1. TOP
  2. >
  3. Interior & furnitur
  4. >
  5. Ruang tamu & keluarga
  6. >
  7. 10 Meja TV Putih Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Meja TV Putih Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Meja TV Putih Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Meja TV Putih Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Meja TV Putih Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Meja TV Putih Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Meja TV Putih Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023)

Meja TV putih dapat menambah nilai estetika untuk ruangan Anda. Ada model meja yang minimalis, ada juga yang modern. Model yang beragam membuat Anda dengan mudah menyesuaikan jenis meja dengan interior ruangan. 


Meja TV warna putih ini juga serbaguna dengan rak dan laci untuk menyimpan barang. Saat ini, ada merk furnitur memproduksi meja TV putih yang bagus, seperti IKEA, Anya-Living, Pira Home, dan lainnya. Jika Anda sedang mencari meja TV putih, bacalah artikel hingga akhir. Ada arsitek Adil Mochtar, ST, MT yang akan memberikan tips memilih meja TV putih terbaik.

Diperbaharui 11-05-2022
Pakar
Arsitek
Adil Mochtar

Adil adalah seorang Arsitek Prinsipal kreatif di HADE (PT Hasta Asri Dharma) dan AMA Studio. Ia memiliki 7 tahun pengalaman dalam perancangan bangunan gedung negara, swasta dan rumah tinggal. Seluruh konsep rancangan Adil selalu mengedepankan arsitektur yang berwawasan lingkungan dan inovasi. Selain itu, Adil juga turut aktif dalam organisasi profesi Ikatan Arsitek Indonesia Wilayah Bekasi. Untuk mendapatkan informasi dan konsultasi mengenai arsitektur, Anda bisa menyapa Adil melalui akun Instagram-nya.

Profil Adil Mochtar
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih meja TV putih

Untuk bisa menemukan produk yang tepat, Anda harus mengetahui cara memilihnya terlebih dahulu. Berikut akan kami jelaskan cara memilihnya.

① Pilih warna putih yang cocok dengan interior ruangan Anda

Pilih warna putih yang cocok dengan interior ruangan Anda
Saat Anda mencari meja TV putih, sebenarnya Anda akan dihadapkan pada beragam pilihan. Meski sama-sama tergolong putih, warna putih sebenarnya memiliki banyak jenis. Ada yang berwarna putih terang, putih yang sedikit redup, dan putih yang mendekati warna krem. Pilihlah warna putih yang sesuai dengan suasana serta interior yang diinginkan untuk ruangan Anda.

Sebagai contoh, sebuah ruangan sudah dipenuhi dengan banyak perabotan berwarna putih. Menambahkan meja TV berwarna putih akan tercipta suasana ruangan yang datar. Hal ini baik jika Anda memang menyukai desain ruangan yang terkesan plain. Sebaliknya, untuk mendapatkan suasana ruangan yang lebih lembut dan santai, pilihlah meja warna putih mendekati krem atau woodgrain.


Tergantung dari bahannya, meja TV berwarna putih bersih cenderung memiliki kesan murah. Apabila bahannya kurang baik, meja TV tersebut dapat membuat interior ruangan terlihat kurang menawan. Jadi, bila Anda memilih meja yang berwarna putih terang, carilah yang berkualitas baik ketimbang berharga murah.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Untuk pribadi yang simple dan bersih, memilih meja TV berwarna putih sangatlah cocok. Pemilihan warna putih yang bersifat netral cocok untuk digunakan pada ruangan dengan berbagai suasana.

② Sesuaikan produk berdasarkan desain dan kemudahan perawatannya

Meja TV berwarna putih sangatlah fashionable, tetapi debu dan kotoran jadi lebih mudah terlihat. Anda juga perlu memperhatikan desain dan kemudahan perawatan produk pilihan Anda.

Meja TV 100% putih, minimalis, tetapi cenderung mudah terlihat kotor

Meja TV 100% putih, minimalis, tetapi cenderung mudah terlihat kotor
Produk dengan warna putih dan dilengkapi panel-panel dekoratif adalah tampilan standar dari kebanyakan meja TV putih. Meja seperti ini tepat untuk ruangan bergaya simpel atau bebas furnitur, agar kehadirannya tidak terlalu mencolok.

Meski begitu, produk dengan harga terlampau murah biasanya memiliki tampilan sangat glossy yang malah membuatnya terkesan murahan. Terutama bila Anda membeli meja dengan harga terbatas, hindari produk yang finishing-nya terlalu mengilap, ya!


Selain itu, produk dengan 100% warna putih memiliki kelemahan tersendiri. Kotoran dan goresan akan lebih mudah terlihat pada meja seperti ini. Jika Anda tidak memiliki cukup waktu untuk membersihkannya, ada baiknya Anda menghindari tipe ini. Meja TV wood grain atau yang beraksen mungkin lebih tepat dipilih. Goresan dan debu akan lebih sulit terlihat pada kedua tipe meja tersebut.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Perabotan warna putih memiliki beberapa kekurangan, salah satunya cepat kotor saat terpapar debu. Pilihlah jenis material pelapis yang mudah dibersihkan dan bersifat glossy untuk meja berwarna putih yang bertekstur. Meja non-glossy lebih sulit untuk dibersihkan karena memiliki tekstur pada celah permukaannya.

Meja TV wood grain, hadirkan nuansa natural yang menenangkan

Meja TV wood grain, hadirkan nuansa natural yang menenangkan
Meja TV yang dihiasi dengan wood grain pada bagian tertentu akan membuatnya terlihat lebih natural sekaligus eksklusif. Namun, tergantung pada pengecatannya, bisa jadi tipe ini menjadi sulit dibersihkan. Meja TV putih wood grain yang desainnya antik memang menarik, tetapi pastikan produk tersebut mudah dibersihkan, ya!

Ada juga meja TV yang tampilan serat kayunya bukan asli, melainkan hanya ditempelkan pada panel meja tersebut. Meski nuansa warm yang dihasilkan tidak maksimal, produk seperti ini lebih mudah dibersihkan. Selain itu, pada produk seperti ini debu dan goresan juga tidak terlalu mudah terlihat.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Warna putih yang bersifat netral dapat dipadupadankan dengan material dan warna apa pun. Perpaduan yang sedang nge-trend adalah warna putih dengan tekstur kayu. Warna putih yang terang dan modern serta warna kayu yang natural dan hangat menarik untuk mengisi suasana ruang apapun.

Meja TV beraksen, makin fashionable dengan gaya scandinavian

Meja TV beraksen, makin fashionable dengan gaya scandinavian
Mungkin Anda belum terbiasa melihat furnitur yang seluruhnya berwarna putih. Bila demikian, produk beraksen yang dihiasi sentuhan warna selain putih bisa Anda pertimbangkan. Bisa saja hanya gagang, panel tertentu, atau pilar meja diberi aksen warna berbeda. Desain tersebut akan membuat mejanya terlihat makin menawan dan fashionable.

Selain itu, produk dengan komponen misalnya top board atau pintu yang bahannya berbeda juga bisa memberikan aksen tersendiri. Terutama bila material yang digunakan adalah kaca atau kayu, meja tersebut akan terkesan mahal. Namun, penting untuk diingat bahwa berbeda material dan cat, berbeda pula kemudahan perawatannya.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Agar tidak cepat bosan, furniture yang didominasi warna putih biasanya dipadukan dengan corak dan tekstur yang beragam dan rumit. Permainan tekstur warna netral serta corak yang rumit dan fashionable akan memberikan aksen yang menarik pada ruangan Anda.

③ Periksalah ketersediaan fitur UV protection pada meja TV

Periksalah ketersediaan fitur UV protection pada meja TV
Meja TV putih memang terlihat menarik dan stylish. Namun, bila sering terpapar sinar matahari warnanya bisa berubah. Dibanding meja dengan warna lainnya, perubahan warna pada meja TV putih lebih mudah terlihat.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada produk yang dilengkapi UV protectionJika Anda sangat mengkhawatirkan sunburn pada meja TV putih, produk dengan UV protection layak dipertimbangkan. Meski begitu, sayangnya produk dengan UV protection masih tergolong langka di Indonesia.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Warna putih sangatlah cerah sehingga apabila kualitas material kurang baik, kecerahannya akan pudar dan menguning. Pilihlah bahan yang berkualitas baik agar furnitur tahan lama dan estetika tetap terjaga. 


Sebagai usaha peremajaan, meja putih dengan finishing berjenis cat duco bisa dicat ulang. Namun, sulit untuk memperbaiki warna putih pada material berbahan dasar plastik apabila tidak sering dibersihkan. Untuk menjaga material dari kusam karena terpapar sinar matahari langsung, gunakanlah bahan yang memiliki UV protection.

④ Lihat juga kepraktisan meja TV saat digunakan

Meski sama-sama merupakan meja TV putih, kepraktisan penggunaan setiap produk bisa berbeda satu sama lain. Anda tetap perlu mengeceknya terlebih dahulu. Berikut poin-poin yang perlu untuk Anda pertimbangkan.

Ukuran dan kapasitas beban, sesuaikan dengan TV yang Anda miliki

Ukuran dan kapasitas beban, sesuaikan dengan TV yang Anda miliki
Saat memilih meja TV putih, pilihlah produk yang tetap terlihat seimbang setelah Anda meletakkan TV. Meja dan TV akan terlihat seimbang bila ada jarak sisa berkisar 10–30 cm dari TV. Karena itu, ketahui terlebih dahulu ukuran TV Anda sebelum menentukan ukuran mejanya.

Nah, ada juga meja yang ukurannya fixed untuk TV berukuran tertentu. Selain itu, kapasitas beban juga penting untuk Anda perhatikan demi keamanan. Utamakanlah aspek keamanan penggunaan dibandingkan dengan aspek estetika. Akan sangat baik bila Anda mengikuti standar keamanan penggunaan yang ditentukan produsen meja tersebut.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Ukuran furnitur harus diperhatikan agar proporsi kenyamanan dari ruangan tidak terasa sesak. Perhatikan pula proporsi ukuran TV Anda dengan meja TV. Jangan pilih meja yang terlalu kecil agar estetika tetap terjaga. 


Apabila meja TV juga berfungsi untuk menyimpang barang, perhatikan berat dari barang Anda. Pastikan meja memiliki konstruksi yang cukup kokoh untuk menahan berat barang yang akan diletakkan di atasnya.

Low board atau high board, sesuaikan ketinggian meja dengan kebiasaan menonton

Low board atau high board, sesuaikan ketinggian meja dengan kebiasaan menonton
Secara umum ada dua tipe meja TV yakni low board dan high board. Tipe low board kebanyakan berukuran compact dan memiliki harga ekonomis. Sementara itu, high board memiliki kapasitas penyimpanan yang besar, berukuran lebih besar, dan harganya pun lebih mahal.

Saat menonton TV, garis pandang mata yang sedikit ke bawah tidak membuat Anda cepat lelah. Karena itu, bila Anda biasa menonton TV sambil duduk di kursi atau sofa, high board pilihannya. Nah, bagi Anda yang menonton TV sambil duduk di lantai atau tempat duduk yang rendah, low board tepat dipertimbangkan. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebiasaan Anda saat menonton.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Perhatikan ukuran TV dan juga ketinggian mata audiens agar posisinya berada dalam titik ergonomi yang baik. Posisi level mata dan TV yang tidak ergonomis dapat menimbulkan ketidaknyamanan. Perkirakan posisi Anda saat menonton TV agar level mata sejajar dengan titik tengah TV.

⑤ Cek juga jumlah dan jenis penyimpanan yang tersedia

Cek juga jumlah dan jenis penyimpanan yang tersedia
Ruang penyimpanan juga penting diperhatikan saat Anda hendak memilih meja TV putih. Ada dua jenis ruang penyimpanan yang ada pada meja TV yakni rak dan laci. Untuk rak sendiri, ada rak terbuka dan rak tertutup. 

Rak terbuka biasanya untuk menyimpan DVD player, PS4, dan lainnya. Sementara itu, laci dan rak tertutup untuk menyimpan barang lainnya. Sesuaikanlah ukuran rak penyimpanan dengan barang yang hendak Anda simpan.


Selain itu, pastikan juga keberadaan lubang kabel pada rak dan meja TV. Adanya lubang kabel ini memungkinkan Anda mengorganisir kabel-kabel yang ada di satu tempat. Dengan begitu, lanskap meja TV pun terlihat rapi. 

10 Rekomendasi meja TV putih terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk meja TV putih terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari arsitek Adil Mochtar.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Pira Home

Metropolis Arnor

Pira Home Metropolis Arnor 1枚目

Material awet yang tidak mudah keropos dan pudar warnanya

2

Anya-Living

Lucas TV Stand White-Beech

Anya-Living  Lucas TV Stand White-Beech  1枚目

Dibuat dari bahan ramah lingkungan dan tidak berbau

3

PIRA

Bavarian Benedict

PIRA  Bavarian Benedict  1枚目

Lebih panjang untuk ukuran TV yang besar!

4

Offo Living

Rak TV

Offo Living Rak TV 1枚目

Bentuk kecil dan mudah dipindahkan, ideal untuk kamar indekos

5

iFurnholic

Hanover TV Cabinet - Ivory

iFurnholic  Hanover TV Cabinet - Ivory 1枚目

Menopang beban makin kuat dan stabil berkat kaki dari kayu solid!

6

Dekoruma

Moku Meja TV Putih

Dekoruma Moku Meja TV Putih 1枚目

Desain unik gaya Japandi yang simpel dan elegan

7

IKEA

LACK TV Unit White

IKEA LACK TV Unit White 1枚目

Bentuk compact dengan harga bersahabat!

8

Livien Furniture

Luna Meja TV

Livien Furniture Luna Meja TV 1枚目

Lampu LED di bagian bawah membuatnya terlihat elegan

9

Kirana Furniture

Lemari Meja/Buffet TV Dallas SC

Kirana Furniture  Lemari Meja/Buffet TV Dallas SC 1枚目

Konstruksi kukuh dan mudah dirakit berkat knockdown system!

10

Belanova Limited

Meja TV Delrosario Series - White

Belanova Limited Meja TV Delrosario Series - White 1枚目

Simpan banyak barang bukan lagi jadi masalah dengan meja ini

Perincian produk
Close
No.1

Pira HomeMetropolis ArnorTV120

Mulai dari Rp603.000,00

Material awet yang tidak mudah keropos dan pudar warnanya

Meja TV dari Pira Home ini direkomendasikan bila Anda mencari produk yang awet, tahan lama, dan tidak mudah berjamur. Produk ini terbuat dari material grade A yang kukuh. Dengan demikian, meja TV ini tidak mudah keropos dan berjamur.


Tidak hanya itu, lapisan laminasi furnitur ini tahan lama sehingga kecantikan warnanya dapat tetap terjaga hingga bertahun-tahun. Keunggulan lainnya, meja TV ini memiliki petunjuk perakitan yang mudah dipahami. Anda pun dapat merakitnya secara mandiri. 

No.2

Anya-Living Lucas TV Stand White-Beech

Mulai dari Rp750.000,00

Dibuat dari bahan ramah lingkungan dan tidak berbau

Jika Anda mencari meja TV yang eco-friendly, kami menyarankan produk dari Anya Living ini. Hal ini karena laminasi meja TV ini menggunakan bahan yang ramah lingkungan. Karena itu, mejanya pun tidak memberikan bau menyengat yang mengganggu kenyamanan saat pertama kali digunakan.


Dari sisi desainnya, meja TV ini hadir dengan perpaduan warna putih dan cokelat muda ala scandinavian. Warna dari meja TV tersebut bisa membuat nuansa ruangan makin cozy. Saat sedang menonton TV, mata Anda tidak terdistraksi dengan warna yang mengganggu dari tampilan meja TV-nya.

No.3

PIRA Bavarian Benedict TV210

Mulai dari Rp1.889.000,00

Lebih panjang untuk ukuran TV yang besar!

Apabila Anda mencari meja TV putih dengan ukuran panjang di atas rata-rata, kami merekomendasikan Bavarian Benedict TV210. Pasalnya, panjang meja TV ini mencapai dua meter sehingga cukup untuk beragam ukuran TV. Jika TV Anda tidak begitu besar, Anda dapat meletakkan beragam hiasan, seperti bunga, foto, dan lainnya. Tidak akan ada space yang mubazir!
No.4

Offo LivingRak TVRTV 01

Mulai dari Rp499.000,00

Bentuk kecil dan mudah dipindahkan, ideal untuk kamar indekos

Apakah Anda mencari meja TV untuk di kamar indekos Anda? Meja TV dari Offo Living ini bisa Anda pertimbangkan. Meja ini memiliki ukuran yang lebih kecil sehingga tidak memakan banyak tempat di kamar Anda. Ukuran maksimal meja TV yang mampu ditopang adalah 42 inci. Jadi, cek ulang dahulu ukuran TV Anda sebelum membeli produk ini, ya!

No.5

iFurnholic Hanover TV Cabinet - Ivory

Mulai dari Rp1.100.000,00

Menopang beban makin kuat dan stabil berkat kaki dari kayu solid!

Untuk Anda yang ragu dengan kekuatan dan kestabilan kaki meja TV, kami menyarankan Anda mempertimbangkan produk ini. Empat kaki meja ini terbuat dari kayu mahoni yang solid sehingga mampu menahan beban berat. 


Tidak hanya itu, ada juga kaki tambahan di tengah-tengah meja untuk mempertahankan kestabilan mejanya. Perpaduan keduanya tersebut membuat Anda tidak perlu khawatir lagi jika harus meletakkan TV dan aksesori lainnya.

No.6

DekorumaMoku Meja TV Putih

Mulai dari Rp1.999.000,00

Desain unik gaya Japandi yang simpel dan elegan

Moku Meja TV Putih dari Dekoruma mengusung gaya Japandi (japanese design) yang simpel, praktis, dan elegan. Meja ini memiliki rak dengan konsep sliding door yang tidak memakan banyak tempat saat dibuka.


Karena bentuknya memanjang, rak meja yang tertutup menjadi lebih luas. Selain itu, ada juga tiga rak terbuka untuk meletakkan perangkat elektronik pelengkap TV. Remote, DVD player, dan lainnya jadi dapat terorganisasi dengan baik. Tiap-tiap raknya juga memiliki lubang organizer untuk kabelnya agar lebih tertata rapi.

No.7

Bentuk compact dengan harga bersahabat!

Anda ingin memiliki meja TV tanpa harus menyiapkan bujet besar? Produk ini patut Anda pertimbangkan. Meja TV dari IKEA ini memiliki harga bersahabat sehingga tidak menguras dompet Anda.


Tidak hanya itu, rak penyimpanan meja ini mampu menahan beban 10 kg. Kemudian, panel TV-nya mampu menahan beban hingga 30 kg. Ukuran produk ini juga tergolong compact sehingga tidak akan membuat ruangan terkesan sempit dan sesak. 

No.8

Livien FurnitureLuna Meja TV

Mulai dari Rp2.990.000,00

Lampu LED di bagian bawah membuatnya terlihat elegan

Jika Anda memiliki TV gantung yang ditempel di dinding, Luna Meja TV pas untuk Anda. Produk ini merupakan jenis dresser TV yang dibuat untuk memperindah dekorasi ruangan Anda. Ada lampu LED (light-emitting diode) di bagian bawah meja yang membuat ruangan Anda terlihat makin elegan bagai galeri seni. Lampu LED dari meja ini juga bisa digunakan sebagai lampu tidur, lho.

No.9

Kirana Furniture Lemari Meja/Buffet TV Dallas SC

Mulai dari Rp399.000,00

Konstruksi kukuh dan mudah dirakit berkat knockdown system!

Meja TV dari produsen yang telah berpengalaman selama lebih dari 30 tahun ini hadir dengan konstruksi yang kukuh. Selain menggunakan material particle board grade A, meja dari Kirana Furniture ini dibuat menggunakan knockdown system. Ikatan dalam sistem ini membuat tiap-tiap bagian meja terkunci dengan kuat. Jenis sistem tersebut juga membuat TV dapat dibongkar dan dipasang dengan mudah. 

No.10

Belanova LimitedMeja TV Delrosario Series - White

Mulai dari Rp800.000,00

Simpan banyak barang bukan lagi jadi masalah dengan meja ini

Untuk ukuran sebuah meja TV, produk Delrosario Series ini memiliki banyak ruangan. Dengan begitu, Anda dapat menyimpan banyak barang di meja ini. Rak terbukanya dapat digunakan untuk meletakkan DVD player, PS4, atau kelengkapan TV lainnya. Kemudian, rak tertutup dan lacinya bisa digunakan menyimpan barang-barang yang lebih kecil, seperti buku, remote control, dan sebagainya.

Baca juga rekomendasi perlengkapan TV lainnya di sini

Kesimpulan

Meja TV putih akan membuat ruangan Anda terlihat lebih rapi. Karena itu, pilihlah meja TV dengan desain yang sesuai dengan atmosfer ruangan Anda. Dengan begitu, suasana bersantai sembari menonton TV jadi makin menyenangkan.


Anda juga perlu memeriksa ukuran meja serta kepraktisan penggunaannya. Ukuran yang proporsional membuat meja dan TV makin enak dipandang. Beberapa meja juga mempunyai laci dan rak menyimpan barang. Jangan lupa mengecek fitur tersebut, ya. Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer