungi keyboard, layar monitor, sekaligus touch bar MacBook Anda!

Hampir sama dengan produk sebelumnya, keyboard protector MacBook yang satu ini dijual sekaligus dengan case protector dan dust plug untuk pelindung debu. Bedanya, produk ini juga dilengkapi dengan pelindung touch bar dan screen guard sehingga membuat laptop Anda lebih terlindung dari debu dan kotoran yang mengganggu.

Terdiri dari beberapa warna pilihan, Anda bisa memilihnya sesuai selera Anda. Namun, set produk ini hanya kompatibel untuk MacBook berukuran 11 inci dan 13 inci saja. Jadi, pastikan Anda mengecek dengan pasti ukuran MacBook Anda sebelum membelinya, ya.

8. Keyboard Protector Frame for MacBook

8. Keyboard Protector Frame for MacBook

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 50.000

Make your MacBook beautiful with border color line

Keyboard protector yang satu ini terbuat dari bahan silikon yang lembut dan nyaman digunakan. Desain border warna pada bagian tepinya mampu membuat MacBook Anda menjadi lebih unik dan menarik. Penggemar warna-warni pastel pasti akan menyukainya.

Di samping itu, desainnya yang simpel dengan warna soft membuat keyboard protector ini ideal untuk dikombinasikan dengan berbagai macam warna dasar MacBook Anda. Produk ini juga kompatibel dengan MacBook Anda yang berukuran 11 inci, 13 inci, dan 15 inci.

7. Colorful Keyboard Protector for MacBook

7. Colorful Keyboard Protector for MacBook

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 40.000

Aneka pilihan warna untuk tipe MacBook 13″ dan 15″

Keyboard protector yang satu ini terbuat dari bahan silikon sehingga terasa lembut ketika bersentuhan dengan ujung jari Anda. Bahan silikon yang menempel lekat dan pas juga membuat keyboard Anda terlihat seperti asli tanpa tambahan aksesori apa pun.

Selain itu, produk ini juga terdiri dari banyak warna pilihan yang dapat dipilih sesuai dengan warna kesukaan Anda. Tersedia juga pilihan warna putih dan clear untuk Anda yang tidak terlalu menyukai desain warna-warni. Warna-warnanya yang netral cocok untuk Anda yang bekerja di kantor.

6. Rainbow Color Silicone Keyboard Protector

6. Rainbow Color Silicone Keyboard Protector

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 21.100

Warna pelangi yang memberi kesan ceria pada keyboard MacBook Anda

Keyboard protector yang satu ini didesain dengan corak warna pelangi yang indah sehingga mampu membuat keyboard Anda tampil lebih menawan dan modern. Tidak hanya itu, bahannya yang silikon juga mudah dibersihkan dengan cara dicuci dengan air dan sabun.

Di sisi lain, karena terdiri dari berbagai macam warna, produk ini memudahkan Anda untuk membedakan huruf dan angka. Dengan demikian, Anda dapat menghindari salah ketik ataupun salah memencet tombol. Kami rekomendasikan untuk Anda yang menginginkan keyboard protector yang praktis, simpel, dan memiliki kombinasi warna yang unik dan berbeda.

5. Solid Color Silicone Keyboard Cover Protection

5. Solid Color Silicone Keyboard Cover Protection

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 28.000

Melindungi keyboard dari debu tanpa kehilangan desain asli MacBook Air

Produk yang satu ini terbuat dari silikon tipis dengan tekstur fleksibel sehingga mudah untuk disimpan dan digunakan. Tidak hanya itu, warna hitam yang sama dengan keyboard aslinya, cocok untuk Anda yang ingin melindungi keyboard Anda dari debu tanpa kehilangan orisinalitas produk MacBook Anda.

Harganya yang cukup terjangkau membuat Anda dapat membeli produk ini secara berkala tanpa perlu khawatir menguras isi kantong. Namun, karena produk ini hanya kompatibel dengan MacBook Air saja, pastikan Anda memeriksa tipe MacBook Anda terlebih dahulu sebelum membelinya.

4. Candy Color Silicone Keyboard Protector for MacBook 12 inch

4. Candy Color Silicone Keyboard Protector for MacBook 12 inch

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 30.400

Desain yang cute cocok untuk dipakai oleh wanita

Sesuai dengan namanya, produk ini memiliki skema warna pop dan cantik yang mengingatkan kita pada permen warna-warni. Desain modelnya yang lucu dan imut membuat produk ini cocok untuk Anda para wanita yang menyukai gaya girly.

Di samping itu, karena desain warna pada bagian huruf-hurufnya dibuat berbeda, keyboard protector ini juga memudahkan Anda untuk mencari huruf tertentu ketika sedang mengetik. Desain unik dan harga yang terjangkau juga membuat produk ini cocok dijadikan kado untuk teman atau kolega Anda yang sedang berulang tahun.

3. Keyboard Protector Gradient for MacBook

3. Keyboard Protector Gradient for MacBook

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 50.000

Membuat MacBook tampak lebih manis dengan gradasi transparan

Produk keyboard protector yang satu ini memiliki gradasi warna unik yang dapat membuat MacBook Anda tampak lebih manis dan stylish dibanding dengan yang lainnya. Kami merekomendasikannya untuk para pria dan wanita yang menyukai desain yang tidak monoton.

Untuk Anda yang mudah bosan, Anda dapat membeli ketujuh warnanya agar dapat mengganti keyboard protector Anda setiap hari dan disesuaikan dengan mood harian Anda. Produk ini dirancang sesuai untuk Anda yang mempunyai MacBook berukuran 11 inci, 13 inci, dan 15 inci.

2. Super Thin and Transparent Keyboard Protector

2. Super Thin and Transparent Keyboard Protector

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 125.000

Terbuat dari bahan polyurethane yang sangat tipis, tetapi tidak mudah rusak

Keyboard protector yang satu ini terbuat dari bahan plastik polyurethane yang tahan lama. Meskipun bahan polyurethane terbuat dari tekstur yang lebih keras, tetapi produk ini didesain dengan lapisan yang sangat tipis sehingga membuat Anda merasa seperti menggunakan keyboard aslinya.

Produk ini juga hadir untuk berbagai ukuran MacBook Anda, yaitu 11 inci, 12 inci, 13 inci, dan 15 inci.  Warnanya yang putih, agak transparan, dengan bahan polyurethane yang kuat direkomendasikan untuk Anda yang lebih mementingkan kualitas daripada desain.

1. JCPAL FitSkin Ultra Clear Keyboard Protector for MacBook Air (US Layout)

1. JCPAL FitSkin Ultra Clear Keyboard Protector for MacBook Air (US Layout)

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 74.500

Supertransparan! Bagaikan tidak menggunakan keyboard protector sama sekali

Hampir sama dengan produk sebelumnya, keyboard protector yang satu ini terbuat dari bahan polyurethane. Bedanya, produk ini memiliki keunggulan yaitu lebih ramah lingkungan dan dapat terurai alami tanpa menghasilkan bau atau racun. Desain warnanya pun bening transparan sehingga Anda seperti tidak menggunakan keyboard protector.

Hebatnya lagi, keyboard protector ini dilengkapi dengan perlindungan microban yang dapat membunuh 99.95% mikroba dan tidak membiarkannya berkembang biak selama masa hidup produk. Anda dapat mencucinya dengan air hangat tanpa menghilangkan perlindungan antimikroba di dalamnya. Bahan awet, simpel, dan fiturnya yang canggih membuat produk ini banyak diminati oleh masyarakat.

Kesimpulan

Kami telah memberikan tips cara memilih keyboard protector dan memberikan beberapa rekomendasi produk untuk Anda. Bagaimana? Apakah Anda menemukan keyboard protector favorit Anda? Penutup keyboard merupakan salah satu aksesori yang berguna untuk melindungi laptop Anda dari debu sehingga dapat membuat laptop Anda menjadi lebih awet. Akhir kata, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat Anda jadikan referensi ketika akan membeli keyboard protector untuk MacBook Anda.