8 Rekomendasi Saus Tartar Terbaik dilengkapi dengan Resep (Terbaik Tahun 2018)

8 Rekomendasi Saus Tartar Terbaik dilengkapi dengan Resep (Terbaik Tahun 2018)

Saus tartar merupakan perpaduan telur, acar, dan bawang yang dicampur ke dalam mayones. Berasal dari Eropa, saus tartar juga menjadi salah satu saus yang populer digunakan di Indonesia. Anda bisa menemukan saus tartar yang dijual dalam berbagai kemasan baik di supermarket maupun di toko online.

Pada kesempatan kali ini, kami akan merekomendasikan saus tartar terbaik yang bisa Anda nikmati bersama dengan keluarga. Saus tartar yang nikmat bisa dijadikan saus cocolan untuk berbagai hidangan makanan Anda. Yuk, simak penjelasan kami sampai selesai!

Daftar isi

Cara memilih saus tartar

Pertama-tama, kami akan menjelaskan cara memilih saus tartar. Semoga dengan penjelasan kami dapat membantu Anda menemukan saus tartar yang rasanya sesuai dengan selera Anda.

Rasa asam yang kuat untuk cita rasa segar

Rasa asam yang kuat untuk cita rasa segar

Saus tartar yang mengandung jus lemon dan cuka akan menghasilkan cita rasa asam yang kuat. Anda dapat menikmati makanan yang crispy seperti ayam goreng atau kentang goreng dengan tambahan saus tartar ini sebagai cocolan. Rasanya yang asam dan segar cocok untuk jenis makanan gorengan tersebut yang tentunya akan menambah selera makan Anda.

Namun, tidak semua orang cocok dengan saus tartar yang terasa asam, terutama anak kecil. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membaca terlebih dahulu ulasan produk sebelum membeli agar mengetahui tingkat rasa keasamannya.

Periksalah kandungan bahan mentah yang digunakan

Periksalah kandungan bahan mentah yang digunakan

Saus tartar pada umumnya terbuat dari campuran telur, bawang, acar, jus lemon atau cuka, dan lainnya dengan bahan dasar mayones. Namun, setiap produsen memiliki jenis bahan yang berbeda agar produknya memiliki cita rasa yang unik dibandingkan dengan yang lain. Hal ini dapat Anda lihat pada bagian daftar bahan baku yang digunakan di kemasan saus tartar.

Ada produk saus tartar yang tidak menggunakan telur yang merupakan salah satu bahan inti saus tartar. Selain itu, ada juga produk dengan campuran bahan lain yang sepertinya kurang pas untuk digunakan. Ada juga produsen yang memproduksi saus tartar rendah kalori dan rendah kolesterol untuk menarik minat orang-orang yang peduli dengan gaya hidup sehat.

Pilihlah kemasan yang nyaman untuk Anda

Pilihlah kemasan yang nyaman untuk Anda

Saus tartar memiliki tekstur antara cair dan padat sehingga ada produsen yang menjualnya dalam bentuk botol, tube, dan kemasan plastik. Jika Anda membeli dalam bentuk botol, Anda dapat menuangkan saus tartar dalam jumlah banyak sekaligus. Selain itu, dengan mulut botol yang lebar, Anda dapat menggunakan saus tartar tersebut sampai habis hingga ke bagian dasar.

Untuk saus tartar yang teksturnya sedikit cair biasanya dikemas dalam bentuk botol yang memudahkan Anda untuk menyimpannya di dalam kulkas. Selain itu, saus tartar dalam kemasan tube akan lebih mudah dibawa-bawa karena bentuknya yang ringkas. Sayangnya saus tartar dalam kemasan tube cukup sulit ditemukan di Indonesia.

8 Rekomendasi saus tartar terbaik

Di bawah ini terdapat delapan produk saus tartar yang secara khusus kami rekomendasikan untuk Anda. Saus tartar biasanya digunakan untuk makanan ala western, tetapi Anda juga dapat menggunakannya untuk berbagai macam masakan lainnya. Selamat memilih!

8. Cheese You Up Tartar Sauce

8. Cheese You Up Tartar Sauce

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 58.500

Campuran rempah yang terasa di setiap gigitan!

Dibuat dengan campuran rempah membuat saus tartar ini terasa lebih unik dari yang lain. Selain digunakan sebagai pelengkap makanan western seperti fish & chips, saus tartar ini juga cocok Anda gunakan untuk cocolan aneka gorengan khas Indonesia, seperti tahu dan tempe goreng.

Saus tartar ini dikemas dalam kemasan plastik dengan berat 1 kilogram. Dengan adanya saus tartar ini tentunya akan menghemat waktu Anda dalam membuat berbagai macam masakan, dan menguntungkan Anda yang memiliki usaha di bidang kuliner karena isinya yang banyak di dalam satu kemasannya.

7. Kuehne Tartare Sauce

7. Kuehne Tartare Sauce

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 51.500

Dengan tambahan potongan sayur yang crunchy dan renyah

Saus tartar dari Jerman ini memiliki tekstur extra creamy dengan potongan bawang bombai dan timun yang menambah tekstur renyah. Saus ini dapat Anda gunakan sebagai pelengkap hidangan ikan atau daging panggang yang Anda buat saat sedang berkumpul bersama dengan teman ataupun keluarga.

Bahan yang terkandung di dalamnya tidak mengandung pengawet dan pewarna buatan, serta bebas gluten dan laktosa sehingga aman untuk Anda dan keluarga Anda yang memiliki alergi makanan yang mengandung gluten dan susu. Setelah selesai digunakan, Anda dapat menyimpan saus tartar ini di dalam kulkas agar kualitasnya tetap dapat terjaga dengan baik.

6. HEINZ Premium Tartar Sauce

6. HEINZ Premium Tartar Sauce

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 68.000

Anda akan merasakan cita rasa klasik khas saus tartar di setiap suapan

Pencinta rasa saus tartar wajib mencoba yang satu ini! Saus tartar buatan Amerika Serikat ini memiliki cita rasa klasik saus tartar. Botolnya yang apik cocok untuk diletakkan di meja makan keluarga. Rasa khas lezatnya akan membuat Anda dan keluarga semakin lahap menikmati aneka hidangan yang disajikan.

Saus dari Heinz ini tidak mengandung perasa buatan sehingga rasa alami dari saus tartar tetap dapat terjaga. Anda dapat menghidangkan saus ini dengan ayam goreng buatan Anda bersama kentang goreng untuk hidangan rumahan yang lebih nikmat!

5. 510 Culinary Tartar Sauce

5. 510 Culinary Tartar Sauce

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 68.000

Saus homemade nan creamy yang patut dicoba!

Bagi Anda yang hobi berbelanja bahan makanan di situs online seperti Tokopedia, produk ini bisa jadi salah satu pilihan. Saus tartar yang dibuat homemade ini dijual dalam kemasan seberat 285 gram, cocok apabila Anda yang ingin menggunakannya dalam jangka pendek, misalnya untuk dibawa travelling.

Saus tartar ini bisa Anda gunakan untuk melengkapi hidangan ikan Anda, seperti ikan salmon dan juga dori. Tentunya rasa masakan Anda akan menjadi lebih nikmat dengan teksturnya yang creamy. Anak Anda di rumah pun pasti akan makan lebih lahap!

4. MasterFoods Traditional Tartare Sauce

4. MasterFoods Traditional Tartare Sauce

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 80.000

Sajikan sandwich seperti buatan koki profesional berkat olesan saus tartar!

Produk dari Australia ini menggunakan resep tradisional sehingga menghasilkan saus tartar yang kaya akan rasa, serta begitu creamy. Rasanya yang lezat merupakan perpaduan yang baik antara mayones dengan aneka sayuran dan rempah yang dipotong halus. Dengan demikian, saus tartar ini cocok untuk menjadi saus untuk roti isi buatan Anda.

Saus tartar ini direkomendasikan untuk menjadi pendamping sempurna hidangan seafood yang akan Anda sajikan untuk keluarga pada akhir pekan. Saus tartar ini bisa dinikmati dalam keadaan baik panas maupun dingin yang dapat disesuaikan dengan selera Anda.

3. Tam Tam Saus Mayo Tartar

3. Tam Tam Saus Mayo Tartar

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 21.000

Homemade dan aman! Harganya juga terjangkau untuk masakan rumahan Anda!

Saus tartar homemade ini dibuat secara aman tanpa menggunakan bahan pengawet. Kemasan berbentuk jar yang praktis membuat Anda mudah menyendokkan saus untuk dituangkan ke dalam mangkuk atau piring. Kemasannya juga tampak manis apabila Anda ingin menjadikannya sebagai hadiah.

Saus ini dapat Anda gunakan sebagai cocolan aneka macam makanan ringan seperti kentang goreng, sosis, ikan, dan daging ayam. Harganya yang juga terjangkau membuat saus tartar ini dapat Anda jadikan pilihan yang ekonomis.

2. Mrs Bridges Tartare Sauce with Lemon

2. Mrs Bridges Tartare Sauce with Lemon

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 70.000

Saus khusus untuk Anda pencinta lemon

Mrs Bridges selalu berinovasi demi kepuasan para konsumennya. Kali ini mereka memproduksi saus tartar yang diproses secara khusus sehingga terasa lebih lezat dan kaya rasa. Selain direkomendasikan untuk aneka hidangan ikan dan seafood, saus ini juga dapat Anda nikmati bersama hidangan steik buatan Anda pada akhir pekan.

Adanya tambahan lemon di dalam saus tartar ini membuat rasanya menjadi lebih segar, cocok untuk Anda yang menyukai saus dengan rasa sedikit asam. Selain itu, saus tartar ini juga bebas dari gluten dan terbuat dari bahan yang aman untuk vegetarian.

1. Kraft Tartar Sauce

1. Kraft Tartar Sauce

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 79.900

Penunjang gaya hidup sehat dengan nilai kalori yang rendah

Tentunya Anda sudah tidak asing dengan merek Kraft yang terkenal dengan produk-produk kejunya di Indonesia. Selain keju, Anda juga bisa menemukan saus tartar produksi Kraft di toko online. Bagi Anda yang sedang berdiet dan menjalani healthy lifestyle, saus tartar ini dapat Anda nikmati tanpa rasa khawatir sebab memiliki nilai kalori yang rendah.

Saus tartar dari Kraft ini dapat Anda gunakan sebagai pelengkap beberapa hidangan yang Anda buat. Anda juga bisa melihat beberapa ide resep dari situs resminya, seperti crab cakes dan fish cakes. Tentunya suasana makan siang Anda bersama dengan keluarga akan lebih menyenangkan.

Aneka ide masakan dengan saus tartar

Dalam keadaan kemasan yang tertutup, saus tartar tahan selama beberapa bulan. Apabila kemasannya sudah Anda buka, sebaiknya simpanlah saus tartar di dalam kulkas dan habiskan dalam jangka waktu satu bulan. Meskipun demikian, biasanya saus tartar yang lezat akan habis sebelum sampai sebulan karena Anda dapat menikmatinya dengan berbagai aneka makanan, misalnya selada.

Sangat disayangkan jika saus tartar yang Anda beli tidak dapat digunakan karena sudah kedaluwarsa. Karena itu, kami akan memberikan beberapa ide untuk menikmati saus tartar.

Cocok untuk roti yang ideal sebagai menu sarapan

Cocok untuk roti yang ideal sebagai menu sarapan

Saus tartar dan roti merupakan perpaduan yang sangat menarik. Selain bisa disiapkan dengan mudah, rasanya juga nikmat. Cukup mengoleskan saus tartar ke roti yang sudah dipanggang, tambahkan aneka bahan lainnya, seperti telur, ham, dan sayuran. Hidangan roti yang nikmat pun bisa langsung Anda nikmati. Selain itu, saus tartar juga bisa menjadi saus pelengkap untuk bruschetta, piza, dan hidangan roti lainnya.

Membuat aneka hidangan salad menjadi lebih bervolume atau padat

Membuat aneka hidangan salad menjadi lebih bervolume atau padat

Aneka hidangan selada biasanya menggunakan mayones sebagai sausnya, seperti selada kentang yang menjadi favorit anak-anak. Anda dapat mengganti saus mayones dengan saus tartar untuk membuat hidangan selada Anda menjadi lebih padat atau bervolume karena tekstur saus tartar lebih padat dan tebal dibandingkan dengan saus mayones. Saus tartar juga bisa ditambahkan ke macaroni salad, avocado salad, dan pumpkin salad.

Potato gratin yang cocok untuk bekal makan siang

Potato gratin yang cocok untuk bekal makan siang 

Anda juga dapat menggunakan saus tartar untuk membuat gratin. Cukup campurkan saus tartar dan keju leleh ke dalam panggangan yang sudah berisi potongan brokoli, tomat, dan kentang. Selain itu, Anda juga dapat menuangkan saus tartar ke alpukat atau paprika yang sudah dibuang bijinya, kemudian panggang dengan tambahan keju.

Saus carbonara untuk pasta yang mudah dibuat

Saus Carbonara untuk pasta yang mudah dibuat

Saus tartar dengan rasanya yang creamy juga bisa Anda jadikan saus untuk hidangan pasta. Cukup tambahkan keju dan tepung, Anda bisa membuat saus carbonara dengan mudahnya. Untuk memperkaya rasa, campurkan juga bawang putih, jamur, ham, irisan peterseli, dan lain-lain supaya lebih harum dan lezat.

Hidangan lain yang dapat menggunakan saus tartar

Hidangan lain yang dapat menggunakan saus tartar

Saus tartar juga sangat cocok digunakan untuk aneka hidangan makanan laut, seperti ikan, kerang, dan udang. Cukup tumis ikan, kerang, atau udang dengan api besar dan Anda langsung bisa menikmatinya dengan saus tartar. Anda juga dapat menggoreng kulit lumpia yang berisi saus tartar untuk mendapatkan rasa saus tartar yang umami dan kaya akan rasa.

Kesimpulan

Bagaimana? Kami telah mengulas beberapa produk saus tartar yang khusus kami rekomendasikan untuk Anda. Saus tartar pilihan kami dapat dinikmati oleh semua kalangan, dari anak kecil sampai orang dewasa. Saus tartar merupakan saus yang dapat melengkapi aneka hidangan yang sudah Anda buat. Adanya saus tartar akan membuat rasa makanan Anda menjadi lebih kaya rasa dan nikmat. Selamat makan!