10 Rekomendasi Dust Plug Terbaik untuk Earphone HP (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Dust Plug Terbaik untuk Earphone HP (Terbaru Tahun 2018)

Dust plug adalah aksesori handphone yang dapat mencegah masuknya debu atau air ke lubang earphone. Di pasaran, dust plug biasa disebut dengan aksesori earphone atau earphone cover. Baru-baru ini, banyak diciptakan dust plug dengan berbagai variasi. Bagi sebagian orang, memilih dust plug yang kompatibel dengan smartphone merupakan hal yang cukup membingungkan.

Dalam artikel kali ini kami akan memberikan tips cara memilih dust plug dan memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Mulai dari yang terdapat lubang untuk gantungan tali aksesori, gantungan berliontin yang ringan, model imut kerlap-kerlip yang biasa disukai wanita, sampai yang dilengkapi dengan tombol untuk mengakses aplikasi smartphone. Selamat membaca!

Daftar isi

Apakah tidak masalah membiarkan lubang earphone tanpa penutup?

Apakah tidak masalah membiarkan lubang earphone tanpa penutup?

Bukankah biasanya Anda membiarkan lubang earphone pada handphone terbuka begitu saja? Tentu saja, tidak masalah membiarkan lubang earphone tetap terbuka. Namun, apabila dibiarkan terbuka terus-menerus, lubang earphone juga dapat menjadi rentan rusak karena masuknya debu atau air. Untuk mencegahnya, sebaiknya gunakan dust plug atau penutup lubang earphone agar air atau debu tidak dapat masuk ke dalam handphone Anda.

Lubang earphone yang kemasukan air dapat menyebabkan handphone menjadi rusak dan tidak mengeluarkan suara. Hal yang sama terjadi apabila lubang earphone kemasukan debu, akan dapat menyebabkan suara menjadi tidak jernih. Jika hal itu terjadi, tentu akan membutuhkan tenaga dan biaya untuk memperbaikinya, bukan? Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya Anda memasang dust plug untuk melindungi lubang earphone Anda.

Ada banyak variasi cover penutup earphone, yang selain berfungsi untuk menutup lubang earphone juga dapat membuat handphone Anda tampil lebih imut dan modis. Untuk Anda yang bingung bagaimana cara memilihnya, berikut ini akan kami berikan tips-nya.

Cara memilih dust plug

Pada saat akan membeli dust plug, pilihlah yang tidak hanya mencegah debu atau air saja, tetapi juga tahan terhadap benturan dan tekanan. Selain itu, ada juga tipe dust plug yang dilengkapi dengan berbagai macam fitur. Berikut penjelasannya.

Pilihlah yang tahan air dan antidebu

Pilihlah yang tahan air dan antidebu

Banyak orang sering meletakkan handphone baik di dalam saku maupun di dalam tas pada saat bepergian. Namun, meskipun diletakkan dalam tas atau saku, debu juga dapat tetap masuk. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih dust plug yang dapat menahan debu untuk masuk ke dalam lubang earphone. Apabila Anda adalah tipe orang yang suka membawa handphone ke tempat-tempat yang rawan terkena air seperti ke dapur atau ke toilet, pilihlah dust plug yang tahan air untuk melindungi smartphone Anda.

Dust plug yang dijual di pasaran harganya bervariasi. Mulai dari yang harganya murah dan hanya berfungsi untuk sekadar menutup lubang earphone, sampai yang harganya sedikit mahal karena bahannya yang kuat dan dilengkapi dengan berbagai macam fitur. Sebaiknya periksalah terlebih dahulu sejauh mana fungsi penahan debu dan air pada dust plug sebelum membelinya, ya.

Pilihlah yang elastis dan kuat

Pilihlah yang elastis dan kuat

Bahan dust plug yang terbuat dari plastik dapat rentan patah karena tidak elastis. Repotnya lagi, apabila dust plug patah dan sisa patahannya tertinggal di dalam, Anda harus mengeluarkan sisa patahan tersebut atau membawanya ke tempat servis untuk memperbaikinya. Untuk mencegah hal itu terjadi, sebaiknya pilihlah dust plug yang kuat dan elastis pada bagian ujungnya.

Jika bagian dust plug yang patah dikeluarkan secara paksa, hal ini dapat menyebabkan bagian earphone rusak sehingga tidak dapat digunakan. Karenanya, apabila Anda memperbaikinya sendiri, pastikan untuk berhati-hati dan memeriksa keamanan perangkat tersebut.

Bahan lembut seperti polyurethane memiliki elastisitas yang bagus dan kuat sehingga tidak mudah patah atau rusak. Namun, karena bahannya lembut, tipe dust plug berbahan polyurethane tidak bisa menahan beban yang terlalu berat. Oleh karena itu, tipe dust plug yang dapat dimanfaatkan juga untuk gantungan tali aksesori tidak cocok menggunakan bahan ini.

Untuk dust plug yang terbuat dari bahan yang keras seperti aluminium, sebaiknya Anda cek dahulu apakah di sekitar lingkarannya terdapat karet yang melindunginya atau tidak. Karena jika tidak ada karet atau bahan lembut lainnya, dust plug dapat menggesek dan menimbulkan goresan di bagian lubang earphone Anda. Jadi, berhati-hatilah!

Periksalah fungsi speaker pada smartphone Anda

Periksalah fungsi speaker pada smartphone Anda

Beberapa tipe smartphone ada yang suara speaker-nya menjadi mati ketika dust plug dimasukkan. Apabila Anda adalah tipe orang yang selalu menggunakan headset ketika mendengarkan musik, mungkin hal ini tidak menjadi masalah. Namun, apabila Anda terbiasa mendengarkan musik dengan speaker handphone, periksalah terlebih dahulu apakah speaker tetap berfungsi atau tidak setelah menggunakan dust plug.

Akan tetapi, apabila Anda ingin speaker dapat tetap digunakan bersamaan dengan dust plug, Anda dapat menggunakan menu pengaturan manual pada Android untuk menyalakannya. Namun, karena tidak semua Android menyediakan pengaturan manual untuk menyalakan speaker, sebaiknya gunakanlah aplikasi ini bersamaan dan yang kompatibel dengan smartphone Anda.

Pilihlah berdasarkan fitur tambahannya

Selain tahan air dan antidebu, ada juga berbagai macam fitur dust plug yang dapat Anda pilih. Simak penjelasan kami di bawah ini.

Dust plug yang mempunyai lubang tali, untuk menggantung aksesori

Dust plug yang mempunyai lubang tali, untuk menggantung aksesori

Tipe dust plug yang satu ini memiliki lubang tali pada ujungnya yang dapat Anda gunakan untuk menggantungkan aksesori handphone. Karena dirancang untuk menahan beban gantungan, dust plug tipe ini dapat melekat dengan kuat pada lubang earphone sehingga dapat mencegah debu atau air masuk ke dalamnya.

Namun, karena berbeda produk berbeda juga beban gantungan yang dapat ditanggung, sebaiknya Anda mengecek terlebih dahulu gantungan yang akan dipasang dan sesuaikan dengan kemampuan dust plug tersebut.

Dust plug yang memiliki tombol, untuk kemudahan akses aplikasi

Dust plug yang memiliki tombol, untuk kemudahan akses aplikasi

Ini adalah jenis dust plug yang menambahkan tombol tambahan pada bagian headset. Sangat menyenangkan bukan apabila dapat menambahkan satu fungsi tombol pada smartphone untuk menjalankan aplikasi tertentu? Seperti untuk mengakses kamera, galeri, dan lain sebagainya dengan satu hingga tiga kali klik. Tergantung dari mereknya, ada juga dust plug yang dapat difungsikan untuk memotret kamera tanpa mengeluarkan suara. Karena jenis dust plug ini digunakan bersama dengan aplikasi dalam smartphone, pastikan Anda mengonfirmasi terlebih dahulu apakah OS smartphone Anda bisa mendukung fitur dust plug ini atau tidak.

Pilihlah produk yang kompatibel dengan smartphone Anda

Pilihlah produk yang kompatibel dengan smartphone Anda

Tergantung pada jenis smartphone yang Anda gunakan, ada beberapa tipe dust plug yang tidak kompatibel. Terutama untuk dust plug yang berhubungan dengan aplikasi dan OS smartphone. Selain untuk cover earphone, ada juga dust plug yang digunakan untuk cover microSD, cover pengisi charger, dan lain sebagainya. Berbeda jenis OS smartphone, berbeda juga jenis dust plug yang dapat digunakan. Oleh sebab itu, apa pun jenisnya, sebaiknya cek terlebih dahulu apakah dust plug tersebut sesuai dengan OS smartphone Anda atau tidak.

10 Rekomendasi dust plug terbaik untuk earphone HP

Berikutnya kami akan memberikan rekomendasi dust plug terbaik di bawah ini! Anda dapat menemukan beragam dust plug yang dapat digunakan sebagai penahan debu atau hanya untuk aksesori handphone. Selamat memilih!

10. Colorful Crystal Dustproof Plug

10. Colorful Crystal Dustproof Plug

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.500

Kristal full color: untuk smartphone tampil lebih elegan

Dust plug yang satu ini terbuat dari bahan stainless steel antikarat sehingga lebih awet dan tahan lama. Kilau hiasan kristal warna-warni pada bagian ujungnya juga mampu membuat smartphone Anda tampil lebih bergaya.

Dengan banyak pilihan warna, Anda dapat membeli beberapa varian untuk digunakan secara bergantian sesuai dengan mood Anda. Produk ini direkomendasikan untuk Anda para wanita yang menyukai hiasan klasik dan tak lekang oleh waktu.

9. Niko Niko Nekomura Puppy Dust Plug

9. Niko Niko Nekomura Puppy Dust Plug

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 31.000

Time to show your cute smartphone with cute dog dust plug!

Bentuk unik karakter anjing Shiba yang menempel pada body handphone ini mampu memberikan  kesan imut pada smartphone Anda. Produk ini terbuat dari bahan plastik yang tahan air sehingga aman untuk dibawa ketika ke kamar mandi ataupun ke dapur.

Selain itu, karena body anjingnya lebar dan menutup sampai bagian depan, dust plug ini akan lebih melindungi handphone Anda dari debu dibandingkan dengan produk lainnya. Kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang menyukai karakter lucu untuk mempercantik smartphone Anda.

8. Dust Plug Mahkota Mungil

8. Dust Plug Mahkota Mungil

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 25.000

Bentuk mahkota, untuk Anda para wanita penyuka gaya feminin

Berbeda dengan dust plug pada umumnya, produk ini didesain khusus untuk melindungi lubang earphone Anda yang terletak pada bagian bawah handphone. Bagian jarum pada dust plug ini terbuat dari bahan karet silikon antiair yang lembut dan tidak mudah patah sehingga aman untuk digunakan.

Selain itu, hiasan crown lapis emas dan kristal imitasi mampu membuat handphone Anda tampak lebih mewah. Produk ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda para wanita yang menyukai gaya feminin.

7. Cherry Dust Plug

7. Cherry Dust Plug

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 11.000

Tampil klasik dengan perpaduan warna emas dan kristal imitasi

Didesain dengan warna emas dan kristal imitasi, produk ini mampu memberikan kesan klasik pada handphone Anda. Namun, karena gantungan pada dust plug ini agak berat, pastikan dust plug sudah tertancap dengan rapat agar tidak terjatuh ketika dipakai.

Perpaduan warna emas dan kristal yang indah cocok juga untuk Anda hadiahkan kepada pasangan atau kolega Anda yang sedang berulang tahun. Tersedia dua pilihan warna merah dan putih yang dapat dipilih sesuai dengan selera Anda!

6. DIY Anti Dust Plug Flat Head

6. DIY Anti Dust Plug Flat Head

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.500

Terbuat dari plastik, ringan dan tahan lama

Produk ini terbuat dari bahan plastik polos yang cocok untuk segala jenis handphone dan dapat digunakan baik pria maupun wanita. Selain itu, lubang pada bagian ujungnya dapat Anda gunakan untuk gantungan tali aksesori handphone.

Bentuknya yang simpel cocok untuk Anda yang tidak terlalu menyukai banyak hiasan yang colorful. Produk ini didesain dengan tiga pilihan warna yang dapat dipilih sesuai dengan selera atau warna casing smartphone Anda.

5. Cute Cat in a Box Dust Plug

5. Cute Cat in a Box Dust Plug

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 30.000

Sering bosan dan suka gonta-ganti gantungan HP? Dust plug ini cocok jadi pilihan

Anda penggemar hewan kucing? Jangan melewatkan produk ini! Selain imut-imut, kombinasi bandul pengait di ujung dust plug ini dapat Anda ganti dengan bandul yang lain apabila sudah bosan. Tidak hanya itu, lingkaran ring pada bandul kucingnya juga dapat Anda manfaatkan untuk gantungan gelang atau kalung.

Dengan demikian, produk ini direkomendasikan untuk Anda yang suka mengganti bandul aksesori untuk disesuaikan dengan fashion harian Anda. Empat pilihan warnanya dapat Anda pilih sesuai dengan selera.

4. Golden Koala Earphone Cover

4. Golden Koala Earphone Cover

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 18.500

Lapisan logam alloy yang mampu memberi kesan mewah pada smartphone Anda

Bahan logam alloy dengan taburan berlian imitasi pada permukaan produk ini membuatnya terlihat seperti perhiasan mewah. Karena terbuat dari logam, dust plug ini dapat dicuci atau dibersihkan dengan mudah.

Sedikit tips, Anda dapat melumuri dust plug ini dengan kuteks clear sebelum dipakai atau disimpan agar kerlip berlian imitasinya dapat tetap bertahan lama. Desainnya yang mewah dengan harga yang terjangkau membuat dust plug ini cocok untuk Anda jadikan hadiah untuk saudara atau kekasih Anda.

3. Crystal Rhinestone Dust Plug with Mini Stylus

3. Crystal Rhinestone Dust Plug with Mini Stylus

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 8.500

Mencari stylus yang tidak ribet ketika menyimpannya? Dust plug ini jawabannya!

Bagi Anda yang suka memakai stylus untuk mengoperasikan smartphone, produk ini cocok untuk Anda. Karena bagian stylus menempel pada gantungan dust plug, Anda tinggal langsung menggunakannya tanpa perlu susah menyimpannya. Selain itu, produk ini didesain dengan ukuran standar 3,5 mm sehingga dapat kompatibel dengan berbagai macam merek smartphone.

Gantungan per elastis pada bagian ujungnya juga dapat memudahkan Anda untuk memakai stylus tanpa harus melepas dust plug terlebih dahulu. Terdapat tujuh pilihan warna yang dapat Anda pilih sesuai dengan warna favorit Anda.

2. Stainless Steel Dust Plug

2. Stainless Steel Dust Plug

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.000

Tak lagi bingung membuka slot simcard dengan dust plug multifungsi

Karena terbuat dari bahan stainless steel, dust plug ini tidak mudah patah sehingga membuatnya jadi lebih tahan lama. Tidak hanya itu, terdapat ujung berbentuk jarum tumpul pada bagian bawahnya yang dapat dimanfaatkan untuk membuka slot sim card pada handphone Anda.

Ketika dipasang, dust plug ini hanya terlihat seperti tambahan tombol pada bagian lubang earphone sehingga cocok untuk Anda yang menyukai desain simpel dan praktis. Bahannya yang ringan membuat Anda tidak perlu khawatir dust plug akan patah di dalam saat melepas atau memasangnya.

1. Xiaomi MiKey Dustproof Plug

1. Xiaomi MiKey Dustproof Plug

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 30.000

Simpel dan canggih! Mengakses aplikasi smartphone jadi lebih mudah dengan produk yang satu ini

Selain sebagai penghalang debu, dust plug yang satu ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengakses aplikasi seperti kamera, galeri, dan lain sebagainya di smartphone Anda. Caranya cukup mudah, cukup menancapkannya pada lubang earphone, lalu membuka bagian pengaturan untuk memilih akan digunakan untuk aplikasi apakah tombol tersebut.

Produk ini didesain dengan dua belas pilihan warna universal yang dapat dipilih sesuai dengan warna kesukaan Anda. Fitur yang canggih dengan harga yang terjangkau membuat dust plug ini menempati posisi nomor satu sebagai produk yang paling banyak diminati.

Kesimpulan

Pada artikel kali ini, kami telah menjelaskan cara memilih dust plug yang baik dan merekomendasikan beberapa produk untuk Anda. Berbeda jenis handphone (iPhone atau Android), berbeda juga fitur yang dapat digunakan. Berdasarkan desainnya, ada juga dust plug yang hanya sesuai untuk aksesori wanita.

Meskipun demikian, tidak ada salahnya untuk memilih satu saja dust plug yang sesuai dengan selera Anda. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, dan dapat dijadikan referensi ketika ingin membeli dust plug!