• 10 Keyboard Protector Terbaik untuk MacBook - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Keyboard Protector Terbaik untuk MacBook - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Keyboard Protector Terbaik untuk MacBook - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Keyboard Protector Terbaik untuk MacBook - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Keyboard Protector Terbaik untuk MacBook - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Keyboard Protector Terbaik untuk MacBook - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)

Keyboard protector adalah aksesori yang digunakan untuk melindungi keyboard laptop dari debu dan gesekan. Banyak produsen memproduksi keyboard protector dengan aneka desain dan warna-warna yang lucu guna menarik perhatian. Lantas, keyboard protector seperti apa yang cocok untuk MacBook Anda, ya?

Di artikel kali ini, kami akan secara khusus membahas keyboard protector yang bagus untuk MacBook. Tak ketinggalan, kami pun telah menyiapkan rekomendasi produk-produk terbaik, seperti dari merek Ringke, Cooskin, dan FitSkin™. Silakan simak terus artikel ini sampai selesai, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Yosua Surojo
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 22 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Software engineer, Yosua Surojo

Profil pakar: Software engineer, Yosua Surojo
Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Yosua Surojo adalah lulusan Fisika, Universitas Indonesia yang pernah memimpin Tim Robot Terbang, sub-tim dari Tim Robotika Universitas Indonesia. Timnya pernah meraih juara satu pada Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada 2015 dan 2016.


Sekarang Yosua bekerja sebagai software engineer di sebuah startup konvergen artificial intelligence (AI). Ia juga berperan dalam proses procurement dan perakitan personal computer (PC) untuk kebutuhan konvergen AI.

Kelebihan dan kekurangan memakai keyboard protector

Kelebihan dan kekurangan memakai keyboard protector

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, keyboard protector adalah aksesori yang berguna untuk melindungi keyboard laptop. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan dari penggunaan keyboard protector? Di bawah ini, kami akan memberikan poin-poin kelebihan beserta kekurangan memakai keyboard protector


Kelebihan memakai keyboard protector:

  • Melindungi dari masuknya debu dan kotoran
  • Mencegah kikisan yang memudarkan tulisan pada keyboard
  • Meminimalisir kemungkinan tombol keyboard lepas atau rusak


Kekurangan memakai keyboard protector:

  • Menghambat sirkulasi udara sehingga keyboard menjadi lembap
  • Meningkatkan kemungkinan overheat atau laptop terlalu panas akibat suhu panas yang terperangkap di bawah keyboard protector


Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan memakai keyboard protector. Tanpa mengesampingkan kekurangan, penggunaan keyboard protector tetap layak dipertimbangkan agar keyboard lebih awet. Sebagai solusi, kami sarankan Anda rutin melepas keyboard protector di waktu-waktu tertentu agar suhu panas dapat tersalurkan dengan baik. Dengan begitu, laptop Anda akan terhindar dari overheat atau lembap.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih keyboard protector untuk MacBook

Ada berbagai tipe keyboard protector untuk MacBook yang dijual di pasaran. Hal ini mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih. Karena itu, pertama-tama kami akan memberikan beberapa poin yang perlu Anda perhatikan saat memilih keyboard protector untuk MacBook. 

Pilihlah berdasarkan bahannya

Terdapat bermacam-macam bahan yang biasa digunakan sebagai bahan pembuat keyboard protector. Namun, di antara bahan-bahan tersebut, bahan yang paling umum dijumpai adalah bahan silikon dan TPU (thermoplastic polyurethane). Mari simak kelebihan dan kekurangan masing-masing bahan tersebut. 

Silikon, bahannya terasa lembut dengan harga yang terjangkau

Silikon, bahannya terasa lembut dengan harga yang terjangkau
Silikon merupakan bahan yang paling umum digunakan untuk keyboard protector karena harganya yang relatif murah. Bahan ini memiliki tekstur yang empuk serta terasa nyaman saat ditekan dengan jari. Ada banyak produsen yang memproduksi keyboard protector berbahan silikon dengan berbagai macam warna dan desain. Jika Anda ingin menghias keyboard MacBook Anda agar lebih fashionable, bahan ini layak dipilih.

Namun, dibandingkan bahan TPU, bahan silikon cenderung mudah terkena debu. Apabila digunakan dalam jangka waktu yang lama, bahan ini juga dapat berubah warna atau robek. Karena itu, Anda perlu menggantinya secara berkala agar keyboard protector yang digunakan tidak mengganggu kinerja Anda.

TPU, berwarna transparan dan tidak mudah ditempeli debu

TPU, berwarna transparan dan tidak mudah ditempeli debu
Bahan TPU memiliki karakteristik bahan yang awet dan tidak mudah ditempeli debu. Dibandingkan bahan silikon, bahan TPU memiliki transparansi warna yang lebih jernih. Meskipun tidak mudah rusak, bahan ini dapat berubah warna menjadi sedikit kekuningan jika digunakan dalam waktu lama.

Tidak seperti bahan silikon yang kaya akan warna dan desain, bahan TPU biasanya hanya berwarna putih atau transparan saja. Selain itu, bahan ini lebih keras dibanding dengan bahan silikon sehingga beberapa orang mungkin merasa kurang nyaman menggunakannya.

Pastikan modelnya sesuai tipe MacBook Anda

Pastikan modelnya sesuai tipe MacBook Anda
Beda tipe MacBook, beda juga ukuran keyboard protector yang harus digunakan. Walaupun tipe dan seri MacBook-nya sama, ukuran keyboard dapat sedikit berubah karena berbagai macam faktor. Di antaranya, ukuran layar yang berbeda serta ada tidaknya Touch Bar. Di bawah ini akan kami cantumkan beberapa tipe MacBook beserta jumlah tombol keyboard yang dimiliki. 

  • MacBook Pro 14" dan 16" tahun 2021 non-Touch Bar: Terdapat 78 tombol (AS) atau 79 tombol (ISO). Termasuk di dalamnya ada 12 tombol fungsi dan 4 tombol panah dalam susunan T terbalik.

  • MacBook Pro 13" tahun 2020 Touch Bar: Terdapat 65 tombol (AS) atau 66 tombol (ISO), termasuk 4 tombol panah dalam susunan T terbalik.

  • MacBook Pro 15" tahun 2017 Touch Bar: Terdapat 64 tombol (AS) atau 65 tombol (ISO), termasuk 4 tombol panah.

  • MacBook Air 13" tahun 2020: Terdapat 78 tombol (AS) atau 79 tombol (ISO). Termasuk di dalamnya ada 12 tombol fungsi dan 4 tombol panah dalam susunan T terbalik.

  • MacBook Air 13" tahun 2017: Terdapat 78 tombol (AS) atau 79 tombol (ISO). Termasuk di dalamnya ada 12 tombol fungsi dan 4 tombol panah dalam susunan T terbalik.

Berdasarkan informasi di atas, dapat dilihat bahwa sebenarnya Apple tidak membuat perbedaan yang terlalu signifikan dari tahun ke tahun. Akan tetapi, perubahan seperti jarak antartombol dan lain sebagainya bisa saja dilakukan oleh Apple. Karena itu, pastikan Anda memeriksa tipe MacBook yang Anda gunakan dan pilih model keyboard protector yang memang sesuai. 

Jika Anda tertarik membaca informasi mengenai rekomendasi MacBook yang terbaik, silakan kunjungi tautan di bawah ini. 

Pertimbangkan desain dan warna yang ditawarkan

Pertimbangkan desain dan warna yang ditawarkan
Dahulu, MacBook identik berdesain kombinasi warna perak dengan tombol keyboard berwarna hitam. Namun, kini sudah hadir versi-versi MacBook yang tersedia dalam warna emas, rose gold, dan abu-abu dengan tombol berwarna hitam. Meskipun kombinasi warnanya sudah stylish, banyak orang merasa kurang puas apabila memiliki warna laptop yang sama dengan orang lain.

Namun, jika memasang keyboard protector yang berwarna-warni, MacBook Anda pasti akan tampak lebih menarik dan berbeda. Karena itu, pertimbangkanlah desain dan warna keyboard protector yang paling Anda sukai supaya tampil beda.

10 Rekomendasi keyboard protector terbaik untuk MacBook

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk keyboard protector terbaik untuk MacBook yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Gambar produk
1
Pinkish Keyboard Cover Protector for MacBook 1

2
Keyboard Protector Pattern Marble Wood for MacBook 1

3
Keyboard Protector See-Through Backlight for MacBook 1

4
Keyboard Protector Gradient for MacBook 1

5
Macbook Skin Keyboard Protector Motif 1

6
5-in-1 Sand MacBook Case Package with Keyboard Protector 1

7
Cooskin TPU Keyboard Cover 1

Cooskin

8
FitSkin™ Ultra Clear Keyboard Protector for MacBook  1

FitSkin™

9
Ringke KeySkin Black Apple Premium Keyboard Protector for MacBook Air 11  1

Ringke

Nama produk

Pinkish Keyboard Cover Protector for MacBook

Keyboard Protector Pattern Marble Wood for MacBook

Keyboard Protector See-Through Backlight for MacBook

Keyboard Protector Gradient for MacBook

Macbook Skin Keyboard Protector Motif

5-in-1 Sand MacBook Case Package with Keyboard Protector

TPU Keyboard Cover

Ultra Clear Keyboard Protector for MacBook

KeySkin Black Apple Premium Keyboard Protector for MacBook Air 11

Keunggulan

Lima pilihan warna pinkish yang cute untuk kesan manis di keyboard

Jadikan MacBook Anda makin elegan dan mewah menggunakan motif marble

Tetap nyaman mengetik kapan pun meski di tempat minim cahaya

Tambah keren dengan gradasi warna!

Bikin keyboard Anda makin imut dengan animal pattern

Lima perlindungan sekaligus dalam satu paket pembelian, praktis!

Supertipis, tetap nyaman mengetik tanpa merasa terganjal

Perlindungan antimikroba yang mampu mengatasi 99,95% bakteri di keyboard

Melindungi keyboard dari debu tanpa menghilangkan desain original MacBook

Harga mulai dariRp 30.000,00Rp 49.000,00Rp 40.000,00Rp 40.000,00Rp 40.000,00Rp 275.000,00Rp 135.000,00Rp 145.000,00Rp 220.000,00
BahanSilikonSilikonSilikonSilikonSilikonSilikonTPUTPUTPU
Tipe MacBookAir 11", Retina 12", Air 13", Air 13" Touch ID, Air 13" Touch ID 2020, Air 13 M1, Pro 13 Touch Bar Touch ID, Pro 15", Pro 15", Pro 15 non-Touch Bar, Pro 13" non-Touch Bar, Pro White 13", Pro 13" (CD Drive), Pro Retina 13", Pro 13" M1 2020, Pro 14" M1, Pro Retina 15", Pro 13" Touch Bar, Pro 15" Touch Bar, Pro 16" Touch Bar Touch ID, Pro 16" M1Air 11", Retina 12", Air 13" (≤2017), Pro 13" (CD Drive), Pro Retina 13" (2012–2015), New Pro 13" Touch Bar, New Pro 13" non-Touch Bar, Pro 15" (CD Drive), Pro Retina 15" (2012–2015), New Pro 15" Touch Bar, New Air (2018–2019), New Air (2020), New Pro non-Touch Bar, New Pro (2020), Pro 16"Air 11", Retina 12", Air 13", Air 13" New, Pro 13" New, Pro 13" non-Touch Bar, Pro 13" (CD Drive), Pro Retina 13", Pro 15" New, Pro 15" (CD Drive), Pro Retina 15", Pro 16" NewAir 11", Retina 12", Air 13", Air 13" New, Pro 13" New, Pro 13" non-Touch Bar, Pro 13" (CD Drive), Pro Retina 13", Pro 15" New, Pro 15" (CD Drive), Pro Retina 15", Pro 16" NewAir 11", Retina 12", Air 13", Air 13" New, Pro 13" New, Pro 13" non-Touch Bar, Pro 13" (CD Drive), Pro Retina 13", Pro 15" New, Pro 15" (CD Drive), Pro Retina 15", Pro 16" NewAir 11", Air 13" (2010–2020), Pro 13" (CD Drive), Pro 13" (2013–2020), Pro 15" (2013–2019)Retina 12" (2015–2017), Air 13" (2010–2015), Air 13" (2017), Air Retina 13" (2018), Pro 13" (2010–2012), Pro 13" (2020), Pro 13" non-Touch Bar (2016–2017), Pro 13" Touch Bar (2016–2018), Pro Retina 13" (2012–2015), Pro 14" M1 Pro (2021), Pro 15" (2010–2011), Pro 15" Touch Bar (2016–2018), Pro Retina 15" (2012–2015), Pro 16 M1 Pro (2021), Pro 17" (2010–2011)Air 13", Pro 13", Pro 15", Pro 17"Air 11"
Varian desain/warnaBaby pink, rose pink, pink, rosegold, redwineMarble pink, marble grey, marble blue, marble mint, marble moonlight, light woodHitam, biru, pink, two-toneGradasi biru, gradasi hitam, gradasi oranye, gradasi hijau, gradasi pink, gradasi unguPanda, landak, burung hantuRed wine, candy pink, cokelat, green grass, rose, pink, putih, clear, biru, aqua, hitam, silver, merah, orange, kuning, unguTransparanTransparanHitam
Tautan produk
9

RingkeKeySkin Black Apple Premium Keyboard Protector for MacBook Air 11

Mulai dari Rp 220.000,00

BahanTPU
Tipe MacBookAir 11"
Varian desain/warnaHitam
8

FitSkin™Ultra Clear Keyboard Protector for MacBook

Mulai dari Rp 145.000,00

BahanTPU
Tipe MacBookAir 13", Pro 13", Pro 15", Pro 17"
Varian desain/warnaTransparan
7
BahanTPU
Tipe MacBookRetina 12" (2015–2017), Air 13" (2010–2015), Air 13" (2017), Air Retina 13" (2018), Pro 13" (2010–2012), Pro 13" (2020), Pro 13" non-Touch Bar (2016–2017), Pro 13" Touch Bar (2016–2018), Pro Retina 13" (2012–2015), Pro 14" M1 Pro (2021), Pro 15" (2010–2011), Pro 15" Touch Bar (2016–2018), Pro Retina 15" (2012–2015), Pro 16 M1 Pro (2021), Pro 17" (2010–2011)
Varian desain/warnaTransparan
6

5-in-1 Sand MacBook Case Package with Keyboard Protector

Mulai dari Rp 275.000,00

BahanSilikon
Tipe MacBookAir 11", Air 13" (2010–2020), Pro 13" (CD Drive), Pro 13" (2013–2020), Pro 15" (2013–2019)
Varian desain/warnaRed wine, candy pink, cokelat, green grass, rose, pink, putih, clear, biru, aqua, hitam, silver, merah, orange, kuning, ungu
5
BahanSilikon
Tipe MacBookAir 11", Retina 12", Air 13", Air 13" New, Pro 13" New, Pro 13" non-Touch Bar, Pro 13" (CD Drive), Pro Retina 13", Pro 15" New, Pro 15" (CD Drive), Pro Retina 15", Pro 16" New
Varian desain/warnaPanda, landak, burung hantu
4
BahanSilikon
Tipe MacBookAir 11", Retina 12", Air 13", Air 13" New, Pro 13" New, Pro 13" non-Touch Bar, Pro 13" (CD Drive), Pro Retina 13", Pro 15" New, Pro 15" (CD Drive), Pro Retina 15", Pro 16" New
Varian desain/warnaGradasi biru, gradasi hitam, gradasi oranye, gradasi hijau, gradasi pink, gradasi ungu
3

Keyboard Protector See-Through Backlight for MacBook

Mulai dari Rp 40.000,00

BahanSilikon
Tipe MacBookAir 11", Retina 12", Air 13", Air 13" New, Pro 13" New, Pro 13" non-Touch Bar, Pro 13" (CD Drive), Pro Retina 13", Pro 15" New, Pro 15" (CD Drive), Pro Retina 15", Pro 16" New
Varian desain/warnaHitam, biru, pink, two-tone
2

Keyboard Protector Pattern Marble Wood for MacBook

Mulai dari Rp 49.000,00

BahanSilikon
Tipe MacBookAir 11", Retina 12", Air 13" (≤2017), Pro 13" (CD Drive), Pro Retina 13" (2012–2015), New Pro 13" Touch Bar, New Pro 13" non-Touch Bar, Pro 15" (CD Drive), Pro Retina 15" (2012–2015), New Pro 15" Touch Bar, New Air (2018–2019), New Air (2020), New Pro non-Touch Bar, New Pro (2020), Pro 16"
Varian desain/warnaMarble pink, marble grey, marble blue, marble mint, marble moonlight, light wood
1

Pinkish Keyboard Cover Protector for MacBook

Mulai dari Rp 30.000,00

BahanSilikon
Tipe MacBookAir 11", Retina 12", Air 13", Air 13" Touch ID, Air 13" Touch ID 2020, Air 13 M1, Pro 13 Touch Bar Touch ID, Pro 15", Pro 15", Pro 15 non-Touch Bar, Pro 13" non-Touch Bar, Pro White 13", Pro 13" (CD Drive), Pro Retina 13", Pro 13" M1 2020, Pro 14" M1, Pro Retina 15", Pro 13" Touch Bar, Pro 15" Touch Bar, Pro 16" Touch Bar Touch ID, Pro 16" M1
Varian desain/warnaBaby pink, rose pink, pink, rosegold, redwine

Baca juga rekomendasi produk untuk MacBook lainnya di sini

Selain keyboard protector, mungkin Anda juga sedang mencari produk lainnya untuk MacBook Anda. Karena itu, kami telah menyiapkan artikel yang membahas mengenai MacBook case dan stiker MacBook. Apakah Anda penasaran dengan cara memilih serta apa saja rekomendasi produk-produk terbaik pilihan kami? Simaklah informasi selengkapnya pada artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Kami telah memberikan poin-poin cara memilih keyboard protector untuk MacBook sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Sudahkah Anda berhasil menemukan keyboard protector favorit Anda? 

Dengan menggunakan keyboard protector, keyboard MacBook Anda akan bebas dari debu yang akan menyumbat tuts di keyboard. Tidak hanya berfungsi sebagai pelindung, keyboard protector juga dapat menunjang penampilan MacBook Anda. Semoga artikel kali ini dapat menjadi referensi bagi Anda dalam menemukan produk yang sesuai kebutuhan Anda.

Artikel terkait

  • 10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Saat bermain game di PC atau console, monitor apa yang biasa Anda gunakan? Monitor biasa atau layar TV mungkin sudah cukup. Akan tetapi, dengan menggunakan gaming monitor, sensasi gaming akan lebih terasa. Beberapa merek terkenal, seperti Acer, Xiaomi, LG, dan AOC, memiliki monitor gaming terbaik.Faktor apa yang memengaruhi kualitas monitor? Kali ini kami akan merekomendasikan sepuluh produk gaming monitor yang bagus dengan berbagai kelebihannya. Kami juga akan memperkenalkan poin-poin penting tentang cara memilih gaming monitor terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Joshua Pandu. Mari disimak!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Earphone Terbaik di Bawah 500 Ribu - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Earphone Terbaik di Bawah 500 Ribu - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Sony, Xiaomi, dan Baseus merupakan beberapa produsen yang banyak memproduksi earphone di pasaran. Dengan fitur dan hasil suara yang bagus, beberapa merek earphone ada yang dijual dengan harga fantastis. Namun, ada juga earphone yang diproduksi dengan harga yang lebih terjangkau dan tetap berkualitas.Berbeda pemakaian, berbeda juga selera kualitas suara yang dihasilkan. Anda mungkin bingung menentukan earphone yang sesuai dengan kebutuhan. Maka dari itu, kami akan memberikan cara memilih earphone terbaik dengan harga di bawah 500 ribu rupiah. Artikel ini sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi. Selamat menyimak!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Headphone Sony Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Headphone Sony Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Headphone Sony kerap membuat penggemar musik tergila-gila. Merek ini selalu merilis headphone baru dengan teknologi canggih hasil riset terkini. Anda bisa dengan mudah menemukan produk berfitur noise-cancelling, EXTRA BASS, hingga koneksi wireless via Bluetooth. Ragam fitur tersebut mungkin membingungkan Anda dalam menentukan produknya.Ada banyak model headphone Sony yang dapat dipilih, seperti WH-1000XM4 dan MDR-ZX110AP. Agar Anda mendapatkan headphone Sony terbaik, simaklah informasi cara memilihnya di sini. Kami juga berbagi rekomendasi produk yang bagus untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh audio enthusiast kami, Joshua Pandu. Selamat membaca!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Mouse Logitech Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mouse Logitech Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Merek Logitech memiliki deretan mouse yang bagus untuk berbagai keperluan. Wireless mouse dan wired mouse dari Logitech sama-sama nyaman digenggam. Ada yang produknya terhubung via kabel, ada juga yang via Bluetooth. Nah, kali ini kami akan membahas cara memilih mouse Logitech yang tepat untuk Anda.Butuh mouse untuk bekerja? Logitech B100, M331, dan M720 bisa dipilih. Sementara itu, Logitech G502 dan G304 pas untuk Anda yang mencari gaming mouse. Untuk memudahkan Anda, kami telah menyiapkan rekomendasi produk terbaik beserta ulasannya. Artikel ini sudah ditinjau oleh gaming content creator kami, Faynilla.
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Joystick PC Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Joystick PC Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Joystick PC dapat memberikan kepuasan tersendiri saat bermain game. Sensasinya tentu lain dari menggunakan keyboard dan mouse. Namun, setiap jenis game membutuhkan model joystick yang berbeda. Memilih produk yang bagus mungkin terasa sulit untuk Anda.Tenang saja, Anda akan menemukan rekomendasi joystick PC dari berbagai merek di artikel ini. Kami sudah mengulas wireless gamepad dari Logitech, joystick PC double dari R-One, dan lainnya. Namun, kami akan memperkenalkan cara memilihnya terlebih dahulu. Artikel ini sudah ditinjau oleh gaming content creator kami, Faynilla. Simak informasinya dan temukan joystick PC terbaik di sini!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Mouse Macro Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mouse Macro Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Mouse macro adalah mouse yang memiliki beberapa tombol tambahan yang dapat Anda kustomisasi sesuai preferensi. Fungsi tombol-tombolnya dapat diatur lewat software yang bisa Anda download. Umumnya, mouse macro digunakan untuk bermain game, salah satunya PB (Point Blank).Sekarang kami akan menjelaskan cara memilih mouse macro yang bagus. Tidak lupa kami juga akan memberikan rekomendasi merek mouse macro terbaik, seperti Logitech, HP, dan Razer. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh gaming content creator kami, Faynilla. Yuk, disimak agar Anda mendapatkan mouse macro terbaik.
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Kabel Data Micro USB Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kabel Data Micro USB Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Kabel data micro-USB adalah aksesori untuk mentransfer dokumen antarperangkat. Produknya juga dapat digunakan untuk mengisi daya smartphone. Bingung mencari kabel data micro-USB yang bisa fast charging? Nah, kami akan menjelaskannya untuk Anda, termasuk merekomendasikan kabel data micro-USB yang bagus dari merek Anker, Aukey, dan lainnya.  Produk untuk HP apa pun dengan port micro-USB? Ada! Tipe USB 3.0 juga ada! Bahkan, ada kabel data micro-USB yang dapat mendukung kegiatan gaming. Simak artikel ini agar Anda mendapatkan kabel data micro-USB terbaik. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo.
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Webcam Logitech Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Webcam Logitech Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk Anda yang sedang mencari webcam terbaik, Logitech adalah merek yang bagus dan kami rekomendasikan. Ada banyak produk webcam dari Logitech. Beberapa di antaranya adalah C270 HD Webcam, C922 Pro HD Stream Webcam, C310 HD Webcam, dan C920 HD Pro Webcam. Setiap produk memiliki rentang harga yang bervariasi dan fitur yang berbeda-beda sesuai kebutuhan penggunanya, misalnya menghasilkan video beresolusi HD. Bahkan, webcam Logitech juga mempunyai fitur autofocus. Jika Anda mencari webcam Logitech, silakan baca artikel ini. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh gaming content creator kami, Faynilla.
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Kabel VGA Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kabel VGA Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Tidak sedikit perangkat yang menggunakan port VGA. Karena itu, kabel VGA masih banyak dibutuhkan. Produknya bisa mentransfer tampilan monitor komputer atau laptop ke layar yang besar. Kegiatan presentasi, meeting, dan menonton film pun jadi terasa lebih nyaman.Merek seperti Elecom dan Lindy menawarkan produk yang bagus untuk Anda. Ada yang menggunakan input HDMI, DisplayPort, sampai RCA. Untuk itu, kami akan membagikan cara memilih kabel VGA terbaik. Rekomendasi produk beserta ulasannya sudah kami siapkan untuk Anda. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Selamat membaca!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Cartridge Canon Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cartridge Canon Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini printer sudah menjadi kebutuhan berbagai kalangan, tidak hanya untuk perkantoran saja, tetapi juga menunjang kebutuhan rumahan. Pilihan printer dan cartridge yang tepat menentukan kualitas hasil cetakan. Tidak salah lagi jika Anda menjatuhkan pilihan pada merek Canon.Cartridge Canon terkenal dengan kualitasnya yang bagus, awet, dan tahan lama. Anda bisa menggunakannya untuk mencetak dokumen, gambar berwarna, atau foto. Di artikel ini terdapat rekomendasi cartridge Canon yang bagus, seperti cartridge PG-810 Black, CL-811 Color, dan Toner Cartridge 325. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Selamat membaca!
    Aksesori komputer & laptop
  • Artikel populer

  • 10 Kabel Data iPhone Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kabel Data iPhone Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Apple menggunakan kabel data khusus untuk sinkronisasi data, mengisi daya, dan lain-lain. Kabel data ini dikenal dengan kabel data lightning atau kabel data iPhone. Selain merek Apple, ada banyak produsen yang menyediakan kabel data iPhone dengan rentang harga yang beragam. Beberapa di antaranya adalah ANKER, UGREEN, dan ENERGEA.Kali ini kami akan menjabarkan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih kabel data iPhone. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi kabel data iPhone yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Simak ulasannya sampai selesai, ya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Printer sangat diperlukan ketika ingin mencetak dokumen atau foto di rumah. Saat ini, printer tidak hanya berfungsi untuk mencetak, tetapi dilengkapi juga dengan fitur tambahan lainnya. Pengoperasiannya juga makin mudah karena beberapa macam printer sudah dapat terhubung dengan smartphone.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih printer yang bagus, mulai dari mengulas berbagai jenis printer hingga berbagai fungsinya. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa merek printer terbaik untuk Anda, seperti Epson, Canon, dan Brother. Perhatikan juga review printer sebelum membeli agar Anda lebih memahami keunggulan setiap printer, ya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Saat bermain game di PC atau console, monitor apa yang biasa Anda gunakan? Monitor biasa atau layar TV mungkin sudah cukup. Akan tetapi, dengan menggunakan gaming monitor, sensasi gaming akan lebih terasa. Beberapa merek terkenal, seperti Acer, Xiaomi, LG, dan AOC, memiliki monitor gaming terbaik.Faktor apa yang memengaruhi kualitas monitor? Kali ini kami akan merekomendasikan sepuluh produk gaming monitor yang bagus dengan berbagai kelebihannya. Kami juga akan memperkenalkan poin-poin penting tentang cara memilih gaming monitor terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Joshua Pandu. Mari disimak!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Sound card adalah perangkat terintegrasi yang dapat mengubah sinyal listrik menjadi sinyal suara atau audio dan sebaliknya. Bila Anda suka menonton video, main games, atau menikmati musik, Anda mungkin tahu pentingnya sound card.  Sound card yang dimaksud termasuk sound card USB, sound card eksternal, sound card HP, dan sound card PC. Merek sound card seperti V8 dan Behringer mungkin terdengar familier bagi Anda. Nah, untuk mendapatkan produk yang bagus, mari simak rekomendasi sound card terbaik dalam artikel ini. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi.
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Power Supply Terbaik untuk PC - Ditinjau oleh Software Engineer dan Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Power Supply Terbaik untuk PC - Ditinjau oleh Software Engineer dan Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Power supply adalah salah satu bagian penting pada PC (personal computer). Perangkat ini memberikan suplai daya untuk komputer dengan cara mengubah arus AC (alternating current) menjadi arus DC (direct current).Kali ini, kami akan memberikan tips dan rekomendasi power supply terbaik. Anda bisa menemukan beragam power supply, mulai dari 500 watt hingga 1000 watt. Cool Master, Seasonic, CORSAIR, dan ASUS adalah beberapa contoh merek yang bagus untuk Anda miliki. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo, dan tech enthusiast kami, Joshua Pandu. Yuk, simak selengkapnya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Keyboard Mechanical Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Keyboard Mechanical Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Keyboard mechanical menjadi jenis keyboard yang cocok untuk kerja dam gaming. Ada beragam jenis keyboard mechanical yang digemari. Dua di antaranya adalah keyboard TKL (ten key less) tanpa numeric pad dan keyboard 60% yang lebih compact. Ada juga keyboard dengan lighting RGB yang menambah keseruan suasana gaming.Beberapa merek terkenal seperti Razer, Logitech, Rexus, dan lainnya merilis keyboard mechanical yang bagus. Apakah Anda sedang mencari keyboard mechanical terbaik? Simak juga komentar dari software engineer, Yosua Surojo, tentang keyboard mechanical. Pilihlah keyboard mechanical yang mudah dan nyaman digunakan untuk Anda!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Wrist Rest Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Wrist Rest Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Rasa lelah dan pegal di tangan atau leher bisa muncul akibat bekerja berjam-jam di depan komputer atau laptop. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah menggunakan wrist rest pad atau alas pergelangan tangan. Apakah Anda bekerja dengan mouse atau keyboard? Ada banyak pilihan wrist rest di pasaran!Kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi wrist rest atau palm rest yang bagus. Anda dapat menemukan wrist rest berkualitas keluaran Ducky, Kensington, Belkin, hingga merek Razer dan HyperX untuk gaming. Artikel ini sudah ditinjau oleh gaming content creator kami, Faynilla.
    Aksesori komputer & laptop
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori